Pantai Losari

8 min read

pantai losari

Kalian tahu salah satu ikon Kota Makassar? Yup, Pantai Losari. Sebuah pantai indah yang mampu menyedot banyak wisatawan lokal maupun asing untuk menikmati panorama indahnya. Pantai ini sangat cocok digunakan untuk berlibur dengan orang tercinta.

Pantai yang terkenal ini adalah pantai yang menjadi kebanggaan Ibukota Provinsi Sulawesi selatan. Maka, jangan pernah ngaku pernah ke Makassar kalau belum pernah ke pantai ini. Dijamin, kalian akan merasakan suasana berbeda dengan destinasi wisata lainnya.

Tak perlu berlama-lama, aku bakalan ceritakan detail tentang pantai ini. Penasaran dengan keistimewaannya? Simak info selangkapnya.

Sejarah

Wisata di Indonesia tentu identik dengan sejarahnya. Pantai Losari pun memiliki legenda tentang awal mula terbentuknya pantai ini yang perlu Anda ketahui. Dulu, tempat di sekitar Pantai ini berfungsi sebagai pasar ikan yang buka setiap hari dan setiap malam.

Kemudian sekitar tahun 1945 pinggir pantai itu dibangun, ini adalah ide dari Walikota pada masanya, yaitu DM van Switten. Dipasang beton 910 meter dan berkembang hingga sekarang menjadi wisata favorit di Makassar.

Sedang namanya diambil dari dua kata bahasa Jawa yaitu Los dan Ari. Los itu artinya area sedang ari adalah selaput pembungkus atau penyalur. Bisa dibilang, tempat ini dari dulunya memang area penyaluran (interaksi) atau jual beli, toko, atau pasar ikan.

Lokasi

Kalian baru pertama kali ke Makassar? Nggak usah khawatir. Masih ada GPS atau Google Maps. Namun, kalau kalian tetap kebingungan bisa bertanya. Malu bertanya sesat di jalan bukan?

Kalau kalian ingin berkunjung ke pantai ini, alamat lengkapnya ada di Jalan Metro Tanjung Bunga, Maloku, Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Setelah cari di Google Maps, sekiranya jaraknya sudah agak dekat. Kalaian bisa sewa saja sepeda motor sambil menikmati jalanan di Kota Makassar. Bayangkan, ini bakalan menjadi pengalaman yang seru.

Rute Menuju Pantai Losari

Kalian dari luar Makassar atau dari luar Pulau Sulawesi, tentu harus menggunakan pesawat sebagai transportasi utama. Lalu, kemana rute yang benar menuju Pantai Losari dari Bandara?

Dari Bandara Hasanuddin, Makassar. Kalian bisa langsung menuju lokasi dengan kendaraan pribadi maupun umum. Sementara waktu tempuhnya rata-rata 1 jam saja dari bandara, namun bila Anda melewati jalan tol, maka dapat dipersingkat menjadi 40 menit.

Selain itu, bila kalian memulai perjalanan dari Pelabuhan Soekarno-Hatta di Wajo, Makassar. Wtempuhnya malah hanya 20 menit saja. Bukankah perjalanan ini cukup singkat dan sangat mudah. Sebab, letak pantai ini di pusat kota Makassar, jadi sangat gampang aksesnya.

Harga Tiket Masuk

Ini adalah kabar baik bagi kalian. Destinasi dengan pemandangan indah ini, tidak dipungut biaya sama sekali. Alias gratis. Kapan lagi kalian berwisata tanpa membayar uang sepeserpun untuk masuknya? Jadi aneh kalau kalian ragu untuk mengunjungi tempat yang satu ini.

Kalian bisa datang kapan pun dengan siapa pun, tanpa membayar sepeserpun. Hanya saja, kalian perlu bayar biaya parkir saja , itupun nggak sampai Rp 10.000. Kalau kalau jalan kaki ke wisata ini, selamat liburan kalian gratis. Hehe.

Memang sangat istimewa dengan semua kelengkapan fasilitas yang tersedia, namun tidak ada biaya masuknya. Jadi, wisata ini benar-benar gratis untuk umum. Siapapun bisa datang ke sini untuk mencari hiburan di masa-masa luang.

Jam Buka

Karena gratis dan terbuka untuk umum, tentu kalian bisa menyumpulkan sendiri kalau wisata ini tidak memiliki jam operasional secara khusus. Bukankah hal ini sangat berbeda dengan destinasi lain? Dengan kata lain, Pantai Losari buka selama 24 jam non-stop.

Jadi kalian bebas mendatanginya kapan pun sesuka hati. Namun aku sarankan datang aja ke wisata ini antara pukul 4 sore sampai 9 malam. Sebab di wisata ini panas, bagi kalian yang takut terkana sinar matahari, datanglah pagi, sore, atau malam hari aja.

Tapi santai, nggak ada yang melarang kok, bila kalan ingin merasakan hawa panas pantai di siang hari, sah-sah saja. Pokoknya, wisata ini benar-benar bebas tak terikat jam buka apalagi tutup.

Fasilitas yang Tersedia

Meskipun gratis, fasilitas di pantai ini bisa dikatakan sangat memadai. Bagi kalian yang muslim, juga jangan khawatir, tersedia mushala bahkan masjid di wisata ini. Kalian yang nggak punya paketan, santai di sini ada Wi-fi gratis. Bukankah ini menakjubkan?

Masuk nggak bayar alias gratis, bahkan faslitasnya juga gratis. Di wisata ini juga ada lapangan futsal. Kalian bisa main futsal di lapangan itu. Main siang hari nggak masalah, main di malam hari, lampu penerangan tentu ready lah…

Selain itu ada parkir yang luas, warung ataupun rumah makan beragam jenis hidangan, dan masih banyak lagi fasilitas yang tersedia. Benar-benar liburan yang murah akan tetapi istimewah parah. Kalian benar-benar wajib mengunjungi tempat ini.

Lihat Review: 9 Aktivitas Seru di Pantai Galesong

Aktivitas Seru Di Pantai Losari

Meski tak mengeluarkan biaya sama sekali, bukan berarti kalian nggak dapat apa-apa di wisata ini. Banyak spot yang harus kalian kunjungi untuk mewarnai liburan kalian. Berbagai aktivitas juga bisa dilakukan agar kalian nggak rugi, meski nggak bayar sama sekali.

1. Hunting Foto

pantai losari makassar

Berbeda dengan pantai pada umumnya, Pantai Losari berbentuk bebatuan yang disusun sebagai pembatan luat dan darat juga digunakan untuk memecah ombak laut. Kalian bisa menyebutnya, anjungan. Bagian ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Anjungan ini punya nama. Nama-nama suku di Makassar. Seperti anjungan Bugis, Anjungan Makassar, anjungan Toraja, dan Anjungan Mandar. Kalian juga bisa foto di tulisan “Pantai Losari” maupun nama-nama suka yang telah kusebutkan tadi.

Kalau bosan di anjungan itu, kalian bisa berpindah di menumen patung para pejuang yang berasal dari Sulawesi Selatan. Di wisata ini kalian juga bisa menemukan Masjid terapung yang bernama Masjid Amirul Mukminin.

Dijamin, kalian nggak bakal kehabisa spot foto di wisata ini. Kalian juga nggak kehabisan ide untuk melakukan hal-hal yang menyenangkan.

2. Nongkrong di Malam Hari

pantai losari malam

Selayaknya, pantai akan sepi di malam hari, tapi tidak dengan Pantai ini. Semakin malam, tempat ini justru semakin ramai, apalagi di malam-malam liburan. Memang pantainya gelap sih, tapi kalian tetap bisa foto-foto tetap bisa dilakukan di Anjungan Pantai Losari.

Selain itu di lokasi ini dilengkapi dengan penerangan yang memadai, sangat cocok kalian dijadikan tempat nongkrong. Apalagi kalian para pemuda yang suka nyantai sambil ngobrol, dengan teman maupun dengan gebetan.

Di malam hari, tiba-tiba perut kalian keroncongan, jangan khawatir. Kalian bakalan menemukan warung makanan kuliner lengkap dengan sajian menu banyak yang menggugah selera makan kalian. Harganyapun sangat terjangkau.

Aku ingatkan, jangan lupa juga merasakan pisang epe, yang merupakan makanan khas dari Makassar. Kalau perlu borong yang bayak ya…

3. Mengabadikan Momen Sunset di Pantai Losari

pantai losari brebes

Tak dapat dipungkiri, momen sunset adalah momen yang sangat menakjubkan bagi para pecandu wisata. Keindahannya menyihir semua hingga terlena. Pantai Losari dinobatkan menjadi spot sunset terbaik, dan kalian dapat melihatnya langsung melalui Anjungan.

Sayangnya, pemandangan tersebut hanya akan sangat jelas bila cuacanya cerah. Kalau mendung ya nggak pas untuk diabadikan. Jadi pastikan kalau kalian ingin mencari momen sunset, datanglah di cuaca yang pas.

Saat kalian mendapatkan momen itu, segera cari spot terbaik dan abadikan. Karena sunset itu nggak lama. Cari angel foto yang pas dan ciptakan gambar yang tak terlupakan sepanjang masa.

4. Internetan dengan Wi-Fi Gratis

pantai losari dimana

Di era teknologi modern yang serba gadget ini, tentu kalian perlu internet dimana pun dan kapanpun. Dan hampir dari kalian semua pasti memiliki yang namanya Smartphone untuk berselancar di dunia maya terutama untuk aktif di sosial media.

Bagi kalian yang nggak punya kuota atau takut habis untuk streming video, jangan khawatir. Di wisata ini tersedia Hotspot Wi-fi yang aktif 24 jam. Jadi, kalau kalian hanya ingin seketar besantai menikmati panorama indah pantai ini, internet pasti selalu menemani.

Nggak ada alasan lagi ngak bisa upload foto di wisata ini karena nggak punya paketan. Setelah dapat gambar yang instagramabel, langsung sikat upload sekalian. Pengikut kalian pasti pada iri kepengen lihat sunset di pantai losari ini.

Baca Selengkapnya: Danau Tempe Pesona Danau Purba di Sulawesi Selatan

5. Main Futsal Outdoor

pantai losari berada dimana

Kalian hanya tahu kalau futsal di lakukan di dalam ruangan? Di pantai ini kalian bakalan numuin sesuatu yang beda. Kalian bisa bermain futsal di tepian Pantai Losari. Memang disediakan untuk mengisi aktivitas pengunjung agar terbiasa berpola hidup sehat.

Apakah hanya bisa main di siang hari? No. Di malam hari pun, monggo. Kalian bisa mengajak tim futsal kalian main ke pantai ini. Itung-itung wisata sambil memuaskan kebutuhan hobi kalian.

Jadi kalian tetap bisa bersenang-senang bersama keluarga menikmati cuplikan surga di Pantai Losari ini.

6. Mancing di Laut

pantai losari ambon

Apa kalian hobi memancing? Di pantai ini kalian bisa memancing di laut. Kalian bisa duduk tepian pantai dengan tanggul batu sebagai pemecah ombak dan melempar kail kalian. Tapi ingat, kalian harus bawa pancing atau beli pancing di sekitar tempat wisata ini.

Tentu nantinya yang bakalan mancing tidak hanya kalian. Banyak orang yang memancing untuk mendapatkan ikan maupun hasil laut lainnya. Kalau kalian ingin ngajak teman dan lomba memancing, tentu akan jauh mengasyikkan.

7. Menikmati Karya Seni

pantai losari adalah

Ternyata pantai ini juga welcome dengan seniman. Pasalnya ada gedung seni rupa yang di dalamnya banyak berjejer pajangan karya seni yang indah menawan. Mulai dari lukian manusia, alam, seni budaya, dan lain-lain.

Kalian bisa masuk ke dalamnya dan mengambil beberapa foto untuk menambah galeri foto di hp kalian.

8. Car Free Day di Pantai Losari

pantai losari anci laricci

Sudah biasa melihat CFD di kota-kota? Nah ternyata di Pantai Losari ada Car Free Day nya juga. Momen ini digunakan masyarakat sekitar berkumpul atau berjualan. Banyak juga komunitas-komunitas yang merapat untuk bertukuar pendapat.

Maka tak heran, di pegantian tahun tempat ini benar-benar menjadi pusat liburan bagi masyarakat. Selain tempatnya yang sangat memadai, fasilitas yang lengkap juga sangat memuat masyarakat antusias dan tertarik mengunjungi destinasi wisata ini.

Ketika ada car Free day, kalian bisa mengikuti olah raga senam, ataupun sekedar berlari-lari untuk membugarkan raga kalian. Betapa menakjubkannya tempat ini, masuknya gratis bisa nambah sehat pula.

9. Menyantap Sajian Khas Makassar

pantai losari anci laricci lirik

Bagi kalian penikmat masakan kuliner, di wisata ini kalian akan banyak menemukan masakan khasa Makassar. Mulai ayam bakar, ayam goreng, ikan bakar, ikan bakar, ikan goreng, pisang ape, sara’ba, coto makassar, dan masih banyak lainnya.

Pokonya lengkap deh makanan khas Makassar di lokasi ini. Lidah kalian pasti termanjakan. Lebih lagi harganya juga sangat terjangkau.

Baca Rekomendasi: Pulau Samalona, Surganya Para Traveller di Kota Makassar

Hotel Dekat Pantai Losari

Kalian hendak berencana menginap beberapa hari di Makassar untuk menikmati wisata di Pantai Losari dan sekitarnya. Tak usah bimbang, banyak sekali pilihan penginapan dan hotel yang bisa kalian booking jauh-jauh hari lewat aplikasi atau lewat internet.

1. Expressia Inn Hotel Makassar

pantai losari ada dimana

Hotel ini berada di tengah kota Makassar, di Jalan Penghibur No 6-7. Berada di depan Pantai Losari. Jadi kalian tak perlu khawatir cepek perjalanan ke Pantai Losari. Hotel Expressia Inn bisa pilihan strategis selama berlibur di Makassar.

Hotel ini memiliki total 56 kamar dengan desain interior yang simple dan elegan. Dari dalam kamar, kalian bisa melihat pemandangan laut secara langsung. Fasilitas kamar dilengkapi dengan shower room, televisi, Wi-fi, dan AC. Harga mulai Rp 330.000.

2. Makassar Golden Hotel

pantai losari anjungan makassar

Berada di pusat kota, dan dikelilingi berbagai atraksi hiburan dan belanja, seperti Museum Fort Rotterdam, Museum Negeri La Galigo, dan Pantai Losari. Hotel ini hanya berjarak sekitar 700 meter dari pantai Losari atau sekitar 10 menit dengan berjalan kaki.

Faslitas: ruang kamar luas dengan dengan fasilitas seperti TV kabel, akses free wi-fi, kulkas mini, pembuat kopi dan teh, shower room, bathtub yang terpisah, dan balkoni kamar dengan pemandangan langsung ke laut lepas. Harga mulai dari Rp 380.000.

3. Pod House Hotel

pantai losari bermahkota

Ketika bermalam di sini kalian bisa menghemat pengeluaran biaya transportasi. Karena banyak tempat wisata yang mudah dijangkau. Misalnya saja Pantai Losari. Untuk mencapai lokasi pantai, kamu hanya butuh waktu kurang lebih 25 menit berjalan kaki.

Atau, hanya berjalan 3 menit menuju ke kawasan kuliner Makassar yang berada di Jalan Lanto Daeng Pasewang. Ditambah lagi, jarak yang dekat dari Pod House menuju Bandara Sultan Hasanuddin hanya akan menghabiskan waktu 30 menit.

4. Aston Makassar Convention Center

pantai losari brebes jawa tengah

Hotel ini dikelilingi banyak tempat wisata favorit Makassar seperti Pantai Losari. Berjarak sekitar 2.7 km, Pantai Losari bisa kalian tempuh dengan berkendaraan selama 10-15 menit.

Hal yang spesial dari Aston Convention Center ini adalah memiliki fasilitas sky dinning restaurant dengan panorama kota dan laut lepas yang indah. Saat malam hari, kerlap-kerlip lampu kota makin menakjubkan.

Selain empat hotel yang aku sebutkan di atas, kalian bisa mencari hotel lainnya lewat aplikasi ataupun website. Selain itu  ada Quality Plaza Hotel Makassar, Aerotel Smile Makassar, dan D’Bugis Ocean Hotel Makassar.

Wisata Dekat Pantai Losari

Merasa kurang puas wisata di Pantai Losari? Tak usah khawatir, masih banyak tempat wisata yang bisa kalian nikmati yang lokasinya tak jauhdari ikon Makassar ini. Diantaranya adalah:

1. Pulau Samalona

pantai losari batam

Tak jauh dari Pantai Losari ada sebuah pulau yang menyimpan pesona bawah laut luar biasa. Pulau Samalona, pulai kecil yang luasnya tak lebih dari 2 hektare. Pulau yang selalu jadi incaran wisatawan yang datang ke Malassar dan ingin menjajaki dunia bawah lautnya.

Kkarakteristik pantainya berpasir putih lembut dan ombaknya syahdu. Sangat cocok untuk tempat snorkeling. Ada banyak jenis ikan warna-warni dan terumbu karang yang masih alami. Kalian juga bisa berjemur di tepi pantai sambil menikmati kelapa muda di sini.

2. Benteng Fort Rotterdam

pantai losari banjir

Menjadi satu ikon wisata sejarah Makassar, bekas peninggalan kolonial Belanda. Di benteng ini kalian akan menemukan berbagai peninggalan zaman dahulu, seperti berbagai alat pertanian, penggilingan padi, pakaian adat, dan peninggalan dalam bentuk gulungan.

Benteng ini dibangun oleh raja ke-9 kerajaan Gowa Tallo tahun 1545. Konon kaktanya benteng ini dibangun dengan tanah liat dan putih telur. Namun di masa raja ke-14, dibangun lagi menjadi benteng yang lebih kokoh. Buka tiap hari, pukul 08.00 – 18.00 WIT.

3. Beli Oleh-Oleh Kain Khas Makassar

pantai losari cirebon

Kain sutera Makassar memang berkualitas. Tak heran kalau banyak wisatawan yang mencari kain sutera ini sebagai oleh-oleh. Di kawasan jalan Gunung Lompobattang, kalian dapat menemukan toko yang menjual beragam jenis kain sutera dengan kualitas yang beragam.

Dengan ragam kualitas ini, kalian bisa membeli kain sesuai budget yang kalian miliki tanpa perlu pusying harga yang terlalu mahal. Dengan punya kain ini, membuktikan kalau kalian pernah berkunjung ke Makassar.

4. Pulau Kayangan

pantai losari chord

Pulau dengan luas tak lebih dari 1 hektare. Menjadi salah satu pesona wisata Makassar yang ramai dikunjungi wisatawan. Pulau ini memberikan pemandangan alam yang menakjubkan dengan pantai berbulir pasir putih.

Sunset di Pulau Kayangan ini sangat cantik tak kalah dengan Pantai Losari. Suasananya juga tenang, membuat tempat ini spot favorit untuk mencari ketenangan dan kedamaian.

Untuk ke Pulau Kayangan ini kalian hanya perlu menyeberang dengan perahu motor selama kurang lebih 15 menit. Kalian juga bisa menyewa penginapan jika ingin merasakan sensasi bermalam di tengah pulau kecil ini.

Sebenarnya masih banyak tempat wisata di Makassar. Tapi, dengan mengunjungi empat destinasi wisata yang aku rekomendasikan itu, kalian bakalan terpuaskan dan liburan kalian akan jauh lebih berwarna.

Baca Juga: Pantai Tanjung Bira, Surga Tersembunyi di Ujung Selatan Sulawesi

Pantai Losari, wisata gratis namun menakjubkan. Lokasi yang strategis membuat wisata ini menjadi tempat favorit untuk menghabiskan liburan. Fasilitasnya juga lengkap dengan wahana yang menyenangkan.

Anjungan dan Sunset khasnya akan mewarnai sore kalian. Cocok untuk dijadikan spot foto untuk memenuhi album hp dan media sosial kalian. Tak bakalan rugi bila kalian menjadikan wisata ini untuk menghabiskan libur kalian. Selamat liburan…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *