Pantai Ngliyep

7 min read

pantai ngliyep

Siapa sih yang nggak tahu kalau Malang terkenal sebagai surga wisata di Jawa Timur. Berbagai jenis obyek wisata mulai dari yang masih alami hingga buatan tersebar di seluruh wilayah Kabupaten dan Kota Malang, nggak terkecuali dengan Pantai Ngliyep ini.

Salah satu pantai di bagian selatan Kabupaten Malang ini menawarkan pesona eksotis dengan hamparan pasir putih dan desiran ombak yang tenang. Area pantai ini juga cukup luas dan dikelilingi oleh tebing karang yang curam.

Nggak cukup sampai pesona aja, pantai ini juga menyimpan banyak misteri lho di sekitarnya, seperti misteri Gunung Kombang, Bukit Cinta, hingga mitos yang berkaitan dengan Nyi Roro Kidul. Selain itu, di pantai ini selalu diadakan acara labuhan setiap tanggal 12 bulan Maulud.

Penasaran sama misteri di balik keindahan pantai ini juga? Yuk simak ulasan penulis berikut ini tentang sekilas sejarah, info lokasi, harga tiket masuk, rute hingga spot-spot unik yang wajib kamu kunjungi. Tunggu apalagi, lets dive in guys!

Sekilas Sejarah Pantai Ngliyep

Meskipun pantai ini sudah eksis sejak tahun 1980-an, tapi suasana alamnya masih kental dan asri guys. Kamu bisa menikmati hembusan angin sepoi-sepoi di bawah pepohonan rindang serta ditemani oleh desiran ombak yang tenang. Itulah kenapa pantai ini diberi nama Ngliyep.

Ngliyep sendiri berasal dari kata liyep-liyep yang bermakna mengantuk atau tertidur. Penamaan itu bermaksud menggambarkan suasana atau situasi pantai yang sejuk, tenang dan rileks, sehingga siapapun yang berkunjung kesana akan merasa ngantuk.

Pantai dengan area seluas 10 Ha yang terletak di tepi Samudera Indonesia ini konon ditemukan pertama kali oleh Mbah Atun asal Yogyakarta pada tahun 1919. Selanjutnya, pantai ini diresmikan dan mulai dibuka untuk umum pada tahun 1951.

Misteri Pantai Ngliyep

Di balik pesona pantai yang eksotis dan memukau, ternyata pantai ini juga diselimuti oleh misteri. Walaupun mungkin sulit dipercaya, tapi sebagai pengunjung kita harus tetap menghormati kepercayaan warga sekitar.

1. Misteri Gunung Kombang

Misteri Gunung Kombang
https://www.instagram.com/martadina96/

Pertama-tama yaitu misteri Gunung Kombang yang merupakan sebuah pulau kecil di tengah laut tak jauh dari bibir pantai.Untuk mengaksesnya, kamu harus melintasi jembatan yang menghubungkan bibir pantai dengan pulau itu.

Konon katanya Gunung Kombang ini angker lho, karena ada pura yang biasa digunakan untuk menggelar ritual mistis sebagai persembahan pada Nyi Roro Kidul.

Bahkan, kabarnya tempat ini dulu digunakan Nyi Roro Kidul untuk bertapa sebelum jadi ratu pantai selatan. Sehingga, gunung ini jadi tempat favoritnya saat berkunjung ke pantai.

2. Labuhan

Labuhan
https://www.instagram.com/bangkitmarhaendra/

Ritual mistis yang diadakan di Gunung Kombang adalah Labuhan. Kegiatan yang diadakan setiap tanggal 14 bulan Rabiul Awwal ini memang sudah turun temurun sejak masanya Mbah Atun dulu.

Acaranya digelar seperti selamatan dengan menyembelih sapi atau kambing untuk dibagikan pada warga sekitar.

Sebagian daging beserta sesaji yang sudah disiapkan diarak dengan iringan Jaranan dan pengawal berbaju adat menuju pulau Gunung Kombang. Sesaji itu pun lalu dilarung atau dihanyutkan ke tengah laut sebagai persembahan untuk Nyi Roro Kidul sang ratu pantai selatan.

Baca Juga: 7 Magnet Paralayang Batu, Surga Adrenalin (Penguji Nyali)

3. Bukit Cinta Kasih

Bukit Cinta Kasih
https://www.instagram.com/kohar_post/

Bukit Cinta Kasih yang berada di sebelah kiri pantai ini menyuguhkan pemandangan indah dan menawan. Selain itu, ada mitos yang beredar kalau bukit ini adalah tempat ajaib buat para muda-mudi.

Katanya, kalau mereka mampu mendaki ke puncak bukit, maka dipercaya mereka akan berjodoh nantinya. Boleh dicoba bareng gebetan nih guys!

4. Sendang Kamulyan

Sendang Kamulyan
https://www.instagram.com/pantaingliyepmalang/

Misteri lain yang beredar di antara warga sekitar yaitu adanya sumber air suci yang terletak di Sendang Kamulyan.

Konon, sumber air suci ini bisa menyembuhkan beberapa jenis penyakit lho.

Nggak heran mitos tentang Sendang Kamulyan ini jadi salah satu daya tarik yang khas bagi para wisatawan.

Lokasi Pantai Ngliyep

Pantai ini berada di Kabupaten Malang bagian selatan yang identik dengan keindahan khas laut selatannya.

Lebih tepatnya, pantai ini berlokasi di Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur, atau sekitar 65 km ke arah selatan dari kota Malang.

Jalan Menuju Bukit Pantai Ngliyep

Selain lokasi pantai mudah ditemukan, akses untuk menuju ke sini juga nggak terlalu sulit kok. Jalan di sepanjang perjalanan sudah beraspal, walaupun kadang masih ada lubang di beberapa titik. Untuk mencapai lokasi, kamu bisa melewati beberapa rute, diantaranya:

  1. Jika dari pusat kota Malang, ambillah rute menuju arah Kepanjen atau Karang Kates. Ikuti jalan besar ke arah Pagak, lalu ambil jalur ke Donomulyo. Ikuti papan petunjuk arah yang akan mengantarkanmu menuju lokasi pantai.
  2. Jika dari Surabaya, Pasuruan, atau Sidoarjo, pergilah ke Kota Malang terlebih dulu, lalu ikuti petunjuk jalan seperti sebelumnya.
  3. Jika kamu menggunakan transportasi umum, dari Karang Kates naiklah angkot berwarna putih jurusan Gadang-Ngliyep lewat Sumbermanjing Kulon dengan kode GN2.
  4. Kalau dari arah Terminal atau Stasiun Kepanjen, naiklah angkot berwarna oranye jurusan Gadang-Ngliyep lewat Donomulyo dengan kode GN1.

Kalau ditanya cara terbaik untuk mencapai lokasi, tentu saja penulis lebih merekomendasikan mengendarai kendaraan pribadi, baik sepeda motor maupun mobil. Jika kamu datang dari jauh menggunakan kendaraan umum, manfaatkan saja jasa sewa mobil atau motor di Kota Malang.

Tiket Masuk Pantai Ngliyep

Buat kamu para traveller nggak perlu khawatir, pasalnya harga tiket masuk pantai ini bisa dibilang cukup terjangkau. Jadi, nggak bakal bikin kamu melarat dadakan kok. Berikut rincian biaya untuk masuk ke kawasan pantai ini:

  1. Harga tiket masuk : Rp 15.000,- per orang
  2. Biaya parkir roda dua : Rp 5.000,-
  3. Biaya parkir roda empat : Rp 10.000,-

Perlu diingat, kalau memarkir kendaraan lebih dari satu hari, maka kamu akan dikenakan biaya tambahan. Selain itu, biaya penginapan dan toilet juga terpisah ya.

Lihat Review: 9 Daya Tarik Malang Night Paradise (Seru dan Romantis)

Jam Buka Pantai Ngliyep

Kamu bisa mengunjungi pantai ini pada jam bukanya mulai pukul 08.00 hingga pukul 18.00 WIB. Khusus buat kamu yang mau camping, pantai ini dibuka 24 jam. Jadi, walaupun nggak menginap, kamu tetap bisa menikmati sunset di sini.

Pantai ini juga buka setiap hari kok. Nggak perlu khawatir deh kalau mau mengunjungi wisata pantai yang satu ini.

Fasilitas di Pantai Ngliyep

Fasilitas-fasilitas yang tersedia di sini masih dikelola secara mandiri oleh masyarakat sekitar. Tapi, dengan harga tiket masuk yang cukup terjangkau, kamu tetap bisa menikmati berbagai fasilitas lengkap dan nyaman lho. Berikut beberapa fasilitas yang tersedia:

  1. Area parkir yang luas
  2. Kamar mandi dan toilet
  3. Warung makanan dan minuman
  4. Kios-kios souvenir
  5. Mushola
  6. Tempat penyewaan tenda dan tikar
  7. 6 Penginapan
  8. 2 Cottage
  9. 4 Lokasi meeting/gathering

Daya Tarik dan Aktifitas Seru di Pantai Ngliyep

Pantai ini punya potensi keindahan alam tinggi dan sejarah mistis sebagai daya tarik tersendiri yang sayang untuk dilewatkan. Kamu bisa melakukan berbagai aktifitas seru sambil menelusuri ragam sejarah, budaya hingga keindahan alam yang melekat di sini.

Berikut beberapa daya tarik dan aktifitas seru yang bisa kamu lakukan:

1. Susur Pantai

Susur Pantai
https://www.instagram.com/desakkaderatih/

Salah satu kegiatan yang nggak boleh terlewatkan adalah susur pantai. Walaupun pantai ini sudah ditemukan dan dibuka sejak lama, tapi kondisinya masih natural banget guys.

Kamu bisa menikmati segarnya ombak dan hembusan angin, dipadu dengan tebing-tebing karang serta hutan lindung yang mengelilingi pantai.

Suasananya juga cukup sepi dan menenangkan. Cocok buat kamu yang mau puas bermain atau sekedar bersantai melepas penat dari hiruk pikuk kehidupan kota.

2. Teluk Putri

fasilitas Teluk Putri
https://www.instagram.com/desakkaderatih/

Susur pantai nggak lengkap kalau belum mengunjungi Teluk Putri yang ada di dekat pantai ini. Kamu cuma perlu berjalan ke arah timur pantai, lalu naik ke atas bukit. Sesampainya di atas kamu akan menemukan sebuah teluk kecil yang sangat cantik.

Teluk Putri ini berlapis pasir putih setebal 40 cm yang sangat halus dan bersih. Nama Teluk Putri pun disematkan karena kehalusan pasirnya yang menyerupai kulit seorang putri.

Teluk seluas sekitar 100 meter ini cocok digunakan untuk menyepi dan bersantai, karena suasananya sangat sepi hingga serasa milik sendiri. Tapi, kamu harus tetap berhati-hati dengan debur ombaknya yang cukup besar. Cukup nikmati keindahan teluk ini dari atas bukit atau pasir.

3.

Menyusuri Jejak Mistis di Gunung Kombang
https://www.instagram.com/dystopher/

Pulau kecil dengan nuansa mistis bernama Gunung Kombang ini juga patut kamu kunjungi guys. Dengan menyeberangi sebuah jembatan penghubung dari pinggir pantai, kamu pun bisa sampai di pulau yang ada di tengah laut ini.

Di Gunung Kombang ini ada pura keramat dan sebuah petilasan, yang konon pernah jadi tempat pertapaan Nyi Roro Kidul sang ratu penguasa pantai selatan.

Walaupun mungkin sulit di percaya, tapi sebaiknya kita tetap menghormati apa yang sudah jadi aturan dan kepercayaan warga sekitar, serta jangan lupa untuk menjaga sikap saat mengunjungi pulau ini.

4. Wisata Budaya

Wisata Budaya yang berilmu tinggi
https://www.instagram.com/asu_buduk/

Pengalaman menarik lain yang bisa kamu dapatkan adalah melihat ritual upacara Labuhan. Ritual yang digelar setiap tanggal 14 bulan Rabiul Awwal (Maulud) ini berbentuk selamatan dengan menyembelih sapi atau kambing.

Pertama-tama ritual dimulai dengan berdoa dan tirakat sepanjang malam sambil menyiapkan sesaji. Daging sapi dan kambing yang disembelih lalu dibagikan pada warga sekitar pantai, sedangkan sebagiannya akan dilarung atau di hanyutkan ke laut.

Saat upacara, aneka ragam sesaji pun digiring oleh warga Kedungsalam ke pulau Gunung Kombang dengan diiringi musik tradisional serta kesenian Jaranan. Sesaji itu lalu dilempar atau dilarung ke tengah laut.

Upacara ini diadakan sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan. Selain itu juga bertujuan supaya dianugerahkan rezeki yang melimpah selama setahun kedepan serta terhindar dari segala musibah.

5. Berburu Foto di Spot-Spot Instagramable

silahkan Berburu Foto di Spot-Spot Instagramable
https://www.instagram.com/daniyahshofa/

Asyiknya lagi, kamu nggak cuma bisa mengandalkan pemandangan alam sebagai background foto guys. Pasalnya, berbagai spot foto Instagramable buatan pengelola juga wajib kamu manfaatkan untuk berburu foto-foto unik.

Diantaranya ada spot Panggung Bamboo, Bingkai Kekinian, Bukit Karang Lietiong, Ayunan Everlasting, Ayunan Pasir, Signage Pantai hingga Perahu Gantung. Semua spot ini di buat unik dan alami khas Pantai Ngliyep.

Salah satu spot yang paling unik adalah Perahu Gantung. Spot ini dibuat menyerupai Titanic-nya Mangunan, Bantul.

Walaupun bentuknya lebih sederhana, tapi pemandangan laut yang terlihat dari atas perahu ini benar-benar menggoda.

Momen lain yang patut kamu abadikan adalah saat matahari terbenam. Perpaduan semburat cahaya jingga yang memantul ke air laut dan barisan tebing karang di sekelilingnya menciptakan pesona alam bak lukisan.

Baca Rekomendasi: Pulau Merah Banyuwangi, pantai Kutenya Jawa Timur

6. Camping

Camping
https://www.instagram.com/ladubtrip/

Kabar baik buat para traveller mania, pantai ini bisa dijadikan pilihan tepat buat camping. Nggak sedikit lo komunitas pecinta alam yang memanfaatkan pantai ini sebagai lokasi berkemah dan malam keakraban.

Kalau beruntung, kamu juga bisa menikmati keindahan pantai di malam hari dengan ditemani bintang-bintang atau bulan purnama guys. Oiya, jangan lupa minta izin ke pengelola pantai sebelum berkemah ya!

Wisata Dekat Pantai Ngliyep

Sudah jauh-jauh liburan ke pantai di Malang selatan ini, nggak ada salahnya lo kalau kamu berkunjung ke obyek wisata lain yang dekat dengan Ngliyep ini. Wisata populer lain yang berdekatan dengan pantai ini adalah:

1. Pantai Balekambang

daya tarik Pantai Balekambang
https://www.instagram.com/jasonjonathansiby/

Pantai Balekambang yang cukup populer di kalangan traveller ini berjarak sekitar 33 km ke arah timur dari Ngliyep.

Hamparan pasir putihnya benar-benar luas dan bersih. Nggak sedikit lo wisatawan yang memanfaatkannya untuk sekedar bersantai ataupun berolahraga.

Selain itu, gelombang ombaknya yang panjang dan indah juga jadi ciri khas tersendiri dari pantai ini.

2. Pantai Pulodoro

Pantai Pulodoro
https://www.instagram.com/yoiki_malang/

Lebih dekat lagi, Pantai Pulodoro cuma berjarak sekitar 15 km di sebelah timur Ngliyep guys. Keindahan tebing karang yang berjajar di pantai ini memang patut diacungi jempol.

Perpaduan antara barisan tebing karang dan debur ombak pantainya menciptakan pemandangan pantai yang sempurna. Kalau kamu seorang traveller dengan jiwa petualang yang membara dan suka tantangan, tebing ini bisa kamu manfaatkan untuk panjat tebing juga lo.

Penginapan Dekat Pantai Ngliyep

Pengen menikmati keindahan pantai lebih lama tapi nggak mau ribet berkemah? Tenang saja, ada lumayan banyak penginapan di pantai ini yang bisa kamu pilih guys.

Berbagai penginapan ini bisa kamu sewa dengan kisaran tarif antara Rp 75.000,- hingga Rp 200.000,- per malam tergantung tempat dan fasilitas. Jadi, pengunjung bisa menyesuaikan fasilitas penginapan dengan budget yang dimiliki.

Baca Selengkapnya: Pantai Prigi, Wisata Unggulan Penuh Pesona di Trenggalek

Itulah sekilas ulasan penulis tentang pesona keindahan berbalut misteri dari salah satu wisata pantai yang ada di bagian selatan Kabupaten Malang ini. Terlepas dari misteri Gunung Kombang yang dianggap angker, pesona eksotis pantai ini nggak perlu diragukan lagi.

Pantai Ngliyep ini cocok jadi destinasi wisata pilihan bersama keluarga maupun sahabat. Selain lokasinya mudah ditemukan, berbagai kegiatan seru dan spot-spot instagramable-nya juga patut kamu abadikan lo. Yuk rencanakan liburanmu dari sekarang!

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *