Pantai Ngobaran

9 min read

Pantai Ngobaran

Di bagian selatan kota Jogja terdapat sebuah wisata yang mirip seperti wisata di kota Bali. Wisata tersebut bernama Pantai Ngobaran. Nuansa yang kental dengan corak dan tebing mirip dengan pulau Dewata Bali.

Pantai Ngobaran terletak diantara Pantai Nguyahan dan Pantai Ngrenehan yang ada disebelah timur dan baratnya. Akan tetapi harga tiketnya juga termasuk Pantai Ngrenehan.

Dengan jarak yang hanya 2 Km dan harga tiket sudah termasuk 2 pantai, akan lebih baik jika kalian berkunjung ke Pantai Ngobaran juga mengunjungi Pantai Ngrenehan.

Sejarah Pantai Ngobaran

Sejarah pernah mencatat bahwa Pantai Ngobaran masih berkaitan erat dengan kerajaan Majapahit dan kerajaan Demak. Cerita diawali ketika raja Brawijaya V dari kerjaan Majapahit didesak oleh Raden Patah dari kerajaan Demak untuk memeluk agama Islam.

Akhirnya raja Brawijaya bersama raden Bondhan Kejawen yaitu anaknya meninggalkan kerajaan Majapahit sampai ke pesisir pantai barat. Lalu raja Brawijaya melakukan upacara pembakaran diri yang disebut dengan upacara Moksa dengan alasan tidak ingin berperang.

Dengan upacara pembakaran tersebut membuat api yang berkobar menjadi sangat besar. Hingga masyarakat setempat menyebut pesisir pantai tersebut dengan sebutan Pantai Ngobaran.

Lokasi Pantai Ngobaran

Alamat dari Pantai Ngobaran terletak di Jl. Ngobaran, Ngrenehan, Sapto Sari, Gebang, Kanigoro, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Yang terletak disebelah barat Pantai Baron.

Lokasi Pantai Ngobaran juga masih berdekatan dengan Pantai Ngrenehan dan Pantai Nguyahan. Dengan jarak dari pusat kota Jogja sekitar 65 Km. Dan waktu yang dibutuhkan untuk mencapai lokasi dari pusat kota sekitar 2 jam saja.

Jalan Menuju Pantai Ngobaran

Rute yang bisa kalian lewati untuk menunju ke lokasi wisata Pantai Ngobaran adalah dengan menggunakan Jl. Imogiri Timur. Yaitu dari pusat kota Jogja langsung lurus hingga menemukan perempatan Jl. Imogiri dan belok ke kanan.

Dari arah Selopamioro kalian akan menemukan jalur lintas selatan. Ikuti jalur hingga melihat papan petunjung yang mengarahkan kalian ke lokasi wisata Pantai Ngobaran.

Ada juga jalur yang bisa kalian lewati, yaitu Jl. Wonosari. Dari pusat kota Jogja kalian tinggal ambil arah ke Baron.

Hingga kalian akan menemukan pertigaan dan langsung belok ke kanan. Disitu kalian bisa melihat papan petunjuk yang mengarahkan ke lokasi wisata Pantai Ngobaran.

Tiket Masuk Pantai Ngobaran

Untuk menikmati wisata Pantai Ngobaran, kalian tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal. Hanya dengan uang Rp. 5.000 saja per orang, kalian bisa menikmati wisata yang ada disini. Cukup terjangkau, karena wisata Jogja memang sangat terkenal dengan wisata yang murah.

Ada tambahan lagi untuk kalian yang menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan motor. Baiya tarif yang harus kalian keluarkan untuk parkir sebesar Rp. 5.000 untuk kendaraan roda empat, dan Rp. 2.000 untuk kendaraan roda dua, serta Rp. 20.000 untuk rombongan bus.

Jam Buka Pantai Ngobaran

Lokasi wisata Pantai Ngobaran beroprasional setiap hari selama 24 jam. Kalian bisa memperkirakan untuk datang ke lokasi Pantai Ngobaran. Bisa antara pagi hingga sore hari.

Jika kalian datang pada malam hari, kondisi jalan di bagian selatan Gunung Kidul sangat sepi. Untuk berjaga-jaga bisa kalian usahakan untuk datang kecuali di malam hari.

Fasilitas Pantai Ngobaran

Fasilitas yang kalian akan dapatkan di wisata Pantai Ngobaran cukup lengkap. Mulai dari fasilias umum seperti toilet, mushola, area parkir, sampai tempat makan, toko souvenir dan oleh-oleh.

Untuk tempat makan sendiri, pada gerbang pintu masuk kalian akan ditawarkan banyak sekali oleh-oleh khas Jogja. Mulai dari cinderamata hingga makanan khas oleh-oleh juga ada.

Lokasi parkir juga tidak perlu khawatir, karena disini lahan pengguna mobil atau motor sangat mencukupi. Ditambah lagi dengan mushola yang bisa dimanfaatkan untuk ibadah sekaligus tempat istirahat.

Daya Tarik/Aktifitas Seru Di Pantai Ngobaran

Banyak aktifitas liburan seru yang bisa kalian nikmati di Pantai Ngobaran. Dengan biaya yang terjangkau serta perjalanan yang tidak terlalu sulit membuat lokasi wisata ini sangat cocok untuk kalian kunjungi. Berikut ini adalah beberapa daya tarik di Pantai Ngoboran :

1. Wisata Khas Bali

Wisata Khas Bali
https://www.instagram.com/taufiksyahrianto/

Saat berada disini, para pengunjung akan diingatkan wisata yang ada di pulau Dewata Bali dengan Pura yang berada di atas tebing. Disini kalian akan melihat pemandangang air laut yang biru dengan pantulan sinar matahari keemasan.

Di tempat ini masyarakat sekitar mayoritas adalah penganut agama Hindu dengan bangunan dan tempat ibadah umat Hindu. Dan heran jika corak dan bentuk bangunan mirip sekali dengan pulau Dewata Bali.

Jika kalian ingin menambah nuansa Bali, kalian perlu untuk berkunjung ke Pura Segara Wukir. Dengan backgorund Pura dan ditambah dengan aksesoris khas Bali, kalian akan terlihat sedang berada di pulau Dewata Bali tanpa perlu datang kesana.

2. Keberagaman Toleransi Antar Agama

Keberagaman Toleransi Antar Agama di indonesia
https://www.instagram.com/nurul.hanifahh/

Jika kalian berada di lokasi Pantai Ngobaran, sangat terlihat jelas bahwa toleransi antar umat beragama sangat kental. Terdapat banyak prasasti berupa gapura dan patung-patung dewa khas Hindu dan Buddha yang didirikan disini.

Ada Joglo juga yang ada disebalah kiri prasasti, yang merupakan tempat ibadah aliran Kejawan. Aliran ini merupakan aliran yang berkiblat kepada putra Prabu Brawijaya V yaitu Raden Bondhan Kejawan.

Di depan Joglo juga terdapat Pura Segara Wukir, yang merupakan tempat pembakaran diri dari Prabu Brawijaya V.

Di depan Pura Segara Wukir juga bisa kalian temukan bangunan Masjid yang berukuran 3×4 meter. Ini membuktikan bahwa keharmonisan antar umat bergama ada disini.

3. Berburu Biota Laut

Berburu Biota Laut

Salah satu pendapatan masyarakat setempat yang paling menonjol adalah nelayan. Disaat pagi menjelang siang, masyarakat setempat biasa berburu rumbut laut kepada pengepul dengan harga Rp. 1.000 per Kg. Akan tetapi jika kalian ingin, bisa membelinya sebagai oleh-oleh dari wisata ini.

Di sore harinya, nelayan sekitar biasanya akan berburu biota laut seperti Landak Laut, Lobster, Bintang Laut, Kerang, dan yang lainnya untuk dijual dan dijadikan menu masakan warung makan yang ada disini.

Ada pula hasil laut lainnya dari para nelayan antara lain, Karangan Simbar, Karangan Lumut, Serta Karangan Ager yang bisa diolah menjadi kerupuk dan agar-agar. Selain enak dan harganya yang murah, kalian juga membantu perekonomian masyarakat sekitar.

Lihat Juga: 7 Daya Tarik Museum Dirgantara Jogja (Eksotis dan Patriotis)

4. Beragam Tempat Mempesona

Beragam Tempat Mempesona di jogja
https://www.instagram.com/eza_fotography16/

Terdapat banyak sekali spot foto yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung. Untuk mendapatkan foto yang cantik, kalian perlu ke puncak batu karang. Akan tetapi perlu untuk berhati-hati ketika naik ke puncak.

Saat bulan purnama telah tiba, terdapat upacara Galungan yang dilakukan oleh masyarakat sekitar. Ini juga merupakan momen berfoto yang tidak boleh kamu lewatkan. Pemandangan alam dan lautnyapun juga bisa dijadikan objek foto cantik.

Kalian juga bisa berfoto dengan latar bangunan-bangunan bersejarah seperti pure dan lain sebagainya. Pasalnya terdapat banyak sekali bangunan kuno dengan corak dan motif unik, yang cocok untuk berfoto.

5. Pemandangan Sunset Yang Indah

Pemandangan Sunset Yang Indah
https://www.instagram.com/ubay.m.k/

Tempat wisata Pantai Ngobaran merupakan tempat yang cocok bagi pecinta sunset. Karena lokasi ini, pemandangan sunset yang ada di laut bisa menjadi pemandangan yang menarik.

Dengan pemandang senja dengan matahari yang telah turun, membuat cahaya langit mengeluarkan keindahannya.

Disaat yang indah ini bisa kalian manfaatkan sebegai objek berfoto juga.

Apalagi dengan pemandangan bebatuan karang yang menghiasi Pantai Ngobaran semakin menakjubkan. Dan biasanya banyak dari pengunjung yang memanfaatkan momen ini, sehingga akan ramai pengunjung disaat-saat itu.

6. Upacara Adat

pelaksanaan Upacara Adat
https://www.instagram.com/mr.kliiphoto_/

Dengan banyaknya masyarakat yang menganut agama Hindu dan Budha membuat area lokasi ini dipenuhi dengan bau sesajen diberbagai tempat. Saat upacara adat telah tiba, itu saatnya kalian mengabadikan momen untuk berfoto sembil melihat upacara adat di Pantai Ngobaran.

Dari bau sejajen ini membuat malam berubah menjadi mistis dan menyeramkan. Akan tetapi kalian para pengunjung tidak perlu takut karena lokasi wisata masih cukup ramai dan kejadian ini sudah merupakan hal yang biasa.

Waktu-waktu yang dijadikan untuk melakukan upacara adat biasanya di bulan purnama. Dan disaat ini juga akan ada banyak pengunjung yang ingin menyaksikan proses upacara ini. jadi lokasi wisata akan menjadi tidak sepi dan mistis.

7. Bangunan Unik Dan Menarik

Bangunan Unik Dan Menarik
https://www.instagram.com/potretpesisirgunungkidul/

Di area lokasi wisata Pantai Ngobaran, kalian dan para pengunjung lain akan melihat banyak patung-patung dan pura serta masjid yang unik dan menarik. Ada banyak arca yang memang mirip dengan arca-arca yang ada di pulau Dewata Bali.

Ada patung dewa Wisnu juga yang mengendarai burung Garuda dengan menghadap ke Pantai Ngobaran. Terdapat juga puncak yang masih dijadikan masyarakat sekitar sebagai tempat untuk beribadah dan ritual semedi.

Di tempat wisata ini juga tedapat Masjid yang cukup unik. Yakni posisi Masjid yang menghadap ke selatan dan bukan ke arah barat. Meski begitu masyarakat setempat yang beragama muslim tetap menghadap barat saat beribadah.

8. Pantai Sekitar

Pantai Sekitar yang indah
https://www.instagram.com/saskiaagstn/

Terdapat beberapa deretan pantai yang ada disekitar Pantai Ngobaran. Diantaranya, Pantai Ngrenehan, Pantai Nguyahan, Pantai Indrayanti, Pantai Kukup, dan masih banyak pantai-pantai yang lainnya.

Untuk itu jika kalian ada di lokasi wisata Pantai Ngobaran juga harus menyempatkan mengunjungi pantai-pantai tersebut. Selain kalian akan menemukan hal-hal unik dan menarik lainnya yang berbeda setiap tempat, pemandangannya pun juga sayang untuk dilewatkan.

Selain itu juga, kalian juga tidak perlu berpindah-pindah tempat penginapan karena dalam satu penginpan yang sama kalian bisa mengunjungi beberapa pantai sekaligus. Ini dikarenakan sudah ada banyak sekali penginapan yang dekat dengan beberapa pantai yang ada disekitar Pantai Ngobaran.

Simak Review: Jogja Bay Waterpark Yogyakarta

Penginapan Dekat Pantai Ngobaran

Penginapan adalah kebutuhan wajib bagi wisatawan atau pengunjung yang datang jauh dari luar kota. Untuk itu ada beberapa pilihan penginapan yang bisa kalian tempati disekitar lokasi wisata, antara lain :

1. Winahyu Resort Kukup

Winahyu Resort Kukup di jogja

Penginapan tersebut bisa kalian pertimbangkan, karena lokasinya yang hanya 5.52 Km ke Pantai Ngobaran. Lokasi wisata yang juga dekat dengan penginapan ini antara lain, Pantai Kukup, Pantai Baron, Pantai Sepanjang dan Pantai Drini.

Penginapan Winahyu Resort Kukup sangat terjangkau dengan beberapa pilihan kamar yang tersedia. Diantaranya, Value Room, Eco Room, hingga Smart Room. Fasilitas yang di dapatkan dari penginapan ini antara lain Ranjang, Kipas Angin, Meja, Kamar Mandi, serta Parkir.

2. Hotel Kukup Indah

Hotel Kukup Indah

Di hotel ini mempunyai fasilitas, Ranjang, AC, Ruang Keluarga, Parkir, Jemuran, dan Perlengkapan mandi. Dengan harga yang cukup terjangkau dari Rp. 100.000 sampai Rp. 500.000 per malam, kalian sudah mendapatkan fasilitas tersebut.

Hotel ini beralamat di Jl. Pantai Selatan Jawa, Ngepung, Kemadang, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Dengan lokasi yang sangat dekat ke pantai-pantai yang ada di Gunung Kidul, termasuk Pantai Ngobaran.

3. Kampoeng Baron Art Resort Restaurant And Guesthouse

kelengkapan kampoeng Baron Art Resort Restaurant And Guesthouse

Hotel Kampoeng Baron Art Resort Restaurant and Guesthouse beberapa pilihan kamar, seperti Cottage, Standard Double, Suite Room, Villa Omas, dan Villa Ombo. Dengan fasilitas layanan 24 jam, Parkir, Cafe, Restoran, Meja, TV, Kamar Mandi, Smoking Area, AC, dan juga Antar Jemput.

Hotel ini beralamat lengkap di Jl. Baron KM 21, Rejosari, Kemadang, Tanjungsari, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Dengan lokasi yang berada dekat dengan beberapa pantai yang ada di Gunung Kidul.

4. Green House

Green House yang murah

Penginapan berikutnya terletak di Pantai Kukup, Wonosari, Gunung Kidul. Dengan fasilitas yang ditawarkan seperti, Kamar, Kipas Angin, Sewa Mobil, Layanan 24 jam, Parkir, dan lain sebagainya.

5. Homestay Barokah

Homestay Barokah

Penginapan lain yang juga tidak terlalu jauh dari Pantai Ngobaran adalah Homestay Barokah. Beralamat di Pantai Kukup, Wonosari, Gunung Kidul ini menawarkan harga dan fasilitas yang tidak kalah lengkap.

Beberapa tipe kamar yang disediakan antara lain, Standard Double Room, Standard Double Room AC, Standard Twin Room AC, Standard Quadruple Room, dan Family Room.

Wisata Dekat Pantai Ngobaran

Tak lengkap rasanya jika hanya mengunjungi satu tempat saja yang ada di Gunung Kidul Yogyakarta ini. Jika kalian sudah puas menikmati keindahan Pantai Ngobaran dan masih ingin berwisata di kota Jogja, ada beberapa pilihan wisata yang bisa kalian kunjungi disekitar Pantai Ngobaran, diantaranya:

1. Prasasti Candi Kejawan

Prasasti Candi Kejawan di jawa tengah

Prasasti Candi Kejawan dibangun oleh Agung Riyadi dari keturunan Prabu Brawijaya V yaitu Raja Majapahit VII ke 20. Candi ini dibangun pada tahun 2003 dan diresmikan pada tahun 2004 bulan Agustus.

Tujuan dibangunnya Prasasti Candi Kejawan adalah untuk menghormati Prabu Brawijaya V. Pembangun dari Prasasti ini juga terletak diatas gunung sebelah barat Pantai Ngobaran. Dan uniknya Prasasti Candi Kejawan berdiri tersediri, dalam artian bukan Hindu dan bukan juga Budha.

2. Pantai Ngrenehan

Pantai Ngrenehan
https://www.instagram.com/jogja.istimewa/

Nama Pantai Ngrenehan diambil dari bahwa jawa yaitu ‘Rene’ yang berarti ‘Sini’. Masyarakat setempat menyebut pantai ini sebagai Pantai Ngrenehan sebagai bentuk penghormatan kepada Raden Fatah.

Pada saat itu Raden Fatah ingin mencari ayahnya yaitu Raja Brawijaya yang melarikan diri ketika diminta Raden Fatah untuk memeluk Islam.

Disini para pengnjung akan melihat pemandangan bersuasana klasik khas jaman dulu. Pemandangan kumpulan batu karang yang membentuk teluk akan terasa sangat jelas terlihat.

Jelajahi Juga: Wisata HeHa Sky View (Memukau dan Terjangkau)

3. Pantai Kukup

Pantai Kukup gunung kidul
https://www.instagram.com/faat_0503/

Pantai Kukup memiliki pemandangan yang tidak kalah indah dari beberapa wisata yang ada di Gunung Kidul Jogja.

Dan jaraknya cukup dekat dengan lokasi wisata Pantai Ngobaran yaitu di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Dengan lokasi yang cukup luas dari timur sampai barat dan dikelilingi oleh bukit-bukit, membuat pemandangan di Pantai Kukup ini sangat menarik. Apalagi jika air laut sedang surut, membuat terumbu karang bisa terlihat jelas disini.

4. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti
https://www.instagram.com/syam_fme/

Ada yang unik dan menarik dari penamaan pantai yang satu ini. ‘Indrayanti’ merupakan nama yang diambil dari restoran yang ada di Pantai Indrayanti. Nama resmi dari pantai ini sendiri sebenarnya adalah Pantai Pulang Sawal/Pantai Pulang Syawal, namun lebih dikenal Pantai Indrayanti.

Wisata yang terdapat di pantai ini sebenarnya sama dengan wisata pantai-pantai yang ada di pantai selatan. Namun pada saat tertentu, para pengunjung akan melihat banyaknya pemandangan ubur-ubur di tepian.

Tips Berkunjung Ke Pantai Ngobaran

Penting bagi kalian selaku pengunjung wisata dari Pantai Ngobaran untuk mematuhi dan mengikuti tips berkunjung disini. Tidak ada salahnya juga untuk diikuti, apalagi bagi pengunjung yang baru atau masih pertama kali datang ke lokasi wisata Pantai Ngobaran. Berikut adalah tips singkatnya :

1. Datang Pagi Dan Sore

Datang Pagi Dan Sore

Rasanya dua waktu tersebut sangat cocok ketika memutuskan untuk mendatangi tempat wisata, apalagi wisata pantai. Pemandangan akan terasa indah di waktu-waktu tersebut.

Di pagi hari udara disekitar pantai masih terasa sejuk dan tidak panas, kecuali jika kalian ingin berjemur di lokasi Pantai Ngobaran tersebut. Saat sore juga waktu yang pas bagi kalian untuk mendatangi pantai, karena sore udara dan cuaca masih sangat enak dan sejuk.

2. Datang Saat Cerah

Datang Saat Cerah untuk menikmati suasana

Di saat pagi dan sore hari pemandangan pantai akan semakin indah. Dengan pemandangan langit yang cerah dan hijaunya perbukitan membuat susana menjadi mempesona. Apalagi warna laut yang menjadi biru ketika memantulkan cahaya langit.

Dengan cuaca yang cerah membuat pemandangan semakin muncul. Akan tetapi jika kalian datang waktu mendung atau turun hujan, pemandangan laut menjadi buram karena langit yang gelap. Pemandangan perbukitanpun tidak terlalu memberi pemandangan yang menarik.

3. Berfoto Di Pura Segara Wukir

berkunjung dan Berfoto Di Pura Segara Wukir

Terdapat banyak sekali objek wisata yang bisa dijadikan kegiatan berfoto, salah satunya adalah Pura Segara Wukir.

Dengan objek background foto Pura Segara Wukir, membuat suasana foto seperti sedang berada di Pulau Dewata Bali.

4. Menajaga Kebersihan Lokasi Wisata

Menajaga Kebersihan Lokasi Wisata

Sebagai kawasan beribadah umat Hindu, seperti beberapa upacara dan hari raya keagamaan dilakukan disini maka dianjurkan untuk pengunjung untuk menjaga kebersihan di lokasi ini.

Selain itu dihimbau untuk pengunjung agar tidak mencorat-coret bangunan berupa apapun yang ada di tempat ini. Selain untuk menghormati tempat ibadah, juga menjaga agar lingkungan wisata Pantai Ngobaran tetap asri dan terjaga.

Baca Juga: Candi Ratu Boko, Wisata Sejarah yang Menarik di Yogyakarta

Itulah bebarapa informasi sejarah, tiket masuk, rute, dan riview wisata yang ada di Gunung Kidul. Dari sekian banyak informasi dari wisata Pantai Ngobaran yang ada di Jogja, bisa dikatakan bahwa lokasi wisata ini patut untuk kalian kunjungi.

Selain dari panorama keindahan, dan kegiatan wisata yang ada disini, banyak nilai sejarah yang akan kalian dapatkan disini. Semoga bermanfaat dari penjelasan diatas. Dan selamat bersenang-senang!

0

Candi Sewu

Jessica Susanti
6 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *