Pantai Nguluran

7 min read

Pantai Nguluran

Pantai Nguluran memang selalu menjadi objek wisata utama yang selalu ramai dikunjungi pada hari libur. Tempat ini merupakan salah satu objek wisata yang sedang hits di media sosial. Keindahan pesona alam dan fasilitas yang memanjakan hati dan mata.

Pantai Nguluran menyajikan alam yang luar biasa. Birunya lautan yang luas dengan pasir putih dan bukit karang yang masih asri membuat hati terasa lebih nyaman. Hembusan angin pantai pun membuat pikiran kamu menjadi lebih rileks.

Lokasi Pantai Nguluran

Untuk info lokasi dari wisata ini, alamat dari wisata Pantai Nguluran ini berada di Dusun Bolag, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Jika berangkat dari Kota Yogyakarta, jaraknya sekitar 60 Km.

Rute ke Pantai Nguluran

Untuk kamu yang ingin berwisata ke Pantai Nguluran jogja ini, kamu mengikuti rute jalan menuju ke Pantai Gesing, setelah itu kamu tinggal lanjutkan perjalanan sekitar 300 meter ke arah barat.

Jika kebetulan kamu berada di pusat kota Yogyakarta, kamu bisa menuju wisata ini dengan melalui Ringroad jalan Wonosari. Setelah kamu melewati kawasan Piyungan, kamu terus lanjutkan perjalanan menuju ke Patuk sob.

Setelah sampai di lapangan terbang Gading, ambil arah kanan hingga masuk pasar Playen. Kamu tinggal lanjutkan melalui Paliyan dan kemudian menuju ke Girikarto. Setelah itu kamu tinggal mencari lokasi Jembatan Kaca Pantai Nguluran Gunung Kidul ini.

Jika kamu dari wisata Malioboro, jarak malioboro ke Pantai Nguluran sekitar 44 Km dengan waktu tempuh 1 jam 20 menit. Kamu tinggal mengikuti arah dari Jl. Siluk Panggang.

Tiket Masuk Pantai Nguluran

Harga tiket masuk ke Pantai Nguluran ini sebesar Rp5.000 untuk setiap orangnya, harga tiket tersebut belum termasuk parkirnya ya sob. Untuk parkir kamu dikenakan biaya sebesar Rp. 3.000 untuk motor sedangkan untuk mobil dikenakan Rp. 5.000.

Untuk pengunjung yang ingin menikmati spot foto di atas kaca ini tiket masuk teras kaca dikenakan biaya tambahan sebesar Rp10.000 untuk setiap orangnya, dengan durasi 5 menit ketika weekday, kemudian untuk weekend dikenakan biaya Rp20.000 untuk setiap orangnya.

Jam Buka

Untuk kamu yang ingin berwisata ke Pantai ini dengan lokasi yang penuh keindahan untuk spot foto ini dibuka setiap hari dengan jam buka dimulai dari pukul 09.00 pagi sampai dengan pukul 05.00 sore.

Fasilitas

Karena merupakan destinasi baru dan awalnya hanya didesain untuk rumah liburan pribadi, bukan tidak didesain untuk objek kunjungan publik fasilitas disana masih minim.

Namun melihat banyaknya antusias pengunjung yang tinggi, tidak menutup kemungkinan akan dibangun beberapa fasilitas yang dibutuhkan pengunjung.

Untuk saat ini ada beberapa fasilitas yang tersedia: Mushola, gazebo untuk duduk duduk, dan pendapa yang di dalamnya disediakan permainan tradisional congklak. Di dekat lokasi juga tersedia Warung/Restoran. Fasilitas utama di lokasi ini adalah Aneka spot foto.

Daya Tarik Pantai Nguluran

Di Pantai ini terdapat beberapa daya tarik yang akan membuat kamu terpesona dengan keindahan pantai ini. Berikut daya tarik dari wisata Pantai Nguluran:

1. Pesona Keindahan Alam Pantai

Pesona Keindahan Alam Pantai yang menawan
https://www.instagram.com/jogja_trip_travel/

Di kawasan pantai ini, kamu bisa menikmati keindahan laut lepas dari ketinggian tebing. Pantai ini banyak terdapat tebing yang cukup tinggi dan indah, dan disana kamu bisa melihat pemandangan laut yang eksotis.

Diatas tebing itu kamu bisa melihat birunya air laut yang indah, pasir pantai yang berwarna putih luas membentang, dan kamu bisa melihat indahnya langit biru yang dipadukan dengan birunya air laut.

Sayangnya dipantai ini kamu tidak bisa melihat sunrise atau sunset, karena pantai ini buka pada jam 09.00 – 17.00.

Tapi kamu disini sudah di sajikan pesona alam yang menyejukan mata, hati dan membuat pikiran kamu menjadi rileks.

2. Teras kaca Pantai Nguluran

ekstremnya Teras kaca Pantai Nguluran
https://www.instagram.com/unitytourtraining/

Selain tebing, di wisata ini terdapat spot wisata yang cukup ekstrem yaitu teras kaca yang letaknya menjorok ke arah laut. Kamu bisa melihat pemandangan laut dan hempasan ombak di bawahnya dan kamu berdiri diatasnya.

Kamu yang datang bisa mencoba uji nyali dan memacu adrenalin. Caranya kamu harus naik gardu pandang yang terbuat dari kaca dan beton yang kokoh. Kamu bisa melihat lautan yang berombak belasan meter tepat di bawah kaki kita.

Dari tempat teras kaca ini kamu bisa melihat pemandangan pantai yang eksotis dan kamu bisa berfoto dengan background yang keren. Hasilnya, sudah dapat di pastikan instagramable banget nih sob.

Gausah risau atau takut dengan keamanan tempat ini. Bahan yang digunakan terbuat dari kaca setebal 1,3 cm telah memenuhi standar kekuatan dan ditopang dengan baja yang kuat. Jadi kamu tidak usah khawatir ya sob.

3. Glass Boat

Glass Boat
https://www.instagram.com/itsiichaa14/

Glass boat mirip dengan teras kaca. Sama – sama terbuat dari kaca dan beton yang kokoh serta tinggi dan menjorok ke arah lautan. Tetapi bedanya yaitu sesuai namanya glass boat berbentuk haluan kapal dengan dasar dari kaca.

Kamu masih ingatkan sama film kapal terbelah menjadi dua, ya film titanic. Kamu disini bisa nih berfoto gaya ala film titanic yang berada di depan kapal. Disini banyak wisatawan yang berpose seperti fil titanic loh sob karena suasananya hampir sama.

4. Jogja Swing

Jogja Swing
https://www.instagram.com/ade_nurrr/

Jogja swing juga cukup memompa adrenalin nih sob. Disini kamu dapt berayun dengan ayunan yang panjang di dekat tebing. Sehingga ketika kamu berayun, kamu akan melewati tebing dan melayang diatas jurang.

Tenang sob, disini kamu aman ko saat berayun – ayun di Jogja Swing. Jogja Swing ini sudah terpasang pengaman yang tidak akan membuat kamu terlempar jatuh ke dalam jurang.

Kalau menurut aku sih Jogja Swing ini lebih memacu ardenalin dan lebih degdegan / menakutkan dibanding dengan Teras kaca atau Glass Boat. Disini kamu seperti terjun bebas dari tebing. Jadi siapkan ya sob nyali kamu untuk mencoba ayunan ini.

Lihat Juga: 8 Hal Unik Dan Menarik di Pantai Ngobaran

5. Becak Terbang

keseruan Becak Terbang
https://www.instagram.com/teraskaca/

Becak terbang, berupa spot foto berbentuk mode transportasi tradisional. Bedanya becak ini ada ornamen sayap. Dengan penempatan di atas landasan yang tinggi dan berlatar lautan lepas.

Tidak usah risau sob, becak terbang ini gabakalan jatuh atau jalan sendiri, karena sudah terikat dan dipatenkan dengan sangat baik. Untuk kamu yang punya pasangan bisa nih di foto disini dengan romantis berdua dengan pemandangan yang eksotis.

Nah, untuk kamu yang masih sendiri jangan sedih ya, kamu juga bisa ajak teman kamu atau saudara kamu untuk berfoto disini. Atau sendiripun bisa, kamu bisa lebih keren dari pada berduaan kamu lebih bebas untuk berpose.

6. Giant Chair

Giant Chair
https://www.instagram.com/luthfiena09/

Jika kamu takut ketinggian sehingga tidak cukup kuat mental untuk naik teras kaca atau Glass boat, ada pilihan lain nih sob yang juga tidak kalah seru. Yaitu Giant Chair. Ojek foto berbentuk kursi raksasa setinggi lebih dari 5 meter.

Giant Chair ini juga digunakan sebagai gardu pandang dan titik pengambilan gambar. Sama seperti spot foto lainnya, kamu juga disini bisa berfoto atau selfie ria dengan teman, pasangan atau saudar kamu dengan gaya terbaik dan terkeren.

7. Kursi Panjang Logam

Kursi Panjang Logam kekinian
https://www.instagram.com/heru_potret_377/

Spot lain selain yang di atas ada juga nih kursi panjang yang berhadap hadapan, yang tersusun dari bahan logam. Kedua kursi tersebut terhubung dengan kubah rangkaian yang terbuat dari besi.

Sungguh keren nih sob di foto disini, dengan latar laut lepas berwarna biru yang sangat indah ditambah dengan kursi panjang logam ini yang dimana kursi dan kubahnya dihiasi dengan tumbuhan merambat imitasi.

8. Mainan Anak – Anak

Mainan Anak – Anak
https://www.instagram.com/mikhaylazaninda/

Disini juga terdapat tempat yang dimana tempat ini semacam tempat mainan anak – anak.

Tapi disini juga bisa kamu gunakan untuk tempat berfoto yang indah, karena disini didukung dengan taman yang luas dan latar lautan lepas dari atas tebing.

Rekomendasi Untukmu: 7 Daya Tarik Museum Dirgantara Jogja (Eksotis dan Patriotis)

Hotel Dekat Pantai Nguluran

Pantai Nguluran ini merupakan wisata baru, karena dulunya ini adalah pantai yang private, jadi belum ada penginapan dekat dengan wisata ini. Berikut beberapa penginapan yang cukup dekat dengan wisata ini:

1. Hotel Gandung Parangtritis

harga Hotel Gandung Parangtritis

Hotel ini berlokasi di Parangtritis, Kretek, Gunung Kidul, jarak dari Pantai Nguluran ke hotel ini sekitar 28 Km dengan waktu tempuh 50 menit. Hotel Gandung ini bertarif dari mulai harga Rp. 99.000.

Fasilitas di hotel ini cukup bagus, dimulai dari area parkir yang cukup luas, wifi gratis, taman keluarga, layanan kebersihan dan fasilitas kamar yang cukup enak.

2. Queen of The South Resort

Queen of The South Resort

Hotel ini berlokasi di Jl. Parangrejo No. 13, jarak dari hotel ke Pantai Nguluran sekitar 35 Km dengan waktu tempuh 1 jam. Hotel ini bertarif dari mulai harga Rp. 250.000.

Hotel ini merupakan hotel berbintang 3, hotel ini menyajikan pemandangan yang bagus dan banyak ulasan yang memberikan rating 8,5 – 9 loh sob. Disini banyak pemandangan yang menarik dan hotelnya bisa dijadikan instagrammable.

3. Paddy D’sawah Guest House

Paddy D’sawah Guest House

Penginapan ini berlokasi di Jogodayoh, Sumbermulyo. Jarak dari hotel ini ke Pantai Nguluran sekitar 38Km dengan waktu tempuh 1 jam. Hotel ini menawarkan harga dari mulai Rp. 153.000.

Hotel ini menawarkan beberapa fasilitas seperti tempat parkir, wifi gratis, akses ke pantai, akses ke bandara, layanan kamar dan fasilitas kamar yang cukup baik.

Dan masih banyak lagi hotel / penginapan di daerah yang cukup dekat atau di Gunung Kidul, kamu bisa berwisata ke wisata lain di daerah ini. Pada beberapa informasi untuk waktu yang tidak lama akan banyak penginapan di dekat Wisata Pantai Nguluran.

Simak Review: Wahana dan Fasilitas Menarik di Jogja Bay Waterpark Yogyakarta

Tempat Wisata Dekat Pantai Nguluran

Setelah kamu berwisata di Pantai Nguluran ini, kamu bisa melanjutkan ke tempat wisata yang dekat dengan Pantai Nguluran. Berikut beberapa wisata yang dekat dengan Pantai Nguluran:

1. Pantai Gesing

Pantai Gesing
https://www.instagram.com/saffana1901/

Pantai Gesing ini berlokasi di Girikarto, Panggang Bolang, jarak dari Pantai Nguluran ke wisata ini sekitar 1 Km dengan waktu tempuh 5 menit. Pantai ini merupakan wisata yang berlum tenar di dunia wisatawan.

Pantai ini menyajikan pemandangan yang indah, memang tidak terlalu luas bibir pantainya. Tetapi karang – karang yang menjulang tinggi dan airnya yang sangat jernih membuat kamu akan sangat terkesan.

Selain pemandangan yang indah, di wisata ini pun memiliki beberapa aktifitas seru, seperti spot untuk melihat sunset dan sunrise, memamncing ikan – ikan yang lucu, spot foto area, dan lain sebagainya.

2. Taman Pantai Buron

keistimewaan Taman Pantai Buron
https://www.instagram.com/denisprahasiwi/

Taman Pantai Buron ini berlokasi di Bolang, Girikarto, Panggang, berjarak sekitar 1 Km dari Pantai Nguluran dengan waktu tempuh 4 menit. Tempat wisata ini memiliki pemandangan yang indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda.

Wisata ini merupakan tempat wisata yang harus kamu kunjungi nih sob, pasalnya pesona keindahannya tidak ada tandingannya. Penduduk lokal daerah dekat wisata ini juga sangat ramah tamah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

3. Wisata Tanjung Kesirat

Wisata Tanjung Kesirat
https://www.instagram.com/berandajogja/

Taman Pantai Buron ini berlokasi di Karang, Girikarto, Panggang, berjarak sekitar 5,3 Km dari Pantai Nguluran dengan waktu tempuh 15 menit. Pantai ini merupakan wisata yang sering dikunjungi wisatawan dan menjadi tempat favorit.

Di wisata ini menyajikan pemandangan laut yang ingdah, tebing – tenbing yang kokoh dan keindahan matahari terbenam. Tempat wisata ini merupakan tujuan utama dari wisatawan pemburu keindahan matahari terbenam.

4. Pantai Wohkudu

camping Pantai Wohkudu
https://www.instagram.com/wonderfuljogja/

Pantai wohkudu ini berlokasi di Dukuh Wiroso, Girikarto, Panggang. Jarak dari Pantai Nguluran sekitar 4,7 Km dengan waktu tempuh 18 menit. Pantai ini letaknya masih tersembunyi yang akan memberi kamu kesan tersendiri yang jarang kita temukan.

Wisata ini akan memberikan kita suasana yang hening dan damai saat kamu menginjakan kaki di Pantai Wohkudu.

Pantai ini terletak di antara himpitan dua bukit karang yang menjadikan Pantai Wohkudu ini tidak memiliki hamparan pasir yang terlalu luas.

Lokasinya yang masih tersembunyi dan suasana yang hening menjadikan wisata ini sebagai destinasi yang cocok untuk menyendiri. Wisata ini masih jarang dikunjungi oleh wisatawan lain, jadi cocok buat kamu yang butuh ketenangan.

5. Pantai Butuh

Pantai Butuh
https://www.instagram.com/triad_mk/

Pantai Butuh ini berlokasi di Krambilsawit, Saptosari. Jarak dari Pantai Nguluran ke wisata ini sekitar 14 Km dengan waktu tempuh 30 menit. wisataa ini tidak begitu luas, pasirnya putih bersih, diapit oleh bukit batu karst dan pepohonan yang masih rimbun.

Pantai Butuh berada di antara dua bukit yang ditumbuhi pepohonan yang tak beraturan. Pantai yang berupa batuan karang kecil timbul diatas pasir yang putih, ombak yang menderu perlahan menuju daratan dan landai .

Wisata pantai ini masih jarang sekali untuk dikunjungi wisatawan, jadi pantai ini masih bersih, sejuk dan romantis ketika datang bersama pasangan atau sahabat untuk bermain ke pantai cantik dan elok ini.

Baca Juga: Wisata HeHa Sky View (Memukau dan Terjangkau)

Itulah beberapa ulasan mengenai Pantai Nguluran Yogyakarta. salah satu objek wisata yang sedang hits di media sosial. Keindahan pesona alam dan fasilitas yang memanjakan hati dan mata ditambah dengan spot – spot foto yang cocok untuk instagrammable.

So, gimana sob? Kamu tertaik bukan untuk wisata di Pantai Nguluran ini. Wisata yang memiliki pemandangan yang indah dengan banyaknya spot – spot foto yang akan membuat kamu menjadi keren.

0

Gunung Kelud

Zuhrufi
4 min read

Sindu Kusuma Edupark

Putri
9 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *