Pantai Pandawa Bali

9 min read

pantai pandawa bali adalah

Pulau Bali atau lebih dikenal Pulau Dewata merupakan pulau destinasi impian banyak orang. Ragam pesona pantai, alam dan budaya disini menjadi faktor utama Pulau Dewata ini dikunjungi wisatawan nusantara ataupun mancanegara.

Pantai Pandawa merupakan salah satu pantai berpasir putih yang cukup populer. Hamparan garis pantai yang landai, luas, serta pantai yang bersih menjadi daya tarik utama pantai ini. Kelebihan lain yang bisa kamu jumpai di sini adalah ombak yang tenang.

Pantai Pandawa ini lebih terkenal dikalangan wisatawan mancanegara, khususnya Australia dengan nama Secret Beach of Bali. Sedangkan masyarakat lokal lebih mengenal dengan nama Pantai Kutuh.

Lokasi Pantai Pandawa

Lalu pantai Pandawa dimana lokasinya dan berada di daerah mana di pulau Bali? Selain itu, apa ada peta petunjuk arah untuk menuju ke pantai ini?

Alamatnya berada di Jalan Pantai Pandawa, Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Provinsi Bali. Lokasi pantai ini berada di balik tebing batu kapur yang sangat tinggi dan dari atas tebing anda akan dapat melihat keindahan Samudra Hindia.

Jalan Menuju Pantai Pandawa

Untuk bisa menuju ke Pantai Pandawa, kamu bisa melewati beberapa rute perjalanan, yaitu:

  • Rute Perjalanan dari Pelabuhan Gilimanuk

Jika kamu mengendarai transportasi darat, kamu pastinya akan melewati Jl. Raya Denpasar Gilimanuk. Kamu hanya perlu berjalan lurus terus sampai menjumpai Jl. Raya Dalung, lalu belok kiri menuju Jl. Raya Padang Lewih.

Setelah itu kamu lurus terus sampai menemukan Jl. Raya Kerebok, lalu kamu belok kiri dan lurus terus. Setelah itu kamu tinggal mengikuti petunjuk arah dan kamu pasti akan sampai ke wisata pantai pandawa ini.

  • Rute Perjalanan dari Bandara Internasional Ngurah Rai

Jika kamu datang ke Bali melalui bandara Ngurah Rai, kamu harus menuju ke arah selatan yakni arah Jimbaran. Dari Jimbaran kamu harus mengikuti petunjuk jalan menuju desa Kutuh. Jalan menuju wisata ini harus menempuh cukup panjang dan berliku.

Tiket Masuk Pantai Pandawa

Harga tiket masuk saat ini tahun 2020 ke wisata ini tergolong murah dan terjangkau untuk semua kalangan loh sob. Tiket masuk ke area ini, kamu hanya perlu membayar biaya sebesar Rp. 8.000 per orangnya, dan untuk wisatawan mancanegara Rp. 15.000.

Sedangkan untuk parkir, dibedakan menjadi dua, yaitu parkir mpbil Rp. 5.000 per kendaraan dan untuk parkir motor Rp. 2000 per kendaraan.

Jam Buka Pantai Pandawa

Gerbang akses menuju Pantai Pandawa dan loket tiket masuk buka setiap hari mulai dari pukul 04.00 hingga 22.00 WITA. Jika kamu datang diwaktu tepat, kamu bisa menikmati pemandangan berupa matahari terbenam dan terbit di pantai indah ini.

Jika kamu ingin melakukan aktivitas malam hari, seperti camping sebaiknya kamu berkoordinasi dengan pihak pengelola wisata pantai ini.

Failitas Pantai Pandawa

Selain bisa menikmati pemandangan pantai yang sangat indah, kamu juga bisa menikmati beberapa fasiltas penunjang.

Fasilitas yang ada di pantai ini cukup lengkap seperti, toilet umum yang bersih, area parkir yang luas dan aman, restauran seefood, kedai makan, toko souvernir dan masih banyak lagi.

Di pantai ini disediakan beberapa wahana yang menarik loh sob. Tapi jika kamu hanya ingin duduk bersantai dan memandangi keindahan pantai, kamu bisa menyewa gazebo seharga Rp. 50.000 per tiga jamnnya.

Aktifitas Seru di Pantai Pandawa

Pantai indah ini memiliki pesona alam yang memukau dengan hamparan pasir putih yang populer dikalangan wisatawan. Aktifitas-aktifitas seru yang bisa kamu lakukan ketika mengunjungi pantai ini sebagai berikut :

1. Mengunjungi Lima Patung Ksatria Pandawa

pantai pandawa bali sejarah

Pemandangan bukit kapur di sisi kiri dan kanan jalan akan menyambutmu ketika memasuki kawasan Pantai Pandawa. Pantai ini terletak di balik tebing kokoh yang membuatnya tampak eksotis.

Tak hanya hamparan tebing, pengelola pun memasukkan unsur budaya di pantai ini. Terdapat lima patung ksatria Pandawa yang diletakkan di antara dinding-dinding tebing, mereka adalah Arjuna, Bima, Yudistira, Nakula, dan Sadewa.

Kelima patung “penjaga” pantai tersebut diukir dengan indah oleh para seniman asli Bali. Di lokasi yang sama, ada pula patung Dewi Kunti yang merupakan ibu dari kelima ksatria Pandawa.

Semua patung-patung tersebut berwarna putih dengan tinggi sekitar lima meter, diberikan kain warna ungu di bagian pinggang, dan berjajar menghadap ke pantai.

2. Berenang

pantai pandawa bali di daerah mana

Keindahan pantai ini tak perlu  kamu ragukan lagi. Pasir putih yang bersih, air laut yang jernih, dan ombak yang relatif tenang akan menarik perhatian setiap pengunjung untuk berenang atau menikmati keindahan pantai sambil duduk santai.

Panorama yang ditawarkan tentu tak akan membuat kamu bosan menghabiskan waktu di sini. Apalagi, pantai ini tergolong cukup sepi dibanding dengan suasana Pantai Kuta dan Pantai Nusa Penida.

3. Menikmati Keindahan Pantai

pantai pandawa bali dimana

Liburan ke pantai ini kamu bisa menikamati pemandangan yang sangat indah pantai dengan garis patai berwarna putih. Tidak hanya hamparan pasir, kamu juga bisa melihat air pantai yang jernih dan biru.

Nah sob, untuk kamu yang hobby fotografer disni cocok untuk memfoto pesona yang indah. Untuk kamu yang mencari spot foto yang bagus kamu  bisa ke arah kanan pantai indah ini.

Disana ada batu karang yang keren dan di area kanan cukup sepi karena batu karang itu terletak di ujung kanan pantai ini.

4. Bermain Perahu Kano

pantai pandawa bali gambar

Tidak hanya berenang, di sini kamu juga bisa bermain kano (perahu kecil yang digerakkan dengan dayung). Kano berkapasitas satu orang.

Kamu bisa sewa dengan tarif Rp25.000 per satu jam. Untuk kano yang dimainkan dua orang, umumnya dibanderol dengan harga Rp50.000 per satu jam.

Kamu bisa mengelilingi pantai sambil melihat keindahan laut kebiruan dan kemegahan tebing kapur. Jangan takut tenggelam karena kamu juga akan dilengkapi fasilitas jaket pelampung.

Simak Review: Taman Nasional Bali Barat yang Memukau dan Mempesona

5. Melihat Budidaya Rumput Laut

pantai pandawa bali foto

Selain untuk tujuan wisata dan olahraga air, sisi barat pantai ini juga dimanfaatkan untuk budidaya rumput laut oleh penduduk setempat. Di sini, kamu bisa melihat langsung aktivitas para petani bekerja, mulai dari mengikat bibit, menanam, hingga menjemur.

Bahkan, kamu juga diberi kesempatan untuk turut membudidayakan rumput laut. Kegiatan ini tentu bisa kamu jadikan alternatif yang menyenangkan selama berada di Pantai Pandawa.

6. Bermain Paragliding di Bukit Timbis

 pantai pandawa bali tiket masuk

Pernah terpikir untuk menikmati semua keindahan Pantai Pandawa dari udara? Jika kamu berani, cobalah aktivitas paragliding atau paralayang di Bukit Timbis.

Karakter tebing dan hembusan angin yang pas menjadikan lokasi ini sempurna untuk kamu akan terbang melihat keindahan pantai dari atas.

Untuk bisa menikmati aktivitas seru ini, ada banyak jasa penyewaan peralatan paragliding. Harganya pun bervariasi mulai dari Rp400.000, tergantung jenis paket yang kamu ambil.

Jika kamu tertarik mencobanya, waktu terbaik untuk terbang adalah siang hingga sore hari apabila cuaca mendukung.

7. Merelaksasi Tubuh dengan Pijat Tradisional

 pantai pandawa balikpapan

Sembari duduk menikmati pemandangan sekitar, manjakan tubuhmu dengan mencoba jasa tukang pijat yang banyak ditawarkan penduduk lokal. Harganya pun bervariasi mulai Rp40.000 hingga Rp130.000, tergantung jenis layanan yang kamu pilih.

Tak hanya pijat refleksi, layanan yang ditawarkan juga termasuk pijat khas Bali, pijat Pandawa, pijat refleksi kaki, serta manikur dan pedikur.

Setelah melepas lelah dan memanjakan diri dengan pijat tradisional, kamu bisa merasa lebih segar dan relaks melanjutkan liburanmu di Pulau Dewata.

8. Berselancar menaklukkan ombak

pantai pandawa bali alamat

Daya tarik lain Pantai Pandawa adalah ombak yang sangat ideal untuk kegiatan berselancar atau surfing. Gulungan ombak yang tinggi dan konsisten menjadi favorit para peselancar asing. Apalagi, kondisi pantai yang tidak terlalu ramai.

Meskipun begitu, kondisi ombak selalu berbeda-beda setiap waktu. Pantai ini akan ramai dikunjungi peselancar profesional saat musim hujan, yaitu sekitar bulan Oktober hingga April.

Waktu terbaik ini selalu dimanfaatkan peselancar untuk menaklukkan gelombang besar. Namun untuk pemula, cobalah datang antara bulan Maret hingga November. Pada bulan-bulan tersebut, kondisi ombak cenderung lebih bersahabat.

9. Berburu souvenir unik

artikel pantai pandawa bali

Bagi yang gemar berbelanja, di kawasan wisata ini juga tersedia beberapa toko yang menjual pakaian, kerajinan seni, kain, serta suvenir unik khas Bali. Kamu bisa mendapatkan harga.

Dengan begini, kamu bisa membawa pulang buah tangan untuk keluarga maupun para sahabat tanpa harus merogoh uang banyak.

Lihat Pesona: Goa Gajah, Menyimpan Banyak Fakta Sejarah Dan Wisata Menarik

Hotel/Penginapan dekat Pantai Pandawa

1. Arjana Homestay Pandawa

arah pantai pandawa bali

Arjana Homestay Pandawa berlokasi di Jalan Gunung Payung No 18, Nusa Dua, Indonesia, Uluwatu, Kuta Selatan, Bali. Tarif menginap di Arjana Homestay Pandawa mulai dari Rp 170 ribuan.

Ada banyak fasilitas yang ditawarkan oleh Arjana Homestay Pandawa, terdiri dari ranjang yang nyaman, kamar mandi, area parkir, layanan kamar 24 jam, AC, hingga Wi-Fi.

Selain dekat dengan Pantai Pandawa, dekat juga dengan beberapa tempat strategis lainnya, seperti Pantai Gunung Payung, Pantai Green Bowl, dan Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana.

2. Brian Homestay

asal usul pantai pandawa bali

Brian Homestay berlokasi di Jalan Gunung Payung No 18, Nusa Dua, Indonesia, Uluwatu, Kuta Selatan, Bali. Tarif menginap di Brian Homestay mulai dari Rp 170.000. Ada banyak fasilitas yang ditawarkan oleh Brian Homestay, terdiri dari ranjang yang nyaman, kamar mandi, area parkir, layanan kamar 24 jam, hingga AC.

Selain dekat dengan Pantai Pandawa, dekat juga dengan beberapa tempat strategis lainnya, seperti Pantai Gunung Payung, Pantai Green Bowl, dan Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana.

3. Lala Homestay

alamat lengkap pantai pandawa bali

Lala Homestay berlokasi di Jalan Gunung payung no 14 Nusa Dua Kutuh, Uluwatu, Kuta Selatan, Bali. Tarif menginap di Lala Homestay mulai dari Rp 200 ribuan.

Ada banyak fasilitas yang ditawarkan oleh Lala Homestay, terdiri dari ranjang yang nyaman, kamar mandi, area parkir, layanan kamar 24 jam, Wi-Fi, hingga AC.

Selain dekat dengan Pantai Pandawa, dekat juga dengan beberapa tempat strategis lainnya, seperti Pantai Gunung Payung, Pantai Green Bowl, dan Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana.

4. Pondok Kedongdong

artikel tentang pantai pandawa bali

Pondok Kedongdong berlokasi di Dharmawangsa Gg Taman Yoga III , Kutuh, Kuta Selatan Kabupaten Badung, Bali. Tarif menginap di Pondok Kedongdong mulai dari Rp 261 ribuan.

Ada banyak fasilitas yang ditawarkan oleh Pondok Kedongdong, terdiri dari ranjang yang nyaman, kamar mandi, area parkir, layanan kamar 24 jam, Wi-Fi, hingga AC.

Selain dekat dengan Pantai Pandawa, dekat juga dengan beberapa tempat strategis lainnya, seperti Pantai Gunung Payung, Pantai Green Bowl, dan Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana.

5. Pandawa Beach Homestay

asal mula pantai pandawa bali

Pandawa Beach Homestay berlokasi di Dharmawangsa Gg Taman Yoga III , Kutuh, Kuta Selatan Kabupaten Badung, Bali. Tarif menginap di Pandawa Beach Homestay mulai dari Rp 269 ribuan.

Ada banyak fasilitas yang ditawarkan oleh Pandawa Beach Homestay, terdiri dari ranjang yang nyaman, kamar mandi, area parkir, layanan kamar 24 jam, Wi-Fi, AC, hingga kolam renang.

Selain dekat dengan Pantai Pandawa, dekat juga dengan beberapa tempat strategis lainnya, seperti Pantai Gunung Payung, Pantai Green Bowl, dan Pantai Melasti.

Rekomendasi Untukmu: Pantai Gunung Payung, wisata tersembunyi dengan 7 pesonanya

Wisata dekat Pantai Pandawa

1. Pesawat Bengong (Abandoned Aircraft)

pantai pandawa bali bahasa indonesia

Bagi yang ingin mencari tempat wisata yang unik dekat dengan pantai pandawa coba mampir ke Abandoned Aircraft. Jaraknya hanya sekitar 2,8 km dari pantai pandawa atau sekitar 850 meter ke timur dari perempatan jalan menuju pantai pandawa.

Tepat di sebelah kiri jalan raya (sebelum perempatan ke pantai gunung payung) terdapat sebuah “bangkai” pesawat yang konon katanya akan disulap menjadi sebuah restoran seperti aeropark keramas.

Walaupun belum jadi, tempat wisata pesawat “bengong” ini mampu menarik para pelancong untuk sekedar berfoto-foto dari atas tebing dengan latar belakang pesawat yang terparkir cantik begitu saja dikelilingi bukit-bukit kapur di sisi-sisinya.

2. Taman Budaya dan Pantai Gunung Payung

pantai pandawa bali bukit

Diperempatan dekat dengan pesawat yang “bengong” arahkan kendaraan ke jalan Gunung Payung, akan menemukan sebuah tempat suci umat hindu yang bernama Pura Gunung Payung.

Sekarang kawasan sekitar pura Gunung Payung diubah menjadi sebuah taman Budaya, yakni Taman Budaya Gunung Payung atau Gunung Payung Cultural Park. Pada saat admin mengunjungi lokasi ini, taman budaya ini belum rampung sepenuhnya.

Tidak jauh dari Gunung Payung Cultural Park kita dapat menuruni sebuah anak tangga yang lumayan banyak, dan diujung anak tangga kita akan sampai di sebuah pantai pasir putih yang eksotis yang bernama pantai Gunung Payung.

Disekitar pantai gunung payung terdapat rumput ilalang yang tumbuh dengan subur dan menghijau, sehingga sangat cocok dijadikan objek foto-foto dengan backgroundnya samudra Hindia yang tidak bertepi jika dilihat dari kawasan rumput ilalang tersebut.

3. Pantai Green Bowl

pantai pandawa beach bali

Jika anda ke arah barat sekitar 4,6 km dari pantai pandawa, tepat di pertigaan yang ada jalan menikung ke kanan, ada petunjuk arah menuju pantai bali cliff atau pura batu pageh.

Pantai pasir putih yang tersembunyi ini memiliki tiga nama yakni pantai Batu Pageh, pantai Green Bowl, dan pantai Bali Cliff. Pantai ini dikelilingi oleh batu karang yang sangat tinggi, sehingga untuk menuju ke pantai Green Bowl pengunjung harus menuruni ratusan anak tangga.

Pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan laut biru yang sangat menakjubkan yang dikelilingi oleh batu karang dan tentunya masih tampak asri dan lengang sehingga cocok untuk anda yang ingin menenangkan diri.

4. Pantai Melasti

pantai pandawa bali dalam bahasa inggris

Sebelah barat pantai Green Bowl yang berjarak sekitar 7,7 km dari pantai Pandawa terdapat sebuah pantai yang memiliki karakteristik hampir sama yang bernama pantai Melasti, sehingga banyak yang menyebut pantai ini sebagai kembaran pantai pandawa.

Untuk menuju pantai ini, kita seolah-olah membelah sebuah tebing karang, sama halnya seperti pantai pandawa.

Walaupun pantai ini “belum jadi” namun menawarkan keindahan yang luar biasa. Jalan yang berkelok-kelok menambah keindahan pantai ini.

Pemandangan tebing-tebingnya yang keren, pemandangan pesisir pantai dengan pasir putih dan tentu pemandangan lautnya begitu biru menjadi daya tarik tersediri.

5. Pantai Karma Kandara

pantai pandawa bali tutup jam berapa

Masih satu garis pantai dengan pantai Melasti di sebelah baratnya terdapat pantai yang sangat keren yang bernama pantai karma kandara.

Jika melalui jalan utama untuk menuju pantai ini akan menempuh jarak sekitar 8,1 km dari pantai pandawa. Akan tetapi jika melalui pantai Melasti jaraknya akan lebih singkat, sekitar 7,7 km dari pantai Pandawa.

Pantai Karma Kandara merupakan salah satu pantai indah berpasir putih dengan pemandangan menakjubkan dan letaknya pun tersembunyi sehingga relatif lebih sepi dari pengunjung.

Pantai ini menyajikan view laut yang memukau dengan tebing-tebing bukit yang tinggi. Setiap mata memandang menawarkan keindahan, sehingga layak dinobatkan sebagai pantai tersembunyi dan terindah di Bali.

6. Taman Budaya GWK

biaya masuk pantai pandawa bali

Tempat wisata keren lainnya yang dekat dengan pantai pandawa yakni Taman Budaya (cultur park) Garuda Wisnu Kencana atau yang disingkat dengan nama GWK. Tempat wisata ini hanya berjarak sekitar 7,6 km dari pantai pandawa.

Di GWK ini kita akan melihat indahnya hasil karya seni patung super besar yakni patung Dewa Wisnu yang menjadi icon pariwisata Pulau Bali. Di sini kita bisa berfoto selfi dengan latar patung besar tersebut.

Di kawasan ini juga tersedia tempat penjualan souvenir Bali dan merchandise GWK serta restoran. Setiap sore pengunjung bisa menonton tari Kecak secara gratis di kawasan ini.

7. Paragliding Tandem Bali

berita pantai pandawa bali

Ini merupakan wisata yang ekstrem di pulau Bali dan hanya berjarak sekitar 4,8 km ke timur dari pantai Pandawa. Lokasi tempat wisata ini dekat dengan pantai Gunung Payung.

Jika anda phobia akan ketinggian, jangan pernah untuk mencoba permainan ini. Dalam permaian paragliding atau paralayang hampir mirip seperti permainan parasailing di tanjung benoa. Hanya saja dalam permainan paralayang ini tidak ditarik oleh speed boat.

Begitu kita terbang, dari atas kita bisa melihat pemandangan laut biru, bukit karang kokoh berdiri, dan garis pantai pasir putih yang eksotis.

Jika kamu penerbang pemula atau belum pernah terbang sama sekali, maka kita harus terbang dengan cara tandem. Kamu berada di depan, sementara paraglider ahli berada di belakang. Dia akan mengendalikan parasut tersebut ke mana hendak menuju

Baca Juga: Danau Tamblingan, Surga Kecil di Dekat Danau Bedugul

Nah sob, itulah aktifitas-aktifitas seru yang dapat kamu lakukan di Pantai Pandawa ini. Di pantai pandawa ini kamu bisa menikmati berbagai aktifitas seru dan pemandangannya yang indah dan begitu asri, karena pantai ini belum banyak orang yang datang kesini.

Selain pantai ini kamu bisa mengunjungi beberapa tempat wisata lainnya. Jadi jika kamu masih mau untuk berwisata lagi kamu bisa pergi ke tempat lain, karena cukup banyak tempat wisata lain yang dekat dengan pantai ini.

Pantai Pandawa Bali ini merupakan salah satu tempat wisata Bali yang belum ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Pantai ini sering disebut-sebut dengan keindahan pantai Bali yang tersembunyi.

So, bagaimana menurut kamu seru bukan? Kamu bisa berwisata ke tempat ini dengan aktifita seru dan melihat pemandangan pantai yang indah. Pasir pantai yang berwarna putih dan air laut yang masih biru, menjadikan tempat wisata ini begitu indah.

Pantai Galesong

Jessica Susanti
6 min read

Pantai Losari

Jessica Susanti
8 min read

Pantai Klayar

Jessica Susanti
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *