Pantai Pangandaran

9 min read

indahnya pantai pangandaran

Bosan dengan wisata alam pegunungan yang gitu-gitu aja? Sobat boleh bergeser sedikit ke arah Selatan yaitu ke Kota Ciamis, Jawa Barat untuk menikmati keindahan Pantai Pangandaran.

Berenang maupun berjemur dibawah terik matahari hamparan pasir putih agak kecoklatan, sambil menikmati pemandangan ombak dan air laut yang jernih bergelombang dengan pemandangan jaring-jaring nelayan yang dihiasi warna yang unik dan elok dilihat dari kejauhan.

Perpaduan antara keelokan alam dari yang Maha Kuasa dengan aktivitas sekitar ternyata menjadi dayatarik sendiri bagi kalian yang berkunjung hingga menjadikan objek wisata ini sebagai wisata yang wajib dikunjungi jika kalian ke Ciamis.

Pantai Pangandaran

Pantai adalah objek wisata favorit warga Jawa Barat. Saking indahnya, pantai ini dinobatkan sebagai pantai terbaik di Jawa Barat loh, keren kan? Nah sebelum kesana ada baiknya kalian simak dulu informasi sebelum berkunjung ke pantai ini, yuk check it do!

Sejarah

Pada awalnya desa ini ditempati oleh para nelayan dari suku sunda. Sebab, pantai ini memiliki gelombang laut yang kecil yang membuat mudah untuk mencari ikan. Hal inilah asal muasal nama pangandaran.

Nama pangandaran berasal dari dua buah kata pangan dan daran. yang artinya pangan adalah makanan dan daran adalah pendatang. Sedangkan Desa Pananjung artinya Pangnanjung-nanjungna (paling subur).

Pada tahun 1922 pada jaman penjajahan Belanda oleh Y. Everen (Presiden Priangan) Pananjung dijadikan taman baru arena memiliki keanekaragaman satwa dan tanaman langka

Pada tahun 1990 dikukuhkan kawasan perairan di sekitarnya sebagai cagar alam laut sekaligus pelestarian alam hingga 10.000 ha diikuti SK Menteri Kehutanan maka jadilah Objek Wisata Pantai Pangandaran dan Cagar Alam.

Lokasi

Pantai ini terletak di Kabupaten Pangandaran yang merupakan pemekaran dari kabupaten Ciamis di sebelah tenggara Jawa Barat. tepatnya di Desa Pangandaran, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat.

Hingga saat ini objek wisata ini terus dilakukan pemekaran wilayah bahkan fasilitasnya oleh Pemerintah Daerah setempat, untuk meningkatkan daya pikat agar lebih banyak lagi menarik wisatawan baik lokal hingga mancanegara guys.

Rute Menuju Objek Wisata

Ada banyak cara menuju Pangandaran, kalau sobat berasal dari Jakarta sobat bisa naik bus / kereta dari Stasiun

Gambir ke Stasiun Banjar. Jarak tempuhnya sekitar 7 – 8 jam, dari Stasiun / Terminal Banjar, kalian bisa lanjut menggunakan bus mini untuk lanjut ke Pangandaran.

Sedangkan sobat yang memilih menggunakan kendaraan pribadi, tak perlu khawatir nyasar. Sebab, jalan menuju wisata ini sudah bisa diakses melalui Google Maps atau Waze hingga kalian sampai di tempat wisata.

Jam Buka

Objek wisata ini dibuka mulai pukul 09.00 wib sampai dengan pukul 21.00 wib, dengan begitu sobat akan puas menikmati pemandangan hamparan lautan, berbagai wahana dan aktivitas seru bahkan keindahan sunset disini.
(30 -120 kata/2-6paragraph (1 paragraph maks 3 kalimat dan maks 3 baris)

Ditambahi pembahsannya ya, jgn cuman 1 kalimat. Minimal 30 kata.

Tiket Masuk

Harga tiket masuk di wisata ini cukup terjangkau sob, untuk sobat yang tidak membawa kendaraan pribadi harga yang dipatok yaitu Rp 6.000 per orang tentu harga tersebut sangat enteng dikantong jika dibandingkan keelokan yang kalian akan dapatkan.

Sedangkan kalian yang membawa kendaraan sendiri dipatok sesuai kendaraan yang dibawa yaitu mulai dari kendaraan roda dua Rp 14.000 per motor, hingga tarif bus besar Rp 310.000 per bus.

Fasilitas

Sebagai pantai yang bisa dikatakan bertaraf internasional fasilitas yang ada diobjek wisata ini terbilang sangat lengkap mulai tempat membersihkan badan seperti kamar mandi, ruang ganti pakaian, toilet, area parkir yang luas, money changer, warung, tempat ibadah mushola.

Untuk sobat travel yang tertarik menginap disini ada beragam jenis hotel serta tempat hiburan yang kalian bisa kunjungi seperti restoran, café, gedung bioskop, diskotik.

Daya Pikat

Nah selain dikenal akan keindahan panorama alam dan budaya yang kental serta beragam aktivitas dan hal menarik lainnya yang bisa di explore disini, simak baik-baik yaa buat kalian ya, rangkumannya sebagai berikut:

1. Spot Pantai Panajung

Spot Pantai Panajung yang hitz
https://www.instagram.com/joel.lina/

Sebelah barat dari pantai pangandaran ada pantai yang adem banget nih. Ombaknya enggak besar jadi cocok banget bagi kalian yang suka main dipesisir pantai. Bahkan disini kalian juga bisa melihat sebuah kawasan perlindungan satwa seperti rusa, kera dan yang lainnya.

Di Pantai Pananjung kita juga dapat melihat gua alami dan buatan hingga sekarang kedua gua tersebut masih sangat memukau, selain itu gua ini sangat bersejarah, karna gua ini dibuat dimasa perang dunia II saaat penjajahan jepang.

Wah kapan lagi main dipantai yang keren abis pemandangannya sekaligus mengunjungi situs sejarah, perpaduan wisata yang antimainstream banget yee kan?!

2. Mitos yang beredar

Mitos yang beredar

Dibalik keindahan yang mempesona, ternyata masih beredar tentang mitos-mitos yang dipercayai hingga sekarang. Salah satunya mitos tentang keberadaan Nyi Roro Kidul yang dikenal sebagai ratu penguasa pantai selatan.

Karena dendamnya terhadap Raja Padjajaran masih belum padam ini diluapkan kepada keturunan raja dan masyarakat sehingga munculah mitos yang menyatakan bahwa kebanyakan korban yang tewas di pantai ini adalah orang Bandung.

Tapi, mitos ini hanyalah pengingat untuk kita waspada dan berhati-hati setiap kali berada dimanapun, termasuk di objek wisata pantai ini. So buat kalian yang mau berkunjung kesini enggak perlu takut yaa, selama kita mengikuti peraturan dan tata karma yang ada.

3. Air Terjun yang Memukau

memanjakan mata melihat Air Terjun yang Memukau

Kalau kalian ke pantai ini kurang lengkap rasanya jika belum menikmati segarnya air terjun nan asri yang ada didekat pantai. Ibarat pepatah, berakit-rakit ke hulu ya guys untuk menuju ketempat ini kalian musti mendaki bukit dulu nih sob.

Tapi yakin deh setelah kalian mendaki bukit rasa lelah kalian akan terbayar oleh pemandangan dari atas, yaitu pantai pangandaran dan kesegaran air terjun. Wah enggak kebayang deh jadinya!

Jangan lupa ambil pose disini ya guys, tentu keren banget deh berpose diair terjun namun latar belakang pantai yang sangat indah dengan air yang bening dan hamparan pasir putih yang bikin mata betah berlama-lama memandangnya.

Lihat Juga: Curug Cikaso Sukabumi, Keindahan 3 Air Terjun yang Mempesona

4. Spot Kuliner

Spot Kuliner pengandaran

Selain terkenal akan pemandangan yang indah, pantai pangandaran terkenal juga akan spot kuliner yang lezat untuk dicoba loh sob, apalagi kalian abis renang pasti laper kan? Jangan khawatir kelaperan yaa, banyak kulineran disini.

Disebelah timur kalian bisa menikmati berbagai macam makanan yang lezat ini guys, mulai dari ikan bakar, aneka hidangan olahan ikan laut yang masih fresh dari hasil tangkapan ikan oleh para nelayan hingga minum air kelapa muda.

Kebayang enggak kebayang betapa nikmatnya makan ikan laut sambil menikmati pemandangan pantai yang begitu indah bersama sobat tercinta!

5. Belanja Souvenir dan Oleh-oleh

Belanja Souvenir dan Oleh-oleh menaraik pantai pangandaran

Bagi kalian yang jauh-jauh dari Ibukota ataupun daerah lainnya seperti Bandung, Bogor pasti belum bisa pulang kan kalau belum beli oleh-oleh dari sini.

Jangan khawatir guys, nampaknya sudah memperkirakan itu. Sobat bisa belanja souvenir dan oleh-oleh ditempat yang sudah diatur khusus belanja kok, tempatnya sangat luas guys.

Mulai dari cinderamata laut seperti gelang, kalung, gantungan kunci hingga hiasan dinding, bahkan makanan atau snack ikan khas daerah sini juga tersedia disini. Jadi oleh-oleh disini sangat beragam ya macamnya.

Oh iya jangan lupa beli makanan khas Pangandaran yaitu jambal roti atau ikan asin yaa!

6. Sunset dan Sunrise

Sunset dan Sunrise

Kalau sobat berlibur kepantai pasti sudah sangat tidak asing dengan moment sunset atau sunrise, katanya kedua momen ini paling ditunggu dan dicari bagi penikmatnya lho!

Sobat akan menyaksikan semburat jingga yang sangat elok yang berpadu dengan air laut. Jangan lupa untuk memotret momen tersebut bahkan kalian bisa berpose disini, dengan gaya memandang sunset kearah laut atau seperti memegangnya.

Jika sobat berhasil memotretnya, dijamin Instagram kalian akan naik followernya dan kebanjiran like dari foto itu. Gimana, mau coba enggak?

Selain itu kabar baiknya adalah pantai ini memiliki dua sisi yang dapat dijadikan sebagai tempat untuk melihat sunset dan sunrise di hari yang sama. Wah keren banget kan!

7. Berkunjung ke Pasar Ikan

Berkunjung ke Pasar Ikan
https://www.instagram.com/atifrigita/

Kota nelayan sebutan bagi Pangandaran, karena dikenal sesuai dengan pekerjaan warga sekitarnya sebagai nelayan.

Pasar ikan merupakan daya tarik lainnya yang bisa kalian temukan di Pangandaran. Disini kalian bisa membeli aneka hasil olahan laut yang segar mulai dari cumi-cumi, udang, dan ikan laut lainnya. Oh iya ikan disini bisa ditawar kok, jangan takut mahal ya.

Nah kalau udah disini lebih asik kalau sobat mengolah sendiri disini, karna disini banyak tempat makan yang bisa kita sewa untuk kita mengolah ikan yang kita beli atau minta mereka menjadikannya sebagai masakan yang lezat.

Bukan hanya itu selain sobat bisa membeli dan mengolahnya, kalian bisa ikut mencoba menangkap ikan dipesisir pantainya juga loh, Hmmm pasti asik banget ya!

Simak Review: 20 Tempat Wisata Sumedang Paling Populer (Murah tapi Indah)

8. Wahana Watersport

Wahana Water sport

Ada lagi nih aktivitas seru yang bisa kalian coba yaitu watersport dibanderol dengan biaya mulai dari Rp 30.000 – Rp 300.000 per orang.

Banana boat adalah wahana favorit dengan level ekstrim rendah. Menaiki perahu karet berbentuk pisang raksasa ini memang memberikan keseruan tersendiri yaa.

Nah kalo wahana paling disini adalah parasailing dengan mencoba wahana ini kalian bisa menikmati pemandangan laut dari atas. Kemudian setelah selesai sobat akan jatuh diatas air laut. Terbayang kan asiknya?

Permainan menantang lainnya adalah fly fish, sobat akan naik perahu karet yang berbentuk ikan, kemudian speed boat akan menarik perahu ikan kalian sampai terbang.

Dan masih banyak jenis watersport lainnya yang bisa kalian coba guys, seperti UFO, Big mable, Jetski, Jumper, dan lain sebagainya.

9. Snorkeling

Snorkeling bersama biota laut

Untuk menuju spot menyelam bisa berjalan kaki atau mengunakan perahu wisata, mengarungi samudra menuju spot ini dengan perahu tentu lebih mengesankan selain membantu penghasilan warga kalian juga dapat melihat para nelayan dengan bagan penangkap ikannya.

Snorkeling disini kalian akan melihat berbagai macam biota laut seperti ikan hias berwarna warni dan batu karang yang indah. Saking kerennya kalian wajib bawa kamera underwater disini yaaa, biar terekam keindahan didalam laut.

Nah untuk biaya sewa perahu tadi dipatok dengan kisaran harga Rp. 15.00 – 30.00 aja sob, sedangkan buat sewa peralatan cuma Rp 15.000 aja per orang. Wah murah banget kan?

10. Camping di area Pantai

Camping di area Pantai

Sudah sangat biasa sobat berkemah ditempat perkemahan dengan alam pegunungan kan? Apakah kalian pernah membayangkan berkemping di pantai selatan pulau Jawa yang berhadapan langsung dengan Samudra Hindia yang amat luas?

Birunya laut yang luas kalian bisa dapatkan pemandangan ini saat kalian bangun dan sebelum tidur, diterpa angin laut sepoy-sepoy tentu akan menambah kenyamanan sendiri bagi sobat!

Camping ini bisa kalian lakukan di Pantai Madasari Pangandaran ya, dengan merogok kocek sekitar Rp 120.000 per orang aja kalian sudah bisa mendapatkan paket camping lengkap mulai dari api unggun, makan dan fasilitas lengkap seperti tenda, matras, listrik dll disini.

11. Event rutin

Event rutin

Selain kalian bisa mengunjungi spot-spot dan wahana keren di pantai ini juga sering diadakan beberapa kegiatan rutin, seperti Festival Layang-layang Internasional diadakan setiap bulan Juni atau Juli.

Kegiatan Hajat Laut, yaitu sebuah upacara pelarungan sesajen ke laut lepas yang dilakukan oleh para nelayan sebagai wujud terimakasih pada kemurahan Tuhan, Pangandaran Lautan Scooter, hingga pemilihan Putra Putri

Pariwisata juga kerap diadakan di lokasi pantai ini.

Wah tentu kegiatan diatas menambah daya tarik sendiri bagi sobat kan, karna kalian juga bisa menambah wawasan budaya disini!

Kunjungi Juga: Jalan Braga Bandung, wisata modern dengan 12 aktivitas seru

Hotel dekat Pantai Pangandaran

1. Bonsai Bungalows

Bonsai Bungalows

Sobat yang mau coba suasana menginap yang beda dari hotel biasa bisa coba tidur di Bonsai Bungalows ya!

Dengan konsep tradisional, atap menggunakan jerami dan dihiasi taman kecil didepan kamar akan membuat sobat seperti berada di Bali!

Kalian perlu merogoh kocek Rp 250.000 per kamar udah bisa dapet fasilitas seperti AC, Wifi Breakfast, kopi dan the disini!

Oh iya penginapan ini berjarak 1,5 km dari Pantai Pangandaran sob, tepatnya di l. Legok Pari – Batukaras. Enggak terlalu jauh kan dari pantai sobat?

2. Bumi Nusantara Resort

Bumi Nusantara Resort di dekat pantai
https://www.instagram.com/tikkdeww_/

Sudah dibilang kan tadi kalau disini juga ada hotel berbintang, salah satunya hotel bintang 3 Bumi Nusantara Pangandaran terletak di Jl. Kalen Buaya – Pantai Barat Pangandaran, berjarak 1,6 km dari objek wisata pantai.

Hotel di area pangandaran tidak usah diragukan lagi fasilitasnya pasti lengkap. Tarif yang dipatok mulai dari Rp 500.000 per kamar yaa.

Selain fasilitas yang oke punya, dari hotel ini kalian bisa menikmati suasana Pantai Barat di pagi Hari dari atas hotel, merasakan jejuknya udara pagi dari dalam kamar, menyaksikan Sunset sambil menikmat segelas kopi hangat.

3. Sewa Rumah Pak Ujang

Sewa Rumah Pak Ujang pantai pangandaran

Buat sobat yang datang bersama rombongan ke objek wisata ini, biar lebih hemat kalian bisa sewa rumah lho disini, salah satunya rumah Pak Ujang.

Fasilitas yang bisa didapetin juga lumayan lengkap kok mulai dari 2 Kamar FAN, Ruang keluarga, TV, kamar mandi yang bersih.

Tarif sewa rumah ini Rp 400.000 per malam, dan berjarak 200 meter aja dari objek wisata. Jadi jangan lupa ajak keluarga kalian berlibur, liburan bersama keluarga enggak harus mahal kok!

Wisata dekat Pantai Pangandaran

1. Pantai Batu Hiu

Pantai Batu Hiu yang indah
https://www.instagram.com/rismawy/

Terletak di Desa Ciliang Kecamatan Parigi, kurang lebih 14 km dari Pangandaran ke arah Selatan.

Memiliki panorama alam yang sangat indah, bukit kecil diatas ditumbuhi pohon-pohon Pandan Wong, Yang unik, untuk naik ke atas bukit, kita melewati “gerbang” bikit berupa terowongan kecil yang berbentuk ikan hiu. Jadi, seolah-olah kita masuk ke dalam mulut ikan hiu.

Pantai ini dinamakan Batu Hiu karena ada batu yang terlihat menyerupai sirip ikan hiu, nah dari atas bukit itulah kalian bisa melihat batu yang menyerupai sirip ikan hiu sob!

2. Cagar Alam Panajung

Cagar Alam Panajung
https://www.instagram.com/budiblankis/

TWA Cagar Alam adalah kawasan konservasi wisata alam yang dikelola oleh Perum Perhutani, disini banyak goa dan kawasan karst yang masih alami plusflora dan fauna juga hewan primata.

Selain itu sobat dapat juga menapaki jejak sejarah. Goa Cirengganis salah satu goa yang melegenda, konon menurut kepercayaan mata air dari Cirengganis dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan dalam ritual khusus lainnya dipercaya dapat membuat awet muda.

3. Green Canyon

green canyon adventure
https://www.instagram.com/greencanyonpangandaran/

Siapa tak kenal Green Canyon, Objek wisata yang dipopulerkan oleh seorang Perancis pada tahun 1993 Namun, orang Sunda menyebut Green Canyon dengan sebutan Cukang Taneuh atau dalam bahasa Indonesia berarti Jembatan Tanah.

Katanya kalau dari pangandaran enggak sini, kurang lengkap rasanya. Terletak di Desa Kertayasa Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran berjarak 31 km dari Pantai Pangandaran.

Untuk mencapai wisata ini sobat dapat menggunakan perahu yang banyak tersedia di Dermaga Ciseureuh baik perahu tempel maupun perahu kayuh

Di mulut gua terdapat air terjun palatar yang seger abis kalian bisa berenang disini, juga panjat tebing, bermain kayak, bersampan sambil memancing.

4. Desa Wisata Nelayan Babakan

pengandaran Desa Wisata Nelayan Babakan

Sesuai dengan namanya, desa ini adalah desa nelayan. terdiri dari 5 dusun dengan berbeda-beda karakter dan ciri khas namun tetap bertemakan nelayan.

Hanya dengan merogoh kocek Rp 15.000 per orang. kalian bisa berwisata menyusuri dusun ke dusun disetiap dusun ada sentra-sentra produksi seperti pengolahan udang ebi, pembuatan kerajinan, pembuatan gula merah, pembuatan ikan asin dan lainya.

Selain itu terdapat sentra oleh-oleh terbesar di Pangandaran, musieum nyamuk, konservasi mangrove lengkap disini.

Jadi di Pangandaran selain kita berlibur ke objek wisata pantai, kita juga bisa wisata edukasi di sini. So kalian tertarik kesini?

5. Citumang

Citumang
https://www.instagram.com/pangandaranwalk/

Kalau ingin mencari ketenangan dengan alam nan asri, bergeser dari keindahan pantai kalian bisa coba ke Citumang. Terletak di Desa Bojong Kecamatan Parigi Ciamis, berjarak kurang 15 km dari Pangandaran ke arah barat.

Disini kalian akan menemui sungai Citumang yang mengalir membelah hutan jati dengan airnya yang bening kebiruan. Tepian sungai yang terdiri dari ornamen batu-batu padas dengan relung dalam dihiasi relief alam menjadi data tarik sendiri.

Selain itu banyak wahana yang bisa kalian coba disini, mulai dari rafting, outbond, tracking dan aktivitas yang sangat menarik lainnya.

Baca Juga: 10 Aktivitas seru dan menarik di Waduk Jatiluhur Purwakarta

Itulah 11 Daya Pikat dari Pantai Pangandaran yang terletak di Ciamis, Jawa Barat.

Selain pasir putih yang terhampar indah banyak aktivitas lain yang bisa kalian lakukan disini. Untuk sobat yang mau berlibur ke objek wisata ini jangan musim hujan yaa, selain tidak bisa menikmati wahana, juga bisa membahayakan diri.

Jangan lupa membawa sunblock, dan perlengkapan lainnya. Selamat Berlibur, Jaga Kebersihan!

0

Pantai Ora

Jessica Susanti
8 min read

Pantai Lovina Bali

Jessica Susanti
7 min read

Pantai Greweng

Jessica Susanti
5 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *