Pantai Papuma

6 min read

Pantai Papuma Jember Jawa Timur

Kalau kamu anak pantai, pasti tahu banget asyiknya menjelajahi wisata pesisir yang nggak ada habisnya. Buat tambahan bucket list kamu, ada salah satu pantai di ujung Jawa Timur yang patut dikunjungi lo, yaitu Pantai Papuma.

Pasalnya, pantai di Kabupaten Jember ini punya keunikan yang beda dari lainnya dan bahkan disebut sebagai pantai paling indah di Jawa Timur. Kamu bisa menilai keunikannya sejak pertama melihat pemandangan pantai ini.

Kalau biasanya pantai adalah wisata teluk, tapi Papuma ini adalah tanjung yang menjorok ke laut guys. Jadi, jangan kaget kalau debur ombak pantai ini cukup besar dan ganas.

Pantai ini menawarkan pesona pesisir laut selatan yang eksotis dengan hamparan pasir putih nan lembut dan birunya air laut. Selain itu dari pinggir pantai akan terlihat 7 batu karang yang besar dan menjulang tinggi. Saking besarnya, karang itu sudah pantas disebut pulau kecil lho.

Tertarik untuk menikmati keindahan pantai ini juga? Simak dulu review penulis berikut ini tentang info sejarah, lokasi, rute, harga tiket masuk, hingga spot-spot menarik di pantai ini. Daripada penasaran, let’s dive in guys!

Sekilas Sejarah Pantai Papuma

Di balik keindahannya, pantai tanjung Papuma yang masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri ini ternyata juga menyimpan sejarah dan asal usul nama lo.

Nama Papuma yang disematkan untuk pantai ini adalah akronim dari ‘Pasir Putih Malikan’. Pasir Putih adalah gambaran dari putih dan bersihnya hamparan pasir di pantai ini. Sedangkan Malikan didefinisikan sebagai bebatuan karang besar yang mirip pulau.

Selain itu, masing-masing dari 7 karang besar mirip pulau yang ada di tengah pantai ini juga diberi nama lo, yaitu Pulau Krisna, Pulau Narada, Pulau Nusa Barong, Pulau Batara Guru, Pulau Kajang dan Pulau Kodok.

Salah satu dari 7 batu karang itu sengaja tidak diberi nama, karena ada mitos yang beredar di antara masyarakat lokal kalau karang itu dihuni oleh ribuan ular berbisa. Bahkan hingga saat inipun belum ada warga yang berani ke sana.

Mitos Pantai Papuma

Selain asal usul nama tadi, pantai ini juga diselimuti oleh mitos tentang Nyi Roro Kidul guys. Menurut masyarakat lokal, pantai ini ada kaitannya dengan wilayah kekuasaan sang ratu pantai selatan. Sampai-sampai para pengunjung nggak disarankan memakai baju berwarna hijau lo.

Salah satu mitos yang beredar berkaitan dengan adanya Gua Lawa. Gua yang cuma bisa dilihat saat air surut ini terletak di salah satu batu karang di pantai ini. Konon, gua ini adalah tempat bersemayamnya Dewi Sri Wulan, salah satu putri Nyi Roro Kidul yang jadi penunggu pantai ini.

Mitos lain di pantai ini adalah tentang kisah Raden Mursada dan Marsudo yang sedang memancing ikan ajaib. Tapi ternyata ikan itu adalah wujud dari Raja Mina.

Konon, di tempat memancing kedua Raden yang berupa batu besar mirip kerang raksasa itu, sering muncul bayangan 2 orang lelaki. Bayangan itu konon akan terlihat saat maghrib dan seperti sedang memancing.

Lokasi Pantai Papuma

Lokasi pantai tanjung Papuma ini cukup mudah untuk ditemukan karena masih termasuk jajaran pantai selatan. Selain itu, pantai ini juga bersebelahan dengan pantai Watu Ulo lho.

Lebih tepatnya lagi, pantai ini berlokasi di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember, Jawa Timur, atau sekitar 40 km dari pusat kota Jember.

Jalan Menuju Pantai Papuma

Meskipun lokasinya mudah ditemukan, tapi kamu harus berjuang untuk mengakses jalan menuju pantai yang cukup sulit. Pasalnya, jalanan banyak yang berlubang dan rusak.

Beruntung, kamu masih punya alternatif jalan lain yang lebih bagus untuk dilewati, yaitu melalui Pantai Watu Ulo. Hanya saja, kamu harus membayar tiket masuk dua kali, untuk Pantai Watu Ulo dan Papuma.

Berikut beberapa rute yang bisa kamu tempuh untuk menuju lokasi pantai baik menggunakan kendaraan pribadi maupun umum:

1. Jika dari Surabaya , kamu akan melewati Sidoarjo, Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, sampai ke Kota Jember. Dari Jember arahkan kendaraan ke Kota Ambulu, lalu ambillah jalur ke selatan. Setelah 10 km dan sampai di Desa Sumberejo ambillah arah barat dengan petunjuk ‘Jalan Menuju Pantai Papuma’. Ikuti petunjuk sampai tiba di lokasi pantai.
2. Alternatif lain, dari Desa Sumberejo kamu bisa terus ke arah selatan melewati Pantai Watu Ulo hingga tiba di lokasi pantai tanjung Papuma. Meskipun akses jalannya lebih bagus, tapi kamu harus membayar dua kali tiket masuk pantai.
3. Jika naik kereta api, bus atau pesawat, turunlah di stasiun Jember Kota, terminal Tawangalun atau Bandara Notohadinegoro Jember. Lalu naiklah taksi atau angkutan umum ke terminal Ambulu. Dari Ambulu ambillah jalan utama yang menuju Papuma dengan ojek atau menyewa mobil, karena kendaraan umum hanya ada sampai di Kota Ambulu.

Baca Rekomendasi: Pantai Mutiara Trenggalek, Rute & Tiket Masuk

Tiket Masuk Pantai Papuma

Kamu bisa menikmati keindahan dan keeksotisan pantai ini dengan harga tiket masuk yang cukup terjangkau lo. Perlu diingat juga kalau seiring berkembangnya pantai, harga tiket ini bisa berubah-ubah. Berikut beberapa rinciannya:

1. HTM Sabtu-Minggu (Weekend) : Rp 20.000,-
2. HTM Senin-Jumat (Weekdays) : Rp 15.000,-
3. HTM Wisatawan Mancanegara : Rp 30.000,-
4. Parkir kendaraan roda 6 : Rp 10.000,-
5. Parkir kendaraan roda 4 : Rp 5.000,-
6. Parkir kendaraan roda 2 : Rp 2.000,-

Kalau masuk ke lokasi Pantai Tanjung Papuma lewat Pantai Watu Ulo, maka kamu akan dikenai biaya tiket masuk tambahan. Harga tiket masuk Pantai Watu Ulo cuma Rp 7.500,- saja kok.

Jam Buka Pantai Papuma

Asyiknya lagi, pantai nan indah ini nggak punya jam buka tertentu yang berarti kamu bisa mengunjungi pantai ini setiap hari mulai Senin sampai Minggu selama 24 jam. Jadi, kamu bisa menikmati keindahan Pantai Papuma lebih lama tanpa harus memikirkan jam tutupnya guys.

Fasilitas di Pantai Papuma

Saat memasuki kawasan wisata Pantai Papuma, kamu akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas yang nyaman dan lengkap lo. Beberapa diantaranya adalah:

1. Area parkir yang luas
2. Musholla
3. Kamar mandi dan toilet
4. Penginapan
5. Warung makanan dan minuman
6. Area Outbond
7. Area Camping
8. Penyewaan ATV dan Banana Boat
9. Vihara Papuma

Ada Apa Aja di Pantai Papuma

Walaupun terkenal akan keindahan pantai dan batu karangnya yang menawan, ternyata pantai ini juga punya spot-spot menarik lain yang patut untuk dijelajahi lo. Berikut beberapa hal menarik yang ada di pantai tanjung Papuma:

1. Aneka Satwa Liar yang Langka

 Satwa Liar di Pantai Papuma

Sepanjang perjalanan dari gerbang masuk sampai ke titik lokasi pantai, kamu akan disambut oleh keindahan panorama alam berupa hutan pohon jati yang masih alami bernama Hutan Maliki.

Nggak cuma itu, kamu juga bisa menjumpai aneka satwa liar disekitar hutan lo, seperti monyet, babi hutan, trenggiling, biawak, landak, rusa, ayam hutan serta berbagai jenis burung.

2. Panorama Pantai Tanjung yang Indah

Panorama Pantai Tanjung Papuma

Sesampainya di titik pantai, kamu akan melihat hamparan area pantai seluas 35 hektar yang agak menjorok ke laut sehingga mirip tanjung.

Dari tepi sini kamu bisa menikmati keeksotisan pantai dengan hamparan pasir putih yang halus berpadu dengan birunya langit dan air laut. Ombak yang saling berkejaran dan hembusan angin sepoi-sepoi pun menciptakan suasana yang tenang dan nyaman.

7 Batu karang yang berdiri kokoh di tengah perairan juga menambah kesan tersendiri yang jarang ditemukan di pantai lain. Keindahan pemandangan alam bak lukisan ini benar-benar memanjakan mata dan membuat siapapun betah berlama-lama di sini.

Nggak heran banyak wisatawan yang berkunjung ke sini untuk sekedar bersantai dan memuaskan rasa penasaran akan keindahannya.

Baca Selengkapnya: Pantai Tiga Warna, Keelokan Alam yang Tersembunyi di Malang

3. Spot Puncak Bukit Siti Hinggil

Salah satu spot terfavorit untuk menikmati keindahan pantai secara keseluruhan adalah dengan naik ke puncak bukit karang bernama Siti Hinggil. Uniknya, nama bukit ini berasal dari kata Siti yang diartikan ‘tanah’ dan Hinggil berarti ‘tinggi’.

Kamu tinggal naik melalui anak tangga berwarna-warni yang melingkar sampai ke atas. Sesampainya di atas, kamu akan menemukan gardu pandang yang digunakan untuk menikmati keindahan pantai dengan maksimal.

Dari sinilah kamu bisa menyaksikan lautan bebas berhias 7 batuan karang besar yang berdiri kokoh menyerupai pulau. Pemandangan yang lebih mempesona lagi akan terlihat saat matahari terbit dan terbenam.

Semburat cahaya oranye yang menyorot lautan dan bebatuan karang benar-benar istimewa lho. Jangan lupa abadikan momen ini ya guys!

4. Café, Restaurant and Resort

Menikmati keindahan pantai sambil menyantap kuliner lezat di café dan restoran juga patut dicoba lo.

Walaupun lokasinya agak sulit dijangkau, tapi kamu tetap bisa menemukan beberapa café dan resto di pinggir pantai ini. Aneka menu lezat juga tersedia dan bisa kamu pilih di sini guys. Asyik banget kan!

5. Area Camping

Di sebelah barat pantai juga ada area camping di atas hamparan pasir putih yang luas. Area yang memang dikhususkan untuk camping ini cukup aman, mengingat pantai ini buka 24 jam dan banyak penginapan di sekitar pantai. Dengan begitu, area ini jadi nggak terlalu gelap.

Kalau masih kurang terang, buat saja api unggun dan bersantai di pinggir pantai sambil menikmati suasana pantai di malam hari. Cocok banget deh jadi area berkemah bareng rombongan keluarga dan sahabat.

6. Wisata Perahu Tradisional

Penasaran sama keunikan 7 batu karang yang menyerupai pulau di tengah perairan? Jelajahi saja pulau itu dengan menaiki perahu tradisional. Itulah kenapa banyak perahu yang nangkring di tepi pantai.

Perahu tradisional milik warga lokal ini akan mengantarmu ke pulau itu dengan tarif yang disepakati bersama. Nggak perlu khawatir, para pemilik perahu ini sudah handal kok karena mereka berprofesi sebagai nelayan.

Baca Juga: 15 Tempat Wisata Tuban yang Keren, Terhits, Terbaru, dan Instagramable.

Wisata Dekat Pantai Papuma

Kalau sudah jauh-jauh liburan ke wisata pantai di Jember ini, nggak ada salahnya lo kalau berkunjung ke obyek wisata lain yang dekat dari Papuma. Beberapa obyek wisata dekat Pantai Papuma adalah:

1. Pantai Teluk Love

Berjarak nggak lebih dari 9 km, Teluk Love berlokasi tepat di depan Pantai Payangan. Keistimewaan pantai ini dapat terlihat jelas kalau kamu naik ke atas bukit yang ada di sebelah timur pantai.

Dari atas bukit kamu bisa menikmati keunikan teluk yang terlihat seperti bentuk love dan menandakan cinta. Cantik banget ya!

2. Pusat Penelitian Kopi dan Kakao

Sedikit lebih jauh yaitu sekitar 30 km dari pantai, ada Pusat Penelitian Kopi dan Kakao satu-satunya yang ada di Indonesia lo. Lembaga penelitian yang sudah berdiri sejak tahun 1911 ini cocok untuk dijadikan pilihan wisata edukasi guys.

Penginapan di Pantai Papuma

Berencana menginap di Pantai Papuma? Tenang aja guys, ada beberapa pilihan penginapan atau hotel di area pantai ini. Rekomendasi penginapan dekat pantai yang dikelola oleh Perhutani langsung adalah Pondok Wisata Tanjung Papuma dan Foresta Resort Tanjung Papuma.

Mengusung nuansa yang minimalis dan alami, kedua penginapan ini adalah pilihan yang tepat untuk beristirahat di dekat pantai. Tarif menginap per malamnya juga berbeda-beda sesuai fasilitas dan tipe kamar yang kamu pilih serta hari kunjunganmu guys.

Kisaran tarifnya yaitu mulai Rp 300.000,- hingga Rp 1.000.000,-. Untuk reservasi, kamu bisa menghubungi nomor telepon ini : 081230090940, 081359137621 atau 081330742900.

Tips Wisata ke Pantai Papuma

Sebelumnya berkunjung ke pantai ini, sebaiknya siapkan dan rencanakan perjalanan secara matang supaya liburanmu jadi lebih nyaman dan mengasyikkan. Beruntungnya, penulis sudah menyiapkan beberapa tips wisata untukmu:

1. Usahakan mengunjungi pantai ini menggunakan kendaraan pribadi, mengingat belum kendaraan umum yang bisa mengantar langsung ke lokasi pantai.
2. Siapkan kendaraan dengan kondisi yang kuat. Pasalnya, medan yang harus ditempuh cukup curam dengan adanya tanjakan dan turunan. Bahkan beberapa titik jalan juga rusak.
3. Pakailah sunblock, topi dan kacamata hitam untuk menghindari sengatan panas matahari.
4. Waktu terbaik untuk berkunjung ke pantai ini adalah saat musim kemarau, di pagi atau sore hari.
5. Jika ingin bermain air, hindari berenang terlalu ke tengah dan tetaplah waspada terhadap ombak yang besar. Pasalnya, pantai ini sudah pernah menelan korban yang terseret arus ombak dan tenggelam.
6. Jagalah kebersihan dan kelestarian pantai dengan membuang sampah pada tempatnya.

Lihat Review: Batu Night Spectacular Wisata Hiburan Malam yang Spektakuler

Nah, itulah review Pantai Tanjung Papuma di Jember, Jawa Timur yang menyuguhkan keindahan pantai berhias 7 batu karang unik layaknya gugusan pulau kecil. Selain itu, pantai ini juga cocok untuk dijadikan lokasi camping, berburu foto atau sekedar bersantai dengan keluarga.

Bahkan sejarah dan asal usul nama pantai ini juga punya makna yang menggambarkan keunikannya lo. Gimana, masih ragu buat liburan ke Pantai Papuma nan cantik ini? Datang dan buktikan sendiri aja deh!

0

Pantai Suwuk

Zuhrufi
5 min read

Pulau Maratua

Zuhrufi
7 min read

Sentul Paradise Park

Zuhrufi
7 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *