Pantai Pink Lombok

Posted on

Berwisata ke pulau Lombok untuk menikmati keindahan bahari menjadi incaran wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

Kekayaan bahari pulau Lombok memang tidak bisa dipungkiri lagi, jadi nggak heran jika banyak wisatawan berkunjung ke pulau ini untuk berwisata. Salah satu wisata bahari yang menjadi incaran wisatawan yaitu Pink Beach.

Pantai Pink merupakan pantai dengan perpaduan pasir putih yang berwarna kemerah-merahan sehingga mirip dengan warna merah muda (Pink), sebab itulah pantai ini dinamakan pantai Pink.
Langsung saja kita ulas pesonanya, yuk!

Lokasi Pantai Pink Lombok

Bagi kamu yang ingin mengunjungi wisata cantik ini, perlu untuk diketahui bahwa Pantai Pink beralamat di Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Lokasi wisata ini berjarak kurang lebih sekitar 85,7 km dari Ibu Kota Propinsi atau sekitar 2 jam 14 menit jika kamu menggunakan kendaraan roda empat.

Jalan Menuju Pantai Pink Lombok

Untuk bisa sampai di lokasi wisata ini, kamu bisa menempuh 2 rute ini lho guys. Kamu bisa menyimak rute perjalanan dibawah:

1. Rute Darat

Rute perjalanan dari Mataram ke Pantai Pink nggak terlalu membingungkan kok guys. Dari Pusat Kota Mataram kamu hanya perlu menuju ke Praya.

Perjalanan ditempuh melalui Jalan Raya By Pass Bandara Internasional Lombok, Jalan Raya Mataram – Labuhan Lombok, dengan waktu tempuh 2 jam.

Sesampainya di Praya, pengunjung tinggal melanjutkan perjalanan menyusuri Jalan Raya Keruak menuju Lokasi Pantai Pink.

2. Rute Laut

Akses jalur laut menuju Pulau Pink dapat ditempuh dari Pelabuhan Tanjung Luar. Waktu perjalanan dari Kota Mataram ke Pelabuhan Tanjung Luar sekitar 1,5 jam atau jarak sekitar 66 km.

Tiket Masuk

Harga tiket masuk Pantai Pink bisa mencapai Rp. 50.000. Jangan terkejut dulu, biaya ke wisata ini seperti yang barusan tercantum hanya berlaku untuk turis dari negara asing. Sedangkan untuk kamu para wisatawan lokal dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 10.000 saja.

Nggak terlalu menguras kantong kan? Jadi kamu bisa menggunakan sisa budget-mu untuk keperluan lainnya guys. Lumayan banget deh berlibur disini.

Jam Buka Wisata

Nah bagi kamu yang suka travelling dadakan, nggak perlu khawatir. Kamu bisa berlibur di kawasan wisata ini setiap hari karena pantai ini dibuka untuk kunjungan publik mulai pukul 08.00 pagi sampai dengan pukul 17.00 sore.

LAGI HITS
Pantai Siung

Namun jangan lupa untuk tetap prepare sebaik mungkin ya, jangan sampai acara liburanmu dapat merusak mood kamu karena tempat wisata yang ramai dan penuh oleh pengunjung lain di waktu-waktu tertentu.

Fasilitas di Pantai Pink Lombok

Sebagai objek wisata dengan menawarkan keindahan alam yang alami, pantai ini memang cantik namun fasilitas yang tersedia belum lengkap selayaknya sebuah pantai yang populer secara internasional.

Tapi ngga perlu risau, karena kamu masih dapat menemukan nelayan-nelayan yang menawarkan perahu untuk mengelilingi pulau kecil. Terdapat pula beberapa orang yang menawarkan aneka minuman dan jajanan di sekitar pantai.

Meskipun begitu, suasana dalam menikmati makanan maupun minuman sembari merasakan atmosfer laut yang segar, akan membuat kamu betah untuk berlama-lama disini.

Lihat Review: Pantai Senggigi, Pantai Populer di Lombok

Daya Tarik Pantai Pink Lombok

Mungkin ini dia yang kamu cari. Sebenarnya ada apa saja sih di objek wisata cantik ini? Nah kalau kamu penasaran, langsung saja simak ulasannya dibawah ini yuk.

1. Nama Asli Pantai Pink

Nama Asli Pantai Pink adalah Pantai Tangsi

Keindahan Pantai di Lombok yang memukau memang nggak bisa diragukan lagi. Keindahan pantai ini mampu membuat siapapun merasa terpukau, tenang, damai serta terus ingin berada disini. Tapi kamu tahu nggak sih guys, kalau nama “Pink” bukanlah nama asli dari pantai ini?

Jadi nama Pantai Pink sebenarnya hanya nama julukan. Pantai ini aslinya bernama Pantai Tangsi. Namun karena pasir mempunyai warna pink, jadilah pantai ini lebih populer dengan sebutan Pantai Pink. Seiring berjalannya waktu nama tersebut pun semakin populer lho.

2. Warna Pasir Pink yang Cantik

Warna Pasir Pink yang cantik dan menawan

Ciri khas dari pantai ini adalah pasirnya yang berwarna pink. Sebenarnya warna pasir di pantai ini adalah putih dan lembut tapi karena pantai ini memiliki terumbu karang berwarna merah dimana terumbu ini memang tumbuh di perairan dangkal dan memberikan efek unik.

Pecahan dari terumbu karang ini kemudian terbawa oleh arus ombak ke tepian sehingga menyatu dengan pasir yang berwarna putih tersebut sehingga dari kejauhan pun nampak berwarna pink atau merah muda nan cantik.

Warna pink semakin terlihat jelas ketika pasir terkena basah oleh ombak laut. Pada sore hari maka pemandangan tersebut akan nampak lebih indah ketika dipadukan dengan warna mega merah di langit, juga dengan warna sunset yang keren.

3. Keindahan Alam yang Elok

Keindahan Alam yang Elok nan Menawan

Air laut di pantai ini sangat jernih dan bersih serta berwarna biru laut yang membuat panorama alam jadi lebih indah. Perpaduan antara warna pink, biru dan ditambah lagi dengan perbukitan di sekeliling pantai yang berwarna hijau menjadikan pantai ini semakin mempesona.

Pantai ini nampak seperti surga di dunia karena keindahannya yang sangat memukau. Bagaimana tidak, setiap jengkalnya seperti memiliki keindahan luar biasa dan akan sayang jika dilewatkan.

LAGI HITS
Pantai Ujung Genteng

Kejernihan air di laut ini masih terjaga, sehingga di saat naik sampan kamu dapat melihat keindahan bawah laut dari atas permukaan air laut.

Bagi kamu yang suka mandi air laut, disini juga salah satu tempat menarik untuk main air laut di pesisir pantai. Recommended banget untuk kamu coba lho.

4. Pulau Pasir Tenggelam

Pulau Pasir Tenggelam di Lombok

Di pantai ini juga terdapat pemandangan menarik lainnya, yaitu pulau pasir yang timbul tenggelam. Kebayang nggak tuh seperti apa?

Jadi Pulau Pasir ini muncul ketika air surut, dan hilang saat pasang naik. Jika angin datang dari arah barat daya maka kemunculannya mulai pada pagi hari, sedangkan pada musim angin selatan muncul pada sore hari.

Tidak ada kehidupan di pulau kecil ini. Yang ada hanya hamparan pasir putih berbentuk merica kecil. Kamu bisa melihat banyak bintang laut dengan beraneka warna.

Selain pulau ini, terdapat pulau kecil lain yang berpenghuni, yaitu Gili Marengkek, Gili Kambing dan satu gili kecil lainnya. Di saat air surut, ketiga pulau itu akan menyatu oleh dataran berpasir. Sedangkan saat pasang naik, ketiga pulau kembali terpisah. Unik banget ya.

5. Spot Terbaik untuk Berfoto

 

Spot Terbaik untuk Berfoto yang Instagramable

Kalau aktivitas yang satu ini, pasti hampir dilakukan oleh semua orang. Dengan keindahan Pantai ini maka kamu bisa menjadikannya sebagai spot terbaik untuk berfoto dari berbagai sudut lho.

Selain itu kebersihan dan kealamian dari air lautnya bisa kamu abadikan sebagai salah satu inspirasi kamu dalam berfotografi. Jangan lupa membawa kamera terbaikmu ya guys.

6. Berenang Dengan Enjoy

Berenang Dengan Enjoy di Pantai

Bagi kamu yang hobi berenang ini pas banget buat kamu coba. Kamu bisa berenang lebih santai tanpa perlu cemas karena airnya sangat bersih. Bahkan ombaknya yang tenang pun membuat para wisatawan tidak perlu cemas untuk mengawasi anak-anak yang ingin berenang.

Pasti nggak kebayang deh segarnya berenang di laut dengan air jernih serta ombaknya yang tenang. Tentunya akan bikin badan kamu lebih rileks lho.

7. Menyelam atau Snorkeling? Why Not?

Menyelam atau Snorkeling? Why Not? Asik Banget Loh

Tidak hanya berenang, kawasan pantai ini juga sangat cocok untuk aktivitas snorkeling maupun menyelam. Karena panorama bawah lautnya sangat indah dan memukau.

Hal yang terpenting yakni terumbu karang dan ekosistem bawah lautnya masih sangat lestari. Ditambah dengan kondisi airnya yang sangat jernih, kamu bisa melihat pemandangan alam bawah laut dengan sangat jelas. Tertarik untuk mencobanya?

8. Berjemur Sambil Menikmati Pesona Alam

 

Berjemur Sambil Menikmati Pesona Alam yang Sangat Indah

Kamu bisa bersantai di tepian pantai dengan menikmati hembusan angin sepoi-sepoi yang sangat segar. Bahkan kamu juga bisa berjemur di bawah cerahnya sinar mentari lho.

Terlebih tidak sedikit pula wisatawan asing yang rajin berjemur di pantai ini. Tidak lain karena ingin mendapatkan kulit eksotis sekaligus panorama alam nan cantik.

LAGI HITS
Wisata Pacitan

Nah bagi kamu yang nggak suka berjemur, kamu bisa menghabiskan moment berjalan-jalan garis pantai yang panjang pada sore hari. Apalagi jika ditemani orang tersayang, dijamin suasana akan semakin romantis.

Baca Juga: 11 Permata Pulau Moyo (Surga Eksklusif NTB)

Hotel Dekat Pantai Pink Lombok

Berbicara tentang keindahan Pantai Pink, rasanya tidak puas jika hanya berkunjung selama sehari. Agar dapat menikmati pantai ini lebih lama, kamu juga bisa memilih untuk menginap di hotel dekat wisata ini. Ini dia beberapa reviewnya:

1. Jeeva Beloam Beach Camp

Akomodasi Mewah, Jeeva Beloam Beach Camp

Jeeva Beloam Beach Camp merupakan salah satu hotel megah yang terletak sangat dekat dengan Pantai ini dan berlokasi di Jl. Pantai Beloam, Tanjung Ringgit, Sekaroh, Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Lokasinya hanya sekitar 2 km dari Pantai Pink Lombok, dan sekitar 13 menit menggunakan kendaraan pribadi dari Pantai Pink

Jeeva Beloam Beach Camp merupakan perpaduan wisata mewah takkan terlupakan. Hotel ini dilengkapi dengan beberapa layanan dan fasilitas yang lengkap. Terdapat layanan antar jemput bandara, layanan kamar, makan siang gratis, di bagian tepi pantai juga terdapat penyewaan alat menyelam, sepeda dll.

2. Telone Sunset Bungalows

Penginapan Telone Sunset Bungalows

Telone Sunset Bungalows adalah salah satu penginapan tepatnya berada di Dusun Telone, Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur.

Lokasinya sangat dekat dengan Pantai Tangsi Lombok Timur. Jarak antara penginapan ini dengan kawasan pantai sekitar 13 km dengan jarak tempuh selama 50 menit jika menggunakan kendaraan pribadi.

Telone Sunset Bungalows menyediakan akomodasi menginap dengan bentuk unik yakni bungalows. Para wisatawan yang hadir bisa memilih kamar apartemen sesuai dengan keinginan mereka.

Semua kamar yang disediakan disini sudah memiliki AC, sehingga pengunjung tidak perlu takut kepanasan. Penginapan ini membandrol harga sewa semalam sekitar 27 USD atau sekitar Rp. 405.000 permalam.

3. Ekas Sunrise

Ekas Sunrise Resort

Ekas Sunrise adalah sebuah penginapan yang berjarak sekitar 19 km dari kawasan pantai, tepatnya di Jalan Pantai Surga, Desa Pemongkong Jerowaru, Ekas, Indonesia.

Penginapan yang mengambil tema resort ini menawarkan beberapa fasilitas yang cukup lengkap. seperti kolam renang luar ruangan, teras berjemur, taman piknik dan bersantai dan lain-lain. Semuanya dapat dimanfaatkan oleh pengunjung di resort ini dengan cuma-cuma.

Resort ini memiliki layanan front office yang buka selama 24 jam, layanan antar jemput bandara, laundry dan lain sebagainya. Biaya menginap permalam di resort ini dipatok dengan harga mulai dari Rp. 600.000 per malam.

4. Ekas Breaks

Akomodasi Ekas Breaks

Salah satu rekomendasi penginapan favorit untuk kamu yaitu Ekas Breaks. Penginapan satu ini berlokasi di area Tanjung Ringgit, tepatnya di Jalan Pantai Surga, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Lokasi Ekas Breaks Resort juga sangat dekat dengan kawasan pantai lho. Dengan harga sekitar kurang lebih Rp 400 ribu per malam, kamu akan diberikan layanan dan fasilitas penginapan yang mengagumkan.

Fasilitas yang diberikan bukan hanya menu makanan yang lezat, namun juga terdapat kolam renang, kamar ber-AC, pelayanan antar jemput dan masih banyak lagi. Jadi, penginapan mana yang jadi pilihanmu?

Baca Rekomendasi: Gili Trawangan Lombok, Surga Wisata Bahari Favorit Para Bule

Wisata Dekat Pantai Pink Lombok

Jika kamu sudah mantap untuk memilih menginap sembari menghabiskan waktu liburan di pantai ini, tidak ada salahnya juga kalau kamu mengunjungi beberapa tempat keren lainnya yang berada di sekitar Pantai Pink, diantaranya:

LAGI HITS
Taman Nasional Wakatobi

1. Pantai Angin-Angin

Indahnya Pantai Angin-Angin

Pantai Angin-angin merupakan salah satu destinasi wisata yang paling dekat dengan Pantai Tangsi. Jarak antara Pantai Tangsi ke Pantai Angin-angin hanya sekitar 1,9 km dengan waktu tempuh hanya sekitar 9 menit menggunakan kendaraan pribadi.

Kondisi Pantai Angin-angin masih sangat sepi dan jauh dari keramaian. Oleh karena itu, para wisatawan yang berkunjung akan mendapati sensasi yang nggak biasa. Yaitu sebuah pantai dengan pasir jingga alami, air yang bening, angin yang berhembus sepoi dan kesunyian yang menenangkan.

Sayangnya, karena masih jarang wisatawan yang berkunjung, tidak banyak review dan foto tentang objek wisata ini sosial media.

2. Pantai Semangkok

Pantai Semangkok Sangat Menawan

Pantai Semangkok ini tepatnya berada di samping Pantai Tangsi/Pink. Karakteristik pantainya menyerupai pantai Tangsi dengan garis pantai yang lebih pendek.

Di dekat Pantai Semangkok terdapat sebuah pulau kecil tak berpenghuni yang dijuluki oleh masyarakat sekitar sebagai Pulau Cinta.

Untuk menikmati pesona pantai yang masih asri nan alami ini para wisatawan harus berusaha sedikit lebih keras. Karena akses jalan menuju Pantai Semangkok cukup sulit. Namun bagi kamu yang suka tantangan, ini akan lebih asyik bukan?

3. Tanjung Ringgit

Tanjung Ringgit Sangat Mempesona

Tanjung Ringgit berjarak sekitar 1,5 km dari kawasan pantai. Wisata ini berada di bagian ujung paling timur Pulau Lombok tepatnya di Desa Pemongkong, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur.

Lokasinya yang cukup jauh dari keramaian membuat objek wisata dengan panorama laut yang elok ini jarang dikunjungi oleh wisatawan. Selain itu, akses menuju wisata ini juga masih sangat minim, hanya kendaraan dengan ukuran kecil yang dapat masuk rute wisata ini.

Memiliki tebing yang curam dengan angin yang cukup kencang, kamu perlu selalu berhati-hati dan waspada saat bersantai di sekitar tebing.

Walau begitu, ada aktifitas yang bisa kamu lakukan di sini seperti bercamping, bersantai, dan berenang dengan syarat harus menapaki jalan ke bawah tebing.

4. Goa Raksasa Tanjung Ringgit

Goa Raksasa Tanjung Ringgit Terletak di Tebing Pantai

Dekat dengan lokasi Tanjung Ringgit, terdapat sebuah goa misterius dengan ukuran yang cukup besar lho guys. Masyarakat sekitar sering menyebutnya dengan nama Goa Raksasa Tanjung Ringgit.

Disisi bagian dalam goa ini cukup gelap dan lembab, sehingga sangat cocok bagi habitat kelelawar dan hewan kecil lainnya. Oleh sebab itu, ketika kamu masuk ke dalamnya, suara bising kelelawar yang bersahutan akan memenuhi segenap penjuru goa.

5. Meriam Jepang

Situs Sejarah Meriam Jepang

Tak jauh dari lokasi Tanjung Ringgit dan Goa Raksasa Tanjung Ringgit yang telah kita ulas, terdapat pula sebuah meriam kuno yang sarat akan nilai sejarah, yakni Meriam Jepang.

LAGI HITS
Pulau Cinta

Pada objek wisata ini terdapat sebuah meriam kuno yang menghadap ke laut. Konon katanya, meriam ini menjadi salah satu senjata ampuh bagi tentara Jepang untuk menyerang kapal-kapal musuh.

Meriam ini dan beberapa peninggalan Jepang yang berada di sekitar Tanjung Ringgit menjadi bukti bahwa ternyata kedudukan Lombok dalam masa penjajahan Jepang cukup penting lho.

Disini ini kamu bisa menikmati pemandangan laut dan mengambil foto. Selain menikmati pemandangannya, kamu bisa mempelajari sejarahnya. Keren kan?

Tips Berkunjung di Pantai Pink Lombok

Ada beberapa hal yang sebaiknya dipertimbangan dan dipersiapkan ketika akan berwisata di pantai ini. Selain untuk wawasan, hal ini akan membantu kamu dalam mempersiapkan segala kebutuhan. Berikut tips yang perlu kamu ketahui:

1. Pastikan bahan bakar kendaraan dalam kondisi penuh ya guys. Hal ini perlu diperhatikan mengingat lokasi pantai lumayan jauh. Akan sangat merepotkan kalau ternyata kehabisan bahan bakar selama di perjalanan. Karena sangat sulit mencari bahan bakar jika itu sampai terjadi.

2. Jangan lupa siapkan kebutuhan perbekalan makanan dan minuman. Baik makanan ringan maupun makanan berat. Walau kabarnya sekarang pantai ini sudah mulai ramai dan ada beberapa warung makanan buka, tidak ada salahnya untuk siap siaga.

3. Tidak perlu membawa alat snorkeling. Saat ingin snorkeling di pantai, disana sudah tersedia persewaan alat snorkeling. Persewaan Alat snorkeling biasanya satu paket dengan menyewa perahu. Jadi barang bawaan tidak terlalu banyak bukan?

4. Jika harga sewanya terasa tidak wajar, cobalah memberanikan diri menawar harga perahu. Harga sewa wajar perahu di Pantai Tangsi ini sekitar 300-an ribu.

5. Waktu terbaik ke wisata ini yaitu pada pagi hari atau siang hari. Dan sebaiknya jangan pulang kemalaman, karena jalanan kurang baik serta belum ada penerangan. Jadi rawan terjadi tindak kejahatan. Selalu waspada ya.

6. Jalanan menuju ke pantai kurang bagus, jadi sebaiknya cek kendaraan sebelum menuju objek wisata ini.

7. Meskipun berminat, tidak perlu membawa pulang ke rumah pasir pink di pantai ini ya guys. Karena akan percuma saja, sebab pasir di pantai ini aslinya berwarna putih. Sehingga mau dibawa pulang ke rumah sekalipun warna pasir di pantai ini tetap putih. Jadi nikmati saja keindahan alam di pantai ini ya, tanpa harus merusak pasirnya apalagi membawa pulang ke rumah.

Baca Selengkapnya: Danau Kelimutu, Kawah 3 Warna di Ende Flores

Itulah fakta menarik dari keindahan Pantai Pink Lombok. Sangat cocok sekali menjadi pilihan kamu untuk berlibur di pekan ini guys. Khususnya bagi kamu yang sudah penat dengan pekerjaan atau rutinitas harian yang membosankan.

Jadi sudah berencana untuk mempersiapkan holiday mu kesini? Jangan lupa untuk tetap tertib dan menaati peraturan di objek wisata ini ya. Happy Holiday!

Leave a Reply

Your email address will not be published.