Pantai Sadranan

6 min read

pantai sadranan jogja

Kalian pasti sudah tahu Daerah Istimewa Yogjakarta. Kota dengan sejuta warna dan budaya ini begitu menarik bukan?Menyimpan berbagai wisata yang menawan dengan panorama yang berkesan, salah satunya adalah pantai sadranan.

Bertaburnya pasir putih berhiaskan karang koral yang menakjubkan, membuat pantai ini menjadi khas dan tak kalah dari pantai terkenal lainnya. Ketika melihatnya langsung, kujamin kalian akan terpesona dan akan selalu mengingatnya.

Hal yang membuat pantai ini lebih menawan, kalian bisa bersantai menikmati panorama tanpa kegaduhan banyak manusia, sebab pantai ini tergolong masih sepi. Nah, sebelum makin ramai, kalian tentu harus segera mencoba merasakan sensasi keindahannya bukan?

Pantai Sadranan

pantai sadranan wikipedia

Di Indonesia, ketika satu objek wisata belum punya cerita, bulum lengkap rasanya. Di sekitar pantai ini, masyarakat sekitar masih rutin mengadakan upacara adat. Nama upacara adat ini adalah nyadran.

Nyadran adalah ritual sedekah laut yang rutin dilaksanakan sebagai ucapan rasa sykur kepada Tuhan atas kelimpahan rezeki, rahmat, serta sebuah doa, agar tangkapan lautpenduduk sekitar kedepannya lebih dari apa yang didapatkan hari ini untuk menyambung kehidupan.

Lokasi

Lokasi pantai Sadranan ini berada di Dusun Pulegundes II, Desa Sidoarjo, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, Yogyakarta (55881). Dari stasiun Tugu Yogyakarta kurang lebih berjarak 66 km dengan waktu tempuh mencapai 1 jam 55 menit dengan kendaraan bermotor.

Pantai ini berada satu kompleks dengan lokasi wisata pantai lain di jejeran wisata pantai gunung kidul. Kabar baiknya, kalian bisa mengunjungi pantai ini dengan tenang karena akses jalan sudah bagus dan memadai. Lebih lagi, jauh dari pusat kota.

Akses

Akses menuju pantai sangatlah mudah, kalian hanya perlu ke Jogja. Bila kalian berada di pusat kota, jarak yang harus kalian tempuh adalah 2 km, melewati jalan wonosari hingga sampai ke pasar wonosari.

Dari situ, kalian ambil jalur ke arah selatan menuju pantai baron. Ketika tiba di pos retribusi, kalian akan menemukan pertigaan, kalian lurus saja ke arah pantai Krakal. Pantai Sadranan terletak persis di sebelah timurnya pantai Krakal.

Tiket Masuk

Indahnya panorama pantai yang tak kalah dari pantai terkenal lainnya di Indoensia, harga tiket masuk yang hanya sebesar Rp 10.000 per orang akan memanjakan kantong kalian. Harga ini bisa dikatakan “sangat terjangkau”.

Hanya saja akan ditambah biaya parkir kendaraan kalian, sebesar 2 ribu rupiah untuk sepeda motor dan 5 ribu untuk mobil. Itupun juga sebagai fasilitas untuk kenyamanan dan keamanan kendaraan kalian. Sehingga kalian bisa fokus berlibur dan bersantai di pantai ini.

Jam Buka

Layaknya supermaret, pantai ini buka 24 jam. Jadi bagi kalian yang ingin berkunjung ke pantai namun takut karena waktu tutupnya, pantai ini adalah solusi. Kalian bisa berwisata sepuasnya tanpa batas waktu yang ditentukan.

Karena kalau pagi-pagi ombaknya masih agak besar, maka aku sarankan bila kalianuntuk berkungjung ke pantai ini padajam 2 siang hingga sunset saja.. Recomended banget deh, apalagi bagi kalian pasangan sejoli yang ingin berduaan sambil menikmati indahnya sunset.

Fasilitas

Pantai ini menawarkan fasilitas yang sangat memadai, tentunya untuk menunjang kenyamanan kalian selama menikmati panorama indahnya. Jadi kalian tak perlu khawatir mencari apapun di sini, semua fasilitas berlibur sudah tersedia.

Fasilitas yang aku maksud diantaranya adalah kamar mandi, warung makan, tempat ganti pakaian, area parker, penginapan, jasa foto, gazebo, dan juga penyewaan perlengkapan snorkeling.

 

AktifitasSeru di PantaiSadranan

Tak hanya menjanjikan panorama yang indah,pantai ini juga menyajikan berbagai sarana eksplorasi dan hiburan. Tentunya akan menjadikan liburan kalian semakin tambah berkesan dan tak terlupakan.

  1. Snorkeling: Wisata Bawah Laut

pantai sadranan jogja snorkeling

Tak kalah dengan pantai lainnya, kalian bisa menikmati pemandangan laut dengan berbagai macam sajian biota yang menakjubkan. Terumbu karang, ikan-ikan kecil yang lucu akan membuat hari kalian semakin berwarna. Sangat cocok dijadikan sebagai spot foto.

Hanya dengan merogoh kocek 50 ribu rupiah saja, kalian bisa menikmati fasilitas peralatan snorkeling lengkap yang sudah berstandar internasional. Tak hanya itu, kalian akan ditemani guide yang siap menjamin keselamatan kalian dan mengambil gambar kalian di bawah laut.

Dengan biaya segitu, fasilitas snorkeling ini dapat kalian sewa selama 1 jam penuh. Aku jamin, kalian pasti akan puas menikmati indahnya terumbu karang dan berbagai biota laut. Kalau kalian merasa kurang puas 1 jam, nggak masalah kalau nambah sewa lagi. Hehe..

  1. Spot Sunrise dan Sunset yang Menakjubkan

pantai sadranan 2020

Keindahan sunrise ataupun sunset sebuah pantai tentu sangat mengesankan. Bagi kalian yang hobi fotografi atau hanya sekedar mengoleksinya di album hp, maka tak afdhal bila kalian belum ambil andil dalam menikmati sunrise dan sunset di pantai Sadranan ini.

Momen sunrise dan sunset memang selalu diburu dan dinanti oleh para wisatawan ketika berwisata ke pantai Sadranan ini. Bagi kalian yang aktif di media sosial, kalian bisa mengabadikan momen ini untuk menghadirkan foto yang instagramable.

Lihat Juga: 5 Daftar Pesona Wisata Dan Hotel Bukit Bintang Jogja

  1. Mendayung Perahu Kano

pantai sadranan tiket masuk

Seharga dengan fasilitas snorkeling, yaitu Rp 50.000 per jamnya, kalian juga bisa Mendayung Kano sambil merasakan deburan ombak dan jernihnya air laut yang berhiaskan bukit-bukit karang menggairahkan mata.

Jadi tak perlu lagi kalian jauh-jauh ke pantai Pandawa Bali atau Mandalika Lombok jika hanya sekedar ingin menikmati sensasi mendayung kano.

  1. Camping Ground dan Api Unggun

pantai sadranan hotel

Tak perlu ikut pramuka untuk menikmati keseruan berkemah dan menyalakan api unggun. Di pantai ini, kalian bisa camping di area pantai untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau sahabat dengan aktivitas outdoor yang menggembirakan.

Tak perlu repot juga untuk bawa peralatan kemah, pihak pengelola sudah menyediakan persewaan dome seharga Rp 50.000 dengan kapasitas 4 orang. Namun, tentu kalian tak diperkenankan untuk meninggalkan sampah seusai camping.

Bukankan indah, momen berbincang ceria bersama kerabat dengan suguhan panorama pantai yang elok. Ditambah dengan kegiatan api unggun di malam harinya. Saya jamin, camping di pantai ini akan menjadi momen yang sangat berkesan sepanjang hidup kalian.

  1. Berjemur Kayak Bule

 pantai sadranan wonosari

Di pantai ini, kalian bisa memanjakan diri dengan fasilitas berjemur bak pelancong mancanegara. Dengan hanya menyewa jasa payung seharga Rp 30.000 per jamnya, saya jamin semua masalah di otak kalian akan hilang, diterpa pemandangan yang mempesona.

Di tepi pantai ini, sambil berjemur kalian bisa bersentuhan langsung dengan lembutnya pasir pantai yang putih bak tepung. Menikmati alunan suara ombak serta angin yang sepoi. Jelas akan menghadirkan harmoni jiwa dan membuat otak kalian semakin rileks.

  1. Sajian Sea-Food dengan Harga Normal

Kalian capek main air terus atau ingin makan tapi bukan makanan yang biasa. Tak usah khawatir, di pantai ini kalian bisa mendapatkan sajian seafood yang akan memanjakan lidah kalian. Urusan rasa, tak usah khawatir, tentu selevel dengan masakan chef-chef restoran.

Serunya Petualangan di: Air Terjun Sri Gethuk yang Menyimpan Cerita dan Keindahan

Homestay atau Penginapan di Pantai Sadranan

Keindahan dan fasilitas yang beraneka ragam ini, nampaknya akan memakan waktu yang banyak untuk dinikmati semuanya. Bila kalian merasa satu hari kurang, tak usah bingung cari penginapan. Di pantai ini tersedia banyak penginapan dengan biaya yang terjangkau.

Meski pantai ini tergolong terpencil, pengelola tentu paham bagaimana hausnya wisatawan untuk merasakan semua spot wisata di pantai ini. Banyak sekali penginapan atau homestay yang bisa kalian jumpai, harganya pun tak terlalu mahal, kisaran Rp 200.000 an.

  1. Bungalo Bambu Sadranan

pantai sadranan maps

Di penginapan ini, kalian akan merasakan sensasi rumah ala pedesaan di zaman kuno. Dengan harga berkisar Rp 400.000 per malam untuk 6 orang, kalian dapat memesan kamar lewat aplikasi Traveloka.

Fasilitas yang akan kalian dapatkan sudah sangat mencukupi, diantaranya adalah twin bad, kamar mandi dalam (shower + toilet duduk), kipas angin, TV Led, hingga sarapan untuk 2 orang.

  1. BOB Homestay

pantai sadranan dimana

Dengan menginap di penginapan BOB Homestay, kalian akan merasakan suasana sejuk dengan angin pantai yang berembus ketika bersantai di penginapan ini. Tak luput juga, pemandangan laut lepas juga menambah kesan tersendiri.

Dengan harga mulai dari Rp 400.000, kalian akan mendapatkan fasilitas Wi-Fi, sarapan untuk 2 orang, kipas angin, TV, dan kamar mandi dalam. Ada tambahan bila kalian ingin menambah ekstra bed, yaitu sebesar Rp 25.000, cukup muruh bukan?

  1. Penginapan Wilujeng

pantai sadranan adalah

Penginapan ini dibangun secara bertingkat, bergaya minimalis, tertata apik dan bersih. Ketika kalian menginap di penginapan ini, kalian akan merasakan tiga keindahan pantai lainnya, yakni Pantai Krakal, Pantai Slili dan Pantai Ngandong, hanya dengan berjalan kaki.

Dengan merogoh kocek Rp 300.000, kalian akan mendapat fasilitas yang memadai, seperti tempat tidur yang nyaman, kamar mandi, pendingin ruangan, dan cermin. Di luar penginapan ada teras yang bisa kalian gunakan untuk bersantai menikmati pemandangan.

  1. Sumantri Cottage

pantai sadranan ambrol

Sumantri Cottage adalah penginapan yang terletak di atas tebing sebelah barat pantai Sadranan. Terdiri dari 4 kamar yang saling membelakangi satu sama lain dengan atap berbentuk kubah, atap inilah yang menjadi salah satu ciri khasnya.

Tarif penginapan ini per malam yaitu antara Rp 250.000 hingga Rp 300.000 untuk satu kamar yang bisa dihuni oleh tiga orang. Penginapan ini juga menghadap langsung ke laut, sehingga ketika kalian bersantai di terasnya, kalian akan mendapatkan pemandangan laut yang indah.

  1. Hotel Dekat Lainnya

Selain penginapan yang diuraikan tadi, juga ada Penginapan Slili, Penginapan Machiko, Rimba Stay Sadranan, Pondok Shakuntala, Hotel Asmara, Rock Garden Homestay serta Penginapan Bambu Lengkung Indrayati.

Jika tak ingin menginap di homestay, kalian juga bisa bermalam di pantai ini dengan fasilitas camping yang sudah kujelaskan di awal tadi.

Kunjungi Juga: Gembira Loka Zoo (Bukan Sekedar Rekreasi)

WISATA DEKAT PANTAI SADRANAN

Setelah puas berwisata di pantai sadranan, biar tidak rugi tentu kalian juga harus mengunjungi pantai lain di jejeran pantai Gunungkidul yang tak kalah mempesona.Tak jauh dari pantai ini, kalian bisa mengunjungi berbagai pantai lainnya, diantaranya:

  1. Pantai Slili

pantai sadranan untuk anak

Lokasi pantai ini tak jauh dari pantai Sadranan, dengan tikat masuk Rp 10.000, kalian bisa menikmati pemandangan laut yang indah. Selain itu, kalian juga bisa bermain dengan udang, menikmati sajian kuliner, hingga medaki ke bukin untuk melihat pemandangan laut dari atas.

Hal lain yang menarik dari pantai ini adalah adanya pesta laut. Kalian bisa melihat tradisi tahuan warga setempat untuk mengucap syukur atas limpahan rezeki dan karunia laut yang bisa menghidupi mereka.

  1. Pantai Krakal

pantai sadranan dekat pantai apa

Rumornya, pantai ini terbentuk karena adanya aktivitas bumi yang bernama epirogenesa negative yang menghadirkan dua karang besar. Kedua karang ini berwarna hitam yang kontras dengan pasir putihnya. Sehingga menciptakan kesan unik dari pantai krakal ini.

Selain bisa menikmati pemandangan indah, kalian juga bisa menikmati sarana surfing hanya dengan uang Rp 50.000. Di pantai ini, banyak landak laut yang memiliki duri dan ubur-ubur yang memiliki sengat, jadi kalian tak boleh terlalu terpukau dengan keindahan pantai ini.

  1. Pantai Sundak

alamat pantai sadranan

Tiket masuk pantai ini terkenal murah, yaitu hanya Rp 5000, hanya nambah Rp 1000 untuk weekend. Dengan biaya masuk yang murah itu, kalian dapat menikmati penorama indah pantai Sundak ini.

Jika kalian berjalan di tepi pantai sampai sejauh 40 meter anda akan menemukan batu-batu karang kecil berjajar batu karang itu adalah tempat persembunyian hewan-hewan laut yang kecil, tetapi harus tetap berhati-hati karena batu karang tersebut begitu tajam.

Selain itu, juga terdapat beberapa bukit batu karang dan batu kapur dengan tinggi kita-kita 12 meter. Yang menjadi pemandangan yang indah di kawasan Pantai Sundak ini.

Tiga pantai itu adalah wisata yang dekat dengan Pantai Sadranan. Jaraknya tak lebih dari 1 Km. Namun kalau kalian ingin berwisata ke pantai lainnya, masih ada Pantai Indrayanti, Pantai Pok Tunggal, dan Pantai Drini yang kira-kira berjarak 5 Km dari pantai Sadranan.

Baca Review: Goa Pindul, Wisata Petualangan di Alam yang Menarik dan Unik di Yogyakarta

Pantai Sadranan sangatlah cocok digunakan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga karena banyak sekali fasilitasnya. Dengan fasilitas penginapan yang memadai, jadikan liburan kalian menjadi berkesan dan tak terlupakan. Selamat berlibur…

The Lodge Maribaya

Jessica Susanti
5 min read

Pantai Drini

Jessica Susanti
4 min read

De Ranch Lembang

Jessica Susanti
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *