Pantai Sayang Heulang
https://www.instagram.com/rossyrostiawati/

Pantai Sayang Heulang

Selain dodol Garut rupanya mempunyai banyak hal yang mempesona. Salah satu kabupaten di Jawa Barat ini menawarkan destinasi bahari yang unik untuk pecinta pantai yaitu Pantai Sayang Heulang. Pantai satu ini memang cocok banget menjadi opsi kamu ketika datang ke Garut.

Objek Wisata yang satu ini masih dikatakan baru. Masih belum banyak manusia yang berlibur ke pantai ini, makanya pantai ini masih sangat bersih dan jernih. Nah kalian yang belum tahu banyak tentang pantai ini mimin kasi info terbaru deh.

Pantai Sayang Heulang

Pantai ini memiliki panjang lebih dari 3,5 kilometer, lebar 50 meter dan luas 10 hektar dan sangat menarik perhatian banget loh. Selain memiliki pasir putih kecoklatan, air pantainya juga sangat jernih. Pantai yang tepat untuk bersantai dan berjemur jika kamu sedang ada di Garut.

Pantai ini juga memiliki keunikan dimana bebatuan karangnya menjorok jauh ke laut, sehingga saat surut kamu bisa berjalan di bentang karang tersebut hingga ke sisi laut. Selama air surut kamu juga akan menemukan ikan-ikan kecil berenang di sela-sela batuan karang itu

Pantai ini saat pasang sangat tidak disarankan untuk berenang ya karena ombaknya besar. Ohya kamu juga bisa berteduh di tepi pantai ada banyak pepohonan yang rimbun. Setidaknya kamu yang ingin menikmati pantai tetapi ingin tetap sejuk bisa merapat kesini.

LAGI HITS
Pantai Ancol

Ada lagi hal yang bertebaran mengenai pantai ini. Salah satunya sebuah Mitos yang diyakini masyarakat di sekitar wilayah ini. Katanya pantai ini ada penunggu lautnya. Ada beberapa orang melihat kuda putih berjalan di tengah lautan saat air surut. Tapi ini Mitos ya baru katanya, jangan takut dulu ahh.

Lokasinya

Pantai ini terletak 87 km dari pusat kota Garut. Tepatnya berada di desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk, Garut. Kamu juga bisa mencari dan mengikuti rute yang ada di google maps. Pantai ini juga berada di urutan pertama yang dijumpai saat datang menggunakan jalur Garut- Cikajang.

Jalan menuju Pantai

Ada tiga jalur yang akan membawa kamu ke pantai indah yang satu ini. Pertama kamu yang datang dari arah Kota Garut Akan memakan waktu kurang lebih 3 jam. Dari pusat kota kamu akan mengambil arah ke cikajang.

Harus kamu tau jalur yang akan kamu lalui ini akan berkelok-kelok. Jalannya juga agak sempit terutama setelah memasuki daerah Cigugur, Cikajang. Jadi lebih berhati-hati ya kawan-kawan.

Dari arah bandung kamu akan melalui jalur lintas selatan baru. Memakan waktu sekitar 4 jam melalui jalur ini. Dari Bandung lalu melalui Ciwidey kemudian menuju ke Rancabuaya. Hati-hati juga melalui jalur ini ya karena banyak yang masih belum sempurna tekstur jalannya

Dari Bandung juga bisa melalui jalur Pangalengan untuk dapat sampai di Pantai ini. Naik mini bus jurusan Bandung-Pameungpeuk garut juga bisa. Coba kamu pilih-pilih dulu mau melewati jalur yang mana.

Tiket Masuk

Kamu yang ingin menikmati pantai ini dikenakan tarif sebesar Rp. 10.000 untuk tiket masuknya. Kamu juga harus membayar parker untuk sepeda motor sebesar Rp 2.000, sedangkan mobil Rp 5.000. Bus dikenakan tiket parkir agak mahal yaitu Rp 25.000. Tapi harga ini masih pas dikantong kamu kok.

LAGI HITS
Pantai Greweng

Jam Buka Pantai Sayang Heulang

Taka da jam buka, itu sih yang pertama akan dikatakan kalau bertanya tentang jam buka di pantai ini. Pantai bisa dinikmati 24 jam tanpa henti, di pagi bisa dinikmati, siang bia, sore bisa, malam bisa, subuh juga bisa kalau berani. Apalagi kamu yang menginap di penginapan sekitar pantai indah ini.

Fasilitas di Pantai Sayang Heulang

Pantai ini sudah dikelola dan membuatnya memiliki fasilitas pendukungnya. Fasilitas yang ada seperti kamar mandi, lahan parkir yang luas, dan rumah makan seafood yang berjejer terdapat lumayan banyak di pinggir pantai ini.

Oh iya Tersedia juga fasilitas penginapan di pantai ini yang menawarkan pemandangan langsung view pantai ini. Tempat wisata ini fasilitasnya sudah cukup untuk kamu merasa nyaman kok.

Daya tarik/aktivitas seru di Pantai Sayang Heulang

Ayo kita lihat apa saja daya tarik dan aktifitas yang bisa kamu lakukan saat mendatangi tempat wisata yang satu ini. Langsung aja dicek yakin deh ga bikin kamu bosan disini.

1. Spot Sunset dan Sunrise

Spot Sunset dan Sunrise
https://www.instagram.com/pantaisayangheulang/

Datang kesini berarti kamu sudah siap akan pemandangan sunset dan sunrisenya yang luar biasa indahnya. Sunset di Pantai SayangGarut ini sangatlah mempesona loh duh suasananya bisa tiba-tiba romantis gitu, sama halnya pas sunrise.

kamu juga bisa menikmati sunset dan sunrise di bukit yang ada di pantai itu. Namanya Bukit Teletubbies banyak juga yang menikmati sunrise dan suset dini. Bukan hanya itu disini kamu juga bisa melihat bentang pantai ini secara keseluruhan.

2. Snorkeling

Snorkeling
https://www.instagram.com/marendradika/

Namanya juga pantai jelas snorkeling menjadi salah satu aktivitas yang harus dilakukan. Snorkeling di pantai ini waktu yang paling tepat ketika air sedang surut. Saat surut berbagai tumbuhan laut, dan binatang laut kecil dapat dengan mudah kamu lihat disana.

LAGI HITS
Floating Market Lembang

Saat surut pantai ini akan menjadi landau dan ombak tidak terlalu besar. Kondisi alamnya juga masih asri, sehingga ekosistem bawah airnya masih relatif terjaga.Berenang juga menjadi menyenangkan. Jangan lupa berhati-hati dan lihat kondisi pantai dulu ya.

Oh iya di pantai ini belum ada penyewaan dan fasilitas peralatan untuk snorkeling. Kamu disarankan untuk membawa peralatan sendiri kalau mau snorkeling. Mana nih pencinta snorkeling, setidaknya kamu harus merasakan snorkeling disini sekali.

Baca Juga: Pelabuhan Ratu Sukabumi, Daya Tarik dan Aktivitas Seru dengan Mitos yang ada

3. Ada Lapangan Voli Pantai

Ada Lapangan Voli Pantai
https://www.instagram.com/rezakum_69/

Di pantai ini Ada lapangan Voli Pantai nya loh. Lahan yang besar dan pasir yang tepat untuk bermain voli pantai, Pantai ini pas kamu yang ingin bermain voli pantai. Sepetak lahan kecil dikhususkan untuk bermain bola voli, jadi harus dicoba sih pasti seru banget.

4. Piknik dan Berkemah

Piknik dan Berkemah

Pas banget ini panta dijadikan tempat untuk piknik dan camping gaes. Sangat direkomendasikan, kamu bisa menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman sambil makan-makan dan menggelar tikar. Makanan piknik paling pas kalau dibawa dari rumah sih kalau menurut mimin.

kamu yang pingin kemah juga bisa gaes. saat berkemah jangan terlalu dekat dengan bibir Pantai ya untuk berjaga-jaga.By the way di pantai ini listrik tidak selalu ada disetiap tempat, jadi saat malam kamu bisa melihat pemandangan langit yang luar biasa indah.

5. Tempatnya para pemegang kamera

Tempatnya para pemegang kamera
https://www.instagram.com/marendradika/

Panorama indahnya Pantai Sayang rasanya sangat aneh kalau tidak ada yang tertarik untuk mengambil momen disini. Warna air lautnya yang indah dan jernih serta landscape pantainya yang indah, pas banget untuk dijadikan tempat untuk berfoto ria.

LAGI HITS
Pantai Pangandaran

Pemandangan eksotisnya yang terpancar ditambah dengan momen sunset dan sunrise menambah ribuan lipat keindahan saat difoto. Kamu bisa mengambil selfie, berfoto untuk feed instagram kamu hingga foto prewedding disini loh.

Lihat Juga: Pantai Ujung Genteng, Wisata Memanjakan Mata yang Edukatif

Wisata dekat Pantai Sayang Heulang

Ayo-ayo kita lihat-lihat wisata lainnya yang berada di dekat Pantai Sayang. Siapa tahu kamu berkesempatan untuk mengunjungi juga ketika mempunyai waktu yang banyak. yuk silahkan dilihat wisata apa saja yang lainnya.

1. Pantai Santolo Garut

Pantai Santolo Garu yang hits
https://www.instagram.com/frntrzky/

Pantai yang satu ini adalah tempat wisata terdekat karena memang hanya bersebelahan saja. Hanya berjarak 5 km meter dari Pantai Sayang. Pantai Santolo menyuguhkan pemandangan laut lepas samudra Hindia dan Muara Cilauteureun

2. Gurun Pasir Tanjung Karang

keindahan Gurun Pasir Tuntung Karang
https://www.instagram.com/kanggun_lens/

Ke Gurun tidak usah ke timur tengah lagi, keGarutaja langsung. Garut Juga ada gurun pasir yang eksotis banget loh. Kurang lebih 7 menit saja dari Pantai Sayang kamu akan sampai di gurun pasir ini. Foto disini beh parah banget hasilnya bagus banget pokoknya.

3. Pantai Karang Papak

Pantai Karang Papak
https://www.instagram.com/aiefkhannugraha/

Garut Selatan memang banyak pantai indah sih, nah kali ini Pantai Karang Papak. Pantai ini juga menawarkan pemandangan yang indah, walaupun ombaknya besar tetapi suasana di pantai ini sangat tenang cocok untuk kamu yang ingin merilekskan pikiran dan badan.

Simak Review: 25 Tempat Wisata di Bogor Asyik Buat Dijelajahi

Penginapan dekat Pantai Sayang Heulang

Di sekitar Pantai Sayang ada beberapa penginapan yang disewakan di pinggir pantai yang menawarkan pemandangan pantai secara langsung, Harga penginapan di sekitar sini juga bervariasi dengan fasilitas yang bervariasi. yuk cek lagi yuk.

1. Balinda Homestay

Balinda Homestay yang murah

Balinda Homestay penginapan yang letaknya tepat di pinggir pantai. Desain interior disini sederhana dengan fasilitas yang bisa bikin nyaman. Ada wifinya juga kok di penginapan disini. Kelebihan penginapan ini adalah langsung berhadapan dengan pantai.

LAGI HITS
Kenjeran Park

2. Penginapan Karang laut Sayang heulang

Penginapan Karang laut Sayang heulang

Penginapan ini lingkungannya tenang, aman dan nyaman dan view yang ditawarkan yaitu pemandangan langsung pantai sayang heulang. Penginapan ini memiliki dapur bersama, layanan penukaran mata uang, dan layanan rental sepeda jadi kamu bisa berkeliling pantai.

Tips wisata ke Pantai Sayang Heulang

Membutuhkan tipis kalau ke pantai ini?, teang akan mimin berikan. Sebenarnya tips ini untuk mengingatkan dan berjaga-jaga untuk kalian saja ketika berlibur ke pantai ini.

1. Jangan Lupa Sunblock

Jangan Lupa Sunblock

Namanya pantai pasti mataharinya pasti rasanya lebih menyengat dibanding dengan wilayah lainnya. Nah Sunblock penting nih digunakan, melindungi kulit kalian karena terlalu banyak terpapar matahari juga tidak terlalu baik loh untuk kulit gaes.

2. Cari Waktu yang Pas

Cari Waktu yang Pas

Kalau ke pantai ini cari waktu yang pas ya apalagi kamu yang ingin bermain air, snorkeling, atau berenang. Waktu yang paling pas adalah saat air laut surut. Pantai ini ombaknya bisa dikatakan besar maka karena itu ketika air laut pasang atau angina sedang kencang jangan bermain di laut.

3. Bawa Makanan bisa juga

Bawa Makanan bisa juga

Bawa makanan sendiri boleh juga nih kalau ke pantai ini. Selain kamu yang ingin piknik atau camping juga bisa bawa makanan sendiri loh kesini. Malah lebih seru gitu seperti sedang mengadakan party sendiri di pesisir pantai.

Kunjungi Juga: Museum Zoologi Bogor & 20 Koleksi Terbaiknya (Wajib Dikunjungi)

Menaikkan Pantai yang satu ini, Pantai Sayang Heulang memang tidak mengecewakan. Selain masih bersih dan terawat, pantai ini juga menawarkan suasana yang sangat membuat kita tenang kalau sedang bersantai. Segera agendakan jadwal untuk berkunjung kesini.

Gravatar Image
Jalan-jalan sambil nyari makan

Leave a Reply

Your email address will not be published.