Pantai Sendiki

5 min read

pantai sendiki malang 2020

Pantai Sendiki – Malang terkenal dengan wisata yang sangat komplek untuk para pengunjung. Mulai dari wisata bersejarah, wisata alam, wisata edukasi.

Tak heran saat weekend jalanan dari arah Surabaya-Malang sangat padat. Banyak pengunjung berdatangan ke Malang, menghabiskan liburan bersama keluarga.

Wisata alam menjadi salah satu alternatif liburan di Malang. Malang menyajikan keindahan pantai di arah selatan kota. Salah satunya ialah Pantai sendiki.

Pantai yang belum banyak dijamah oleh para wisatawan. Pantai yang bersih nan asri dan menawarkan keindahan alam yang khas. Lengkap dengan pemandangan alam menjadikan nuasana tenang dan nyaman.

Lokasi Pantai Sendiki

Pantai sendiki lokasi di desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Malang Selatan, Kabupaten Malang. Pantai sendiki memiliki satu garis pantai dengan deretan pantai selatan di Malang.

Dari pusat kota Malang, tempat ini berjarak sekitar 70 km. Dapat ditempuh selama 2-3 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi. Karena belum ada kendaraan umum yang melintas ke lokasi ini.

Jalan Menuju Pantai Sendiki

Untuk kalian yang ingin berkunjung kepantai ini memang diharuskan menggunakan kendaraan pribadi ya. Jika kalian start dari kota Malang, aku akan menjelaskan rute perjalanannya.

Memulai dari kota Malang, jalan menuju kearah daerah Turen Malang dapat melalui Gadang-Bululawang,Kerebet-Turen. Sampai Turen, kalian lanjutkan perjalanan ke daerah Sumbermanjing Wetan.

Atau kalian ambil rute lainnya, seperti lewat Pakisaji dan lanjut kearah Kepanjen kemudian Gondanglegi. Dari Gondanglegi lanjutkan perjalanan ke arah Turen hingga Sumbermanjing Wetan.

Kalian ikuti jalan menuju Pantai Tamban daerah Tambakrejo sampai menemukan pertigaan. Dari pertigaan itu ambil jalan arah ke kiri. Ga jauh dari pertigaan ada pos kamling, dan ambil jalan kea rah kanan.

Jalan hanya bisa dilalui makai sepeda motor. Jika memakai mobil, sebaiknya menitipkan mobil di rumah penduduk sekitar.

Tiket Masuk Pantai Sendiki

Harga tiket masuk pantai ini aku jabarkan lengkap ya, mulai dari tiket masuk, biaya parkir dan lainnya.
Tiket masuk untuk weekday/hari biasa dengan harga Rp 10.000. Untuk weekend dengan harga Rp 15.000.

Biaya parkir untuk sepeda motor dengan harga Rp 5.000. Untuk mobil harga Rp 10.000. untuk bis harga Rp 20.000.
Lumayan terjangkau harganya untuk para pengunjung.

Jam Buka Pantai Sendiki

Buat kalian yang berminat mengunjungi pantai ini, kalian bisa kesini kapan pun karena pantai ini buka setiap hari 24 jam.

Fasilitas di Pantai Sendiki

Wisata pantai ini masih terbilang baru karena dibuka untuk umum pada tahun 2015 dan hanya dikelola oleh warga setempat.

Untuk fasilitas di pantai sendiki tergolong lengkap. Pantai ini menyediakan Langgar/mushola untuk sholat, tempat pemandian umum dan toilet, penyewaan tenda untuk camping di pantai, dan juga warung-warung yang menjual

makanan dan minuman. Jadi kalian tidak perlu khawatir kelaparan ya.

Daya Tarik Pantai Sendiki

Saat mengunjugi pantai, tentunya kalian akan mencari tahu apa yang menarik dari pantai tersebut. Berikut ini daya tarik yang ditawarkan oleh Pantai Sendiki:

1. Pesona Pantai masih asri dan terjaga

pantai sendiki 2019

Pantai yang terletak dipesisir selatan jawa memang tidak cocok untuk berenang, dikarenkan ombak dan gelombang yang sangat besar. Tapi jangan khawatir jika kalian berkunjung ke pantai sendiki.

Walaupun kalian tidak dianjurkan untuk berenang, kalian masih bisa menikmati keindahan alam di pantai ini. Apalagi pada saat air laut surut, pantai ini menyajikan asrinya air laut yang bening banget. Cocok buat kalian bermain air laut disini.

Baca Rekomendasi: 7 Pesona Air Terjun Madakaripura yang Penuh Misteri

2. Pasir Putih cocok untuk Berjemur

pantai sendiki malang 2019

Pantai ini terbilang sepi karena aksesnya yang belum memadai. Dengan pasir putihnya, pantai ini cocok untuk berjemur. Jadi kalian gausah jauh-jauh ke pantai lainnya.

Di beberapa bagian pantai juga terdapat bebatuan karang yang menjadikan pantai ini cukup asri dan menenangkan untuk para pengunjungnya.

Ada juga beberapa ayunan yang terletak di pinggir pantai dan di pepohonan tepian pantai. Kalian bisa menikmati pantai ini dengan duduk santai di ayunan sambil menikmati angin sepoi-sepoi pantai ini. Pokoknya suasana disini sangat nyaman banget untuk melepas penat.

3. Camping di Pantai Sendiki

antai sendiki malang east java

Pantai ini cukup sepi dan cocok sekali untuk kalian yang ingin camping di pantai. Jika kalian tidak mempunyai tenda, tenang aja disini ada fasilitas dari warga setempat untuk penyewaan tenda camping.

Tenda disewakan dengan harga Rp 75.000 untuk kapasitas 4 sampai 5 orang. Jika kalian membawa tenda sendiri, kalian akan dikenakan biaya Rp 20.000 untuk camping di lokasi pantai.

Suasana yang tenang di pantai ini membuat kalian betah untuk menikmati akhir pecan bersama keluarga dan sahabat kalian. Dan perlu diingat, cari titik lokasi yang agak jauh dari bibir pantai ya agar tenda kalian tidak terkena ombak pantai saat air pasang.

4. Menikmati Sunset di Pantai Sendiki

pantai sendiki angker

Untuk menikmati atau melihat sunset di pantai sendiki, aku saranin ke kalian agar berngkat awal ke pantai ini subuh atau dini hari.

Ataupun kalian bisa camping dulu malam hari di pantai, sambil menunggu momen matahari terbit yang cukup terlihat di pantai sendiki. Atau kalian juga bisa bersantai di ayunan yang ada di pantai sambil menunggu matahari terbit.

Menikmati sunset sambil camping ditambah dengan suasana tenang jauh dari keramaian, sangat cocok buat kalian merefresh otak ditengah kesibukan kalian.

5. Homestay

pantai sendiki camp

Mungkin yang terlintas dipikiran kalian tentang homestay hampir sama seperti hotel ya. Namun berbeda dengan homestay di pantai sendiki.

Berbeda karena pantai ini menyediakan homestay berupa rumah pohon. Iya, rumah pohon kalian bisa menyewa rumah pohon dengan biaya Rp 150.000 untuk sekali menginap disini.

Suasana yang cocok dengan pemandangan pantai yang masih asri ditambah lagi dengan menginap dirumah pohon, sungguh suasana yang sangat menenangkan.

6. Mitos di Pantai Sendiki

pantai sendiki angker

Menurut cerita turun temurun dari masyarakat setempat tentang asal muasal pantai ini dan tak terlepas juga dari mitos yang beredar di masyarakat.

Konon, dulunya pantai ini ditemukan oleh empat orang sahabat. Mereka saling membagi lahan dengan cara menancapkan patokan kayu sebagai penanda atau batas wilayah mereka.

Mbah Singo Lelono menjadi orang terakhir yang menancapkan patok kayu.

Karena bingung, dia bertanya kepada 3 sabahatnya “Tekku seng ndi iki” atau dalam bahsaa Indonesia “punyaku yang mana ini”. tenyata lahan beliau berupa tanah telah dibagi habis ke 3 sahabatnya. Beliau akhirnya memilih kawasan pantai ini sebagai lahannya.

Cerita inilah yang dipercayai warga setempat tentnag asal usul nama Sendiki.

Lihat Review: Batu Secret Zoo Wisata Edukasi Modern yang Mempesona

7. Makam Mbah Singo Lelono

pantai sendiki penginapan

Di sebelah kiri pantai sendiki, kamu bisa menemukan sebuah makam yang bertuliskan “Singo Lelono” yang tadi aku sampaikan diatas.

Mbah Singo Lelono dipercayai sebagai penemu Pantai Sendiki ini sekaligus moyang dari warga sekitar. Lokasi makamnya pun tidak terlalu jauh dari pantai. Makam ini juga kerap dikunjungi oleh warga dan juga para pengunjung.

Cerita turun temurun dari warga ini yang membuat pantai ini terkesan angker.

8. Hunting Foto

pantai sendiki malang jatim

Pemandangan yang masih asri dan juga sepi pengunjung membuat pantai ini cocok untuk lokasi hunting foto. Ditambah lagi dengan spot foto di pinggiran pantai.

Spot rumah pohon yang menjadi penginapan dan juga beberapa ayunan di pohon tepian pantai. Spot menarik untuk berfoto ria.

Tak lupa juga memandangan sunset matahari terbit juga menambah eksotis berfoto di lokasi pantai sendiki ini. Gambar dan foto dari pantai sendiki bisa kalian cek di google atau sosial media.

Wisata di dekat Pantai Sendiki

1. Pulau Sempu

pantai sendiki malang

Pulau sempu ini terbilang berdekatan dengan pantai sendiki. Berjarak sekitar 4 km dari pantai sendiki.

Jika kalian ingin berkunjung kesini harus menyeberangi laut menggunakan perahu yang disewakan oleh warga setempat. Sayangnya lokasi ini sudah menjadi cagar alam dan harus mendapatkan izin dari pemerintah untuk mengakses pulau ini.

2. Pantai Goa Cina

pantai sendiki adalah

Pantai ini masih satu deret garis pantai dengan pantai sendiki. Pantai ini berjarak sekitar 8 km dari pantai sendiki. Beralamat di dusun trowotratih, desa sitiarjo, kecamatan sumbermanjing wetan.

3.Pantai Tiga Warna

akses pantai sendiki

Pantai ini juga dekat dengan pantai sendiki. Berjarak sekitar 6 km dari pantai sendiki.
Jika kalian ingin berkunjung kesini, harus memesan tiket jauh-jauh hari. Karena pantai ini hanya dapat di akses 100 orang dalam sehari untuk menjaga keasrian pantai tersebut.

Baca Selengkapnya: Gili Ketapang, Surga Bawah Laut Jawa Timur

4. Pantai Teluk Asmara

alamat pantai sendiki

Pantai ini dekat juga dengan pantai sendiki. Berjarak sekitar 7 km dari pantai sendiki. Pemandangannya juga dijamin sangat indah, cocok banget deh.

Tips Berkunjung ke Pantai Sendiki

  • Sangat disarankan untuk kalian berkunjung kesini menggunakan kendaraan pribadi karena tidak ada angkutan kota yang menuju kesana.
  • Gunakan sepatu atau alas kaki yang sesuai, karena jalan dari parkiran menuju ke pantai licin dan berlumpur.
  • Jangan lupa bawa handbody untuk menghindari kulit kalian agar tidak terbakar karena sinar matahari.
  • Datang dini hari atau camping dan menginap di pantai jika ingin melihat keindahan sunset matahari terbit.
  • Menjaga perkataan dan tingkah laku kalian selama di pantai, karena pantai ini terkesan angker.
  • Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen liburan kalian.
  • Tetap saling menjaga orang di sekitar kalian karena pantai ini terbilang cukup sepi dan belum terekspos.

Baca Juga: Museum Angkut Batu Malang, Tiket, Rute & Jam Buka

Pantai Sendiki terletak di selatan dari pusat Kota Malang. Pantai ini terbilang sepi pengunjung karena masih jarang terekspos. Pemandangan yang masih asri di lokasi pantai ini, ditambah dengan hamparan pasir putih dan pemandangan sunset matahari terbit.

Mitos tentang pantai sendiki ini dan juga asal usul pantai ini membuat pantai ini agak terkesan angker. Dan terdapat makam penemu pantai sendiki ini.

Selamat berlibur ya, tetap menjaga kebersihan.

Pantai Pandawa Bali

Jessica Susanti
9 min read

Pantai Galesong

Jessica Susanti
6 min read

Pantai Losari

Jessica Susanti
8 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *