Cantiknya Pantai Senggigi

Pantai Senggigi

Posted on

Siapa yang pengen ke Lombok? Kalo di Tanya gini pasti kalian pada jawab mau semua ya kan? Lombok menjadi destinasi wisata yang tak kalah populernya dengan Bali. Lombok terletak di Nusa Tenggara Barat.

Lombok juga menjadi tempat favorit liburan untuk para wisatawan mancanegara. Emang sih pesona indah Lombok buat para turis menjadi suatu hal yang baru setelah Bali.

Salah satu objek wisata yang terkenal di Lombok adalah Pantai Senggigi. Nah di artikel ini aku akan jelasin tentang Pesona Indah Pantai ini. Scroll ke bawah ya.

Sejarah Pantai Senggigi

Sejarah Pantai ini mulai diperkenalkan sejak tahun 1980 dan terus menerus dibangun dengan beberapa fasilitas untuk para pengunjung.

Pantai ini menjadi objek wisata yang paling terkenal di Lombok, Mataram, Nusa Tenggara Barat. Lokasi pantai senggigi sangat strategis dan tergolong pantai yang paling ramai dikunjungi di Lombok.

Oleh sebab itu pemerintah daerah memberikan perhatian khusus dengan objek wisata yang satu ini, terlebih lagi dalam bidang pembangunan. Agar pantai ini mudah dijangkau oleh pengunjung yang datang.

Dari tahun ke tahun pemerintah daerah membangun berbagai macam fasilitas di dekat lokasi wisata ini. Membangun beberapa hotel dan penginapan, toko dan pusat oleh-oleh dan masih banyak lagi.

Tentunya jika kamu kesini bakalan dimanjakan dengan pesona alam dan juga fasilitas yang memudahkan kamu banget deh.

Lokasi

Objek Wisata Pantai Senggigi ini terletak di Lombok Barat, tepatnya di Jalan Raya Senggigi km 6-7 Kecamatan Batulayar, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Lokasi pantai ini berjarak sekitar 51 kilometer dari Bandara Internasional Lombok.

Jalan ke Pantai Senggigi

Untuk perjalanan kamu bisa mulai dari pusat kota Mataram. Selama 30 menit sampai 1` jam perjalanan dari Bandara Mataram. Jika kamu naik angkot dari Kota Mataram, cari dan naik angkot jurusan Sweta – Ampenan dengan ongkos Rp 3.000 per orang.

LAGI HITS
Pantai Lovina Bali

Sampai kamu di Ampenan, lanjut naik angkot lagi jurusan Ampenan – Senggigi dengan ongkos Rp 2.000 per orang. Nah setelah sampai di senggigi kamu tinggal jalan kaki aja ke lokasi pantainya, ga sampai 10 menit kok. Kiri kanan jalan kamu bisa lihat-lihat warung dan toko.

Tiket Masuk

Setelah sampai di pintu masuk kawasan pantai, kamu diharuskan membayar tiket masuk, harga tiket masuk pantai ini tidak terlalu mahal sekitar Rp 15.000 per orang aja. Sangat terjangkau banget ya untuk objek wisata terkenal di Lombok ini.

Untuk parkir kendaraan, motor dengan biaya Rp 5.000, mobil sekitar Rp 10.000 dan bus pariwisata Rp 20.000.

Jam Buka

Jangan tergesa-gesa dan takut pantai ini ditutup ya. Jam operasional pantai ini 24 jam kok dan dibuka setiap hari.
Karena pantai ini cukup ramai pengunjung, ditambah lagi pas jam malam banyak lokasi hiburan di sekitar pantai ini. Jadinya pantai ini welcome 24 jam buat pengunjungnya loh.

Fasilitas

Jujur aja kalo untuk fasilitas pantai ini kalian ga perlu kuatir lagi deh, pantai ini udah jadi pantai terkenal di Lombok tentu saja fasilitas yang disediakan pun sudah sangat lengkap untuk para pengunjung yang datang kesini.

Pantai ini juga sudah memiliki penginapan, hotel, café, restoran, pub/club, diskotik dan live music di sekitar pantai. Café dengan menyuguhkan makanan kuliner khas Lombok.

Hotel dan penginapan di pantai ini juga sangat beragam loh, mulai dari losmen biasa, hotel murah sampai hotel berbintang juga ada kok. Mulai dari hotel mahal sampai hotel murah disini ada khusus untuk kalian para pengunjung.

Baca Juga: 11 Permata Pulau Moyo (Surga Eksklusif NTB)

Daya Tarik Pantai Senggigi

Lombok menyuguhkan keindahan alam sungguh indah. Rangkuman pesona alam Pantai senggigi salah satunya dengan daya tarik yang dimiliki membuat banyak para wisatawan kesini. Apa saja daya tarik pantai ini, cek dibawah ini ya.

1. Pesona Alam Pantai Senggigi

Pesona Alam Pantai Senggigi Memang Sangat Menakjubkan

Pesona alam pantai ini tak bisa dipungkiri lagi, pantai ini memiliki garis pantai yang panjang. Pantai ini juga berada di kawasan pantai – pantai berteluk. Pesona alam disini yang menjadikan ciri khas unik tersendiri.

LAGI HITS
Candi Cangkuang

Kawasan pantai – pantai di sekitar juga menyuguhkan pesona alam yang indah. Kalian bisa langsung berkunjung ke pantai – pantai yang berdekatan dengan pantai ini juga kok.

Dari kawasan ini juga bisa melihat gagahnya Gunung Agung Bali loh.

2. Piknik

Garis pantai panjang yang dimiliki oleh pantai ini dan tiap tepian pantai sangat bersih. Lokasinya cocok untuk bersantai dan juga piknik sambil kalian menikmati pesona alam indah tanah Lombok ini.

Di kawasan sekitar tepian pantai, ada pohon – pohon yang rindang dan hembusan angin pantai sangat cocok untuk berpiknik. Kalian bisa membawa tikar kain atau pun laybag atau bantal gede yang biasa dipakai untuk piknik bersantai di alam.

Piknik disini sekalian ajak keluarga dan sahabat kamu ya. Refreshing dan melepas penat dari kesibukan kantor cocok banget nih. Inget ya jangan sesekali ninggalin sampah disini, saling menjaga kawasan wisata ya.

3. Berenang

Bentuk pantai yang hampir mirip seperti teluk dan air laut yang tenang, ombak dan gelombang air laut pun tidak terlalu besar. Kondisi alam yang kayak gini bisa digunain kalian untuk berenang di tepian pantai ini loh.

Sekalipun tepian pantai aman untuk berenang, kalian juga harus memperhatikan batas wilayah aman untuk berenang. Jangan sekali – kali untuk melewati batas aman dari pantai ini ya.

4. Memancing Ikan

Aktifitas ini paling banyak diminati oleh masyarakat luas, semua kalangan bisa meminatinya loh. Ada beberapa titik atau spot di pantai ini yang cocok untuk kamu memancing disini.

Buat kalian yang hobi banget mincing bawa dan sediakan peralatan mancing ya, kalau kalian lupa di kawasan pantai ada kok yang menyewakan peralatan mancing. Jadi ga usah kuatir ya.

Apalagi saat matahari senja mulai turun, kalian bisa melihat pemandangan indah sunset di pantai ini. Pemandangan dari pantai dan juga gagahnya Gunung Agung Bali terlihat jelas dari sini loh.

5. Berselancar atau Surfing

Bagi kalian yang suka banget sama aktivitas yang memacu adrenalin, kalian bisa nyobain berselancar di pantai ini loh.

Papan selancar sudah disediakan oleh pihak pengelola pantai kok, kalian bisa menyewanya disana ya. Selancar disini cocok untuk lahan yang baru belajar berselancar. Ombak yang tidak terlalu besar cukup aman kok.

LAGI HITS
Tempat Wisata Bandungan

Gausah takut, kalian bakal didampingi instruktur profesional kok ikuti aja setiap arahan dari instrukturnya. Ombak di pantai ini hanya sekitar 1 meter. Sangat ideal lah ya untuk para pemula.

6. Bermain Kano

Selain menyewakan papan selancar, pihak pengelola juga menyewakan perahu kano untuk kalian. Perahu kano ini hanya berisi dua orang aja. Buat kalian yang ga bisa berenang, jangan lupa sekalian nyewa baju pelampung biar aman ya.

Ombak dan gelombang pantai disini tidak terlalu tinggi hanya sekitar 1 meter aja. Tentunya cukup tenang dengan menaiki perahu kano. Rute mulai dari tepian pantai sampai berada diluar kawasan pantai.

Tentunya kalian tetap harus berhati – hati ya. Ombak yang tenang dan pemandangan alam yang indah cocok banget buat mengisi liburan kalian, kalian berdecak kagum deh dengan keindahan di kawasan ini. Selamat mencoba ya.

7. Snorkeling

Banyak juga para wisatawan yang datang sengaja menghabiskan waktu untuk menikmati keindahan karang laut dan biota laut di kawasan pantai ini. kalian bisa menyewa peralatan snorkeling ke pihak pengelola yang sudah menyediakan dengan harga murah tentunya.

Bagi kalian yang ingin bersnorkeling tak harus berenang ke tengah pantai, karena di pinggiran pantai ini kalian bisa melihat berbagai macam ikan warna – warni dengan berbagai macam bentuknya.

Terumbu karang dan biota laut juga bisa kamu lihat kok. Air laut di pantai ini terbilang jernih, jadi cocok banget buat snorkeling ya. Ga perlu takut terseret ombak loh, Cuma 1 meter aja jadi tergolong aman ya.

8. Menikmati Sunset

Sunset di pantai ini menjadi daya tarik tersendiri untuk para pengunjung.
Tak jarang para penikmat panorama indah ini berdatang ke pantai ini hanya untuk menikmati pemandangan matahari tenggelam. Panorama yang wajib dilihat nih.

Sunset di pantai ini terbilang unik karena pada saat matahari tenggelam menampakkan gagahnya Gunung Agung Bali loh, sangat jelas terlihat dari pantai ini.

Eksotisme pemandangan dan lebih lagi langit yang berwarna biru perlahan berubah menjadi warna orange. Panorama ini yang menjadikan pantai senggigi cukup popular di Lombok.

9. Berburu Oleh – Oleh Khas Lombok

Teruntuk kalian yang dari pulau seberang selain Lombok, ini salah satu aktivitas yang harus kalian datangi yaitu berburu oleh – oleh.

Pasar Seni senggigi adalah tempat yang sangat tepat untuk berburu oleh – oleh, lokasinya pun tidak terlalu jauh dari pantai ini. Jadi memudahkan akomodasi kalian ya.

LAGI HITS
Devoyage Bogor

Di pasar ini kalian bebas memilih oleh – oleh untuk dibawa pulang kerumah. Banyak toko yang menjual berbagai macam seperti pernak pernik khas Lombok bisa kalian jumpai. Dan selamat berbelanja ya.

10. Wisata Kuliner

Nih aktifitas yang harus kamu lakuin kalo udah puas menikmati pantai senggigi, wisata kuliner. Kamu bisa nyobain makanan khas Lombok seperti ayam taliwang, sate bulayak dan masih banyak lagi.

Wisata kuliner yang tak jauh dari pantai memudahkan kalian kesini. Sehabis dari pantai bisa langsung mengisi perut ke warung – warung terdekat

Tak perlu jauh – jauh, di dekat pantai ada kok warung yang menjual berbagai makanan khas Lombok. Kamu bisa bebas memilih makanan apa yang pengen kamu coba. Di jamin bakalan ketagihan deh.

Baca Rekomendasi: Gili Trawangan Lombok, Surga Wisata Bahari Favorit Para Bule

Hotel Dekat Pantai Senggigi

Setelah kamu puas menikmati pesona pantai ini dan kenyang dengan makanan khas Lombok, saatnya rebahan dulu ya. Di dekat pantai ini sudah banyak penginapan dan hotel murah loh, cocok deh dan menyesuaikan dengan budget kalian.

1. Makarma Resort Lombok

Penginapan disini berbentuk rumah segitiga. Jika kamu menginap disini bukan mendapatkan kamar namun rumah yang kamu sewa untuk menginap. Di depan rumah penginapan ini disediakan kolam renang juga loh, jadi pas banget deh.

Harga juga termasuk murah, sekitar Rp 125.000 per malam

2. Kila Senggigi Beach Lombok

Penginapan di sini pas berada di tepi pantai. Jika kamu bermalam bisa cocok banget bisa menikmati malam di tepian pantai tersebut. Harga penginapan disini ya cukup lumayan sih, sekitar Rp 600.000 an per malam loh.

3. Jeevana Santai Villas

Nih jujur hotel yang cakep banget sih, disini kalian bisa menikmati indahnya pantai senggigi dan gagahnya Gunung Agung. Terlebih lagi saat sunset, kelihatan banget gunung agung dari sini.

Kalian bisa bersantai di tepi kolam renang sambil menikmati panorama indah loh. Harganya cukup mahal sekitar 1 jutaan deh untuk sekali menginap. Tapi harga segitu pas banget dengan pemandangan yang disuguhkan.

Baca Selengkapnya: Danau Kelimutu, Kawah 3 Warna di Ende Flores

Wisata dekat Pantai Senggigi

Serius nih cuma mau ke pantai ini aja selama di Lombok? Nih aku kasih pilihan objek wisata menarik lainnya yang berada di dekatnya.

LAGI HITS
Bukit Bintang Bandung

1. Pantai Setangi

Pantai setangi masih berada di satu garis pantai dengan pantai senggigi. Jaraknya pun tidak jauh, ga sampai 1 kilometer kok. Disini kalian juga bisa melakukan aktifitas seru loh.

2. Scuba Froggy Senggigi

Scuba Froggy Senggigi menawarkan pada para pengunjung untuk mengitari lautan di tengah pantai ini. Lokasi tepatnya berada di Jalan Raya Senggigi Km 8 Beach Counter Sheraton, Lombok. Berjarak sekitar 2 kilometer.

3. Gili Trawangan

Nih objek wisata yang gak asing ditelinga para wisatawan. Lokasi tujuan paling recomended pas kalian berada di Lombok yaitu Gili Trawangan. Jika kalian dari pantai senggigi wajib nih ke gili trawangan.

Kalian harus menggunakan kapal untuk ke lokasi ini karena gili trawangan merupakan pulau terpisah. Pesona dan eksotisme kawasan ini wajib untuk dikunjungi.

Tips Berkunjung ke Pantai Senggigi

Sebelum berangkat ke pantai ini sebaiknya ada beberapa hal yang harus kalian cek lagi. Nih aku kasih tips berkunjung ke objek wisata satu ini.

  • Sebelum berkunjung siapkan perbekalan kalian selama perjalanan ke lokasi pantai seperti baju pakaian dan lainnya.
  • Bawa sunscreen atau krim pelindung kulit agar panas matahari ga membuat kulit kamu terbakar ya.
  • Berkunjung pada hari – hari biasa aja, hindari weekend agar tidak terlalu ramai disini. Toh kamu bakalan nyaman juga kalau pantainya tidak terlalu ramai.
  • Siapkan budget kalian selama berkunjung kesini, terutama buat kalian yang doyan banget belanja dan wisata kuliner ya.
  • Jaga kebersihan pantai selama kalian berkunjung kesini, di kawasan pantai banyak tersedia tong sampah kok.
  • Pastikan kalian membawa kamera ya, suasana dan pemandangan di kawasan pantai ini sangat bagus loh sayang sekali kalau disia-siain.

Nah itu beberapa tips berkunjung kesini silahkan di coba dan selamat berlibur.

Lihat Review: Taman Nasional Komodo, Ekowisata Andalan Indonesia

Pantai Senggigi termasuk salah satu pantai yang popular di Lombok. Lokasi pantai ini berjarak 50 kilometer dari pusat Kota Mataram.

Pemandangan indah bisa kalian jumpai disini. Yang menjadi favorit para pengunjung adalah pesona keindahan sunset matahari tenggelam bisa dinikmati. Berlatar belakang Gunung Agung Bali menambah eksotis sunset disini.
Rangkuman Pesona keindahan alam bisa kamu nikmati disini. Selamat berlibur ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.