Jessica Susanti Jalan-jalan sambil nyari makan

Pantai Srau

5 min read

pantai srau

Butuh rekomendasi wisata pantai di selatan Jawa Timur? Kalau gitu Pantai Srau di Pacitan Jawa Timur ini patut dicoba guys. Pasalnya, salah satu pantai di kota kelahiran Presiden SBY ini menawarkan pemandangan eksotis yang masih jarang dijamah oleh banyak orang.

Uniknya, kamu bisa menikmati pesona 3 zona pantai sekaligus hanya di Srau ini lho. Hamparan pohon kelapa, pasir putih dan ombak yang besar pun melengkapi keindahan pantai ini. Selain itu, sedikitnya pengunjung membuat pantai ini serasa milik kita sendiri.

Berbagai kegiatan seru juga bisa kamu lakukan bareng teman-teman atau keluarga. Mulai dari bersantai, snorkeling, hingga nge-camp untuk melihat keindahan sunrise dan sunset yang memukau.

Tertarik untuk mengunjungi pantai ini? Beruntungnya, kali ini penulis sudah menyiapkan review tentang lokasi, sejarah mistis, harga tiket masuk hingga keunggulan pantai ini spesial untuk kamu. Daripada penasaran, lets check it out guys!

Sejarah Mistis Pantai Srau

Pantai nan elok ini memang punya kisah mistis tersendiri yang dipercayai oleh masyarakat sekitar. Konon ada bekas penginapan dan sumber mata air yang dianggap angker di sebelah barat pantai ini.

Berdasarkan cerita masyarakat sekitar, penginapan dekat sumber air itu dulunya dibangun oleh seorang bule.

Namun kemudian ditutup dan ditinggalkan karena bule itu beserta tamu-tamu penginapannya dihantui oleh penampakan-penampakan mistis.

Sehingga masyarakat sekitar pun jarang mengambil air sampai malam hari di sumber air tersebut.

Walaupun begitu, nggak seluruh lokasi pantai ini angker kok. Hanya sisi bagian barat saja yang dianggap angker.

Jadi, nggak perlu takut atau ragu saat berkunjung ke pantai ini selama kamu tetap menjaga sikap ya.

Lokasi Pantai Srau

Walaupun letaknya sedikit tersembunyi, pantai ini masih cukup mudah untuk dijangkau para wisatawan, karena hanya berjarak sekitar 25 km ke arah barat dari Kota Pacitan dan dengan waktu tempuh sekitar 45 menit hingga 1 jam.

Lebih tepatnya pantai ini berlokasi di Dusun Srau, Desa Candi, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Jalan Menuju Pantai Srau

Ada beberapa jalan menuju pantai ini yang bisa kamu tempuh sekalipun dari luar kota. Selama perjalanan ke pantai, kamu juga akan disuguhi dengan indahnya pemandangan alam terbuka dan udara yang segar. Berikut beberapa rutenya:

  1. Jika dari Pacitan, ambillah Jalan W.R. Supratman, ikuti jalan melewati Pantai Teleng Ria hingga sampai di pertigaan Tumpang Rinjing, lalu ambillah arah kiri.
  2. Jika dari Solo, ambillah rute menuju Sukoharjo, lalu ke Ngadirojo, Giriwoyo, terus ke arah Donorojo, lanjut ke Punung, hingga sampai di Pringkukuh. Kamu tinggal mengikuti penunjuk arah menuju Desa Candi untuk sampai ke pantai ini.
  3. Jika dari Surabaya atau sekitarnya, berangkatlah lewat Mojokerto hingga sampai di Pacitan.
  4. Jika dari Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Barat, ambillah jalur Tol Cipali dan Nasional III sampai tiba di Pacitan. Lalu ikuti petunjuk perjalanan dari Pacitan seperti di atas.

Perlu diingat kalau medannya cukup berliku dan sulit. Jadi, siapkan kendaraan yang aman dan tetap berhati-hatilah dalam perjalanan ya!

Tiket Masuk Pantai Srau

Dengan adanya fasilitas memadai serta pemandangan alam yang tiada duanya, harga tiket masuk pantai ini tergolong sangat terjangkau lho. Kamu cuma perlu membayar tiket sebesar Rp 5.000,- saja per orang.

Tiket masuk tersebut sudah termasuk biaya retribusi dan pengembangan fasilitas obyek wisata pantai ini.

Jam Buka

Pantai ini buka setiap hari, Senin sampai Minggu, dengan jam operasional selama 24 jam. Dengan dibukanya pantai selama 24 jam, nggak heran banyak wisatawan yang memanfaatkannya untuk nge-camp bersama keluarga atau sahabat.

Fasilitas Di Pantai Srau

Walaupun fasilitas di wisata pantai ini belum bisa dikatakan lengkap, tapi cukup memadai untuk memanjakan para wisatawan yang datang. Beberapa fasilitas yang tersedia di pantai ini adalah:

  1. Kamar mandi dan toilet
  2. Warung makan
  3. Tempat berteduh yang nyaman
  4. Tempat parkir

Sayangnya, pantai ini belum dilengkapi dengan penginapan yang resmi. Buat kamu yang berencana menginap, lebih baik carilah penginapan diluar lokasi pantai atau di rumah masyarakat sekitar.

Daya Tarik dan Aktifitas Seru Di Pantai Srau

Pantai Srau terdiri dari 3 zona pantai yang berada di sisi timur, selatan dan barat yang memiliki berbagai spot menarik dan menjadi daya tarik tersendiri. Liburan ke pantai ini memang nggak lengkap kalau belum mencoba aktifitas seru di berbagai spot keren yang ada guys.

Spot-spot ini wajib banget kamu jelajahi sambil jalan-jalan sambil menikmati pemandangan atau berburu foto yang unik dan keren. Berikut beberapa daya tarik dan aktifitas seru yang bisa kamu lakukan di pantai ini:

1. Perbukitan Karang

Perbukitan Karang yang indah
https://www.instagram.com/ekosubaktiansyah/

Setelah melewati pos tiket, kamu akan disambut oleh pantai Timur dengan hamparan pasir putih dan ombak yang nggak terlalu besar. Beberapa bukit karang juga tampak menonjol di tengah laut dan di bibir pantai.

Pantai timur ini cocok dijadikan tempat berburu sunrise di pagi hari sambil menikmati pemandangan bukit karang yang memecah pantai timur dan selatan.

Pantai selatan pun nggak kalah keren dari pantai timur. Kamu bisa menjelajahi bukit karang yang besar dari ujung ke ujung lho. Walaupun tebingnya cukup curam, kamu tetap bisa melintasinya dengan berhati-hati sambil menikmati keindahan pantai dari atas bukit.

Cocok banget dijadikan spot foto unik guys.

Lihat Review: 17 Tempat Wisata Magetan Terbaik (Yang Lagi Hits)

2. Lokasi Camping

Lokasi Camping
https://www.instagram.com/widodoae/

Untuk mendapatkan sensasi liburan yang maksimal, camping memang jadi pilihan yang tepat. Pantai ini juga menyediakan lokasi camping yang luas dan dekat dengan spot memancing lho.

Jadi, kamu bisa menikmati pesona pantai ini lebih lama dan pastinya nggak akan ketinggalan momen saat sunrise dan sunset.

Tapi, pastikan sebelumnya kamu sudah melapor ke penduduk sekitar ya. Kalau nggak mau ribet bawa peralatan camping, kamu tinggal menyewanya di tempat penyewaan yang disediakan oleh penduduk sekitar.

Nggak mau susah-susah mancing ikan? Beli saja ikan hasil tangkapan nelayan. Biasanya, para nelayan memancing ikan panjo dan dijual dengan harga 40 ribuan untuk satu ekor ikan sepanjang 60 cm.

3. Spot Sunset Eksotis

menikmati Spot Sunset Eksotis
https://www.instagram.com/pacitan_paradise/

Salah satu spot favorit wisatawan adalah spot sunset atau matahari terbenam yang berada di pantai sebelah barat.

Kamu bisa memanjakan mata dengan pemandangan matahari terbenam yang eksotis dan memukau dari anjungan kecil yang ada di pantai barat ini.

Semburat warna oranye kemerahan di langit yang diiringi hembusan angin dan desiran ombak ini akan membuat siapapun betah berlama-lama menikmatinya. Jangan lupa abadikan momen yang satu ini juga ya!

4. Sumber Air Tawar

Sumber Air Tawar
https://www.instagram.com/diidikk_l/

Selain keindahan pantai dan bukit karang, ternyata pantai ini juga punya pesona yang beda dari lainnya lho. Saat pantai lain biasanya identik dengan air asinnya yang melimpah, siapa sangka pantai ini justru menyimpan sumber air tawar.

Sayangnya, keunikan mata air tawar ini nggak banyak diketahui wisatawan. Itu karena adanya anggapan dari masyarakat sekitar bahwa mata air tawar ini angker.

Padahal sumber air tawar ini sangat berguna bagi para wisatawan yang ingin camping di pantai untuk sekedar cuci muka atau membersihkan diri.

5. Aktifitas Air (Berenang, Diving, Surfing)

Aktifitas Air (Berenang, Diving, Surfing)
https://www.instagram.com/marsudi1995/

Buat kamu yang hobi dengan aktifitas bahari, pantai yang satu ini bisa jadi pilihan yang tepat untuk berenang, diving, hingga surfing. Air lautnya yang jernih dan menyegarkan memang cocok untuk memuaskan keinginan bermain air.

Tapi, kamu perlu membawa peralatan renang dan selancar sendiri ya. Karena, belum ada tempat penyewaan khusus di pantai ini. Selain itu, tetap waspadalah jika ombak besar tiba-tiba datang, karena pantai ini juga belum dilengkapi dengan pos penjaga pantai.

Baca Rekomendasi: 11 Destinasi Wisata Pacet Mojokerto (Yang Wajib Dicoba)

Wisata Dekat Pantai Srau

Sudah jauh-jauh datang ke Pacitan, rugi rasanya kalau cuma mengunjungi satu wisata pantai saja. Pasalnya, Kota Seribu Goa ini memiliki beragam obyek wisata menarik yang patut dikunjungi guys. Berikut beberapa obyek wisata yang dekat dengan Srau:

1. Pantai Watu karung

Pantai Watu karung
https://www.instagram.com/aanseftiyan/

Pantai Watukarung ini cuma berjarak sekitar 3 km dari Srau. Pantai ini cukup istimewa, karena dikelilingi bukit-bukit karang dan sabana hijau. Air lautnya bersih nan jernih, dan ombaknya cukup besar.

Nggak heran pantai di Dusun Pringkuku ini jadi destinasi favorit wisatawan asing untuk sekedar berjemur maupun bermain surfing.

2. Pantai Kasap

Pantai Kasap
https://www.instagram.com/hbbwibowo/

Pantai Kasap berada di dekat Pantai Watukarung dan tentunya juga dekat dengan Srau. Uniknya, pantai ini disebut-sebut sebagai Raja Ampat-nya Jawa Timur lho. Hal ini tidak lain karena Pantai Kasap terdiri dari gugusan pulau yang memukau bak Raja Ampat.

Cocok buat kamu yang budget traveller dan ingin merasakan sensasi liburan di Raja Ampat tanpa perlu membuat dompet menangis.

Baca Selengkapnya: Air terjun Sedudo, Wisata Sarat Mitos di Nganjuk

3. Pantai Klayar

Pantai Klayar
https://www.instagram.com/sintiarani02/

Berjarak sekitar 6 km dari Srau, Pantai Klayar ini memang sudah cukup terkenal. Tebingnya memiliki kontur yang unik seperti cekungan di bagian bawah sehingga membuat ombak yang datang menyembur ke atas.

Tips Berkunjung ke Pantai Srau

Mau liburan ke Pantai Srau dengan aman dan nyaman? Lebih baik simak dulu tips berkunjung ke pantai ini ya.

Supaya liburanmu lebih nyaman dan menyenangkan. Berikut beberapa tipsnya:

  1. Bawalah topi dan kacamata hitam, serta gunakan sunblock untuk mencegah kulit terbakar oleh panasnya matahari.
  2. Kalau mau berhemat, siapkan makanan dan minuman ringan sendiri dari rumah.
  3. Hindari menggunakan pakaian berwarna gelap dan sepatu kets, cukup memakai sandal.
  4. Bawalah kotak P3K dan obat-obatan pribadi kalau mau camping.
  5. Bawalah waterproof case HP dan power bank.
  6. Tetaplah waspada dan berhati-hati saat bermain air atau menaiki bukit karang, karena lokasi pantai ini agak terpencil dan belum dilengkapi pos pengaman pantai.

Baca Juga: 5 Daya Tarik Benteng Pendem Ngawi (Bersejarah dan Penuh Misteri)

Nah, itulah review penulis tentang salah satu wisata pantai di Pacitan Jawa Timur. 3 Zona pantai yang berbeda ini akan memanjakan mata dengan keindahannya yang mempesona. Berbagai aktifitas seru seperti berenang, snorkeling, hingga camping juga patut untuk dicoba.

Cocok banget nih buat kamu yang butuh rekomendasi wisata pantai eksotis dan murah meriah untuk liburan bersama keluarga atau sahabat. Tunggu apalagi, segera rencanakan liburanmu ke Pantai Srau ini guys!

0
Jessica Susanti
Jessica Susanti Jalan-jalan sambil nyari makan

Pantai Siung

Jessica Susanti Jessica Susanti
6 min read

Pulau Samalona

Jessica Susanti Jessica Susanti
6 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *