Jessica Susanti Jalan-jalan sambil nyari makan

Pantai Suluban

7 min read

pantai suluban

Siapapun pasti tahu kalau Bali adalah surganya wisata alam. Pantai Kuta, Pandawa, Jimbaran atau Dreamland adalah destinasi wisata pantai di Pulau Dewata yang sudah akrab di telinga kita. Nah, gimana dengan Pantai Suluban yang dijuluki sebagai Blue Point Beach Uluwatu ini?

Walaupun nggak setenar pantai-pantai lainnya, pantai ini menyuguhkan keindahan alam eksotis yang patut di acungi jempol lho. Pantai ini identik dengan ombak yang besar, batu-batu karang, serta hamparan pasir putih nan bersih.

Nggak jarang wisatawan lokal hingga mancanegara memanfaatkan ombak besar itu untuk surfing. Bahkan, kamu juga bisa berjemur di atas hamparan pasir, menikmati keindahan sunset-nya yang luar biasa dan melakukan kegiatan seru lainnya guys.

Penasaran dengan keistimewaan pantai yang satu ini? Nah beruntungnya, kali ini penulis akan mereview sekilas tentang pantai ini, info lokasi, rute, hingga spot-spot unik yang ada. Tunggu apalagi, yuk simak reviewnya sampai selesai!

Sekilas Sejarah Tentang Pantai Suluban

Pantai yang dikenal dengan ombak terbaiknya ini ternyata punya asal usul penamaan lho. Kata Suluban sendiri berasal dari bahasa Bali yaitu ‘Mesulub’ yang bermakna berjalan melewati sesuatu di atas kepala manusia.

Penamaan itu tentu saja bukan tanpa suatu alasan. Pemberian nama itu berkaitan dengan adanya 2 tebing karang besar menyerupai terowongan yang harus kamu lewati untuk sampai di bibir pantai.

Karena wisatawan harus berjalan melewati bawah tebing karang itulah asal mulanya pantai ini dinamai dengan Suluban. Tebing berbentuk terowongan ini memberikan kesan unik seakan ada pantai tersembunyi di balik tebing karang yang jarang kamu temukan di pantai lain.

Selain itu, pantai ini juga dikenal oleh wisatawan mancanegara sebagai Blue Point Beach Uluwatu. Kamu nggak perlu bingung guys, karena sebenarnya nama Suluban dan sebutan Blue Point Beach menunjuk pada satu lokasi pantai yang sama.

Julukan Blue Point Beach Uluwatu disematkan karena awalnya para wisatawan tidak tahu nama asli pantai ini. Saat mengetahui di atas pantai ada hotel bernama Blue Point, para wisatawan pun menyebutnya dengan nama hotel itu supaya mudah untuk diingat.

Lokasi Pantai Suluban

Secara geografis, pantai ini terletak di bagian selatan Bali. Itulah sebabnya pantai ini terkenal dengan ombaknya yang bagus dan besar.

Lebih tepatnya, pantai ini berlokasi di Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kawasan Uluwatu, Kabupaten Badung, Bali, atau kurang lebih 60 menit perjalanan dari pusat Denpasar.

Jalan Menuju Pantai Suluban

Jarak dari pantai ini ke pusat obyek wisata Bali lumayan jauh. Jadi, agak sulit untuk mencari transportasi umum yang menuju Blue Point Beach Uluwatu ini. Cara ke kawasan pantai ini yang paling mudah adalah menggunakan kendaraan pribadi atau dengan menyewa mobil.

Kamu bisa menyewa mobil tanpa atau dengan supirnya sekaligus. Menempuh perjalanan ke pantai dengan menyewa sepeda motor juga bukan ide yang buruk lho. Kamu justru bisa melihat keindahan alam sepanjang perjalanan dengan leluasa.

Sebagai informasi, ada dua jalan masuk menuju area pantai. Jalur terpopulernya adalah lewat Blue Point Beach yang penulis rekomendasikan kalau kamu datang dari arah Pantai Padang-Padang atau dari Jalan Labuhan Sait.

Sedangkan jalur aslinya, yaitu Jalan Pantai Suluban, lebih cocok buat kamu yang datang dari arah Uluwatu. Inilah beberapa rute menuju lokasi pantai yang bisa kamu tempuh:

  1. Jika dari Bandara Ngurah Rai, ambillah jalur By Pass Ngurah Rai, Jalan Raya Uluwatu, di bundaran ambil jalur kedua supaya tetap di jalan ini, lalu Jalan Raya Uluwatu Pecatu, Jalan Pantai Suluban, hingga tiba di lokasi pantai.
  2. Jika dari Pantai Jimbaran, ambillah rute melewati Jalan Pemelisan Agung, Jalan Pantai Jimbaran, Jalan Raya Uluwatu, lalu teruskan perjalanan seperti rute sebelumnya.
  3. Jika dari pantai Kuta, ambillah rute Jalan Pantai Kuta, Jalan Melasti, Jalan Sriwijaya, lalu belok ke arah kiri menuju Jalan Patih Jelantik, ambil arah kanan ke Jalan Majapahit, Jalan Blambangan, Jalan Ken Dedes, Jalan By Pass Ngurah Rai, teruskan seperti rute sebelumnya.
  4. Jika dari Kota Denpasar, lewatlah Jalan Pulau Seram, Jalan Teuku Umar, Jalan Pulau Bantata, Jalan Taman Pancing, Jalan Sunset Road, Jalan By Pass Ngurah Rai, lanjutkan seperti rute sebelumnya.
  5. Jika dari Pelabuhan Gilimanuk, ambil rute lewat Jl. Raya Denpasar-Gilimanuk, di perempatan ke-3 ambil arah kanan, Jl. Kalayang Sudimara, Jl. By Pass Tanah Lot, Jl. Raya Canggu, Jl. Raya Kerobokan, Jl. Sunset Road, Jl. By Pass Ngurah Rai dan seterusnya.
  6. Jika dari Gianyar, lewatlah Jl. Mangku Giweng, Jl. Prof Ida Bagus Mantra, Jl. By Pass Ngurah Rai, dan seterusnya.
  7. Jika dari Nusa Dua Beach, ambillah jalur lewat Jl. Nusa Dua Selatan, Jl. Alas Arum, Jl. Bali Cliff, Jl. Toya Ning II, Jl. Raya Uluwatu Pecatu dan seterusnya hingga sampai ke lokasi pantai.

Kalau mau cara yang lebih mudah, manfaatkan saja jasa tour and travel wisata Bali. Kamu bisa memilih paket wisata yang sesuai dengan budget dan fasilitas yang didapatkan. Paket wisata ini bisa jadi pilihan tepat buat kamu yang liburan bareng rombongan keluarga atau teman.

Tiket Masuk Pantai Suluban

Asyiknya, sama seperti kebanyakan pantai Bali yang lain, kamu nggak akan dikenai biaya tiket untuk masuk ke kawasan Blue Point Beach Uluwatu ini lho.

Cukup dengan membayar biaya parkir sebesar 5.000 rupiah untuk sepeda motor dan 15.000 rupiah untuk mobil, kamu sudah bisa memasuki kawasan pantai ini dan menikmati keindahan alamnya yang menakjubkan.

Jam Buka Pantai Suluban

Pantai ini terbuka untuk umum setiap hari mulai Senin sampai Minggu, dengan jam buka selama 24 jam penuh. Jadi, kamu bisa bebas mengunjungi kawasan pantai ini sepanjang hari tanpa perlu memikirkan jam bukanya.

Fasilitas Di Pantai Suluban

Karena lokasinya cukup mudah dijangkau, nggak heran kalau wisata pantai yang satu ini sudah menyediakan berbagai fasilitas lengkap untuk para pengunjungnya. Beberapa fasilitas yang bisa kamu nikmati diantaranya:

1. Penginapan yang Nyaman

Penginapan yang Nyaman

Kabar baik buat kamu yang berencana menginap di pantai ini! Karena pantai ini menyediakan berbagai pilihan hotel dan penginapan yang nyaman. Kamu juga bisa menyesuaikan fasilitas penginapan dengan budget yang kamu punya lo.

Salah satu hotel terkenal di pantai ini tidak lain adalah Blue Point Villa yang tidak hanya menyediakan tempat beristirahat, tapi juga memanjakan mata dengan pemandangan pantai di bawahnya.

Jelajahi Juga: Keindahan dan Keunikan Pantai Lovina Bali

2. Café dan Resto di Sekitar Pantai

Café dan Resto di Sekitar Pantai

Setelah menempuh perjalanan jauh untuk sampai ke lokasi pantai, mampir saja di resto atau café yang ada di pantai ini untuk mengisi tenaga.

Uniknya, berbagai resto dan café ini berada di atas tebing pantai guys. Jadi kamu bisa menikmati santapan lezat sambil melihat keindahan pantai yang mempesona. Tiap restoran juga menyajikan berbagai menu makanan mulai dari yang khas Indonesia, Bali, hingga makanan internasional.

3. Tempat Penyewaan Peralatan Surfing

Tempat Penyewaan Peralatan Surfing

Ombak besar di pantai ini memang paling asyik buat berselancar. Nggak mau ribet bawa peralatan surfing sendiri? Sewa saja alat-alatnya di tempat penyewaan yang tersedia di sini. Biaya sewanya juga cukup terjangkau kok.

Kalau mau sekalian dijadikan kenang-kenangan, ada juga beberapa toko di sekitar pantai yang menjual peralatan surfing lo.

4. Toko Souvenir

Toko Souvenir

Jauh-jauh datang liburan ke Bali nggak lengkap kalau belum belanja oleh-oleh untuk keluarga atau sahabat-sahabatmu di rumah. Tapi tenang saja guys, kamu juga bisa beli oleh-oleh dan souvenir khas Bali di jajaran toko souvenir yang ada di sekitar pantai ini.

Walaupun kios-kiosnya berada di kawasan wisata pantai, kamu masih bisa menawar harganya kok.

5. Area Parkir yang Luas

Area Parkir yang Luas

Buat kamu yang datang menggunakan kendaraan pribadi nggak perlu khawatir. Pasalnya, tempat parkir di pantai ini cukup luas, aman dan nyaman. Selain itu, biaya parkirnya juga masih terjangkau.

Jadi, kamu bisa menikmati liburan dengan tenang dan memuaskan.

Asyiknya Liburan di: Danau Beratan, Danau Eksotis yang Berada di Bedugul

Daya Tarik dan Aktifitas Seru Di Pantai Suluban

Kawasan wisata nan indah ini nggak cuma punya pemandangan pantai yang mempesona, tapi juga spot-spot unik sebagai daya tarik tersendiri guys. Selain itu kamu juga bisa melakukan beragam aktifitas seru dan menyenangkan di pantai ini. Diantaranya yaitu:

1. Bersantai di Dalam Gua

Bersantai di Dalam Gua
https://www.instagram.com/moritzrichy/

Sebagian bebatuan karang di sekitar pantai ini berbentuk bukaan layaknya gua kecil. Spot ini cukup nyaman untuk beristirahat dan bersantai sejenak.

Lebih asyik lagi kalau kamu bisa menelusuri gua-gua kecil ini saat ombaknya nggak besar. Jadi, kamu bisa menjelajahi banyak spot unik dan jalan berpasir yang mudah diakses.

2. Menikmati Keindahan Tebing Karang

Menikmati Keindahan Tebing Karang
https://www.instagram.com/saya_erna/

Keistimewaan tebing karang di Blue Point Beach ini sudah bukan rahasia lagi. Tebing karang yang menjulang tinggi ini berada di bagian tengah sebelum bertemu bibir pantai, seakan menyambut kedatangan para wisatawan.

Nggak jarang lo yang memanfaatkan tebing-tebing tinggi ini sebagai pelindung dari panas terik matahari. Spot favorit yang satu ini juga patut diabadikan sebagai background foto kamu guys. Dijamin instagramable banget deh!

3. Spot Sunset dan Sunrise yang Menggoda

Spot Sunset dan Sunrise
https://www.instagram.com/njoph/

Kalau suka suasana sepi, waktu terbaik untuk ke pantai ini adalah pagi hari. Tapi, pemandangan teristimewa dari pantai ini ada saat matahari terbenam. Apalagi kalau kamu menikmati sunset ini dari atas tebing, keindahannya benar-benar tiada duanya.

Yang menjadikan momen sunset di pantai ini begitu menggoda adalah karena matahari akan terbenam ke celah bebatuan karang. Semburat cahaya oranye-nya akan terpecah dengan menerobos celah karang dan menciptakan pemandangan berbeda dari yang lainnya

4. Surga Untuk Berselancar/Surfing

keseruan Surga Untuk Berselancar Surfing
https://www.instagram.com/jakewarr/

Ombak pantai yang cukup besar dan kuat ini jadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan khususnya dari mancanegara. Pasalnya buat para bule, pantai ini adalah surganya berselancar lo. Jadi kamu juga akan terhibur dengan atraksi selancar para surfer.

Aktifitas selancar di sini cuma direkomendasikan untuk para peselancar tingkat lanjut hingga profesional. Kalau kamu pemula, sebaiknya jangan keburu nekat mencobanya ya, mengingat besarnya gulungan ombak juga bisa berbahaya.

Buat kamu yang hobi berselancar pun nggak perlu khawatir, pasalnya penjaga pantai selalu berjaga di atas menara setiap saat untuk mengawasi besarnya ombak beserta para peselancar.

Selain itu, kamu harus tetap berhati-hati dengan ombak besar walaupun nggak berselancar. Karena ombak itu bisa menerjang gua kapan saja.

Lihat Juga: Pantai Balangan, Sunset Spektakuler Dari Atas Tebing di Bali

5. Perajin Tenun

Perajin Tenun

Nggak cuma terkenal akan panorama alamnya yang menakjubkan, warga lokal di sekitar pantai ini ternyata juga pandai menenun kain tradisional Bali guys. Dalam perjalanan menuju pantai, kamu bisa bertemu dengan warga yang lagi asyik menenun sambil bercengkerama di gubuk.

Kamu bisa menyapa mereka dan berbincang-bincang mengenai pesona alam Blue Point Beach ini. Mereka pun akan menanggapimu dengan ramah dan senang hati.

Sebelum pulang, nggak ada salahnya juga beli kain tradisional Bali tenunan mereka untuk di bawa pulang sebagai oleh-oleh. Bahkan, aneka souvenir dan aksesoris cantik seperti topi, gelang hingga kalung juga tersedia lo.

6. Café-Café Unik di Pinggir Pantai

Café-Café Unik di Pinggir Pantai
https://www.instagram.com/xmonstermayax/

Café-café di sekitar pantai ini cukup unik, karena tempatnya yang berada di atas tebing karang. Spot ini cocok banget kalau kamu malas turun ke bawah dan ingin menikmati keindahan pantai dari atas tebing sambil menyantap snack ringan.

Kalau sudah mampir ke café ini, jangan lupa tunggu sampai matahari terbenam ya. Pasalnya, café-café di sini punya spot terbaik untuk menyaksikan momen sunset lo. Wajib banget mengabadikan momen yang satu ini guys!

Wisata Dekat Pantai Suluban

Asyiknya lagi, lokasi pantai yang satu ini dekat dengan berbagai destinasi wisata lain lho. Jadi kamu bisa sekalian menjelajahi obyek wisata seru lainnya dengan mudah. Beberapa obyek wisata dekat pantai ini yang bisa kamu kunjungi adalah:

  1. Garuda Wisnu Kencana
  2. Pantai Dreamland
  3. Pantai Padang-Padang
  4. Pantai Balangan
  5. Obyek wisata Uluwatu

Semua wisata keren itu cuma berjarak sekitar 10 km saja dari pantai ini guys.

Tips Wisata Ke Pantai Suluban

Untuk mendapatkan pengalaman ke Pantai Suluban yang berkesan dan memuaskan, sebaiknya perhatikan dulu beberapa tips wisata berikut ini:

  1. Pantai ini kurang cocok buat kamu yang ingin berwisata bersama anak-anak. Karena ombak pantai cukup besar dan bisa saja membahayakan anak-anak.
  2. Kalau mau berburu momen sunset, masuklah dari arah Blue Point. Kamu bisa menikmati keindahan matahari terbenam dari café-café yang ada di sekitarnya.
  3. Kalau nggak mau melihat sunset, tapi langsung melanjutkan perjalanan menuju Pura Uluwatu untuk menonton persembahan Tari Kecak, masuk saja dari pintu yang satunya supaya lebih dekat.
  4. Kalau mau melihat para peselancar bermain di atas gulungan ombak, datanglah setelah jam 12 siang.
  5. Musim terbaik untuk berselancar adalah Bulan April hingga Agustus, karena angin yang bertiup dari timur ke barat menciptakan gelombang sempurna.

Baca Juga: Pantai Dreamland, Spot Sunset Paling Menawan di Bali

Itu tadi sekilas review penulis tentang pesona salah satu pantai di Bali yang disebut-sebut sebagai Blue Point Beach Uluwatu. Pantai ini menawarkan pesona berbeda dari yang lainnya dimana ada terowongan batu karang sebelum memasuki bibir pantai dan gulungan ombak besar.

Pantai ini sering di datangi para wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk surfing atau sekedar menikmati keindahan sunset-nya yang mempesona. Yakin nggak pengen liburan ke Pantai Suluban? Dijamin nagih deh!

0 / 5. Vote count: 0

0
Jessica Susanti
Jessica Susanti Jalan-jalan sambil nyari makan

Situ Gunung

Jessica Susanti Jessica Susanti
7 min read

Pantai Srau

Jessica Susanti Jessica Susanti
5 min read

Pantai Siung

Jessica Susanti Jessica Susanti
6 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *