Pantai Suwuk

5 min read

Nama Pantai Suwuk sedikit asing di telingamu? Masih termasuk jajaran pantai selatan, pantai di Kebumen Jawa Tengah ini dikelilingi oleh 3 deretan bukit hijau nan indah. Hamparan pasir yang coklat kehitaman justru memberikan kesan eksotis dan elegan.

Walaupun nggak bisa dibandingkan dengan keindahan pantai-pantai di Bali, tapi siapa sangka pantai ini juga punya sejarah dan daya tarik tersendiri yang patut dijelajahi.

Bahkan berbagai aktivitas seru juga bisa kamu lakukan lo di pantai ini. Nggak jarang wisatawan yang datang berlibur ke pantai ini mengajak rombongan keluarga atau teman-temannya.

Penasaran sama keunikan dan keindahan wisata pantai yang satu ini? Untungnya, kali ini penulis sudah menyiapkan ulasan khusus mengenai info sejarah, lokasi, rute, harga tiket masuk hingga spot-spot menarik dan aktivitas seru yang bisa dilakukan di pantai ini. Yuk simak sampai habis!

Sejarah dan Mitos Pantai Suwuk

Seperti cerita pantai-pantai lainnya, pantai ini juga menyimpan mitos dan sejarah tersendiri lo guys. Berbicara mengenai mitos, tentu kamu sudah bisa menebak misteri apa yang berhubungan dengan laut selatan.

Yap, pantai ini berkaitan dengan mitos Nyi Roro Kidul sang penguasa laut selatan. Pasalnya, sering terjadi kecelakaan tragis hingga mengorbankan nyawa yang konon disebabkan oleh hal-hal diluar nalar manusia.

Bahkan pantai ini juga nggak lepas dari peristiwa tsunami di tahun 2016. Walaupun nggak terlalu parah, tapi cukup membuat area bibir pantai yang tadinya kering dan bersih jadi sangat kotor.

Lokasi Pantai Suwuk

Pantai ini berlokasi di Desa Suwuk, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah. Pantai ini berjarak 50 km dari pusat Kota Kebumen dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam.

Sedangkan dari Kota Gembong lebih dekat, karena hanya berjarak 22 km ke arah selatan dengan waktu tempuh sekitar 35 menit. Selain itu, pantai ini juga bersebelahan dengan Pantai Karang Bolong lo.

Jalan Menuju Pantai Suwuk

Lokasi pantai ini tergolong mudah ditemukan dan akses jalannya cukup bagus. Kamu juga bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun umum untuk mencapai lokasi pantai. Jadi kamu nggak akan kesulitan untuk menuju pantai ini.

Berikut beberapa rute yang bisa kamu tempuh menuju pantai :

1. Jika dari Yogyakarta, ambillah jalur selatan atau Jalan Daendels menuju Cilacap. Ikuti arahan papan petunjuk hingga sampai ke lokasi pantai.
2. Jika dari Gombong, langsung ambillah jalur menuju pantai dan kalau nggak macet, kamu bisa tiba di sana dalam 35 menit saja.
3. Jika menggunakan transportasi umum, turunlah di terminal Kebumen lalu naiklah angkutan umum atau bus kecil menuju Kecamatan Puring. Sesampainya di Puring, kamu bisa naik ojek untuk mengantarmu ke lokasi pantai.

Tiket Masuk Pantai Suwuk

Kabar baiknya buat kamu yang mau liburan kesini, nggak perlu menghabiskan isi dompetmu lho untuk masuk ke area pantai guys. Pasalnya, dengan tarif mulai 2.500 rupiah aja, kamu sudah bisa menikmati keindahan pantai ini. Cukup terjangkau kan?

Berikut rincian harga tiket masuk dan biaya tambahan untuk beberapa opsi fasilitas yang tersedia:

1. Harga tiket masuk dewasa : Rp 4.500,- per orang
2. Harga tiket masuk anak : Rp 2.500,- per anak
3. Sewa ATV dan Offroad : Rp 50.000,- per jam
4. Masuk kabin pesawat : Rp 15.000,-
5. Sewa kuda : Rp 10.000,- per anak
6. Kolam renang : Rp 5.000,-

Baca Rekomendasi: Pesona Pantai Menganti Kebumen yang Keren

Jam Buka Pantai Suwuk

Selain harga tiket masuknya relatif murah, kamu juga bisa datang berkunjung dan menikmati pantai ini sepuas-puasnya lo. Pasalnya, pantai ini nggak punya ketentuan jam buka khusus yang berarti bisa kamu kunjungi setiap hari, Senin sampai Minggu selama 24 jam guys.

Fasilitas di Pantai Suwuk

Saat sudah memasuki kawasan pantai ini, kamu juga akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas yang nyaman dan lengkap lo. Beberapa diantaranya adalah:

1. Area parkir
2. Masjid
3. Kamar mandi dan toilet
4. Warung makanan dan minuman
5. Toko souvenir dan oleh-oleh
6. Wahana permainan
7. Kolam renang anak-anak
8. Wahana replika pesawat Garuda Boeing 737

Daya Tarik dan Aktivitas Seru di Pantai Suwuk

Nggak perlu takut bosan saat liburan di pantai ini, guys. Pasalnya, ada berbagai spot yang jadi daya tarik tersendiri dan aktivitas-aktivitas seru untuk kamu lakukan di sini. Penasaran apa aja daya tarik dan aktivitas seru di pantai ini? Yuk simak sampai habis:

1. Jalur Alternatif ke Pantai Karang Bolong

Jalur Alternatif dari Pantai Suwuk ke Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong juga termasuk salah satu wisata populer di Kebumen yang bersebelahan dengan Suwuk. Saking dekatnya, bahkan Pantai Suwuk ini bisa jadi jalur alternatif menuju Karang Bolong lho.

Cukup berjalan kaki selama 5 menit saja, kamu pun akan disambut oleh keindahan pantai dengan bebatuan karang yang unik. Kalau malas berjalan kaki, kamu bisa memanfaatkan jasa antar menggunakan perahu guys. Asyik banget kan?

2. Muara Sungai Telomoyo

Sungai Telomoyo yang ada di sebelah barat pantai ini bermuara di Pantai Suwuk dan sekaligus memisahkannya dengan Pantai Karang Bolong. Kalau mau menyusuri sungai ini dengan menaiki perahu, kamu cukup mengeluarkan biaya sebesar Rp 25.000,- aja.

Asyiknya lagi, dari atas perahu kamu bisa memancing aneka jenis ikan air tawar yang berkeliaran di sungai Telomoyo guys. Hutan Nipah yang kamu lewati di sepanjang perjalanan juga akan memanjakan mata dengan keasrian dan kesejukannya lho.

3. Pesona 3 Bukit

Nggak cuma menyuguhkan pesona pantai yang eksotis, 3 bukit besar nan kokoh juga berjajar di sekitar pantai guys. Kalau kebanyakan bukit yang ada di pantai lain adalah karang, lain halnya di sini yang berupa bukit kapur dan subur.

Warna bukit yang kehijauan benar-benar menyegarkan dan membentuk frame pantai yang sempurna!

Baca Review: 9 Daya Tarik Klenteng Sam Poo Kong

4. Wahana Pesawat Garuda Boeing 737

Salah satu spot unik dan mencolok dari pantai ini adalah bangunan Pesawat Garuda Boeing 737 yang ada di dekat wahana permainan anak-anak.

Walaupun terlihat asli, tapi pesawat ini bukan bangkai pesawat asli ya guys. Melainkan replika pesawat yang sengaja dibuat sebagai wahana edukasi dan rekreasi anak-anak.

Spot ini cocok banget untuk dijadikan background foto yang menarik. Bahkan anak-anak boleh masuk ke dalam kabin pilot dan co-pilot yang ada di dalamnya dengan membayar tiket terpisah guys.

5. Spot ATV dan Offroad

Eksotisnya pasir pantai yang hitam kecoklatan ini nggak cuma bisa digunakan untuk bersantai aja lo. Coba saja permainan menantang seperti naik ATV atau Offroad untuk mengelilingi area pantai yang sangat luas ini.

Dengan tarif 50.000 rupiah per jamnya, kamu bisa menjelajahi area pantai dengan cara yang lebih seru dan menyenangkan. Jangan lupa abadikan momen keseruanmu lewat foto ya!

6. Spot Olahraga

Selain bermain air dan naik ATV, pantai ini juga cocok lo jadi spot olahraga seperti voli pantai dan permainan bola lainnya. Kegiatan ini akan lebih seru lagi kalau dilakukan bareng keluarga atau rombongan sahabatmu guys.

Selain itu, olahraga di pinggir pantai yang ditemani debur ombak serta hembusan angin sepoi-sepoi juga akan memberikan kesan tersendiri.

7. Wahana Permainan Anak dan Outbond

Wahana lain yang nggak kalah seru adalah spot permainan anak-anak, outbond, hingga kebun binatang mini guys. Wahana permainan sederhana dan outbond di sini cukup aman untuk anak-anak. Beberapa jenis satwa jinak juga bisa dilihat langsung lo.

Jadi, kawasan pantai ini juga cocok untuk keluarga dan wisata edukasi anak-anak.

Wisata Dekat Pantai Suwuk

Untuk melengkapi pengalaman wisata yang maksimal, nggak ada salahnya lo mengunjungi beberapa obyek wisata lain di dekat Suwuk. Berikut beberapa destinasi wisata terdekat yang penulis rekomendasikan:

1. Pantai Karang Bolong

Salah satu pantai terpopuler di Kebumen ini cuma berjarak 5 menit lo dari Suwuk. Pantai Karang Bolong menyuguhkan pesona bebatuan karang berlubang yang unik. Pemandangan ini cocok banget dijadikan spot foto eksotis yang beda dari lainnya.

Selain itu, kamu juga bisa bermain air dan berenang dengan aman di pantai ini hingga mendaki bukit karang di sekitarnya. Bahkan kamu juga bisa menyusuri pantai dengan Banana Boat atau perahu lo.

Baca Selengkapnya: Umbul Sidomukti, Wisata Menarik Dengan Panorama Exotic

2. Pantai Watu Bule

Walaupun Pantai Watu Bule masih tergolong baru, tapi kamu nggak boleh melewatkan pesonanya yang menawan guys.

Pasalnya pantai yang berjarak sekitar 15 menit dari Suwuk ini menyuguhkan keindahan pantai dengan berbagai wahana menarik. Pantai ini memiliki air laut yang biru nan masih jernih serta dikelilingi oleh jajaran bukit dan tebing tinggi.

Di sekitar pantai, kamu bisa menikmati aneka wahana dan spot foto unik yang dibuat mirip seperti Kapal Titanic, Rumah Pohon, Jembatan Segitiga, hingga Eiffel. Kerennya lagi, spot-spot ini langsung menghadap laut lo.

Penginapan Dekat Pantai Suwuk

Walaupun pantai ini belum menyediakan fasilitas penginapan sendiri, tapi nggak perlu khawatir kalau berencana menginap guys. Kamu bisa memanfaatkan fasilitas hotel yang ada di Kebumen tak jauh dari lokasi pantai. Diantaranya adalah:

1. RedDoorz near Goa Jatijajar

RedDoorz near Goa Jatijajar berjarak sekitar 20 km dari Suwuk dan beralamat di Jl. Jatijajar, Nusatutub Timur, Jatijajar, Ayah, Kec. Kebumen. Tarif per malamnya juga cukup terjangkau lo, yaitu mulai 180.000 rupiah saja.

Berbagai fasilitas yang nyaman juga tersedia seperti Wi-Fi gratis, AC, area parkir, dan lain sebagainya.

2. Hotel Wisma CK

Penginapan lain yang bisa kamu pilih adalah Hotel Wisma CK. Penginapan ini berjarak sekitar 35 km dan beralamat di Jl. Cincin Kota no.8 Megabiru, Karangsari, Kec. Kebumen.

Walaupun sedikit lebih jauh, tapi kamu bisa mendapat tarif yang lebih murah, yaitu mulai 125.000 rupiah per malam. Fasilitas yang ditawarkan pun cukup lengkap dan nyaman lo, seperti area parkir, Wi-Fi gratis, layanan kamar 24 jam, AC, hingga layanan laundry.

Tips Berkunjung ke Pantai Suwuk

Sebelum liburan ke pantai ini, simak dulu deh tips berkunjung dari penulis berikut ini supaya perjalananmu jadi lebih terencana, aman dan nyaman. Kamu juga bisa mengantisipasi beberapa hal supaya nggak terganggu oleh kendala-kendala ringan.

1. Pakailah sunblock, topi dan kacamata hitam supaya kulit nggak terbakar panasnya matahari.
2. Hindari berenang atau bermain air terlalu ke jauh, karena ombak di pantai ini cukup besar dan bahkan pernah menelan korban.
3. Nggak disarankan untuk mandi atau berenang di Sungai Telomoyo.
4. Pastikan anak-anak berada dalam pengawasan orang tua saat bermain air.
5. Jagalah kebersihan dan kelestarian pantai dengan membuang sampah pada tempatnya.

Baca Juga: Daya Tarik Waduk Jatibarang yang Sangat Menawan

Itulah tadi sekilas pemaparan penulis tentang info sejarah, lokasi, rute, harga tiket masuk hingga berbagai spot dan aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan di pantai ini. Wisata pantai di Kebumen ini cocok banget dijadikan destinasi liburan bersama keluarga maupun teman.

Oiya, Pantai Suwuk dan Karang Bolong juga bersebelahan lo. Jadi nggak ada salahnya mampir kesana setelah dari Suwuk. Sekali perjalanan dua pantai pun terlampaui deh. Yuk rencanakan liburanmu dari sekarang!

0

Pulau Maratua

Zuhrufi
7 min read

Sentul Paradise Park

Zuhrufi
7 min read

Tempat Wisata Di Probolinggo

Zuhrufi
6 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *