Pantai Ujung Genteng

9 min read

Pantai Ujung Genteng

Pesonanya yang cantik dan memikat memang membuat Pantai Ujung Genteng menjadi destinasi favorit yang tidak pernah lekang oleh waktu. Tidak heran, banyak pengunjung yang tidak puas hanya datang sekali untuk menikmati keindahan Pantai Ujung Genteng.

Di mata masyarakat lokal, Pantai Ujung Genteng yang ada di Jawa Barat sebenarnya terkenal angker dan menyimpan misteri di dalamnya.

Tapi kamu tidak usah. Tempat wisata ini aman untuk dikunjungi kok bersama teman-teman ataupun keluarga. Apalagi, setiap tempat wisata pasti memiliki risiko kalau tidak berhati-hati.

Nah, jika kamu belum pernah sama sekali ke Pantai Ujung Genteng, mari cari tahu bersama-sama serba-serbinya lewat artikel ini yuk.

Lokasi Pantai Ujung Genteng

Pantai Ujung Genteng berada di Kabupaten Sukabumi Provinsi Jawa Barat, atau lebih tepatnya di Ciracap. Posisi pantai ini berada di bagian paling bawah Pulau Jawa.

Kalau kamu ingin tahu lokasi persis Pantai Ujung Genteng, kamu bisa mencarinya di google maps. Di sana kamu bisa mengetahui rute tercepat untuk menuju ke tempat wisata ini jika menggunakan kendaraan pribadi.

Jalan menuju Pantai Ujung Genteng

Jika kamu bukan berasal dari Sukabumi, maka ada dua jalan menuju Pantai Ujung Genteng yang bisa kamu pilih.

Pertama yaitu melalui Jakarta. Jarak dari Jakarta hingga ke lokasi membutuhkan waktu hingga 5 jam. Perjalanan dimulai dari Jakarta menuju Pelabuhan Ratu, lalu dilanjutkan ke Cikembar. Jampang Kulon, Surado dan sampailah ke Pantai Ujung Genteng.

Sementara itu, kamu juga juga bisa menuju ke Pantai Ujung Genteng dari Bandung dan membutuhkan waktu sekitar 6 jam. Dari Bandung perjalanan langsung menuju Sukabumi dan dilanjutkan hingga Jampang Tengah, Jampang Kulon, Surade hingga Pantai Ujung Genteng.

Tiket Masuk Pantai Ujung Genteng

Untuk mendatangi Pantai Ujung Genteng kamu perlu membeli tiket masuk terlebih dahulu. Harga masuk ke sini terjangkau kok hanya Rp10.000 untuk setiap pengunjung. Karena murah, tempat ini memang bisa dijadikan sebagai destinasi wisata keluarga.

Jangan malas membayar tiket ya. Karena dengan membayar tiket masuk ke tempat wisata, kamu sudah membantu untuk menjaga keindahan serta fasilitas di Pantai Ujung Genteng loh.

Fasilitas di Pantai Ujung Genteng

Rasanya tidak mungkin kan kalau ke pantai hanya sebentar saja? Nah, untuk membuat para pengunjung nyaman dan betah berlama-lama, pengelola Pantai Ujung Genteng sudah menyiapkan berbagai macam fasilitas umum yang bisa digunakan.

Pertama, yaitu lahan parkir yang bisa digunakan oleh pengunjung yang membawa kendaraan pribadi. Saat memarkir kendaraan, jangan lupa diingat-ingat ya lokasinya. Agar ketika pulang kamu tidak kerepotan mencari di mana kendaraan kamu.

Kedua yaitu kamar mandi. Fasilitas ini pasti sangat penting bagi kamu yang ingin puas berbasah-basahan di Pantai Ujung Genteng. Sehabis bermain dengan air asin, kamu bisa membersihkan badanmu di sini agar segar kembali.

Selain tempat parkir dan kamar mandi, di sini juga tersedia tempat sholat serta toko yang menjual berbagai macam keperluan. Asik kan?

Daya Tarik di Pantai Ujung Genteng.

Selain keindahan yang tiada duanya, Pantai Ujung Genteng memiliki daya tarik yang beragam. Daya tarik inilah yang membuat pengunjung betah dan jadi tidak mau cepat-cepat pulang.

Kalau kamu penasaran apa saja daya tariknya, kuy baca ulasan di bawah ini.

1. Sensasi berselancar menerjang ombak

Pantai Ujung Genteng Sensasi berselancar menerjang ombak

Pantai Ujung Genteng bisa dikatakan sebagai salah satu destinasi favorit bagi para peselancar. Bagi yang tinggal di Jakarta ataupun sekitar Jawa Barat, mereka tidak perlu jauh-jauh lagi ke Bali.

Tidak hanya itu, Pantai Ujung Genteng juga bisa digunakan oleh para pengujung yang baru mau belajar berselancar. Ombak yang ada di pantai ini dapat dikatakan masih bersahabat bagi para pemula.

Hanya saja, jika kamu memang baru akan belajar carilah instruktur yang bisa memandu kamu dengan baik ya.

Lebih baik lagi jika mereka orang lokal sehingga sudah tahu seluk beluk ombak di sana.

Bagi yang tidak bisa berenang, jangan menyerah dulu. Komunikasikan saja kendala kamu kepada instruktur sebelum mulai belajar. Apalagi, sebenarnya berenang di laut lebih mudah dibandingkan berenang di kolam renang.

2. Perjalanan manis menghirup aroma gula

Perjalanan manis menghirup aroma gula

Salah satu mata pencaharian masyarakat lokal di sini adalah sebagai penyadap nira. Memang, selama perjalanan menuju Pantai Ujung Genteng kamu akan dikelilingi oleh perkebunan kelapa.

Akan banyak para penyadap yang kamu temui di perjalanan. Mereka membawa hasil sadapan dengan menggunakan jeriken yang dipanggul dengan bahunya. Hasil sadapan dari pohon kelapa itu lalu akan dimasak langsung oleh mereka.

Nah, jika kamu menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil saat melewati jalan ini, bukalah sedikit jendela kamu.

Selain bisa merasakan kesegaran lewat angin semilir yang masuk, aroma manis dari gula merah yang sedang diolah pun bisa dihirup dengan nikmat.

3. Pemandangan sore hari yang fantastis

Pemandangan sore hari yang fantastis
https://www.instagram.com/sugihpw/

Jika sudah lelah bermain air dan selesai membersihkan diri, kamu jangan pulang dulu ya dari Pantai Ujung Genteng Ada baiknya kamu duduk-duduk bersantai di pinggir Pantai Ujung Genteng menunggu matahari terbenam sebelum pulang.

Sudah bukan rahasia lagi kalau pemandangan matahari terbenam di sini sangat fantastis. Sehingga banyak orang yang juga menantikannya.

Kamu bisa melihat pemandangan matahari terbenam dari balik laut lepas tanpa ada suatu apapun yang menghalangi pandangan.

Bayangkan saja, warna-warni cahaya sore akan berpadu dengan birunya laut sehingga menampilkan kecantikan yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Ditambah, dengan suara debur ombak sebagai musik latar.

Jika kamu jago menggunakan kamera, momen seperti ini sangat perlu diabadikan. Kamu bisa mengambil foto berupa siluet matahari terbenam ataupun foto lainnya sesuai kreasi kamu.

4. Surganya pecinta ikan laut

surganya pecinta ikan laut

Bagi pencinta kuliner laut, pasti merasakan dong kalau hasil lalu atau misalnya ikan yang ada di perkotaan biasanya sudah tidak segar lagi. Terkadang, rasanya pun juga sudah berbeda meski masih enak dikonsumsi.

Nah bagi yang rindu dengan rasa hasil laut yang masih segar dan asli, bisa banget loh kamu beli di Pantai Ujung Genteng. Setiap pagi, para nelayan akan menjual hasil tangkapan mereka pada malam sebelumnya.

Menariknya lagi, kamu bisa membeli dengan harga murah karena langsung dibeli kepada nelayan. Dengan membeli hasil laut di sini, kamu pun juga jadi membantu perekonomian para nelayan tersebut.

Selain itu, bagi yang ingin membawa ikan ini dalam jumlah yang besar para penjual akan dengan sigap memberikan Styrofoam sebagai tempat penyimpanan agar hasil laut tetap segar.

Simak Review: 25 Tempat Wisata di Bogor Asyik Buat Dijelajahi

Tips berkunjung ke Pantai Ujung Genteng

Terkadang karena tidak tahu secara pasti kondisi tempat wisata, persiapan yang kamu bawa pun jadi kurang. Alhasil perjalanan kamu bisa jadi menyebalkan dan mengurangi kesenangan berwisata.

Supaya perjalanan wisata kamu tetap asik dan seru, baca dulu yuk beberapa tips ini.

1. Siapkan waktu untuk menginap

Siapkan waktu untuk menginap di wisata

Perjalanan menuju ke Pantai Ujung Genteng memang memakan waktu yang lama. Bagi yang menggunakan kendaraan umum, di sana transportasi lokal tidak tersedia 24 jam. Sehingga jika kamu sampai terlalu malam biasanya sudah tidak ada kendaraan umum.

Sementara itu bagi yang membawa kendaraan pribadi, jarak yang ditempuh cukup jauh dan jalanannya kurang bersahabat. Mengemudi di tempat seperti ini tentu perlu ekstra hati-hati sehingga memakan waktu lebih banyak.

Oleh karena itu sebaiknya sih, para pengunjung menginap juga di Pantai Ujung Genteng. Selain bisa beristirahat yang cukup, kesempatan untuk menghabiskan waktu serta melihat matahari terbit dan terbenam di sana pun menjadi lebih banyak.

2. Bawa selalu uang tunai

Bawa selalu uang tunai

Hidup di era digital memang memudahkan kita untuk segala hal, termasuk dalam melakukan pembayaran.

Mau pergi, bisa menggunakan ojek online dan membayar pakai saldo yang sudah ada. Jika mau makan, bisa gesek kartu debit atau menggunakan berbagai macam wallet yang semakin banyak jenisnya.

Tapi, jika kamu ke Pantai Ujung Genteng, bawalah uang tunai dalam jumlah yang cukup ya. Karena harga-harga di sini dapat dikatakan relatif mahal, baik makanan ataupun tranportasi lokal seperti ojek.

Jangan bergantung juga dengan ATM di lokasi tujuan sebab bisa jadi kamu akan kesulitan mencarinya di sana.

Lebih baik jika kamu sudah membawa uang tunai dari awal.

3. Rencanakan jadwal kedatangan

mempersiapkan atau Rencanakan jadwal kedatangan

Sudah jauh-jauh datang, tapi ternyata malah berakhir dengan kekecewaan? Nah bisa jadi karena kamu tidak mengetahui kapan waktu yang tepat untuk berkunjung ke Pantai Ujung Genteng.

Salah satu waktu yang tidak disarankan ke sini adalah saat terjadi kekeringan. Sebab, kamu jadi tidak bisa melihat kecantikan air terjun yang juga ikut kering.

Jika kamu ingin melihat matahari terbenam, pastikan juga agar tidak berlama-lama di sana dan segera pulang sebelum kondisi terlalu gelap.

Rute perjalanan yang kurang bersahabat ditambah cahaya lampu jalan yang belum tersedia memadai dikhawatirkan dapat membahayakan para pengendara kendaraan pribadi. Apalagi buat yang belum terlalu kenal dengan medan jalan.

4. Rutin selalu menggunakan skincare

Rutin selalu menggunakan skincare supaya tidak hitam

Jangan salah ya, skincare itu tidak melulu tentang perawatan bagi perempuan tetapi juga berguna untuk laki-laki.

Pergi jauh-jauh ke pantai, merasakan terik matahari ditambah dengan pasir pantai yang melekat di wajah tentu akan membuat kulit kamu kusam dan kotor.

Jika kamu malas dengan tahapan skincare yang banyak saat bepergian, maka cukup yang basic saja yang kamu lakukan. Misalnya, selalu menggunakan sunblock secara berkala dan membersihkan muka dengan toner serta sabun cuci muka.

Harapannya sih, dengan tetap rutin menggunakan skincare meski bepergian maka saat kamu pulang dari Pantai Ujung Genteng kulit kamu pun akan tetap sehat paripurna seperti sebelum melakukan wisata.

5. Asik bermain boleh tetapi tetap berhati-hati

Asik bermain boleh tetapi tetap berhati-hati
https://www.instagram.com/galihfamallina/

Bermain di Pantai Ujung Genteng memang seru tetapi juga ada risiko yang mengintainya. Salah satunya adalah risiko pengujung yang tenggelam di laut.

Biasanya karena terlalu asik bermain pengunjung tidak sadar dengan adanya ombak yang terlalu tinggi. Belum lagi jika pengujung tersebut terbawa ombak hingga ke tengah laut dan kehabisan tenaga.

Sebaiknya sih jika bermain di pantai jangan sendirian di dalam air. Usahakan beramai-ramai sehingga jika terjadi sesuatu ada yang sadar dan segera menolong.

Terlebih buat yang membawa anak kecil. Cukupkan saja bermain di tepi pantai dan selalu perhatikan gerak-gerik mereka. Jangan pernah lengah sesaat pun tidak mengawasi karena nyawa taruhannya.

Kunjungi Juga: Museum Zoologi Bogor & 20 Koleksi Terbaiknya (Wajib Dikunjungi)

Penginapan di Pantai Ujung Genteng

Karena lokasinya yang cukup jauh memang pengunjung disarankan untuk menginap di sekitar Pantai Ujung Genteng.

Jika kamu memiliki kerabat atau kenalan, mungkin menginap di sana bisa menjadi pilihan. Namun jika tidak, ada banyak penginapan di dekat Pantai Ujung Genteng yang bisa kamu gunakan.

Beberapa rekomendasi tempat penginapan, bisa kamu cek di bawah ini ya.

1. Ocean View Resort Ujung Genteng

Ocean View Resort Ujung Genteng

Hmm mungkin melihat harganya mata kamu akan terbelalak saking kagetnya. Tapi tempat ini memang cantik dan sepadan dengan harganya. Terutama buat kamu yang pergi secara beramai-ramai.

Berlokasi di Kelapa Condong Kabupaten Sukabumi, Ocean View Resort Ujung Genteng, penginapan menawarkan berbagai macam fasilitas. Mulai dari fasilitas umum seperti restoran, wifi, resepsionis 24 jam, dan keamanan yang terjaga.

Fasilitas di kamar juga lengkap ada AC, mesin pembuat teh, dan sebagainya.

Tidak hanya itu saja tetapi penginapan ini juga menawarkan paket tur. Sehingga kamu tidak perlu ribet memutuskan destinasi wisata kamu. Cukup duduk manis dan ikuti jadwal, kamu sudah bisa berwisata dengan nyaman.

2. Turtle Beach Hotel/Turtle Bay

 

Masih di kawasan Kelapa Condong Sukabumi, hotel ini juga salah satu penginapan di dekat Pantai Ujung Genteng yang menjadi favorit pengunjung loh.

Fasilitas yang ditawarkan juga lengkap dan sesuai dengan standar hotel seperti tersedianya TV dan kulkas. Buat vegetarian, hotel ini juga menyediakan menu khusus.

Hal menarik yang ada di hotel ini adalah kamu bisa menggunakan fasilitas olahraga dan rekreasi seperti menaiki kano dan olahraga air lain seperti selancar ataupun menyelam,

Hotel ini sangat dekat dengan Pantai Ujung Genteng yaitu sekitar 300 meter. Jika kamu juga ingin ke tempat penangkaran penyu, jarak dari hotel ke sana tidak sampai 3 kilometer.

3. Hotel Pondok Hexa Seaside

Hotel Pondok Hexa Seaside

Hotel bintang tiga ini juga bisa kamu pertimbangkan untuk menginap jika ke Pantai Ujung Genteng. Penginapan ini sangat dekat dengan pantai tersebut, hanya sekitar 30 meter.

Karena sangat dekat tentu kamu bisa puas bermain di pantai seharian dan tidak perlu menggunakan fasilitas umum untuk membersihkan badan saat selesai bermain.

Jika kamu sedang malas bermain di pantai yang ramai, hotel ini menyediakan pantai privat yang bisa kamu gunakan. Bagi yang membawa anak kecil, di sini juga terdapat taman dan area bermain untuk anak kecil.

Selain dekat dengan Pantai Ujung Genteng, hotel ini juga dekat dengan objek wisata lainnya seperti Pantai Pangumbahan.

4. Penginapan lokal penduduk

Penginapan lokal penduduk yang sederhana

Nah, rekomendasi terakhir untuk penginapan di Pantai Ujung Genteng adalah dengan menginap di rumah penduduk lokal. Pilihan ini cocok banget untuk kamu yang memang suka berhemat demi berjalan-jalan lagi di masa depan.

Banyak penduduk lokal yang menyewakan kamar mereka. Jadi, nanti kamu akan tinggal bersama mereka. Kalau kamu beruntung, siapa tahu kamu bisa merasakan masakan khas ikan yang dimasak langsung oleh mereka.

Dengan menginap di rumah penduduk, jaringan kamu juga akan bertambah. Kamu bisa juga belajar tentang kearifan lokal mereka. Asal tahu saja, Banyak loh yang bisa dipelajari dari masyarakat setempat. Mereka pun biasanya juga sangat senang untuk berbagi cerita.

Baca Juga: 23 Tempat Wisata di Bandung yang Lagi Hits & Wajib dikunjungi

Objek wisata dekat Pantai Ujung Genteng

Kalau kamu ke Sukabumi, Banyak sekali objek wisata yang bisa kamu kunjungi selain Pantai Ujung Genteng.

Tidak kalah menarik, ini dia beberapa tempat wisata yang sangat recommended di dekat Pantai Ujung Genteng.

1. Penangkaran penyu Pangumbahan Ujung Genteng

Penangkaran penyu Pangumbahan Ujung Genteng di jawa barat

Mau melakukan wisata sambil mendapatkan pengalaman yang edukatif? Nah, kamu harus banget datang ke sini.

Di tempat penangkaran ini sudah ada petugas yang akan menjaga pengunjung agar tetap berlaku tertib serta memberikan informasi seputar penyu.

Di sini, kamu bisa melihat penyu yang sedang bertelur. Karena mereka bertelur di malam hari maka suasana pantai pasti akan gelap gulita. Tapi kamu tidak boleh berisik atau menyalakan senter ya karena penyu membutuhkan suasana yang tenang.

Selain itu, kamu juga bisa loh membantu penyu yang sudah menetas untuk kembali ke laut. Secara naluri, mereka akan langsung menuju ke laut dengan tubuhnya yang kecil. Menggemaskan!

2. Pantai Cibuaya

Pantai Cibuaya yang terkenal
https://www.instagram.com/riougen/

Ingin melihat ikan secara langsung di habitat alaminya tanpa snorkeling atau diving? Jika iya, kamu bisa langsung pergi ke Pantai Cibuaya.

Pantai ini memiliki banyak karang-karang di tepiannya, karena karang-karang memiliki celah-celah, banyak ikan yang bisa kamu lihat di sana, Ikan tersebut sebenarnya tidak tinggal di sana, tetapi mereka terdampar akibat ombak.
Selain itu, pantai ini juga dikatakan memiliki pemandangan matahari tenggelam yang sangat memesona. Katanya sih, jika sedang melihat pemandangan tersebut rasa lelah pun jadi menghilang secara mendadak.

3. Pantai Amanda Ratu

daya tarik Pantai Amanda Ratu
https://www.instagram.com/farra.diba/

Lokasi pantai ini ada pada kawasan Desa Purwasedar yang masih berada di Kabupaten Sukabumi.

Banyak orang yang mengatakan bahwa tempat ini sangat indah. Bahkan, Pantai Amanda Ratu juga disebut sebagai versi mini dari Tanah Lot yang ada di Bali.

Bedanya, di sini tidak ada pura yang ada di tengah laut. Sebagai gantinya, terdapat pulau kecil yang sedikit terpisah dari pantai. Ditambah lagi adanya pohon rerimbunan yang membuat tempat ini semakin mirip dengan Tanah Lot.

Pantai ini berada di area sebuah resort mewah di sana. Oleh karena itu, jika kamu ingin ke Pantai Amanda Ratu kamu harus melewati resort tersebut.

4. Curug Cikaso

Curug Cikaso
https://www.instagram.com/ikhsan_tama89/

Aslinya tempat ini bermana Curug Luhur. Tetapi karena aliran airnya berasal dari Sungai Cikaso maka orang sekitar pun menyebut nama tempat ini menjadi Curug Cikaso.

Sebenarnya wisata air terjun ini tidak terlalu tinggi, hanya jatuh dari ketinggian 100 meter dan terdiri dari tiga air aliran air terjun. Sementara itu, lebarnya mencapai 100 meter.

Hal menarik yang ada di tempat wisata ini adalah penyewaan perahu untuk para pengunjung. Kapasitas perahu ini mencapai 10 orang sehingga bisa digunakan secara bersama-sama.

Tiket masuk ke tempat ini juga murah. Hanya sekitar 27 ribu rupiah untuk setiap mobil dan ditambah 6 ribu untuk parkir kendaraan.

Lihat Juga: Chinatown Bandung (Wisata Budaya Nan Kekinian Yang Sedang Viral)

Bagaimana? Hanya membaca ulasan ini saja pasti kamu sudah tidak sabar kan untuk ke Pantai Ujung Genteng?

Kalau kamu ke Pantai Ujung Genteng, luangkan hari yang banyak ya. Karena di sini banyak sekali obyek wisata dengan kelebihannya yang jarang kamu temui di tempat lain. Apalagi sudah banyak penginapan di sini yang bisa kamu pilih.

0

Pulau Cinta

Jessica Susanti
7 min read

Grojogan Sewu

Jessica Susanti
8 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *