Pelabuhan Ratu

6 min read

pelabuhan ratu sukabumi

Pantai Palabuhan Ratu, memiliki sejarah mistis dan keindahan panorama yang khas. Pantai ini perpaduan pantai dan batu karang yang terjal. Pantai ini populer sebagai pantai dengan udara yang sejuk dan pasir yang luas.

Pelabuhan Ratu memiliki sejarah, beredar cerita mengenai Pantai Pelabuhan Ratu dikuasai oleh Nyi Roro Kidul. Pantai karang Hamu yang merupakan teluk Pelabuhan Ratu dipercaya sebagai singgasana gaib sang ratu.

Larangan di Pelabuhan Ratu, dilarang menggunakan baju berwarna hijau. Menurut kepercayaan masyarakat, hijau adalah kesukaan sang ratu.

Sejarah Pelabuhan Ratu

Sejarah Pelabuhan Ratu ini banyak versinya loh sob, ada yang berkaitan dengan ratu bangsawan dari Belanda, dan mitos penguasa laut selatan.

Sejarah dari Pelabuhan Ratu ini yang lebih dikenal yakni tentang Nyi Purnamasari yang melarikan diri dari Banten dan sampai di Babakan Cidadap dan dia sedang mengandung 5 bulan.

Setelah sekian lama Nyi Purnamasari ini dijadikan pemimpin di Cidadap ini.Pada masa kepemimpinannya daerah ini menjadi meningkat dalam segi ekonomi, tapi pada masa keemasannya ini Nyi Ratu melakukan tapa.

Saat Nyi Ratu tapa akhirnya warga mengangkat anaknya, yaitu Nyi Mayang Sagara. yang kemudian bergelar Nyi Ratu Kidul.

Pelabuhanratu hanya kenangan bahwa wilayah ini pernah diperintah oleh dua ratu yang menjadikan daerah ini mencapai kejayaannya. Sehingga nama Lara Kidul (dua Ratu Kidul).

Lokasi Pelabuhan Ratu

Pantai Pelabuhan Ratu merupakan wisata pantai yang ada di Kecamatan Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat. Lokasi pantai ini terletak sekitar 60 Km ke arah selatan Kota Sukabumi.

Jalan Menuju Pelabuhan Ratu

Palabuhan Ratu sangat mudah diakses oleh pengunjung yang berasal dari Jakarta, Bogor, maupun Bandung. Anda bisa menggunakan Bus Umum, Kereta Api, Kendaraan Pribadi, maupun Angkutan Kota. Berikut rute jalan yang bisa Anda akses,

• Dari Jakarta dan Bogor, gunakan Bus tujuan Pelabuhan Ratu, Sukabumi
• Dari Bandung dan Sukabumi, gunakan Bus tujuan Pelabuhan Ratu, Sukabumi

Jika berangkat dari Bogor, Anda bisa naik angkutan umum atau Bus dari Terminal Bogor. Sampai di Terminal Bogor lanjut Bus dengan rute Bogor – Sukabumi dengan tarif sekitar Rp. 15.000 per orang.

Setibanya Anda di Sukabumi, Anda tinggal naik Bus lagi menuju Pelabuhan Ratu, dengan rute Bus Sukabumi – Pelabuhan Ratu.

Tiket Masuk Pelabuhan Ratu

Untuk tiket biaya masuk itu tarifnya sebagai berikut. Pejalan kaki Rp. 3.000, motor Rp. 8.000, mobil sedan/jip Rp. 20.000, dan untuk mini bus dikenakan tarif Rp. 30.000.

Jam Buka Pelabuhan Ratu

Jam buka untuk wisata ini yaitu buka 24 jam, kamu akan sangat puas nih sob selama 24 jam. Pada malam hari wisata ini biasanya suka ada kegiatan seperti pementasan tradisional, wayangm tarian-tarian dan lain sebagainya.

Fasilitas di Pelabuhan Ratu

Mengenai fasilitas umum untuk menunjang kegiatan wisata di pantai ini, pengelola menyediakan berbagai pendukung. Mulai dari Parkir, Masjid, Mushola, Pusat Informasi Wisata, sampai tempat bermain anak. Yang terpenting, pantai ini memiliki layanan Kesatuan Life Guard.

Fasilitas lain yang berbayar, seperti penginapan, warung makan, Penyewaan kuda untuk anak, dan papan surfing juga tersedia di pantai ini.

Daya Tarik/Aktifitas Seru di Pelabuhan Ratu

Pelabuhan Ratu merupakan tempat wisata yang indah, eksotis dan terkenal dengan mitos-mitosnya. Berikut beberapa daya tarik untuk beraktifitas seru di Pelabuhan Ratu:

1. Lokasi Surfing

pelabuhan ratu daerah mana

Di seputar Pelabuhan Ratu, paling tidak ada sembilan titik lokasi untuk Berselancar. Lokasi itu meliputi Batu Guram, Karang Sari, Samudra Beach, Cimaja, Karang Haji, Indicator, Sunset Beach, Ombak Tujuh sampai Ujung Genteng.

Dianatara semua spot itu, Cimaja termasuk yang paling populer. Spot Surfing ini punya ombak besar, dengan ketinggian mencapai 4 meter. Cimaja menjadi lokasi beberapa kompetisi surfing taraf internasional.

Pantai ini dikhususkan untuk peselancar profesional karena pantai ini terdiri dari bebatuan. Arus laut juga cukup kencang, sangat berbahaya bagi peselancar pemula.

Spot Pantai ombak tujuh memiliki gulungan ombak yang saling bergantian menerpa karang di pesisir pantai. Saat satu ombak pecah menerpa karang, disusul ombak lain dari belakang dan begitu seterusnya.

2. Ritual Pesta Laut

pelabuhan ratu terletak di provinsi

Di samping keindahan alamnya, Pantai Pelabuhan Ratu juga terkenal dengan pesta laut. Dalam ritual ini masyarakat adat melarungkan kepala kerbau dan sesaji lainnya ke tengah laut.

Tradisi ini merupakan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan atas anugerah yang telah diberikan berupa hasil tangkapan ikan.

Pesta nelayan ini dilaksanakan dengan prosesi budaya bahari masyarakat Sunda pesisir. Turut pula dimeriahkan dengan berbagai kesenian lokal seperti disimbolkan dalam tari-tarian yang mengiringi sepasang raja dan ratu.

Acara pesta laut ini biasanya disertai pula dengan berbagai kegiatan seperti bakti sosial, lomba-lomba, dan pementasan berbagai kesenian baik tradisional maupun modern. Kesenian yang sering dipentaskan berupa: wayang, drumband, tarian, dan lain-lain.

Lihat Juga: Pantai Ujung Genteng, Wisata Memanjakan Mata yang Edukatif

3. Keindahan Pemandangan Khas Pnatai

pelabuhan ratu adalah

Selain cocok sebagai tempat surfing, Pantai Pelabuhan Ratu juga menyuguhkan keindahan alam berupa batu-batu karang yang menjorok ke laut.
Di atas batu karang ini, pengunjung dapat duduk-duduk sambil memancing atau sekedar diam. Diam menghayati indah pesona ciptaan Tuhan dalam wujud cipratan air laut yang menerjang bebatuan yang mirip dengan butiran mutiara.

4. Suasana Malam Hari di Pantai

pelabuhan ratu jawa barat

Pengunjung juga bisa menikmati suasana Pantai Pelabuhan Ratu saat malam hari. Tidak perlu takut dengan suasana horor, karena ketika malam hari kondisi pantai ini cukup ramai.

Suasana pantainya agak remang, cahaya yang didapat hanya dari warung-warung yang berjualan di pinggir pantai. Juga ada lampu-lampu kapal nelayan yang tampak dari kejauhan dan lampu mercusuar yang membuat Pelabuhan Ratu tampak eksotik.

Sungguh sebuah suasana yang syahdu dan menentramkan jiwa. Kamu bsia menikmati suasana pantai dari sudut pandang berbeda. Berbeda dari suasana di siang hari yang ramai dengan hiruk-pikuk pengunjung lain.

Suasana syahdu dan mistis bisa dirasakan. Mistis bukan dalam artian klenik atau magic. Tapi mistis dalam makna menghayati kekuasaan Tuhan atas karunia Dia yang indah dan mendamaikan jiwa.

5. Pelelangan Ikan

pelabuhan ratu itu dimana

pelelangan ikan (TPI) yang menjual berbagai macam ikan laut seperti cakalan, layur, cumi-cumi, bawal, udang, dan lain-lain dalam kondisi masih segar. Pelancong dapat membawa pulang ikan-ikan laut itu untuk oleh-oleh keluarga di rumah.
Bagi wisatawan yang ingin melihat langsung proses pendaratan kapal para nelayan dari melaut, dapat berkunjung ke tempat pelelangan ikan sekitar pukul 11.00—13.00 WIB. Pada jam-jam tersebut biasanya para nelayan sedang mendaratkan kapal-kapalnya.

Simak Review: 25 Tempat Wisata di Bogor Asyik Buat Dijelajahi

Hotel Dekat Pelabuhan Ratu

Untuk kamu yang ingin berwisata atau beraktifitas di Pelabuhan Ratu selama 24 jam, kamu bisa menginap di beberapa penginapan/hotel dekat dengan wista ini.

1. Penginapan Petra

pelabuhan ratu wisata

Hotel ini berlokasi di Jl. Siliwangi No. 148, jaraknya dengan Pelabuhan Ratu sekitas 1 Km dengan waktu tempuh 3 menit dekat kan sob. Nah hotel ini menawarkan harga dimulai dari Rp. 150.000 per malamnya sob.

Fasilitas dari hotel ini muali dari tempat parkir, ranjang yang nyaman, kamar mandi, hingga layanan kamar 24 jam. Hotel ini juga dekat dengan wisata lainnya sob mulai dari pantai Citepus, Pantai Karang Pamulang dan Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu.

2. Capital O 1973 Hotel Toserba

pelabuhan ratu angker

Hotel ini berlokasi di Jl. Pelita Kelurahan No. 1, jaraknya sekitar 900 meter dengan waktu tempuh 3 menit. Hotel ini merupakan hotel berbintang 2 loh sob, dan wisatawan yang telah menginap disini rata-rata memberikan rating 8,2, keren kan.

Hotel ini menawarkan harga dimulai dari Rp. 198.500 per malamnya. Fasilitas disini cukup lengkap seperti restaurant, layanan kamar, wifi gratis dan fasilitas-fasilitas kamar yang bisa dibilang mantap.

3. Ketapang Resort

pelabuhan ratu air naik

Nah, untuk kamu yang ingin menginap di hotel yang waw dengan fasilitas yang sangat lengkap dan asik disinilah tempatnya sob. Ketapang resort ini merupakan hotel berbintang 4 sob, maknyus kan sob.

Hotel ini berlokasi di Jl. Pantai Cikembang jaraknya agak jauh sih sob sekitar 20 Km dengan waktu tempuh sekitar 30 menitan, didaerah Pelabuhan Ratu hotel yang bernuansa mewah hanya ini satu-satunya sob. Hotel ini bertarif mulai dari Rp. 2.000.000.

Hotel ini menyediakan fasilitas yang sudah tidak diragukan lagi ya sob, dimulai dari tempat parkir luas, aktifitas olahraga juga ada, Karaoke, Indoor pool, Outdoor pool, restaurant dan masih banyak lagi.

4. Villa Ungu Karang Hawu

augusta pelabuhan ratu

Hotel ini berlokasi di Jl. Raya Cisolok, jaraknya sekitar 13 Km di Pelabuhan Ratu, dengan waktu tempuh sekitar 20 menit. Hotel ini merupakan hotel yang seperti rumah loh sob. Jadi kamu bisa merasakan kalau kamu sedang dirumah.

Hotel ini menawarkan tarif dari mulai Rp. 181.000, dengan fasilitas dimulai dari parking area, restoran, kipas angin ranjang dan kamar mandi yang nyaman, hingga layanan kamar 24 jam.
Lokasi hotel ini tidak hanya dekat dengan Pelabuhan Ratu, juga dekat dengan tempat wisata lainnya seperti Pantai Karang Hawu, Cisolok Hot Spring, Pantai Cibangban, dan Pantai Citepus.

5. Cimaja Hostel

alamat pelabuhan ratu

Hotel ini berlokasi di Jalan Citiis, Cikahuripan, Sukabumi (Pelabuhan Ratu), Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat. Jaraknya sekitar 8,5 Km dengan waktu tempuh sekitar 15 menit.

Tarif menginap di hotel ini cukup terjangkau, yakni mulai dari Rp 150 ribu. Fasilitas yang bisa dinikmati oleh pengunjung mulai dari ranjang yang nyaman dan kamar mandi, Kupas Angin, Restoran, hingga layanan kamar 24 jam.

Lokasi hotel tidak hanya dekat dengan Pelabuhan Ratu, juga dekat dengan tempat lain mulai dari Cisolok Hot Spring, Pantai Karang Hawu, Pantai Cibangban, dan Pantai Citepus.

Kunjungi Juga: Museum Zoologi Bogor & 20 Koleksi Terbaiknya (Wajib Dikunjungi)

Tempat wisata Dekat Pelabuhan Ratu

Tempat wisata lain di area dekat Pelabuhan Ratu tentunya masih ada, sobat wisatawan dapat mengunjungi beberapa tempat wisata lainya

1. Pantai Citepus

arah pelabuhan ratu

Pantai Citepus ini berlokasi di Jl. Raya Cisolok-Pelabuhan Ratu No. 16, jarak dari Pelabuhan Ratu ke pantai ini sekitar 2,5 Km dengan waktu tempuh 6 menit saja sob. Pantai ini cukup mudah dijumpai, pasalnya pantai ini terletak dipinggir jalan.

Pantai Citepus adalah pantai yang bisa dikunjungi oleh anak-anak muda, keluarga, maupun pasangan yang sekedar ingin menghabiskan waktu berdua. Ditemani dengan deburan ombak, hamparan pasir coklat yang cukup panjang hingga 5 km garis pantainya.

Pantai Citepus menawarkan wisata pantai yang sederhana dan tidak terlalu banyak aktifitas sibuk yang kadang bisa terasa melelahkan.

2. Goa Lalay

augusta pelabuhan ratu hotel sukabumi west java

Goa lalay ini berlokasi di Jl. Pelita, Citarik-Pelabuhan Ratu, jarak dari Pelabuhan Ratu ke goa lalay ini sekitar 4,6 Km dengan waktu tempuh 12 menit. Di Goa Lalay ini kamu bisa menyaksikan jutaan kelelawar yang menghuni goa ini.

Namanya Goa Lalay karena goa ini banyak sekali dihuni oleh kelelawar (lalay=kelelawar). Biasanya rombongan kelelawar ini mulai keluar menjelang senja sekitar jam 17.00 WIB.

Nah, jika kamu ingin melihatnya datanglah ke goa ini, kamu bisa merasakan suasana seperti di film-film yang saat masuk ke goa banyak kelelawar terbang.

3. Pantai Karang Hawu

jarak pelabuhan ratu sukabumi adalah 60 km

Pantai Karang Hawu ini berlokasi di Caringin, Cisoloka Sukabumi regency. Jarak dari Pelabuhan Ratu ke pantai ini sekitar 12,3 Km dengan waktu tempuh 22 menit. Pantai Karang Hawu ini menawarkan keindahan yang begitu mempesona.

Ciri khas pantai dengan tebing menjorok ke laut, dengan deburan ombak yang menghantam bibir tebing, membuatnya semakin indah dan menawan. Selain mempesona, Pantai Karang Hawu termasuk salah satu pantai yang memiliki banyak spot foto keren.

4. Pantai Batu Bintang

pelabuhan ratu berasal dari

Pantai Batu Bintang berlokasi di Citarik, Pelabuhan Ratu. Jarak dari Pelabuhan Ratu ke pantai ini sekitar 5 Km dengan waktu tempuh 13 menit. Pantai Karang Hawu ini menawarkan keindahan dan ketenangan

Pantai Cipatuguran atau kini dikenalnya dengan Pantai Batu Bintang memiliki pesona alam dan keindahan tersendiri disekitarnya, sperti pemanfangan laut lepas, dengan hamparan pasir yang luas serta bersih.

Pantai ini sering dipergunakan sebagai sarana olahraga, tapi di pantai inipun tidak jarang juga digunakan untuk bersantai sambil menikmati pemandangannya yang indah.

5. Bukit Senyum Pelabuhan Ratu

 pelabuhan ratu bandung

Bukit ini berlokasi di Citepus, Pelabuhan Ratu. Jarak dari Pelabuhan Ratu ke pantai ini sekitar 2,1 Km dengan waktu tempuh 4 menit. Bukit ini adalah objek wisata yang memberikan nuansa pemandangan yang sangat indah.

Bukit ini menyajikan pemandangan yang indah pada saat berada di puncak bukit ini. Tapi sobat wisatawan harus mendaki dulu dengan berjalan, di buit ini terdapat anak tangga yang sering disebut tangga seribu.

Baca Juga: 23 Tempat Wisata di Bandung yang Lagi Hits & Wajib dikunjungi

Nah sobat wisata, itulah sedikit gambaran tentang Pelabuhan Ratu. Pelabuhan Ratu adalah tempat wisata di Sukabumi yang indah. Pantai ini populer sebagai pantai dengan udara yang sejuk dan pasir yang luas.

Jadi? Kamu tertarik kan dengan keindahan dan keseruan di Pelabuhan Ratu ini. Pantai yang masih sejuk dan pasir yang luas serta uniknya tebing karang di bagian pesisir pantai ini.

Pantai Sendiki

Jessica Susanti
5 min read

Pantai Pandawa Bali

Jessica Susanti
9 min read

Pantai Galesong

Jessica Susanti
6 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *