Pulau Cinta

7 min read

pulau cinta indonesia

Kalian sedang jatuh cinta atau ingin cari tempat untuk bulan madu merajut asmara? Tentu yang kalian butuhkan adalah tempat wisata yang pas. Pulau Cinta, tempat wisata yang mempesona dengan keunikan yang menjadi daya tariknya.

Bentuk love dari pulau ini, pasti akan membuat liburan kalian menjadi lebih memukau. Tak hanya itu, pantai-pantai di sekitarnya juga begitu eksotis dan menawan. Pemandangan yang tak tertandingi ini, membuat pulau ini dijuluki sebagai Maldives Island Indonesia.

Lokasi

Wisata alam beraura cinta dan kasih sayang ini, sangat cocok digunakan untuk bulan madu. Lokasinya berada di Tomini, Desa Patoameme, Kecamatan Botumoito, Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo, Sulawesi Utara.

Jaraknya memang cukup jauh, bila dihitung dari kota Gorontalo yakni sekitar 115 kilometer atau membutuhkan waktu sekitar 3 jam perjalanan darat maupun laut. Namun dengan kekhasan dan keindahan panoramanya, tentu perjalanan kalian bakalan terbayarkan.

Bila kalian ada di luar Sulawesi, tentu kalian dapat memesan tiket penerbangan terlebih dulu dengan tujuan bandara internasional Jalaludin Gorontalo. Saranku, kalian ambil jam penerbangan pagi hari, sebab kalian masih melanjutkan perjalanan via jalur darat dan laut.

Rute

Ketika kalian sudah tiba di bandara, kalian harus melanjutkan perjalanan melalui jalur darat menuju ke Boalemo. Perjalan ini mungkin akan memakan waktu tempuh sekitar 2 jam. Tapi jangan khawatir, bila kalian capek, ada banyak penginapan untuk istirahat.

Saranku, demi kenayamanan dan ketenangan, kalian pesan dahulu kamar hotel atau penginapan di perjalanan dengan aplikasi. Kabar baiknya, biasanya kalian juga akan mendapat tumpangan gratis sampai ke Kabupaten Boalemo. Bukankah ini menarik?

Sesampainya di Kabupaten Boalemo, kalian harus menyebrangi laut dengan menggunakan kapal menuju resort pulau cinta. Penyebrangan ini mungkin memakan waktu kira-kira 25 menit. Tapi rileks, kalian akan disuguhkan pemandangan yang indah selama perjalanan.

Tiket Masuk

Tarif masuk ke pulau ini sudah satu paket dengan harga penginapan. Jika kalian ingin menginap di pulau cinta gorontalo ini, kalian harus membayar Rp. 3.000.000,- s,d Rp 12.000.000,- per harinya. Harga itu tentunya sesuai dengan fasilitas yang tersedia.

Tenang, harga itu kalian bayar juga sudah termasuk fasilitas makan 3 kali dan biaya transportasi dari pelabuhan Tilamuta. Kalian juga bisa sewa villa untuk paket 2 s,d 4 orang. Jadi kalian harus pandai-pandai pilih paket wisata agar harga yang kalian bayar lebih murah.

Kalian bisa mendapat fasilitas antar jemput dari Gorontalo Airport hingga ke resort. Ada juga yang mewarkan fasilitas peminjaman alat snorkeling, snack, hingga kopi. Dengan harga segitu, kalian sudah pasti puas menyaksikan panorama pulau cinta selama sahari penuh.

Harga Penginapan

Agar kalian paham harga tiket masuk ke Maldives Indonesia ini, aku akan deskripsikan. Nama resort di pulai ini adalah Pricelist Pulo Cinta Eco Resort, dengan harga sebagai berikut:

  1. Jumlah tersedia: 11 unit, Luas area villa: 92 meter persegi, Harga villa (untuk 2 orang): Rp 3.500.000 per malam per villa (Weekdays) untuk Rp 4.000.000 per malam per villa (Weekend).
  2. Jumlah tersedia: 2 unit, Luas area villa: 152 meter persegi, Harga villa (untuk 4 orang): Weekdays: Rp 7.000.000 per malam per villa untuk Weekend: Rp 8.000.000 permalam per villa.
  3. Jumlah tersedia: 1 unit, Luas area villa: 212 meter persegi, Harga villa (untuk 6 orang): Weekdays: Rp 10.500.000 per malam per villa sedangkan Weekend: Rp 12.000.000 per malam per villa

Lihat Review: Danau Linow, Danau Cantik Dengan 3 Warna Kebanggan Tomohon

Paket Honeymoon

Kalian ingin menghabiskan hari-hari bersama pasangan baru kalian. Memadu kasih dan merajut cinta. Kalian tentu harus tahu adanya paket honeymoon di pulai cinta ini. Di tahun 2020 ini, aku berikan refrensi paket paket honeymoon yang bisa kalian ambil.

1. kilikili-advanture.com

Dengan merogoh kocek yang hanya 2,75 juta, kalian bisa menghabiskan waktu bersama pasangan kalian dengan durasi 3 hari 2 malam. Menarik bukan? Gunakan jasa kilikili-advanture.com ini untuk menghiasi bulan madu kalian.

2. Sukawisata com

Jasa sukawisata.com menawarkan harga 3,6 juta untuk paket honeymoon 3 hari 2 malam. Kalian juga bisa memilih tipe penginapan yang kalian hendaki.

3. Opentripedia com

Jasa opentripedia malah jauh lebih terjangkau, dengan harga 1,7 juta aja per orang, kalian bisa menginap selama 3 hari 2 malam, menghabiskan bulan madu kalian dengan menikmati berbagai fasilitas di pulai cinta.

4. asmaraku com

Kalian dan pasangan kalian cukup membayar 6 juta untuk pakat honeymoon dengan fasilitas ekslusif dengan jasa trip asmaraku.com. Sangat terjangkau bukan?

5. jabatowisata com

Biro wisata asal Jakarta ini menawarkan harga dibawah 8 juta per couple yang ingin menghabiskan bulan madu di pulai cinta. Tentu kalian tak perlu khawatir apa fasilitas yang akan kalian dapatkan.

6. Lain-lain

Selain yang aku sebutkan itu, kalian bisa pilih paket honeymoon dari trevel agent lainnya. Sepeti; jelajahpulau.com, gavakansi.com, Darmawisata Indonesia, Traveloby.com, yuktravel.com, dan lain-lain. Harganya terbilang terjangkau; 3 juta hingga 10 juta per couple.

Jam Buka

Untuk menikmati spot-spot menarik di pulai ini, kalian nggak perlu khawatir jam bukanya. Karena pulau ini buka 24 jam. Disesuaikan dengan paket wisata yang kalian ambil. Pelayanannya juga 24 jam non-stop, jadi kalian bisa dimanjakan sehari semalam full.

Fasilitas

Perlu kalian ketahui, fasilitas utama yang ada di pulau ini adalah Eco Resort dengan 15 cottage mengelilingi pulau cinta. Eco Resort ini adalah satu-satunya Resort di pulau cinta. Terdapat tiga varian cottage yang semuanya terbuat dari kayu dan beratapkan jerami.

Varian cottage ini sudah kujelaskan sebelumnya. Jenis pertama dengan luas 92 M2 terdiri dari 1 kamar tidur. Jenis kedua dengan luas 156 M2 terdiri dari 2 kamar tidur. Sedangkan jenis cottage ketiga dengan luas 212 M2 terdiri dari 3 kamar tidur.

Baca Juga: 5 Aktifitas yang Bisa Kamu Lakukan di Taman Nasional Bunaken

AKTIVITAS SERU DI PULAU CINTA

Dengan balutan kesan romansa di dalamnya, pulau cinta begitu menawarkan banyak sekali aktivitas seru yang bakalan mewarnai liburan atau honeymoon kalian. Jadi kalian tak perlu khawatir mau ngapain di sana. Banyak sekali hal yang perlu kalian coba rasakan di pulau ini.

1 Snorkeling dan Diving

pulau cinta 1978

Snorkeling dan diving adalah aktivitas yang wajib kalian lakukan ketika berkungjung di pulau ini. Kujamin, kalian nggak bakalan nyesel deh kalau sudah lihat begitu indahnya eksotisme bawah laut di sekitar pulau cinta ini.

Kalian bisa datang ke Teluk Tomini, tak perlu takut bagi kalian yang tak bisa berenang atau takut tenggelam. Kalian bisa bebas aman menyelam dengan adanya guide, selain itu kedalamannya hanya 2-3 meter saja untuk menikmati keindahan biota laut yang ada.

2 Jelajah Hutan

pulau cinta adalah

Perlu kalian ketahui, di bagian seberang dari pulau ini terbentang area hutan yang rindang. Area hutan itu dapat kalian manfaatkan untuk treking atau jelajah hutan. Jadi, bagi kalian yang suka aktifitas alam, aktifitas trekking ini bisa nih jadi pilihan.

Kalian bisa mengeklporasi hutannya yang begitu lebat, sejuk, dan rindang, menyegarkan mata yang memandang. Menariknya, kalian akan disambut oleh penduduk sekitar dengan keramahan dan kehangatan layaknya keluarga sendiri.

Pejalanan jelajah hutan kalian tentu akan mengesankan dan tak terlupakan sepanjang hidup kalian. Terlebih lagi, bila kalian ditemani dengan aura dan pesona kekasih pujaan hati kalian. Liburan di pulai cinta ini bakalan menjadi cuilan surga yang pernah kalian rasakan.

3 Susur Pesona Pulau Cinta

pulau cinta anyer

Kegiatan setu lainnya yang bisa kalian dilakukan yaitu susur pesona Pulau Cinta dan sekitarnya. Kalian bisa mendayung perahu kecil untuk menyusuri keelokan alam sekitarnya. Kalian bisa memadu kasih dan asmara di perahu kecil ini layaknya film-film romansa.

Tempat yang bisa kalian dijelajah diantaranya adalah: Keelokan Pulau berpasir Gulf of Tomini, pemandangan menakjubkan di Pulau Bajo, pemandangan eksotis di Pulau Lito Mohupombo Kiki, dan pemandangan indah lainnya yang mengelilingi Pulau Cinta.

Tenang saja, untuk menikmati keindahan sekitar pulau dengan mendayung perahu ini, kalian hanya butuh waktu satu jam saja. Bila kalian ingin berlama-lama, nggak masalah juga. Tapi ingat, masih ada banyak kegiatan seru lainnya yang bisa kalian lakukan disini.

4 Buat Foto yang Instagramable

pulau cinta ambon

Tak bakal kalian pungkiri, foto adalah hal wajib yang harus dilakukan ketika berwisata. Kegiatan yang satu ini tak boleh terlewatkan, momen apapun harus diabadikan. Terlebih momen liburan atau honeymoon di pulau cinta yang pasti tak bakal bisa dilupakan ini.

Kalian pengguna media sosial, jangan khawatir. Ada banyak spot foto yang cocok untuk dijadikan background kalian. Pastikan camera yang kalian bawa berkualitas, ciptakan foto yang keren dan instagramable. Sesekali, tunjukkan kepada dunia pesona pulau yang satu ini.

5 Dinner Romantis

pulau cinta ada dimana

Tentu kalian tahu, jika momen makan disulap dengan sentuhan keromantisan. Makan akan jadi momen yang tak terlupakan. Di pulau ini, kalian akan mendapatkan pelayanan dinner romantis dengan kekasih hati kalian. Kujamin, kalian akan merasakan keindahan momennya.

Ditemani suara ombak yang syahdu, angin sepoi yang merdu, serta suasana manis semanis madu, memen dinner ini pasti bakalan bikin kalian rindu. Ditambah hiasan candle light dinner yang teduh, asmara kalian pasti akan berbunga-bunga.

Aku jamin, uang yang kalian keluarkan untuk menghabiskan liburan di pulau ini nggak bakalan terbuang sia-sia. Semua terbayarkan dengan fasilitas, aktifivas, dan kebahagiaan yang kalian dapatkan.

6 Pemandangan Stargazing Night

pulau cinta eco resort

Melihat suasana langit malam yang berhiaskan bintang dengan mata telanjang, tentu akan menjadi momen yang sangat spesial, terlebih lagi tanpa gangguan pencemaran cahaya lampu. Momen ini nggak bakal kalian dapatkan di kota-kota dengan gemerlap cahaya lampunya.

Di pulau cinta ini, sedikit sekali polusi cahaya, sehingga deburan bintang di angkara akan terlihat sangat luar biasa. Tentu, dengan ditemani sang kekasih, momen ini bakalan super mengesankan dalam hidup kalian.

7 Bermain Ayunan

pulau cinta resort

Ayunan di belakang rumah memang akan terlihat biasa aja, namun bila ayunan ditempatkan pada spot yang pas, kesan eksotisnya pasti terasa. Bahkan ayunan sederhana di sebuah destinasi wisata, belakangan menjadi trend, khususnya wisata pantai.

Di Pulo Conta Eco Resort terdapat 2 ayunan yang kece yang pastinya ga bakal jadi rebutan dengan tamu yang lain. Jadi kalian bisa menikmatinya bersama kekasih kalian. Kalau perlu, kalian juga bisa sambil mandi mainan ayunan. Terlihat seru bukan?

8 Kenalan dengan Suku Bajo

pulau cinta manado

Bagi kalian yang suka ketemu dengan orang-orang baru, sesampainya di Pulau Cinta, hal menyenangkan yang bisa kalian lakukan lainnya adalah menyapa dan berkunjung ke penduduk lokal yaitu Suku Bajo. Suku yang terkenal akan keramahannya.

Tentu, kalian akan merasakan bagaimana perbedaan dan keramah-tamahan yang mereka punya. Sudah menjadi rahasia umum kalau Suku Bajo sangat ramah dan menyenangkan. Bahkan, mereka tidak segan akan mengajak kalian makan seafood khas mereka.

Gimana tak menakjubkan liburan di pulau cinta ini, udah liburan seru, dapat keluarga baru pula.

Baca Rekomendasi: Pantai Tanjung Bira, Surga Tersembunyi di Ujung Selatan Sulawesi

TEMPAT WISATA YANG DEKAT PULAU CINTA

Sudah jauh-jauh ke Gorontalo, rasanya kurang pas kalau kalian belum merasakan tempat wisata lainnya di dekat pulau cinta ini. Maka dari itu, aku akan berikan beberapa destinasi wisata yang bisa kalian kunjungi untuk mewarnai liburan kalian.

1 Pantai Bolihutuo

pulau cinta sulawesi

Terletak di Kabupaten Boalemo, Gorontalo. Karena letakknya yang tersembunyi, pantai ini bisa dikatakan belum banyak dikenal. Maka jangan heran jika pantai ini masuk dalam daftar tempat wisata hidden spot yang dimiliki Indonesia.

Di pantai ini, kalian akan menemukan indahnya pesona alam yang masih terjaga kondisinya. Jadi sangat cocok digunakan untuk liburan keluarga atau dengan kekasih kalian. Bagi kalian pekerja kantoran yang setiap hari duduk dan bosan, pantai ini sangat cocok kalian kunjungi.

2 Teluk Tomini

pulau cinta dimana

Teluk ini sangat populer, bahkan di mata dunia. Saking populernya, Menteri Kelautan dan Perikanan pernah mengadakan acara nasional di lokasi ini. Jadi, sangat rugi bila kalian sudah ke Gorontalo, tapi belum mengunjungi teluk ini.Jadikan teluk ini sebagai wisata wajib.

Teluk ini disebut sebagai teluk terluas di Indoensia, pusat dari segitiga terumbu karang dunia, Indonesia-Filipina-Malaysia, dan tempat bagi tiga taman laut dan satu taman nasional. Teluk ini letaknya terpencil, namun menyimpan keindahan alam yang luar biasa.

3 Taman Laut Olele

pulau cinta gorontalo

Taman laut ini menjadi spot terfavorit bagi para penyelam profesional, ya karena menyuguhkan pemandangan laut yang luar biasa. Ditambah dengan adanya terumbu karang dan ikan-ikan yang cantik yang menghiasi pesonanya.

Destinasi wisata juga letaknya juga terpencil, hingga dikatakan sebagai Hidden beauty at the depths of Olele Marine Park. Bagi kalian yang hobi snorkeling, wisata ini nampaknya wajib kalian kunjungi. Kalau belum, berarti hobi kalian belum lengkap rasanya.

Mungkin tiga itu aja yang aku sarankan untuk kalian kunjungi ketika kurang puas di pulau cinta. Jangan khawatir akan penginapan di Gorontalo ini, banyak sekali hotel yang tersedia dan bisa kalian pesan jauh hari lewat aplikasi.

Baca Selengkapnya: 9 Aktivitas Seru di Pantai Losari (Gratis tapi Keren Abis)

Pulau Cinta dengan beragam pesonanya pasti akan mewarnai liburan kalian. Aura keromantisannya juga akan menimbulkan kerinduan. Uniknya Eco Resort dan bentuk khas love-nya pasti menimbulkan kesan yang tak terlupakan.

Dengan paket honeymoon yang sangat terjangkau, dijamin kalian bakalan mengenang aura indah kisah cinta dan asmaranya. Jadi, selamat berlibur…

0

Grojogan Sewu

Jessica Susanti
8 min read

Pantai Soge

Jessica Susanti
6 min read

Eling Bening

Jessica Susanti
7 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *