Jessica Susanti Jalan-jalan sambil nyari makan

Pulau Derawan

7 min read

pulau derawan

Musim liburan sebentar lagi, tapi kamu masih bingung memilih berlibur dimana? Tenang, nggak perlu bingung guys, kalau kamu ingin menikmati liburan dengan suasana yang unik dan berbeda, kamu bisa mengunjungi kawasan wisata Pulau Derawan.

Seperti yang kita ketahui, pulau ini bergitu popular lho. Nggak salah lagi, karena berbagai keindahan alamnya memang nggak perlu diragukan lagi. Bahkan banyak wisatawan menjadikan wisata ini sebagai destinasi favorit.

Jadi buat kamu yang penasaran seperti apa pesonanya, yuk langsung saja kita simak ulasannya berikut ini.

Pulau Derawan

Pulau Derawan merupakan debuah desa yang berada di Pulau Kalimantan. Dimana kawasan wisata ini adalah desa administratif.

Namun pada kebijakan baru menteri pariwisata dan ekonomi kreatif, status desa ini dirubah menjadi desa wisata sebagai salah satu sarana penunjang wisata bahari.

Dengan adanya perubahan status desa tersebut, sebagian besar kehidupan masyarakat sekitar terdongkrak sehingga perekonomian semakin meningkat.

Selain itu, perubahan konsep desa ini menjadi desa wisata bertujuan untuk menuntut para penduduk agar sadar dan mau menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

Dengan demikian, maka kelestarian alam dari tempat ini tentu ikut terjaga, Sehingga, pantai cantik ini masih tetap alami hingga saat ini. Dan progress ini merupakan bagian dari sejarah berkembangnya daerah wisata pulau ini.

Lokasi pulau derawan

Objek wisata cantik ini berada di pulau Kalimantan, tepatnya terletak di yaitu di Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Jadi kepulauan ini sendiri mempunyai empat kecamatan, yaitu Kecamatan Pulau Derawan, Kecamatan Maratua, Kecamatan Biduk Biduk, dan Kecamatan Berau.

Selain itu, kepulauan ini juga memiliki sekitar empat pulau utama yang eksotis dan seringkali dijadikan destinasi wisata bahari dan wisata alam terfavorit bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara.

LAGI HITS
Pantai Lovina Bali

Jalan menuju pulau derawan

Untuk bisa mencapai lokasi wisata ini, kami bisa menempuh perjalanan dimulai dari Kota Tanjung Redeb yang merupakan Ibu Kota Kabupaten Berau, dan Kota Tarakan.

Jika kamu dari Bandara Soekarno Hatta, pilihlah tiket penerbangan arah Jakarta menuju Tarakan Airport dimana nantinya para wisatawan akan transit di Balikpapan terlebih dahulu.

Jika sudah sampai di Kota Tarakan, kamu bisa melewati akses ke Pelabuhan Sengkawit Tanjung Selor menggunakan rute darat atau laut.

Perlu diingat juga bahwa untuk pemilihan jalur laut wajib kamu harus mempersiapkan kondisi fisik yang kuat dan persiapan matang.

Jika sudah tiba di Tanjung Selor, kamu akan menemukan banyak kendaraan yang menawarkan menuju Tanjung Redeb di Kab. Berau. Nggak perlu khawatir selama perjalanan, karena kondisi jalanan di kawasan ini sudah sangat baik.

Tiket Masuk pulau derawan

Nah untuk menuju pantai ini, kamu nggak perlu khawatir akan merogoh kocek yang dalam lho. Karena biaya ke kawasan wisata ini adalah gratis, alias wisatawan tidak dipungut biaya.

Tetapi bagi kamu yang membawa kendaraan pribadi mungkin akan dikenakan biaya parkir.

Selain itu, untuk penyewaan speedboat menuju pulau cantik ini kamu akan dikenakan tarif sekitar Rp 80.000 hingga Rp 100.000 per orang.

Serta banyak pula penawaran paket wisata di pantai ini dengan harga yang cocok bagi backpacker. Berminat untuk mencoba guys?

Jam Buka pulau derawan

Kawasan wisata yang menjadi salah satu ikon dari Kalimantan Timur ini merupakan tempat favorit dan selalu ramai pengunjung lho. Jadi nggak heran jika banyak sekali wisatawan berlibur maupun mampir di lokasi ini.

Nah kabar baiknya bagi kamu si pecinta travelling, kamu nggak perlu repot-repot menentukan jadwal untuk datang kesini karena kawasan wisata ini terus dibuka setiap hari lho.

Objek wisata pantai ini dibuka dari hari senin sampai dengan hari minggu selama 24 jam. Jadi kamu bisa bebas datang kapan saja.

Fasilitas di pulau derawan

Dengan banyaknya aktifitas yang dapat kamu lakukan di tempat ini, seperti snorkeling, diving, dan menyelam, ataupun hanya sekedar bersantai sambil menikmati keindahan biota bawah lautnya, membuat pengelola melengkapi fasilitas untuk para wisatawan.

Jadi untuk fasilitas olahraga air di tempat ini cukup lengkap. Kamu bisa menyewa peralatan menyelam, banana boat, perahu, jetski, dan lain-lain.

LAGI HITS
Gunung Pancar

Sedangkan untuk fasilitas tempat makan, kamu pun nggak perlu cemas. Karena sudah tersedia banyak warung makan murah maupun cafe yang menyajikan hidangan internasional.

Tidak ketinggalan juga Restoran Lapauta yang menghidangkan berbagai masakan tradisional Kalimantan yang berbahan dasar seafood. Dijamin bikin ngiler deh!

Buat kamu yang ingin menginap, di kawasan ini pun sudah banyak tersedia berbagai macam homestay, villa, hotel dan resort dengan kamar unik dan harga bervariasi.

Lihat Review: 12 Tempat Wisata Di Banjarmasin Terkeren

Daya tarik pulau derawan

Nah agar semakin mengenal objek wisata cantik satu ini. Kamu perlu tahu fakta menarik dibalik pulau unik ini guys.

Selain kaya akan pesona alamnya, tempat wisata ini juga kaya akan sejarahnya lho. Penasaran apa saja fakta menariknya? Berikut ulasannya:

1. Keindahan Pantai

Keindahan Pantai
https://www.instagram.com/tropicallifemagazine/

Saat pertama kali menginjakan kaki disini, jangan heran bila kamu akan disambut dengan hamparan pasir putih yang mempesona.

Warna airnya yang sangat jernih bakal bikin kamu betah untuk berlama-lama di kawasan ini. panorama alam ini menjadi sajian liburan utama bagi wisatawan dalam berkunjung.

Keindahan pantai ini nggak cuma itu saja lho. Melainkan masih banyak hal lain yang bisa kamu lakukan disini. Baik olahraga air bersama keluarga atau sekedar bersantai di pinggir pantai.

2. Pemandangan eksotis bawah laut

Pemandangan eksotis bawah laut
https://www.instagram.com/kelvinefendy_/

Faktor lain yang menjadi alasan mengapa kawasan ini wajib untuk dikunjungi, yaitu ekosistem bawah lautnya benar-benar masih sangat terjaga.

Para warga sekitar pun sangat sadar dan peduli tentang seluruh potensi alam yang ada di kawasan wisata ini.

Sehingga, sekecil apa pun itu, warga sekitar kawasan ini akan terus menjaganya demi kelestarian alam yang asri.

Selain terdapat ikan-ikan kecil, wilayah derawan juga sering dilalui beberapa ikan langka yang sangat menarik lho.

Jika kamu beruntung, ikan-ikan langka ini akan muncul dengan jumlah yang cukup banyak karena biasanya mereka suka bergerombol. Sehingga dengan membawa kamera, kamu tidak akan melewatkan moment cantik ini.

3. Sensasi Berenang Bersama Pari Raksasa

serunya menikmati Sensasi Berenang Bersama Pari Raksasa
https://www.instagram.com/rydsugeng06/

Nah nggak cuma menyelam aja lho, daya tarik wisata bahari dari kepulauan ini juga bisa kamu nikmati dengan snorkeling.

Salah satu rekomendasi lokasi snorkeling yang populer yaitu Manta Point. Di titik ini merupakan tempat dimana kamu nggak cuma bisa menikmati keindahan terumbu karang saja, tetapi juga bisa berenang bersama Manta Ray, ikan pari raksasa yang tengah berburu plankton.

LAGI HITS
Pantai Sedahan

4. Pristine Island

Pristine Island
https://www.instagram.com/paramatours/

Pada tahun 2005 pemerintah telah mencoba mendaftarkan kawasan wisata ini ke Unesco sebagai salah satu situs warisan dunia lho guys.

Dan ternyata tempat wisata ini mendapat apresiasi luar biasa, bahkan sampai mendapat julukan sebagai “Pristine Island”.

Istilah tersebut mencerminkan tempat dimana keasrian alamnya masih terjaga, sehingga banyak wisatawan yang datang berbondong-bondong ke tempat ini, baik wisatawan lokal maupun wisatawan internasional.

5. Berbelanja Souvenir

Berbelanja Souvenir

Biasanya sambil menunggu moment sunset yang turun, bagi wisatawan berbelanja souvenir khas derawan adalah aktivitas wajib dan nggak boleh terlewatkan. Harga yang dipatok pun cukup terjangkau lho, mulai dari 50 ribu rupiah.

Dengan harga yang tergolong murah, kamu sudah bisa membawa pulang oleh-oleh untuk orang yang tersayang di rumah.

Semua produk yang ditawarkan di kawasan ini merupakan hasil karya warga suku Bajou. Nggak boleh diremehkan, souvenir disini cukup keren dan luar biasa lho.

Baca Selengkapnya: 24 Tempat Wisata Pontianak Paling Populer

6. Penduduk sekitar

Penduduk sekitar
https://www.instagram.com/jelajahberau/

For your information, warga suku Bajou adalah warga yang tinggal di sekitar kawasan Derawan dimana orang-orangnya sangat ramah tamah.

Disini kamu bisa merasakan bagaimana keakraban mereka lho. Kamu pun bisa mengajak mereka bersendau gurau agar suasana semakin akrab dan hangat. Inilah moment yang pasti akan berkesan dalam holiday-mu kali ini.

7. Kuliner Khas Derawan

Kuliner Khas Derawan
https://www.instagram.com/eatineraryid/

Hal terakhir yang nggak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke kawasan wisata ini adalah mencicipi beragam kuliner khas dari Derawan. Aktivitas satu ini merupakan bagian favorit bagi wisatawan.

Kepulauan Derawan memiliki aneka ragam olahan seafood unik yang bisa kamu cicipi. Seperti tehe-tehe, yaitu olahan ketan yang dimasak bersama santan dan pandan menggunakan cangkang landak laut. Unik banget deh!

Selain itu ada pula kima-kima, yaitu kerang laut yang diasinkan dan dikeringkan serta buah elai.

Wisata dekat pulau derawan

Agar acara liburanmu kali ini semakin lengkap, kamu juga bisa sekaligus mengunjungi beberapa destinasi wisata sekitar kepulauan Derawan ini. Berikut rekomendasinya buat kamu:

1. Kawasan Konservasi Penyu di Pulau Sangalaki

Kawasan Konservasi Penyu di Pulau Sangalaki

Alternatif destinasi wisata di kepulauan Derawan yang bisa kamu eksplor saat berada di tempat ini yaitu kawasan konservasi penyu dimana lokasinya berada di Pulau Sangalaki.

LAGI HITS
Gili Labak

Merupakan salah satu pulau yang berada di gugusan kepulauan Derawan, kawasan ini memang menjadi lokasi para penyu bertelur. Pada saat-saat tertentu kamu pun bisa melihat kegiatan pelepasan tukik-tukik atau penyu kecil yang baru menetas ke lautan lho.

2. Pulau Maratua

Pulau Maratua yang populer
https://www.instagram.com/indoflashlight/

Pulau Maratua merupakan salah satu pulau di gugusan kepulauan Derawan yang terkenal pula akan keindahan alamnya. Pulau dengan pasir putih ini dikelilingi laut berwarna toska dan kerap menjadi tujuan para pecinta fotografi untuk berburu foto-foto yang instagramable.

Di sekitar pulau Maratua, kamu juga bisa menemukan banyak titik-titik snorkeling yang keren. Nggak hanya itu, ada pula Danau Haji Buang dan Danau Tanah Bamban untuk kamu jelajahi ketika berkunjung di Pulau Maratua ini.

Baca Untuk Lebih Jelasnya: Pulau Maratua, Eksotisme Maldives-nya Indonesia!

3. Berenang Bersama Ubur-Ubur di Pulau Kabakan

Berenang Bersama Ubur-Ubur di Pulau Kabakan

Objek wisata selanjutnya yang nggak boleh kamu lewatkan yaitu danau air tawar yang terdapat di Pulau Kabakan.

Daya tarik utama dari destinasi wisata ini yaitu adanya ribuan ubur-ubur air tawar yang menghuni danau ini. Tapi tenang, ubur-ubur ini tidak memiliki sengat.

4. Goa Bawah Laut “Blue Light Cave“

Goa Bawah Laut “Blue Light Cave“

Kepulauan Derawan memang populer akan keindahan alam bawah lautnya, karena menawarkan berbagai titik menyelam yang sangat diburu oleh para penyelam dari seluruh dunia.

Salah satunya yakni di “Blue Light Cave” , sebuah goa bawah laut yang sangat menakjubkan.

Selain itu, banyak lokasi penyelaman lain di kawasan kepulauan Derawan yang bisa kamu jelajahi. Seperti Shark Point yang terkenal akan keberadaan hiu-nya, Coral Garden dengan keindahan ragam terumbu karangnya,

Tuturuga Point, Snapper Point, dan masih banyak lagi.

Penginapan di pulau derawan

1. Penginapan Apung di Bibir Pantai Pulau Derawan

Penginapan Apung di Bibir Pantai Pulau Derawan
https://www.instagram.com/maratua.id/

Ini dia salah satu daya tarik wisata di Derawan yang nggak boleh terlewatkan. Yaitu sensasi bermalam di pinggir pantai yang terdapat di kepulauan cantik ini.

Kepulauan Derawan sudah terkenal akan penginapan-penginapannya yang berada diatas permukaan air laut di tepi pantai. Pastinya dengan bermalam di salah satu penginapan ini akan memberikan kamu pengalaman berkesan.

2. Derawan Dive Resort

Derawan Dive Resort yang nyaman
https://www.instagram.com/randycheese/

Berlokasi di jalan Pulau Derawan, Berau, Kalimantan Timur, penginapan ini merupakan penginapan favorit karena kamar-kamarnya menghadap langsung ke arah pantai, serta dekat dengan ujung dermaga. Eksotis banget kan guys?

LAGI HITS
Museum Fatahillah

Dengan harga sewa mulai Rp 600 ribuan per malam, kamu bisa menikmati berbagai tipe kamar yang disediakan. Seperti Deluxe room, VIP, Water Villa, serta Suite room.

3. Sari Cottage Derawan

Sari Cottage Derawan paling murah
https://www.instagram.com/vivioktaviani93/

Seperti namanya, cottage ini juga berada di pulau Derawan, Berau, Kalimantan Timur. Penginapan ini dibangun pada tahun 2012 lho guys.

Dengan herga sewa mulai Rp 125 ribuan per malam, kamu sudah bisa menikmati fasilitas seperti AC, TV, Wi-Fi gratis, restoran hingga jasa tour.

Tips wisata ke pulau derawan

Dalam berwisata, apabila kamu hendak berangkat sebaiknya cek terlebih dahulu segala hal yang diperlukan ya guys. Kamu bisa menerapkan tips berikut agar perjalanan liburanmu kali ini semakin nyaman. Ini dia tipsnya:

  • Jaga kondisi fisik

Perjalanan ke Kepulauan Derawan bukan hal yang sangat mudah. Kamu harus melalui perjalanan panjang dan waktu lama sekitar 5 jam lebih. Benar-benar cukup melelahkan lho.

Maka dari itu, sebaiknya siapkan stamina yang fit sebelum pergi ke berlibur. Jangan sampai kamu malah sakit ketika di perjalanan sehingga kurang menikmati holiday dengan maksimal.

  • Bawalah dry bag

Ini sangat penting lho, barang-barang berharga milikmu akan lebih aman saat disimpan di dalam dry bag. Jika dry bag terjatuh ke air, kamu nggak perlu khawatir karena bagian dalam tidak akan basah.

  • Siapkan sunblock

Ketika matahari bersinar cukup terik, kamu yang ingin melakukan banyak kegiatan akan sangat membutuhkan perlindungan dari efek buruk sinar matahari.

Selain membuat kulitmu hitam, kulitmu akan rusak jika terkena paparan sinar matahari terlalu lama.

  • Selalu jaga kebersihan

Alam di kawasan wisata ini masih terjaga keasliannya. Lautannya pun masih bersih, airnya jernih dan pantainya masih eksotis. Jadi sebagai traveller yang bijaksana kamu harus ikut serta dalam menjaga kelestarian daerah wisata ini dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Baca Juga: 9 Aktivitas Seru di Pantai Galesong

Itulah berbagai pesona dari Pulau Derawan yang terletak di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Objek wisata bersejarah ini memiliki keindahan alam luar biasa.

Bahkan di sekitar kawasan wisata ini terdapat berbagai tempat wisata indah yang bisa kamu jelajahi bersama dengan keluarga maupun orang tersayang. Sudah bersiap berlibur di pulau ini? Jangan lupa untuk jaga kondisi fisik terlebih dahulu ya. Selamat bersenang-senang!

/ 5. Vote count:

0
Jessica Susanti Jalan-jalan sambil nyari makan

Gunung Lembu

Jessica Susanti
7 min read

Pantai Prigi

Jessica Susanti
6 min read

Pantai Nglambor

Jessica Susanti
6 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *