Pulau Karimun Jawa
https://www.instagram.com/pinpinmaryanto/

Pulau Karimun Jawa

Apalagi yang diragukan dari Keindahan sebuah Pulau Karimun Jawa. Pulau ini sangat terkenal dengan wisata baharinya yang menawan dan super indah. Banyak wisatawan domestik dan mancanegara yang sangat ingin datang ke pulau satu ini.

Bagi kalian yang masih penasaran dengan sensasi dan Keindahan Apa yang ditawarkan akan langsung mimin berikan alasan dan informasi tentang Pulau ini. Jangan sampai terlewatkan

Pulau Karimun Jawa

Surga wisata laut di Pulau Jawa pastinya salah satu yang akan disebut adalah Karimun Jawa. Memiliki biota laut yang sangat luar biasa dan pantai pasir putih yang indah ini memang menjadi daya tarik karimunjawa.

Pulau ini sebenarnya merupakan sebuah gugusan pulau. Terdapat 27 pulau dan hanya 5 pulau diantaranya yang berpenghuni. Pulau-pulau ini sangat menakjubkan, semua memiliki pemandangan yang indah dan sangat memuaskan mata serta hasrat berlibur kalian.

Sudah resmi menjadi Taman Nasional pada maret 2001 jelas memiliki banyak keunggulan. Pulau ini memiliki hutan bakau dan hutan pantai yang mana merupakan rumah bagi terumbu karang dan ratusan spesies fauna laut . Disini juga memiliki hewan langka dan tumbuhan endemik loh.

Kamu juga harus tahu tentang Sejarah dari nama pulau ini. Warga sekitar mengatakan nama Karimun dari pulau ini berasal dari kata kremun dalam bahasa Jawa, yang artinya samar-samar. Dahulu pulau ini tampak samar-samar maka karena itu dikatakan kremun lalu menjadi terkenal dengan “Karimun”.

Lokasi

Pulau sebesar 4.302 Hektar ini terLetak di di Laut Jawa. Kurang lebih berjarak 80 km dari Kabupaten Jepara Provinsi Jawa Tengah, Letak tepatnya di sebelah utaranya Kota Jepara. Jika kamu melihat Peta lokasi pulau ini di peta atau google maps, kamu pasti tau kalau lokasinya berada di perairan.

Lokasinya memang membuat kita harus mengeluarkan usaha lebih untuk bisa sampai ke pulau ini. Walaupun lokasinya membutuhkan effort tapi gaes dijamin, ketika sudah sampai disini susah untuk balik ke rumah deh.

LAGI HITS
Pantai Galesong

Cara Pergi ke Pulau Karimun Jawa

Karena berada di laut Jawa untuk bisa mencapai pulau ini ada dua cara yaitu menggunakan transportasi udara dan laut. Transportasi laut kamu bisa menggunakan kapal motor atau kapal bahari biasa. Menggunakan kapal laut akan memakan waktu 2-3 jam kalau menggunakan kapal cepat.

Kapal motor cepat hanya berangkat seminggu sekali gaes, sabtu berangkat dari pelabuhan Tanjung Emas Semarang kembali pada minggu siang. Sedangkan kapal ekonomi memakan waktu perjalanan lebih lama sekitar 6 jam tetapi jadwalnya lebih banyak setiap 2 hari sekali dari pelabuhan Pantai Kartini Jepara.

Kamu yang menggunakan transportasi laut, harus ingat kapal akan berangkat kalau cuaca dan ombak sedang baik dan kemungkinan untuk berlayar ya. Apalagi kamu yang yang sedang Backpacker ke pulau ini transportasi laut akan sangat direkomendasikan.

Selain menggunakan kapal kamu juga menggunakan transportasi udara alias pesawat. Kamu yang menggunakan pesawat akan berangkat dari bandara Ahmad Yani Semarang menuju bandara Dewandaru waktu tempuh hanya waktu tempuh sekitar 30 menit.

Tiket Masuk Pulau Karimun Jawa

Tiket masuk pantai kawasan Taman Nasional Karimunjawa di beda antara wisatawan domestik dan manca negara.

Harga tiket untuk weekday untuk wisnus Rp. 5000 sedangkan wisman Rp. 150.000. Saat weekend wisnus dikenakan biaya Rp. 7.500, wisman dikenakan Rp. 225.000.

Harga tiket masuk untuk kegiatan di Kawasan ini beragam mulai Rp.5000 hingga Rp. 25.000. Harga tersebut merupakan harga utuk kegiatan umum yang ada di kawasan ini, seperti menyelam, memancig hingga camping di sini.

Kamu yang tidak mau terlalu ribet mengurusi tiket masuk bisa ikut travel tour ke karimun jawa. Ada banyak travel tour yang menawarkan Paket wisata ke pulau dengan pantai yang sangat indah ini. Bisa kamu coba tuh untuk ikut.

Baca Review: 5 Obyek Wisata Pantai Bandengan

Jam Buka

Jam buka tempat wisata ini sebenarnya 24 jam hanya saja tidak semua transportasi yang akan membawa kamu kesan buka 24 jam. Jam buka kawasan ini akan mengikuti jam dari transportasi yang akan membawa kamu ke sana.

Kamu yang sudah ada di kawasan untuk mau pergi ke pantainya bisa kapan saja, apalagi kamu yang ingin berkemah disana. Jadi bisa nih kamu eksplorasi sesuka mu yang penting harus waspada dan taat aturan.

Fasilitas di Pulau Karimun Jawa

Sudah diresmikannya menjadi taman nasional, karimun jawa pun memiliki Fasilitas yang tergolong lengkap. Segala jenis Penginapan ada disini, rumah makan, MCK, tempat ibadah juga ada. Jalan-jalan kesini kalau tidak punya kendaraan juga ada penyewaannya. Nyaman deh pokoknya.

LAGI HITS
Pantai Prigi

Kamu yang datang untuk berkemah juga ada lahannya, bahkan banyak tempat yang disarankan. Ada juga penyewaan alat-alat camping. Fasilitasnya sangat lengkap untuk sebuah tempat wisata yang juga terkenal di mancanegara.

Daya tarik/aktivitas seru di Pulau Karimun Jawa

Objek wisata bahari ini memiliki banyak daya tarik dan aktivitas seru yang bisa kamu nikmati. Beberapa aktivitasnya berskala besar dan international loh. Banyak juga aktifitas yang pasti sangat disukai bagi kamu pecinta pantai dan para backpackers. Lanjut aja deh langsung ya

1. Festival Tahunan

Festival Tahunan

Ada dua festival yang diadakan di Karimun jawa gaes. Pertama ada Festival Barikan Kubro, acara ini telah dilakukan secara turun-temurun dan diadakan setiap tahun oleh warga di Karimun jawa. Acara ini merupakan sujud syukur masyarakan atas hasil laut dan bumi yang didapatkan.

Acara ini akan mengarak hasil bumi dan hasil ,uni bersama dengan tumpeng. Lalu nantinya masyarakat akan berebut kacang hijau dan garam yang ada pada puncak tumpeng. Kok berebut itu? karena masyarakat menganggap kacang hijau dan garam sebagai jimat tolak bala.

Kedua ada festival Sail Karimunjawa, nah kalau yang ini acara tahunan yang dikerjakan oleh kementerian kelautan bersama masyarakat lokal bekerjasama dengan Sail Indonesia. Acara ini merupakan acara bahari tingkat internasional loh.

Nanti dalam acara ini akan ada banyak turis dari berbagai negara yang singgah. Nah singgah mereka ini nantikan akan sekaligus diperkenalkan Keindahan karimun dan ikut dalam kegiatan sosial yang ada di karimun jawa.

2. Snorkeling

Snorkeling yang menawan
https://www.instagram.com/yadinmulyana/

Ini sih kegiatan yang harus dilakukan ketika kamu datang ke pulau ini. Kamu bisa berenang bersama ikan-ikan yang lucu dan berwarna warni ditambah pemandangan terumbung karang yang masih indah dan kerusakan yang sangat minim, airnya juga jernih banget loh.

3. Diving

Diving
https://www.instagram.com/andysprynt/

Wah kamu yang masih belum puas snorkeling dan ingin memasuki laut karimun lebih dalam, pilihan yang sangat tepat jika kamu melakukan diving. Tidak bakal rugi tidak bakal kecewa gaess ketika diving disini.

Disini kamu akan melihat terumbu karang dan ikan-ikan dan lebih menakjubkannya disini terdapat keanekaragaman biota laut spesies langka. Apalagi disini juga ada sisa-sisa kapal karam tempo doeloe yang sudah ditumbuhi indahnya terumbu karang. Takjub deh pokoknya

LAGI HITS
Tempat Wisata di Bangka

4. Ada Hiu Nya

Ada Hiu Nya yang jinak
https://www.instagram.com/wonderful.karimunjava/

Disini ada hiu juga loh, eh maksudnya ada penangkaran ikan hiu. Penangkaran hiunya ada di Pulau Menjangan Besar, kamu akan melihat banyak hiu hewan laut yang terkenal buas. Eits tapi di penangkaran hiu disini seru banget loh.

Bagi kamu yang kepo dan ingin mencoba sesuatu baru bisa banget berenang bareng hiu-hiu di karimun jawa. Tenang kamu akan ditemani sama pemandu di tempat penangkaran kok. Setidak akan dapat pengalaman seru banget kan.

5. Hopping Islands

Hopping Islands
https://www.instagram.com/javaxcamera/

Hopping islands artinya menjelajahi pulau-pulau. Nah karimun disini merupakan sebuah kepulauan dan memiliki 27 pulau, kamu bisa banget nih mencoba kegiatan yang satu ini. Ada transportasi yang bisa kamu sewa untuk hopping island kok.

Ada banyak jasa kapal tradisional yang ditawarkan warga loka untuk bisa mengunjungi beberapa pulau terdekat dari pulau utama Karimunjawa. Kamu juga bisa mengunjungi spot gosong(daratan pasir yang hanya menyembul di tengah laut atau pada saat air laut surut)

Baca Rekomendasi: Kebun Teh Kemuning, Agrowisata Hits dan Kekinian di Karanganyar

6. Kemah dan Piknik

Kemah dan Pinik

Nah aktifitas yang satu ini juga seru banget kalau dilakukan disini loh. Kamu yang ingin menyatu dengan alam bisa banget dilakukan disini. Apalagi yang dulu cinta pramuka atau anak pencinta alam, pas banget karimunjawa dijadikan tempat buat kamu datangi.

Bangun dipagi hari bisa langsung melihat sunrise di tepi pantai pasir putih. menikmati siang di laut. Menjelang malam kamu bisa langsung menikmati senja lagi. Selain romantic yang bisa kamu rasakan, kamu juga bisa jadi lebih berasa emosional loh.

Wisata dekat Pulau Karimunjawa

Selain Pulau utama yang kamu singgahi dan nikmati. Ada beberapa tempat wisata lainya dimana kamu bisa nikmati Keindahan lainnya. Ini dia beberapa wisata lainnya.

1. Bukit Cinta

Bukit Cinta
https://www.instagram.com/abhisekatour/

Bukan hanya lautnya saja yang bisa kamu jelajahi kamu juga bisa menjelajahi daratan di karimun jawa. Salah satunya yang harus jelajahi adalah Bukit Cinta. salah satu ikon wisata yang harus kamu datangi nih.

Bukit adalah sebuah bukit yang menawarkan pemandangan keseluruhan dari pulau karimun. Selain itu ada banyak spot untuk berfoto dan uniknya spotnya bermacam-macam. Bukit cinta sesuai namanya kamu bisa datang bersama cintamu atau kamu juga bisa jatuh cinta di bukit ini.

2. Pantai kartini

Pantai kartini
https://www.instagram.com/andangsugiarto/

Nah kalau yang satu ini ada di Jepara, sebelum kamu menyeberang ke karimun bisa banget berkunjung ke pantai tempat banyak kapal dari atau ke karimun jawa singgah. Pantai ini juga memiliki pasir putih dan banyak spot foto yang bisa kamu nikmati.

LAGI HITS
Paralayang Batu

3. Kura-kura Ocean Park

keseruan berkunjung ke Kura-kura Ocean Park
https://www.instagram.com/fayaae/

Tak jauh dari pantai kartini bahkan satu tempat kamu bisa disinggahi Kura-Kura Ocean Park. Simbol yang menggambarkan Jepara sebagai tempat pembudidayaan penyu sisik. Di dalam Bangunan ini ada dua lantai yang menawarkan wisata edukasi mengenai biota laut dan bahari.

Lihat Review: Embung Kledung, Danau Buatan Dengan Keindahan Memikat

Penginapan dekat Pulau Karimunjawa

Disini ada banyak hotel, Penginapan kecil, hingga homestay yang ditawarkan kepada kalian yang ingin menginap.

Mulai dari hotel murah di karimun jawa, villa murah, homestay murah dan Penginapan murah banyak tersebar di pulau ini. Mulai dari tarif ratusan ribu sampai jutaan rupiah.

1. Mangrove Inn

tarif Manggrove Inn

Penginapan ini akan mimin rekomendasikan kepada kamu yang ingin menginap dengan sensasi bermalam dengan pantai pribadi. Disini selama menginap kau bisa bebas berenang karena memang berada di tepi pantai. Kamu juga bisa duduk-duduk santai di tepi panta.

Harganya juga masih pas dikantong kurang lebih Rp. 300.000. Fasilitasnya juga sangat memuaskan. Kamarnya cukup luas, ada Wifi, dan harga sudah termasuk sarapan. Hanya saja disini tidak ada room service dan peralatan mandi, jadi kamu bisa bawa sendiri peralatannya.

2. Karimun Lumbung

Karimun Lumbung

Cottage yang satu ini cocok banget buat kalian para pasangan yang ingin menikmati keromantisan. Memiliki bentuk seperti Hanoi dengan pemandangan danau buatan kecil. Fasilitas kamarnya standar pada umumnya.

Harganya juga terbilang murah. Selain itu disini kamu juga bisa menikmati api unggun. Jika kamu meminta maka para staf hotel akan membuatkan api unggun di belakang cottage mu. Menikmati malam ditemani api unggun, romantis banget kan.

Tips wisata ke Pulau Karimunjawa

Ayo sebelum berangkat ke pulau ini kamu harus baca tips ini dulu. Penting banget bagi kamu untuk merencanakan dan mencegah hal-hal yang akan menghalangi perjalanan berlibur mu jadi ayo di baca dulu tips berikut:

1. Cek Cuaca

Cek Cuaca

Hal yang tidak boleh sampai kamu lewatkan ketika ingin ke karimun jawa yaitu cek cuaca. Kamu bisa cek website BMKG untuk melihat cuaca, karena bisa jadi karena tidak cek cuaca kamu tidak berangkat ke karimun jawa loh.

2. Cek Jadwal Transportasi

Cek Jadwal Tranportasi

Ini juga penting untuk di cek, karena transportasi ke karimunjawa tidak memiliki jadwal setiap hari. Maka kamu wajib untuk melihat jadwalnya. Untuk membeli tiket juga harus on the spot belum ada sistem online. Maka karena itu dicek dulu jadwalnya dan berangkat dari mana.

LAGI HITS
Amazing Art World Bandung

3. Sunblock jangan Lupa

Sunblock jangan Lupa

Sunblock seperti wajib untuk kamu bawa karena berada di Tengah laut jelas cuacanya lebih terik. Daripada setelah berlibur di karimun jawa berubah menjadi gosong dan mengalami masalah kulit, mending disiapkan dulu sunblock kamu.

4. Jangan lupa coba Seafood

Jangan lupa coba Seafood

Disini hasil laut merupakan pangan utama, jadi kamu wajib banget untuk cicip-cicip seafood disini. Seafood disini juga segar loh, ada yang baru datang langsung dari laut. Seafoodnya juga bermacam-macam mulai dari lobster, kepiting, dan cumi super besar sampai udang.

5. Fokus dengan Keindahannya

Fokus dengan Keindahan yang tiada dua

Datang kesini kamu harus fokus dengan Keindahan dan suasana karimun jawa. Lupakan dulu kerjaan kalau bisa juga lupain dulu alat elektronik kamu. The beauty of Karimunjawa akan selalu bisa menemani dan membuat kamu puas akan kehidupan ini gaes.

Paket wisata ke Pulau Karimunjawa

Kamu yang tidak suka ribet untuk membeli tiket mencari hotel dan lain sebagainya ada banyak travel tour yang menawarkan Paket wisata kok. Jika kamu menggunakan jasa tur kamu langsung jalan ke karimun tanpa merepotkan banyak hal. Nah ini beberapa Paket wisata yang bisa kamu pilih.

1. Open Trip

Open Trip

Nah Paket wisata yang satu ini mungkin bisa dipilih dengan kalian yang ingin berlibur lebih hemat lagi. Paket Open Trip bisa dikatakan paket yang menawarkan liburan bersama-sama dengan orang lain yang mungkin tidak saling kenal satu sama lain dalam sebuah grup.

Dalam open trip aku diharuskan berbagi tempat dan kenangan. Kelebihan dari open trip jelas budget kamu lebih minim karena harganya murah apabila dibandingkan dengan liburan sendiri. Ada banyak juga travel tour yang menawarkan open trip

2. Private trip

Private trip

Nah kalau yang ini khusus buat kalian yang ingin berlibur lebih tenang dan hanya bersama dengan orang yang kamu kenal atau sendirian. Private tour ini biasanya menawarkan beberapa pilihan paket harian. Ada yang 2 Hari 1 malam atau lebih lama lagi.

Baca Juga: Keunikan Candi Bubrah yang Sangat Memikat

Ada juga yang sesuai keingin kalian. Kamu juga bisa memilih kamu pergi kemana, sampai mau berapa lama kamu akan berlibur. Akomodasi mau bintang berapa, paket private tour inilah yang bisa membuat keinginan kamu terwujud.

Wisata yang berpusat pada laut ini sudah mulai memikat kamu belum?. Intinya kamu tidak akan menyesal ketika memilih untuk berlibur ke Pulau Karimun Jawa. Kamu akan disuguhkan pemandangan yang tidak biasa mengenai laut, pantai pasir putih, dan pulau-pulau menawan lainnya.

Gravatar Image
Jalan-jalan sambil nyari makan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *