Jessica Susanti Jalan-jalan sambil nyari makan

Pulau Samalona

6 min read

Pulau Samalona makassar

Pulau Samalona merupakan sebuah pulau kecil di Selat Makasar, pulau ini dikenal sebagai destinasi wisata bahari yang menjadi primadona bagi para turis lokal maupun mancanegara.

Keunggulan pulau ini adalah ekosisatem bawah lautnya yang menyimpan sejuta pesona. Karena keunggulan tersebut, membuat Samalona sering kali dipromosikan sebagai tempat wisata yang wajib dikunjungi pada event pariwisata internasional.

Banyak sekali hal menarik yang bisa pengunjung lakukan di sini, seperti menyelam, berenang, bersantai menikmati keindahan pantai dan berfoto di spot-spot yang keren.

Lokasi Pulau Samalona

Secara administratif, Samalona termasuk wilayah Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Posisinya berada di sebelah barat Kecamatan Wajo, Makassar. Hanya berjarak sekitar 2 km dari kecamatan tersebut kita sudah bisa melihat pulau dengan jelas.

Lebih tepatnya, lokasi Samalona terletak di Laelae, Kecamatan Ujung Pandang, Makassar, Sulawesi Selatan. Letak pulau ini sangat strategis karena berdekatan dengan Pantai Losari.

Rute ke Pulau Samalona

Jarak pulau ini sekitar 7 km dari pusat Kota Makassar. Ada beberapa rute yang ditempuh untuk sampai ke titik wisata ini, yaitu:

• Untuk wisatawan luar pulau, dari Bandara Sultan Hasanuddin kemudian melanjutkan perjalanan menuju pusat Kota Makassar. Kalian bisa menaiki taxi, menyewa mobil ataupun naik bus Damri.
• Dari pusat kota, lanjutkan perjalanan menuju Benteng Fort Roterrdam
• Dari benteng, kamu bisa memilih salah satu jalur penyeberangan, yaitu Dermaga Popsa atau Dermaga Kayu Bangkoa.

Tiket Masuk Pulau Samalona

Nggak ada harga tiket masuk untuk berkunjung ke pulau ini, kalian hanya memerlukan biaya untuk menyewa perahu ketika menyeberang. Biaya penyeberangan sekitar Rp 300.000-Rp 500.000,-.

Lalu, jika kamu ingin melakukan aktivitas seperti snorkelling dan diving, bisa menyewa peralatan dengan biaya sekitar Rp 50.000-Rp 100.000,-.

Selain itu, kalian juga bisa menginap di sekitar pulau, kisaran harga penginapan di sini adalah muali dari Rp 200.000,- sampai Rp 500.000,- per malam.

Jam Buka Pulau Samalona

Pulau ini terbuka 24 jam setiap hari dengan jam operasional fasilitasnya yang berbeda-beda. Menghabiskan waktu liburan di tempat ini adalah hal yang tepat, karena meskipun jaraknya tak begitu jauh dari pusat kota, tidak ada kebisingan di pulau ini sehingga kamu akan merasa tenang dan damai.

Meskipun termasuk pulau kecil, tapi Samalona memiliki pesona yang tak pernah pudar. Nggak heran jika pulau ini menjadi destinasi wisata paling banyak dituju wisatawan.

Fasilitas di Pulau Samalona

Fasilitas di pulau ini termasuk lengkap, seperti mushola, toilet umum yang bersih, warung makan dengan bermacam-macam makanan lautnya dan berbagai layanan penyewaan seperti peralatan menyelam, gazebo dan tenda payung di tepi pantai.

Selain itu, pulau ini juga menyediakan fasilitas penginapan yang disediakan penduduk setempat unutk pengunjung yang ingin menghabiskan waktu liburan di Samalona ini.

Daya Tarik Pulau Samalona

Pulau yang hanya memiliki luas sekitar 2,34 hektar ini memang termasuk pulau kecil, tapi daya tariknya membuat banyak sekali wisatawan lokal dan mancanegara yang mengunjunginya. Apa saja daya tariknya? Mari kita bahas sama-sama dibawah!

1. Panorama Pantai

travel Panorama Pantai
https://www.instagram.com/masra.suyuti/

Pantai di Samalona memiliki pasir putih yang halus dan air laut yang jernih nan segar. Pantai ini menjajdi spot foto yang bagus dan mengasyikan.

Jangan lupa bersantai di sekitar pantai sambil menikmati panorama sekitar yang begitu cantik, bersantai lalu ditemani dengan kelapa yang begitu menyegarkan membuat pikiran menjadi fresh.

Saat senja, pengunjung bisa melihat bagaimana tenggelamnya matahari dengan suasana langit berwarna oranye yang sungguh menawan.

Baca Juga: Pantai Tanjung Bira, Surga Tersembunyi di Ujung Selatan Sulawesi

2. Ekosistem Bawah Laut

keren Ekosistem Bawah Laut
https://www.instagram.com/explorer_ocean/

Keunggulan pulau ini adalah keindahan dunia bawah lautnya. Kamu bisa melakukan aktivitas seperti berenang, diving, dan snorkelling. Saat menyelam, kalian bisa melihat terumbu karang yang cantik dengan berbagai macam ikan berwarna-warni.

Pengunjung bisa menikmati sensasi menyelam di laut lepas berwarna biru dengan garis-garis cahaya matahari yang terlihat jelas menyusup ke dalam air.

Harga diving di sini juga cukup terjangkau kok guys, selain itu yang menjadi nilai tambah ketika menyelam adalah, adanya kapal sisa Perang Dunia ke-2 yang telah ditumbuhi karang cantik di sekitar pulau ini.

3. Banana Boat

Banana Boat

Pulau ini menyediakan permainan banana boat yang mengasyikkan. Wahana tersebut berbentuk perahu karet yang menyerupai pisang, perahu dapat ditumpangi oleh enam orang dan satu orang pemandu.

Perahu akan ditarik oleh speed boat memutari pantai dengan kecepatan sedang hingga tinggi. Satu kali putaran biasanya sekitar 15 menitan.

Harga sewa wahana ini adalah sekitar Rp 150.000,-, dengan membayar sejumlah itu kalian bisa memicu adrenalin di atas lautan biru.

4. Villa Belanda

Villa Belanda

Pulau ini dikenal dengan sebutan spermonde karena menyimpan banyak ingatan sejarah. Pada masa pendudukan Belanda di Indonesia, sekitar 350 orang Belanda tinggal dan menetap di Sulawesi.

Karena Samalona menjadi destinasi wisata bagi para pejabat tinggi, maka dibangun sebuah villa di pulau sebagai tempat peristirahatan.

Tapi sayangnya villa ini sudah rubuh dimakan usia, karena sudah berdiri hampir 100 tahun. Tidak banyak hal yang tersisa dari villa tersebut, tapi kalian masih bisa melihat sisa atapnya guys.

5. Ziarah Makam

Ziarah Makam

Selain memiliki view alam yang seperti suga dan menjadi destinasi wisata unggulan, Samalona juga terkenal dengan cerita sejarahnya.

Seperti adanya sebuah kuburan tua di pulau ini, di hari-hari tertentu beberapa orang dari luar pulau akan datang berziarah ke makam tersebut.

Beberapa mengatakan bahwa jenazah yang dikuburkan adalah suku Bajoe, karena Samalona merupakan tempat persinggahan para pedagang dan pelayar. Dengan letak pulau yang berada di tengah-tengah menjadikannya sebagai jalur perlintasan para pelayar ulung.

Lihat Review: Trans Studio Makassar, Theme Park Indoor dengan Empat Zona Unik

Hotel Dekat Pulau Samalona

Di dalam pulau ada fasilitas penginapan jika kalian ingin bermalam, tapi jika penginapan penuh ada beberapa hotel terdekat yang bisa menjadi pilihanmu, yaitu:

1. The Rinra Makassar

The Rinra Makassar tenyaman

Berlokasi di Jl. Metero Tanjung Bunga No. 2, Makassar. Hotel ini memiliki infinity pool dengan view yang luar biasa cantik. Rate per malamnya Rp 800.000,- sudah termasuk sarapan. Letaknya sekitar 7,3 km dari pulau.

2. Aston Makassar Hotel & Convention Center

Aston Makassar Hotel & Convention Center
https://www.instagram.com/officialolaqueennews/

Aston Makassar juga memiliki infinity pool yang tak kalah menarik, selain itu desain ruangan hotel sangat bagus dan instagramamble.

Letak hotel ini berada di Jalan Sultan Hasanuddin No. 10, Makassar. Rate per malamnya adalah Rp 658.000,- sudah termasuk sarapan. Jarak Aston Makassar dengan pulau sekitar 7,2 km.

3. Ibis Makassar City Center

Ibis Makassar City Center murah
www.instagram.com/ibismakassarcitycenter/

Berlokasi di Jalan Maipa No. 8, Makassar, jarak hotel dengan pulau sekitar 7,7km. Untuk rate per malamnya sekitar Rp 355.000,- sudah termasuk sarapan, harganya lumayan murah ya guys dibanding penginapan yang lain.

4. Pesona Hotel Makassar

kenyamanan Pesona Hotel Makassar
https://www.instagram.com/vitaanitasari7380/

Jarak hotel dengan pulau lumayan jauh, sekitar 8,4 km, karena di radius 5-6 km dari pulau memang tidak ada penginapan. Penginapan terdekat adalah di dalam pulau itu sendiri.

Hotel ini berada di Jalan Andi Mappanyukki No. 49, Makassar, dengan rate per malamnya sekitar Rp 285.000,-.

5.  Aryaduta Makassar

Aryaduta Makassar terdekat dari pantai
www.instagram.com/kepinhelmy/

Berlokasi di Jalan Somba Opu no. 297, Makassar, jarak hotel dari pulau sekitar 7,5 km. untuk rate per malam disini sekitar Rp 826.000,-, harga tersebut sudah termasuk sarapan ya guys.

Baca Selengkapnya: 9 Aktivitas Seru di Pantai Losari (Gratis tapi Keren Abis)

Wisata Dekat Pulau Samalona

1. Pulau Kodingareng Keke

Pulau Kodingareng Keke makassar indah
https://www.instagram.com/visit_sulsel/

Perjalanan dari Samalona ke pulau ini memerlukan waktu sekitar 15 menit, Pulau Kodingareng tidak berpenghuni, tapi sudah banyak di kenal sebagai salah satu serpihan surga nan indah di Makassar.

Banyak sekali wisatawan yang menjadikan pulau ini sebagai salah satu destinasi wisata alam yang wajib dikunjungi, aktivitas utama di sini adalah diving dan snorkeling.

2. Pulau Khayangan

Pulau Khayangan
www.instagram.com/hijabindokece/

Pulau ini dikaruniai alam yang indah dan mempesona. Pesisir sebelah barat pulau menghadap langsung ke arah laut lepas selat Makassar. Pesisir bagian timur mengarah ke arah Kota Makassar, tepatnya berhadapan dengan pelabuhan.

Di pesisr barat, kita bisa memandang birunya air laut dan gugusan pulau-pulau kecil. View alamnya sangat eksotis dan menawan.

3. Fort Rotterdam atau Benteng Ujung Pandang

Fort Rotterdam atau Benteng Ujung Pandang
https://www.instagram.com/ebizombie/

Benteng ini merupakan sebuah peninggalan dari Kerajaan Gowa-Tallo. Letaknya berada di pinggir pantai sebelah barat Kota Makasar. Seperti pada benteng lainnya, Fort Rotterdam juga memiliki misteri dari kisah masa lalunya.

Benteng Fort Rotterdam ini bisa kalian jadikan pilihan wisata yang menambah edukasi sejarah mengenai kerajaan di Indonesia, meskipun memiliki cerita misteri tapi banteng ini nggak nyeremin kok guys. Banyak spot unik yang bisa menjadi background foto kamu.

4. Pantai Losari

Pantai Losari
https://www.instagram.com/fitriwulandaris/

Pantai ini terletak di sebelah barat Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Pantai Losari menjadi tempat bagi para wisatawan dan warga Makassar untuk menghabiskan waktu pada pagi, sore dan malam hari.

Selain itu, di sini kalian bisa menikmati pemandangan matahari tenggelam yang sangat mempesona.

5. Bugis Waterpark

Bugis Waterpark yang menantang
https://www.instagram.com/unique_luxury_lifestyle_mena/

Bugis Waterpark berada di Perumahan Bukit Baruga Antang, Makassar. Jika kalian lelah setelah bermain pasir, bisa mengunjungi waterpark ini untuk menyegarkan diri bersama teman-teman dan keluarga.

Selain bersantai, kamu juga bisa menguji nyali dan mamcu adrenalinmu di wahana-wahana yang ada. Tiket masuk waterpark di hari Senin-Jumat Rp 150.00,- sedangkan hari Sabtu, Minggu dan hari libur Rp 200.000,-.

Paket Wisata ke Pulau Samalona

Berikut informasi mengenai paket wisata di Samalona:

• Harga paket open trip 1 day Rp 400.000,- per orang.
• Paket sewa kapal 1 hari penuh Rp 200.000,- per orang, paket sewa kapal ini cuma buat traveller personal yang hanya ingin sekedar bersantai atau berkunjung ke pulau.

Port keberangkatannya di Anjungan Pantai Losari Jam 08.00 WITA, untuk port pulang sesuai kesepakatan bersama jam 18.00 WITA.

Tips-Tips Ketika Berwisata

Supaya liburanmu maksimal dan menyenangkan selama di Pulau Samalona, berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan, yaitu:

• Pastikan selalu waspada terhadap calo ketika hendak menyeberang, terutama di Benteng Fort Rotterdam.
• Kamu harus berani dan pandai menawar supaya mendapatkan harga terjangkau saat berwisata.
• Jangan lupa membawa lotion anti nyamuk dan sunscreen ya guys.
• Datanglah saat musim panas, supaya kalian bisa menikmati sunset terbaiknya Samalona.
• Dan yang terpenting, jangan lupa membawa kamera kesayangan kamu, kalau perlu bawa kamera underwater, supaya bisa mengabadikan aktivitasmu saat diving atau snorkeling.

Baca Rekomendasi: 9 Aktivitas Seru di Pantai Galesong (Santai Sambil Mantai)

Nah guys, itu tadi pembahasan mengenai daya tarik Pulau Samalona. Keindahan pulau ini pasti nggak akan mengecewakanmu deh.

Gimana? Kalian masih bingung mau menghabiskan waktu liburan dimana? Pulau ini bisa menjadi pilihan liburan yang tepat guys, selain terkenal dengan keindahannya pulau ini juga menyimpan sejarah yang bisa menambah edukasi kamu.

3 / 5. Vote count: 1

0
Jessica Susanti
Jessica Susanti Jalan-jalan sambil nyari makan

Situ Gunung

Jessica Susanti Jessica Susanti
7 min read

Pantai Srau

Jessica Susanti Jessica Susanti
5 min read

Pantai Siung

Jessica Susanti Jessica Susanti
6 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *