Puncak Lawang

8 min read

Puncak Lawang

Nampaknya sudah biasa yaa menikmati keindahan danau di depan danaunya langsung, tapi bagaimana jika menikmatinya dengan cara berbeda? Coba deh datang ke Puncak Lawang.

Disini kalian bisa puas mandangin danau terbesar kedua di Sumatera Barat yaitu Danau Maninjau yang superduper keren pemandangannya.

Pemandangan yang indah, air bening bak cermin dan bentang dataran yang hijau dikelilingi bukit terjal, semua ini kalian dapat nikmati dari sini.

Keindahan view danau yang merupakan saksi letusan merapi ratusan tahun lalu kian menjadi primadona destinasi wisata sumbar baik oleh lokal bahkan hingga mancanegara.

Puncak Lawang

Puncak Lawang adalah spot terbaik untuk menikmati panorama Danau Maninjau dari ketinggian. Tak main-main, ketinggiannya hingga mencapai 1210 mdpl. Saking tingginya kalian dapat menikmati keseluruhan view danau yang luasnya mencapai 100 km².

Selain itu banyak spot dan hal menarik lainnya yang bisa kalian lakukan di bukit yang terletak di Kabupaten Agam ini, apalagi sobat menginap di resort yang ada disini tentu menciptakan rasa takjub dan pengalaman yang tak terlupakan.

Nah sebelum berkunjung simak nih informasi terkini dari objek wisata yang sedang hits di 2020 ini sebagai berikut:

Lokasi

Lokasinya enggak jauh dari pusat Kota Bukittinggi, Sumatera Barat dengan jarak 22 km serta membutuhkan waktu sekitar 45-60 menit buat sampai di puncak yang keren ini.

Berlokasi di Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Jalan Menuju Objek Wisata

Kalian yang mau berangkat dari Kota Padang, bisa melalui daerah Lawang.

Dari Bukittinggi menuju simpang tiga Matur, kalian bisa mengambil arah kanan, di jalur ini sobat akan menemui hamparan perkebunan tebu masyarakat Lawang. Melewati rute ini membutuhkan waktu 45 menit – 1 jam.

Rute Kedua sobat menggunakan rute Padang Panjang membutuhkan waktu lebih lama yaitu 1-2 jam dengan melewati Ambun Pagi. Dari Ambun Pagi sekitar 3 km setelah matur, tepatnya sebelum jalan Kelok 44 kalian akan sampai di objek wisata ini.

Nah bagi kalian yang suka berpetualang, bisa mencoba rute lain yaitu melewati Pasar Bayur, 4 km utara Danau Maninjau dengan waktu tempuh 1,5 hingga 2 jam dengan jalan setapak mendaki dinaungi pohon-pohon rimbun.

Jam Buka

Tempat wisata ini dibuka Senin – Minggu alias setiap hari loh sob. Kalian bisa menikmati ademnya suasana pagi disini dan senja dari atas puncak.

Jam operasional wisata ini pukul 08.00 wib s.d. 18.00 wib.

Tiket Masuk

Harga tiket masuk ke Puncak wisata ini cukup murah sob, yaitu dipatok seharga Rp 10.000 per orang tentu tidak sebanding dengan keindahan yang akan didapatkan.

Disini dikenakan biaya parkir juga sob, untuk tarif parkir untuk motor Rp. 20.000, sedangkan tarif parkir mobil dikenakan Rp. 50.000 per mobil.

Fasilitas

Kalian bisa beristirahat di gubuk-gubuk sederhana dari kayu dan bambu pada spot tertentu yang telah difasilitasi oleh pengelola wisata, gubuk ini sangat nyaman sambil menikmati view dan udara yang sejuk.

Selain itu sobat bisa menggunakan dan menikmati spot tertentu sebagai tempat untuk berpose ria disertai cantiknya view yang ada.

Disini juga terkenal akan aneka macam wahana permainan yang bisa menguji keberanian dan memacu adrenalin kalian, seperti flying fox, melintasi jembatan ban, melintasi jembatan goyang, arum jeram dan paralayang.

Baca Selengkapnya: 7 Fakta Menarik Danau Singkarak dan Pesonanya yang Memikat

Daya Tarik Wisata Puncak Lawang

Pasti sobat semakin penasaran, apa saja yang bisa dinikmati di objek wisata ini? Langsung saja ulasannya dibawah ini, check it out!

1. Paralayang di atas Maninjau

puncak lawang bukittinggi sumbar

Kalian tau enggak kalo ternyata Paralayang disini merupakan spot terbaik di Asia Tenggara? Wah kebayangkan betapa indahnya kalau kita melayang diatas Maninjau.

Sobat akan memandangi pohon pinus, hamparan air bening Maninjau yang sungguh menakjubkan. Jangan lupa bawa Gopro buat mengabadikan moment terbang kalian yak, pasti hits abis deh.

Saking kerennya, setiap tahun ada event tahunan yang diadakan oleh Pemda dengan peserta hingga mancanegara loh guys. Jauh-jauh hanya untuk lomba paralayang di Puncak Lawang?

Nah kalau mau coba wahana ini kalian harus merogoh kocek lebih dalam ya, sekitar Rp 600 ribuan itu sudah include sewa paralayang dan jasa tandem yang menemani kita terbang kok, Jadi aman pastinya. Kabarnya biaya ini lebih murah dibanding paralayang ditempat lain.

2. Menikmati Panorama Danau Maninjau

puncak lawang bukittinggi

Sudah tidak diragukan lagi keindahan danau ini, apalagi bila dilihat dari ketinggian. Danau yang berwarna biru dengan air yang sangat bening akan membuat kalian tak bosan memandanginya.

Selain itu suasana nan sejuk menghantarkan sobat untuk berlama-lama disini. Disini banyak spot foto yang bagus banget buat feed Instagram kalian lho, So jangan lupa buat jepret-jepret sekalian bikin video pake drone beuhh hasilnya mantul pasti.

Tak kalah seru dan nikmat jika kalian disini sambil seruput kopi hitam khas Sumatra dibeberapa spot disekitar puncak tentu akan menenangkan dan suasana akan semakin hangat.

Bagi kalian pemburu spot bagus buat fotografi ada sedikit saran nih, sebaiknya kalau kesini siang hari guys, karna kalau pagi atau sore turun kabut tebal.

3. Puncak Lawang Advanture Park

jalan menuju puncak lawang agam

Nah, ternyata disini juga ada penginapan di keren, bukan hotel atau cottage tapi villa dengan mengusung konsep adventure dormitory ala ala backpacker Eropa.

Bawa rombongan? Bisa kok disini kabarnya penginapan disini bisa menampung tamu menginap hingga 150 orang. Fasilitasnya juga lengkap, mulai dari musholla, ruang pertemuan, ruang karoke, serta gazebo dengan pemandangan Maninjau yang eksotis.

Ada beberapa tipe akomodasi di Lawang Adventure Park, yakni villa Rumah Gadang dengan 7 kamar berkapasitas 40-60 orang. Lalu ada Cottage Atok Rumbio dengan 6 kamar berkapasitas 50-80 orang serta camping ground.

Disini juga biasa digunakan buat kegiatan outbond dan adventure seru seperti arum jeram. Jadi kalian mau ngadain acara gathering, latihan dasar kepemimpinan, bisa coba ngadain acaranya disini ya!

4. Arena Bermain Anak

penginapan di puncak lawang agam

Terbayang dibenak kalian disini hanya bisa menjadi destinasi wisata bagi orang dewasa, kalau sobat berfikir begitu salah besar sob!

Wisata ini ternyata sangat memperhatikan anak-anak, karena anak-anak pun disini bisa bermain diarena permainan yang dirancang khusus.

Tidak hanya orang dewasa, anak-anak bisa bermain bungee jumping dan fliying fox disini! Permainan ini selain seru juga bisa melatih adrenalin anak dan kecerdasaran motorik anak.

Saat sang anak bermain, orangtua bisa sambil menikmati kopi dan makanan dibawah pohon pinus memandangi Maninjau. Gimana, seru kan?

Well, jangan ragu datang kesini yaaa karna disini juga cocok sebagai wisata keluarga yang bisa mengedukasi tentunya.

5. Berpose di Hutan Pinus

letak puncak lawang agam

Wisata ini terdiri dari hamparan pinusan dengan suhu udara yang sejuk dan kualitas oksigen yang masih sangat bagus ditambah dengan suara kicauan burung dalam nyanyian rindu yang akan membawa suasana kian romantis.

Jejeran pohon pinus yang hijau dan saling berbaris seperti tentara membuatnya sangat unik dan kesan yang dramatis itulah alasan sobat sangat suka berpose di pinusan.

Pohon pinus sudah sering dijadikan lokasi untuk berfoto, bukan hanya untuk koleksi pribadi bahkan lokasi foto preweding atau foto untuk event tertentu.

Setelah lelah bermain, biasanya spot ini menjadi spot favorit untuk beristirahat sejenak dengan menggelarkan tikar, menyeduh kopi dan mie cup instan tentu sangat menyenangkan.

Kalian juga bisa mendirikan tenda disini loh, oh iya disini spot camping favorit lho!

6. Berkemah ceria

wisata puncak lawang agam

Mau menikmati suasana di puncak ini dengan hal yang berbeda? Bosan dengan suasana menginap hotel yang gitu-gitu aja? Nah kalian bisa coba untuk berkemah disini sob!

Berkemah di area pinusan dengan pemandangan danau dan udara yang asri tentu menyuguhkan kesenangan sendiri bagi penikmatnya apalagi kalau dilakukan beramai-ramai bersama sahabat atau kerabat terdekat.

Tapi tetap harus berhati-hati ya guys karena area perbukitan, pada jam-jam tertentu akan datang kabut tebal yang menyelimuti dan hujan.

Perlu diperhatikan kalau kalian kemah, bersiaplah dengan segala peralatan yang memadai, obat-obatan dan stok makanan yang cukup ya.

Kalau mau kemah disini, hubungi pengelola dulu ya gengs. Selain izin nanti akan diberi arahan supaya kemah kalian mengesankan dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Rekomendasi: Ngarai Sianok, Keindahan Panorama Lembah di Bukittinggi

7. Pembuatan Gula Merah Tenaga Kerbau

puncak arjuno lawang

Ternyata ada hal menarik lainnya yang menjadi daya tarik sendiri buat kalian berkunjung ke Puncak Lawang nih guys, yaitu Perkebunan tebu dan kilang gula merah.

Petani di Agam ini bukan hanya berkebun tebu, tapi mereka memproduksi gula merahnya juga loh. Disini kalian bisa melihat proses pembuatan gula merah yang penggilingannya masih pakai tenaga kerbau dan peralatan tradisional yang digunakan lainnya.

Sebelum tebu diolah menjadi gula, air tebu harus diperas terlebih dahulu. Nah disitulah peran tenaga kerbau untuk menggiling tebu sampai air tebu keluar. Wah sangat menarik bukan?

Gula merah ini juga dapat dijadikan buah tangan guys, terutama bagi kalian pelancong luar kota sudah pasti rasa dan aromanya benar-benar berbeda dibanding gula merah lain.

Hotel dekat Puncak Lawang

1. Hotel Maninjau Indah

puncak lawang agam regency west sumatra

Hotel Maninjau menjadi pilihan untuk kalian menginap terletak di Jalan Telaga Biru No.1, Maninjau, Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Fasilitas lengkap dan kolam renang outdoor tentu membuat liburan sobat menjadi lebih seru.
Tarif yang dipatok mulai dari Rp 375.000 per malam. Jarak hotel ini dengan objek wisata lawang adalah 14,4 km, dengan waktu tempuh sekitar 36 menit.

2. Hotel Pasir Panjang Permai

puncak lawang adventure park

Terletak di Kabupaten Agam tepatnya di Jalan Raya Maninjau. Kecamatan Tanjung Raya, Maninjau, Kabupaten Agam. Untuk mencapai hotel ini kalian perlu menempuh jarak 15,5 km atau sekitar 36 menit.

Hotel ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagi kalian wisatawan yang ingin merasakan tinggal di Minang, karena nuansa minang sangat kental disini.

Saat sobat datang akan disuguhkan dengan konsep Minang di seluruh sisi hotel hingga kamar untuk menginap. Wah keren ya, untuk harga inap di Hotel Pasir Panjang Permai dipatok mulai dari Rp 400.000 per malam.

3. Homestay Madani Perjuangan

puncak lawang danau maninjau

Buat sobat yang enggak mau jauh-jauh dari objek wisata lawang, bisa coba menginap di Homestay Madani Perjuangan nih!

Berjarak cuma 3 km aja dari wisata lawang kalian sudah sampai di homestay ini, berada di Jalan Puncak Lawang kecamatan Matur kabupaten Agam, Sumatera Barat membuat villa ini jadi favorit wisatawan sebagai tempat menginap

Selain karena letaknya yang tidak jauh dari objek wisata, tapi juga harganya yang lumayan pas dikantong, dengan tarif mulai dari Rp 250.000 aja per malam.

4. Grand Rocky Hotel Bukittinggi

puncak lawang medan

Grand Rocky Hotel Bukittinggi bisa jadi pilihan lho guys buat kalian yang lagi cari hotel modern disini tempatnya. Hotel bintang 4 ini memiliki fasilitas yang lengkap dan super mewah!!

Kamar-kamarnya yang elegan memiliki interior bergaya modern dengan lantai berkarpet dan lampu sesuai suasana yang hangat. Restorannya menyajikan berbagai macam hidangan lokal, Asia, dan internasional.

Berada di Jalan Komodor Laut Yos Sudarso no. 29, Guguk Panjang, Bukittinggi. lokasi yang sangat strategis karena dekat dengan pusat wisata seperti Jam Gadang dan Ngarai Sianok.

Nah kalau dari hotel ini ke destinasi Lawang membutuhkan waktu sekitar 50 menit, dengan jarak tempuh 20 km.

Baca Juga: Istana Pagaruyung, Megahnya Cagar Budaya Minangkabau

5. Parkside Nuansa Maninjau Resort

puncak lawang di daerah mana

Percaya enggak kalo ternyata Kabupaten Agam juga punya hotel bintang 3 loh sob, di Parkside Nuansa Maninjau Resort kalian bisa menginap dihotel berbintang namun dengan nuansa pedesaan.

Hotel yang beralamat di Embun Pagi, Matua Mudiak, Matur, Kabupaten Agam, Sumatera Barat ini memiliki pemandangan yang indah nan asri, dengan pepohonan hijau disekitarnya. Selain itu disini kalian bisa berenang dikolam outdoor disini.

Untuk menuju wisata puncak sobat membutuhkan waktu sekitar 40 menit sedangkan tarif yang dipatok hotel ini seharga Rp 400.000 ribuan per malam nya.

6. Muara Beach Bungalows

puncak lawang cottage

Ada lagi nih penginapan yang enggak jauh dari objek wisata lawang dengan harga yang terjangkau banget pastinya. Sobat bisa menginap mulai dari Rp 100.000 an per malamnya.

Muara Beach Bungalows ini hotel yang konsepnya mirip rumah adat Minang, sederhana tapi bersih dan nyaman kok. Tiap kamarnya dibangun dari kayu dengan danau dan pohonan hijau disekelilingnya menambah kalian betah ada disini.

Jarak dari penginapan ini ke wisata cukup dekat guys, kalian hanya membutuhkan waktu 20 menit aja loh. Tertarik menginap disini?

Objek Wisata Dekat Puncak Lawang

1. Danau Maninjau

puncak lawang agam

Nah kalau udah lihat dari atas, kurang lengkap rasanya kalau kita engga berkunjung ke danaunya secara langsung, yaa ke Danau Manjinau, dengan jarak tempuh 35 km dari puncak.

Selain misteri danau yang sangat menarik untuk dikulik dan pemandangan yang sangat indah, Kini Danau Maninjau mempersembahkan tampilan baru dengan adanya Linggai Park, wisata diarea danau ini wisata baru 2020 berkonsep wisata anak dan keluarga.

Dilengkapi fasilitas seperti tempat duduk yang bagus untuk bersantai, taman bunga, air mancur dan ruang terbuka menjadi cocok untuk bersantai.

Uniknya lagi disini terdapat pedagang oleh-oleh khas berupa pensi dan rinuak yang tidak bisa didapatkan di daerah lain di Indonesia.

2. Keloh Ampek Puluah Ampek

puncak lawang 2019

Kalian pasti sudah sangat sering mendengar kelok 44? dan mengapa dinamakan seperti itu?
Kelok berarti tikungan, jadi kelok 44 adalah jalanan dengan jumlah tikungan mencapai 44 tikungan secara berturut-turut. Jalan ini menghubungkan Danau Maninjau dan Embun Pagi puncak.

Pemandangan yang ditawarkan di sepanjang jalan sangatlah indah nan menyegarkan. Bahkan kelok ini dikabarkan sebagai spot terbaik untuk menikmati keindagan Maninjau. Yaitu dari tengah Kelok 44, yaitu di kelok 23 hingga kelok 30.

Selain itu, Kelok 44 ini adalah jalan menuju Maninjau, dari Puncak Lawang kalian hanya perlu membutuhkan waktu 10 menit untuk sampai kesini.

3. Jam Gadang Bukit Tinggi

puncak lawang park

Kalau mau bergeser agak jauh cobalah sobat berkunjung ke Jam Gadang, di Kota Bukit Tinggi.

Ikon wisata Bukittinggi yang sangat legendaris ini kini menjadi objek wisata di Indonesia dengan paket komplit, mulai dari kuliner, pusat oleh-oleh, hingga taman.

Lokasi Jam Gadang disebut-sebut berada di titik nol Kota Bukittinggi, sehingga kita bisa melihat semua kawasan yang ada kota ini. Selain itu banyaknya spot intagramamble disini membuat para pelancong senang berpose di wisata ini.

Lokasi wisata ini juga berdekatan dengan objek wisata lain seperti kebun binatang, Ngarai Sianok, dan Lubang Jepang dan kita bisa kesana hanya dengan berjalan kaki saja.

4. Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan

puncak lawang sumbar

Tak jauh dari jam Gadang, kita juga bisa berkunjung ke kebun binatang Bukittinggi. Yang tak biasa adalah hanya disini kalian bisa menemui beraneka hewan tua di Indonesia.

Tak hanya itu, saat berkunjung ke sini, sobat akan disuguhi pemandangan bukit dengan bentangan alam luar biasa mulai dari gunung Singgalang, Sago, Marapi dan tentunya Ngarai Sianok.

Jangan lupa untuk melihat keindahan Rumah Adat Baanjuang (Rumah Gadang) bergonjong Gajah Maharam. Memiliki sembilan ruangan dengan anjungan di bagian kanan dan kiri, bangunan ini dibangun pada tahun 1935 lalu.

Selain itu sobat bisa menikmati dan mempelajari kebudayaan tradisional masyarakat Minangkabau di rumah adat ini.

5. Lobang Jepang

puncak lawang dimana

Mau coba berwisata dengan sensari berbeda? Kalian bisa menjelajah di Lobang Jepang.
Menjelajahi kompleks terowongan dan goa ini dijamin akan membuat deg degan, selain sejarahnya yang kelam, sobat dapat melihat betapa gagahnya benteng pertahanan yang kuat.

Bunker bawah tanah ini memiliki panjang 1.470 meter dan berjarak 40 meter di bawah Ngarai Sianok. Tiap terowongan berdiameter 3 meter dan mempunyai dinding yang begitu tebal sehingga kedap suara.

Ada 21 terowongan di dalam bunker, yang dulunya digunakan untuk menyimpan amunisi, tempat tinggal, ruang pertemuan, ruang tahanan, ruang makan, dapur, ruang sidang, ruang penyiksaan, ruang mata-mata, ruang penyergapan, dan pintu gerbang untuk melarikan diri.

Nah, itulah 7 daya tarik Puncak Lawang wisata favorit kian hits di Sumatera Barat.

Lihat Review: 9 Fakta Tentang Bukit Siguntang Palembang: Situs Sejarah yang Mistis

Terbang diatas awan dengan paralayang, menikmati indahnya Maninjau dari ketinggian bahkan menginap di villa yang sangat unik. Tentu objek wisata ini bisa menjadi alternatif tujuan destinasi wisata yang kalian bisa dikunjungi di tahun 2020 ini. Bagaimana sobat tertarik untuk mengunjunginya?

Selamat berlibur, jaga kesehatan dan kebersihan!

Pelabuhan Ratu

Jessica Susanti
6 min read

Pantai Sendiki

Jessica Susanti
5 min read

Pantai Pandawa Bali

Jessica Susanti
9 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *