Saung Angklung Udjo

8 min read

saung angklung udjo bandung

Bandung dikenal sebagai kota wisata di Jawa Barat. Mulai dari wisata alam, kuliner, sejarah, edukasi, hingga budaya. Salah satu wisata budaya dan edukasi terpopuler di Bandung adalah Saung Angklung Udjo.

Saung Angklung Udjo telah berdiri sejak tahun 1966. Sebagai tempat wisata yang berlokasi di Bandung, Saung Angklung Udjo fokus untuk mengenalkan budaya Sunda khususnya angklung.

Saung Angklung Udjo tak hanya terkenal di kalangan pengunjung domestik. Tak sedikit pengunjung asing jauh – jauh ke Bandung untuk mengenal budaya Sunda dan mempelajari angklung.

Lokasi Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo didirikan oleh seniman Sunda yang dijuluki Mang Udjo. Saung Angklung Udjo didirikan beliau karena kecintaannya terhadap alat musik khas Sunda yaitu angklung.

Saung Angklung Udjo yang didirikan oleh Udjo Ngalagena atau biasa dipanggil Mang Udjo ini memiliki visi dan misi. Beliau mendirikan tempat wisata edukatif ini untuk memelihara kebudayaan dan kesenian Sunda agar tidak cepat punah.

Alamat Saung Angklung Udjo berada di jalan Padasuka Nomor 118 Kota Bandung, Jawa Barat. Letak Saung Angklung Udjo terbilang dekat dengan pusat Kota Bandung. Dengan lokasi yang strategis inilah, Saung Angklung Udjo mudah ditemukan oleh para pengunjung.

Lokasi Saung Angklung Udjo berada di wilayah Bandung Timur yang masih asri. Belajar sambil menikmati suasana sejuk dan damai akan membuatmu bersemangat dan betah.

Jalan Menuju Saung Angklung Udjo

Jalan menuju Saung Angklung Udjo terbilang mudah ditempuh, kamu bisa menggunakan GPS jika perlu. Saung Angklung Udjo bisa dicapai dengan berbagai kendaraan. Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum untuk menuju Saung Angklung Udjo.

Jika kamu berangkat dari Jakarta menggunakan kendaraan pribadi, ambil arah Cipularang. Lalu, kamu perlu naik ke flyover Pasopati dan ikuti petunjuk jalan menuju Cicaheum. Terakhir, cari papan petunjuk arah ke Padasuka dan ikuti jalan hingga sampai lokasi Saung Angklung Udjo.

Bagi kamu yang menggunakan transportasi umum, tak perlu khawatir tersesat. Kamu bisa naik angkutan umum bernomor 06 jurusan Cicaheum – Ciroyom. Setelah itu, turun di perempatan Padasuka dan tinggal berjalan kaki 500 meter untuk mencapai lokasi Saung Angklung Udjo.

Tiket Masuk Saung Angklung Udjo

Untuk membeli tiket masuk ke Saung Angklung Udjo terbilang mudah. Kamu bisa membeli tiketnya secara langsung maupun online. Harga tiket masuk ke dalam Saung Angklung Udjo dibagi ke beberapa jenis.

Untuk pengunjung dewasa yang berkunjung pada hari kerja akan dipungut biaya sebesar Rp 70.000 per orang. Sedangkan pengunjung anak – anak akan dikenakan biaya seharga Rp 50.000 per orang.

Pada hari libur atau weekend, harga tiket akan sedikit lebih mahal. Untuk orang dewasa, tiket masuk dijual seharga Rp 75.000 per orang. Harga tiket masuk untuk anak – anak sebesar Rp 55.000 per orang.

Harga tiket masuk untuk warga negara asing dewasa dibandrol sebesar Rp 110.000 per orang. Sedangkan untuk WNA anak – anak akan dipungut harga tiket masuk seharga Rp 70.000 per orang.

Jam Buka Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo memiliki jam buka yang bisa kamu catat yaitu Senin sampai Minggu pada pukul 8 pagi hingga 10 malam. Kamu bisa datang ke Saung Angklung Udjo baik pada hari kerja maupun hari libur.

Di Saung Angklung Udjo terdapat atraksi kesenian dan kebudayaan Sunda yang memiliki jadwal tertentu. Pada hari kerja yaitu Senin sampai Jumat, atraksi kesenian dan kebudayan dimulai pda pukul 15.30.

Pada hari Sabtu, atraksi diadakan 2 kali tepatnya pada pukul 13.00 dan 15.30. Sedangkan pada hari Minggu, atraksi digelar sebanyak 2 kali juga namun di jam yang berbeda yaitu pukul 10.00 dan 15.30.

Saung Angklung Udjo juga sering mengadakan pertunjukan khusus. Jika kamu penasaran dengan jadwal pertunjukan itu kapan digelar, maka hubungi kontak Saung Angklung Udjo.

Fasilitas di Saung Angklung Udjo

Kecintaan Mang Udjo terhadap angklung, menginspirasinya untuk mendesain Saung Angklung Udjo dengan dominasi nuansa bambu dan budaya khas Sunda. Budaya Sunda tercermin di setiap sudut Saung Angklung Udjo. Kamu bisa merasakan kuatnya visi dan misi Saung Angklung Udjo

Visi dan misi Saung Angklung Udjo berfokus pada pelestarian budaya Sunda. Oleh karena itu, fasilitas yang disediakan pun diharapkan mampu memberi manfaat edukasi tentang budaya Sunda. Apakah kamu penasaran fasilitas apa saja yang terdapat di Saung Angklung Udjo?

Di Saung Angklung Udjo terdapat sejumlah fasilitas edukatif antara lain Buruan Sari Asih, Sentra Penyuluhan Kehutanan, Bale Karesemen, dan Pusat Produksi Angklung. Sedangkan fasilitas umumnya adalah toko souvenir, guest house, taman belakang, toilet, dan tempat parkir.

Aktivitas Seru di Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo telah dipercaya selama 54 tahun berkontribusi dalam pagelaran seni pertunjukan, pendidikan serta pelatihan kebudayaan. Kegiatan di Saung Angklung Udjo selalu memberi manfaat edukasi kepada pengunjung.

Kegiatan di Saung Angklung Udjo dibagi ke dalam beberapa fasilitas. Setiap fasilitas memiliki fungsi yang menunjang kegiatan seru di dalamnya. Fasilitas yang dimaksud antara lain Buruan Sari Asih, Sentra Penyuluhan Kehutanan, Bale Karesemen, dan Pusat Produksi Angklung.

Kamu tak perlu mencari tempat lain untuk belajar budaya Sunda karena Saung Angklung Udjo menyediakan segala kegiatan seru yang kamu butuhkan. Simak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di Saung Angklung Udjo berikut ini.

1. Menonton Angklung Orkestra

saung angklung udjo berdiri pada tahun

Untuk kamu para pecinta seni pertunjukan, Saung Angklung Udjo sangat sayang untuk dilewatkan. Saung Angklung Udjo memiliki panggung pertunjukan bernuansa bambu dengan sentuhan gaya tradisional Sunda yang dinamakan Bale Karesemen

Di Bale Karesemen terdapat panggung karawitan yang berisi alat musik tradisional sebagai pengiring pertunjukan. Tempat pertunjukan yang dapat menampung sekitar 400 orang ini dilengkapi kursi – kursi kayu sebagai tribun penonton.

Pagelaran paling ikonik di Saung Angklung Udjo adalah angklung orkestra. Angklung orkestra menyuguhkan perpaduan permainan angklung dan tarian khas Jawa Barat yang terlihat sangat selaras. Pagelaran ini selalu menuai decak kagum dari para penonton, lho.

2. Belajar Produksi Angklung

saung angklung udjo bahasa sunda

Saung Angklung Udjo menyediakan tempat bernama Pusat Produksi Angklung untuk belajar membuat alat musik khas Jawa Barat tersebut. Setiap pengunjung diperbolehkan menyaksikan seluruh proses pembuatan angklung.

Pengunjung diperlihatkan proses bambu diubah menjadi alat musik yang menghasilkan nada merdu ketika dimainkan. Selain itu, pengunjung diperbolehkan membuat sendiri angklung dengan bahan yang telah disediakan pengelola.

Pusat Produksi Angklung tak hanya dijadikan tempat produksi alat musik bambu, tapi juga memiliki manfaat untuk menghasilkan produk kerajinan bambu lainnya. Alat musik dari bambu dan kerajinan bambu lainnya pun dijual di toko souvenir.

3. Bermain Angklung Bersama

saung angklung udjo buka jam berapa

Apakah kamu ingin bermain angklung secara langsung di atas panggung? Tak perlu malu, setiap pengunjung memiliki kesempatan untuk bermain angklung bersama para murid Saung Angklung Udjo lho. Tenang, ini hanyalah panggung simulasi, bukan pagelaran sungguhan.

Jika kamu ingin, pihak Saung Angklung Udjo akan meminjamimu angklung untuk dimainkan bersama para murid didikannya. Sebelum bergabung dengan para murid di atas panggung, kamu akan diajari cara memainkan angklung dengan benar lho. Menyenangkan bukan?

Baca Juga: 5 Zona Ajaib Lembang Wonderland Bandung (Bak Negeri Fantasi)

4. Menyaksikan Pertunjukan Seni Lainnya

acara saung angklung udjo

Pendiri Saung Angklung Udjo amat mencintai kesenian. Selain memberi pengetahuan mengenai alat musik angklung, Saung Angklung Udjo juga menyuguhkan berbagai kesenian tradisional Sunda lainnya.

Beragam kesenian tradisional Sunda yang dikenalkan oleh Saung Angklung Udjo antara lain pencak silat, gamelan, kecapi, dan lagu – lagu daerah. Tak hanya pagelaran angklung yang menjadi ikon, tapi juga pertunjukan seni lainnya seperti wayang golek dan tari topeng.

Wayang golek menjadi pembuka pada setiap sesi pertunjukan. Pertunjukan lakon boneka kayu berkostum Sunda ini selalu memiliki pesan moral. Pertunjukan khas Sunda lain yang tak kalah seru adalah tari topeng.

5. Upacara Helaran

about saung angklung udjo

Helaran biasa digelar pada upacara khitanan dan panen padi. Helaran diselenggarakan sebagai hiburan masyarakat dan bentuk rasa syukur kepada Tuhan. Oleh sebab itu, Helaran selalu diiringi musik angklung yang berirama riang.

6. Menari Bersama

alamat saung angklung udjo bandung

Saung Angklung Udjo memiliki jadwal pertunjukan setiap harinya pada jam yang telah ditentukan. Pada sesi akhir pertunjukan, semua pengunjung mendapat kesempatan untuk menari bersama dalam tarian khas Sunda.

Kegiatan menari bersama ini akan membuatmu senang karena diiringi musik yang atraktif. Selain itu, kamu akan mendapat pelajaran dan pengalaman baru ketika menari dalam tarian khas Sunda.

7. Wisata Kuliner

anggota saung angklung udjo

Untuk urusan perut, kamu tak usah takut kelaparan ketika usai seru – seruan di Saung Angklung Udjo. Tak perlu jauh – jauh ke luar area Saung Angklung Udjo untuk mencari makan. Di area Saung Angklung Udjo terdapat tempat makan bernama Dapoer Angklung.

Dapoer Angklung menyajikan berbagai menu khas Bandung seperti batagor dan siomay. Selain itu, Dapoer Angklung juga menyediakan masakan barat yang tak kalah lezat. Tenang saja, harga makanan di Dapoer Angklung tidak akan menguras kantongmu kok.

8. Belanja Souvenir

artikel saung angklung udjo

Jika kamu ingin membawakan oleh – oleh khas Sunda untuk teman, keluarga, atau saudaramu, tenang saja. Kamu bisa membeli cindera mata di toko souvenir Saung Angklung Udjo, tepatnya di dekat loket tiket.

Toko souvenir Saung Angklung Udjo terbilang lengkap dan produknya menarik. Cindera mata yang dijual sangat beragam seperti gantungan kunci, tas, miniatur berbahan akrilik, sandal, hingga angklung mini.

Setiap produk didesain dengan konsep kesenian tradisional, misalnya alat musik dan senjata daerah. Misalnya miniatur berbahan akrilik bermodel angklung, kujang, dan gamelan. Souvenir lain pun desainnya tak jauh berbeda dengan miniatur tersebut.

Kamu juga bisa membeli angklung yang dapat dimainkan, mulai dari angklung 2 tabung hingga unit orkestra. Untuk harga yang lebih murah, kunjungi toko online Saung Angklung Udjo karena banyak diskon.

Lihat Juga: 6 Aktivitas Seru di Gunung Munara (One Day One Hiking)

Hotel Dekat Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo dikelilingi pohon bambu sehingga terasa sangat sejuk dan asri. Suasana pedesaan di Saung Angklung Udjo membuat siapa pun tak ingin segera pergi. Kamu bisa tinggal sejenak di dekat Saung Angklung Udjo untuk sekedar menginap atau staycation.

Hotel di sekitar Saung Angklung Udjo sangat beragam tergantung harga dan fasilitas yang diberikan. Berikut rekomendasi hotel dekat Saung Angklung Udjo untuk kamu yang akan mengagendakan kunjungan ke Bandung.

1. OYO 569 Cigadung Guest House

saung angklung mang udjo adalah

Budget hotel termurah yang paling dekat dengan Saung Angklung Udjo adalah OYO 569 Cigadung Guest House. OYO 569 Cigadung Guest House hanya berjarak 1 kilometer dari Saung Angklung Udjo.

Untuk bisa menginap di OYO 569 Cigadung Guest House, kamu hanya akan dikenakan biaya mulai dari Rp 84.000 per malam. Kamu bisa sangat menghemat pengeluaran jika memesan OYO 569 Cigadung Guest House.

2. Alvin Residence

angklung saung udjo alamat

Alvin Residence terletak sekitar 2,3 kilometer dari Saung Angklung Udjo. Budget hotel ini dibandrol mulai dari Rp 86.000 per malam. Walaupun Alvin Residence terletak agak jauh dari Saung Angklung Udjo, kamu bisa lebih hemat jika menginap disini.

3. Tebu Hotel Bandung

saung angklung udjo kota bandung jawa barat

Tebu Hotel hanya berjarak 1,9 kilometer dari Saung Angklung Udjo. Alamat Tebu Hotel yang berada di Jalan Riau REE Martadinata No. 62 Kota Bandung ini terbilang strategis. Lokasi Tebu Hotel yang tepat berada di jantung kota Bandung akan membuat petualanganmu menyenangkan.

Seusai beraktivitas di Saung Angklung Udjo, kamu bisa lanjut mengeksplor tempat – tempat wisata dekat Tebu Hotel seperti Gedung Sate dan Katedral Santo Petrus. Kamu hanya perlu mengeluarkan biaya mulai dari Rp 342.000 untuk menginap di Tebu Hotel.

4. Prime Park Hotel Bandung

saung angklung udjo harga tiket

Prime Park Hotel merupakan hotel bintang 4 yang berlokasi di Jalan P.H.H Mustofa No. 47-57 Cibeunying, Kota Bandung. Prime Park Hotel hanya berjarak 2,5 kilometer dari Saung Angklung Udjo.

Prime Park Hotel terbilang dekat dengan bandara dan wisata lain seperti Museum Biologi Bandung. Jika kamu berminat untuk menginap di Prime Park Hotel, kamu akan dipungut biaya mulai dari Rp 395.000.

5. The Jayakarta Bandung Suite

saung angklung udjo jadwal

The Jayakarta Bandung Suite berjarak 2 kilometer dari Saung Angklung Udjo. Hotel berbintang 4 ini akan menyuguhimu panorama spektakuler kota Bandung yang dikelilingi pegunungan.

The Jayakarta Bandung Suite memiliki fasilitas spa yang recommended sehingga bagus untuk kamu yang mengagendakan staycation. Staycation di suasana kota yang sejuk dan view menawan akan membuat tubuh dan pikiranmu semakin rileks. The Jayakarta Bandung Suite memiliki semua fasilitas yang menunjang kebutuhan relaksasimu.

The Jayakarta Bandung Suite berada di dekat lokasi bandara, stasiun kereta api dan pusat kota. Letaknya yang strategis membuat liburanmu di Bandung semakin berkesan. Boutique Hotel ini dibandrol dengan harga mulai dari Rp 434.000.

Simak Review: 15 Fasilitas dan Wahana di Grafika Cikole yang Keren dan Seru Abis!

Tempat Wisata Dekat Saung Angklung Udjo

Kota Bandung terasa sangat memukau siapa pun yang mengunjunginya. Sangat disayangkan jika kamu berwisata di satu lokasi saja. Tak ada salahnya untuk mengunjungi wisata dekat Saung Angklung Udjo berikut ini yang patut kamu datangi.

1. Puncak Bintang Bandung

saung angklung udjo jadwal

Jarak Puncak Bintang dari Saung Angklung Udjo terbilang cukup jauh. Dari Saung Angklung Udjo, kamu perlu berkendara mengikuti jalan ke atas menuju Puncak Bintang.

Puncak Bintang menyuguhkan panorama menakjubkan kota Bandung dari ketinggian. Sunsrise dan sunset di Puncak Bintang sangat menawan. Namun, pemandangan langit Puncak Bintang pada malam hari tak kalah mempesona.

Dari ketinggian 1442 meter di atas permukaan laut, Puncak Bintang terasa dingin dan dikelilingi kabut. Bukit ini dikelilingi hutan pinus yang tertata sehingga cocok untuk penyuka camping dan hiking.

2. Gedung Sate

saung angklung udjo tiket masuk

Jika kamu menyukai wisata sejarah, sangat dianjurkan untuk mengunjungi Gedung Sate. Gedung Sate dari Saung Angklung Udjo hanya berjarak 5 kilometer. Gedung Sate adalah ikon kota Bandung sekaligus sebagai Kantor Gubernur Jawa Barat.

Gedung yang berdiri sejak tahun 1920 ini bergaya New Indies. Gedung Sate memiliki museum di dalamnya yang mengisahkan tentang sejarah dan proses pembangunan gedung.

3. Museum Geologi Bandung

 saung angklung udjo bandung city west java

Museum Geologi Bandung berjarak 4 kilometer dari Saung Angklung Udjo. Museum yang termasuk salah satu bangunan heritage ini berdiri sejak tahun 1928. Kamu bisa mampir ke Museum Geologi Bandung untuk menambah pengetahuan sejarah bertema sains.

Para pecinta sains sangat disarankan untuk tidak melewatkan Museum Geologi Bandung.
Museum Geologi Bandung menyajikan wisata edukasi berupa sejarah kehidupan dan pengetahuan alam. Museum ini menyuguhkan koleksi berupa fosil, mineral, dan bebatuan.

4. Trans Studio Bandung

saung angklung udjo bandung

Jika kamu menginginkan wisata seru yang kekinian, mampirlah ke Trans Studio Bandung. Alamat Trans Studio yang berada di Jalan Gatot Subroto No. 289 kota Bandung hanya berjarak 6 kilometer dari Saung Angklung Udjo.

Trans Studio Bandung memiliki 3 zona yang terdiri dari 20 wahana permainan. Taman bermain ini menyajikan beragam wahana yang lucu – lucu hingga memacu adrenalin. Kamu tidak akan kecewa jika mampir ke Trans Studio Bandung.

5. Katedral Santo Petrus

saung angklung udjo adalah

Bagi kamu yang menyukai wisata sejarah rohani, sangat disarankan untuk mengunjungi Katedral Santo Petrus yang berlokasi tak jauh dari Gedung Sate. Konon, katedral ini menjadi bukti penyebaran agama Katolik di kota Bandung.

Katedral yang didirikan pada tahun 1922 ini bergaya neo gothic dengan ciri khas bangunannya tinggi menjulang. Fasad katedral yang megah sangat cocok untuk diabadikan ke dalam potret kamera.

Kunjungi Juga: Glamping Lakeside

Tak perlu bingung lagi menentukan wisata budaya dan edukasi yang berada di kota Bandung. Saung Angklung Udjo patut dijadikan salah satu agenda wajib ketika berkunjung ke kota kembang yang menawan.

Saung Angklung Udjo akan menyambutmu dengan fasilitas pendidikan, pelatihan, hingga pagelaran seni. Segera rencanakan kunjunganmu dan eksplor semua kegiatan yang sarat akan manfaat edukatif di Saung Angklung Udjo.

0

Pantai Nguluran

Jessica Susanti
7 min read

Gunung Kelud

Zuhrufi
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *