Secret Garden Bali

7 min read

secret garden bali

Secret Garden Bali merupakan tempat wisata yang sering dikunjungi banyak wisatawa. Di Bali ini terdapat 2 lokasi secret garden, yakni Sambangan Secret Garden dan Secret Garden Village Bedugul. Pada kali ini penulis akan membahas tempat wisata Secret Garden Village Bedugul.

Secret Garden Village (SGV) merupakan tempat wisata tour edukasi pertama untuk edukasi mengenai kecantikan, kopi dan resto. SGV ini memiliki visi misi menjaga kelestarian budaya bangsa dan menjaga tradisi leluhur yang berjalan selaras dengan jaman modernisasi.

Sejarah Secret Garden Bali

Sejarah berdirinya Secret Garden Village ini lahir dari mimpi Bapak Billy Hartono Salim. Pada 10 tahun silam dia ingin membangun tempat wisata yang berbeda. Dia ingin membuat wisata yang lebih meninjolkan kekayaan dan warisan budaya Indonesia.

Pada tanggal 1 Mei 2016 akhirnya mimpi dari beliau tercapai, dia berhasil mendirikan tempat wisata education di Bali. Dan wisata itu dinamakan dengan Secret Garden Village, yang dimana wisata ini menjadi wisata edukasi pertama di Bali dan terlengkap di Indonesia.

Lokasi Secret Garden Bali

Secret Garden Village atau lebih dikenal Secret Garden Bali ini berlokasi di Jl. Raya Denpasar Bedugul KM 36, Mekarsari, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Provisnsi Bali, atau tepatnya di sisi kanan jalan dari arah Denpasar. Wisata ini berjarak sekitar 38 Km dari Kota Denpasar Bali.

Jalan Menuju Secret Garden Bali

Untuk menempuh are Secret Garden Bali ini, jika kamu dari Bandara Internasional Ngurah Rai kamu butuh waktu selama 1 jam. Perjalanan dari Bandara ini ke Secret Garde Bali akan melintasi Jalan Denpasar – Singaraja yang berjarak sekitar 50 Km.

Jika kamu sudah berada di tempat wisata kawasan Ubud, maka kamu hanya memerlukan waktu 30 menit untuk sampai ke wisata ini. Akses menuju wisata ini bisa dilalui bus. Tempat parkir wisata ini pun ckup luas, jadi kamu tidak perlu khawatir untuk urusan parkir kendaraan.

Tiket Masuk Secret Garden Bali

Tiket masuk 2020 di wisata ini dikenakan biaya sebgai berikut:

  • Bayi (0 – 3 thn) Gratis
  • Anak (4 – 12 thn) untuk warga lokal Rp. 35.000 sedangkan untuk warga asing Rp. 70.000
  • Dewasa (> 12 thn) untuk warga lokal Rp. 50.000 sedangkan untuk warga asing Rp. 100.000.

Parkir di wisata ini pun memerlukan biaya, yakni untuk bus Rp. 10.000; Mobil Rp. 5.000 dan untuk Motor Rp. 2.000.

Jam Buka Secret Garden Bali

Wisata ini buka setiap hari dengan jam buka dari wisata Secret Garden Bali ini yaitu pukul 0.9.00 WITA – 20.00 WITA. Jadi kamu bisa bersantai – santai dengan pemandangan alam di wisata ini dari pagi hingga malam hari.

Daya Tarik Secret Garden Bali

Selain daya tarik dari alam, wisata Secret Garden Bali juga memberikan beberapa daya tarik lainnya yang dapat membuatmu asik untuk berwisata ke sini, yaitu sebagai berikut:

1. Bangunan yang Bernuansa Minimalis

Bangunan yang Bernuansa Minimalis
https://www.instagram.com/byare.id/

Memasuki area tempat wisata ini, kamu akan menemukan suasana bangunan yang unik. Bangunan ini merupakan kreasi dari arsitek asal Bandung yaitu Andra Martin. Desain bangunan wisata ini bergaya minimalis kontemporer.

Dalam proses pembuatannya juga mengombinasikan antara unsur kayu, air, besi, serta beton. Bangunan wisata ini memadukan keindahan alam Pulau Dewata Bali dan adatnya dengan gaya bangunan yang modern.

Keunikan bangunan wisata ini adalah bentuknya yang tidak biasa. Seperti beberapa bentuk geometris yang di gabung – gabungkan membentuk puzzle tiga dimensi. Atap berbentuk segitiga dengan ukuran yang tidak seragam, jadi focal point pertama yang memikat mata.

2. Beauty Heritage Museum

ramuan kecantikan di Beauty Heritage Museum
https://www.instagram.com/yurika_tr/

Wisata Secret Green Bali ini menyediakan tempat pembuatan ramuan kecantikan atau kosmetik pada jam kuno loh sob. Disini tempat ini kita akan disuguhkan dengan berbagai peralatan kecantikan jaman kuno.

Alat – alat tersebut mulai dari tempat yang digunakan untuk menginang atau tradisi makan sirih, cetakan batik, celak / eyeliner, timbangan mini, dan masih banyak lagi. Disini kamu akan mendapatkan penjelasan manfaat – manfaatnya dari tour guide.

Kesan kuno yang selama ini identik dengan museum akan sirna saat berada di dalam beauty heritage museum.

Benda pamer ditata secara modern di dalam kotak kaca yang sempurna dan berukuran sama. Pada dinding terdapat beberapa informasi tentang jenis tanaman herbal.

Lihat Juga Indahnya: Nusa Lembongan Bali dan 7 Daya Tariknya yang Mempesona

3. Pabrik Mini

Pabrik Mini
https://www.instagram.com/aditmonet/

Pabrik mini yang berada di Secret Garden Bali ini merupakan pabrik mini produk perawatan tubuh dan kecantikan Oemah Herborist. Pabrik mini ini merupakan replika dari pabrik utara Oemah Herbosrist di Semarang, Jawa Tengah.

Disini kamu harus menggunakan jas panjang putih ala – ala dokter lengkap dengan masker dan penutup kepala.

Kamu jangan khawatir, karena perlengkapan ini sudah disiapkan oleh pihak wisata SGV ini.

Menariknya, disini kamu juga dapat melihat proses produksi dari proudik kecantikan Oemah Herborist di mini pabrik ini. Proses tersebut mulai dari pengolhan produk hingga pengemasan produk kecantikannya.

Setelah berkeliling – keliling, kamu akan dibawa untuk menyaksikan film dokumenter mengenai produk kecantikan dari Secret Garden Bali yang menggunakan bahan – bahan alami asli dari Indonesia.

4. Beauty Outlet

Beauty Outlet
https://www.instagram.com/sarinah.store/

Setelah menyaksikan pengolahan dan pengemasan produk kecantikan di Pabrik mini, kamu akan dipandu menuju Beuty Store dimana seluruh produk Herbosrist di jual.

Nah bagi kamu yang kaum Hawa, mungkin mata kamu akan berbinar bersinar –sinar ketika masuk ke tempat ini.

Ada banyak jenis produk kesehatan dan kecantikan dengan harga yang terjangkau, apalagi dijamin sehat.

Disini juga kamu akan menumukan Fragrance Bar. Disini buka bar tempat berminum untuk yang galau ya sob. Bar ini merupakan bar untuk meracik parfum berbahan alami. Nah bagi kamu yang suka parfum, disini kamu bisa meraciknya dan membeli dengan harga yang terjangkau.

5. Museum Kopi

Museum Kopi
https://www.instagram.com/foodiestime_/

Selain Museum Beauty Heritage di Secret Garden Bali juga terdapat Museum Kopi. Wisata Secret Green Bali ini menyediakan tempat pembuatan kopi pada jaman kuno loh sob. Disini kamu akan disuguhkan dengan berbagai peralatan pembuat kopi.

Alat – alat tersebut mulai dari alat pembuat kopi jaman dulu, cangkir, gelas, teko dan masih banyak lagi. Disini kamu akan mendapatkan penjelasan manfaat – manfaatnya dari tour guid dan kamu juga bisa bertanya – tanya sampe puas sama tour guid nya sob.

Kesan kuno yang selama ini identik dengan museum akan sirna saat berada di dalam museum kopi. Benda pamer ditata secara rapi di dalam lemari dan meja yang sangat detail dan sempurna.

Simak Review: Pura Uluwatu Bali, Pesona Keindahan Eksotis dan Magis

6. Pabrik Mini Kopi

Pabrik Mini Kopi
https://www.instagram.com/vianisihombing/

Di Secret Garden Bali ini juga tidak hanya pabrik mini untuk kecantikan, tetapi ada juga nih pabrik mini kopi.

Di pabrik mini kopi ini kamu akan diperlihatkan pembuatan kopi dari awal yaitu tahap menyangrai (roasting) kopi hingga pengemasan produk kopinya sob. Tour guid pun akan menjelaskan secara detail setiap proses pembuatan kopi.

Menariknya, disini biasanya kamu juga diperbolehkan loh sob mencoba mempraktekan pembuatan kopinya, atau gak kamu juga bisa untuk berfoto sambil berpose membuat kopi. Di pabrik ini orangnya ramah – ramah sob, asal tetap jaga aja ya sopan santunnya.

7. Coffe Shop

Coffe Shop
https://www.instagram.com/yulianmay/

Berhadapan dengan museum kopi, disini ada coffe shop yang menjual segala jenis kopi pilihan nusantara, dari mulai kopi lampung, kopi Toraja, kopi Aceh, Kopi Jawa, dan masih banyak lagi. Disini juga menyediakan kopi yang bisa dibeli dengan harga pas di kantong kamu.

Coffe shop ini juga menawarkan pengalaman coffe-tasting yang akan dipandu langsung oleh barista berpengalaman. Jadi disini kamu akan mengetahui rasa dan aroma kopi yang disediakan di coffe shop dan mungkin kamu juga bakal tahu kopi mana yang harus di beli.

Di Secret Garden Bali juga terdapat latte art class, dimana kamu dapat belajar menjadi barista kopi. Kamu akan diajarkan menghias lapisan atas kopi dengan susu yang sudah di steam. Keren kan sob, kamu bisa nih di update medsos kamu jadi barista.

8. Restaurant

mekan di Restaurant
https://www.instagram.com/phoenixdreamtrap/

Setelah kamu berkeliling dan belajar tentang kopi dan kecantikan, Secret Garden Bali ini menawarkan tempat bersantai untuk bersantap makan atau sekedar menyeruput kopi sembari kamu menikmati panorama sawa terasering dan perbukitan yang mempesona.

Ada 2 tempat yang sangat menarik untuk bersantai ini, yaitu ada The Luwus dan Rice View. The Luwus ini cocok nih untuk lidah kamu yang sudah terbiasa dengan masakan khas Indonesia dan Bali, karena The Luwus ini menawarkan menu hidangan prasmanan Asia dan tradisional Bali.

Rice View ini cocok buat kamu yang ingin makan berkonsep grill, karena resto Rice View ini menyediakan menu makanan berkonsep grill.

The Luwus dan Rice View memang tidak berbeda jauh, kedua resto ini menyajikan pemandangan alam yang indah sambil menyantap makan. Yang membedakan dari 2 resto ini, yaitu hanya menu makanannya yang berbeda.

9. Instagrammable

Instagrammable
https://www.instagram.com/kristine.simons/

Untuk kamu yang aktif di media sosial, Secret Garden Bali ini cocok buat kamu nih. Wisata ini menyajikan pemandangan yang sangat indah dan keren.

Banyak sekali spot – spot yang bagus untuk berfoto nih sob. Spot – spot foto di wisata ini seperti Lorong Eksotis, Jembatan Kayu, Sarang Burung, Ayunan Raksasa, Sofa ditengah Sawah, tempat ngopi, dan masih banyak lagi.
Tempat Wisata Dekat Secret Garden Bali

Setelah kamu berwisata di Secret Garden Bali ini, kamu bisa melanjutkan berwisata di daerah dekat wisata ini.

Kunjungi Juga: Pantai Pandawa Bali, Aktifitas Seru dan Indah

Berikut beberapa wisata dekat Secret Garden Bali:

1. Air Terjun Leke Leke

Air Terjun Leke Leke
https://www.instagram.com/agungdharmawijaya/

Air terjun ini berlokasi di Antapan Kecamatn Baturiti, jarak dari SGV ke air terjun unu sekitar 2,5 Km dengan waktu tempuh 7 menit. Setelah berwisata di edukasi SGV dan kamu ingin bermain air yang masih asri, Air Terjun Leke Leke ini cocok buat kamu.

Air terjun ini mulai dibuka dan diperkenalkan pada bulan maret 2017, masih baru a sob. Air terjun leke leke ini menawarkan keindahan alam yang masih asri dengan air terjun yang eksotis serta wisata ini menawarkan kamu fasilitas yang dapat memanjakan kamu.

2. Hidden Garden Agriculture

indahnya Hidden Garden Agriculture
https://www.instagram.com/courtneygaye/

Wisata ini berlokasi di Jl. Baturiti – Mekarsari, jarak dari SGV ke wisata ini sekitar 2,6 Km dengan waktu tempuh menit. Wisata ini menyajikan kopi luwak khas Bali, dan disini memperlihatkan kebun kopi yang luas serta memperlihatkan proses produksi kopi luwak khas Bali.

Nah kamu yang masih belum puas tentang kopi di Secret Green Bali, maka kamu wajib ke wisata ini. Kamu akan mendapatkan pembelajaran lagi nih sob tentang bagaimana proses produksi kopi khas Bali, dan kamu juga dapat bersantai disini dengan menikmati kopinya.

3. Desa Wisata Pinge

Desa Wisata Pinge yang asri
https://www.instagram.com/niacahyya/

Desa Wisata Pinge ini berlokasi di Pinge Baru, Marga Kabupaten Tabanan, jarak dari SGV ke wisata ini sekitar 11,5 Km dengan waktu tempuh sekitar 20 menit. Wisata ini memberikan kita nuansa alam di Bali.

Wisata ini memiliki panorama alam yang sangat indah dengan hamparan persawahan yang hijau membentang.

Wisatawan yang datang kesini bisa melihat para petani sedang membajak, menanam bibit menuai, dan memasukan padi ke lumbung.

Kalau kamu masih belum puas melihat persawahan di SGV, kamu bisa datang kesini. Di sini kamu bisa bersantai dengan melihat pemandangan sawah, karena disini menyediakan saung – saung. Dan jika mau menginappun disini menyediakan rumah tradisional untuk para wisatawan.

4. Air Panas Angseri

Air Panas Angseri
https://www.instagram.com/sss.mura/

Wisata Air Panas Angseri ini berlokasi di Angseri, Bangli Kecamatan Baturiti, jarak dari SGV ketempat ini sekitar 13,5 Km dengan waktu tempuh 25 menit.

Objek wisata air panas ini selain memiliki kolam tempat berendam, wisata ini juga menyuguhkan pemandangan sawah terasering. Terletak di tengah – tengah hutan bambu sehingga tempat wisata ini masih asri dan hijau.

Jika kamu pulang dari wisata Secret Garden Village Bali (SGV) dan ingin berendam, kesini nih sob tempatnya.

Selain kita bisa terapi air panas, kamu juga bisa terapi mata dengan melihat pemandangan yang asri. Wisata ini juga ada air terjun kecil saat kita menuju ke kolam air panas.

5. Kebun Raya Bali

Kebun Raya Bali yang mempesona
https://www.instagram.com/novianggrenipt/

Kebun Raya Bali ini beralamat di Jl. Kebun Raya, Candikuning, Kec. Baturiti, jarak dari SGV ke wisata ini sekitar 13,7 Km dengan waktu tempuh sekitar 20 menit. Wisata ini sering dijadikan wisata wajib yang harus dikunjungi.

Kebun Raya Bali merupakan salah satu hutan yang dilindungi di Bali. Wisata ini berfungsi sebagai paru – paru udara. Tempat wisata Kebun Raya Bali ini udaranya sangatlah sejuk dan sangat cocok untuk tempat piknik kamu sob.

Di wisita ini banyak spot – spot menarik untuk kamu lihat atau dijadikan spot buat foto. Seperti candi bentar, roses garden, traditional balinese house, ramayana boulevard dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Taman Nasional Bali Barat yang Memukau dan Mempesona

Itulah sedikit ulasan tentang wisata Secret Garden Villge Bali atau lebih dikenal dengan nama Secret Garden Bali.

Secret Garden Bali ini merupaka wisata yang menyajikan edukasi – edukasi seputar kopi dan kecantikan, ditambah lagi dengan makanan tradisional dan pemandangan yang eksotis.

Jadi gimana nih sob, kamu tertarik kan untuk wisata disini? Wisata yang bernuansa tradisional bali dipadukan dengan nuansa modern, serta kamu dapat banyak pengalaman tentang pembelajaran.

Punthuk Setumbu

Jessica Susanti
9 min read

Sumber Maron Malang

Jessica Susanti
7 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *