Sentul Paradise Park

7 min read

Sentul Paradise Park Bogor

Bingung kegiatan apa yang cocok buat habisin weekend? Liburan ke Sentul Paradise Park yang ada di Bogor ini bisa jadi pilihanmu lo guys. Kawasan wisata yang dikembangkan dari hutan lindung menjadi taman rekreasi ini cocok buat liburan bareng keluarga atau teman.

Salah satu objek wisata terkenal yang ada di kawasan ini adalah Curug Bidadari. Asyiknya, selain bisa menikmati keindahan air terjun, kamu juga bisa berenang di kolam renang yang ada di bawahnya lo.

Kolam renang ini juga nggak cuma buat orang dewasa, bahkan ada kolam dengan kedalaman 30 cm yang khusus untuk anak-anak guys. Jadi, wisata ini cocok dan aman buat kamu yang bawa anak-anak.

Selain Air Terjun Bidadari, ada beberapa wahana seru lainnya yang patut kamu coba, seperti Lazy Pool, Wave Pool, Perahu Tangan, hingga Flying Fox. Pastinya kamu nggak akan gampang bosan deh kalau liburan ke kawasan wisata yang satu ini.

Tapi sebelum mengunjungi kawasan wisata ini, simak dulu review penulis tentang lokasi, rute, harga tiket masuk, hingga wahana-wahana keren yang sayang untuk dilewatkan. Penasaran gimana keseruan rekreasi di kawasan Sentul ini? Yuk simak reviewnya sampai selesai!

Sekilas Tentang Sentul Paradise Park

Kawasan wisata yang dikembangkan oleh PT. Sentul City Tbk seluas 200.000 meter persegi ini berlokasi di kawasan elit Sentul City.

Dengan konsep kota satelit yang berlatar belakang pegunungan dan berada di ketinggian 215-500 MDPL, kawasan ini pun jadi destinasi wisata modern yang berudara sejuk. Berbagai wahana unik dan seru lainnya juga membuat taman ini cocok untuk dikunjungi bersama keluarga.

Selain Lazy Pool, Wave Pool, Flying Fox, Perahu Tangan, serta wahana lainnya, ada juga Curug Bidadari yang terkenal akan keindahannya. Terbukti dengan banyaknya wisatawan yang berkunjung ke air terjun ini untuk sekedar bersantai atau melakukan berbagai aktivitas seru.

Tapi tahu nggak sih, kalau Air Terjun Bidadari ini punya mitos tersendiri yang melekat padanya. Konon, Curug Bidadari ini berkaitan dengan Legenda Jaka Tarub guys.

Menurut cerita yang beredar, Jaka Tarub sering mengintip bidadari yang turun dari kayangan untuk mandi di air terjun ini lo.

Selain itu, pada awalnya curug ini bernama Bojong Koneng sesuai dengan nama desanya. Tapi, sejak dikembangkan oleh PT. Sentul City Tbk, curug inipun dinamai sebagai Curug Bidadari.

Lokasi Sentul Paradise Park

Kawasan wisata taman Sentul ini berlokasi di Jalan Sentul Paradise Park, Desa Bojong Koneng, Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, 16720.

Jalan Menuju Sentul Paradise Park

Lokasi wisata taman Sentul ini memang nggak sulit ditemukan, hanya saja, jalan menuju ke sana agak sulit. Itu karena medannya masih banyak yang rusak dan berlubang. Tapi setidaknya, jalanan sudah beraspal dan bisa dilalui mobil.

Berikut beberapa rute yang bisa kamu tempuh untuk mencapai kawasan wisata Sentul Paradise Park ini:

1. Jika dari Jakarta, masuklah ke Tol Jagorawi dan keluarlah melalui Tol Sentul Selatan, lalu beloklah ke kiri. Ikuti jalan utama sampai ke simpangan jalan yang menyerong ke kiri. Ikuti papan petunjuk arah yang tersedia sampai tiba di lokasi.
2. Bisa juga melalui Jalan Raya Jakarta-Bogor, lalu ambillah jalur alternatif Sentul. Selanjutnya, ikuti saja jalan utamanya sampai ke pertigaan Sirkuit Sentul. Tetap lurus ke arah Babakan Madang sampai di pertigaan pasarnya beloklah ke kanan. Ikuti petunjuk arah hingga sampai di lokasi.
3. Sedangkan jika dari Kota Bekasi atau Cileungsi, lewatlah Jalan Raya Gunung Putri sampai ke Citeureup. Jalan lurus hingga tiba di pertigaan Sirkuit Sentul. Lanjutkan perjalanan seperti sebelumnya.
4. Kalau mau menggunakan transportasi umum, naiklah kereta api yang turun di Stasiun Bogor. Dari stasiun naiklah angkot nomor 03 atau angkot jurusan Tajur Ciawi. Dari Ciawi naiklah angkot jurusan Cisarua dan katakan pada sopir untuk turun di kawasan wisata Sentul Paradise Park.

Tiket Masuk Sentul Paradise Park

Dengan adanya berbagai fasilitas memadai dan wahana menarik di dalamnya, harga tiket masuk kawasan wisata ini cukup terjangkau lo. Berikut rincian biaya masuknya:

1. Harga tiket masuk weekdays (hari biasa) : Rp 20.000,- per orang
2. Harga tiket masuk weekend (akhir pekan) : Rp 25.000,- per orang
3. Hari libur (special day) : Rp 30.000,- per orang
4. Biaya parkir mobil : Rp 10.000,-
5. Biaya parkir sepeda motor : Rp 4.000,-

Perlu diingat kalau harga tiket tersebut bisa berubah sewaktu-waktu seiring bertambahnya fasilitas dan wahana. Selain itu, bayarlah tiket masuk di loket resmi yang dijaga oleh petugas. Pasalnya, banyak calo yang melakukan pungutan liar (pungli) di sekitar area wisata ini.

Jam Buka Sentul Paradise Park

Kamu bisa mengunjungi kawasan wisata taman Sentul setiap hari, mulai Senin sampai Minggu di jam bukanya. Saat weekdays taman ini buka pada pukul 08.00-17.00 WIB, sedangkan ketika weekend buka lebih lama, yaitu pukul 07.30-18.30 WIB.

Jam bukanya cukup lama, sehingga kamu bisa mengunjungi dan menikmati keindahan tempat wisata ini lebih lama. Selain itu, kamu bisa bersantai dan nggak perlu terburu-buru dalam perjalanan menuju lokasi wisata.

Fasilitas di Sentul Paradise Park

Saat mengunjungi kawasan taman Sentul ini, kamu akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas yang nyaman dan memadai. Beberapa diantaranya adalah:

1. Kamar mandi dan toilet
2. Musholla
3. Area parkir yang luas
4. Warung makanan dan minuman
5. Tempat sampah
6. Penyewaan pelampung donat dan ban
7. Penyewaan perahu
8. Penyewaan gazebo dan matras
9. Penyewaan aula dan tempat makan

Aktivitas Seru di Sentul Paradise Park

Di kawasan Sentul Paradise Park ini kamu bisa menikmati aktivitas seru di berbagai wahana outdoor yang menarik. Jadi, sambil beraktivitas kamu juga bisa menikmati pemandangan alam dan udara sejuk khas pegunungan. Berikut beberapa aktivitas seru yang patut kamu coba:

1. Berenang di Kolam Renang Curug Bidadari

Berenang di Kolam Renang Curug Bidadari Sentul Paradise Park

Kolam Renang yang ada di bawah Curug Bidadari ini bisa dibilang wahana paling populer dan mencolok di kawasan ini. Bukan tanpa alasan, karena kolam ini dibuat dengan konsep modern tapi masih berpadu dengan bebatuan yang besar dan sumber air terjun alami.

Asyiknya lagi, kolam seluas 6.400 meter persegi ini dibuat untuk orang dewasa maupun anak-anak guys. Ada Lazy Pool berkedalaman 30 cm yang aman digunakan untuk anak-anak. Lalu Wave Pool berkedalaman 1,5 m yang dibuat khusus untuk orang dewasa.

Kamu juga bisa menyewa pelampung atau ban di tempat penyewaan yang tersedia untuk menambah keseruanmu di kolam renang lo.

Kunjungi Juga: 9 Daya Tarik di Jendela Alam Bandung

2. Menikmati Keindahan Air Terjun Bidadari

Meskipun kolamnya nggak tampil alami lagi karena sudah di bangun ulang dengan alat berat, tapi air terjun setinggi 40 meter di atasnya ini masih mengalirkan air alami yang jernih dari sumber hutan lindung Sentul langsung. Jadi sensasi kesegaran air terjunnya pun bisa terasa.

Air terjun ini harus banget kamu nikmati dari kejauhan kalau nggak mau berenang di kolamnya. Selain itu, pemandangannya yang unik juga cocok untuk dijadikan background foto. Perpaduan derasnya air terjun dan kolam air yang hijau kebiruan menciptakan hasil foto menawan.

3. Bermain Air dan Pasir di Pantai Buatan

Wahana unik lain dari wisata ini adalah adanya pasir pantai yang ditambahkan ke kolam renang. Pasir yang dibawa langsung dari Pulau Bangka ini membuat para pengunjung bisa menikmati suasana pantai, tapi di kawasan pegunungan nan sejuk.

Kamu pun bisa bermain air dan pasir atau sekedar bersantai menikmati sejuknya pantai buatan yang sulit ditemukan di tempat lain ini.

4. Bermain Perahu Tangan

Perahu tangan adalah wahana yang cocok buat dinikmati bersama keluarga. Kamu bisa mengajak keluarga atau anak-anak untuk bermain perahu-perahuan yang menyenangkan. Jangan lupa abadikan momen keseruanmu dalam foto ya!

5. Pancuran 7 Bidadari

Setelah puas bermain-main air, kamu bisa mandi dan membersihkan diri di wahana Pancuran 7 Bidadari di dekat sana. Dinamai seperti itu karena tempat ini berupa 7 buah bambu yang mengalirkan air bersih layaknya pancuran.

Baca Juga: Kawah Putih Ciwidey Bandung, Wisata Kawah Dengan 8 Keunikannya

6. Kolam Mata Air

Selain di pancuran, kamu juga bisa membersihkan diri di Kolam Mata Air yang berbentuk lingkaran dengan batu di tengahnya lo. Batu itulah yang mengeluarkan dan mengalirkan air bersih untuk memenuhi kolam.

Sehingga kolam yang menampung air itu disebut Kolam Mata Air.

7. Flying Fox

Suka tantangan yang menguji adrenalin? Coba saja Flying Fox yang tersedia di sini. Kamu bisa merasakan sensasi berbeda saat naik Flying Fox dengan menikmati keindahan pemandangan kawasan wisata yang ada di sekitar pegunungan.

Tertarik untuk mencobanya? Jangan lupa untuk dokumentasikan momen ini juga ya!

8. Bersantai di Gazebo

Puas menjelajahi semua wahana yang mengasyikkan? Nah sekaranglah saatnya untuk bersantai dan melepas lelah. Kamu bisa menyewa gazebo yang disediakan untuk sekedar beristirahat atau berteduh sambil menyantap camilan lezat.

Kamu bisa menikmati gazebo ini sepuasnya hanya dengan membayar biaya sewa sebesar Rp 60.000,- saja. Cukup terjangkau kan?

Wisata Dekat Sentul Paradise Park

Walaupun sudah puas bermain di kawasan wisata taman Sentul, jangan lewatkan juga objek wisata lain yang ada di dekatnya. Supaya liburanmu jadi lebih maksimal dan berkesan. Berikut beberapa wisata dekat taman Sentul:

1. Jungleland Sentul

Jungleland Sentul adalah wahana bermain yang ada di kawasan Sentul Nirwana, Sentul. Wahana bermain yang berjarak sekitar 9 km dari taman Sentul ini menawarkan hingga 40 wahana permainan menarik kelas Internasional.

Wisata permainan ini buka setiap hari mulai pukul 10.00 sampai 17.00 WIB di hari biasa dan pukul 09.00 hingga 17.00 WIB saat akhir pekan. Kamu bisa menikmati wahana permainan di Jungleland ini dengan membayar tiket masuk sebesar 200.000 rupiah.

2. Hutan Pinus dan Pemandian Air Panas Gunung Pancar

Buat kamu yang ingin memanjakan diri dengan suasana alam yang tenang, wisata Hutan Pinus dan Pemandian Air Panas Gunung Pancar ini patut dicoba lho. Jaraknya cukup dekat dari Sentul City, yaitu sekitar 15 menit perjalanan.

Di sini kamu bisa melihat hamparan pohon pinus yang asri dan sejuk. Uniknya di tengah-tengah hutan pinus ini, ada pemandian air panas yang patut kamu coba untuk merilekskan tubuh dan urat syaraf.

3. Pasar Ah Poong Sentul

Wisata kuliner yang nggak boleh dilewatkan di Sentul adalah Pasar Ah Poong Sentul. Uniknya, aneka makanan dan minuman lezat dijual di atas perahu yang mengapung di Sungai Cikeas.

Untuk mencicipi kuliner ini, kamu harus mengisi saldo dulu di kartu yang tersedia dan menggunakannya saat bertransaksi jual beli. Kamu juga bisa menaiki perahu tradisional untuk berkeliling di area ini lho.

Lihat Juga: 10 Wahana Paling Seru Di Taman Budaya Sentul (Jadi Juara!)

Penginapan di Sentul Paradise Park

Kalau kamu berencana menginap, nggak perlu khawatir dengan fasilitas penginapan guys. Kamu bisa memanfaatkan berbagai hotel dan penginapan di sekitar Sentul Paradise Park. Walaupun sebagian agak jauh, tapi fasilitasnya cukup nyaman dan lengkap. Beberapa diantaranya adalah:

1. Edensor Hills Villa, Resort & Café

Penginapan terdekat dari kawasan taman Sentul adalah Edensor Hills Villa, Resort & Café yang hanya berjarak 764 meter dari lokasi wisata. Penginapan ini beralamat di Bojong Koneng, Babakan Madang, Bogor, 16810.

Dengan berbagai pilihan kamar, kamu bisa menyesuaikan fasilitas yang didapat dengan budgetmu. Dengan tarif per malam mulai Rp 600.000,- kamu bisa menikmati berbagai fasilitas seperti sarapan, Wifi, AC, TV, kamar mandi privat, hingga kolam renang.

2. Villa Bukit Angin Mountain Resto

Meskipun berjarak sekitar 3 km dari lokasi wisata taman Sentul, Villa Bukit Angin Mountain Resto menawarkan tarif per malam yang lebih murah, yaitu mulai Rp 500.000,- untuk kamar berkapasitas maksimal 5 orang.

Dengan tarif tersebut, kamu akan mendapat fasilitas Wifi, sarapan untuk 2 orang, kamar mandi, peralatan mandi seperti sabun dan shampoo, serta kolam renang umum. Penginapan yang beralamat di Megamendung, Puncak, Bogor ini juga mendapat rating 7.7 dari 10 lho!

3. Wisma Tempo

Dengan tarif per malam Rp 300.000,- saja, kamu sudah bisa beristirahat dengan nyaman di Wisma Tempo ini. Penginapan yang beralamat di Jl Raya Puncak, Megamendung, Cipayung Girang, Bogor ini berjarak sekitar 3.5 km dari lokasi wisata taman Sentul.

Kamu bisa menikmati suasana penginapan yang asri dan klasik dengan berbagai fasilitas memadai. Beberapa fasilitas yang bisa didapatkan untuk kamar standarnya adalah Wifi, AC, kamar mandi, peralatan mandi dan TV.

Tips Berkunjung ke Sentul Paradise Park

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan demi kenyamanan saat rekreasi, sebaiknya persiapkan liburanmu secara matang, Nah beruntungnya penulis sudah menyiapkan beberapa tips berkunjung ke kawasan wisata taman Sentul ini:

1. Waktu terbaik untuk menikmati kawasan ini adalah di pagi hari. Jadi, datanglah pagi-pagi untuk bisa menghirup udara segar dan melihat pemandangan pagi yang indah. Selain itu, kamu juga bisa lebih lama menikmati wahana-wahana di dalamnya.
2. Kalau mau puas berlibur ke kawasan taman Sentul ini, datanglah di hari biasa atau weekdays, karena saat weekend tempat ini akan dipadati oleh wisatawan.
3. Bayarlah tiket masuk di loket resmi yang dijaga petugas. Berhati-hatilah dengan calo yang menarik tarif harga di atas standar dan di luar loket.

Simak Review: 10 Informasi Penting dan Menarik dari Sanghyang Heuleut

Itulah sekilas review penulis tentang lokasi, rute, harga tiket masuk, hingga wahana-wahana menarik yang patut dicoba di kawasan wisata taman Sentul ini. Apalagi Curug Bidadari yang memadukan keindahan alami air terjun dengan kolam renang buatan di bawahnya.

Air Terjun Bidadari ini memang jadi salah satu spot terpopulernya yang banyak diminati wisatawan, selain Wave Pool, Lazy Pool, , Flying Fox, dan Perahu Tangan. Pengen liburan ke Sentul Paradise Park juga? Jangan lupa ajak rombongan keluarga dan teman-temanmu ya guys!

0

Tempat Wisata Di Probolinggo

Zuhrufi
6 min read

The Lost World Castle

Zuhrufi
5 min read

Trans Studio Makassar

Zuhrufi
5 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *