Sindu Kusuma Edupark

9 min read

Kerennya Sindu Kusuma Edupark

Ingin refreshing bersama keluarga ke theme park yang seru seperti di Dufan? Tenang, bagi kamu yang berada di daerah Jogja dan sekitarnya tidak perlu jauh-jauh ke Jakarta hanya untuk merasakan wahana yang seru. Datang ke Sindu Kusuma Edupark saja!

Ya, situs wisata yang lebih akrab dikenal dengan sebutan SKE (Sindu Kusuma Edupark) ini adalah tempat hiburan yang berisi berbagai macam wahana seru seperti di Dufan.

Di tempat yang luasnya sekitar 7 hektar ini, kamu akan disambut oleh patung-patung tokoh punakawan budaya setempat, seperti Petruk, Bagong, Semar, dan Gareng. Theme Park yang menampilkan seni budaya yang sangat kental ini menjadikannya berbeda dengan Theme Park di kawasan lainnya.

Diresmikan pada tanggal 20 Desember 2014, destinasi wisata yang satu ini ramai sekali dikunjungi oleh wisatawan. Hal ini disebabkan karena banyaknya wahana seru nan menegangkan dengan biaya terjangkau. Tak heran jika theme park ini dijuluki sebagai “The City of Fantasy, Wahana Wisata Keluarga”

Lokasi Sindu Kusuma Edupark

Jarak situs wisata yang satu ini cukup dekat dari pusat kota Jogja, yaitu sekitar 15 menitan. Alamat lengkapnya ada di Jl. Jambon, Kragilan, Kab. Sleman, Jogja.

Jarak yang ditempuh dari kota Jogja ke Sindu Kusuma Edupark adalah sekitar 5,3 km selama 16 menit jika kamu menggunakan motor. Lokasinya tidak jauh dari Tugu Jogja, yaitu sekitar 3 km yang bisa ditempuh selama 8 menit.

Bagi kamu yang jalan dari Malioboro juga dapat menjangkau theme park ini. Pasalnya, jarak Malioboro ke tempat wisata Sindu Kusuma Edupark sangat dekat, yaitu 5 km dengan waktu tempuh sekitar 12 menit.

Jalan menuju Sindu Kusuma Edupark

Bagi kamu yang tertarik ingin berkunjung kesini, jalan menuju Sindu Kusuma Edupark terbilang cukup mudah.

Dari pusat kota Jogja, kamu bisa berkendara ke arah barat melewati jalan panembahan Senopati. Ikuti google maps atau peta acuan kamu, hingga kamu sampai di arah Jl. Jambon. Setelah itu kamu dapat lurus terus hingga sampai di Sindu Kusuma Edupark.

Tiket Masuk Sindu Kusuma Edupark

Ada banyak sekali wahana yang bisa kamu nikmati bersama keluarga selama disini. Jumlahnya ada sekitar 18 wahana, baik yang sudah lama ataupun yang baru saja ditambahkan. Setiap wahana memiliki harga tiket masuk yang berbeda-beda, berikut daftarnya.

  • Cakramanggilingan Rp10.000 Mobil gowes Rp20.000
  • Roti putar Rp10.000 Kora-kora Rp20.000
  • Komidi putar Rp10.000 Segway Rp20.000
  • Mentor tumbur Rp10.000 Disaster room Rp25.000
  • Sepeda mabur Rp10.000
  • Cinema 8d Rp30.000
  • 4D rider Rp25.000
  • House of Terror Rp25.000
  • Panggon lunjak Rp15.000

Untuk menghemat biaya, kamu bisa membeli salah satu dari beberapa pilihan paket yang ditawarkan oleh pihak Sindu Kusuma Edupark yang harganya berkisar dari Rp55.000 – Rp140.000 tergantung dengan wahana mana saja yang ingin dicoba.

Jam Buka Sindu Kusuma Edupark

Situs wisata Sindu Kusuma Edupark memiliki jam buka pelayanan setiap hari dari jam 08.00 pagi hingga 23.00 malam.

Sedangkan untuk Waterpark buka dari jam 08.00 pagi dan tutup jam 20.00 malam.

Fasilitas Sindu Kusuma Edupark

Di Sindu Kusuma Edupark memiliki fasilitas yang cukup lengkap untuk kebutuhan para pengunjungnya. Semuanya disediakan untuk membuat pengunjung merasa nyaman dan betah berlama-lama di theme park ini.

1. Wahana-wahana seru

Disini terdapat banyak sekali wahana seru dan juga pameran bersejarah. Setiap wahana memiliki tarif tiket yang berbeda-beda.

2. Area parkir luas

Kamu yang membawa kendaraan pribadi bisa dikenakan biaya parkir sebesar Rp5.000 untuk mobil dan Rp2.000 untuk motor.

3. Musholla

Bagi kamu yang muslim, kamu dapat melaksanakan sholat di musholla yang sudah disediakan oleh pihak pengelola Sindu Kusuma Edupark.

4. Tempat makan

Jangan khawatir akan kelaparan disini, karena kamu dapat menemukan aneka warung makan dan minuman yang dapat mengisi perutmu setelah lelah berkeliling di Sindu Kusuma Edupark.

5. Gazebo

Tak hanya tempat makan, kamu dan rombongan disediakan gazebo untuk sekedar nongkrong dan bercengkarama bersama.

6. Spot foto dan sewa Hanbok

Refreshing ke Sindu Kusuma Edupark tidak lengkap rasanya jika belum mengabadikan dalam sebuah foto. Tak perlu bayar, kamu bisa hunting foto sepuasnya di beberapa spot foto yang sudah disediakan.
Kamu bisa memilih background foto di miniatur candi, mobil kuno, atau wahana seru yang menegangkan. Bahkan, kamu bisa menyewa baju adat korea bernama Hanbok yang tersedia dengan berbagai warna yang bisa dipilih.

7. Pedagang kaki lima

Di luar area Sindu Kusuma Edupark, terdapat banyak pedagang kaki lima yang menjajakan aneka barang. Barang-barang tersebut dapat berupa cenderamata dan kerajinan tangan yang bisa dijadikan oleh-oleh sepulang dari situs wisata ini.

Barang-barang yang dijual biasanya unik dan tidak dapat kamu temukan di area manapun selain disini.

Wahana dan Daya Tarik Sindu Kusuma Edupark

1. Cinema 7D

Kerennya Wahana Cinema 7D di SKE

Bosan menonton film di bioskop yang biasa-biasa saja? Ingin merasakan sesuatu yang menantang? Nah, kali ini kamu bisa mencoba datan ke cinema 7d yang ada di Sinsu Kusuma Edupark ini.

Disini, kamu akan disajikan film-film yang seru dari berbagai genre, mulai dari kartun, romansa, aksi heroik, hingga horror. Dengan begitu kamu bisa mengajak siapa saja untuk menonton film bersama disini.

Uniknya, kamu akan disuguhkan sensasi yang berbeda dari bioskop manapun di Indonesia. Kamu akan melihat gambar yang bervolume, artinya tayangan yang kamu lihat seolah-olah nyata terjadi di hadapan kamu.

Selain itu, kursi yang kamu duduki juga akan bergerak-gerak sendiri, lengkap dengan efek hembusan angin dan juga tuas di bawah kursi yang tiba-tiba mencolek-colek kaki kita. Untuk mencoba fasilitas ini, biaya htm yang dikenakan adalah sebesar Rp30.000/orang.

2. Light Festival

Salah satu daya tarik wisata di Jogja adalah aktivitas malamnya yang meriah. Itulah mengapa di Sindu Kusuma Edupark tak lupa menyajikan wahana seru yang bisa dinikmati malam hari. Ya, wahana seru ini namanya SKE Light Festival.

Di wahana yang berupa taman lampu LED warna-warni ini, kamu bisa hunting foto bersama keluarga dengan berbagai tema. Penataan lampunya yang unik dan lokasinya yang instagramable abis ini sangat cocok menghiasi feed di sosial media kamu.

Tiket masuk Light Festival adalah sekitar Rp35.000/orang. Tarif tersebut sudah termasuk bonus wahana berupa sepur kluthuk dan kursi mabur. Wahana ini mulai buka sekitar jam 17.00 sore.

3. Waterpark

Selain menyediakan wahana yang super seru, Sindu Kusuma Edupark juga punya water park yang cukup besar, lho.

Seperti water park pada umumnya, kamu akan menemukan kolam renang dan kolam arus yang besar. Di area ini kamu bisa bermain di perosotan/waterslide raksasa sambil mengikuti aliran arus yang kencang layaknya sungai.
Ada tiga jenis perosotan yang diunggulkan disini, yaitu perosotan lurus, perosotan spiral, dan perosotan lorong.

Berdasarkan testimoni pengunjung, perosotan yang paling menantang adalah yang jenis spiral karena kamu akan diputar-putar hingga akhirnya dijatuhkan ke kolam renang.

Bagi kamu yang membawa adik atau anak kecil yang belum bisa berenang, kamu bisa menyewa ban. Biaya tiket yang dipatok juga cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp25.000/orang (weekday), Rp35.000 (weekend), dan Rp50.000 saat hari besar nasional.

Kunjungi Juga: Kedung Pedut, Air Terjun Dua Warna di Kulonprogo

4. Omah Batik

Jika ke Jogja, kurang lengkap rasanya jika belum melihat koleksi batik warisan kebanggaan Indonesia. Omah batik ini akan menyambutmu setelah keluar dari koridor masuk.

Sebagai edukasi, kamu bisa menyaksikan aneka ragam motif batik yang ada di Indonesia. Selain itu, kamu juga bisa melihat sejarah panjang perjalanan batik dari dulu hingga sekarang. Untuk mengunjungi omah batik, kamu tidak akan dikenai biaya alias gratis.

5. Omah Musik

Selain batik, kamu juga akan disuguhkan berbagai macam alat musik kuno yang ada di Indonesia, seperti gramofon antik. Selain itu, kamu akan melihat perkembangan sejarah musuk di Indonesia pada zaman dulu.
Layaknya Omah batik, Omah musik juga menggratiskan biaya masuk untuk para pengunjungnya.

6. Terapi Ikan

Sambil menunggu teman atau anggota keluarga kamu yang sedang naik wahana, kamu bisa mencoba terapi ikan, lho. Jangan khawatir jika tidak pegang uang, karena fasilitas ini tidak dikenakan biaya alias gratis.

Selain membuat kamu rileks, terapi ikan ini memiliki manfaat tersendiri lho untuk kesehatan. Terapi ikan dapat membuat peredaran darah lancar dan juga menjaga kesehatan kulit. Kamu pun juga akan terhibur dengan banyaknya ikan yang berkerumun di sekitar kaki kamu.

7. Family Coaster

Di ulang tahunnya Sindu Kusuma Edupark yang ke-6, pihak pengelola wisata meluncurkan wahana baru, yaitu Family Coaster. Biaya tiketnya sekitar Rp25.000/orang. Disini, kamu akan duduk di atas kereta yang meluncur dengan kecepatan tinggi.

Family coaster termasuk salah satu wahana yang menegangkan. Lintasan kereta yang meliku-liku ini tentu saja membuat adrenalinmu teruji!

8. Bianglala Tertinggi di Indonesia

Tahukah kamu, bahwa bianglala yang dimiliki Sindu Kusuma Edupark adalah yang tertinggi di Indonesia? Ya, bianglala berwarna kuning yang dinamai Cakra Manggilingan ini tingginya sekitar 48 meter!

Hanya dengan membayar Rp10.000 saja, kamu sudah bisa menaiki wahana bianglala yang menduduki posisi pertama tingkat nasional ini. Uniknya, bianglala ini berdiri di atas kolam renang yang luas sehingga kamu bisa melihat liukan perosotan yang tinggi dan jernihnya air.

Cakra Manggilingan terdiri dari 28 kapsul. Setiap kapsulnya dapat dinaiki maksimal 4 orang. Ketika kamu sudah berada di titik puncak bianglala, kamu akan disuguhkan bird eye view 360 derajat. Itu artinya, kamu bisa melihat indahnya Sindu Kusuma Edupark secara keseluruhan dari berbagai sudut.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa melihat perbukitan dan juga Gunung Merapi yang melegenda di Jogja!

9. Panggon Lunjak

Ingin merasakan sensasi melompat dengan titik tertinggi? Kamu perlu mencoba wahana yang satu ini.Di wahana yang bernama Panggon Lunjak ini, kamu akan disediakan trampolin yang super besar. Tidak hanya lompat, kamu bahkan bisa salto-salto di atasnya.

Soal keamanan, kamu tidak perlu khawatir. Pasalnya, kamu akan diikat oleh sabuk pengaman yang super ketat.

10. Jogja Festival Resto

Bagi kamu yang suka jalan-jalan sambil berwisata kuliner, jangan lupa untuk mampir ke Jogja Festival Resto. Disini, kamu akan disajikan menu makanan khas Jogja yang lezat dan menggiurkan.

11. Berkeliling Menggunakan Segway

Lelah berjalan kaki karena keliling di Sindu Kusuma Edupark yang super luas? Tenang, kamu bisa menaiki pit egrang atau segway yang diimpor langsung dari Amerika Serikat ini.

Segway adalah kendaraan roda dua menggunakan listrik yang bisa membawamu pergi kemanapun dengan lebih cepat tanpa harus capek-capek jalan kaki.

Sebelum menggunakan kendaraan ini, kamu akan dilatih/diberikan training singkat agar mampu mengendarai segway dengan baik. Tarif menggunakan segway ini adalah Rp20.000/orang.

12. House of Terror

Bagi kamu yang gemar menonton film horror atau thriller, wajib mencoba wahana yang satu ini. Ya, House of Terror atau yang lebih dikenal sebagai rumah hantu ini dapat membuat kamu merasakan sensasi uji nyali yang menantang.

Disini kamu diharuskan menaiki kereta yang akan menyusuri lorong gelap yang menyeramkan. Didalamnya terdapat kejutan-kejutan seram yang akan membuat bulu kuduk kamu merinding. Jangan kaget ya jika tiba-tiba ada boneka/hantu yang menyerang kamu!

Baca Juga: 10 Keunikan dan Daya Tarik Candi Sewu

13. Cleret Gandul

Bagi kamu yang tidak fobia terhadap ketinggian, rasanya perlu mencoba wahana cleret gandul. Wahana yang satu ini mirip seperti flying fox yang menyeret kamu dari satu tiang ke tiang lainnya menggunakan tali pengaman.

Menariknya, kamu akan merasakan sensasi seperti terbang di atas bumi dari ketinggian sekitar 13 meter dengan panjang lintasan 80 meter. Jangan takut jatuh, kamu akan dibekali dengan helm dan sabuk pengaman yang kuat, kok!

14. Wahana-wahana Baru

Tak cukup disitu saja, wahana-wahana di Sindu Kusuma Edupark selalu mengalami perkembangan dan penambahan dari waktu ke waktu. Contohnya saja, dalam waktu dekat ini akan ada planetarium, disaster room, hand boat, dan juga permainan menggambar secara virtual.

Wahana-wahana baru ini bertujuan tidak hanya untuk seru-seruan saja, akan tetapi juga untuk memberikan edukasi kepada masyarakat Jogja.

Di wahana disaster room, misalnya, pengunjung akan mendapatkan edukasi bagaimana cara menghadapi bencana alam, seperti angin topan, gempa bumi, dan kebakaran.

Hotel Dekat Sindu Kusuma Edupark

Bagi kamu para wisatawan yang berasal dari luar daerah Jogja, dapat menginap di hotel dekat Sindu Kusuma Edupark. Dengan begitu kamu bisa melepas rasa lelah setelah berkeliling seharian penuh di tempat wisata yang luas ini.

1. Hotel Neo Malioboro

Bagi kamu yang gemar belanja oleh-oleh di Malioboro dan ingin mampir ke SKE bisa menginap disini. Jarak dari hotel ke SKE cukup dekat, yaitu sekitar 2 km saja. Jika kamu ke Jogja menggunakan kereta, perjalanan dari stasiun Tugu ke hotel hanya membutuhkan 5-7 menit.

Fasilitas hotel yang ditawarkan berupa sarapan gratis, spa, kolam renang, bisnis center, dan internet wifi. Biaya menginap per malamnya adalah mulai dari Ro500.000 saja.

2. Grand Serela Hotel Yogyakarta

Hotel ini terdiri dari 2 jenis kamar, yaitu superior dan deluxe yang bisa disesuaikan dengan jumlah anggota keluarga/temanmu. Tarif per malam disini cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp376.000. Jarak ke Sindu Kusuma Edupark juga sangat dekat, tidak sampai 1 km.

Fasilitas hotel yang ditawarkan berupa pemandian air panas, fasilitas konferensi/meeting room, taman anak-anak, spa, dan restoran.

3. The Atrium Hotel & Resort

Pilihan hotel dekat lainnya adalah The Atrium Hotel & Resort. Mengusung konsep modern kontemporer, hotel yang satu ini cocok untuk bisnis dan juga para wisatawan.

Jarak dari Sindu Kusuma Edupark ke hotel ini adalah sekitar 2 km. Selain itu, hotelnya juga cukup dekat dengan bandara Adi Sucipto. Kamu hanya butuh waktu tempuh sekitar 20 menit menuju bandara.
Bagi kamu yang tertarik menginap di hotel ini, biaya per malamnya adalah sekitar Ro479.000.

4. POP! Hotel Sangaji Yogyakarta

POP! Hotel merupakan alternatif hotel dekat SKE yang terakhir. Jarak perjalanan ke Sindu Kusuma Edupark adalah sekitar 2 km saja dan juga dekat dengan objek wisata Monumen Jogja.

Fasilitas hotel yang ditawarkan berupa kamar yang dilengkapi dengan flat screen TV, wifi, dan AC. Terdapat pula area parkir yang luas dan coffe shop untuk ngopi bersama teman-teman.

Untuk menginap disini tidak perlu merogoh kocek yang dalam. Pasalnya, biaya menginap per malam disini sangat terjangkau, yaitu hanya sekitar Rp209.000 saja. Cocok untuk menjadi lokasi penginapan rombongan study tour dan juga untuk kamu para mahasiswa.

Lihat Juga: 25 Rekomendasi Tempat Wisata di Jogja Terbaru 2020

Wisata Dekat Sindu Kusuma Edupark

1. Paintball Jogja

Bagi kamu yang hobi menembak layaknya dalam adegan action di film perang, kamu wajib mengunjungi objek wisata yang satu ini. Disini disediakan medan perang yang lengkap dengan baju perang, alat tembakan, dan tempat persembunyian untuk menghindar dari tembakan.

Jarak dari Paintball Jogja ke SKE pun cukup dekat, yaitu sekitar 1,1 km saja.

2. Tugu Yogyakarta

Berkunjung ke kota wisata Jogja rasanya belum lengkap jika belum mampir ke Tugu Yogyakarta. Objek wisata yang satu ini menjadi ikon kota Jogja yang banyak dijadikan spot foto oleh wisatawan luar daerah terutama pada malam hari.

Tugu pal berwarna putih ini memiliki ciri khas ukiran kerajaan Jogja yang unik. Jarak ke Sindu Kusuma Edupark juga sangat dekat, tidak sampai 3 km.

3. Taman Pintar Yogyakarta

Di Taman Pintar Yogyakarta, kamu bisa belajar sambil bermain. Tempat rekreasi yang satu ini adalah perpaduan antara area bermain dan edukasi tentang pengetahuan sains. Fasilitasnya pun cukup lengkap, mulai dari foodcourt, toilet, atm, toko buku, dan musholla.

4. Museum Sonobudoyo

Ingin liburan sambil menambah pengetahuan sejarah? Datang saja ke Museum Sonobudoyo. Disini kamu bisa mengetahui sejarah dan kebudayaan Jawa, lengkap dengan bangunan adatnya yang memiliki arsitektur unik.

Selain itu, terdapat banyak sekali barang-barang peninggalan kerajaan yang dibagi menjadi beberapa kategori, seperti teknologi, seni rupa, arkeologi, dan masih banyak lagi. Jarak dari Sindu Kusuma Edupark adalah sekitar 4,1 km saja

Tips Wisata ke Sindu Kusuma Edupark

Tertarik untuk berencana kesini? Eits, kamu perlu tahu tips-tips sebelum berwisata ke Sindu Kusuma Edupark biar liburan kamu berjalan lancar dan tidak mengecewakan.

1. Periksa info jadwal buka dan jam tutup tempat ini. Pastikan SKE tidak libur pada hari kamu tiba di TKP. Kamu bisa mengecek infonya di situs resmi www.kusuma-edupark.com atau di akun instagram @skedupark.

2. Rencanakan wahana apa saja yang akan dinaiki dan siapkan estimasi anggaran yang dibutuhkan. Kamu bisa mengecek ulang biaya tiket masuk dan tarif masing-masing wahana di halaman awal artikel ini.

3. Datanglah lebih awal agar kamu sempat mencoba semua wahana yang diinginkan. Ingatlah bahwa nantinya kamu akan antri terlebih dahulu pada setiap wahana, sehingga hindari datang saat mepet jam tutup, ya.

4. Jika membawa anak kecil, awasi dengan penjagaan ketat putra-putri kamu karena Sindu Kusuma Edupark sangatlah luas dan ramai.

Simak Review: 25 Tempat Wisata Gunung Kidul Yogyakarta, Terbaru Lagi Hits

Nah, itu tadi serba-serbi info lengkap tentang wahana seru yang bisa kamu nikmati di Sindu Kusuma Edupark Jogja. Karena sebagian besar wahana di tempat ini berkonsep outdoor, maka jangan lupa untuk memakai pakaian yang menyerap keringat, ya. Selamat liburan!

0

Taman Budaya Sentul

Putri
7 min read

Kebun Raya Cibodas

Zuhrufi
6 min read

Taman Nasional Komodo

Putri
6 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *