Sumber Maron Malang

7 min read

Sumber Maron Malang

Salah satu wisata alam yang tengah hits di tahun 2020 adalah sumber air. Sejumlah sumber air banyak yang baru dibuka. Salah satu sumber air unik adalah Sumber Maron.

Sumber Maron terbilang beda dari sumber air lain. Sumber air yang berlokasi di Kabupaten Malang ini unik karena memiliki sungai yang bisa digunakan untuk kegiatan river tubing.

Sumber Maron yang berada di pedesaan akan membuat suasana liburanmu terasa berbeda. Beraktivitas seru di obyek wisata alam yang asri akan menjadi pengalaman tak terlupakan.

Lokasi Sumber Maron

Sumber Maron menawarkan wisata alam ala pedesaan di Malang yang masih asri. Obyek wisata ini berada di Dusun Adiluwih, Desa Karangsuko, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Sebelum menjadi obyek wisata alam, Sumber Maron dulunya dijadikan tempat budidaya kangkung oleh masyarakat sekitar. Seiring dengan berjalannya waktu, Sumber Maron mulai dimanfaatkan potensinya hingga dijadikan obyek wisata alam.

Dengan berbagai potensinya yang beragam, Sumber Maron pun mulai populer di kalangan wisatawan. Tak hanya wisatawan sekitar Malang yang berkunjung, namun juga wisatawan luar daerah juga tak mau ketinggalan untuk menikmati keasrian Sumber Maron.

Jalan Menuju Sumber Maron

Jalan menuju Sumber Maron terbilang mudah dan kondisi jalannya bagus. Jika kamu berangkat dari kota Malang, hanya memerlukan waktu sekitar satu jam dengan mengendarai kendaraan pribadi.

Untuk kamu yang mengendarai kendaraan pribadi, ambil arah Kecamatan Gondanglegi untuk jalan menuju ke Sumber Maron. Setelah itu, lanjutkan perjalanan hingga Desa Karangsuko dan temukan SDN 2 Karangsuko. Lalu, ikuti jalan sampai menemukan lokasi Sumber Maron.

Jika menggunakan angkutan umum, sebaiknya kamu naik angkot berkode AG, GL, LG, atau GA dari Kota Malang lalu turun di Terminal Hamid Rusdi. Kemudian naik angkot lagi dan turun di Gondanglegi, setelah itu naik ojek selama 10 menit untuk sampai di Sumber Maron.

Tiket masuk Sumber Maron

Berkunjung ke obyek wisata alam bisa kamu lakukan dengan dana yang terbatas. Kamu bisa mengeksplor pesona wisata alam Sumber Maron tanpa keluar banyak uang. Dengan dana yang sedikit, kamu bisa menjelajahi Sumber Maron sepuasnya, menyenangkan bukan?

Untuk menjelajah semua aktivitas air di Sumber Maron, kamu tak perlu merogoh kocek yang dalam. Harga tiket yang dikenakan kepada pengunjung sangat terjangkau yaitu sekitar Rp 5.000 per orang.

Jika kamu membawa kendaraan pribadi, biaya parkirnya juga tidak mahal. Untuk sepeda motor, kamu akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 3.000 per motor. Sedangkan jika kamu membawa mobil, biaya parkir yang dibebankan kepadamu seharga Rp 5.000 per mobil.

Jam Buka Sumber Maron

Sumber Maron yang mengutamakan potensi pemandian dan air terjun memiliki jam buka tertentu. Sumber Maron dibuka untuk pengunjung setiap hari yaitu dari hari Senin sampai Minggu.

Jam buka Sumber Maron dimulai pada pukul 7 pagi dan ditutup pukul 6 malam. Jam buka Sumber Maron yang terbatas untuk meminimalisir terjadinya hal – hal yang tidak diinginkan, misalnya kecelakaan.

Fasilitas di Sumber Maron

Sumber Maron mengutamakan aktivitas penjelajahan sumber air yang pada akhirnya akan membuat pengunjung basah. Oleh sebab itu, pengelola Sumber Maron tidak lupa untuk menyediakan fasilitas kamar mandi dan ruang ganti baju.

Setelah lelah bermain basah – basahan di area pemandian, tak perlu susah – susah keluar area Sumber Maron untuk mengisi perutmu keroncongan. Di sekitar area Sumber Maron terdapat beragam warung murah yang bisa kamu cicipi menunya yang lezat.

Sumber Maron memiliki pasokan listrik yang terbilang menarik. Listrik yang mengalir ke Sumber Maron menggunakan tenaga listrik micro hidro yang dibuat oleh masyarakat setempat.

Jika kamu datang dari luar kota, tak perlu khawatir untuk mencari penginapan. Ada banyak penginapan dekat dengan Sumber Maron yang bisa kamu jadikan tempat beristirahat selepas seru – seruan.

Lihat Review: Pantai Sendiki Mitos dan Pesona Indah yang Tersembunyi

Aktivitas Seru di Sumber Maron

Sumber Maron terbilang merupakan sebuah paket lengkap sebuah obyek wisata alam. Area Sumber Maron dikelilingi persawahan yang menghijau. Selain itu, air terjun dan pemandian yang menyegarkan membuat siapa pun enggan untuk beranjak pergi.

Setiap jengkal Sumber Maron terasa menyejukkan mata. Sehingga tak heran jika Sumber Maron selalu ramai dikunjungi wisatawan. Berwisata ke kota yang dingin dengan suasana asri akan membuat tubuhmu lebih fresh.

Sumber Maron mampu memaksimalkan potensi alamnya dengan fasilitas yang ada. Fasilitas disediakan untuk menunjang berbagai kegiatan seru yang dibutuhkan para pengunjung. Apakah kamu penasaran aktivitas seru apa saja yang bisa dilakukan di Sumber Maron?

1. Berenang

sumber maron adalah

Aktivitas umum yang dilakukan di wisata sumber air adalah berenang. Sumber Maron memiliki pemandian untuk berenang, berendam, atau sekedar bermain air di sekitarnya. Kamu bisa merasakan kesegaran air sambil menikmati alam sekitar Sumber Maron yang mempesona.

Sebagai obyek wisata pemandian alami, kolam Sumber Maron berstruktur tidak rata. Struktur dasar pemandian semakin ke tengah, air akan semakin dalam. Oleh karena itu, kamu perlu berhati – hati ketika berenang jangan sampai ke tengah.

Kamu juga bisa menyewa ban untuk berenang agar lebih aman. Tarif sewa ban untuk ukuran kecil dipatok dengan harga Rp 3.000 per unit. Sedangkan untuk ban ukuran besar, tarif sewanya sebesar Rp 7.000 per unit.

2. Snorkelling

sumber maron kepanjen

Sumber Maron memiliki keistimewaan lain yang tak boleh kamu lewatkan. Di dalam area pemandian disebar ikan – ikan hias. Kamu bisa menyelam ke dalam air untuk melihat ikan – ikan hias yang cantik lalu mengabadikannya ke dalam potret kamera.

Tak perlu jauh – jauh ke pantai, cukup ke Sumber Maron saja untuk melakukan aktivitas snorkelling. Snorkelling di Sumber Maron terasa aman dan menyenangkan karena airnya yang tidak begitu dalam. Sehingga kamu tidak perlu khawatir hanyut dibawa arus ombak laut.

3. Bermain di Bawah Air terjun

sumber maron terletak di

Selain memiliki kolam pemandian, Sumber Maron juga mempunyai potensi alam yang tak kalah seru. Sumber Maron memiliki air terjun menyegarkan yang tidak besar. Kamu bisa bermain air dan menikmati pemandangan air terjun kecil dari bagian bawahnya.

Air terjun di area Sumber Maron ini terbilang kecil karena hanya memiliki ketinggian 5 meter. Walaupun tidak besar, air terjun ini juga asyik untuk dijadikan tempat seru – seruan. Air terjun kecil ini dinamai Grojogan Sewu oleh masyarakat sekitar.

Air terjun pedesaan yang asri ini terbilang ramah anak karena airnya tidak terlalu dalam. Meski demikian, pengunjung harus tetap waspada mengawasi anak – anak agar tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan.

4. Terapi Ikan

sumber maron daerah malang

Terapi ikan menjadi sarana kesehatan dengan cara merendam kaki di dalam kolam yang berisi ikan – ikan kecil di dalamnya. Kamu bisa duduk santai di pinggir kolam sembari merasakan ikan – ikan kecil memakan sel – sel kulit mati di kakimu.

Terapi ikan menjadi salah satu favorit pengunjung segala usia. Tua muda duduk bersebelahan di pinggiran kolam untuk menikmati terapi ikan. Ikan yang memakan sel – sel kulit mati pengunjung terlihat indah karena coraknya berwarna warni.

Jika kamu menikmati terapi ikan, maka akan mendapatkan manfaat bagi kesehatanmu. Dengan merendam kaki di dalam kolam ikan, pegal – pegal di badanmu bisa terobati. Selain itu, manfaat lain yang kamu dapat jika melakukan terapi ikan adalah bisa meningkatkan kesehatan tubuhmu.

5. River Tubing

sumber maron batu

Jika kamu suka aktivitas menantang dan memacu adrenalin, tak ada salahnya mencoba river tubing. River tubing atau biasa dikenal dengan sebutan susur sungai menjadi aktivitas populer saat ini.

River tubing bisa dimulai dari sisi bawah air terjun. Kamu bisa menikmati kegiatan river tubing dengan hanya telentang di atas ban yang melaju mengikuti arus air sepanjang aliran sungai sekitar 500 meter.

River tubing di Sumber Maron tak hanya menawarkan sensasi tegang. Kamu akan terpukau pemandangan di sekeliling sungai. Sawahnya yang menghijau, jernihnya air sungai, indahnya air terjun serta segarnya udara khas pedesaan menonjolkan keasrian Sumber Maron.

Aktivitas river tubing dikenakan biaya sebesar Rp 10.000 per orang. Harga semurah itu sebagai jasa sewa ban sehingga kamu tak perlu khawatir tenggelam atau hanyut.

6. Flying Fox

sumber maron ular

Aktivitas yang menjadi favorit pengunjung adalah flying fox. Seperti halnya di obyek wisata alam pada umumnya, flying fox selalu tak pernah kalah pamor. Flying fox selalu menjadi wahana yang paling panjang daftar antrean pengunjungnya dibanding aktivitas lain.

Flying fox yang ditawarkan di Sumber Maron memiliki keistimewaan. Kamu akan merasakan pengalaman tak terlupakan melayang di atas hamparan sawah yang menghijau. Pemandangan pedesaan yang asri dari atas akan memukaumu lalu kamu mendarat di sungai kecil yang sejuk.

Tarif untuk bermain flying fox terbilang terjangkau. Kamu hanya perlu mengeluarkan dana sebesar Rp 10.000 sudah termasuk perlengkapan flying fox seperti pengaman badan dan helm. Dengan biaya yang tidak besar, kamu akan puas menikmati pemandangan yang indah.

Baca Rekomendasi: 7 Pesona Air Terjun Madakaripura yang Penuh Misteri

7. Mempalajari Cara Kerja PLTMH

sumber maron tiket masuk

Masyarakat sekitar Sumber Maron memiliki Pembangkit Listrik Tenaga Micro Hidro. Pembangkit Listrik Tenaga Micro Hidro atau biasa disingkat dengan sebutan PLTMH dibangun pada tahun 2005.

Pembangkit listrik yang menggunakan tenaga micro hidro ini menjadi sumber pemasok listrik utama di 4 desa sekitar Sumber Maron. Desa yang mendapat asupan listrik dari PLTMH yaitu Desa Karangsuko, Desa Sukosari, Desa Gondanglegi Kulon, dan Desa Panggungrejo.

Kini PLTMH dijadikan sebagai wisata edukasi teknologi. Wisata edukasi tersebut dirancang untuk menunjukan kepada pengunjung mengenai cara kerja PLTMH dalam mengolah listrik lalu mengalirkannya ke rumah – rumah warga.

Kunjungan ke PLTMH banyak dilakukan oleh para pelajar ataupun mahasiswa. Para pelajar mengunjungi PLTMH untuk wisata edukasi berkaitan dengan listrik. Sedangkan, tak sedikit mahasiswa yang datang untuk melakukan penelitian.

Tempat Wisata Dekat Sumber Maron

Pedesaan di Malang terkenal akan wisata alamnya yang asri. Udara dingin yang berhembus di Malang semakin menambah kesejukan pedesaannya. Sumber Maron menjadi salah satu obyek wisata di pedesaan Malang yang tidak diragukan lagi keasriannya.

Sumber Maron yang berada di pedesaan Malang juga dekat dengan obyek wisata lain yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Jika kamu berkunjung ke Sumber Maron, jangan lupa untuk mampir ke obyek wisata dekat Sumber Maron ya.

1. Sumber Taman

sumber maron malang terbaru

Di dekat area Sumber Maron terdapat wisata sumber air lain yang bernama Sumber Taman. Sumber Taman hanya berjarak 2 kilometer dari Sumber Maron. Sumber Taman letaknya masih berada di desa yang sama dengan Sumber Maron.

Sumber Taman juga digunakan untuk aktivitas wisata sumber air pada umumnya yaitu berenang, berendam atau sekedar bermain air di sekitar pemandian. Sumber Taman terasa sejuk dan menyegarkan karena dikelililingi pepohonan berusia ratusan tahun.

Di Sumber Taman, terdapat dua pohon besar yang menjadi pemasok air ke pemandian. Kamu akan takjub melihat kejernihan airnya yang memperlihatkan dasar pemandian dengan kedalaman 2 meter.

Sumber Taman memiliki pemandian dengan luas 30 meter² yang digunakan pengunjung untuk aktivitas air. Selain itu, Sumber Taman juga bisa digunakan untuk camping dan outbond.

2. Milkindo Green Farm

sumber maron pacitan

Jika kamu suka binatang, di dekat Sumber Maron terdapat peternakan sapi yang dijadikan wisata edukasi. Wisata edukasi sapi perah ini bernama Milkindo Green Farm. Milkindo Green Farm berada di daerah Kepanjen dan hanya berjarak 5,9 kilometer dari Sumber Maron.

Sebelumnya, Milkindo Green Farm yang berdiri pada tahun 1984 ini merupakan peternakan sapi biasa. Namun sejak 5 tahun yang lalu, Milkindo Green Farm diubah menjadi sebuah wisata edukasi sapi perah yang bersih dan seru.

Kamu bisa mengeksplor Milkindo Green Farm dengan mengamati sapi – sapi perah secara langsung dari dekat. Di Milkindo Green Farm kamu bisa membeli produk olahannya seperti susu, keju, dan lain sebagainya.

Baca Selengkapnya: Batu Secret Zoo Wisata Edukasi Modern yang Mempesona

3. Taman Puspa Kepanjen

sumber maron malang

Selain Milkindo Green Farm, di Kepanjen terdapat obyek wisata lain yang tak kalah seru bernama Taman Puspa. Taman Puspa juga termasuk obyek wisata dekat dengan Sumber Maron karena hanya berjarak 11,7 kilometer.

Taman Puspa cocok untuk kamu yang ingin bersantai sejenak sambil menikmati keindahan bunga – bunga cantik bermekaran. Taman wisata ini didirikan Pemerintah Kabupaten Malang sebagai tempat berekreasi.

Selain itu, di Taman Puspa juga disediakan fasilitas arena bermain anak seperti ayunan dan lain sebagainya. Kamu juga bisa melakukan olahraga ringan seperti jogging untuk menyegarkan otot – otot tubuhmu yang lelah di Taman Puspa.

4. TPA Wisata Edukasi Talangagung

sumber maron wisata alam

TPA Talangagung merupakan sebuah tempat pembuangan sampah yang dijadikan obyek wisata dekat Sumber Maron yang bernilai edukasi. Jarak TPA Wisata Edukasi Talangagung ke Sumber Maron hanya sekitar 10,7 kilometer.

Kamu bisa belajar pengolahan limbah dan sampah yang ramah lingkungan di TPA Wisata Edukasi Talangagung. TPA Wisata Edukasi Talangagung memperlihatkan ke pengunjung tentang pengolahan limbah menjadi air lindi yang tidak menimbulkan pencemaran pada tanah.

Apakah kamu penasaran apa itu air lindi? Air lindi adalah hasil pembusukan sampah yang diolah sedemikian rupa sebelum dibuang kembali ke lingkungan. Air ini sudah tidak mengandung zat – zat berbahaya sehingga aman untuk lingkungan.

5. Stadion Kanjuruhan

sumber mata air maron

Jika kamu menyukai olahraga, Stadion Kanjuruhan sayang untuk kamu lewatkan. Stadion Kanjuruhan terbilang sebagai obyek wisata dekat dengan Sumber Maron karena hanya berjarak 4,6 kilometer. Kamu hanya perlu berkendara sekitar 11 menit untuk sampai ke lokasi.

Stadion Kanjuruhan diresmikan pembukaannya oleh Presiden Republik Indonesia ke-5 yakni Megawati Soekarno Putri. Stadion ini dibuka pertama kali pada tanggal 9 Juni 2004.

Kamu bisa menyaksikan pertandingan atau latihan sepakbola di Stadion Kanjuruhan. Stadion yang bisa menampung 40.000 pengunjung ini menjadi markas klub sepakbola Malang yaitu Arema FC.

Selain itu, kamu bisa melakukan olahraga di luar stadion atau di dalam jika sedang tidak ada pertandingan atau latihan. Setelah lelah berolahraga, kamu bisa menikmati menu khas Malang yang dijajakan warung – warung di sekitar Stadion Kanjuruhan.

Baca Juga: Gili Ketapang, Surga Bawah Laut Jawa Timur

Wisata alam sumber mata air yang populer akhir-akhir ini adalah Sumber Maron. Berwisata ke Sumber Maron tak hanya bermanfaat untuk melepas penat, tapi juga cocok untuk seru-seruan.

Potensi alam yang dimiliki Sumber Maron selalu menuai decak kagum para pengunjung. Selain itu, kamu bisa mampir ke tempat wisata dekat Sumber Maron yang tak kalah asri. Yuk segera rencanakan kunjunganmu.

Jogja Bay Waterpark

Jessica Susanti
10 min read

Heha Sky View

Jessica Susanti
9 min read

Malang Night Paradise

Indah Andini
11 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *