Surabaya Carnival Park

8 min read

surabaya carnival park

Surabaya menjadi satu dari sekian kota besar di Indonesia yang memiliki banyak tempat wisata. Salah satu tempat wisata yang tengah populer di tahun 2020 ini adalah Surabaya Carnival Park.

Surabaya Carnival Park menjadi taman hiburan paling lengkap dan kekinian yang patut untuk dikunjungi. Taman hiburan ini cocok untuk kamu yang mengincar tempat wisata yang instagramable.

Jika kamu sedang berkunjung ke Surabaya, tak ada salahnya mampir ke Surabaya Carnival Park. Kamu akan takjub dengan aneka wahana seru dan menyenangkan yang disajikan.

Apa Itu Surabaya Carnival Park

Apakah kamu suka hangout pada malam hari dan bosan dengan obyek wisata yang itu – itu saja? Tidak perlu risau, kamu bisa datang ke Surabaya Carnival Park. Surabaya Carnival Park punya beragam wahana yang seru, lho.

Surabaya Carnival Park adalah taman hiburan modern terbesar dan terbaru yang menyajikan fasilitas rekreasi keluarga. Taman hiburan ini mengusung konsep pasar malam sehingga hanya buka pada malam hari.

Kamu akan terpukau dengan keindahan kerlap – kerlip lampu yang didesain sedemikian rupa untuk menerangi sekaligus menghiasi Surabaya Carnival Park. Keindahan kota Surabaya pada malam hari juga bisa kamu nikmati dari Surabaya Carnival Park .

Surabaya Carnival Park juga menyuguhkan wisata edukasi tentang sejarah kota Surabaya hingga tokoh dunia. Selain seru – seruan, pengetahuanmu juga akan bertambah.

Lokasi Surabaya Carnival Park

Surabaya Carnival Park memiliki alamat di Jalan Frontage Ahmad Yani Siwalankerto Nomor 333, Dukuh Menanggal, Gayungan, Surabaya. Lokasi Surabaya Carnival Park lebih dekat dengan Bandara Juanda. Sedangkan dari pusat kota, Surabaya Carnival Park cukup jauh.

Letaknya yang di pinggiran kota, tak menjadikan Surabaya Carnival Park sepi pengunjung. Taman hiburan yang berada di bawah pengelolaaan Jatim Park Group ini justru semakin menjadi incaran para pemburu tempat wisata kekinian.

Surabaya Carnival Park selalu dipenuhi pengunjung terutama saat musim liburan. Taman hiburan yang berdiri di atas tanah seluas 8 hektar ini membuatmu tidak akan selesai mengeksplornya dalam waktu sehari saja.

Jalan Menuju Surabaya Carnival Park

Surabaya Carnival Park lebih mudah dicapai menggunakan kendaraan pribadi. Kamu hanya perlu melewati Jalan Waru. Kemudian, kamu perlu mengarahkan kendaraanmu menuju arah ke luar kota Surabaya hingga pabrik paku yang terletak di Jalan Brigjen Katamso.

Dari Jalan Brigjen Katamso, arahkan kendaraan belok ke kiri dan lurus mengikuti jalan hingga bertemu rel kereta api. Setelah itu, tetap jalan lurus hingga menemukan papan petunjuk bertuliskan Surabaya Carnival Park.

Dari papan petunjuk itu kamu perlu mengarahkan kendaraan untuk belok ke kiri. Setelah itu, lurus saja melewati Jalan Kertomenanggal hingga menemukan papan petunjuk di jembatan layang.

Dari jembatan layang kamu harus mengambil arah ke kanan. Setelah itu, jalan lurus mengikuti jalan hingga menemukan pintu masuk Surabaya Carnival Park yang berada di sebelah kiri jalan.

Tiket Masuk Surabaya Carnival Park

Surabaya Carnival Park mematok harga tiket masuk yang tidak terlalu tinggi. Harga tiket masuk reguler pada hari kerja sebesar Rp 30.000 per orang. Sedangkan pada hari libur, tiket masuk dibandrol seharga Rp 35.000 per orang.

Untuk masuk ke wahana lain di dalam Surabaya Carnival Park, kamu harus membayar biaya tiket lagi. Harga tiket masuk tiap wahana dipatok mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 50.000 per orang.

Supaya tidak repot, kamu bisa membeli tiket terusan. Maksud tiket terusan adalah kamu bisa membayar biaya masuk sekaligus wahana di dalamnya namun tidak termasuk wahana berbayar tambahan lainnya.

Tiket terusan bisa kamu beli dengan harga Rp 60.000 per orang pada saat weekday. Sedangkan di waktu weekend, harga tiket masuk sebesar Rp 80.000 per orang.

Jam Buka Surabaya Carnival Park

Surabaya Carnival Park dulunya adalah Surabaya Carnival Night Market, sehingga selalu buka pada malam hari.

Surabaya Carnival Park selalu buka baik pada weekday maupun weekend. Surabaya Carnival Park bisa dijadikan pilihan untuk menghabiskan malam Minggu.

Jam buka Surabaya Carnival Park dimulai pada sore hari pukul setengah 4 sore. Lalu, Surabaya Carnival Park ditutup pada jam 11 malam. Kamu bisa berkunjung setelah beraktivitas seharian, sehingga tak mengganggu aktivitasmu seperti sekolah, kuliah atau bekerja.

Area kidsplay yang merupakan wahana khusus anak – anak dibuka lebih awal yaitu pukul 3 sore. Sedangkan jam tutupnya sama dengan wahana lainnya pada pukul 11 malam. Kamu hanya bisa berkunjung dan bermain sepuasnya di Surabaya Carnival Park di antara jam tersebut saja.

Fasilitas di Surabaya Carnival Park

Surabaya Carnival Park tak ketinggalan menyediakan aneka fasilitas untuk memenuhi kebutuhan pengunjungnya.

Fasilitas yang disediakan oleh Surabaya Carnival Park antara lain tempat parkir, mushola, tempat penitipan barang, counter refund, dan kios souvenir.

Jika merasa lapar setelah bermain, kamu bisa mampir ke cafe, food court, atau restoran yang berada di dalam Surabaya Carnival Park. Surabaya Carnival Park juga peduli pada penyandang disabilitas dengan menyediakan kursi roda.

Seiring dengan popularitasnya, Surabaya Carnival Park menyediakan area untuk pagelaran event. Sejumlah event besar yang pernah diselenggarakan di Surabaya Carnival Park antara lain kompetisi Ghost Run, Ramadhan Vaganza, dan Carnivaltography.

Area khusus yang digunakan untuk menggelar event tersebut dapat menampung 4000 orang dan dilengkapi dengan panggung. Kamu bisa menyewanya untuk acara gathering, rapat, bahkan wedding.

Baca Selengkapnya: Pantai Soge Pacitan View Menarik dan Rute yang Mudah

Wahana di Surabaya Carnival Park

Surabaya Carnival Park memiliki 52 wahana yang siap untuk kamu eksplor. Wahana di Surabaya Carnival Park tak hanya ditempatkan di dalam ruangan, namun juga beberapa disajikan di luar ruangan.

Sebaiknya kamu datang lebih awal dan mencoba dahulu wahana yang paling diminati pengunjung agar tidak kehilangan kesempatan. Apakah kamu penasaran wahana apa saja yang terdapat di Surabaya Carnival Park?

1. Wahana Anak

Wahana Anak Surabaya Carnival Park

Surabaya Carnival Park memiliki area untuk anak – anak yang dipisah dengan wahana lainnya. Wahana anak di Surabaya Carnival Park menyajikan permainan ala anak – anak seperti Mini Jet, Kocar Kacir, Frog Hopper, Dance Party, Convoy Car, Baby Wheel, dan Avatar.

Selain itu, Surabaya Carnival Park juga membuka wahana khusus untuk anak – anak yang bernama Kidsplay Carnival Science & Water Park. Untuk masuk ke wahana khusus akan dikenakan biaya Rp 50.000 per anak pada saat weekday dan Rp 60.000 per anak untuk weekend.

Kidsplay Carnival Science & Water Park memiliki 40 macam permainan yang edukatif dan interaktif. Permainan yang terdapat di wahana khusus anak tersebut antara lain Toddler, Ethic Kidsplay Science, The Garden, My Body, dan Art Class.

2. Wahana Keluarga

Wahana Keluarga
https://www.instagram.com/_deraaaaa/

Berwisata ke taman hiburan paling menyenangkan jika bersama keluarga. Bersama keluarga mengeksplor wahana di Surabaya Carnival Park akan menambah kekompakan satu sama lain. Di Surabaya Carnival Park terdapat wahana keluarga yang menyenangkan.

Wahana keluarga di Surabaya Carnival Park menyuguhkan atraksi dan permainan yaitu Candy Land, Selfie House, Pirate Ghost Ship, Omah Mumet, Motor Edan, Uber – Uberan, Sepur Sirkus, Keliling Angkasa, Gondal Gandul, Carousel, Galeri Suroboyo, dan lain sebagainya.

Salah satu atraksi menarik dari wahana keluarga ini adalah Sepur Sirkus. Kamu bisa menyaksikan Sepur Sirkus yang menampilkan parade boneka – boneka sirkus lucu dan menggemaskan bersama keluargamu.

Selain itu, kamu bisa menjelajahi permainan – permainan di dalam wahana keluarga bersama orang tersayang di waktu senggang. Menyenangkan bukan?

3. Wahana Remaja

Wahana Remaja yang menegangkan

Wahana remaja di Surabaya Carnival Park cenderung bernuansa penuh tantangan. Untuk kamu yang suka memacu adrenalin, tak ada salahnya mencoba permainan di wahana remaja. Kamu akan merasakan sensasi menegangkan di wahana remaja Surabaya Carnival Park.

Permainan yang terdapat di wahana remaja Surabaya Carnival Park antara lain Tambang Mas Coaster, Pendulum, Blueshake.

Di wahana remaja juga terdapat spot instagramable, salah satunya adalah Glow In The Dark. Spot kekinian tersebut menyuguhkan ruangan gelap dengan siluet estetik.

4. Wahana Berbayar

 

Wahana lainnya di Surabaya Carnival Park menyediakan permainan yang memerlukan biaya masuk tambahan.

Permainan yang termasuk ke dalam wahana berbayar di Surabaya Carnival Park yaitu Perang Laser, Go – Cart, E – Bike, dan Area Dolanan.

Harga yang dipatok untuk setiap permainan di wahana berbayar mulai dari Rp 30.000 hingga Rp 40.000 per orang. Jika kamu ingin mencoba permainan Perang Laser, maka akan dikenakan biaya sebesar Rp 30.000 per orang

Untuk permainan Go – Cart, kamu diwajibkan membayar biaya tiket masuk sebesar Rp 40.000 per orang. Jika ingin mencoba permainan olahraga yaitu E – Bike, kamu hanya perlu membayar seharga Rp 35.000 per jam.

Area Dolanan menyuguhkan aneka permainan yang memacu daya tangkas anak. Harga tiket masuk area ini sekitar Rp 6.000 per anak.

5. Kids Kingdom

Kids Kingdom wisata anak

Kids Kingdom berada di sisi paling belakang Surabaya Carnival Park dan diperuntukan bagi balita. Kids Kingdom cocok untuk anak – anak di bawah umur lima tahun karena bermanfaat sebagai media pengasah kreativitas mereka.

Kids Kingdom menyajikan beragam permainan menarik seperti Nail Arts, Kitchen Magic, Face Painting, Artist Studio, dan lain – lain. Wahana khusus balita ini dipatok dengan harga Rp 75.000 per anak.

6. Galeri Suroboyo

Galeri Suroboyo

Untuk kamu yang suka dengan hal – hal berbau sejarah, sebaiknya mengunjungi wahana Galeri Suroboyo.

Surabaya Carnival Park menjadi unik karena menyediakan wahana edukatif seputar sejarah. Di Galeri Suroboyo, kamu bisa belajar tentang sejarah kota Surabaya.

Galeri Suroboyo juga menyuguhkan beragam info mengenai bangunan – bangunan bersejarah beserta benda – benda kuno yang terdapat di kota Surabaya. Kamu bisa mempelajari kota Surabaya secara lebih mendalam melalui Galeri Suroboyo

Sejumlah hal unik juga dipamerkan di Galeri Suroboyo. Salah satu hal unik yang disuguhkan oleh Galeri Suroboyo adalah miniatur makanan khas Surabaya. Kamu bisa belajar tentang kuliner khas Surabaya seperti rujak cingur, semanggi, lontong balap, lontong mie, dan tahu tek.

7. Bledek Coaster

Bledek Coaster yang menantang

Surabaya Carnival Park memiliki wahana roller coaster yang dinamai Bledek Coaster. Bledek Coaster merupakan wahana permainan yang paling banyak diminati pengunjung terutama anak muda.

Dengan menaiki Bledek Coaster, kamu bisa merasakan sensasi berputar – putar di atas ketinggian. Walaupun terasa menegangkan, namun kamu akan puas menikmati pemandangan keindahan kota Surabaya dari angle yang berbeda dari biasanya.

Lihat Review: 8 Destinasi Kenjeran Park Surabaya (Wisata Populer Tahun 2020)

8. Art & Wax House

lucunya Art & Wax House

Tidak perlu jauh – jauh ke Museum Madame Tussauds yang berada di luar negeri untuk melihat replika tokoh dunia. Kamu bisa melihat patung lilin tokoh dunia di Surabaya Carnival Park, tepatnya di dalam wahana Art & Wax House.

Kamu bisa mengabadikan foto dengan replika tokoh dunia yang terbuat dari lilin di dalam wahana Art & Wax House.

Replika tokoh dunia yang terdapat di wahana Art & Wax House antara lain Charlie Chaplin, Albert Einstein, Bruce Lee, hingga Mr. Bean.

Tempat Wisata Dekat Surabaya Carnival Park

Surabaya Carnival Park letaknya berada di pinggiran kota Surabaya, sehingga dekat dengan beragam tempat wisata lain yang tak kalah menarik. Berikut ini adalah tempat wisata dekat Surabaya Carnival Park yang tidak patut untuk kamu lewatkan.

1. Kebun Bibit Wonorejo

fasilitas di Kebun Bibit Wonorejo
https://www.instagram.com/lenny_maysa/

Kebun Bibit Wonorejo terbilang dekat dengan Surabaya Carnival Park karena hanya berjarak 9 kilometer. Lokasi taman milik Pemerintah Kota Surabaya ini berada di Jalan Kendalsari Nomor 70, Wonorejo, Rungkut, Surabaya.

Kebun Bibit Wonorejo berdiri di atas tanah dengan luas 5,9 hektar. Fasilitas menarik di Kebun Bibit Wonorejo yaitu playground, mini zoo, camping ground, danau, outdoor gym area, Broadband Learning Center, pengolahan sampah, keran air siap minum, hingga tempat kuliner.

Kebun Bibit Wonorejo terdapat tempat duduk untuk kamu bersantai menikmati pemandangan asri sekitar sambil menghirup udara segar. Area lain yang patut kamu kunjungi adalah tempat budidaya tanaman.

Waktu paling tepat untuk mengunjungi Kebun Bibit Wonorejo adalah pagi hari saat udara masih segar. Kamu bisa berolahraga sambil menikmati kesejukan sekitarnya yang menenangkan jiwa.

2. Tugu Pahlawan

sejarah Tugu Pahlawan
https://www.instagram.com/favemexsby/

Tugu Pahlawan menjadi salah satu ikon kota Surabaya yang populer dan dikenal luas masyarakat. Jarak antara Tugu Pahlawan dan Surabaya Carnival Park sekitar 13,8 kilometer.

Tugu Pahlawan merupakan monumen bersejarah yang dibangun untuk menghormati pejuang kemerdekaan yang telah gugur pada peristiwa 10 November 1945. Monumen dengan tinggi 41 meter, 10 lengkungan, dan 11 ruas diresmikan oleh Presiden Soekarno pada tahun 1952.

Kamu bisa menelusuri area Tugu Pahlawan dengan berjalan – jalan di trotoar yang mengitari alun – alun. Jika lelah, kamu bisa beristirahat atau duduk santai di bawah trotoar berkanopi tersebut.

Kamu juga bisa mampir ke museum di dekat Tugu Pahlawan. Bangunan museum yang berbentuk piramida tersebut berisi informasi tentang sejarah Surabaya hingga rekaman suara Bung Tomo tatkala membakar semangat para pahlawan.

Baca Rekomendasi: 11 Daya Tarik Kebun Bibit Surabaya & Tiket Masuk

3. Hutan Bambu

destinasi Hutan Bambu
https://www.instagram.com/toraja.cantik/

Jika ingin berkunjung ke tempat wisata kekinian yang dekat dengan Surabaya Carnival Park, kamu bisa mampir ke Hutan Bambu. Alamat Hutan Bambu berada di Jalan Raya Marina, Keputih, Sukolilo, Surabaya.

Hutan Bambu terbilang dekat dengan Surabaya Carnival Park karena hanya berjarak 15 kilometer. Dari Surabaya Carnival Park, kamu hanya perlu berkendara selama 26 menit untuk sampai ke lokasi.

Kamu bisa melakukan aneka aktivitas menarik di Hutan Bambu seperti bersantai, berolahraga, hunting foto, hingga foto pre-wedding. Selain itu, Kamu bisa menikmati suasana berwisata di tengah rimbunnya bambu ala negeri Jepang.

Tempat wisata bekas TPA ini selalu ramai dipenuhi pengunjung dari berbagai daerah. Mereka terpukau terhadap keasrian Hutan Bambu dan nuansa pedesaan yang dilengkapi bambu – bambu tinggi menjulang dengan penataan artistik.

4. Taman Harmoni Keputih

Taman Harmoni Keputih
https://www.instagram.com/titantok/

Tak jauh dari Hutan Bambu, terdapat tempat wisata instagramable lain yang tak kalah cantik bernama Taman Harmoni Keputih. Taman ini terletak di Jalan Keputih Tegal II Nomor 249, Keputih, Kecamatan Sukolilo, Surabaya.

Lokasi Taman Harmoni Keputih berada tepat di sebelah area parkir Hutan Bambu sehingga juga tak jauh dari Surabaya Carnival Park. Kamu hanya memerlukan waktu 26 menit berkendara dari Surabaya Carnival Park.

Taman Harmoni Keputih menampilkan hamparan bunga bajareja yang menyerupai bunga sakura khas negeri Jepang. Taman terbuka hijau ini cocok sebagai tempat refreshing segala umur.

Anak – anak bisa bermain di playground dengan ayunan dan perosotan. Anak muda dan orang dewasa bisa berolahraga atau sekedar bersantai menikmati keasrian taman. Sedangkan para lansia bisa melalukan terapi kaki di area batu refleksi.

5. Pantai Kenjeran

keindahan Pantai Kenjeran
https://www.instagram.com/sappanusa/

Jika kamu ingin mampir ke obyek wisata alam, tak jauh dari Surabaya Carnival Park terdapat Pantai Kenjeran.

Pantai Kenjeran hanya berjarak 21 kilometer dari Surabaya Carnival Park.

Pantai Kenjeran bisa ditempuh dari Surabaya Carnival Park menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi, kamu hanya perlu berkendara selama 36 menit dari Surabaya Carnival Park.

Tiket masuk ke Pantai Kenjeran dipatok dengan harga Rp 15.000 per orang untuk dewasa. Sedangkan untuk anak – anak dibandrol seharga Rp 10.000 per anak.

Waktu yang tepat untuk berkunjung ke Pantai Kenjeran adalah pada pagi atau sore hari. Kamu bisa menikmati sunrise dan sunset yang cantik dari bibir Pantai Kenjeran. Kamu juga bisa mencoba wahana flying fox dan perahu, dengan membayar tiket tambahan.

Baca Juga: Kawah Ijen Banyuwangi, Wisata Pendakian Cocok untuk Pemula

Surabaya Carnival Park semakin populer karena memiliki beragam wahana permainan yang seru dan kekinian. Taman hiburan malam modern ini menjadi favorit sebagai wisata keluarga dan dekat tempat wisata lain yang tak kalah menyenangkan.

Selain itu, Surabaya Carnival Park menyajikan wahana permainan kelas dunia yang sayang untuk kamu lewatkan. Yuk segera rencanakan liburanmu ke Surabaya Carnival Park dan dapatkan promo tiket.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *