Taman Budaya Sentul

7 min read

Destinasi Wisata Seru aman Budaya Sentul

Kegiatan outbond seringkali dipilih sebagai metode untuk mempererat kerjasama dan kebersamaan dalam sebuah keluarga, organisasi, maupun persahabatan. Lokasi yang dipilih biasanya di area pegunungan yang menantang, namun juga memiliki pemandangan indah.

Salah satu lokasi wisata yang menyediakan fasilita outbond lengkap adalah di Taman Budaya Sentul, kota Bogor. Beragam wahana dan games menarik ada di sana. Kamu juga akan mendapat bimbingan dan arahan dari instruktur profesional dan terlatih.

Tak tanggung-tanggung, Taman Budaya Sentul menawarkan sekitar 50 jenis permainan outbond yang telah disusun berdasarkan usia dan tujuan program. Tujuan program ini telah didesain sedemikian rupa agar memberi pengalaman dan efek maksimal pada peserta.

Lokasi Taman Budaya Sentul

Pusat kegiatan outbond satu ini beralamat di Jalan Siliwangi Nomor 1, Sentul, Kota Bogor. Latar belakang lokasi outbond ini adalah pemandangan alam. Hal ini karena lokasinya berada di kawasan 4 pegunungan, yakni Gunung Pancar, Gunung Salak, Gunung Gede, dan Gunung Geulis.

Luas total area ini adalah sekitar 6 hektar, dengan daya tampung untuk sekitar 2.000 orang. Tak hanya kegiatan outbond, kawasan wisata ini juga menjadi lokasi gathering, pesta pernikahan, peluncuran produk, hingga bazaar atau pameran.

Area ini juga dekat dengan kawasan golf. Ada 2 padang golf di sana, yakni Sentul Highland Golf Club dan Northridge Golf Sentul City. Selain itu, lokasi ini juga dekat dengan Wisata Alam Fantasia. Bisa jadi referensi kunjungan selanjutnya.

Rute Menuju Taman Budaya Sentul

Untuk mencapai lokasi Taman Budaya Sentul yang berada di timur Kota Bogor ini, kamu hanya perlu menempuh perjalanan menggunakan kendaraan sejauh kira-kira 15 km dari pusat Kota Bogor. Lama perjalanannya kurang lebih selama 21-40 menit, sesuai rute yang diambil.

Akses kendaraan umum tersedia untuk jalur dari Bogor menuju Taman Budaya Sentul. Rute tercepat adalah melalui Jalan MH. Thamrin. Pilihan lainnya adalah melewati Tol Lingkar Luar Bogor. Rute terpanjang adalah rute yang melewati Jalan Danau Bogor Raya.

Jika kamu berangkat dari Jakarta, pilihlah rute lewat Tol Jagorawi, lalu keluar di Tol Sentul Selatan. Letaknya tak jauh dari pintu keluar tol.

Tiket Masuk

Untuk masuk ke lokasi ini, harga tiket masuk gratis. Kamu tidak perlu membayar tiket masuk. Namun, kamu harus membayar untuk paket outbond dan penggunaan wahana.

Harganya beragam, sesuai paket yang diambil. Paket yang paling murah adalah seharga 285 ribu per orang. Harga yang dibayar akan sebanding dengan pengalaman yang kamu dapatkan. Kalau datang ke sini mesti ajak rombongan ya, pasti tidak seru main sendiri.

Jam Buka Taman Budaya Sentul

Taman Budaya Sentul buka mulai jam 08.30 hingga pukul 17.00. Tempat ini juga buka setiap hari. Jadi, kamu tak perlu khawatir jika harus menyesuaikan dengan jadwal libur atau cutimu.

Apalagi jika pergi harus dengan rombongan, tentu susah menyesuaikan waktu kosong masing-masing orang. Karena buka setiap hari, kamu tinggal mencari waktu yang cocok bagi seluruh rombongan, tidak perlu memikirkan apakah lokasi bakal buka atau tutup, karena pasti buka.

Fasilitas

Agar pengunjung merasa nyaman, Taman Budaya Sentul juga menyediakan fasilitas lengkap. Lokasi parkir dan toilet merupakan fasilitas wajib dan sudah tersedia di lokasi. Selain itu, tempat ini juga sudah dilengkapi dengan mushola bagi mereka yang ingin beribadah.

Untuk urusan kuliner, kawasan ini juga menyediakan food court dan café. Pengunjung bisa menikmati hidangan setelah lelah bermain games sambil menikmati sejuknya udara pegunungan dan pemandangan hijau nan apik.

Untuk antisipasi jika terjadi hal yang tidak diinginkan, Taman Budaya Sentul juga menyediakan ruang kesehatan. Selain itu, pengunjung juga bisa membeli cinderamata untuk oleh-oleh, karena lokasi ini juga menyediakan toko souvenir.

Hotel Dekat Taman Budaya Sentul

Mungkin kamu ingin menginap karena di sini suasananya sangat asri dan nyaman. Jangan khawatir, tersedia banyak pilihan hotel dekat lokasi. Harganya pun bervariasi, mulai dari 100 ribuan hingga jutaan rupiah.

Contohnya Hotel NEO+ Green Savana Sentul yang hanya berjarak sekitar 140 meter dari lokasi. Harga per malamnya sekitar 650 ribu. Atau penginapan seperti Home Villa Allegro bagi yang ingin penginapan dengan suasana villa. Harganya sekitar 530 ribu per malam.

Untuk mempermudah pencarian, kamu bisa menggunakan aplikasi booking hotel yang banyak tersedia dalam berbagai aplikasi ponsel. Pembayaran juga tentu lebih mudah, dan kamu bisa melihat ketersediaan kamar, beserta ketentuan menginapnya, seperti jam check-in dan check-out.

Wahana Outbond Paling Seru Di Taman Budaya Sentul

Seperti yang diceritakan di atas, ada sekitar 50 wahana yang bisa dipilih di kawasan ini. Contoh yang paling populer adalah high Ropes, Paintball, Trampoline, dan Flying Fox. Dengan begitu banyak paket wahana di Taman Budaya Sentul, kamu pasti jadi bingung mau pilih yang mana. Semua dijamin seru dan bikin kamu ingin balik lagi ke sini.

Kamu takut melewatkan wahana paling hits di sini? Jangan khawatir, kita akan bahas wahana outbond yang paling seru di bawah ini.

1. Paintball

Serunya outbond sambil mencoba wahana Paintball

Suka main games perang-perangan? Di sini kamu bisa merasakan langsung suasana ‘perang’ namun tetap aman di Taman Budaya Sentul. Ditambah lagi, permainan ini merangsang adrenalin tinggi, dijamin seru main paint ball bersama teman-teman. Harga paketnya adalah 150 ribu rupiah per orang.

Permainan ini akan memaksa kamu berolahraga karena harus terus bergerak. Permainan ini juga membutuhkan strategi dan kerjasama tim yang solid, bukan sekedar menembaki lawan. Selain bergerak lincah yang bikin sehat, kamu juga mengasah otak untuk memikirkan strategi terbaik.

Selain itu, permainan ini juga relatif aman karena menggunakan peluru cat. Meskipun begitu, tetap perhatikan aturan keselamatan. Pakailah baju pengaman dengan benar dan jaga jarak minimal tembakan supaya tidak terjadi kecelakaan. Jangan terlalu dekat karena bisa melukai temanmu.

Simak Review: 10 Informasi Penting dan Menarik dari Sanghyang Heuleut

2. High Rope

Kegiatan outbond akan terasa belum lengkap tanpa wahana yang satu ini. Di Taman Budaya Sentul ada dua jenis High Rope, untuk dewasa dan anak-anak. Karena termasuk permainan dalam kategori high impact, maka perlu dipastikan ketersediaan peralatan yang memadai.

Medianya menggunakan seutas tali yang panjang dan kuat. Di atas tali, kamu akan diminta melakukan berbagai hal, seperti menyusuri sepanjang tali, melompat, dan memukul target. Sensasi kemenangan yang menyenangkan akan terasa bila kamu berhasil melakukan tantangan.

Ada aturan baku saat melakukan permainan ini. Selalu perhatikan arahan instruktur dan jangan mencoba melakukan improvisasi karena bisa sangat berbahaya. Tetap jaga keselamatan meskipun sedang bergembira. Untuk wahana yang satu ini, harganya 200 ribu per orang.

3. Panahan

Wah, yang ini juga pasti seru. Seperti yang kamu bayangkan, kegiatannya berupa memanah target. Ini akan membentuk fokus dan konsentrasimu.

Taman Budaya Sentul menyediakan puluhan line beserta instruktur panah profesional untuk memandu pengunjung. Permainan ini juga boleh dilakukan, tak hanya oleh orang dewasa, namun juga anak-anak. Kamu hanya perlu membayar sekitar 50 ribu per orang untuk wahana ini.

Pastinya, sangat menyenangkan saat bisa memanah dengan tepat sasaran, namun ini bukan hal yang mudah. Postur tubuh harus benar saat mengincar sasaran. Cara melepaskan anak panah pun juga harus tepat agar kekuatannya maksimal hingga mencapai sasaran.

4. Trampoline

Wahana ini juga sedang tren di berbagai daerah. Bermain trampoline memang mengasyikkan. Melompat dan memantul kembali, membuat tubuh terasa ringan, dan sensasi melayang di udara. Sedikit fakta, trampoline berarti papan loncat dalam Bahasa Spanyol.

Meskipun kesannya kekanak-kanakan, ternyata banyak orang dewasa yang menyukai permainan ini juga. Terlihat dari tawa gembira orang-orang yang sedang bermain trampoline. Kamu pasti jadi tergoda melihat ekspresi penuh kebahagiaan itu.

Biaya yang perlu dikeluarkan adalah senilai 30 ribu per orang. Untuk keamanan, terdapat ketentuan khusus seperti tinggi dan berat badan minimal dan maksimal. Jangan sedih jika belum sesuai ketentuan, masih ada permainan lain yang bisa kamu lakukan.

5. Trekking

Pernah ikut pramuka? Pasti tahu kegiatan mencari jejak. Di sini, kita akan naikkan levelnya. Mencari jejak di alam terbuka. Aktivitas ini tergolong sulit karena jalurnya belum dipetakan. Namun, akan ada instruktur yang membimbing kamu.

Kamu akan diajak jalan-jalan melewati jalur gunung, hutan, sungai, dan bukit. Pemandangannya indah dan udaranya segar. Yang pasti, menyehatkan karena kamu akan banyak bergerak. Tujuan akhir dari kegiatan trekking ini adalah air terjun.

Sebelum memutuskan untuk ikut kegiatan ini, pastikan kamu dalam keadaan sehat dan yakin kuat untuk menempuh perjalanan. Tidak ada transportasi yang tersedia, sehingga pastikan dulu kesiapan dirimu. Biaya ikut kegiatan ini adalah 350 ribu per orang.

Kunjungi Juga: 5 Keunggulan Pantai Sayang Heulang yang tidak boleh terlewatkan

6. Kids Army

Kegiatan yang satu ini memang khusus untuk anak-anak. Mereka akan diajak melakukan latihan ala tentara, tapi tentu yang masih aman dan mampu dilakoni oleh anak-anak.

Aktivitasnya terbagi menjadi 3 zona, yakni zona tamtama, bintara, dan perwira. Seperti betulan latihan jadi tentara. Tujuan utamanya adalah melatih pawai, disiplin, karakter, dan tanggung jawab. Serunya, aktivitas ini sudah termasuk flying fox dan menembak.

Harga untuk mengikuti kegiatan ini adalah 300 ribu rupiah per anak. Biaya tersebut sudah termasuk minuman selamat datang, kotak makan siang, dan kaos tentara.

Pemenang yang berhasil menyelesaikan semua tantangan dan selesai duluan juga mendapat medali. Pasti menggemaskan melihat anak-anak berlatih ala tentara di Taman Budaya Sentul.

7. Flying Fox

Kamu tentu sudah sering mendengar tentang wahana satu ini. Di Taman Budaya Sentul, kamu akan meluncur dengan ketinggian 12 meter, dengan panjang lintasan 50 meter. Cukup tinggi dan panjang, bukan?

Meluncur di ketinggian akan memacu adrenalin dan mengasyikkan. Tetapi, kamu tetap harus memastikan keselamatan juga saat bermain. Pastikan peralatan pengaman telah terpasang sempurna dan lakukan semua anjuran instruktur.

Biaya untuk merasakan pengalaman flying fox juga murah, yakni 32 ribu rupiah per orang untuk sekali main. Jangan lupa mengambil gambar, atau minta tolong orang lain untuk memfoto kamu saat persiapan dan meluncur.

8. Shooting Target Atau Menembak

Kegiatan ini hampir seperti panahan, namun menggunakan senapan. Serasa dilatih jadi polisi. Taman Budaya Sentul menyediakan senjata khusus untuk aktivitas ini. Pengelola juga memastikan pilihan instruktur terlatih untuk membimbing kamu.

Kamu harus menembak sasaran dalam jarak tertentu. Tetap perhatikan arahan instruktur, agar kamu dan orang lain tetap aman, sekaligus agar semakin mahir. Tentu kamu akan merasa bangga jika mampu menembak sasaran dengan tepat.

Mintalah rombongan atau instruktur untuk memfoto kamu saat sedang mengincar sasaran. Hasilnya pasti keren untuk dibagikan di sosial media.

9. Menunggang Kuda Poni

Ini juga merupakan salah satu kegiatan untuk anak-anak yang disediakan oleh Taman Budaya Sentul. Kuda poni ukurannya agak kecil, sehingga bebannya juga tidak bisa terlalu berat. Maka dari itu, aktivitas ini lebih cocok diperuntukkan bagi anak-anak.

Menunggang kuda poni akan melatih keberanian anak. Orang tua juga tidak perlu khawatir dengan keselamatan anak, karena anak akan didampingi instruktur selama menaiki kuda. Selain itu, kuda poni juga telah terlatih.

Anak akan diajak berkeliling arena berkuda. Orang tua dapat menambah koleksi gambar anaknya yang lucu saat menunggang kuda.

10. Wahana Ternak dan Tanam

Aktivitas ini memang lebih tentang pendidikan. Pengunjung akan diajak untuk merasakan suasana pertanian dan peternakan.

Untuk kegiatan di wahana ternak, pengunjung dapat merasakan memerah susu sapi secara langsung. Selain itu, pengunjung juga bisa memberi makan ternak, dan kegiatan merawat ternak yang lain. Ini akan mengajarkan kita kesabaran dan menyayangi makhluk hidup lain.

Sementara, untuk wahana tanam, Taman Budaya Sentul mengajak pengunjung untuk terjun langsung dan melakukan kegiatan bertani, seperti menanam padi, membajak sawah, dan lain-lain. Bagi masyarakat perkotaan, ini merupakan pengalaman seru yang jarang ditemui.

Baca Juga: Pelabuhan Ratu Sukabumi, Daya Tarik dan Aktifitas Seru dengan Mitos yang ada

Tips Berkunjung

  • Buatlah perencanaan kunjungan sejak awal, dan lihatlah paket yang ditawarkan. Pilih yang paling cocok dengan tujuan kegiatan dan anggota rombongan.
  • Selalu perhatikan arahan instruktur untuk semua wahana untuk menjaga keselamatan, baik diri sendiri maupun orang lain.
  • Jangan membuang sampah sembarangan, terutama untuk kegiatan di tengah alam. Tanyalah kepada petugas, bungkus dan sisa makan siang harus dibuang ke mana.
  • Pilihlah kegiatan sesuai usia, dan patuhi ketentuan penggunaan wahana. Ketentuan tersebut sudah disesuaikan dengan standar keamanan, misal bobot maksimal yang mampu ditanggung peralatan. Ini untuk menjaga keselamatan kamu juga.
  • Pastikan kamu dalam keadaan sehat saat berkunjung karena aktivitasnya menuntut kondisi fisik yang prima. Jika sedang sakit, lebih bijaksana jika menunda kunjungan.
  • Bawalah baju ganti yang cukup karena mungkin baju akan kotor karena mengikuti aktovitas tertentu. Bawalah juga peralatan mandi.

Lihat Juga: Pantai Ujung Genteng, Wisata Memanjakan Mata yang Edukatif

Jika sedang mencari tujuan wisata outbond yang lengkap, Taman Wisata Sentul merupakan pilihan tepat. Wahana yang beragam, pemandangan yang indah, instruktur profesional, dan fasilitas yang memadai menjadi keunggulannya.

Selain menyenangkan, mengikuti aktivitas outbond juga menjadi kegiatan rekreasi yang menyehatkan karena tubuh akan terus bergerak dan berkeringat.

Taman Budaya Sentul juga terletak di lokasi strategis dan mudah dicapai dengan angkutan umum dan kendaraan pribadi. Berlibur ke sini paling tepat dengan mengajak rombongan agar dapat menikmati berbagai aktivitas bersama.

0

Kebun Raya Cibodas

Zuhrufi
6 min read

Taman Nasional Komodo

Putri
6 min read

Taman Ujung

Putri
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *