Taman Cattleya
https://www.instagram.com/taman_jakarta2019/

Taman Cattleya

Posted on

Taman Cattleya merupakan sebuah objek wisata alam terbuka yang berada di tengah padatnya Kota Jakarta Barat.Taman ini memiliki luas sekitar 3 hektar dengan berbagai macam jenis tanaman di dalamnya.

Suasana taman terasa sejuk dan tertata dengan baik. Tidak heran banyak warga masyarakat Jakarta ataupun sekitarnya sering memanfaatkan taman ini sebagai tempat bersantai sembari menikmati hijaunya pepohonan yang tumbuh subur.

Selain itu, pihak pengelola taman ini telah menyediakan fasilitas kesehatan dan kebugaran yang diberikan secara gratis.

Sejarah Taman Cattleya

Taman ini sebenarnya sudah ada sejak lama, namun dulunya lebih dikenal dengan nama Taman Tomang. Pada waktu itu, taman tersebut dikenal sebagai lokasi yang kumuh, rusak serta tak terawat.

Namun sejak tahun 2013, pemerintah daerah setempat sudah mulai serius dan fokus mengelola taman terbengkalai ini. Karena itu, kawasan taman akhirnya dirawat dan direnovasi, sebagai salah satu proses perombakannya adalah mengubah nama Taman Tomang menjadi Taman Cattleya.

Kata “Cattleya” diambil dari salah satu genus di Taman Anggrek, karena taman ini letaknya berada di seberang barat Mall serta Apartment Taman Anggrek yang megah.

Lokasi Taman Cattleya

Mempunyai kawasan dengan luas mencapai 3 hektar, taman ini berlokasi di dekat perempatan Tomang menuju Tol Kebon Jeruk, tepatnya berada di Jalan Letjen S. Parman Street No. 99, Jalan Anggrek Neli Murni, Rt 15/Rw 01, Kemanggisan, Kecamatan Palmerah, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta.

LAGI HITS
Monumen Nasional

Karena letaknya yang berada di pusat Kota Jakarta Barat, maka mudah sekali untuk menemukan lokasi taman ini.

Jalan Menuju Taman Cattleya

1. Kendaraan Pribadi

  • Cawang

Jika kalian berangkat dari arah Cawang, sebelum lampu merah tomang pelankan kendaraanmu karena lokasi taman sudah terlihat.

  • Tanah Abang/Roxy

Untuk pengunjung yang berangkat dari arah tanah abang/roxy, kalian harus memutar arah kendaraan lumayan jauh, yakni memutar di kolong Jembatan Slipi Petamburan.

2. Busway

Rute busway ke titik lokasi yaitu, turun di Halte Rumah Sakit Harapan Kita, lalu melanjutkan perjalanan menuju perempatan Tomang.Bersiap-siaplah, karena sekitar jarak 200 meter, kamu akan segera tiba di lokasi taman.

3. Kendaraan Umum/Bus

  • Bogor atau Cawang

Semua kendaraan dari arah Bogor maupun Cawang menuju Grogol pasti akan melewati lokasi taman ini. Kalian bisa minta turun di perempatan Tomang.

  • Tangerang/Kalideres

Semua kendaraan dari Tangerang dan Kalideres jurusan Semanggi juga akan melewati taman ini, kalian bisa berhenti tepat di perempatan, lalu menyebrang ke taman.

Tiket Masuk Taman Cattleya

Taman ini dibuka oleh pemerintah setempat untuk masyarakat umum, jadi berkunjung ke sini tidak akan dikenakan biaya, alias gratis guys.

Kalian bisa bersantai, berkeliling atau berfoto di spot yang menarik dengan puas tanpa membayar uang sepeser pun. Banyak sekali kegiatan yang bisa di lakukan di sini, jika ingin jalan-jalan dengan budget sedikit taman ini bisa jadi alternatifnya.

Jam Buka Taman Cattleya

Dahulunya sebelum ada penjaga, taman ini dibuka selama 24 jam, namun sekarang memiliki jam operasional mulai pukul 10.00-22.00 WIB setiap hari Senin-Minggu dan hari libur lainnya.

Pihak pengelola mengadakan penjagaan taman supaya tidak ada tindakan asusila yang dilakukan muda-mudi ketika berkunjung saat malam hari. Selain itu, pencahayaan di taman juga sudah ditata sedemikian rupa untuk mendukung keputusan pengelola.

Fasilitas di Taman Cattleya

Karena dibuka untuk umum, fasilitas di taman ini cukup lengkap, seperti toilet umum, mushola dan area parkir yang luas.

LAGI HITS
Danau Linting

Lalu ada beberapa hal yang bisa pengunjung temukan di sini, seperti fasilitas kebugaran dan kesehatan, jogging track, area bermain anak, taman bunga dan danau buatan. Di kawasan taman kamu juga bisa menemukan beberapa spot foto ciamik yang instagramable banget tentunya.

Daya Tarik/Aktivitas Seru di Taman Cattleya

Apa saja daya tarik dan aktivitas seru yang bisa dilakukan di taman ini? Perhatikan penjelasan mimin di bawah ini ya!

1. Olahraga

Olahraga
https://www.instagram.com/dwiyana_doang/

Menghabiskan waktu di pusat kebugaran kadang bisa menjernihkan pikiran, untuk mengatasinya kamu bisa merasakan jogging di tempat terbuka dengan udara yang cukup segar, seperti di taman ini contohnya.

Begitu memasuki area taman, tak jauh dari pintu gerbang, ada sebuah lahan kosong seperti lapangan yang biasanya digunakan pengunjung untuk berolahraga.

Trek jogging di taman ini juga disusun dengan rapi. Karena itu, nggak heran jika banyak sekali pengunjung yang datang di sore hari untuk berolahraga.Selain itu, adanya fasilitas kebugaran yang bisa dipakai secara gratis juga menambah minat pengunjung.

2. Memancing

Memancing

Rindangnya taman kota, ditambah dengan kolam ikan di tengah taman membuatnya tambah menarik dan layak untuk dikunjungi.

Yang membuatnya tambah seru adalah, pengunjung boleh memancing ikan di kolam mini loh guys. Uniknya, para pemancing di sini mempunyai cara tersendiri untuk menghibur diri dan kelompok mereka.

Mereka sering patungan membeli ikan hidup, lalu ikan tersebut dimasukkan ke dalam kolam, setelah itu, mereka mancing ramai-ramai. Sungguh sebuah cara menghibur diri yang murah meriah dan mengasyikkan ya guys, mimin jadi pengen ikut mancing juga hmm…

Biasanya setiap hari Minggu, pukul 14.00 ada acara mancing bersama.Dulu bahkan ada acara dari sebuah lembaga yang mengadakan mincing bersama pengunjung, ikan yang dipancing dibawakan panitia penyelenggara acara.

3. Berfoto Sepuasnya

Berfoto Sepuasnya yang populer
https://www.instagram.com/enver_hee/

Karena area taman cukup luas serta banyak berbagai macam fasilitas, nggak heran jika banyak spot foto menarik dan unik yang instagramable.

Nggak heran jika banyak pengunjung, bahkan sering pasangan calon suami istri melakukan foto prewed di sini. Dengan fotografer serta tempat yang mendukung, akan membuat hasil fotonya sangat bagus.

LAGI HITS
Sindu Kusuma Edupark

Kalian bisa berkeliling sambil memilih dimana tempat yang menurutmu paling bagus untuk dijadikan background foto kamu.

4. Menepi Dari Ruwetnya Kota Jakarta

Menepi Dari Ruwetnya Kota Jakarta
https://www.instagram.com/farihfotografi/

Suasana sejuk dan gemercik ikan yang sesekali terdengar menjadi “hiburan batin” selama kita duduk bersantai di kursi taman. Cocok sekali untuk menepi sejenak dari ramainya Jakarta.

Raut jengkel karena ramainya kendaraan dan panasnya suasana Kota Jakarta akan segera hilang ketika memasuki kawasan taman dengan sambutan pohon yang rindang dan indahnya pemandangan kolam buatan.

Belum lagi jika kamu punya remah-remah makanan, pasti akan langsung diincar dan dikerubungi burung merpati penghuni taman, wah berasa lagi ngasih makan burung-burung merpati di depan St. Mark’s Square Venice ya guys.

5. Kuliner

Kuliner
https://www.instagram.com/yatmi/

Ketika berkeliling taman, kamu nggak usah takut akan kelaparan. Meskipun pihak pengelola tidak membuat kantin, tapi pengunjung bisa jalan sedikit ke pintu masuk taman.

Di sekitar pintu masuk tersebut banyak pedagang kaki lima berjualan dengan tertib.Sebenarnya, ada pintu tembus resmi dari taman menuju perkampungan warga di dekat taman, di sana ada beberapa warung makan yang bisa mengganjal perut.

Yang terpenting adalah jangan lupa untuk membuang sampah pada tempatnya ya guys, mari sama-sama menjaga lingkungan agar tetap bersih.

6. Ruang Interaksi Sosial

Ruang Interaksi Sosial yang baik
https://www.instagram.com/agung_moto/

Setelah taman ini diresmikan, banyak sekali warga yang mengunjunginya, baik untuk berolahraga maupun sekedar menghabiskan waktu dengan bersantai.

Kadang-kadang, ada yang rutin menggunakannya untuk berlatih beladiri dan baris berbaris, karena tempatnya yang luas dan teduh.

Selain itu, lokasi ini juga sering digunakan untuk syuting berbagai judul FTV dan iklan, mengingat tempatnya yang bagus dan agak menjorok ke dalam sehingga suasananya lebih tenang, dan bebas dari gangguan suara bising sekitar maupun penonton.

Wisata Dekat Taman Cattleya

Jika kamu ingin menjelajahi lokasi wisata menarik di sekitar Jakarta Barat, taman ini bisa kalian jadikan titik start. Berikut beberapa rekomendasi wisata di sekitar Jakarta Barat Dari mimin.

LAGI HITS
Taman Ujung

1. Jembatan Kota Intan

Jembatan Kota Intan
https://www.instagram.com/now_jakarta/

Jembatan bersejarah ini berjarak sekitar 8 km dari taman. Jembatan Kota Intan merupakan satu-satunya jembatan peninggalan zaman Belanda yang masih tersisa di Jakarta.

Jembatan yang terbuat dari besi dan kayu ini sangat menarik dan bisa kalian jadikan sebagai spot foto menarik yang ciamik banget.

2. Museum Wayang

sejarah Museum Wayang
https://www.instagram.com/febrinasb_/

Jika kamu tertarik dengan wisata budaya, bisa mengunjungi Museum Wayang yang berjarak hanya 8 km dari taman. Museum ini memiliki berbagai jenis wayang dengan jumlah kurang lebih 6.000 wayang.

Jenis wayang yang dikoleksi meliputi, wayang golek, wayang kulit, wayang mainan, wayang klitik dan topeng, selain itu ada juga koleksi wayang dari luar negeri.

3. Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia
https://www.instagram.com/isi.bumiphotos/

Jakarta Barat memang memiliki banyak sekali wisata sejarah, salah satunya adalah Museum Bank Indonesia.Museum ini sangat modern, rapi dan bersih sehingga banyak pengunjung yang merasa betah ketika berkunjung ke sini.

Museum berjarak sekitar 9 km dari taman ini memiliki koleksi tentang sejarah keuangan di Indonesia.

Penginapan Sekitar Taman Cattleya

Berikut beberapa penginapan di sekitar taman yang bisa menjadi alternatif pilihan kamu ketika menghabiskan liburan di Jakarta Barat.

1. Harlys Residence

Harlys Residence

Hotel bintang 3 ini termasuk penginapan yang murah namun fasilitasnya lengkap. Lokasi hotel juga sangat strategis, sehingga akan memudahkan menjangkau objek wisata yang kamu inginkan.

Harlys Residence terletak di Jalan Tomang Tinggi Raya No. 02, Grogol Petamburan, Jakarta Barat, untuk rate per malamnya yaitu Rp 224.000,-.

2. Business Hotel Tomang Jakarta

daya tarik Business Hotel Tomang Jakarta

Hotel bintang 3 dengan 105 kamar ini menawarkan rate kamar murah dan fasilitasnya juga murah.Lokasi hotel tidak terlalu jauh dari Slipi Jaya dan Mall Taman Anggrek.Hotel murah ini menjadi tempat menginap yang nyaman.

Business Hotel Tomang Jakarta terletak di Jalan Raya Tomang No. 51, Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Dengan rate Rp 230.000,- per kamar.

3. Suba Hotel

Suba Hotel

Suba Hotel merupakan hotel bintang 1 yang menawarkan pelayanan bagus dengan fasilitas yang lengkap.Setiap kamar sudah dilengkapi AC serta koneksi wifi yang bisa diakses setiap saat.Lahan parkir yang disediakan juga cukup luas.

LAGI HITS
Dago Dream Park

Alamat hotel ini berada di Jalan Daan Mogot 1 No. 35 D-E-F Tj. Duren Utara, Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Tarif kamar mulai dari Rp 232.000,- per malam.

4. Royal City Hotel

Royal City Hotel

Hotel ini menawarkan 49 kamar yang nyaman dengan fasilitas seperti AC, televisi, mesin pembuat kopi dan kamar mandi dengan shower.Selain itu ada jaringan wifi yang bisa di akses selama 24 jam.

Letak hotel ini berada di Jalan Tomang Raya No. 88, Grogol, Jakarta Barat. Untuk rate kamarnya dimulai dari Rp 280.000,- per malam.

Tips Wisata ke Taman Cattleya

Berikut adalah beberapa tips dari mimin untuk kalian yang akan berkunjung ke taman ini, simak terus ya sobat travellers.

  1. Untuk menuju taman memang bisa menggunakan kendaraan umum, tapi mimin lebih menyarankan kalian datang dengan menggunakan kendaraan pribadi, supaya kegiatan yang kalian lakukan di taman lebih fleksibel.
  2. Suasana di taman memang sejuk dan meneduhkan, tapi waktu terbaik untuk berkunjung ke sini adalah saat pagi dan sore hari, karena suasananya akan lebih sejuk dan menenangkan.
  3. Pengunjung juga bisa piknik di taman, ketika piknik kamu bisa membawa bekal dari rumah supaya lebih hemat. Dan perlu diingat ya guys, kumpulkan sampah yang kamu bawa, lalu buang pada tempatnya!
  4. Jika datang bersama anak-anak, supaya mereka tetap aman, pastikan untuk selalu mengawasinya bermain, jangan sampai jauh dari pandangan dan jangkauan kamu.
  5. Ingat untuk selalu menjaga barang bawaan kalian. Lalu bawalah uang cash secukupnya, berkunjung ke taman ini nggak memerlukan budget yang banyak kok guys, santuy aja.

Nah sobat travellers, itu tadi ulasan singkat mengenai tempat wisata Taman Cattleya Jakarta Barat. Taman kekinian tersebut tetap menjadi tempat pilihan pengunjung untuk bersantai maupun menghabiskan waktu liburan dengan budget yang murah.

Berkunjung ke sini bisa menjadi salah satu pilihanmu jika kamu menghabiskan waktu berlibur ke Jakarta, khususnya di Jakarta Barat.Selamat berlibur dan bersenang-senang guys.

Gravatar Image
Jalan-jalan sambil nyari makan

Leave a Reply

Your email address will not be published.