Taman Nasional Komodo

6 min read

Taman Nasional Komodo Kebanggan Indonesia

Taman Nasional Komodo merupakan sebuah tempat reservasi alam yang digunakan untuk melindungi komodo, yaitu satwa purba eksotis di Indonesia.

Awalnya, taman nasional ini ditujukan untuk melindungi komodo saja. Tapi dengan seiringnya waktu, fungsinya dikembangkan lagi, sehingga menjadi tempat reservasi alam yang melindungi berbagai satwa sekaligus menjadi objek wisata.

Jika dikembangkan menjadi destinasi wisata, TN Komodo sangat cocok, karena memiliki view alam yang sangat indah dan mempesona. Karena hal tersebut, banyak wisatawan domestik maupun mancanegara yang melirik tempat ini.

Taman Nasional Komodo

Pada tanggal 6 Maret 1980, taman nasional dibentuk untuk melindungi komodo dan habitatnya. Berikut adalah penghargaan yang diraih TN Komodo:

  • Tahun 1986, taman tersebut ditetapkan sebagai World Heritage Site dan Man and Biosphere Reserve oleh UNESCO.
  • Tahun 2000, ditetapkan sebagai Kawasan Perlindungan Laut.
  • Tahun 2006, menjadi salah satu Taman Nasional Model di Indonesia.
  • Taggal 11 November 2011, terpilih menjadi salah satu pemenang sementera New 7 Wonders, karena mendapat suara terbanyak, pada tanggal 13 September 2013 akhirnya ditetapkan sebagai salah satu dari 7 Keajaiban Dunia Terbaru.

Berdasarkan Keputusan Menteri Kehutanan Nomor: 306/Kpts-II/1992 tanggal 29 Februari 1992, luas total kawasan balai TN Komodo adalah 173.300 Ha. Yang terdiri dari Pulau Komodo 33.937 hektar, Pulau Rinca 19.625 hektar, Pulau Padar 2.017 hektar, Pulau Gili Motang 2.328 hektar.

Selain keempat pulau besar tersebut masih ada pulau-pulau kecil serta perairan laut di sekitarnya. Wah, luas banget ya guys kawasannya.

Lokasi Taman Nasional Komodo

Taman nasional ini terletak di Pulau Komodo, Rinca, Padar dan Banta, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Karena kawasan balai taman nasional sangat luas, komodo-komodo tersebut tersebar di berbagai pulau sekitar area taman nasional. Karena sudah menjadi objek wisata mendunia, untuk mencapai titik lokasi pun sangat mudah loh guys.

Jalan Menuju Taman Nasional Komodo

Ada beberapa cara untuk menuju ke TN Komodo, yaitu:

1. Naik Pesawat

Sekarang telah tersedia dua sampai tiga penerbangan tujuan Bali-Labuan Bajo atau Bandara Pulau Komodo-Bali setiap hari, masing-masing penerbangan tersebut menghabiskan waktu sekitar 1,5 jam.

2. Naik Kapal dan Perahu Motor

Untuk jalur laut, tersedia perahu motor yang menghubungkan antar pulau dari Sape di Nusa Tenggara Barat setiap hari jika cuaca mendukung. Cara lainnya adalah dengan kapal PELNI dari Bali dan Lombok yang berhenti di Pulau Komodo setiap dua minggu sekali.

3. Naik Bus

Jika memilih jalur darat, bisa ditempuh dari Flores ke timur dengan rute Ruteng, Bajawa, Ende Dan Maumere. Sedangkan dari barat rutenya agak jauh, dari Flores menuju Maumere, Moni, Kelimutu, Ende, Bena, Bajawa, Ruteng dan terakhir yaitu Labuan Bajo atau Pulau Komodo.

Tiket Masuk Taman Nasional komodo

Menurut pihak pengelola taman tersebut banyak para wisatawan yang membatalkan rencana kunjungannya karena isu kenaikan harga tiket masuk Pulau Komodo ini. Nggak tanggung-tanggung kenaikan harga tiket tersebut mencapai Rp 14 Juta.

Menurut Peraturan Pemerintah No 12 Tahun 2014 dan Keputusan Dirjen PHKA Nomor: SK.133/IV-SET/2014 htm Pulau Komodo yaitu:

• Turis Mancanegara Rp 150.000,- per orang.
• Domestik Rp 5.000,- per orang.

Htm rombongan pelajar/mahasiswa minimal 10 orang yaitu:

• Mancanegara Rp 100.000,- per orang.
• Domestik Rp 3.000,- per orang.

Baca Juga: Pantai Pink Lombok, Wisata Instagrammable Dengan 8 Pesonanya

Jam Buka Taman Nasional Komodo

Kawasan TN Komodo memiliki jam operasional 24 jam setiap hari. Jadi kalian bisa berkunjung kesini kapan aja guys.

Tapi mimin lebih menyarankan datang di pagi atau sore hari guys, karena ketika mataharinya tidak terlalu terik sedangkan sore hari matahari sudah mulai tenggelam ke peradabannya, sehingga kalian bisa menyaksikan sunset yang begitu mempesona.

Fasilitas di Taman Nasional Komodo

Karena banyak wisatawan yang mengunjungi taman nasional ini, maka fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola sudah bisa dibilang lengkap, seperti toilet umum yang bersih, area parkir, penyewaan kapal, pawang/tour guide dan resort.

Saat ini ada 84 hotel, dimana sekitar 47 hotel adalah hotel berbintang, 17 hotel melati, 19 losmen serta 1 hostel. Lalu untuk fasilitas kuliner terletak di 72 lokasi, terdiri dari 34 restoran dan 34 rumah makan.

Untuk fasilitas angkutan laut seperti kapal motor sekitar 813 unit, perahu motor 216 unit serta perahu tanpa motor kurang lebih 576 unit. Sedangkan masyarakat yang terlibat dalam ekowisata TN Komodo ini sangat banyak.

Daya Tarik dan Aktivitas Seru di Taman Nasional Komodo

Berikut adalah daya tarik dan beberapa aktivitas seru yang bisa dilakukan ketika berlibur ke TN Komodo, yaitu:

1. Menyaksikan Komodo dari Jarak Dekat

Menyaksikan Komodo dari Jarak Dekat, Lucu Banget ya Guys

Salah satu tujuan para wisatawan mengunjungi taman nasional ini tak lain adalah untuk melihat hewan yang di lindungi di Indonesia tersebut secara langsung. Satwa komodo sudah mendiami pulau ini sejak 40 juta tahun yang lalu.

Ketika melihat komodo dari dekat lebih baik ditemani oleh pawang atau tim ranger ya guys, supaya keamanan kalian terjaga. Untuk mencapai kawasan hewan langka ini, para wisatawan harus melakukan pendakian dulu di Gunung Ara, dengan waktu tempuh sekitar 3 sampai 4 jam.

Komodo (Varanus komodoensis) memiliki karakteristik yang unik, kalau dilihat-lihat komodo ini agak males ya guys, karena memang dia bukan hewan pemburu aktif, predator sabar dan hanya memburu mangsa yang lemah.

Tapi dibalik kesabarannya itu, dia hanya butuh satu gigitan loh untuk melumpuhkan mangsanya, ternyata kalem-kalem mematikan juga ya guys kadal raksasa ini

2. Kampung Wisata Komodo

Kampung ini merupakan pulau utama di kawasan TN Komodo. Secara administrasi Kampung Wisata Komodo berada di bagian terluar Kabupaten Manggarai Barat.

Di kampung ini, para pengunjung bisa melihat berbagai aktivitas sehari-hari masyarakat asli setempat. Desa yang dihuni oleh 1.700 penduduk ini memiliki aktivitas unik seperti membuat patung komodo dan pernak-pernik lainnya.

Karena itulah, banyak yang menjual berbagai souvenir khas di kampung ini. Selain itu, masyarakat setempat percaya bahwa mereka bisa berkomunikasi dengan kadal raksasa tersebut.

3. Pantai Pink

Jika berlibur ke taman nasional ini, bukan hanya melihat komodo aja, tapi kalian juga bisa menikmati suasana eksotis pantai yang menggoda. Salah satu pantai unik dan menjadi favorit para pengunjung adalah Pantai Pink.

Sesuai dengan namanya, di sepanjang kawasan pantai ini pasirnya berwarna merah muda atau pink. Warna tersebut timbul karena banyaknya terumbu karang yang berwarna sama dan ketika terbawa ombak sebagian terumbu karang bercampur dengan pasir.

Hasilnya adalah pantai pink yang indah dan unik. Kawasan ini juga bisa kalian jadikan sebagai spot foto keren yang instagramable banget tentunya

4. Loh Buaya

Loh Buaya adalah tujuan utama dan gerbang wisata bagi para wisatawan yang berkunjung ke taman nasional ini, khususnya di Pulau Rinca.

Di tempat tersebut, pengunjung bisa melihat komodo karena Loh Buaya merupakan daerah persebaran komodo yang berada di Pulau Rinca. Bagi para pengunjung yang ingin ke kawasan ini bisa menggunakan kapal dari Labuan Bajo dengan waktu tempuh sekitar 2 jam.

Selain menyaksikan komodo secara langsung, kamu juga bisa melakukan aktivitas lainnya seperti bersantai di tepi pantai, wisata kuliner maupun melakukan pengamatan batu balok di Kampung Rinca.

5. Gili Lawa

Nama lain dari Gili Lawa adalah Gili Laba, dimana pulau tersebut merupakan salah satu objek wisata favorit yang selalu dikunjungi oleh para wisatawan ketika berada di TN Komodo.

Pulau ini menyuguhkan perbukitan eksotis dengan padang rumput yang sangat luas serta dikelilingi lautan biru nan cantik. Ketika musim penghujan padang rumput tersebut terlihat sangat hijau, namun ketika musim kemarau rumput-rumput tersebut berwarna kuning.

Saat berkunjung ke Gili Lawa banyak kegiatan yang bisa dilakukan seperti tracking ke puncak pulau untuk melihat pemandangan pulau-pulau lain yang ada di sekitarnya, seperti Pulau Komodo, Kanawa dan Sebayur.

Lihat Review: Pantai Senggigi, Pantai Populer di Lombok

6. Pulau Padar

Kawasan pulau ini menjadi salah satu destinasi utama yang wajib dikunjungi ketika berada di TN Komodo. Wajar sih, karena pemandangan di sini memang indah banget guys.

Untuk menikmati keindahan pulau ini, kalian harus naik ke bukit terlebih dulu. Waktu tempuhnya kurang lebih sekitar 30 menit sampai 1 jam, tergantung kekuatan tubuh masing-masing.

Pulau Padar memiliki kontur berbukit dengan bentuk yang eksotis banget loh sobat travellers. Ada tiga pantai unik di sini, yaitu pantai tempat perahu melepas jangkar, pantai dengan pasir kehitaman, serta pantai dengan pasir pink seperti Pantai Pink di Pulau Komodo.

Wisata Dekat Taman Nasional Komodo

Sebenarnya di kawasan TN Komodo sendiri sudah banyak objek wisata keren dan mengagumkan,tapi jika kalian ingin menghabiskan waktu liburan di Nusa Tenggara Timur, ada banyak tempat lain selain TN Komodo yang nggak kalah kece, berikut adalah tempatnya:

1. Taman Nasional Kelimutu

Selain TN Komodo, Taman Nasional Kelimutu juga cukup terkenal di kalangan wisatawan, baik lokal maupun internasional. Yang menjadi daya tarik TN Kelimutu adalah adanya danau dengan tiga warna yang keren dan cantik.

Apalagi ketika matahari terbit, perpaduan warna oranye akan menyatu dengan warna danu sehingga menghasilkan view alam yang sangat menakjubkan. Untuk harga tiket masuk ke kawasan ini yaitu:

• Domestik Rp 5.000,- per orang.
• Turis mancanegara Rp 150.000,-.
• Parkir motor Rp 5.000,-.
• Parkir mobil Rp 10.000,-.

2. Wae Rebo

Selain keindahan alamnya, NTT juga dikenal dengan adat serta budaya masyarakat setempat. Banyak sekali desa adat yang masih bertahan yang layak dikunjungi. Salah satu desa adat tersebut adalah Wae Rebo atau sering juga disebut negeri di atas awan.

Untuk mencapai titik lokasi desa ini, kalian harus mendaki gunung dengan waktu tempuh sekitar 4-5 jam. Uniknya, ketika sampai di Wae Rebo pengunjung boleh menginap di rumah para penduduk desa dan merasakan bagaimana kehidupan masyarakat adat setempat.

3. Puncak Gunung Inerie

NTT memang cocok untuk kalian yang memiliki jiwa petualang. Terutama bagi kamu yang gemar mendaki bukit dan gunung.

Salah satu objek pendakian NTT yang cukup ekstrim adalah Puncak Gunung Inerie, kontur gunung tersebut berbentuk seperti piramida, oleh karena itu gunung berapi di Flores ini sering dijuluki “Piramida Alam”.

Baca Selengkapnya: 11 Permata Pulau Moyo (Surga Eksklusif NTB)

Penginapan di Taman Nasional Komodo

Jika kamu ingin menghabiskan waktu liburan di TN Komodo,berikut adalah beberapa rekomendasi penginapan, villa, homestay ataupun hotel di sekitar kawasan tersebut.

1. Selini on the Hill Villas

Ketika menginap di villa ini kalian akan merasakan bermalam di rumah pohon yang keren, unik, ciamik dan instagramable banget tentunya. Selain keunikan bangunan dan furniturnya, ketika menginap di sini pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan pantai yang menakjubkan.

Selini on the Hill Villas terletak di Gang Perikanan Lama No. 77, Labuan Bajo, NTT. Rate per malamnya mulai dari Rp 700.000,-.

2. Golo Hilltop

Sesuai namanya hotel ini terletak puncak bukit lengkap dengan panorama teluk dan lautan. Hotel ini juga memiliki kolam infinity yang keren banget.

Golo Hilltop berada di Jalan Binako, Labuan Bajo, Komodo, Nusa Tenggara Timur.untuk rate per malamnya mulai dari Rp 500.000,-. Jika tertarik menginap di sini, lebih baik kalian reservasi jauh-jauh hari, karena Golo Hilltop hanya menyediakan 10 bungalow saja.

3. Sunset Hill Hotel

Berada di Jalan Dusun Bandara RT/RW 019/005 Lingkungan V, Labuan Bajo, Komodo, Kabupaten Manggarai Barat NTT, Sunset Hill Hotel menyuguhkan pemandangan kawasan TN Komodo yang eksotis, cantik serta mengagumkan.

Rate per malamnya yaitu mulai dari Rp 530.000,- dengan fasilitas kamar seperti balkon yang langsung menghadap ke laut.

Tips Berkunjung ke Taman Nasional Komodo

Ketika berkunjung ke TN Komodo ini, ada baiknya jika kalian mengikuti beberapa tips dari mimin ini:

  • Jangan membuat gerakan tiba-tiba dan suara gaduh saat tracking, karena komodo sangat sensitif terhadap suara dan gerakan.
  • Untuk kalian para wanita yang sedang menstruasi sebaiknya melaporkan diri ke ranger, karena komodo bisa mencium bau darah dari radius ratusan meter.
  • Jangan lupa untuk memakai sepatu ya guys, karena kawasan ini banyak ularnya. Selain itu, gunakanlah pakaian yang sesuai, memakai sunblock dan juga topi.
  • Dan yang paling penting adalah tidak menyalakan api, karena sebagian besar kawasan merupakan padang savana, rumput-rumput tersebut sangat mudah terbakar.

Baca Rekomendasi: Gili Trawangan Lombok, Surga Wisata Bahari Favorit Para Bule

Nah guys, itu tadi ulasan mengenai Taman Nasional Komodo di Nusa Tenggara Timur yang menjadi destinasi wisata paling berpengaruh di Indonesia.

Tertarik ke sini? gunakan layanan travel yang terpercaya ya guys. Sejauh ini, liburan ke TN Komodo masih mudah jika menggunakan jasa travel atau rombongan dibanding berkunjung sendiri. Jadi pastikan kamu mengajak rekan atau keluarga, supaya mereka juga merasakan keseruan berlibur di TN Komodo.

0

Taman Ujung

Putri
4 min read

Tempat Wisata Di China

Putri
7 min read

Little Venice

Zuhrufi
7 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *