Jessica Susanti Jalan-jalan sambil nyari makan

Taman Nasional Way Kambas

10 min read

Taman Nasional Way Kambas

Selain sebagai tempat konservasi untuk melindungi satwa dari pemburuan, Taman Nasional sering kali menawakan pemandangan indah yang selalu diidam-idamkan oleh wisatawan. Termasuk Taman Nasional Way Kambas.

Sebagai tempat pelestarian gajah dan badak, taman nasional ini ada bertujuan untuk sarana konservasi dan zonasi berbagai fauna dari kepunahan. Selain itu juga sebagai sarana edukasi kepada wisatawan agar lebih cinta fauna dan melestarikannya.

Wilayah dengan luas lebih dari 125.000 hektar ini sebagian besar masih berupa hutan rimba. Disini, kalian bakalan disuguhkan gajah sumatera yang bisa dibilang menjadi ikon darinya. Kita mungkin sudah tahu, saat ini Gajah Sumatera diancam kepunahan.

Sejarah

Taman Nasional ini berdiri pada tahun 1936 oleh Resident Lampung Mr. Rookmaker.

Alasan didirikannya kawasan ini adalah untuk melestarikan alam dan sebagai perlindungan bagi satwa-satwa yang ada seperti tapir, kijang, harimau sumatera, enam jenis primate, beruang madu, gajah sumatra, dan badak sumatera.

Pada tahun 1991 atas dasar Surat Keputusan Menteri Kehutanan anggal 13 Maret 1991 dinyatakan sebagai Taman Nasional Way Kambas, dimana pengelolaannya berada di bawah Sub Balai Konservasi Sumber Daya Alam Way Kambas.

Mereka bertanggungjawab langsung kepada Balai Konsevasi Sumber Daya Alam II Tanjung Karang. Dengan Surat Keputusan itu, tanggal 13 maret 1997 dimana Sub Balai Konsevasi Sumber Daya Alam Way Kambas dinyatakan sebagai Balai Taman Nasional Way Kambas.

Lokasi

Alamat Taman Nasional ini berada di Raja Basa lama, Labuhan Ratu, Sukadana, Kabupaten Lampung Timur, 34196.

Rute

Untuk menuju ke taman nasional ini, ada beberapa rute yang bisa kalian tempuh, bisa menggunakan kendaraan pribadi atau juga transportasi umum. Senyamannya kalian aja.

Jika kalian berangkat dari Jakarta, tentu kalian naik pesawat ke lampung. Setelah itu, kalian naik taksi turun di kota metro. Setelah itu turun di desa gajah batu. Cari ojek menuju ke taman nasional dengang ikon gajah ini.

Jika kalian pakai bus. Perjalanan dari terminal kampung rambutan, ke pelabuhan merak. Kemudian ke pelabuhan bakauheni. Setelah itu kalian bisa gunakan bus menuju ke terminal Raja basa tanjung karang.

Kalian lanjutkan perjalanan ke Labuan ratulama dengan bus. Turun di desa batu gajah dan cari ojek menuju gapura taman nasional yang sudah dekat.

Jauh lebih enak kalau kalian pakai kendaraan pribadi atau jasa tour and travel yang sudah menyediakan paket perjalanan menuju ke taman nasional ini.

Tiket Masuk

Untuk harga tiket masuk, kalian hanya dipatok harga Rp 7.000 aja. Bagi kalian ingin merasakan sensasi menunggangi gajah bisa membayar Rp 20.000. Beda lagi kalau berpetualang dengan gajah ini, kalian dikenakan biaya sebesar Rp 150.000.

Jam Buka

Untuk jam buka taman nasional ini sekitar pukul 08.00 WIB dan tutup pukul 18.00. Lebih baik kalian berangkat lebih awal agar bisa menikmati berbagai fasilitas dan keseruan di taman nasional ini.

Fasilitas

Fasilitas dalam Taman Nasional ini sudah sangat memadai. Sarana dan prasarananya bisa dikatakan tersedia dan dikelola dengan baik.

Mulai dari penginapan, arena arena wisata, pusat informasi, WC, mushola, sampai pedagang makanan pun tersedia. Jadi kalian tak perlu khawatir.

Hal yang buruk hanyalah terkadang banyak sampahnya, bukan salah petugas apalagi satwa lo ya. Sampah ini hasil kemalasan wisatawan yang buang sampah sembarangan.

Dengan fasilitas dan keindahan panorama serta kelucuan satwa-satwa yang ada disini, biaya masuk itu terhitung terjangkau. Malah bisa dikatakan sangat murah.

Daya Tarik Taman Nasional Way Kambas

Selain pemandangan alamnya yang indah, tentu taman nasional ini memiliki banyak daya tarik yang menjadi keunikannya tersendiri. Terlebih lagi ikon gajah sumatranya, tentu binatang berukuran besar ini sangat menarik perhatian wisatawan.

1. Melihat Atraksi Gajah

Taman Nasional Way Kambas
https://www.instagram.com/dniqbaal/

Tak kalah dengan penampilan gajah sirkus, gajah yang ada di taman nasional ini bisab berbagai kemampuan manusia, seperti joget, parade, dan bahkan menendang bola.

Bayangkan, kalian melihat gajah sedang jogel. Apa kalian nggak tersenyum menahan tawa. Sedang kalian sendiri tahu seberapa besar tubuh gajak itu.

Malah ada atraksi yang ektrem, yaitu melangkahi deretan manusia yang terbaring dan lain sebagainya. Tentu atraksi ini dilakukan oleh profesional yang sudah berinteraksi lama dengan gajah itu.

Tingkah pola yang lucu, gerakannya yang lemah gemulai, dan belalainya yang selalu bergerak memberikan kebahagiaan tersendiri bagi yang menontonnya.

Pasti kalian bakalan terhibur melihat atraksi gajah ini. Sehingga kalian bisa belajar, jika hewan seukuran gajah diajari, tentu bakalan bisa menghibur manusia juga dan tak menyerang permukiman warga.

Baca Selengkapnya: 7 Pesona Teluk Kiluan Syurga yang Memukau di Ujung Tanah Lampung

2. Memandikan Gajah

Memandikan Gajah
https://www.instagram.com/ra.photographxx/

Selain beratraksi, ternyata melihat gajah mandi juga menarik. Tingkahnya seperti anak kecil yang dimandikan mamanya, membuat wisatawan begitu terhibur. Ketika kalian melihat pemandangan ini, hati kalian bakalan luluh mengakui betapa lucunya gajah itu.

Meski tubuhnya besar, kulitnya tebal, dan terlihat tangguh, kalau dimandikan manja juga. Gajah sering kali bermain-main air ketika dimandikan. Petugas pemandian sudah paham prilaku tersebut.

Kalian merasas tertantang merasakan sensasi memandikan gajah? Tentu kalian boleh mencoba paket memandikan gajah dengan sedikit biaya tambahan. Aku jamin, kalian bakalan mendapat pengalaman seru nan menegangkan.

3. Menunggangi Gajah

Menunggangi Gajah
https://www.instagram.com/evy_susanto/

Bisa dikatakan, ini adalah wahana yang sangat menarik di Way Kambas. Kalain bisa mengelilingi taman nasional dengan menunggangi gajah yang sudah terlatih. Dijamin, kalian bakalan dapat sensasi yang berbeda.

Ketika berkeliling sambil menunggangi gajah, kalian juga bepotensi bertemu dengan berbagai satwa liar yang menghuni taman nasional tersebut. Jadi, waktu terbaik agar kalian bisa melihat satwa liar itu adalah di pagi atau sore hari.

Kalian juga bisa berkeliling di malam hari untuk mengamati satwa yang aktif berkegiatan di malam hari. Biasanya akan ditemui babi hutan. Namun, disarankan untuk menggunakan lotion anti nyamuk saat malam hari.

Biasanya, perjalanan di malam hari ini diperuntukan bagi kalian yang camping dan bermalam di kawasan taman nasional ini.

4. Sepak Bola Gajah

Sepak Bola Gajah

Sekarang kalian bayangkan, ada gajah main bola? Hmm… Nampaknya bakalan seru tuh. Namun beneran, di taman nasional ini, ada lapangan untuk gajah bermain bola, dan kalian boleh menontonnya.

Tempat pelatihan gajah ini sudah ahli dalam mengajari gajah untuk menedang bola dan bahkan menggiringnya.

Tentu gajah ini ditunggangi satu orang untuk mengarahkan ke bola yang hendak di tendang.

Lucunya, gajah itu memakai kain sesuai dengan timnya. Ukuran bolanya juga lebih besar dari bola sepaknya manusia. Kebayang kan, kalau pakai bola yang ukuran manusia, sekali diinjak bakalan rusak. Hehe..

Saking terkenalnya atraksi ini, Taman Nasional Way Kambas dikenal sebagai sekolah sepak bola gajah. Bukahkan ini keren? Bagi kalian yang nggak bisa tendang bola, malu dong sama gajah?

5. Suaka Rhino Sumatra

Suaka Rhino Sumatra
https://www.instagram.com/tommyprabowo/

Selain gajah, di Way Kambas ini kalian bisa berkunjung di Suaka Rhino Sumatera yang merupakan satu-satunya lokasi pengembangbiakan satwa liar Indonesia berupa badak Sumatera. Menarik bukan?

Malahan, lokasi ini juga bisa dikatakan satu-satunya lokasi pengembangbiakan badak Sumatera di dunia. Karena zona ini ekslusif, maka wisatawan yang masuk ke sini jumlahnya dibatasi karena pengelola ingin memfokuskan pada kepetingan penelitian dan pengembangan badak Sumatera.

Jadi, pada dasarnya, tempat ini bukanlah zona wisata, akan tetapi tempat konservasi.

Di Suaka Rhino Sumatera ini ada Proyek Penelitian Pembangunan Populasi Badak Sumatera dan juga Proyek Penelitian Populasi Harimau Sumatera.

Kedua kegiatan utama tersebut meliputi tracking di hutan Rimba Way Kambas yang bisa dilakukan dengan menggunakan perahu motor. Tujuannya adalah untuk mengamati Flora dan Fauna.

6. Watching Bird

Watching Bird

Selain puya ragam tipe ekosistem dengan kondisi hutan yang relatif utuh, resot way kanan juga memiliki letak strategis untuk menjangkau lokasi wisata alam menarik lainnya seperti Kalibiru, Kuala Kambas, Wako.

Sepanjang sungai Way Kanan hingga pantai Kuala Kambas, ada gradasi tipe ekosistem yang bisa dikatakan menarik.

Dimulai dengan ekosistem riparian, hutan payau sampai pada hutan mangrove dan hutan pantai. Dekat dengan alur sungai tersebut juga terdapat ekosistem hutan hujan dataran rendah dan rawa.

Kalian harus tahu, dari seluruh kunjungan wisatawan mancanegara ke Way Kanan, tercatat lebih dari 75 persen motivasi kunjungannya untuk mengamati burung (birdwatching).

Adanya jenis burung langka seperti jenis mentok rimba (Cairina scutulata), beberapa jenis rangkong, elang dan banyak jenis burung lainnya, menjadi daya tarik utama kawasan ini.

7. Junggle Track

Junggle Track

Kalian ingin merasakan serunya menyusuri hutan dan sungai di taman nasional ini? Jungle Track adalah solusinya.

Kalian bisa menyusuri hutan dengan beragam flora dan faunanya disini.

Dengan menaiki perahu motor, kalian bisa bercengrama sambil melihat berbagai panorama indah taman nasional di

Lampung ini. Setelah itu, anda berjalan 2 km sambil menikmati serunya jelajah hutan sambil melihat pemandangan yang sanga memukau.

8. Resort Way Kanan

Resort Way Kanan
https://www.instagram.com/tamannasionalwaykambas/

Resort Way Kanan adalah lokasi dalam wilayah Taman Nasional juga. Jaraknya dari Pintu Gerbang (Plang Ijo) adalah sekitar 13 kilometer.

Way Kanan dibilang oleh sebagian wisatawan sebagai surga bagi pencinta alam sebab keanekaragaman fauna dan floranya yang begitu menakjubkan. Lokasi ini juga menjadi lokasi yang sangat cocok untuk mengamati satwa hutan secara langsung.

9. Camping

Camping dengan melihat gajah

Bagi kalian yang merasa satu hari belum cukup untuk menikmati keindahan raman nasional ini, tenang ada fasilitas berkemah disini, akan tetapi tidak boleh sembarangan.

Banyak dari wisatawan, terutama yang merupakan pecinta alam menginap di Way Kambas. Terlebih lagi peneliti yang memang ingin mengamati kehidupan satwa di malam hari juga diperbolehkan menginap.

Namun, jika diperbolehkan berkemah di taman nasional ini, kalian hanya boleh di spot-spot tertentu aja dan tentu saja setelah mendapatkan izin dari petugas.

Selain berkemah, kalian juga bisa menginap di penginapan sekitar Way Kambas atau berkemah di sebuah tempat khusus yang memang disediakan untuk wisatawan yang menginap.

10. Potensi Flora dan Fauna yang Menakjubkan

Potensi Flora dan Fauna yang Menakjubkan
https://www.instagram.com/aw.situmorang/

Taman Nasional ini terdiri dari hutan rawa air tawar, semak belukar, alang-alang, dan juga hutan pantai. Berbagai jenis floranya tersebar antara lain api-api, pidada, nipah, gelam, salam, merbau, rawang, cemara laut, pandan, puspa, ketapang, meranti, bayur, dan masih banyak lagi.

Selain itu, habitat fauna yang paling mendominasi di sana adala badak Sumatera (Dicerorhinus sumatrensis), juga Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrensis), dan tentunya gajah Sumatera (Elephas maximus).

Selain itu ada juga habitat Tapir, Anjing hutan, Rusa, Beruang madu, Ayam hutan, Lutung Merah, Bebek Hutan, Rangkong, dan masih banyak lagi. Taman nasional ini benar-benar menyimpan keanekaragaman flora dan fauna.

Lihat Review: Pulau Pahawang Lampung, keindahan alam bawah laut yang eksotis

Wisata Dekat Taman Nasional Way Kambas

Daerahnya yang cukup dalam, membuat taman nasional jauh dari wisata lainnya. Namun ada beberapa wisata yang sangat mungkin kalian jangkau yang sayang dilewatkan ketika kalian sudah berwisata di teman nasional ini.

1. Pantai Kerang Mas

Pantai Kerang Mas
https://www.instagram.com/intanpurnamas.02/

Pantai ini berlokasi di Desa Muara Gading Mas, Kecamatan Labuhan Maringgai, Kabupaten Lampung Timur. Dari Kota Sukadana jaraknya tidak terlalu jauh, hanya menghabiskan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan.

Jarak dari Taman Nasional Way Kambas kira-kira 44,6 km atau 1 jam perjalanan lebih.

Untuk tiket masuk cukup terjangkau yakni sebesar Rp. 10.000 per kendaraan. Perhitungan tiket masuk di pantai ini per kendaraan, bukan per orang. Jadi, jika kalian berdua namun menaiki satu kendaraan kalian mebayar Rp. 10.000 (dihitung dari kendaraan).

2. DAM Beringin Indah

DAM Beringin Indah

DAM atau bendungan ini baru-baru ini jadi pusat perhatian, terlebih setelah Bupati Lampung Timur mulai memperbaiki tempat ini sebagai kawasan wisata.

Taman Wisata DAM Beringin Indah berlokasi di provinsi Lampung, Indonesia. Tepatnya di Terbanggi Marga,

Sukadana, Terbanggi Marga, Sukadana, Kabupaten Lampung Timur, Lampung 34194.

Saat weekday, harga tiket masuk Taman Wisata Beringin Indah ini adalah Rp5,000.00. Sementara saat weekend, harga tiket masuk DAM Beringin Indah adalah Rp5,000.00.

3. Danau Way Jepara

Danau Way Jepara
https://www.instagram.com/yudhaoktaris/

Lokasinya di Desa Way Jepara, Lapung Timur yang jaraknya kurang lebih 70 km dari Bandar Lampung atau 15 km dari Taman Wisata Way Kambas. Way Jepara sendiri dikenal dengan keasrian hutan dan kebunnya.

Dikarenakan belum ada pengelolaan wisata, untuk masuk ke danau ini tidak dikenai biaya alias gratis. Sama seperti Danau Hijau dan juga Danau Tirta Gangga di Lampung Timur lainnya, tiket masuknya gratis.

Aktivitas yang bisa kalian lakukan di danau ini berkeliling danau dengan perahu atau juga bisa memancing.

4. Situs Purbakala Pugung Raharjo

sejarah Situs Purbakala Pugung Raharjo
https://www.instagram.com/krisnaardi.pradana/

Situs Purbakala Pugung Raharjo atau bisa disebut juga Taman Purbakala Pugung Raharjo merupakan tempat wisata di Lampung yang sekaligus akan menambah pengetahuan kalian tentang sejarah.

Lokasi situs purbakala ini ada di Desa Pugungraharjo, Kecamatan Sekampung Udik, Kabupaten Lampung Timur. Akses untuk menuju tempat ini sini juga bisa dicapai via jalan biasa atau jalan tol, tinggal setting GPS kamu dan arahkan.

Jarak dari pusta kota Bandar Lambung sekitar 52 km dan dari taman nasional di Lampung sekitar 47 hingga 55 km.

5. Pantai Kuala Kambas

Pantai Kuala Kambas
https://www.instagram.com/jamie_jamaludin/

Pantai Kuala Kambas Lampung Timur yang berlokasi di batas Timur Taman Nasional Way Kambas.

Pantai ini adalah tempat wisata yang sangat terbilang unik di Lampung Timur, karena apa karena selain memberikan panorama atau nuansa yang sangat Indah, Wisata Pantai Kuala Kambas Lampung Timur ini memberikan kesan yang sangat unik.

Salah satu hal khas yang menajdikan pantai ini unik, di sisinya terdapat tegakan cemara laut, ketapang, dan beberapa jenis vegetasi lain memberi nuansa hijau. Disini kalian juga bisa mengamati aktivitas nelayan.

Hotel Dekat Taman Nasional Way Kambas

Selain bisa menggunakan fasilitas camping, kalian juga bisa menemukan beberapa penginapan di sekitar taman nasional ini jiga kalian ingin bermalam atau menghabiskan waktu lebih lama lagi di sekitar taman nasional ini.

1. Mahout Guest House

Mahout Guest House

Penginapan ini berdekatan dengan kandang gajah dan disebut Mahout Guest House. Terdiri dari enam unit kamar, satu kamar memiliki ukuran yang cukup lapang dan bisa diisi hingga lima orang tamu (bahkan bisa 10 orang tamu).

Di dalam kamar, sudah tersedia beragam fasilitas yang sudah sangat memadai seperti dua kasur, lantai yang lega, karpet, meja, kipas angin, dan kursi.

Jika kalian mau menginap satu malam di sini, kalian akan dikenakan tarif Rp250.000 hingga Rp300.000. Bukankah harga ini sangat terjangkau?

2. Satwa Elephant Eco Lodge

Satwa Elephant Eco Lodge
https://www.instagram.com/kaysea2706/

Nah, jika kalian kehabisan kamar di Mahout Guest House, kalian nggak usah risau. Ada penginapan lain yang dekat dengan taman nasional, yaitu Satwa Elephant Eco Lodge, yang hanya berjarak 500 meter menuju pintu masuk Taman Nasional.

Setidaknya, ada empat tipe villa yang tersedia di tempat ini, yaitu Kelimutu, Mbeiling, Rimba, dan Satwa.

Masing-masing villa itu didukung dengan taman, ranjang yang nyaman, teras, kamar mandi, area bersantai. Menginap di tempat ini, kalian perlu mengeluarkan biaya Rp820 ribuan per malam.

3. Aston Lampung City Hotel

Aston Lampung City Hotel
https://www.instagram.com/agungchromatic/

Penginapan terdekat memang dua yang diatas tadi, namun jika kalian berniat untuk mengunjungi kota lampung, maka akan banyak hotel yang bisa kalian sewa. Termasuk Aston Lampung City Hotel ini.

Dengan harga mulai dari Rp 300.000, kalian akan mendapatkan fasilitas yang sudah sangat memadai. Sarapan gratis, kolam renang, parkir gratis, hingga Free Wi-fi.

Jl. Gatot Subroto No. 81 Garuntang Teluk Betung Selatan, Bandar Lampung 35228 Indonesia, jarak dari Taman Nasional di Lampung sekitar 92 km atau dua jam perjalanan.

Baca Rekomendasi: 9 Keindahan Pulau Pisang yang Mempesona dan Menarik di Lampung

4. OYO 3207 Hotel Gracia

OYO 3207 Hotel Gracia

Kalian bisa mendatangi alamat Jalan Ahmad Yani Iringmulyo, Metro 34124 Indonesia. Kalian akan menemukan tempat penginapan yang bernama OYO 3207 Hotel Gracia.

Dengan harga yang sangat terjangkau yaitu, mulai dari Rp 95.000, kalian sudah bisa mendapatkan fasilitas penginapan yang nyaman untuk bermalam.

Jarak dari Taman Nasional di Lampung sekitar 56 Km atau kurang lebih satu jam perjalanan. Bagi kalian yang hendak berwista ke kota lampung, aku sarankan bisa booking penginapan yang satu ini.

5. Asoka Luxury Hotel

Asoka Luxury Hotel lampung

Alamat hotel yang satu ini Jalan Pulau Morotai no.16b, Bandar Lampung 35133 Indonesia. Kira-kira jarak dari taman nasional Way Kambas sekitar 88 km atau dua jam perjalanan. Rekomended bagi kalian yang ingin jalan-jalan di kota lampung.

Dengan harga mulai dari Rp 360.000, kalian sudah bisa mendapatkan banyak fasilitas, diantaranya Free Wi-Fi, mandi air panas, restoran, dan bahkan layanan pencucian.

Tips Berkunjung Di Taman Nasional Way Kambas

Agar liburan kalian di Taman Nasional di Lampung ini lebih menyenangkan, kalian bisa menyimak beberapa tips dariku ini.

1. Sopan dan Ikutin Aturan

beretika dengan Sopan dan Ikutin Aturan

Karena wisata ini tidak murni wisata akan teteapi kawasan konservasi satwa yang terancam punah, maka dari itu kalian tentu harus mengikuti aturan yang berlaku di dalamnya. Jangan neko-noke melakukan sesuatu yang bisa merusak kawasan ini.

Ketika berkunjung buanglah sampah pada tempatnya, jangan merokok di sembarang tempat, jangan merusak tanaman atau menyakiti satwa apapun. Kalian juga tentu harus menjaga hubungan dengan pengelola agar wisata ini tetap lestari.

2. Menyiapkan Kesehatan

Menyiapkan Kesehatan

Tentu setiap hendak liburan, kesehatan fisik adalah hal yang utama. Kenapa? Sebab, liburan dalam keadaan sakit itu tentu nggak enak. Kalian pasti tahu itu. Maka dari itu, sebelum liburan pastikan berpola hidup yang sehat.

Terlebih, taman nasional adalah wisata alam outdoor yang tentu bakalan menyita tenaga kalian. Pemandangan yang indah, panorama yang menakjubkan, bakalan terasa biasa aja kalau tubuh kalian nggak fit. Bener kan?

3. Cari Layanan Tour and Trevel atau guide

Cari Layanan Tour and Trevel atau guide

Bagi kalian yang berasal dari luar Lampung, tentu jika kalian ingin berwisata ke taman nasional ini, kalian bakalan butuh banget pemandu. Entah mengarahkan perjalanan, membimbing masuk dan menemani berbagai aktivitas yang kalian lakukan.

Jadi saranku, cari layanan pemandu wisata atau sejenisnya agar liburan kalian bisa lebih terstruktur dan terjadwal baik. Tentu kalian harus memilih pemandu wisata yang memiliki pengalaman banyak berkungjung ke Taman Nasional ini.

4. Mengikuti Semua Aktivitas Seru

Mengikuti Semua Aktivitas Seru

Agar pengalaman liburan kalian lebih berkesan dan menakjubkan, aku saranin kalian harus mencoba semua aktivitas yang ditawarkan oleh wisata ini. Sayang, jika kalian ke wisata ini tapi enggan untuk mencoba ragam aktivitas yang ada.

Kalau boleh memandikan gajah, coba aja ikut memandikan gajah. Kemudian, kalian harus melihat ragamatraksi gajah yang menggemaskan. Kalau perlu, kalian sewa camping ground agar bisa merasakan sensasi alam Taman nasional ini pada malam hari.

Baca Juga: 8 Daya Tarik Puncak Lawang (Wisata Alam di Negeri Awan)

Intinya, maksimalkan liburan kalian untuk berinteraksi dengan satwa dan alam di taman nasional ini. Taman Nasional Way Kambas, konservasi sekaligus objek wisata yang bisa kalian kunjungi. Beragam satwa yang kalian jumpai di taman nasional ini tentu bakalan mewarnai liburan kalian. Lebih lagi atraksi gajah yang lucu.

Dengan berbagai aktivitas seru yang bisa kalian lakukan, berwisata ke tempat ini tentu bakalan membuat kalian terhibur dan merasakan pengalaman baru. Pokoknya, tempat ini recomended banget.

Teluk Kiluan

0 / 5. Vote count: 0

0
Jessica Susanti
Jessica Susanti Jalan-jalan sambil nyari makan

Danau Linting

Karena begitu banyaknya tempat mengagumkan di Indonesia, menghabiskan waktu bermain di negeri sendiri nggak kalah menyenangkan dibanding berlibur di negara lain.Seperti di Sumut, nggak...
Jessica Susanti Jessica Susanti
6 min read

Taman Pelangi Jogja

Jessica Susanti Jessica Susanti
6 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *