Jessica Susanti Jalan-jalan sambil nyari makan

Taman Pelangi Jogja

6 min read

Taman Pelangi Jogja

Liburan jalan-jalan itu tidak harus mengenal waktu. Walupun malam hari di Jogja kita masih bisa mengunjungi beberapa lokosi wisata yang justru jam bukanya yaitu malam hari yaitu Taman Pelangi Jogja.

Apa sih keseruan bermain di Taman Pelangi Jogja? Banyak banget keseruan yang bisa kamu dapatkan disini, yaitu disinilah tempatnya surga lampion. Banyak permainan yang bisa dinikmati oleh berbagai usia.

Gemerlap warna-warni lampion yang mengelilingi taman dan menghiasi pelataran tentunya sangat menarik untuk kalian kunjungi. Kamu akan melewati sebuah rute yang di penuhi lampu lampion dengan aneka bentuk tokoh-tokoh kartun, dan masih banyak lainnya, Penasaran?

Lokasi Taman Pelangi

Alamat lengkap Taman Pelangi berada di Sariharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Jika wisatawan yang belum pernah berkunjung kesini, cukup berpatokan pada Monumen Jogja Kembali, karena jaraknya tidak jauh sekitar 8 Kilometer.

Sedangkan rute terbaik yang bisa kamu lalui untuk menuju lokasi, yaitu menyesuaikan arah kedatanganmu atau bisa juga menggunakan aplikasi Google Maps.

Rute ke Taman Pelangi Jogja

Rute untuk menuju Taman pelangi, jika wisatawan yang datang dari arah stasiun Tugu, bisa ambil arah ke Halte Malioboro 1, kemudian dilanjut naik bus Trans Jogja rute 2A, setelah itu turun di Halte Ring Road Utara.

Jika kalian datang dari arah Terminal Jombor, pertama kamu bisa naik bus Trans Jogja rute 2B, setelah itu turun di Halte Ring Road Utara.

Apabila membawa kendaraan sendiri, kalian bisa menggunakan rute Terminal Jombol kemudian ke Tugu, lanjut arah JL. AM Sangaji, setelah itu kearah Jalan Monjali.

Tiket Masuk Taman Pelangi Jogja

Untuk menikmati keindahan lampion di taman pelangi para wisatawan hanya dikenai biaya tiket masuk sebesar Rp 15.000 untuk hari Senin sampai Kamis. Sedangkan untuk hari Jumat-Minggu dan libur hari Nasional biayanya naik menjadi Rp 20.000, untuk anak cukup Rp 3000.

Tapi harga tiket masuk tadi belum termasuk biaya parkir ya guys. Biaya parkirnya juga murah kog hanya Rp 2000 saja untuk motor, sedangakan untuk mobil Rp 5000. Bagaimana menurutmu, relatif murah kan?

Walaupun tiket masuknya relatif murah, dijamin kalian nggak akan kecewa dengan fasilitas atau spot menarik didalamnya, karena lampu-lampu lampionnya sudah tertata rapi dan cantik.

Jam Buka Taman Pelangi Jogja

Jam buka tempat wisata Jogja satu ini dibuka setiap hari yaitu Senin sampai Minggu. Wisata Taman Pelangi mulai dibuka jam 16.30 – 22.00 untuk hari biasa, sedangkan untuk weekend jam 17.00 – 23.00.

Kenapa Taman Pelangi dibuka malam hari? Karena lokasi ini didominasi oleh lampu lampion, maka jam bukanya dimulai dari sore sampai malam hari.

Jam yang paling bagus jika kamu datang kesini adalah jam kerja sekitar jam 17.00 sampai dengan 19.00. karena di jam itulah belum terlalu banyak pengunjung yang datang. Jadi kamu bisa leluasa menikmati wahana lampion tanpa berdesakan.

Fasilitas di Taman Pelangi Jogja

Selain lengkap dengan berbagai macam wahana dan juga sopt foto menarik, Taman Pelangi Jogja juga dilengkapi dengan fasilitas yang terbaik untuk para pengunjungnya. Fasilitas yang bisa kamu dapatkan adalah:

• Lokasi Parkir.
• Toilet Bersih.
• Food Court.
• Ruang Santai
• Mushola.

Selain itu juga terdapat penginapan disekitar wisata Taman Pelangi Jogja, khusus wisatawan yang datang dari luar kota yang masih ingin berlama di Jogja banyak pilihan hotel penginapan dengan harga tiket sewa antara Rp 150.000 sampai dengan Rp 750.000 permalamnya.

Daya tarik di Taman Pelangi Jogja

Banyak hal menarik yang bisa kalian dapatkan di Taman Pelangi Jogja ini. Selain berfoto ria dengan berbagai lampu hias yang cantik, kalian juga bisa mencoba permainan yang tak kalah serunya dan jangan lupa untuk menikmati kuliner di food court.

Berikut terdapat spot menarik di Taman Pelangi Jogja, diantaranya adalah:

1. Aneka Jenis Lampion

Aneka Jenis Lampion yang unik
https://www.instagram.com/iqbalsyahrezzaa/

Pernak-pernik lampion berbagai jenis baik berukuran kecil, sedang, besar semuanya tersebar diseluruh lokasi Taman Pelangi Jogja.

Gemerlap lampu yang disajikan menjadikan daya tarik tersendiri dan akan memanjakan mata kalian yang berkunjung kesini. Selain indah untuk dipandang, cocok juga dijadikan sebagai lokasi berfoto dan selfie.

Apalagi setiap bulannya lapu-lampu lampion tersebut diganti atau ditambah lagi dengan lampion yang yang lebih menarik, tentunya berbeda dengan bentuk sebelumnya. Hal ini dilakukan karena untuk memelihara daya tarik pengunjung agar serig datang ke sini.

Jadi walaupun para wisatawan yang sudah pernah berkunjung kesini atau berkali-kali berkunjung dijamin nggak akan jenuh dan akan selalu merasakan senang dengan hal baru di Taman Pelangi Jogja.

2. Arena Tarampoline

Arena Tarampoline

Untuk pengunjung yang mengajak buah hati bisa juga mencoba permainan Trampoline. Wahana Trampoline ini cocok sekali buat orang tua yang ingin memanjakan buah hatinya, sekalian melatih keberanian si anak.

Anak akan berlatih tentang keberanian dalam mencoba permainan ini. Namun kalian orang tua nggak usah khawatir mengenai kemanan si buah hati, karena semuanya sudah dibuat dan siapakan dengan standar usia anak-anak.

Lihat Juga: 9 Wahana Menakjubkan di Taman Pintar Yogyakarta

3. Puri Hantu

wisata jogja Puri Hantu

Wahana seru yang ketiga di Taman Pelangi Jogja adalah Puri Hantu. Wahana ini nih yang menjadi daya tarik tersendiri. Tak sedikit pula para wisatawan yang penasaran seseram apakah wahana ini?

Puri Hantu ini berbeda dengan rumah hantu pada umumnya, kenapa? Karena hantu-hantu yang berkeliaran di wahana ini bisa bergerak dan hidup, yang kapan saja bisa datang menghampiri kamu.

Hantu ini asli dari manusia yang dirias menyerupai hantu, bukan terbuat dari benda mati ataupun robot. jika dibayangkan mungkin lebih menyeramkan dibandingkan dengan rumah hantu yang isinya hanya robot atau benda mati, apakah kamu berani mencobanya?

4. Lampu Hias Unik

Lampu Hias Unik
https://www.instagram.com/syavidha/

Selain aneka jenis lampion, Taman Pelangi juga memiliki spot menarik berupa pepohonan yang dihiasi dengan pernak-pernik lampu hias. Disinilah spot foto yang paling bagus dengan suasana hutan fantasi penuh cahaya.

Terdapat juga lorong yang isinya dipenuhi dengan ratusan gantungan lampu hias, bahkan rerumputan yang ditutupi dengan barisan lampu kecil menjadi daya tarik tersendiri. Apalagi anak muda yang ingin mempercantik koleksi foto gallery atau media sosial mereka.

5. Wahana Permainan

Wahana Permainan asik di jateng

Eits! Belum selesai disini saja, masih ada satu lagi wahana permaianan yang wajib kamu coba jika berkunjung kesini. Karena banyak sekali wahana seru yang tak kalah dengan permaianan pada umumnya.

Terdapat wahana seperti perahu dayung, bola air, euro bungai, battery car, rumah ballon, bumper boat, junior jet, sepeda tandem, speed boat, halacik, ATV, bombom car, becak air, safari train, dan masih banyak keseruan lainnya.

Untuk menikmati aneka permainan diatas kamu dekenai harga tiket tambahan sebesar Rp 10.000 samapi Rp 20.000.

Simak Review: Pantai Greweng Gunung Kidul, Surga Tersembunyi Penuh Misteri

Hotel dekat Taman Pelangi Jogja

1. Indoluxe Hotel Jogjakarta

Indoluxe Hotel Jogjakarta
https://www.instagram.com/ervaaulia/

Jika kamu mencari suasana hotel dengan nusansa trendi di Ngaglik, maka disinilah tempatnya Indoluxe Hotel Jogjakarta. Fasilitas yang disediakan berupa kamar tamu dengan penyejuk udara serta minibar, internet gratis, layanan concierge, kolam renang dan juga sarapan.

Untuk menambah kenyamanan pengunjungnya, juga menyediakan parkir gratis bagi tamu. Harganya mulai dengan Rp 453.000 dan alamat lengkapnya di Jalan Palagan Tentara Pelajar No. 106 Yogyakarta.

2. Homestay at Ekost Nandan

Homestay at Ekost Nandan

Penginapan Homestay at Ekost Nandan ini alamatnya di Sumberan, Sariharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Pilihan ideal untuk beristirahat menghilangakan lelah seharian bermain di Jogja.

Beragam fasilitas yang disediakan yaitu cleaning service, kasur, selimutm kamar mansi bersih yang dilengkapi shower, handuk bersih. Harganya pun juga terjangkau yaitu mulai dari Rp 165.000 permalamnya. Harga tersebut sudah termasuk pajak.

3. OYO 2296 Star House

OYO 2296 Star House

OYO 2296 Star House menawarkan penginapan dengan kamar berukuran besar dan nyaman untuk digunakan menginap. Fasilitas yang disediakan berupa tempat tidur, AC, WIFI gratis, televisi, kamar mandi.

Alamat lengkapnya berada di Jl. Monjali No.18, RT.02/RW.038, Nandan, Sleman, Yogyakarta. Sedangkan harga permalamnya cukup terjangkau, yaitu mulai dari Rp 87.000, harga sudah termasuk pajak.

4. SigNature Jogja Hotel

SigNature Jogja Hotel

Alamat lengkap hotel ini berada di Jalan Sidodadi No, RT.1/RW.43, Kutu Tegal, Sinduadi, Mlati, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Fasilitas yang didapat yaitu tempat tidur lengkap, AC, WIFI gratis, parkir gratis, lemari es, TV dan juga kamar mandi bersih.

Hotel ini dibuka selama 24 jam, jadi sewaktu-waktu tamu bisa memesan kamar hotel tanpa takut tutup. Hotel ini juga cukup dengan dengan wisata Jogja lainnya berupa museum, wisata sejarah. Cukup dengan jalan kaki saja 14 menit kamu sudah sampai lokasi wisata tersebut.

Rekomendasi Untukmu: Pantai Watu Kodok, pesona Jogja yang masih tersembunyi

Wisata dekat Taman Pelangi Jogja

1. Monumen Jogja Kembali

Monumen Jogja Kembali
https://www.instagram.com/hestyh27/

Wusata edukasi yang wajib untuk dikunjungi adalah Monumen Jogja Kembali, wisata ini perlu sekali dikunjungi karena mengingatkan kembali akan sejarah perjuangan banga Indonesia agar selalu dikenang oleh anak turun kita.

Disini pengunjung dapat melihat berbagai macam benda koleksi peninggalan sejarah satu Maret di Jogja berupa senjata, seragam dan kursi tandu panglima besar Jenderal Sudirman, dan berbagai ruangan yang menyimpan sejuta sejarah.

2. Jogja Bay Waterpark

Jogja Bay Waterpark
https://www.instagram.com/farhanalfaried_/

Wisata terdekat selanjutnya adalah Jogja Bay Waterpark, sebuah waterpark terbesar di Asia Tenggara. Terdapat aneka wahana yang menantang dan seru disini. Jam buka mulai dai 09.00 – 16.00 WIB, sedangakn saat weekend jam bukanya 08.00 – 16.00.

Banyak keunikan di Jogja Bay ini yaitu terdapat story telling antara bajak laut eropa dengan tradisi Jogja yang dituangkan dalam suatu Live Show, Water Riders, Karakter dan Merchandise. Dan jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen serunya.

3. Malioboro

Malioboro
https://www.instagram.com/objek_wisata_jogja/

Malioboro merupakan jantung dari kota Yogyakarta. Tak heran jika banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini. Mungkin rasanya kurang lengkap jika kamu ke Jogja belum datang ke Malioboro, walaupun hanya sekedar untuk berfoto atau jalan-jalan.

Jarak Malioboro ke Taman Pelangi juga tidak jauh. Puncak keindahan tempat ini dalah waktu menjelang siang sampai dengan malam. Disinilah surganya cindera mata dan aneka kerajinan buat kenang-kenangan bahwa kamu pernah berkunjung ke Jogja.

4. Museum Sonobudoyo

Museum Sonobudoyo
https://www.instagram.com/michaelsmpsn/

Museum dengan beragam peninggalan sejarahnya pada zaman Kolonial Belanda. Museum ini menyimpan banyak sekali koleksi tentang budaya dan sejarah Jawa yang paling lengkap setelah Museum Nasional Republik Indonesia.

Museum ini menyimpan beberapa macam senjata kuno termasuk keris dan juga topeng Jawa, serta beberapa jenis wayang kulit. Jumlah koleksi di Museum ini kurang lebih 43.000 dan setiap tahun selalu bertambah.

5. Pasar Beringharjo

berbelanja di Pasar Beringharjo
https://www.instagram.com/pritaghozie/

Pasar tradisional terlengkap di Jogja adalah Pasar Beringharjo. Pasar ini telah digunakan untuk jual beli sejak tahun 1758. Banyak tawaran yang lengkap disini yaitu mulai dari batik, jejamuan, jajanan pasar, bahkan patung Budha yang harganya hanya ratusan ribu.

Sangat disayangkan jika kamu melewatkan Pasar Beringharjo saat berkunjung ke Jogja. Jadi ketika kalian datang kesini bukan hanya sebatas belanja jajanan saja, melainkan bisa membeli barang-barang antik yang tidak akan kamu temukan di pasar lain.

Tips Berkunjung di Taman Pelangi Jogja

Liburan mungkin akan terasa kurang berkesan jika waktu berkunjungnya yang salah. Awal niat ingin mendapatkan hasil foto terbaik, eh malah jadi sia-sia. Nah! Hal ini tidak akan terjadi jika kalian memperhatikan tips dibawah ini yaitu:

• Datanglah pada saat cuaca yang cerah, dan jangan datang pada saat musim hujan.
• Datanglah di hari bukan libur atau bisa juga bukan hari libur besar agar tidak terlalu ramai. Sehingga jika ingin berfoto akan mendapatkan hasil yang memuaskan.
• Makan dan minumlah di dalam lokasi wisata setelah kalian lelah jalan-jalan.
• Jika kamu membawa buah hati, sewa kostum lucu untuk mengabadikan momen di Taman Pelangi.

Baca Juga: Puncak Becici, Objek Wisata Terhits dan Kece di Bantul

Bagaimana? wisata Taman Pelangi Jogja bikin kamu penasaran kan? Langsung saja jika ada waktu luwang berkunjung kesini dan ajak keluargamu atau teman dekatmu untuk bersenang-senang.

Jika kesini datanglah lebih awal saat siang hari agar kamu bisa mengunjungi berbagai wisata seru di Jogja. Semoga bermanfaat dan menambah referensi kamu saat tujuan wisatamu di Yogyakarta. Selamat berlibur ya!

0 / 5. Vote count: 0

0
Jessica Susanti
Jessica Susanti Jalan-jalan sambil nyari makan

Telaga Warna Dieng

Jessica Susanti Jessica Susanti
6 min read

Pantai Suluban

Jessica Susanti Jessica Susanti
7 min read

Situ Gunung

Jessica Susanti Jessica Susanti
7 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *