Taman Pintar Yogyakarta

8 min read

Banyak orang setuju bahwa Yogyakarta akan selalu jadi kota yang dirindukan. Sekali berkunjung, kamu akan ketagihan untuk kembali. Objek wisata yang ada di Yogyakarta terasa tidak pernah habis dikunjungi.

Yogyakarta selalu punya destinasi wisata untuk segala usia. Dari orang dewasa hingga anak-anak. Kamu tidak perlu khawatir mengajak keluarga berwisata ke sini. Ada banyak destinasi wisata yang cocok untuk keluarga dan ramah anak.

Salah satunya adalah Taman Pintar Yogyakarta. Berada di pusat kota membuat Taman Pintar mudah dikunjungi.

Selain itu ada beragam kegiatan yang bisa kamu lakukan di Taman Pintar Yogyakarta bersama keluarga.

Sesuai namanya, Taman Pintar Yogyakarta tidak hanya jadi tempat rekreasi. Tapi juga sebagai destinasi wisata edukasi untuk anak-anak. Si kecil bisa betah kalau kamu ajak berkunjung ke sini.

Sejarah Taman Pintar Yogyakarta

Sejarah Taman Pintar Yogyakarta berawal deari terinspirasinya pemerintah Yogyakarta untuk membuat sebuah pusat wisata ilmu pengetahuan. Pembangunan Taman Pintar Yogyakarta ini berkaca pada pembangunan Taman Mini yang ada di Jakarta.

Disebut dengan nama Taman Pintar karena diharapkan tempat ini menjadi taman belajar sekaligus rekreasi bagi para generasi muda Indonesia. Anak-anak bisa dengan leluasa memperdalam pemahaman soal materi-materi yang terlah diterima di sekolah sambil berekreasi di sini.

Pembangunannya dilakukan empat tahap. Pertama dimulai tahun 2004 dengan dibangunnya Playground dan

Gedung PAUD. Lalu diresmikan dalam Soft Opening tahun 2006.

Tahap kedua adalah pembangunan Gedung Oval dan Gedung Kotak lantai 1. Sementara pada pembangunan tahap ketiga dibangunlah Gedung Kotak lantai 2 dan 3, Tapak Presiden, dan Gedung Memoribilia.

Hingga akhirnya pembangunan selesai tahun 2008 dengan fasilitas dan wahana lengkap seperti saat ini.

Peresmiannya pun dilakan oleh Presiden Republik Indonesia kala itu, yaitu Susilo Bambang Yudhoyono.

Lokasi Taman Pintar Yogyakarta

Lokasi Taman Pintar Yogyakarta sangat mudah ditemukan karena berada di pusat kota. Tepatnya berada di Jalan Panembahan Senopati No. 1-3, Yogyakarta.

Taman Pintar Yogyakarta dibangun di bekas kawasan shopping center yang berada di tengah-tengah kota. Sehingga lokasinya berdekatan dengan Taman Budaya, Benteng Vredeburg, Societiet Militer, dan Gedung Agung.

Rute ke Taman Pintar Yogyakarta

Jalan menuju Taman Pintar Yogyakarta sangatlah mudah. Karena berada di pusat kota, kamu bisa menempuhnya dengan berjalan kaki.

Jika berangkat dari titik 0 Yogyakarta, kamu hanya perlu berjalan melewati Jalam Malioboro menuju Jalan Panembahan Senopati. Waktu yang ditempuh sekitar 7 menit dengan jarak 500 meter.

Pilihan lainnya kamu bisa berjalan dari pusat kota ke Jl. KH. Ahmad Dahlan, lalu melewati Jl. Pangurakan. Maka sampailah di Taman Pintar Yogyakarta.

Tiket Masuk Taman Pintar Yogyakarta

Harga tiket masuk ke Taman Pintar Yogyakarta adalah sebesar Rp10.000 untuk anak-anak dan Rp18.000 untuk orang dewasa. Namun harga ini tidak termasuk harga tiket mencoba wahana-wahana yang ada di Taman Pintar Yogyakarta.

Kamu harus membayar HTM di wahana dengan harga yang berbeda-beda. Di antaranya Rp22.000 untuk planetarium, Rp6.000 untuk wahana bahari, Rp.10.000 untuk Hand On Science, dan Rp15.000 untuk presenter TV.

Kamu juga bisa melakukan kunjungan rombongan lho ke sini. Sebelum melakukan kunjungan rombongan, kamu harus memberi tahu pengelola Taman Pintar Yogyakarta dengan mengisi form online. Pendaftaran online bisa kamu cek di https://tamanpintar.co.id/kunjungan

Jam Buka Taman Pintar Yogyakarta

Karena target wisatawan utamanya ditujukan untuk anak-anak, jam buka Taman Pintar Yogyakarta tidak terlalu panjang. Dibuka pukul 08.30 WIB, Taman Pintar ini tutup pada pukul Rp 16.00 WIB.

Buka setiap Selasa sampai Minggu, hari Senin tutup. Kecuali jika hari Senin merupakan hari libur nasional, maka

Taman Pintar Yogyakarta akan tetap buka di hari Senin.

Jadi pastikan jadwalnya sebelum kamu berkunjung. Supaya saat tiba, kamu bisa tetap menikmati semua wahana yang ada.

Fasilitas di Taman Pintar Yogyakarta

Fasilitas pendukung seperti Mushola, toilet, ATM Center, dan lahan parkir yang luas sudah sangat mencukupi bagi pengunjung. Selain itu, pengelola juga menyediakan kursi roda dan lift bagi yang berkebutuhan khusus.

Di sini kamu juga akan menemukan beragam koleksi alat IPTEK interaktif. Sehingga kamu benar-benar bisa menambah pengetahuan di sini.

Wahana Menarik di Taman Pintar Yogyakarta

Pembangunan Taman Pintar Yogyakarta memang ditujukan untuk perkembangan ilmu pengetahuan. Maka tak heran jika wahana-wahana di sini juga berhubungan dengan IPTEK. Tapi tenang, kamu enggak akan bosan kok ada di sini. Apalagi anak-anak.

Setidaknya ada 9 wahana yang harus kamu dan si kecil coba di sini.

1. Gedung Oval

Gedung Oval
https://www.instagram.com/cha_rafael/

Disebut gedung oval karena memang gedungnya berbentuk oval. Di gedung ini kamu akan menemukan beragam alat IPTEK interaktif. Gedung ini memang sengaja ditujukan untuk menumbuhkan minat wisatawan terhadap sains,

khususnya biologi, fisika, astronomi, dan geologi.

Setidaknya ada 7 alat IPTEK yang bisa menambah pengetahuan kamu saat berkunjung.

• Generator Van De Graff, yaitu alat yang didesain untuk menghasilkan listrik statis. Eksperimen yang paling disukai anak-anak adalah saat listrik statis bisa membuat rambut mereka berdiri.
• Generator pedal, kegiatan interaktif yang dilakukan di sini adalah dengan memutar pedal untuk menghasilkan listrik yang membuat lampu menyala.
• Zona cuaca, iklim, dan gempa bumi. Ini adalah zona terbaru di Taman Pintar Yogyakarta. Kamu bisa mencoba simulator gempa yang ada di sini. Simulator gempanya memberikan efek nyata karena di desain untuk menghadirkan guncangan dengan tingkatan yang menyerupai aslinya.
• Terowongan Ilusi, yaitu alat peraga berbentuk cakram dengan papan berputar yang memiliki pola tertentu. Ketika alat ini berputar, pengunjung akan merasakan ilusi seolah dia bisa memasuki terowongan yang ada di depannya.
• Aquarium air tawar, yaitu aquarium setengah lingkaran yang berupa terowongan yang bisa kamu lewati. Di sini kamu akan diajak untuk melihat beragam ikan air tawar dengan informasi detail mengenai ikan-ikan tersebut.
• Zona Kehidupan Purba, selalu jadi favorit anak-anak. Di zona ini kamu akan diajak mengenal hewan-hewan purba yang hidup 250 juta tahun lalu. Dengan menggunakan teknologi robotik, hewan-hewan purba yang ada di Taman Pintar Yogyakarta ini bisa menggerakan leher dan ekornya lho.
• Zona Tata Surya. Di zona ini kamu akan diajak berpetualang menuju planet-planet yang ada di tata surya. Serta lebih mengenal planet yang kamu kunjungi.

2. Gedung Kotak

Gedung Kotak

Secara ukuran, Gedung Kotak lebih besar dibandingkan Gedung Oval. Di Gedung Kotak lebih banyak zona yang didedikasikan untuk sains yang bersifat penerapan. Artinya konsentrasi zaona di sini lebih pada teknologi dan informasi, bukan sains dasar seperti di Gedung Oval.

Selain zona alat peraga IPTEK, gedung ini memiliki beberapa zona informasi untuk kehidupan kewarganegaraan.

Zona tersebut adalah Zona SNI, Zona Sahabat KPK, dan Zona KPU.

Total ada 11 zona di gedung ini. Kalau kamu berkunjung, setidaknya kamu harus mengunjungi 5 zona ini.

• Zona Teknologi Populer merupakan zona yang dipenuhi teknologi terbaru. Di sini kamu bisa mencoba VR (Virtual Reality), memainkan nada dengan piano yang diinjak, serta bermain games real play.
• Zona Tepi TV, tempat bagi kamu untuk mencoba menjadi penyiar berita. Kamu benar-benar akan syuting sebagai penyiar berita. Dan hasil rekamannya bisa kamu pulang dalam bentuk CD.
• Zona Dino Adventure dan Teater 4D, asyik banget untuk dinikmati terutama bagi anak-anak. Di Dino Adventure kamu akan diajak berkeliling menggunakan keret untuk mengenal kehidupan dinosaurus. Lebih tepatnya mirip istana bonek di Dufan.
• Zona Memoribilia, merupakan zona tempat tersimpannya memori sejarah Indonesia. Kamu akan menemukan koleksi peninggalan sejarah serta profil orang-orang penting di sini.
• Hand on Science, adalah laboratorium IPA di Taman Pintar Yogyakarta yang memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk mempraktikkan beragam eksprimen sains. Didampingi laboran terlatih, kamu bisa melakukan banyak kegiatan di sini.

3. Planetarium

Planetarium jogja
https://www.instagram.com/anapatarpurba/

Planetarium Taman Pintar Yogyakarta akan memberikan pengalaman menarik bagi kamu. Istimewanya, planetarium ini menggunakan proyektor untuk memperagakan benda-benda angkasa di langit malam Yogyakarta.

Kamu juga akan diajak melihat film tentang luar angkasa di sini. Kursi yang bisa direbahkan membuat kamu semakin nyaman ketika menonton.

Lihat Juga: Pantai Greweng Gunung Kidul, Surga Tersembunyi Penuh Misteri

4. Kampung Kerajinan

Kampung Kerajinan
https://www.instagram.com/deniclarasinta/

Di Kampung Kerajinan Yogyakarta kamu akan diajak untuk berkreasi. Selain mengenal budaya dan kerajinan Indonesia, kamu akan diajak untuk membuatnya secara langsung. Ada empat zona yang terdapat di sini.

• Kreasi Batik. Di zona ini pengunjung akan diajak untuk mengenal lebih dalam soal batik. Dan juga belajar membatik. Selembar kain batik yang kamu buat bisa kamu bawa pulang.
• Kreasi Gerabah. Kamu bisa membuat beragam jenis gerabah sesuai dengan keinginan kamu. Vas, asbak, atau pun gelas bisa kamu coba buat di sini. Buatlah yang bagus karena hasilnya bisa kamu bawa untuk kenang-kenangan.
• Lukis Gerabah. Kalau di zona ini kamu akan diajak untuk menghias atau melukis gerabah yang sudah disediakan. Mewarnai gerabah akan jadi kegiatan menarik dan mengasyikan untuk si kecil.
• Lukis Kaos. Sama seperti di Zona Lukis Gerabah, kamu akan diajak untuk menggambar dan mewarnai. Hanya saja medianya kini berupa kaos polos.

5. Wahana Bahari

Wahana Bahari

Di wahana yang satu ini kamu akan diajak untuk berkeliling dengan sebuah kapal mini. Ketika berkeliling kamu akan melihat beragam miniatur perairan.

6. Zona Perpustakaan Taman Pintar Yogyakarta

Zona Perpustakaan Taman Pintar Yogyakarta jawa tengah
https://www.instagram.com/didi.pramisdi.winanto.saputro/

Perpustakaan Taman Pintar Yogyakarta memiliki banyak koleksi buku bacaan yang bisa kamu baca. Selain itu ada juga komputer yang bisa kamu gunakan untuk mengakses pengetahuan sains berbentuk film animasi.

Ada pertunjukkan boneka di perpustakaan ini setiap seminggu sekali. Kalau kamu ingin melihatnya, pastikan waktu kunjungan kamu cocok ya.

7. Science Theater

Science Theater
https://www.instagram.com/manunggalbayu/

Gedung audiovisual yang biasa digunakan untuk melakukan pemutaran film dan demo tentang sains. Gedung ini berkapasitas 50-60 orang.

8. Gedung PAUD

Gedung PAUD

Gedung ini menyediakan alat peraga interaktif yang cocok untuk anak-anak berusia 3 hingga 7 tahun. Didampingi pemandu yang komunikatif, anak-anak akan merasa senang belajar tentang teknologi sains.

Gedung PAUD terdiri dari dua yaitu PAUD Barat dan PAUD Timur. Di Gedung PAUD Barat anak-anak akan diajak bermain lego dan mengenal profesi. Sementara di Gedung PAUD Timur, mereka akan lebih mengenal flora dan fauna serta bermain alat musik.

Simak Review: Pantai Watu Kodok, pesona Jogja yang masih tersembunyi

9. Playground

Playground
https://www.instagram.com/kevinkurniaw1168/

Playground merupakan wahana di Taman Pintar Yogyakarta yang bisa kamu nikmati secara gratis. Cukup membayar tiket masuk ke Taman Pintar Yogyakarta saja. Jangan bayangkan playground di sini seperti di mall.

Playground yang ada di Taman Pintar Yogyakarta sangatlah luas. Ada banyak permainan yang bisa dinikmati anak-anak. Di sini juga terdapat Tapak Prestasi yaitu tapak tangan dan kaki para siswa berprestasi yang pernah mengharumkan Indonesia di bidang sains dan teknologi.

Hotel Dekat Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar Yogyakarta berada di pusat kota, sehingga tidak sulit untuk menemukan hotel dekat Taman Pintar

Yogyakarta. Rentang harganya pun beragam, dari yang murah hingga yang mahal sekali. Kamu tinggal memilih yang sesuai dengan budget.

Berikut rekomendasi hotel dekat Taman Pintar Yogyakarta yang bisa jadi pilihan tempat menginap kamu.

1. Adhistana Hotel

jogja Adhistana Hotel
https://www.instagram.com/adhisthana/

Jika kamu menginap di Adhistana Hotel kamu akan merasa seperti menginap di rumah pribadi. Hotel dengan julukan seribu pintu ini memiliki desain kamar yang estetik. Kamu bisa juga foto-foto di sini.

Hotel ini menawarkan kamar dengan konsep dormitory dengan harga Rp185.000 per malam hingga kamar Studio Suite dengan harga Rp859.000 per malam.

2. YATS Colony

YATS Colony
https://www.instagram.com/silviarosa.gallery/

Meskipun tidak luas, YATS Colony terkenal sebagai hotel unik yang menyajikan banyak spot kece untuk berfoto.

Mulai dari lobby hotel yang estetik, terowongan dengan lukisan kece, hingga kolam renang dari bebatuan dan tanaman hijau.

Mengusung tema tradisional, hotel ini memberikan nama unik untuk setiap kamarnya. HA, NA, CA, RA, dan KA merupakan kamar dengan desain dan harga yang berbeda pula. Setiap kamar memiliki hiasan yang dibuat dari bahan daur ulang.

3. Greenhost Boutique Hotel Prawirotaman

Greenhost Boutique Hotel Prawirotaman
https://www.instagram.com/ferisuherman/

Hotel yang mengusung tema ramah lingkungan ini dihiasi banyak tanaman di setiap sudutnya. Hotel ini cocok bagi kamu pencinta karya seni, karena kamu akan menemukan beragam karya seni ramah lingkungan di sini.

Setiap kamar memiliki desain berbeda, namun tetap menyisipkan seni dan bahan-bahan yang ramah lingkungan.

Terdapat 7 tipe kamar yang ditawarkan. Hotel ini memberikan harga antara Rp488.000 hingga Rp929.500 per malam.

4. Pawon Cokelat Guest House

Pawon Cokelat Guest House jogja
https://www.instagram.com/onenggs89/

Penginapan ini tadinya merupakan toko kue cokelat. Namun pemiliknya mengubah toko kecil ini menjadi penginapan. Hanya 5 menit dari Taman Pintar Yogyakarta, hotel yang didominasi warna cokelat ini bisa jadi pilihan buat kamu.

5. POP! Hotel Malioboro

POP! Hotel Malioboro
https://www.instagram.com/abijogja_istimewa/

Hotel yang berada di Jalan Gandekan ini memberikan kesan tersendiri bagi para tamunya. Penuh dengan warna warni ceria membuat hotel ini terlihat begitu menyenangkan. Belum lagi banyak spot foto yang disediakan khusus buat kamu.

Kunjungi Juga: Puncak Becici, Objek Wisata Terhits dan Kece di Bantul

Wisata Dekat Taman Pintar Yogyakarta

Lokasi yang strategis juga menguntungkan bagi kamu yang ingin jalan-jalan di Yogyakarta. Setelah berkunjung ke Taman Pintar Yogyakarta, kamu bisa mampir ke tempat wisata lainnya. Berikut beberapa di antaranya.

1. Museum Benteng Vredeburg

Museum Benteng Vredeburg
https://www.instagram.com/anggi.widyaaa/

Benteng ini dibangun oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I atas permintaan Belanda pada tahun 1760. Kini benteng ini telah dijadikan museum yang menyimpan banyak koleksi bersejarah. Kamu bisa mengetahui kisah sejarah

Yogyakarta saat itu melalui peninggalan-peninggalan di dalamnya.

2. Kawasan Wisata Malioboro

Kawasan Wisata Malioboro
https://www.instagram.com/nia_dwi.m/

Siapa sih yang tak kenal dengan Malioboro? Saat berkunjung ke Yogyakarta kamu wajib mampir ke tempat yang satu ini. Di sini kamu bisa melakukan banyak hal.

Mulai dari mencicipi penganan khas Yogyakarta, berfoto di spot-spot kece, hingga berbelanja. Kamu juga bisa mencoba menyewa andong, becak, atau becak otor untuk mengajakmu berkeliling.

3. Titik 0 Kilometer

Titik 0 Kilometer

Titik 0 (Nol) Kilometer merupakan persimpangan istimewa di Yogyakarta. Tempat ini jadi tempat paling tepat untuk menikmati keistimewaan Yogyakarta. Jika beruntung, kamu malah bisa menikmati suguhan tarian atau atraksi budaya.

Titik 0 ini jadi saksi sejarah perjuangan bangsa Indonesia mewalan penjajahan Jepang. Di sini juga terdapat tugu yang menandai persimpangan.

4. Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo
https://www.instagram.com/amigirindra/

Mau cari oleh-oleh dari Yogyakarta? Mampirlah ke Pasar Beringharjo. Kamu bisa menemukan banyak oleh-oleh dan produk asli Yogyakarta di sini. Pandai-pandailah menawar jika kamu ingin mendapatkan harga yang terjangkau.

5. Alun – alun Utara Yogyakarta

Alun – alun Utara Yogyakarta
https://www.instagram.com/rd.nimas/

Menikmati senja di Alun-laun Utara Yogyakarta bisa jadi pilihan buat kamu selepas berkunjung dari Taman Wisata Yogyakarta. Banyak spot kece di sini, jadi jangan lupa untuk selalu menyiapkan kamera kamu.

Baca Juga: Pantai Nglambor, Pantai Kece yang Instagramable Banget

Kalau kamu belum tahu mau mengajak keluarga wisata ke mana di tahun 2020 ini, Taman Pintar Yogyakarta harus banget masuk list. Berkunjung ke sini punya banyak manfaat lho. Selain rekreasi, kamu juga bisa menambah pengetahuan soal teknologi dan sain di 9 wahana menakjubkan.

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *