Taman Safari Prigen

9 min read

Taman Safari Prigen

Taman Safari dikenal luas sebagai objek wisata. Tapi tahukah kamu bukan hanya itu fungsi dari Taman Safari?

Taman safari juga berperan sebagai tempat konservasi untuk menjaga kelestarian fauna di Indonesia.

Selain itu, Taman Safari juga jadi sarana edukasi dalam mengenalkan satwa-satwa pada masyarakat. Berlibur ke Taman Safari dijamin bakal seru dan banyak manfaatnya. Kamu juga bisa melepas penat dengan melihat tingkah lucu satwa yang ada di sana.

Indonesia memiliki tiga Taman Safari yang tersebar di beberapa wilayah. Ketiganya adalah Taman Safari Indonesia di Bogor, Taman Safari Prigen di Pasuruan, dan Bali Safari di Bali.

Taman Safari Prigen merupakan Taman Safari kedua yang dibangun di Indonesia. Tempat konservasi ini dibangun pada tahun 1997. Dan jadi Tama Safari terbesar yang ada di Indonesia. Luasnya mencapai 350 hektare.

Taman Safari Prigen punya peran penting dalam menjaga kelestarian satwa Indonesia, terutama di Jawa Timur.

Salah satu buktinya adalah mereka berhasil membantu pengembang biakan Banteng Jawa yang hampir punah.

Di tahun 2020 ini, sangat disayangkan jika kamu tidak sempat mampir ke sini. Karena jenis satwa yang dijaga di sini sedikit berbeda dengan Taman Safari Bogor. Liburan kamu dijamin bakal tambah seru lho!

Lokasi Taman Safari Prigen

Taman Safari Prigen terletak di Pasuruan, Jawa Timur. Lebih tepatnya berlokasi di Desa Jatiarjo, Kecamatan Prigen, Pasuruan, Jawa Timur.

Letaknya yang berada di tengah-tengah antara kota Surabaya dan Malang, membuat Taman Safari Prigen mudah diakses. Pilihan transportasi menuju lokasi pun cukup banyak.

Jalan Menuju Taman Safari Prigen

Karena berada di tengah-tengah, ada banyak rute yang bisa kamu lewati untuk menuju Taman Safari Prigen. Kalau kamu berasal dari Malang, kamu bisa menyusuri Jalan Surabaya – Malang. Waktu yang dibutuhkan sekitar 1 jam 40 menit.

Sedangkan buat kamu yang berangkat dari Surabaya, kamu membutuhkan waktu 1 jam 50 menit untuk sampai.

Dengan menggunakan kendaraan pribadi kamu juga bisa melewati jalan alternatif. Jalan yang bisa kamu lalui yaitu Jl. Raya Pantura, Tol Surabaya-Gempol, atau Tol Surabaya – Porong.

Jika kamu ingin menggunakan kendaraan umum, kamu bisa menggunakan kereta. Turun di Stasiun Lawang, lalu lanjutkan perjalanan dengan mobil selama 30 menit.

Tiket Masuk Taman Safari Prigen

Tiket masuk Taman Safari Prigen dibagi berdasarkan beberapa kategori. Usia, hari kunjungan, dan wahana yang bisa dinikmati. Setidaknya ada tiga paket yang disediakan, yaitu:

  • Tiket Rusa

Dengan tiket rusa kamu bisa menikmati wahana Safari Adventure, baby zoo, aquatic island, dan 4 pertunjukkan binatang. Kamu juga akan diberi pilihan antara dophin show atau temple of terror yang bisa kamu kunjungi.

Anak-anak diharuskan membayar Rp80.000 untuk weekday dan Rp105.000 untuk weekend. Sementara bagi dewasa tiket yang harus dibayar adalah Rp85.000 untuk weekday dan Rp110.000 untuk weekend.

  • Tiket Badak

Untuk dapat menikmati paket tiket badak, pengunjung diharuskan membayar Rp110.000 untuk weekday dan Rp135.000 untuk weekend. Wahana yang bisa dikunjungi pun lebih banyak dari tiket rusa.

Kamu bisa menimati Safari adventure, baby zoo, aquatic land, dan menikmati 4 pertunjukkan binatang. Selain itu, kamu juga bisa mencaoa 22 permainan di taman hiburan untuk satu kali permaianan dan masuk ke Safari Water World.

  • Tiket Gajah

Tiket yang satu ini lebih lengkap daripada dua tiket sebelumnya. Kamu bisa menikmati seluruh wahana yang jadi paket di tiket badak. Kelebihannya kamu bisa menikmati 22 permainan di taman hiburan berkali-kali.

Tambahannya kamu bisa menonton dua film di 6D Cinema. Dijamin seru deh! Jika kamu pergi bersama keluarga, anak-anak pasti menyukainya.

Tiket ini dibanderol dengan harga Rp135.000 di hari kerja dan Rp160.000 di akhir pekan. Dengan perbedaan harga yang sedikit, banyak yang memilih membeli tiket gajah dibanding yang lainnya.

Harga tiket bisa berubah sewaktu-waktu. Jika kamu ingin mengetahui harga terbarunya, kamu bisa mengakses https://safariprigen.com/info/paketEdu.php.

Sebaiknya kamu berhati-hati dengan promo online yang menjanjikan tiket murah. Karena beberapa waktu lalu terjadi penipuan berkedok promo tiket murah.

Baca Selengkapnya: 25 Tempat Wisata di Surabaya yang Terkenal dan Kekinian

Jam Buka Taman Safari Prigen

Taman Safari Prigen buka setiap hari bahkan di hari libur. Jadi kamu bisa mengunjunginya kapan pun kamu bisa. Objek wisata ini pernah tutup lama di tahun 2020 akibat wabah pandemik COVID-19.

Jam buka tempat tinggal lebih dari 2000 satwa mulai pukul 08.30 WIB. Sementara tutup pada pukul 16.30 WIB saat hari kerja. Sementara di akhir pekan, Taman Safari Prigen buka lebih lama hingga pukul 16.45 WIB.

Fasilitas di Taman Safari Prigen

Fasilitas di Taman Safari Prigen sangat lengkap. Fasilitas umum seperti toilet dan mushola tersebar di beberapa titik. Jadi kamu tidak akan kesulitan menemukannya.

Selain fasilitas umum, Taman Safari Prigen pun memiliki beberapa fasilitas khusus yang disediakan untuk kamu. Di antaranya adalah hotel tempat menginap yang masih berada di kawasan Taman Safari Prigen. Dan area berkemah buat kamu yang ingin menikmati keindahan alam.

Restoran dan tempat makan pun banyak di sini. Sehingga kamu tidak perlu khawatir kelaparan usai berkeliling menyapa satwa.

Wahana di Taman Safari Prigen

Taman Safari Prigen punya banyak sekali wahana yang bisa kamu nikmati. Enggak Cuma berkeliling dan mengenal satwa kok.

Mulai dari menyapa binatang, menikmati permainan ekstrem di taman hiburan, bermain air, hingga ikut memberi makan satwa. Kamu harus mencoba semuanya.

1. Safari Adventure

Taman Safari Prigen Safari Adventure
https://www.instagram.com/tamansafariprigen/

Sama halnya dengan Taman Safari Bogor, di Taman Safari Prigen kamu bisa merasakan Safari Adventure.

Berkeliling dengan menggunakan mobil pribadi dan mengenal satwa dari berbagai belahan dunia. Kamu juga bisa menggunakan bus safari yang disediakan oleh pihak pengelola.

Hingga kini ada lima zona yang akan kamu lalui saat safari adventure ini. Kelimanya dihuni oleh satwa yang berbeda-beda.

Ada Zona Afrika yang bikin liburan kamu jadi lebih seru dan menyenangkan. Di zona ini kamu akan merasakan sensasi dikelilingi satwa endemik benua Afrika. Kamu bisa melihat jerapah, zebra, badak, kambing gunung, dan satwa khas Afrika lainnya dari dekat.

Selanjutnya di Zona Amerika-Eropa kamu bisa menyaksikan Llama, bison, dan kalkun. Sedangkan banteng, orangutan, siamang, dan rusa akan menyapa kamu di Zona Asia. Dan tentunya ada hewan-hewan pemakan daging yang bisa kamu temukan di Zona Karnivora.

Taman Safari Prigen punya zona khusus yang tidak ada di Taman Safari lainnya. Zona tersebut adalah Zona Australiana. Di sini kamu akan menemukan hewan-hewan endemik benua Australia.

Ada red neck wallaby, wombat, kangguru, dan burung emu. Rencananya akan ada koala yang jadi penghuni baru di sini. Namun, saat ini Taman Safari Prigen masih mempersiapkan habitatnya.

2. Pertunjukkan Binatang (Animal Show)

menyaksikan Pertunjukkan Binatang (Animal Show)
https://www.instagram.com/tamansafariprigen/

Selain menyapa satwa secara langsung, ada beberapa pertunjukkan yang siap menghibur kamu. Tidak hanya sebagai hiburan, pertunjukkan yang digelar setiap hari ini juga ditujukkan sebagai sarana edukasi. Karena cerita yang disampaikan adalah seputar konservasi.

Jadwal show sudah diatur sehingga kamu bisa menonton semuanya. Ada 7 show yang digelar setiap hari.

  • Elephant’s story. Pertunjukkan ini menceritakan sekelompok gajah yang mengamuk karena habitatnya menyempit akibat pembangunan rumah dan kebun. Kamu akan menyaksikan kepiawaian gajah dan pawangnya dalam beraksi. Pertunjukkan ini digelar di Plaza Gajah pada pukul 11.00 WIB.
  • Dolphins & Friends. Para lumba-lumba siap menunjukkan kecerdasan mereka melalui berbagai aksi. Kamu bisa mnyaksikannya di Dolphin Bay pada pukul 13.00 WIB.
  • Mysterious Jungle. Pertunjukkan semi drama ini menceritakan dua pemburu jahat yang masuk ke hutan. Seekor anjing dan pemiliknya berusaha menghentikan niat jahatnya. Mereka akan beraksi di Panggung Aneka Satwa pukul 14.00 WIB.
  • Tiger Show. Harimau punya banyak keahlian saat mengejar mangsanya. Semua keahlian harimau bisa kamu saksikan pukul 14.30 WIB di Panggung Harimau.
  • Dog & Horse Show. Kamu dan keluarga akan dihibur oleh atraksi anjing dan kuda yang memiliki kemampuan spesial.
  • Bird Show. Bukan hanya atraksi elang dan rangkong, di sini kamu juga bisa mengenal lebih dekat dengan burung-burung yang ada. Pengetahuan kamu tentang burung bisa bertambah di sini.
  • Temple of Terror. Di Panggung Stuntman pada pukul 16.00 WIB kamu bisa menonton pertunjukkan menakjubkan sekaligus menegangkan. Tentang petualangan John, Kelly, dan Max dalam mencari harta karun.

3. Baby Zoo

Baby Zoo
https://www.instagram.com/tamansafariprigen/

Di wahana ini kamu benar-benar bisa mengenal beragam satwa lebih dekat. Bahkan bisa berinteraksi langsung dengan sebagian satwa. Bikin liburan kamu makin menyenangkan.

Kamu juga bisa berfoto dengan satwa-satwa eksotis yang menggemaskan. Lengkapi petualangan kamu dengan menunggang kuda di Taman Safari Prigen.

Di Baby Zoo juga ada Aquatic Land. Di sini kamu bisa melihat aneka satwa akuatik dari dekat. Ada anjing laut, beaver, hingga Humboldt yang didatangkan dari America Selatan.

Baca Rekomendasi: Surabaya Carnival Park, Mengeksplor Wahana Seru di Kota Pahlawan

4. Pengalaman spesial bersama gajah dan lumba-lumba

Pengalaman spesial bersama gajah dan lumba-lumba di jawa timur
https://www.instagram.com/tamansafariprigen/

Taman Safari Prigen juga menawarkan pengalaman spesial buat kamu. Kamu bisa berkeliling dengan menunggang gajah. Saat berkeliling kamu akan diajak menikmati keindahan alam lereng gunung Arjuno.

Kamu juga bisa mencoba berenang bersama lumba-lumba. Ini bisa jadi pengalaman indah yang tak terlupakamn

5. Taman Hiburan (Amusement Park)

Taman Hiburan (Amusement Park)
https://www.instagram.com/tamansafariprigen/

Di Taman Safari Prigen juga terdapat sebuah taman hiburan atau amusement park. Di sini kamu bisa mengajak anak-anak untuk bermain dengan beragam wahana layaknya di Dunia Fantasi.

Permainan yang tersedia di sini di antaranya ada roller coaster, safari swinger, rmah hantu, boom boom boat, dino plane, paintball, dan lainnya.

6. Safari Water World

berenang di Safari Water World
https://www.instagram.com/tamansafariprigen/

Setelah lelah berkeliling, kamu bisa menghabiskan waktu dengan berenang di kolam renang yang luas. Jangan lewatkan wahana air yang seru dan menegangkan di sini.

Safari Water World ini cukup luas. Dibangun di area seluas 3,5 hektar membuat banyak wahana yang bisa kamu coba. Kamu harus coba Pirate Ship Park, gigantic water slide, crocodile cave lazy river, dan masih banyak wahana lainnya.

7. Carnivore Feeding Adventure

Carnivore Feeding Adventure
https://www.instagram.com/tamansafariprigen/

Di tahun 2020, Taman Safari Prigen memberikan promo khusus buat kamu yang ingin mencoba pengalaman berinteraksi dengan satwa karnivora. Kamu akan diajak untuk memberi makan satwa karnivora.

Kamu hanya perlu membayar biaya tambahan Rp150.000 per orang, kamu akan mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan. Kamu akan memberi makan hewan karnivora dari dalam mobil ditemani petugas dari Taman Safari Prigen.

Taman Safari Prigen menyediakan tiga jadwal pemberian makan bersama-sama di hari kerja. Sedangkan di akhir pekan jadwal ditambah menjadi lima kali sehari.

Ada beberapa aturan yang harus kamu taati saat mengikuti petualangan ini. Aturan-aturan tersebut tak lain agar kamu tetap aman selama memberi makan.

Hotel Dekat Taman Safari Prigen

Setelah berkeliling, kamu bisa melepas lelah dengan beristirahat di hotel dekat Taman Safari Prigen. Ada banyak pilihan tempat menginap. Beberapa di antaranya disediakan oleh pengelola Taman Safari Prigen.

1. Baobab Safari Resort

Baobab Safari Resort
https://www.instagram.com/paraskharisma/

Hotel yang satu ini dikelola langsung oleh pihak Taman Safari Prigen. Hotel ini menyajikan konsep hotel yang sangat unik. Kamu bisa merasakan sensasi menginap seperti di Afrika.

Pasalnya di depan kamar kamu terhampar pemandangan seperti di Savana Afrika. Lengkap dengan jerapah, badak, zebra, dan satwa lainnya. Kamu bisa langsung menyapa mereka di balkon begitu bangun tidur.

Baobab Safari Resort menyediakan 8 tipe kamar dengan harga yang beragam. Pembagiannya berdasarkan view yang bisa kamu lihat dari kamar, berupa bukit atau pemandangan safari. Harganya berkisar antara Rp775.000 hingga Rp1.375.000 per malam.

Hal unik lain dari hotel ini adalah waktu check in yang berbeda dari hotel lain. Kamu bisa mulai check in sejak jam 2 pagi lho.

2. Jungle Camp

Jungle Camp seru

Jungle Camp ini masih jadi bagian dari Baobab Safari Resort. Di sini kamu bisa merasakan pengalaman menginap di tengah keheningan hutan. Letaknya tepat di kaki Gunung Arjuna.

Terdapat lima rumah dan satu aula yang disewakan. Jungle camp cocok bagi kamu yang berwisata bersama rombongan besar. Apalagi buat kamu yang berminat menggelar gathering atau outbonf bersama.

3. Kaliandra Resort

Kaliandra Resort
https://www.instagram.com/anarukmana_arrazq/

Hanya berjarak 1,8 km kamu akan menemukan hotel mewah di dekat Taman Safari Prigen. Kaliandra Resort bisa jadi salah satu pilihan untuk menginap.

Hotel ini menyediakan dua layanan untuk menginap. Pertama untuk perorangan atau pasangan. Ada lima tipe kamar yang bisa kamu pilih sesuai dengan keinginan kamu. Kedua adalah akomodasi untuk rombongan atau grup.

4. Taman Dayu Golf Club & Resort

fasilitas Taman Dayu Golf Club & Resort
https://www.instagram.com/tamandayugolfresort/

Taman Dayu Golf Club & Resort memang agak sedikit jauh dari Taman Safari Prigen. Jaraknya bisa ditempuh sekitar 22 menit dengan menggunakan mobil. Tapi kamu tidak akan menyesal menginap di sini.

Tidak hanya hotel, Taman Dayu Golf & Resort juga menyediakan sarana rekreasi dan liburan. Jadi kamu akan mendapatkan paket lengkap di sini.

Akomodasi hotel yang disediakan pun beragam. The Villas yang memberikan kamu layanan menginap di vila pribadi. Vila pun terdiri dari berbagai jumlah kamar yang cocok untuk kamu sekeluarga.

Taman Dayu juga menyediakan dua Bungalow yang memiliki satu kamar tidur. Atau kamu juga bisa memilih menginap di hotel dengan tiga pilihan tipe kamar.

5. INNA Tretes Hotel

INNA Tretes Hotel
https://www.instagram.com/innatreteshotel/

Jika ingin beristirahat di tempat yang lebih sejuk sambil menikmati pemandangan di sekitar Gunung Arjuna dan Gunung Welirang, kamu bisa menginap di INNA Tretes Hotel. Hotel bergaya Jepang ini akan memberikan kesan menenangkan sebagai tempat beristirahat.

Fasilitas dan desain hotelnya membuat liburan kamu makin sempurna. Terdapat empat tipe kamar yang disediakan INNA Tretes Hotel. Keempat tipe memiliki desain dan fasilitas kamar yang berbeda-beda.

Harga setiap kamar pun beragam. Mulai dari Rp440.000 untuk Standart Room dan Rp790.000 untuk kamar Deluxe.

Lihat Review: Pantai Soge Pacitan View Menarik dan Rute yang Mudah

Wisata Dekat Taman Safari Prigen

Daerah Prigen dan Pasuruan punya banyak objek wisata. Jadi jangan hanya berkunjung ke Taman Safari Prigen. Kunjungi juga beberapa tempat wisata ini.

1. House of Kaliandra

House of Kaliandra

Selain Resort Kaliandra, House of Kaliandra juga menyediakan sarana dan wahan rekreasi. Jadi kamu bisa berkunjung lebih lama di sini.

Kamu bisa mencoba melakukan petualangan seperti paintball, jeep off road, dan flying fox. Tempat wisata ini juga menyediakan aktifitas bersama untuk wisawatan yang datang bersama teman atau keluarga. Misalnya membuat boneka dari jerami, belajat bermain gamelan, dan membuat batik.

2. Taman Dayu Golf Club & Resort

Taman Dayu Golf Club & Resort
https://www.instagram.com/tamandayugolfresort/

Buat para penggemar olahraga golf, kamu bisa mencoba bermain golf di sini. Tempat ini bisa dibilang cukup legendaris karena sudah dibuka sejak tahun 1995.

Kamu bisa bermain golf di area seluas 600 hektar. Taman Dayu Golf Club & Resort juga menyediakan layanan buat kamu yang ingin belajar bermain golf.

3. Pintu Langit

Pintu Langit
https://www.instagram.com/amazing_pasuruan/

Tempat wisata ini disebut Pintu Langit dikarenakan ada di ketinggian. Lebih tepatnya berada di antara Gunung Arjuno, Welirang, dan Gunung Penanggungan. Luas tempat wisata ini mencapai 8 hektar.

Di sini kamu akan menemui tanaman pinus yang menjulang, kopi berbuah ranum, aneka tanaman pisang, dan budidaya tanaman hidroponik. Tidak hanya siang, pemandangan malam hari di sini juga sangat disayangkan untuk dilewatkan.

4. Saygon Waterpark

Saygon Waterpark
https://www.instagram.com/amazing_pasuruan/

Saygon Park tempat bermain dan berlibur keluarga yang menyenangkan di Pasuruan. Terdapat beragam ukuran kolam renang dan wahana air yang bisa kamu jelajahi di sini.

Tempat wisata yang satu ini punya fasilitas yang cukup lengkap. Selain itu, pihak pengelola juga menyediakan penginapan yang bisa kamu coba.

5. Kebun Pak Budi

Kebun Pak Budi
https://www.instagram.com/ikipandaan/

Tempat wisata ini cocok untuk kamu yang ingin mengajak anak-anak bermain sambil belajar. Di sini kamu akan diajak untuk lebih mengenal dan mempelajari segala hal soal peternakan dan perkebunan.

Nama tempat wisata ini diambil dari nama sang pemilik yaitu Budi Sugiharto. Selain belajar, kamu juga bisa mengajak si kecil memancing, outbond, atau bermain futsal.

Tips Liburan ke Taman Safari Prigen

Sebelum kamu memutuskan berkunjung ke Taman Safari Prigen, kamu bisa ikuti tips berikut ini:

  • Sebaiknya kamu berangkat sejak pagi, supaya kamu bisa puas menikmati semua wahana di sini.
  • Jangan lupa bawa kamera untuk mengabadikan setiap momen.
  • Dan jangan lupa sediakan power bank.
  • Kamu bisa membeli sayur untuk beberapa satwa yang menghampirimu di Safari Adventure nanti.

Baca Juga: 8 Destinasi Kenjeran Park Surabaya (Wisata Populer Tahun 2020)

Taman Safari Prigen jadi tempat wisata yang wajib kamu kunjungi di Pasuruan. Selain berinteraksi dengan beragam satwa, kamu akan puas mencoba berbagai wahana menyenangkan. Mulai dari safari adventure hingga mengenal aquatic land.

Teluk Kiluan

Jessica Susanti
8 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *