Taman Ujung

4 min read

Taman Ujung di Bali Sangat Menakjubkan

Taman Ujung yang berlokasi di Bali ini memiliki beberapa nama lain seperti Taman Sukasada, Water Plaace, dan Taman Tirta Gangga. Namanya juga sama dengan beberapa wisata di Nusantara seperti wisata di Ujung Kulon Banten.

Wisata satu ini merupakan wisata sejarah dengan bangunan yang unik. Sering dipakai sebagai spot foto.
Berikut adalah beberapa informasi seputar harga tiket masuk, jam operasional, jalan ke Taman Sukasada, hingga daya tarik objek wisata Taman Sukasada.

Lokasi

Wisata ini beralamat di Taman Ujung, Tumbu, Karangasem, Bali, 80811. Tempatnya memang kurang strategis karena berada di pinggiran pulau Bali dan berbatasan dengan laut Bali.

Walau begitu, bukan berarti tempat ini sepi pengunjung. Wisata yang disebut Water Palace ini bangunannya tidak datar. Tempat tertingginya berada di ketinggian 108 anak tangga.

Jalan ke Taman Ujung

Rute jalan ke wisata ini hanya bisa dilalui oleh kendaraan pribadi. Hal tersebut dikarenakan tranportasi umum di sekitar daerah wisata masih sulit untuk ditemukan.

Jika kamu tidak mempunyai kendaraan pribadi, kamu bisa menyewanya selama di Bali. Banyak jasa sewa yang tersedia, kamu bisa mencarinya di internet. Kemudian, saat mengemudi kamu hanya perlu mengikuti arahan gps, google maps, atau waze.

Tiket Masuk

Wisata ini memiliki harga yang berbeda anatara masyarakat lokal dengan masyarakat luar. Harga tiket masuk untuk warga lokal adalah Rp 15.000 sedangkan harga tiket masuk untuk warga negara asing Rp 50.000.
Selain itu, kamu juga harus bayar biaya parkir. Harga parkir untuk motor Rp 2.000 sedangkan untuk mobil Rp 5.000.

Karena tempat ini sering dipakai untuk foto prewedding maka ada biaya khusus. Jika membawa kamera DSLR maka dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 50.000. Biaya untuk shooting foto Rp 1.000.000.

Jam Buka

Jam operasional yang diterapkan wisata ini mirip dengan wisata lainnya yaitu buka setiap hari. Kamu bisa mendatanginya dari jam 7 pagi hingga 7 malam. Artinya, tempat ini hanya buka selama 12 jam.

Untuk mengikuti aturan pemerintah dalam rangka memutus rantai penyebaran COVID19 maka tempat ini tutup sementara waktu. Banyak selembaran yang tertempel di dinding area wisata menginformasikan bahwa waktu buka belum bisa diinformasikan.

Fasilitas

Fasilitas yang disediakan wisata ini cukup lengkap. Terdapat lahan parkir yang begitu luas. Kemudian ada kamar mandi yang tersebar di beberapa titik.

Beberapa rumah makan juga terlihat di lokasi wisata, jadi kamu tidak perlu khawatir dalam hal mengisi perut. Tak kalah penting yaitu terdapat resort seperti Villa Warak.

Daya Tarik Objek Wisata

Salah satu alasan yang membuat pengunjung mendatangi tempat ini adalah karena pengaruh daya tarik objek wisata tersebut. Berikut adalah beberapa daya tarik yang dimiliki oleh Taman Sukasada.

1. Kolam

Kolam di Taman ini Seperti di Atlantis

Jumlah kolam di tempat wisata ini ada 3. Ukurannya memang besar – besar. Terletak di satu tempat hanya saja terpisah – pisah.

Satu kolam berada di sebelah selatan sedangkan duanya terletak di bagian utara. Luas kolam bagian utara lebih besar dibandingkan kolam di bagian selatan.

Diantara kolam – kolam tersebut terdapat bangunan yang digunakan sebagai tempat peristirahatan Raja Karangasem.

2. Puing Bangunan Pilar

Bangunan pilar ini memang sudah tidak awet lagi karena terkikis waktu. Pemerintahpun tidak bisa merenovasinya karena bisa mengurangi nilai sejarah.

Puing – puing dari bangunan pilar bisa terlihat tergeletak di beberapa tempat. Tapi keberadaannya tidak mengganggu sama sekali bahkan menjadi daya tarik tersendiri. Puing – puing tersebut dipakai sebagai spot foto karena terlihat keren sekali.

Simak Juga: Tirta Empul, Pura Air Suci (Menjadi Sakral Sekejap)

3. Bangunan Tanpa Atap

Bangunan yang tersisa di wisata sejarah ini umumnya memang sudah tak beratap lagi. Tapi, ada beberapa yang memiliki tangga sehingga kamu bisa ke atasnya.

Puing atap bangunan yang rusak awalnya dibiarkan begitu saja tetapi pada tahun 2000 atas usulan puri Karangasem dilakukan beberapa renovasi. Banyak yang menjadikan bangunan tanpa atap ini sebagai latar foto prewedding.

Untuk naik ke atas, kamu bisa melalui tangga di sebelah barat. Setelah sampai maka kamu bisa melihat pemandangan yang indah.

4. Arsitektur Mewah

Arsitektur dari wisata ini sangat mewah karena bangunan ini dulunya milik Kerajaan Karangasem. Desain yang digunakan merupakan campuran antara Arsitektur Eropa dan Bali.

Desain Eropa terlihat dari kaca yang berwarna – warni mirip gereja di Eropa. Di tengah peristirahatan raja terdapat kolam dengan bunga teratai.

Tapi, bangunan ini tampak beda dari aslinya karena tergerus waktu. Walau begitu kesan mewahnya masih bisa terasa.

5. Struktur Taman

Luas tempat ini sekitar 9,5 hektar. Struktur tamannya begitu unik yaitu hampir semuanya dikelilingi oleh kolam.
Selain kolam ada juga Pura Manikan, Gapura di pintu masuk, Gapura II Candi Bentar, dan Gapura III. Ada juga Bale Kapal di barat atas, Bale Lunjuk, Bale Warak, dan Bale Gili.

Pada beberapa struktur taman juga dikenal memiliki kekuatan magis yang dulunya dipakai untuk mengeksekusi narapidana.

Kunjungi Juga: Waterbom Bali, Wahana Air Terbesar di Asia

Hotel Dekat Taman Ujung

Hotel atau resort menjadi tempat penting saat pergi liburan. Kamu akan butuh tempat ini sebagai tempat istirahat. Berikut adalah beberapa hotel dekat Taman Sukasada.

1. Seraya Shores Resort Bali

Penginapan ini terletak di BR. Dinas Merajan, Seraya Barat, Karangasem, Bali, 80811. Harga untuk satu malamnya Rp 625.500. Fasilitas yang di dapat berupa wifi gratis, layanan binatu, restoran, dan cocok untuk anak – anak.

2. Villa Campuhan

Villa Campuhan berlokasi di Jalan Pura Mashina, Karangasem, Bali, 80811. Harga yang ditawarkan adalah Rp 4.997.200. Fasilitas yang akan kamu dapat berupa kolam renang, parkir gratis, wifi gratis, dan layanan binatu.

3. Aashaya Jasri Resort

Resort ini terletak di Jalan Pantai Asri, Amlapura, Subagan, Karangasem, Bali, 80813. Harga menginap di tempat ini sekitar Rp789.125. Kamu bisa menikmati fasilitas wifi gratis, parkir gratis, sarapan gratis, dan kolam renang luar.

Rekomendasi Untukmu: 25 Tempat Wisata di Bali yang Rekommended Buat Liburan

Wisata Dekat Taman Ujung

Kamu bisa mengunjungi tempat wisata populer lainnya di sekitar Tirta Gangga. Ada wisata sejarah hingga wisata air. Berikut adalah beberapa daftar tempat wisata dekat Tirta Gangga.

1. Pancoran Penglukatan Sapta Gangga

Wisata ini merupakan tempat wisata yang bisa dijadikan tempat pengobatan. Warga sekitar percaya jika melakukan penglukatan maka jiwanya akan bersih. Itulah yang dipercaya oleh masyarakat Hindu.

Tempatnya berada di desa Sangketan, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tambanan, Bali. Dari Denpasar hanya berjarak 42 km.

2. Bukit Asah Bug Bug

Tempat wisata dekat Tirta Gangga selanjutnya adalah Bukit Asah Bug Bug. Wisata ini merupakan wisata baru di Bali jadi sedang populer – populernya di kalangan masyarakat.

Kamu akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang luar biasa. Pemandangan berupa rumput hijau juga pemandangan laut bisa menenangkan pikiranmu. Selain itu, kamu juga bisa melihat sunset dan sunrise.

3. Tirta Ujung Water Spring

Selanjutnya ada wisata air yang beralamat di Jalan Karangasem – Seraya, Kecamatan Karangasem, Kabupaten Karangasem, Bali 80811. Tempat ini bisa kamu kunjungi setiap hari dari pukul setengah 8 pagi hingga setengah 6 sore.

Tips Berkunjung

Ketika berkunjung ke tempat ini, kamu harus bersiap – bersiap. Berikut adalah beberapa tips yang harus kamu perhatikan saat bersiap dan berwisata ke tempat ini.

1. Pastikan Baterai Full

Tujuan mayoritas pengunjung mendatangi tempat ini adalah untuk berfoto. Jadi, kamu harus pastikan baterai ponsel atau kameramu harus penuh. Jika tidak, kamu perlu membawa powerbank untuk ponselmu.

2. Jagalah Kebersihan

Saat berkeliling menjelajahi bangunan pada wisata ini, kamu harus menjaga kebersihan. Kamu memang tidak diperbolehkan makan di tapi terkadang ada yang membuang tisu sembarang. Hal tersebut jangan ditiru karena akan merusak bangunan sejarah ini.

3. Bawalah Cukup Uang

Bali memiliki beberapa wisata terkenal. Jadi, untuk berjaga – jaga ketika kamu ingin mengunjungi wisata lainnya dan menginap di hotel maka harus membawa uang lebih. Apalagi untuk kamu yang dari luar Bali jangan menyia – nyiakan kesempatan liburan ini.

Baca Juga: Secret Garden Bali, Daya Tarik Wisata Edukasi dan Keunikannya

Taman Ujung masih populer di kalangan masyarakat meskipun jalan ke wisata tersebut cukup sulit dilalui transportasi umum. Harga tiket masuk yang terjangkau dan arsitektur bangunan yang unik membuatnya sering dipakai untuk tempat shooting prewedding. Tunggu apalagi, ayo segera rencanakan liburan kesini!

0

Tempat Wisata Di China

Putri
7 min read

Little Venice

Zuhrufi
7 min read

Tempat Wisata Tuban

Putri
6 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *