Taman Wisata Matahari

6 min read

wisata taman matahari

Taman Wisata Matahari merupakan jawaban dari kebutuhan rekreasi bersama dengan keluarga. Disinilah tempatnya sebagai wahana permainan untuk berkumpul dan bersenang-senang bersama orang terdekat.

Taman Wisata Matahari memiliki banyak wahana yang sangat cocok untuk keluarga dan anak-anak. Terdapat berbagai macam kegiatan yang dapat dilakukan mulai dari yang berorientasi pada kegembiraan sampai dengan yang berorientasi pada edukasi.

Wahana permainan yang ada di Taman Wisata Matahari Bogor tidak hanya didesain untuk orang dewasa saja melainkan juga untuk segala usia, sehingga tempat ini bisa dikatakan sebagai wahana keluarga. Beberapa wahana diantaranya adalah wisata air, petualangan dan edukasi.

Kamu pasti penasaran apa saja fasilitas permainan di dalam sana. Percaya deh jika kamu datang ke Taman Wisata Matahari Bogor, Jawa Barat kamu tidak akan bosan. Karena banyak wahana permainan yang dapat menghibur kita bersama keluarga. Mari kita bahas satu persatu ya!

1. Matahari Waterpark

 taman wisata taman matahariBagi kamu para pecinta air atau yang sedang mengajak anak-anak liburan, di sinilah terdapat wahana yang cocok untuk kamu coba yaitu Waterpark. Terdapat banyak atraksi yang bisa di coba, mulai dari Twin Race Slide, Wave Pool, Kids Pool, Spa Pool, Spiral Slide dan juga Tot’s Pool.

2. Citra Playland

 gambar taman wisata matahariCitra Playland ini berada di Taman Wisata Matahari Bogor, Jawa Barat. Wahana yang memiliki berbagai macam permainan seru di dalamnya. Mulai dari permainan Zona Alibaba, Gajah Terbang, Pol Bus, Kereta dan Boat. Harga wahana ini cukup dengan 10 ribu rupiah saja di setiap zonanya dan tentunya dapat kalian nikmati sepuasnya.

3. Flying Fox

 wisata bogor taman matahariUntuk kamu yang seka dengan tantangan wajib mencoba permainan yang satu ini, yaitu permainan Flying Fox. Dengan wahana ini tentunya kamu akan merasakan sensasi meluncur dari atas ketinggian menara menggunakan sling baja.

Jangan khawatir untuk kamu yang memiliki berat badan lebih, karena permainan ini dapat menahan berat badan hingga mencapai 10 ton. Jadi yang belum merasakan keseruan Flying Fox sebaiknya coba dulu deh!

4. Rumah Hantu

 wisata taman matahari puncak bogorKamu penyuka film horor? Maka disinilah tempatnya seru-seruan yang cocok untuk kamu sekaligus dengan uji nyali. Karena wahana ini di desain semirip mungkin agar kalian dapat merasakan sensasi keseruan yang sesungguhnya.

Di dalam sana juga terdapat salah satu tokoh hantu yang mungkin belum ada di dalam film horor sebelumnya. Hantu kuntilanak merah siap menyambutmu di rumah hantu Taman Wisata Matahari. Bagi pengunjung yang memiliki penyakit jantung, asma, epilepsi dilarang memasuki wahana.

Simak Review: Dusun Bambu Lembang Bandung, Harga Tiket Masuk 2020

5. Taman Satwa

tempat wisata taman matahariZona Taman Satwa merupakan area edukasi bagi anak-anak. Disana kalian dapat mengenalkan berbagai macam satwa kepada anak-anak. Tempat ini sudah di bentuk mirip dengan kebun binatang pada umumnya. Terdapat berbagai macam satwa yang dapat kamu lihat disana. Tentunya anak-anak past suka ya!

6. Agro Sayur dan Agro Sawah

 taman wisata matahari waterparkSatu lagi zona edukasi yang wajib di coba. Didalam wahana Taman Wisata Matahari terdapat sarana untuk belajar anak-anak karena di wahana Agro Sawah akan diajarkan bagaimana cara bertani dan bercocok tanam.

Banyak kegiatan yang dapat dilakukan mulai dari cara menanam, sampai dengan cara memanen. Selain itu juga kamu dapat mengenalkan kepada anak-anak berbagai macam sayuran sehat dan tanaman serta cara bagaimana menanamnya.

7. Arung Jeram

 wisata taman matahari puncak bogorNah, bagi kalian yang suka tantangan dengan petualangan dan menguji adrenalin, maka ada wahana pilihan yang harus kamu coba di Taman Wisata Matahari yaitu Arung Jeram, dengan perahu karet mengelilingi sungai Ciliwung sejauh 4 KM.

Jika kamu datang kesini cukup merogoh kocek sebesar 25 ribu rupiah, kamu dapat sepuasnya menikmati sensasi Arung Jeram di sungai Cliwung. Wahana ini pun juga menyediakan peralatan lengkap serta didampingi oleh tenaga ahlinya. Jadi kamu tidak perlu takut mencobanya!

8. Water Ball

 wisata bogor taman matahariBagi kalian yang tidak suka berbasah-basahan namun ingin bermain air , sebaiknya kamu coba yang satu ini. Wahana permainan ini cukup menarik dan unik karena kamu dapat mencoba berjalan di atas air tanpa harus menyentuh airnya.

Loh kok bisa? Jadi kamu akan masuk kedalam bola yang besar bersama 3 orang temanmu dan dapat berjalan diatas air dengan cara menggelindingkan bolanya diatas permukan air. Perlu keseimbangan dan juga kekompakan tim agar supaya bola dapat di jalankan.

Kunjungi Juga: 10 Wahana Floating Market Lembang

9. Dino Park

 taman wisata matahari puncak bogorKamu tidak perlu jauh-jauh pergi keluar negeri untuk melihat Dino Park, karena di sini terdapat wahana permainan sekaligus belajar khususnya untuk anak-anak melihat hewan peninggalan purba seperti dinosaurus. Tentunya anak-anak akan sangat tertarik jika liburan akhir pekan diajak ke Taman Wisata Matahari ini.

Berbagai macam zona permainan di dalamnya sehingga anak-anak akan semakin betah berada disini. Belum lagi dengan warna-warna zona dan ruangan yang berwarna-warni akan menambah kegembiraan.

10. Paddle Boat dan Sepeda Air

taman wisata matahari puncakJika kita bisanya bermainan sepeda diatas daratan maka disana kita akan merasakan sensasi seru dalam bermain sepeda. Paddle Boat dan Sepeda Air akan mengajakmu merasakan sensasi yang berbeda dengan bersepeda di atas air. Bukan hanya bersepeda saja, melainkan dapat mencoba berbagai permaianan seperti perahu naga, waterplay dan bumper boat.

11. Perahu Karet dan Perahu Motor

 foto taman wisata matahari bogorJika kamu ingin mengelilingi danau sambil duduk manis bersantai menikmati ppemandangan sekitar danau, tidak ada salahnya kamu mencoba yang satu ini. Dengan kapasitas 10 orang perahu tersebut akan membawamu berkeliling danau sembari merasakan suasana kesejukan.

Lokasi Taman Matahari

Lokasi Taman Wisata Matahari ini berada di di Jalan Raya Puncak KM. 77, daerah Cilember, Bogor, Cisarua, Jawa Barat. Kamu akan sangat mudah menemukan lokasinya karena wisata ini berada di pinggir jalan dan tidak terlalu jauh dengan Taman Safari.

Rute dan Cara Menuju

Mengingat lokasi wisata yang berada di sekitaran jalan raya cisarua, maka sarana transportasi jalan menuju lokasi sangatlah mudah. Ada beberapa pilihan rute transportasi yang dapat dipilih untuk sampai di lokasi Taman Wisata Matahari.

  • Dari Arah Jalan Mayjend Sutoyo

Dari arah sini kamu dapat langsung saja tembus ke Tol Jagorawi sampai keluar melalui Tol Gadok Puncak. Setelah itu langsung ambil arah menuju Jalan Raya Cisarua dan menuju ke arah lokasi Taman Wisata Matahari.

  • Dari Arah Bandung

Jika kamu berangkat dari arah Bandung maka dapat langsung melalui Gerbang Tol Pasteur. Setelah itu akan melewati Purbaleunyi. Kemudian jika sudah sampai di Padalarang lanjut saja ke arah Ciputat hingga sampai di lokasi.

  • Memakai Kereta

Setibanya di stasiun kamu dapat melanjutkan perjalanan dengan manaiki bus ke arah Terminal Baranang Siang. Setibanya disana akan menjumpai angkutan L300 yang akan mengantarkanmu sampai ke puncak.

Jam Buka

Jam buka pada hari biasa Taman Wisata Matahari Bogor dibuka mulai dari jam 08.00 pagi sampai jam 16.00 sore. Tapi untuk hari libur atau akhir pekan buka diperpanjang sampai dengan jam 5 sore.

Baca Juga: Trans Studio Bandung, 23 Wahana Menarik & Harga Tiket Masuk Terbaru 2019

Tiket Masuk

 harga tiket masuk taman wisata matahari puncakTiket masuk ke lokasi wisata ini dikenakan biaya Rp. 50.000 pada hari biasa. Sedangkan pada waktu liburan atau akhir pekan tiket masuk berubah menjadi Rp. 60.000 per orangnya. Harga wahana yang dibayarkan kamu sudah dapat menikmati berbagai wahana di tempat ini.

Fasilitas permainan yang kamu dapat yaitu gratis menggunakan fasilitas mobil wara wiri, kereta klasik, perahu karet, perahu naga dayung, dan mendapat diskon 50% masuk ke lokasi funtasy land water.

Namun untuk biaya tiket masuk tersebut tidak dapat menggunakan fasilitas yang lainnya, melainkan hanya wahana yang disebutkan diatas tadi. Karena masing-masing wahana memiliki harga tiket masuk yang berbeda.

Fasilitas Taman Matahari

 foto wisata taman matahariFasilitas yang disediakan di Taman Matahari Bogor, Jawa Barat ini ada dua macam golongan yaitu fasilitas yang berbayar dan fasilitas umum. Fasilitas mum adalah fasilitas yang biasa digunakan oleh pengunjung tanpa biaya. Fasilitas iini terdiri dari ATM, toilet da mushola.

ATM ini berada di satu titik tepatnya di front office dari taman wisata. Sedangkan untuk mushola berada di samping terminal mobil Safari Balitna. Toiletnya juga cukup menyebar yaitu berada di sekeliling area Taman Matahari Bogor, Jawa Barat.

Fasilitas yang berbayar di Taman Matahari Bogor, Jawa Barat menyediakan berbagai macam yaitu diantaranya lapangan yang dilengkapi dengan panggung pertunjukan untuk acara perusahaan sampai dengan aula dan tempat penginapan.

  • Lapangan

 gambar taman wisata matahariLapangan ini memiliki 3 tempat yaitu Lapangan Ciliwung, Lapangan Durian dan Lapangan Manggis.

Lapangan Ciliwung, merupakan lapangan yang memiliki kapasitas besar dan sangat cocok sekali untuk dijadikan tempat gathring perusahaan, organisasi ataupun event tertentu yang membutuhkan lahan luas. Kapasitas lapangan memuat 3000 orang dengan harga tiket masuk Rp, 3.000.000,-

Lapangan Durian, merupakan lapangan yang lokasinya berada di dekat Patung Naga sehingga jarak lokasi tidak terlalu jauh dari pintu masuk. Sehingga lebih udah untuk dijangkau. Kapasitas lapangan ini memuat 1000 orang dengan tiket masuk Rp, 3.000.000,-

Lapangan Manggis, berlokasi di dekat pulau seribu. Selain dengan lahan yang terbuka juga terdapat lahan berkanopi yang dilengkapi tempat duduk. Kapasitasnya 1000 orang dengan harga tiket masuk Rp, 2.500.000,-

  • Saung

 paket wisata taman matahariSaung agro merupakan fasilitas di Taman Wisata Matahari kawasan wahana agro sawah. dilengkapi dengan pemandangan hijau yang sejuk dan juga aliran air sungai Ciliwung yang bersih tentunya menciptakan nuansa pedesaan. Kapasitas 30 orang dengan harga tiket masuk Rp, 350.000,-

Saung cilember sangat cocok untuk kamu yang ingin bersantai merasakan keindahan alam dan menikmati kesejukan udara pegunungan sambil bersantap makanan bersama keluarga tercinta atau rekan kerja. Kapasitasnya cukup untuk 40 orang dengan harga Rp, 500.000,-.

  • Aula

Pilihan Wisata Keluarga Di BogorTaman wisata disini bangga akan kekayaan aneka budaya di Indonesia dengan hadirnya Aula Padang. Aula Padang cocok untuk beramai-ramai atau rombongan untuk acara arisan, sekolah, perusahaan dan acara lainnya. Kapasitasnya untuk 160 orang (Lt. 1 san Lt.2) per lantai 80 orang. Harga: Rp. 2.000.000.,-

Aula Ciliwung berada di dalam Villa Ciliwung. Bentuk bangunannya berbeda dengan aila-aula lainnya, aula ini sangat cocok untuk acara formal. Sedangan untuk kapasitas aula ini memuat 200 orang dengan harga tiket masuk Rp, 2.500.000,-

Aula Pendopo merupakan aula yang memiliki 3 tingkat dengan kapasitas berbeda disetiap tingkatnya. Salah satunya aula lantai 3 ini dapat digunakan sebagai penginapan berjenis barak. Harganya pun juga berbeda lantai 1 Rp, 1.500.000,- (kapasitas 150 orang), lantai 2 Rp, 1.500.000,- (kapasitas 100 orang), Sywalk Rp, 500.000,- (kapasitas 150 orang).

Hotel Dekat

 taman wisata bunga mataharSehari tidak akan cukup mengelilingi serta menikmati seluruh fasilitas di Taman Wisata Matahari. Jika kamu ingin beristirahat setelah seharian penuh jalan-jalan maka tenang saja disini juga tersedia banyak penginapan dengan pelayanan yang memuaskan.

Berbagai pilihan penginapan diantaranya kamu dapat memilih Rumah Manado, Villa Merah, Villa Bambu sebagai pilihan penginapan. Ada juga Saung Jogjogan, Bambu Kuning, Agro 2 dan Cilimber yang tentunya dapat kamu sewa untuk acara pesta ata acara lain, mulai dari harga 350 ribu sampai 750 ribu rupiah.

Untuk acara gethering suatu perusahaan kamu dapat menyewa lapangan seperti lapangan Manggis, Ciliwung, Central Park dan Durian. Sangat lengkap bukan fasilitas yang ditawarkan? Jadi segera kunjungi Taman Wisata Matahari sekarang juga.

Lihat Juga: 13 Daya Tarik Kebun Raya Bogor (Mistis, Romantis, tapi Edukatif)

Demikian ulasan mengenai informasi Taman Wisata Matahari tentang harga tiket masuk, serta juga penginapan sekitar Taman Matahari. Mungkin akan membantumu menemukan lokasi tempat wisata bersama keluargamu.

Jika kamu hendak berlibur dan belum memiliki tujuan mau kemana, jangan lupakan Taman Wisata Matahari merupakan pilihan tepat bersama keluargamu. Bukan hanya bersenang-senang saja melainkan mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan. Semoga bermanfaat dan selamat berkunjung ya!

Kebun Buah Mangunan

Indah Andini
6 min read

Dusun Bambu

Indah Andini
5 min read

Malioboro Jogja

Fitria
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *