Tebing Keraton

4 min read

tebing keraton bandung

Tebing Keraton terletak di daerah Dago Bandung Jawa Barat, merupakan tempat wisata yang sedang viral atas bantuan media sosial. Jika kalian pengguna instagram, facebook, path, dll maka tentunya akan menemukan info ataupun foto di tempat ini.

Tebing Keraton merupakan sebuah bukit dengan tebing yang terjal dan menghadap langsung ke area Taman Hutan Raya Juanda Bogor.

Inilah daftar fakta unik serta menarik mengenai Tebing Keraton yang jarang diketahui oleh banyak orang. Wajib untuk kalian membaca sebelum datang ke lokasi wisata yang lagi hits ini. Karena memang tebing ini memiliki panorama alam yang sangat eksotis.

Hamparan hutan yang hijau diselimuti oleh kabut dapat di nikamati dari atas tebing. Saking indahnya tebing ini menggeser kepopuleran aneka wisata yang ada di Bandung. Kira-kira apa saja yang ada di Tebing Keraton? Yuk simak ulasan berikut.

1. Melihat Sunrise

tebing keraton bandungBanyak orang yang mengira bahwa bukit ini hanya menyuguhkan perbukitan dan hutan saja. Namun sebenarnya bukit ini memiliki pemandangan matahari yang terbit dari belakang Gunung Guntur. Jika kalian penasaran ingin melihat sunrise sebaiknya datang pagi sebelum pukul 05.30 WIB.

Saat cuaca terlihat cerah kamu akan melihat pancaran sinar matahari dari sela-sela pepohonan hutan. Walaupun bentuk bulat matahari tidak tampak jelas, tapi hasil pancaran fenomena alam ini benar-benar cantik.

2. Menikmati Sunset

tebing keraton bandungTak kalah indah dengan pemandangan sunrise. Pemandangan matahari saat tenggelamnya juga layak untuk kamu saksikan. Berada di atas Tebing Keraton membuat tebing ini sangat cocok untuk melihat pemandangan sunset tanpa ada halangan gedung ataupun pepohonan.

Perpaduan warna orange hingga kemerahan berpadu dengan lebatnya hutan tampak sangat eksotis. Tak salah jika tempat ini di nobatkan sebagai lokasi wisata terindah berada di Bandung Jawa Barat.

Baca Juga: Taman Bunga Nusantara, Tiket Masuk & Review [Lengkap]

3. View Hutan dari Ketinggian

tebing keraton bandungDaya tarik utama dari tebing ini adalah pemandangan hamparan hutan dan perbukitan yang diselimuti sekumpulan kabut terlihat sangat spektakuler. Dari atas tebing ini kamu dapat mengabadikan momen dengan berfoto berlatar belakang hutan tersebut.

Karena melihatnya dari ketinggian, maka pohon-pohon yang berada di bawah yang menjulang tinggi tersebut tampak seperti permadani hijau yang terhampar. Terlihat sangat cantik dan instagramable. Karena banyak foto Tebing Keraton yang berkeliaran di media sosial maka sering dikenal dengan sebutan Tebing Instagram.

4. Jalur Trekking yang Asyik

tebing keraton bandungTebing Keraton terletak di kawasan wisata Taman Hutan Raya Ir. Djuanda. Oleh karena itu udara disini terasa sejuk dan menyegarkan. Tentunya karena banyaknya pohon-pohon hijau serta jauh dari polusi udara. Jalur treknya pun juga mudah di tempuh, nggak terlalu terjal.

Suasana seperti ini sangat enak digunakan untuk trek jalan kaki maupun bersepeda. Agar tidak terlalu lelah kalian juga bisa trekking jalan kaki dari warung bandrek naik keatas, jaraknya sekitar 2 Km. Sepanjang perjalanan kalian dapat menikmati pemandangan hutan.

5. Ada Camping Ground

tebing keraton bandungApakah bisa camping Tebing Keraton? Tentunya sangat bisa. Karena tempat ini sudah di bangun lokasi untuk camping ground di sekitar tebing dengan seluas lapangan bola. Hal ini tentunya menjadi kabar gembira bagi kalian yang ingin menginap untuk menunggu sunrise.

Biasanya para wisatawan menginap di rumah penduduk. Tapi dengan adanya lokasi yang sudah disediakan para wisatawan dapat mendirikan tenda sendiri. Fasilitasnya pun lumayan lengkap, mushola, gazebo burukuran 3×3 meter dan juga toilet.

Biaya sewa camping ground sekitar Rp 40.000 permalam, dengan catatan semua peralatan kalian sendiri yang menyiapkan. Jika semua perlengkapan ingin disiapkan oleh pengelola maka kalian harus membayar Rp 140.000. harga tersebut sudah termasuk retribusi, sarapan, tenda, dan penerangan.

Lihat Juga: Taman Wisata Matahari 2020, Pilihan Wisata Keluarga di Bogor

Jalan Menuju Tebing Keraton

tebing keraton bandungJalan menuju lokasi dapat ditempuh menggunakan kendaraan roda dua. Kamu dapat langsung menuju ke Terminal Dago, kemudian lurus terus menuju ke arah Taman Hutan Raya Ir. Djuanda.

Setelah masuk di gerbang Taman Hutan Raya akan ada belokan pertama ke kanan. Setelah itu kamu ikuti terus belokan-belokan melewati rumah perkampungan sampai menemui warung bandrek (warban).

Warung bandrek ini biasanya digunaka para pecinta sepeda untuk sekedar ngopi beristirahat. Belum selesai, dari warung ini kamu masih harus melanjutkan perjalanan sampai di pos paling atas.

Jika sudah di pos paling atas kamu dapat memakirkan motor yang telah di sediakan, kemudian trekking jalan kaki sekitar 5 menit. Bagi yang membawa mobil biasanya akan di berhentikan oleh beberapa tukang ojek untuk memarkirkan kendaraan sekitar tanjakan.

Jadi terpaksa kalian harus naik ojek dari sekitar warung bandrek menuju lokasi pos paling atas. Sedangkan tarifnya juga cukup mahal sekitar Rp 50.000 walaupun mungkin bisa ditawar sekitar 20-30 ribu. Semoga saja sudah ada perbakan sehingga mobil bisa naik ke atas.

Lokasi Tebing Keraton

tebing keratonPenasaran dan tertarik untuk menikmati pemandangan wisata di daerah dataran tinggi, Lokasi Tebing Keraton Dago ini terletak di kampung Ciharegem Puncak, Desa Ciburial, Dago, Kabupaten Bandung Utara.

Jika kalian datang kesini jalan menuju lokasi aksesnya lumayan sempit, jadi harus sangat hati-hati ketika dalam perjalanan. Sangat disarankan juga kalau berwisata disini sebaiknya pada musim kering, karena akses jalan akan licin ketika musim hujan.

Tiket Masuk

tebing keraton bandungUntuk kalian yang ingin menikmati kecantikan Tebing Keraton, kalian harus membayar tiket masuk sebesar Rp 11.000. sedangkan untuk warga negara asing dikenakan biaya tiket lebih mahal sekitar Rp 76.000 per orang.

Tarif untuk sepeda roda dua yaitu Rp 5000. Sednagkan untuk parkir mobil Rp 10.000. jika kalian akan kesini sebaiknya membawa uang lebih, karena siapa tahu mobil tidak di perbolehkan naik sehingga kamu harus membayar ojek untuk mengantarkan ke atas.

Simak Review: Dusun Bambu Lembang Bandung, Harga Tiket Masuk 2020

Tips Berwisata

tebing keraton bandungSebelum kamu datang ke wisata ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Dengan tips yang telah disarankan sebaiknya kalian perhatikan dengan baik agar perjalananmu dalam berwisata lebih nyaman dan aman. Berikut tipsnya:

  • Gunakan pakaian yang kasual dapat menyerap keringat, dan juga simpel sehingga bebas untuk bergerak. Jangan lupa membawa jaket, karena udara disana cukup dingin lokasinya berada di ketinggian 1200 mdpl.
  • Sebaiknya menggunakan kendaraan roda dua milik pribadi agar lebih praktis.
  • Datanglah pada saat musim kemarau atau cerah. Hindari pada musim hujan karena jalanan sangat licin. Agar dapat menikmati sunrise direkomendasikan datang pada waktu pagi atau sore hari.
  • Jangan lupa membawa kamera terbaik untuk mengabadika setiap moment di atas tebing dengan panorama alam yang sangat menakjubkan.
  • Hindari melompat pagar pembatas tebing, karena sangat berbahaya. Ingatlah akan keselamatan adalah yang utama. Jika ingin selfie di dalam area saja sudah bagus kok, jadi tidak usah memaksakan diri melewati pagar pembatas.
  • Membawa bekal makanan ataupun minuman sesuai keinginan kalian. Walaupun disana ada warung.
  • Cek kondisi kendaraan kalian dan isi bahan bakar secara full. Jangan sampai kendaraan mogok ataupun kehabisan bahan bakar di tengah perjalanan nantinya.
  • Jika kalian berasal dari luar Bandung sebaiknya menginap di hotel sekitar Dago. Agar jarak tempuhnya tidak terlalu jauh.
  • Jika ingin sekalian berolahraga dengan bersepeda maka bisa menjadi pilihan yang tepat. Jangan lupa menjaga keasrian wisata alam ini agar anak cucu kita nantinya masih dapat menikmati.

Kunjungi Juga: 10 Wahana Floating Market Lembang

Sekian informasi lengkap yang dapat disampaikan mengenai wisata Tebing Keraton. Jika kalian kesini di rekomendasikan untuk datang pada waktu pagi hari dengan menikmati sunrise dengan kabut kota Bandung sekaligus sorenya menikmati sunset yang indah.

Yuk, segera masukkan wisata Tebing Keraton kedalam list liburan akhir pekan kalian. Jangan lupa juga ajak keluargamu ataupun teman dekatmu untuk merasakan keindahan alam di sini, sehingga lebih seru liburannya. Semoga bermanfaat.

Taman Bunga Nusantara

Indah Andini
5 min read

Taman Wisata Matahari

Indah Andini
6 min read

Kebun Buah Mangunan

Indah Andini
6 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *