Jessica Susanti Jalan-jalan sambil nyari makan

Telaga Warna Dieng

6 min read

telaga warna dieng

Kabupaten Wonosobo merupakan salah satu provinsi di Jawa Tengah. Wonosobo memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Bagi kamu mungkin lebih familiar dengan objek wisata yang ada di dataran tinggi dieng.

Dataran tinggi dieng memiliki ketinggian sekitar 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di daerah ini pun terbilang sangat dingin, yaitu 6 sampai 20 derajat celcius. Pada tahun 2018 aja terjadi hujan es disini dan juga embun yang turun bisa beku menjadi es.

Dieng juga menawarkan wisata alam yang beranekaragam. Salah satunya adalah Telaga Warna Dieng. Iya, telaga yang bisa berganti warna. Aku akan membahas di artikel ini.

Sejarah Telaga Warna Dieng

Sejarah telaga warna dieng Plateau memiliki cerita legenda asal usul yang dipercayai masyarakat sekitar.

Menceritakan ratu penguasa samudera memiliki seorang putri yang cantik. Kecantikan putri ini sangat terkenal, sehingga menarik perhatian dua pendekar untuk menikahinya.

Ratu bingung dan akhirnya diadakan sayembara membuat telaga. Sayembara dimulai dan telaga menjer cepat selesai dan telaga pengilon terakhir. Pendekar cepat selesai yang menang dan menikahi putri.

Saat ratu berkunjung telaga pendekar yang menang air danau tidak jernih, terkesan dibuat asal-asalan. Berbeda dengan telaga pengilon yang sangat indah.

Ratu dan putri pun mandi di telaga pengilon, baju diletakkan ke pohon. Namun angin menerbangkan baju dan jatuh ke tegala di samping telaga pengilon. Seketika air telaga berubah menjadi berwana warni, hijau keemasan biru dan merah.

Itulah asal mula Telaga Warna Dieng.

Lokasi Telaga Warna Dieng

Objek wisata ini berlokasi di desa Dieng kurang lebih 32 kilometer dari Kabupaten Wonosobo. Lebih tepatnya di Desa Dieng, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Untuk akses ke objek wisata telaga warna ini kamu gausah kuatir karena akses sudah sangat baik. Infrastruktur yang dibuat memudahkan kamu berkunjung kesini.

Cara Menuju Telaga Warna Dieng

Cara menuju lokasi telaga warna ini, kamu diharuskan menggunakan kendaran pribadi. Dibutuhkan estimasi waktu sekitar tiga jam perjalanan dari Yogyakarta atau sekitar 25 kilometer dari Wonosobo.

Aku saranin jika kamu berangkat ke dataran tinggi lebih awal agar sampai dilokasi sebelum siang hari. Karena ketinggiannya dataran tinggi sering diselimuti oleh kabut pada sore harinya. Takutnya kamu tidak biasa dengan lokasi jalan yang berkabut.

Atau kamu bisa milih dari akses rute pusat kota Wonosobo dengan menggunakan kendaraan umum dari terminal wonosobo, dengan jarak sekitar 30 kilometer atau selama 1 jam perjalanan. Dari pusat kota langsung menuju ke arah utara jalur wonosobo – dieng.

Baca Review: Taman Wisata Kopeng yang Keren dan Hits

Tiket Masuk Telaga Warna Dieng

Tiket masuk telaga warna dieng jadi satu dengan tiket masuk telaga pengilon, yaitu htm Rp 13.000 untuk senin sampai jumat dan Rp 17.000 untuk sabtu minggu. Tiket masuk ini sudah termasuk bayar biaya parkir kok.

Harga tiket masuk di atas khusus untuk kamu wisatawan asli, jika untuk wisatawan mancanegara dikenakan biaya sekitar Rp 100.000 di hari senin sampai jumat dan Rp 150.000 untuk sabtu minggu.

Jam Buka Telaga Warna Dieng

Jam buka operasional objek wisata telaga warna dieng buka dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore. Dan jika kamu sampai di sore atau malam hari, kamu bisa menginap di penginapan sekitar lokasi dan berkunjung esok harinya.

Seperti yang aku tulis diatas, kamu harus pagi hari ke lokasi ini karena daerah ini waktu sore sudah diselimuti kabut. Jarak pandang mengemudi yang sangat terbatas banget.

Fasilitas di Telaga Warna Dieng

Pihak pengelola objek wisata ini menyediakan berbagai macam fasilitas agar kamu betah dan menikmati keindahan danau telaga ini. Adapun fasilitas yang tersedia seperti area parkir kendaraan yang luas, langgar atau musola, kamar mandi dan juga toilet, ada juga warung-warung.

Semua fasilitas ini memang dibangun untuk kenyamanan para pengunjung yang datang. Jadi kamu bisa memesan makanan diwarung terus makan dipinggir danau. Sumpah enak banget deh.

Daya Tarik dan Aktivitas seru di Telaga Warna Dieng

Selain hawa dan cuaca yang sejuk karena berada diatas ketinggian 2000 meter, tentu saja pemandangannya pun bisa kamu bayangkan betapa menabjukannya. Danau di atas awan ini memilik daya tarik dan aktivitas seru yang bisa kamu lakukan seperti :

1. Trekking Perjalanan

Trekking Perjalanan
https://www.instagram.com/ramawa2/

Dari area parkiran kamu dapat melakukan perjalanan untuk sampai di telaga warna. Saat kamu berjalan kaki menyusuri jalanan setapak menaiki perbukitan hijau di kelilingi pepohonan hijau yang masih sangat asri.

Aktivitas ini adalah pemandangan pertama kalinya yang akan kamu nikmati sebelum sampai di lokasi telaga warna.

Capek tentu terasa namun kamu disuguhi pemandangan alam yang begitu indah dan rasa capek mu akan terbayar setelah sampai di telaga warna.

Setelah sampai di Telaga Warna kamu akan berdecak kagum deh.

2. Menikmati Sunrise di Telaga Warna

Menikmati Sunrise di Telaga Warna di dieng
https://www.instagram.com/javatravelguide/

Letak lokasi ini diatas atau di ketinggian tentunya bebas untuk mengeksplor, terlebih objek wisata ini dikenal dengan pemandangan sunrise matahari terbit yang sangat menghangatkan badan dan indah tentunya.

Untuk bisa menikmati sunrise ini kamu diharuskan berangkat subuh hari atau bisa menginap di penginapan terdekat, sudah ada penginapan terdekat kok gausah kuatir ya.

Setelah subuh kamu bisa langsung menuju lokasi telaga warna, tak lupa kamu bawa the hangat atau kopi untuk bersantai menikmati keindahan alam di dataran tinggi Jawa Tengah ini. Dijamin bakalan ketagihan deh.

3. Menikmati keindahan Pesona Telaga Warna

Menikmati keindahan Pesona Telaga Warna
https://www.instagram.com/imaskmrh_/

Telaga ini terkenal dengan warnanya yang bisa berubah-ubah dan masih menjadi misteri kenapa hal tersebut bisa terjadi. Walaupun terkesan penuh misteri, namun akan kalah dengan pesona indah telaga warna ini.

Telaga ini memiliki warna dasar hijau, namun warna telaga ini dapat berubah-ubah. Hal ini yang menjadi pesona dan ciri khas tersendiri dari objek wisata yang bisa kamu nikmati di dataran tinggi ini.

Kamu bisa menikmati keindahannya bersama keluarga dan sahabat kamu. Tak lupa ada warung disekitar telaga, kamu bisa memesan pisang goring dan juga kopi. Duduk bersantai ditepian danau. Nikmatilah suguhan pesona alam yang indah ini.

Baca Selengkapnya: 6 Daya Tarik Wisata Rawa Pening yang Wajib Diketahui!

4. Batu Pandang Dieng

keunikan Batu Pandang Dieng
https://www.instagram.com/jordi.na/

Wajib hukumnya kalau kamu sudah menginjakkan kaki kesini dan harus mencoba batu pandang yang menjadi spot popular di lokasi telaga warna. Terletak disebelah dieng plateau theater, spot ini menjadi sangat popular untuk berfoto.

Dinamakan batu pandang karena saat kamu berada diatas batu ini kamu bisa memandang luas, gunung dan perbukitan di telaga warna dan telaga pengilon. Dengan kontras warna kedua telaga yang berbeda menambah kesan tersendiri saat kamu menikmati keindahannya.

Kamu juga bisa berfoto dengan latar belakang kedua telaga yang saling berdekatan ini. selamat mencoba ya dan tentunya kamu harus berhati-hati saat mendaki batu pandang ini ya.

5. Hunting Foto

Hunting Foto
https://www.instagram.com/laykaikaa/

Nih salah satu favorit kalian saat berwisata, foto-foto. Tenang aja di telaga warna banyak kok spot foto yang pas banget buat kamu dan teman-teman.

Ada spot foto jembatan kayu gantung yang bisa kamu temui di lokasi ini, dengan latar belakang dua telaga yang indah. Ada telaga warna dan telaga pengilon yang kontras warnanya jelas sangat terlihat dari jembatan kayu gantung.

Ga perlu takut jatuh, saat naik jembatan kamu dibekali oleh tali pengaman yang dikaitkan ke badan kamu kok. Jadinya safety banget.

Spot foto sunrise matahari terbit di pagi hari dan juga spot foto batu pandang mempesona. Dijamin deh bakalan ketagihan, silahkan coba ya.

6. Dieng Plateau Theater

Dieng Plateau Theater
https://www.instagram.com/bagaskvk_008/

Dieng Plateau Theater merupakan tempat wisata di lokasi telaga warna. Disini ada terdapat rumah yang hampir mirip dengan rumah gadhang.

Disini kamu bisa menikmati pesona alam dari telaga warna dan sekitarnya. Ada sumur-sumur geothermal yang terpampang di dekat kawasan ini dengan asap mengepul membentuk awan-awan putih.

Ada juga ladang para warga ada disini, pemandangan desa masih asri bisa kamu nikmati selama berkunjung ke kawasan ini. Ladang perkebunan dan suasana sejuk di kawasan ini. Cocok untuk istirahat sejenak dari rutinitas sehari-hari ya.

Hotel di dekat Telaga Warna Dieng

Setelah puas menikmati pesona alam telaga warna, tentunya kamu merasa capek dan butuh beristirahat. Ada menyediakan hotel dekat telaga warna untuk pengunjung yang ingin rebahan.

1. Chic Room at Homestay Anemon Syariah

tarif Chic Room at Homestay Anemon Syariah

Penginapan ini deketan dengan objek wisata telaga warna. Beralamat di Jalan Raya Dieng Kulon km 31 Batur, Dieng, Wonosobo Jawa Tengah. Dengan tarif per malam sekitar 180 ribuan, kamu bisa beristrihatan dan menikmati pemandangan pedesaan disini.

2. Nice Room at Homestay Sakura Syariah

Nice Room at Homestay Sakura Syariah

Hotel ini berdekatan dengan telaga warna dan objek wisata lainnya. Berlokasi di Jalan Raya Dieng Gang Harmoni, Dieng Kulon, Dieng, Wonosobo Jawa Tengah. Hotel ini terbilang sangat lengkap seperti halnya hotel lainnya. Dengan biaya sewa kamar per malam sekitar 250 ribuan.

3. Comfort Room at Flamingo Homestay Dieng

Comfort Room at Flamingo Homestay Dieng

Hotel ini berlokasi di Dieng Kulon RT 01 RW 1 Deng, Wonosobo, Jawa Tengah. Hotel ini juga dekat dnegan lokasi wisata telaga warna. Dengan tarif per malam sekitar 250 ribuan dengan fasilitas yang lengkap tentunya.

Baca Rekomendasi: 11 Informasi Penting Tentang Pulau Karimun Jawa

Wisata di Dekat Telaga Warna Dieng

Saat kita menghabiskan waktu untuk berwisata tentunya kurang pas rasanya jika hanya berkunjung ke satu objek wisata aja. Pastinya ingin ke lokasi lain. Tenang aja ada beberapa objek wisata di sekitar atau berdekatan dengan telaga warna ini.

1. Dataran Tinggi Dieng

Dataran Tinggi Dieng
https://www.instagram.com/halodieng/

Dataran tinggi dieng berdekatan dengan telaga warna, hanya dibutuhkan beberapa menit saja kamu mendaki jalan setapak. Dan kamu bisa menikmati pemandangan alam disini. Lengkap dengan gunung, perbukitan hijau dan telaga warna bisa dilihat.

2. Kawah Sikidang

Kawah Sikidang
https://www.instagram.com/nafandahafs/

Kawah sikidang ini lokasi di desa Dieng Kulon, Kecmatan Batur, Wonosobo. Sekitar 1,2 kilometer dari telaga warna. Disini kamu bisa menikmati kawah putih dengan dataran rata disekelilingnya.

3. Candi Arjuna

keistimewaan Candi Arjuna
https://www.instagram.com/nzulaikhaaaa/

Candi arjuna berlokasi di Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Wonosobo. Sekitar 1,4 kilometer dari telaga warna. Di kawasan candi ini kamu bisa menikmati situs bersejarah dan juga pemandangan pegunungan hijau disekitar candi ini.

Tips Berkunjung ke Telaga Warna Dieng

Sebelum berkunjung ke telaga warna, aku pengen kasih beberapa tips untuk kalian ya.

1. Persiapkan pakaian tebal dan hangat karena di kawasan telaga warna ini sangat dingin, suhu terendah mencapai sekitar 6 derajat celcius. Bawalah jaket tebal atau bila perlu sarung tangan, karena kalian tidak akan terbiasa jika berada disuhu segini.

2. Usahakan sampai lokasi objek wisata sebelum sore hari karena pada saat sore jalanan di kawasan ini diselimuti kabut yang tentunya dapat menganggu pandangan. Jarak pandang yang pendek sangat berbahaya jika kalian tidak terbiasa. Stay safe ya.

3. Saat berada di kawasan telaga warna usahakan tetap menjaga sopan santun, perkataan dan tingkah laku kalian ya. Kawasan di telaga warna adalah alam bebas terbuka, jadi kalian harus saling menjaga ya.

Baca Juga: 5 Obyek Wisata Keren di Pantai Bandengan

Telaga Warna berlokasi di Dieng, Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah. Telaga ini berada di ketinggian sekitar 2000 meter diatas permukaan laut dengan suhu terendah 6 derajat.

Daya tarik telaga warna ini sangat popular, air telaga dapat berubah warna dengan sendirinya. Kesan mistis pun menyelimuti telaga ini. Beberapa spot di lokasi objek wisata ini full dengan pemdangan alam yang menyejukkan mata kalian.

0 / 5. Vote count: 0

0
Jessica Susanti
Jessica Susanti Jalan-jalan sambil nyari makan

Pantai Suluban

Jessica Susanti Jessica Susanti
7 min read

Situ Gunung

Jessica Susanti Jessica Susanti
7 min read

Pantai Srau

Jessica Susanti Jessica Susanti
5 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *