Teluk Kiluan

8 min read

teluk kiluan trip

Ingin coba liburan anti mainstream, sambil melihat lumba-lumba menari dilaut lepas? Kalian harus coba berkunjung ke Teluk Kiluan di Tranggamus, Lampung.

Teluk Kiluan terkenal dengan keindahan alamnya nan mempesona hingga view bawah laut yang mengundang hasrat untuk menyelam.

Jumlah ikan yang beragam menjadikan wisata ini sebagai surganya bagi pemancing handal, sampe-sampe diadain lomba memancing setiap tahun dan diikuti seluruh pemancing Indonesia lho.

Selain itu kalian disini juga bisa menikmati indahnya pemandangan sunset dan senja dengan menyewa resort yang telah disediakan disini.

Dianggap sebagai surga yang tersembunyi, wisata ini kian hari kian diminati dan dijadikan primadona wisata untuk liburan.

Deskripsi

Teluk Kiluan adalah objek wisata pantai yang terletak di Kabupaten Tanggamus Lampung.  Kabupaten ini terkenal akan wisata Bahari yang super duper keren abis sob!

Ada dua pantai yang menjadi destinasi, yaitu pantai Pulau Kiluan (Pulau Kelapa) dan pantai teluk.

Lumba-lumba dan keindahan panorama alam teluk ini memang sangat memukau. namun, ada daya tarik lainnya dari teluk ini yaitu sejarah dari teluk ini.

Semakin penasaran? Nah kalian bisa simak informasi seperti sejarah, jalan menuju wisata dan informasi lainnya dibawah ini:

Sejarah

Raden Mas Arya adalah seorang pendatang yang berada di wilayah perdagangan warga desa Bawang. Sebagai seorang pendekar ia sangat sulit dikalahkan oleh lawannya. Saat itu kerajaan Majapahit pada masa keruntuhannya dan Islam mulai menyebar di Indonesia.

Lawannya kala itu pesilat Kotaagung. Karena kesaktiannya Raden mas Arya mendapat ilham bahwa kematiannya semakin dekat, kemudian ia membuat wasiat untuk meminta Kotaagung memakamkannya di sebuah pulau yang ia inginkan jika ia kalah dan terbunuh.

Ternyata benar saja, ia terbunuh dan dimakamkan sesuai dengan permintaan terakhirnya. Nah konon tumpukan batu yang berada ditengah pulau Kiluan ini adalah makam Raden Mas Arya.

Sehingga teluk ini dinamakan Teluk Kiluan, karna kiluan dalam Bahasa Lampung berarti Permintaan. Begitulah sejarah Teluk ini yang kini menjadi destinasi wisata

Lokasi

Wisata ini terletak di Pekon (bahasa Lampung yang berarti desa) Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung.

Wisata ini sangat cocok bagi kalian para petualang, banyak hal menarik yang dapat dikunjungi ditambah topografinya yang berbukit dan lembah sangat menarik untuk dijelajahi tentunya.

Rute Ke Teluk

Jalan menuju teluk ini cukup terjal, beberapa jalan batu dan berlubang sehingga sobat harus berhati-hati jarak tempuh 76,5 km atau membutuhkan waktu 3-4 jam dari Bandar Lampung.

Kalau sobat trip ke wisata ini dari Jakarta, kalian harus menyeberangi Selat Sunda. Alternatif pertama adalah naik kapal laut dari Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni Lampung, lalu ke Terminal Rajabasa (Bandar Lampung).

Dari Termial Rajabasa kalian bisa melanjutkan perjalanan ke wisata ini menggunakan travel atau jasa wisata, nah menariknya disini kalian akan menemui pemandangan memukau seperti pantai, persawahan, perkebunan dan juga pegunungan.

Sedangkan kalau kalian naik pesawat, dari Bandar Soekarno Hatta sobat menuju ke Bandara Raden Intan II. Setelah itu sobat bisa naik travel tujuan ke destinasi wisata ini.

Tiket Masuk

Tiket masuk ke Teluk Kiluan dipatok dengan harga Rp. 5.000 per orang, untuk menaiki perahu menuju teluk kalian perlu merogoh kocek Rp. 25.000 per orang sob. Sedangkan sobat yang membawa kendaraan pribadi dikenakan tariff parkir mobil menginap Rp. 20.000 per mobil.

Untuk melihat lumba-lumba ada tarif tambahan, memyewa kapan menuju destinasi harga satu kapal dipatok seharga Rp 250.000 – Rp 400.000 per kapal. Satu kapal bisa mengangkut 5 sampai 8 orang penumpang.

Kalau kalian datang kesini bersama kerabat atau keluarga kalian bisa coba paket wisata di trip wisata lampung.com ya sob, karena lebih murah dan terjamin sob, mulai dari Rp 200.000 an aja kalian sudah bisa menikmati dolpin tour, laguna gayau, pulau cinta dan spot candi.

Jam Buka

Secara teknis wisata ini dibuka 24 jam. Karena tidak ada pagar atau pembatas area teluk dengan pantai. Tapi demi menjaga keamananan, sebaiknya tidak datang malam hari ya sob.

Kecuali kalian sudah berencana dengan pengelola dan tour wisata setempat, karena disini juga belum ada listrik, jadi agak horror gimana gitu alias gelap.

Ada tips untuk sobat yang berkunjung ke wisata ini, disarankan datang pada musim kemarau ya guys. Mulai dari Mei – Agustus dibulan ini biasanya lumba-lumba akan bermunculan, jadi kalian enggak akan kecewa datang jauh-jauh kesini.

Fasilitas

Jangan kira kalian akan menemukan fasilitas mewah disini ya sob, tidak sama seperti diperkotaan disini serba sederhana bahkan listrik dan air bersih juga masih minim.

Fasilitas di wisata ini ada penginapan sederhana seperti cottage dari kayu dan homestay milik penduduk sekitar yang disewakan. Kisaran tarif menginap per malam mulai dari Rp 150.000 sampai Rp 500.000.

Letak penginapan ini juga berdampingan dengan desa di teluk ini jadi banyak pedagang yang ada disekitarnya, jadi enggak usah khawatir kelaparan ya guys, selain itu makanan disini harganya juga terjangkau kok.

Baca Selengkapnya: 10 Aktivitas Seru di Taman Nasional Way Kambas

Pesona Teluk Kiluan

Pesona teluk ini kian memukau, karena wisata ini memiliki daya tarik tersendiri yang beda dari yang lain, Wah kira-kira apa saja yaa? Simak ulasan dibawah ini ya sob!

1. Pemandangan yang indah dan menakjubkan

teluk kiluan lampung

Kalian bisa explore pemandangan di teluk ini dengan keliling pulau menggunakan perahu katir bersama teman-teman kalian.

Teluk Kiluan memiliki pemandangan yang indah dengan pasir putih yang memukau, gradasi air laut yang berwarna biru dan hijau.

Air yang cukup dangkal nan jernih membuat kalian begitu leluasa memandangi terumbu karang dan ikan hias yang saling melambai seakan memanggil kalian untuk bergabung bersama.

Selain itu sisi pantai yang dipenuhi batu karang besar berwarna kehitaman dengan pohon diatasnya menjadikan area ini sebagai spot foto yang instagramable abis!

2. Primata asli Teluk Kiluan

teluk kiluan tanggamus

Saat sore hari kalian bisa melihat primata berbulu hitam dan suara nyaring sambil bersahutan dipohon pesisir pantai. Siapakah dia?

Ya itu penghuni asli disini guys, kerap kali terlihat meloncat dari pohon satu ke pohon lainnya, Siamang (Symphalangus syndactylus) dan Simpai (Presbythis melapops) serta Kukang (Nycticebus Coucang) ini memang cukup menarik perhatian pengunjung.

Kalau kalian beruntung kalian bisa melihat Penyu Hijau (Chelonia mydas) dan Penyu Sisik (Eetmochelys imbricate) saat mereka menepi ke Pantai. Wah pemandangan yang tak biasa bikin kalian geleng-geleng kepala saking kerennya kan?

3. Spot Foto Candhi

teluk kiluan hotel

Disini sebenarnya masih menjadi misteri, namun menurut sejarah yang ada Candi ini adalah makam Raden Mas Arya. Dibalik kesakralan dan sejarah yang masih menjadi misteri, objek ini sangat seksi bisa pecinta spot fotografi.

Keindahan batu yang mirip candi saling berjejeran dengan alunan ombak yang melambai menggelegar di sekeliling batu ini, membuat spot ini menjadi spot favorit yang wajib untuk dikunjungi dan sangat cantik sebagai view untuk berfoto ria.

Nah Di bagian datar diujung kiri, adalah spot favorinya pemacing. Biasanya digunakan pengunjung sebagai spot memancing karna jumlah ikan yang banyak dan macam-macam jenisnya, kalian harus coba mancing mania disini.

Tapi disini harus hati-hati ya sob, karena batu agak licin dan ombak yang besar bisa membahayakan keselamatan kalian!

4. Melihat Lumba-Lumba

teluk kiluan yang memiliki berjuta daya tarik

Nah ini dia pesona luar biasa yang paling menjadi daya tarik di wisata ini yaitu melihat lumba-lumba. Sobat harus ke Pantai Kiluan dengan menyewa kapal yang sudah tersedia.

Dikenal dengan keramahannya, kalian bisa menyaksikan ratusan lumba-lumba menari dekat dengan perahu, lumba-lumba disini akrab banget sob, jadi jangan khawatir ya!

Kenapa begitu banyak lumba-lumba disini ya?  Teluk ini adalah jalur migrasi dari dua jenis lumba-lumba, yaitu lumba-lumba hidung botol (Tursiops Truncatus) badan lebih besar, berwarna abu-abu dan lumba-lumba paruh panjang (Stenella Longirostris) bertubuh lebih kecil.

Saking kerennya lumba-lumba disini diklaim terbesar di Asia lho, bahkan Dunia. Wah keren banget kan? Jangan lupa abadikan moment saat mereka beratraksi ya sob, buat dipajang di feed Instagram pasti kece badai fotonya!

5. Berenang di Laguna Gayau

teluk kiluan resort

Spot lain yang menarik adalah Laguna dengan nama Laguna Gayau. Laguna Gayau atau kolam renang alami yang terletak di balik bukit teluk ini.

Untuk sampai di spot Laguna Gayau kalian membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit, dengan melewati pemandangan pesisir pantai yang indah, sobat juga diwajibkan membeli tiket yang dipatok dengan harga Rp 5.000 per orang.

Keindahan Laguna Gayau ini terbentuk oleh cekungan di tepi pantai dan dibatasi oleh dinding-dinding batu karang. Wah luar biasa indah pastinya!

Laguna dengan kedalaman sekitar 1 hingga 3 meter ini memiliki keindahan yang mempesona dengan airnya yang sangat jernih dan seger membuat kalian enggak tahan kalau engga nyebur disini, enggak musti berenang berendam saja juga enggak seru kok.

Lihat Review: Pulau Pahawang Lampung, keindahan alam bawah laut yang eksotis

6. Snorkling

teluk kiluan yang memiliki daya tarik wisata

Nah buat kalian pecinta water sport disini kalian bisa coba snorkling, mampir ke sisi pantai sepanjang teluk ini untuk ngintip keindahan bawah lautnya.

Snorkling disini ada 2 spot guys, ada sisi pantai teluk sedangkan 1 spot lagi berada di Pulau Kiluan (Pulau Kelapa).

Sobat bisa ke sisi Pulau Kiluan kalau ombaknya lagi enggak besar, tapi kalau sebaliknya lebih baik ke sisi pantai teluk aja ya biar aman.

Sobat bisa menikmati keindahan coral, terumbu batu karang, ikan hias bahkan bintang laut biru yang masih asli terawat dengan baik disisi lautnya.

Kalau begini, jangan lupa bawa kamera underwater buat motret keindahan dibawah laut teluk ini buat kalian upload di medsos pasti banjir like dan komen deh!

7. Menikmati Matahari Terbenam

teluk kiluan lampung 2019

Kalian akan terpukau dan takjub dengan keindahan senja di Teluk ini. Berduduk dipinggiran pantai sambil menikmati angin yang semilir diiringi dengan suara burung berkicauan.

Menikmati matahari terbenam ini konon katanya akan membuat penikmatnya menjadi candu karna menenangkan jiwa apalagi bagi kalian pasangan pastinya sangat romantis.

Sunset di Teluk Kiluan ini sangat terkenal dikalangan wisatawan local maupun mancanegara, sehingga kalian perlu coba menginap disini guys!

Saking terkenalnya, penginapan disini sering penuh lo guys karna banyak diantara kalian yang tidak ingin melewatkan moment sunset disini, sampe-sampe rumah warga disewa untuk tidur. Bagaimana kalian tertarik?

8. Camping di Pesisir Pantai

teluk kiluan adalah

Nah buat sobat backpacker yang ingin merasakan sensasi berbeda disini, kalian bisa coba kemah di pesisir pantai sob. Kemah disini gratis kok, asal kalian izin sama pengelola yaaak.

Selain karena penginapan penuh, alasan lainnya sobat kemah disini adalah kalian bisa menyatu dengan alam dan semesta.

Memandangi alam setiap detik, menelisik kedalamnya akan membuat sobat lebih menghargainya. Selain itu suasana menginap dengan tenang dan mendengarkan deburan ombak membuat hati gembira.

Tapi yang perlu diperhatikan ketika kalian berkemah dipesisir adalah, air pasang jadi kalian jangan terlalu dekat dengan air dan perkirakan seberapa jauh jika air pasang besar ya sob.

Hotel Dekat Teluk Kiluan

1. Amin Yahuza Homestay, berjarak 0,5 km dari teluk ini dengan fasilitas kipas angin dan kamar mandi dalam, kisaran harga yang dipatok sebesar Rp 150.000 – 200.000 per malam.

2. Pondok Anak Abah berlokasi strategis dan memungkinkan para tamu menikmati pemandangan sunset. Untuk pemesanan kamar, silakan langsung menghubungi Amin di nomor hp 081379087598 kisaran harga Rp 150.000 – 300.000 per malam

3. Kiluan Dolphin. Terletak di Kiluan Negeri, Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Lampung, sebelum reservasi bisa menghubungi nomer 0821-8539-3027. Hotel ini berada dipesisir Teluk dengan pasir putih, dan rumah khas local harga yang dipatok mulai dari Rp 150.000 – 300.000 per malam.

4. Cece Guest House. Sedikit berbeda dibanding penginapan lain, penginapan pinggir pantai namun dilengkapi dengan fasilitas AC. Penginapan ini cocok disewa beramai-ramai karna kamar yang tersedia bisa diisi 4-8 orang, dengan harga sekitar Rp 150.000 – 300.000 per malam.

5. Spark Lite Bandar Lampung. Alamat Jl. Pangeran Antasari No. 15, Bandar Lampung 35122, Indonesia. Berjarak 25 km dari Kiluan, fasilitas lengkap dengan harga mulai dari Rp 160.000 – 600.000 per malam.

6. Inna Eight Lampung. Hotel berbintang 3 ini berada di Bandar Lampung, di Jl. Ikan Hiu No. 1, Teluk Betung Selatan cocok sebagai tempat istirahat sebelum melanjutkan perjalanan. Memiliki fasilitas lengkap yaitu televisi layar datar, akses internet – WiFi, akses internet WiFi (gratis), kamar bebas asap rokok, AC.  Alamat: Bandar Lampung. Harga dipatok mulai Rp 350 ribuan.

Destinasi wisata dekat Teluk Kiluan

1. Laguna Lado

teluk kiluan lampung alamat

Tak jauh dari Laguna Gayau, 3 km dari wisata pantai kelapa kita bisa mengunjungi Laguna dodo. Wisata ini terletak di Dusun Bandung Jaya, Pekon Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus.

Tempatnya yang tersembunyi yaitu terletak paling ujung pantai membuat Laguna ini mempesona. Perpaduan warna hijau dan biru serta kolam renang alami ditepi laut membuat kalian ingin mencoba berenang disini.

2. Gigi Hiu

pantai teluk kiluan adalah

Pantai ini berjarak 12 km dari kiluan, terkenal dengan batu karang yang berbentuk tajam disepanjang pantai seperti deretan gigi hiu. Inilah yang menjadi keunikan pantai ini.

Pantai Gigi Hiu Kelumbayan masih dalam satu Kabupaten dengan kiluan, tepatnya di di Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Lampung, Indonesia.

Tidak sama dengan pantai lainnya, saat kalian berkunjung kesini bukan disambut dengan hamparan pasir landai yang luas, tapi dengan hamparan bebatuan nan artistik disepanjang pesisir.

Kondisi pantai ini mirip dengan tempat latihan pendekar pengendali bumi, yaa Film Animasi Avatar dengan perairan sekitar pantai dipenuhi gugusan bebatuan karang yang menjulang hingga 10 meter.

3. Pulau Tegal Mas

alamat teluk kiluan

Buat sobat yang ingin jauh dari keramaian, hening, Pulau Tegal mas dapat menjadi pilihan destinasi kalian karena lokasinya di pulau terpencil yang dikepung perbukitan.

Air laut dihiasi warna hijau toska yang bening, dengan terumbu karang yang indah plus gelombang laut yang tiada menjadikan pemandangan sunyi yang membuat tenang.

Kerennya adalah di Pulau ini, ada jajaran vila yang dibangun dengan konsep tradisional, beratap jerami dan berdinding kayu. Cocok banget nih kalau kalian pasangan muda honeymoon disini!

Selain itu ada juga wahana lain yang bisa dicoba tak kalah mengasikkan yaitu mengendarai ATV untuk offroad di sekitar pantai.

Baca Rekomendasi: 9 Keindahan Pulau Pisang yang Mempesona dan Menarik di Lampung

4. Pulau Pahawang Besar

artikel teluk kiluan

Ingin melihat ikan nemo seperti di film Animasi Finding Nemo? Nah enggak ada salahnya kalian coba berkunjung ke Pulau Pahawang Besar ini.

Disini sudah komersil, tapi masih campur dengan penduduk sekitar, bahkan ada puskesmas, sekolah jadi kental banget kearifan lokalnya guys.

Jangan khawatir disini juga banyak penginapan yang siap untuk kalian sewa untuk menemui ikan nemo atau ikan badut biasa disebut Clown Fish diluar negeri.

Dengan snorkeling nanti kalian bakal nemuin spot unik yang dikenal dengan taman nemo. Spot-spot snorkeling ini banyak jadi tujuan, karena disini kita bisa dengan mudah melihat ikan nemo di habitat alamnya.

5. Pulau Pahawang Kecil

akses teluk kiluan

Pahawang kecil letaknya tidak jauh dari Pahawang besar. Pulau ini dikelola/dimiliki secara privat oleh warga negara asing yang dikenal penduduk dengan sebutan mr. Joe.

Nah karena private, wisata ini enggak bisa sembarangan kalian kunjungi ya guys. Pulau Pahawang kecil ini ternyata destinasi wisata favorit bagi traveler yang hobi snorkeling.

6. Pulo Cinta

teluk kiluan 2019

Berada di Pulau Dewi Mandapa, desa Gebang Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran lampung. Pulo cinta berdiri di atas tumpukan pasir putih halus, dengan bentuk hati yang menawarkan suasana cinta dalam arti sebenarnya.

Jangan khawatir pulau hanyut yak, Pulau mungil ini berdiri di atas tanah reklamasi, sehingga aman untuk datangi bahkan menginap di resortnya dalam waktu yang lama.

Pulau ini cocok banget buat honeymoon dengan pasangan kalian, kesan romantis akan didapatkan dan semakin lengkap dengan pemandangan sunset yang memukau.

7. Air Terjun Lamuran

teluk kiluan bandar lampung

Selain area lautan, Kabupaten Tranggamus juga kaya akan wisata alam pegunungan salah satunya air terjun lamuran. Air Terjun Lamuran yang terletak di lereng Gunung Tanggamus.

Icon air terjun lamuran sangat khas yaitu keberadaan batu besar di bawah air terjun. Batu inilah yang seringnya digunakan sebagai tempat untuk pose foto.

Baca Juga: 8 Daya Tarik Puncak Lawang (Wisata Alam di Negeri Awan)

Itulah 7 Pesona Teluk Kiluan di Tranggamus yang selalu menarik untuk dikunjungi.

Melihat lumba-lumba, snorking, plus menginap di resort tradisional yang ada di Teluk Kiluan tentu selalu menjadi dayatarik tersendiri bagi wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi kalian sobat traveller untuk mengunjungi wisata ini.

Selamat berlibur, jangan lupa jaga kebersihan alam sekitar ya.

https://www.googleadservices.com/pagead/aclk?sa=L&ai=DChcSEwjW9ZnTyLroAhWIDisKHetxAr8YABAAGgJzZg&ohost=www.google.com&cid=CAESQOD20CGSePKRPeBfTaGgzFiVYt82aTEhI0pAhndVTCoZQ1iFyhS1stgeFhv0GOD0X-_bz_qc2wXlwvcdbxl3LwQ&sig=AOD64_1K0pUQL7LyLVOAepMDRk5S2HXw9A&q=&ved=2ahUKEwi055HTyLroAhVp7nMBHbimC8oQ0Qx6BAgNEAE&adurl=

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *