Tempat Wisata Aceh

11 min read

Tempat Wisata Aceh

Kalian jangan berpikir, setelah Tsunasmi 2004 tempat wisata Aceh lantas terus terpuruk. Justru malah sebaliknya, potensi wisata provinsi ini tumbuh pesat di berbagai bidang. Salah satunya pariwisata. Mulai dari wisata pantai, air terjun, danau, monumen, dan sebagainya.

Daerah yang memiliki otonomi khusus ini, meski dikabarkan menerapkan perda syariah, tak membuat gentar bagi wisatawan untuk mengunjungi berbagai wisata populer yang ada di dalamnya.

Bagian utara, Aceh berbatasan dengan Teluk Benggala, di sebelah barat berbatasan dengan Samudra Hindia, di sebelah tenggara serta selatan berbatasan dengan Sumatra Utara, dan sebelah timur berbatasn dengan Selat Malaka.

Pemandangan dan keunikannya, membuat siapapun terpesona. Penasaran apa aja yang ada di Aceh?

1. Pantai Iboih, Sabang

Tempat Wisata Aceh Pantai Iboih, Sabang
https://www.instagram.com/nurulatiqah.nasarudin/

Kita mulai dari paling ujung, kalian pasti pernah mendengar Sabang bukan? Di Pulau paling ujung Indonesia ini, menyajikan keindahan pantai yang begitu bersih, indah lagi alami.

Sabang sangat terkenal dengan pesona pantainya. Termasuk pantai Iboih, salah satu destinasi wisata populer di Sabang yang banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Tempat wisata Aceh yang satu ini memiliki hamparan pasir putih yang memikat, ditambah air laut yang jernih dengan gradasi kebiruan yang cantik.

Pantai Iboih, juga dikenal sebagai Teupin Layeu, berlokasi di seberang tepi barat Pulau Weh yang legendaris.

Pantai ini terbuka untuk kalian datang atau pergi kapan saja, pasto bakalan melukiskan kenangan yang sulit untuk dilupakan.

Alamatnya di Pantai Iboih (Sabang), Pulau Weh, Provinsi Ace. Untuk harga tiket masuknya gratis, mungkin bayar di beberapa wahana.

2. Pantai Sumur Tiga, Sabang

berenang di Pantai Sumur Tiga, Sabang
https://www.instagram.com/ariyandaghifary/

Pantai Sumur Tiga adalah sebuah pantai dengan pasir putih yang sangat lembut. Pantai ini dinobatkan menjadi pantai dengan garis pantai terpanjang di Sabang. Bukankah hal ini keren?

Pantai ini berjarak sekitar 2 kilometer dari Kota Sabang. Jika kalian berada pada bundaran depan warung kopi The Sago arahkan kendaraan ke kanan. Jika tidak bawa kendaraan pribadi, kalian juga bisa seca tukang becak sembari menikmati jalanan Aceh.

Tekstur pasir yang lembut serta putih berkilauan, menjadikan pinggiran pantai cocok sebagai pilihan yang tepat untuk berjalan santai atau berlari-lari kecil.

Air lautnya juga tenang serta jernih, dijamin bakalan ngebuat kalian puas menyaksikannya. Kalian juga bisa snorkeling ria di Pantai Sumur Tiga ini. Kecenya, kalian tak dipungut biaya untuk masuk ke objek wisata ini.

3. Pantai Lampuuk, Aceh Besar

Pantai Lampuuk, Aceh Besar
https://www.instagram.com/dewisukma_70/

Pantai Lampuuk adalah satu dari berbagai destinasi wisata terkenal di Aceh Besar yang dijamin memiliki keindahan alam yang tak kalah dengan pantai-pantai keren di Indonesia.

Dengan balutan keindahan pasir putih yang bersih dan lembut, serta air laut yang biru kehijauan ditambah ombak besar yang bergulung, benar-benar menciptakan panorama indah yang begitu menakjubkan.

Tempat wisata Aceh ini berlokasi di Desa Meunasah Masjid, Lhoknga Kabupaten Aceh Besar, Aceh berada di jalur Banda Aceh Calang atau Aceh Jaya atau kira-kira 20 kilometer dari kota Banda Aceh.

Untuk menuju ke kawasan wisata ini bisa terbilang cukup sulit. Satu-satunya cara adalah menggunakan kendaraan pribadi, sebab tidak ada angkutan umum menuju pantai ini.

Untuk biaya tiket masuk sangat murah, kalian cukup bayar Rp. 3.000,- aja.

Baca Rekomendasi: 23 Kelezatan Wisata Kuliner Di Medan yang Bikin Ketagihan

4. Pantai Lhoknga, Banda Aceh

Pantai Lhoknga, Banda Aceh yang menarik
https://www.instagram.com/sulthanpribadi/

Pantai Lhoknga adalah wisata populer yang lebih dikenal dengan lapangan Golf, aktivitas Surfing dan memancingnya. Khusus untuk surfing, ombak Pantai Lhoknga yang besar dan garang, tentu sudah terkenal di kalangan komunitas selancar internasional.

Kalian bisa mencoba selancar di laut yang biru jernih dengan ombak setinggi 1,5 sampai 2 meter yang cocok bagi kalian yang suka olahraga adrenalin.

Menariknya, bagi kalian yang baru menjadi pengantin baru dan ingin mencari tempat untuk honeymoon, Pantai Lhoknga bisa menjadi alternatif mencari tempat yang romantis.

Bersantai di pantai ini sambil ditemani angin laut di sore hari dan cahaya langit yang mulai temaram membuat suasana menjadi begitu romantis. Menarik bukan?

Lokasinya tentunya di Pantai Lhoknga, kabupaten Banda Aceh, Provinsi Aceh. Untuk harga tiketnya Rp 13.000,-

5. Pantai Pasir Putih Lhok Mee

 

Pantai Pasir Putih Lhok Mee
https://www.instagram.com/difakrz/

Hamparan pasir putih dan jernih air yang tampak kebiruan dari jauh, pantai ini menjadi terlihat untuk dan bisa jadi salah satu surga dunia di Aceh yang sayang sekali untuk kalian lewatkan.

Pasir putihnya bersih, airnya sangat bening nan sejuk. Panorama hijaunya pepohonan masih akan kalian rasakan dengan sensasi yang begitu mengagumkan. Pasti bakaln menciptakan pengalaman wisata yang begitu baru bagi kalian.

Lokasinya di Gampong Lamreh, Dusun Lhok Mee, Mesjid Raya, berjarak kira-kira 30 kilometer dari Kota Banda

Aceh dengan mengambil jalan jalur Krueng Raya. Lokasinya cukup mudah diakses baik menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat.

Bagi kalian yang tertarik, tiket masuknya terjangkau, hanya Rp 3.000,-

6. Pantai Lhok Bubon

aceh Pantai Lhok Bubon
https://www.instagram.com/robisahertiian/

Pasir putih terpampang disepanjang bibir pantai, bakalan ngebuat kalian semakin betah berlama-lama di tempat wisata itu hingga tak ingat waktu. Rindangnya pepohonan berbagai jenis yang berjajar di sepanjang kawasan pantai itu membuat suasana semakin sejuk.

Riak air laut yang sesekali mendengung di telinga, membuat kedamaian semakin terasa. Belum lagi hamparan laut biru yang ditawarkan semakin membuat wisatawan enggan rasanya meninggalkan pantai itu.

Meski matahari terik bersinar, tidak akan terasa. Sebab semilir angin sepoi yang terus memanjakan kulit-kulit kalian. Kalian juga bakalan disuguhkan sajian wisata kuliner laut (seafood) yang masih segar dan fresh.

Lokasinya di Desa Bubon, 8 km dari Kota Meulaboh. Untuk tiket masuknya hanya Rp 5.000,- aja. Sangat terjangkau bukan?

7. Pantai Lange, Aceh Besar

Pantai Lange, Aceh Besar
https://www.instagram.com/mirzanr/

Pantai Lange populer sebab memiliki pemandangan yang sangat indah. Di sini kalian bisa memanjakan diri sembari bersantai menikmati penorama yang indah dipandang mata.

Menariknya ada dua air mancur menyembur dari balik tebing. Tempat wisata Aceh yang satu ini juga sebagai dikenal Pantai Ie Rah, terletak di Gampong (Desa) Lam Lhom, Aceh Besar.

Keindahannya yang tersembunyi di dalamnya mencerminkan sebuah eksotisme yang tak tersentuh. Tak heran jika banyak wisatawan lokal dan dari mancanegara penasaran ingin menyaksikan pesonanya,

Terlebih lagi ada hiasan sawah dan perbukitan hijau di sepanjang jalan. Beberapa pohon pandan besar mempercantik pemandangan alam di sekitar Pantai Lange.

Garis pantai di bawah, bersih dan murni, menjadi kuning pada sore hari. Untuk biaya masuknya sangat terjangkau, tak sampai Rp 7.000,-

8. Pantai Pusong Sangkalan

Pantai Pusong Sangkalan

Pantai Pusong Sangkalan ini berjarak kira-kira 3 Km dari Kota Blangpidie Ibu Kota Kabupaten Aceh Barat Daya.

Pantai ini berhadapan langsung dengan Samudera Hindia masih sangat asri dan bersih, pasirnya yang bersih dan agak kasar.

Bagi kalian yang pengen berkungjung ke sini, kalian harus memperhatikan etika kalian. sebab masyarakat di sini masih merasa tabu jika melihat budaya berjemur atau berselancar ria.

Kalau hanya menikmati keindahan alamnya sih nggak masalah, hanya saja masyarakat tak mau tempat indah nan menawan ini dijadikan sebagai kawasan wisata seperti di Bali yang sangat bebas dan merusak tatanan budaya setempat.

Untuk tiket masuknya, kalian tak perlu membayar. Namun jika kalian hendak ke sebuah pulau kecil, kalian perlu menyewa perahu motor dengan harga Rp 300.000,-

9. Pantai Kuala Merisi

Pantai Kuala Merisi

Meski langsung berhadapan laut lepas, ombak di pantai ini tidak keras dan relatif tenang. Bahkan kalian dapat berenang di laut tanpa takut terbawa arus. Bisa dikatakan, pantai ini aman.

Kuala merisi adalah pantai terkenal di aceh sebab keindahannya. Pasir pantainya berwarna putih, dan kalian bakalan disuguhkan pemandangan laut yang berwarna biru muda dan terbentang sangat luas.

Laut pantai merisi jauh dari pulau lain sehingga jangkauan mata memandang sangat lebar. Kalian juga dapat menyaksikan sunreise dan sunset dengan bebas. Ke dua moment spesial itu sangat indah.

Pantai ini diberlakukan syariat islam, jadi nggak boleh ada hal-hal yang melanggar syariat islam di sini.

Alamatnyadi Keutapang, Krueng Sabee, Aceh Jaya, Prov. Aceh untuk tiketmsuknya cukup murah, yaitu Rp 5.000 aja.

10. Pulau Weh Sabang

Pulau Weh Sabang
https://www.instagram.com/cutindahsundari/

Ingin menyaksikan indahnya wisata bahari sambil menyelam melihat pemandangan dasar laut. Kalian bisa mendapat pengalaman serta teman yang baru, menikmati indah dan eksonisnya wisata di Pulau Weh.

Berbagai ragamnya pesona wisata yang ada, kalian bakalan lupa masalah dan tak ingat waktu. Merasa selalu betah di sini. Maka dari itu, jika ke Aceh, kalian wajib untuk menjelajahi Pulau Weh ini.

Tempat wisata Aceh ini terletak di Kepulauan Sabang, tepatnya di Laut Andaman, tempat 2 kelompok kepulauan, yaitu Kepulauan Nikobar dan Kepulauan Andaman, tersebar dalam satu garis dari Sumatra sampai lempeng Burma.

Terdapat empat pulau kecil yang mengelilingi Pulau Weh yaitu: Klah, Rubiah, Seulako, dan Rondo. Untuk tiket masuknya sih gratis, mungkin kalian bakalan bayar sewa perahu motor untuk penyebrangan.

Baca Juga: Danau Linting, Tempat Wisata Penuh Pesona di Deli Serdang Medan.

11. Pulau Rubiah, Sabang

Pulau Rubiah, Sabang
https://www.instagram.com/zakyfadhlan/

Pulau ini berlokasi disebelah barat Utara Pulau Sumatera. Pulau Rubiah adalah bagian dari wilayah kota Sabang.

Tepatnya pulau Rubiah ini berada tepat di sebelah barat-laut dari pulau Weh.

Sebab pesona kekayaan bawah lautnya, Taman Laut Rubiah atau Sea Garden of Rubiah ini dijuluki sebagai surganya para penyelam. Banyak Spot Diving yang bisa kalian coba disekitar pulau Rubiah. Tidak hanya Diving saja, disini kalian juga bisa Snorkling.

Di sini juga ada wisata ziarah, yaitu makam seorang perempuan pertama dipulau ini, namanya Rubiah. Dia adalah salah seorang Wanita pertama yang datang ke Pulau Rubiah hingga dia meninggal dipulau ini.

Dulu tempat ini merupakan tempat transit bagi calon jamaah haji. Alamatnya di kota Sabang, provinsi Nanggroe Aceh Darussalam untuk harga tiketnya Rp 25.000,

12. Pulau Rangit, Aceh Singkil

Pulau Rangit, Aceh Singkil yang mempesona
https://www.instagram.com/widyacas/

Pulau Rangit merupakan satu dari banyak pulau di Pulau Banyak yang terletak di Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh. Tepatnya terletak disamping atau diujung Pulau Malel.

Tempat wisata Aceh pulau ini memiliki pantai yang landas dan ditumbuhi pohon kelapa yang padat, sehingga memunculkan daerah khas pantai yang sangat eksotis airnya lautnya.

Juga dihiasi oleh air laut yang sangat jernih dengan pasir putih sehingga seperti kalian bakalan merasa seperti di aquarium Alam yang sangat indah untuk dinikmati.

Apalagi bagi kalian yang ingin berenang disini, tidak ada karang didasar lautnya. Dijamin kalian pasti tidak kuasa menahan jiwa untuk bersenang-senang masuk air laut di pulau Rangit ini.

Untuk tiket masuknya gratis, hanya saja kalian mungkin perlu perahu motor untuk menuju ke lokasi ini.

13. Pulau Banyak, Aceh Singkil

Pulau Banyak, Aceh Singkil
https://www.instagram.com/nabilakhs/

Nama pulau Banyak Aceh Singkil akhir-akhir ini terus populer di dunia tour dan wisata. Tidak sedikit orang yang berdatangan ke spot wisata tersebut, baik dari Medan maupun pulau Jawa guna melihat surga yang berada di ujung Sumatera itu.

Datang kesini kalian bakalan merasakan berkunjung ke pulau pribadi. Kenapa seperti itu? Sebab di dalam pulau ini banyak pulau yang belum ada namanya, Anda bisa kasih nama Anda. Keren banget bukan?

Oh iya, kalian tentu bakalan terhipnotis dengan perpaduan pohon kelapa, pasir putih, desiran ombak dan spot wisata lain.

Di Pulau Banyak ada berbagai hal yang bisa kalian lakukan antara lain, snorkeling, diving, mancing, mandi – mandi pinggir pantai, bakar ikar bersama dan ada juga yang berselancar ditengah gelombang ombak.

14. Air Terjun Blang Kolam

fasilitas Air Terjun Blang Kolam
https://www.instagram.com/boyalfiansaputra/

Air Tejun Blang Kolam bisa dikatakan cukup tinggi. Memiliki ketinggian kira-kira 75 meter. Air terjun yang indah ini, begitu asri dan alami sebab di sekelilingnya di bawah rimbunnya pepohonan dan mempunyai suasana hutan cukup lebat.

Hutan di sisi kanan kiri anak tangga yang menuju Air Terjun ini masih sangat lebat. Kesejukkanya bakalan membuat kalian merasakan kesegaran yang maksimal.

Saat perjalanan, kalian bisa mendengarkan suara cicit burung. Selain itu juga ada monyet yang berseliweran di pepohonan.

Setelah kalian lelah menuruni tangga, akan ada sambutan dari suara deburan air yang jatuh dari atas air terjum, seakan langsung menyembuhkan semua penat di badan.

Alamatnya di Sido Muliyo, Nisam Antara, Aceh Utara, Aceh. Untuk biaya tiket masuknya hanya Rp 10.000,-

15. Air Terjun Suhom

Air Terjun Suhom
https://www.instagram.com/stuartcollin/

Lokasi Air Terjun Suhom ini tersembunyi dibalik pegunungan. Tak heran jika rute menuju air terjun ini cukup sempit dan hanya bisa dilalui oleh satu mobil aja. Meski demikian, wisata ini mewarakan panorama yang wow banget!

Bayangkan, dari jarak 100 meter aja, kalian sudah bisa mendengar sayup-sayup suara gemericik air terjun yang jatuh mengenai bebatuan.

Air terjun ini memiliki tiga tingkatan, dengan keindahan yang beda. Air terjun ini juga dipenuhi bebatuan besar. Bisa kalian gunakan untuk duduk-duduk santai sambil menikmati percikan air terjun yang segar.

Rata-rata hanya pengunjung dewasa yang berenang di kolam tersebut atau menikmati air yang jatuh membahasi seluruh tubuh.

Alamat tempat wisata Aceh yang satu ini di Tunong Krueng Kala, Lhoong, Kabupaten Aceh Besar, Aceh. Untuk harga tiker masuknya sangat terjangkau, hanya Rp 5.000,-

Lihat Review: 8 Daya Tarik Puncak Lawang (Wisata Alam di Negeri Awan)

16. Air Terjun Akang Siwah

Air Terjun Akang Siwah

Obyek wisata air terjun ini bisa dibilang sangat alami. Tempat yang recomendet banget bagi kalian yang ingin merasakan kesejukan dan ketenangan untuk menjauh dari hiruk-pikuk kota.

Maka dari itu, kalua mampir ke Aceh, jangan sampai melewatkan Air Terjun Akang Siwah. Air terjun ini memiliki tiga tingkat; pertama 8 meter, kedua 14 meter dan ketiga adalah 40 meter.

Hawa dinginnya begitu menentramkan, dihiasi suara gemuruh dari airnya yang jatuh benar-benar akan mengusir segala kepenatan kalian.

Namun tetap berhati-hati bila ketika mendekat ke air terjunnya, sebab licin. Lokasi air terjun ini bisa diakses dengan menggunakan mobil atau sepeda motor. Untuk tiket masuknya, sangat terjangkau, kalian hanya perlu membayar Rp 10.000,- aja.

17. Pantan Terong

Pantan Terong
https://www.instagram.com/khairijaka_/

Setelah bersenang-senang di kawasan air, kalian tentu harusmencoba wisata di ketinggian 1.360 mdpl ini.

Namanya Pantan Terong, tempat wisata Aceh ini memiliki hawa yang sangat sejuk dan cenderung dingin. Kawasan ini cocok untuk berswafoto. Dengan latar belakang Danau Laut Tawar dan Kota Takengon, kawasan itu paling cocok untuk berfoto sendiri.

Di kawasan wisata Aceh ini, tersedia satu kafe yang bersih. Jika kalian ingin menyaksikan Kota Takengon dari ketinggian, kalian bisa duduk di lantai dua kafe iti.

Satu hal lagi yang wajib dilakukan, yaitu berfoto di tulisan Pantan Terong dicat senada dengan warna bendera pusaka yaitu Merah dan Putih.

Alamatnya di Takengon, Ulu Nuih, Bebesen, Ulu Nuih, Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah, Aceh. Untuk harga tiketnya Rp 5.000,- Sedang untuk jam bukanyaSabtu-Kamis pukul 08.25-18.00

18. Museum Tsunami Aceh

Museum Tsunami Aceh
https://www.instagram.com/mondha.hrp/

Museum Tsunami Aceh merupakan museum di Banda Aceh yang dirancang sebagai simbolis bencana gempa bumi dan tsunami Samudra Hindia 2004.

Selain itu juga sebagai pusat pendidikan bencana dan tempat perlindungan darurat andai tsunami terjadi lagi. Inilah bukti kehebatan Aceh, menyulah kejadian menyedihkan jadi wisata edukasi.

Museum ini memiliki struktur empat lantai dengan luas 2.500 m² yang dinding lengkungnya ditutupi relief geometris. Dinding museum itu dihiasi gambar orang-orang menari Saman.

Di tempat wisata ini, ada ruang khusus untuk mengenang korban yang tewas saat bencana tsunami tahun 2004 silam. Di ruang ini semua nama korban tewas diukir di dindin.

Alamatnya di Jalan Sultan Iskandar Muda, Sukaramai, Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh untuk biaya tiket masuknya Rp 10.000,- Jam Buka: 09.00-16.00.

19. Pusat Pelatihan Gajah Saree

Pusat Pelatihan Gajah Saree yang lucu
https://www.instagram.com/alwiamriramadhan/

Tak hanya di Lampung, di Aceh ini juga terdapat pusat pelatihan gajah. Lokasinya di Kabupaten Aceh Besar.

Keberadaan gajah di Aceh memang diketahui sudah ada sejak zaman dulu, bahkan pada masa kerajaan Aceh di bawah kepemimpinan Sultan Iskandar Muda.

Malah saat itu, ada 40.000 pasukan gajah yang terlatih untuk keperluan militer. Saat ini Pusat Latihan Gajah Saree digunakan untuk melatih gajah-gajah untuk menghalau gajah liar yang ada di sekitar kawasan hutan.

Dijamin, kalian bakalan dapat mendapatkan pengalaman wisata yang unik dan berkesan di temat pelatihan gajah ini. untuk tiket masuknya, hanya berkisar Rp 15.000 hingga Rp 25.000 aja.

20. Tugu Nol Kilometer

Tugu Nol Kilometer
https://www.instagram.com/sinema_traveler/

Kalau kalian berkunjung ke tempat wisata Aceh, belum lengkap rasanya bila tidak mengambil foto di Tugu Nol Kilometer. Daerah ini memang sudah sangat populer dan menjadi destinasi favorit untuk berswafoto dengan background tugu yang ikonik dan instagramabel.

Tugu ini disebut-sebuit sebagai titik nol Indonesia. Bayangkan, bukankah keren berkungjung di titik awal negara Indonesia? Jadi sayang banget bila dilewatkan begitu saja.

Lokasinya di Desa Iboih Ujong Ba’u, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Pulau Weh, Aceh. Kalian tak perlu bayar apapun untuk berkungjung ke tempat ini.

21. Rumah Tradisional Aceh

Rumah Tradisional Aceh
https://www.instagram.com/suraiya_kamaruzzaman/

Tak lengkap rasanya kalua ke aceh tapi belum berfoto didepan Rumah khas tradisonal suku Aceh. Nama rumah tradisional ini Rumoh Aceh.

Rumah adat ini berkonstruksi rumah panggung dengan 3 bagian utama dan 1 bagian tambahan. Tiga bagian utama dari rumah Aceh yaitu seuramoë keuë (serambi depan), seuramoë teungoh (serambi tengah) dan seuramoë likôt (serambi belakang).

Sedangkan satu bagian tambahannya yaitu rumoh dapu (rumah dapur). Kerennya, atap rumah adat ini difungsikan sebagai tempat penyimpanan pusaka keluarga.

Lokasinya Mesium aceh. kota banda aceh. Aceh. Kalian tak perlu bayar untuk melihat rumah adat ini.

22. Rumah Cut Nyak Dien

Rumah Cut Nyak Dien
https://www.instagram.com/liawasis_/

Kalian tentu tahu siapa Cut Cyak Dien, dia adalah pahwalan perempuan dari Aceh. Di Aceh, Rumah Cut Nyak Dien adalah tempat bersejarah yang bermanfaat bagi siapapun untuk mengenang kembali peristiwa sejarah di masa lampau.

Dengan berkunjung ke Rumah Cut Nyak Dien ini, bisa kalian jadikan media untuk memupuk rasa cinta tanah air dan meneladani sikap patriotisme para pahlawan wanita ini.

Namun, tempat wisata Aceh ini adalah replika dari rumah Cut Nyak Dien yang sudah terbakar di tahun 1896.

Lokasinya Desa Lampisang, Kecamatan Peukan Bada, Aceh Besar. Untuk menikmati wisata ini, kalian tak perlu membayar sepeserpun. Jadi sempatkan berkunjung.

23. Masjid Raya Baiturrahman

Masjid Raya Baiturrahman
https://www.instagram.com/ridwanhr/

Masjid yang berdiri pada tahun 1606-1636 ini awalnya dibangun dengan tujuan sebagai pusat pengajaran ilmu agama yang ada di Nusantara.

Masjid besar ini memiliki interior dan eksterior yang bergaya Kesultanan Turki Ustamani, jadi begitu khas. Mmasjid ini didominasi warna putih dengan kubah hitam yang berukuran besar. Serta terdapat 7 menara yang mengelilinginya. Sungguh begitu indah.

Karena keindahan yang menawan ini, tak salah jika masjid ini masuk ke dalam 100 masjid yang terindah di dunia. Masjid ini sudah mengalami renovasi hingga 5 kali serta beberapa perluasan area.

Alamatnya di Jalan Moh. Jam No.1, Kp. Baru, Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh
untuk tiket masuknya Gratis.

24. Pulau Palambak, Aceh Singkil

keindahan Pulau Palambak, Aceh Singkil
https://www.instagram.com/suhaimy_jaswary/

Pulau Palambak adalah sebuah pulau yang berada di perairan kecamatan pulau Banyak, Aceh Singkil. Meskipun kondisi geografisnya masuk ke dalam wilayah Aceh, namun kebanyakan wisatawan menempuh jalur dari kota Medan untuk ke lokasi ini.

Satu hal yang bakalan ngbuat kalian ingin berkunjung ke pulau kecil ini adalah pesona alamnya yang memukau.

Hamparan pantai pasir putihnya seolah membuat kita enggan untuk meninggalkannya.

Selain itu banyak sekali aktifitas yang bisa dilakukan dipulau ini. Selain berenang di luasnya laut yang dangkal, bermain kayak juga rasanya seru. Ombak di depan bungallow tidak terlalu besar, jadi cocok untuk bermain air.

Kalian tak perlu bayar untuk masuk ke pulau ini, namun untuk menuju pulaunya kalian tentu harus sewa perahu motor.

Baca Selengkapnya: 25 Tempat Wisata di Medan yang Lagi Hits 2019

Itulah tempat wisata Aceh, mulai dari pantai, danau, air terjun, dan tempat wisata lainnya sangat cocok digunakan untuk menghabiskan waktu libur kalian. Ragam panorama dan keunikan destinasinya dijamin bakalan mewarnai akhir pekan kalian.

Maka dari itu, jangan ragu untuk berkunjung ke provinsi yang dijuluki Serambi Mekkah ini. Kalain nggak bakalan rugi, terlalu banyak wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Selamat berwisata dengan bahagia…

Taman Safari Prigen

Jessica Susanti
9 min read

Teluk Kiluan

Jessica Susanti
8 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *