Tempat Wisata di Bandung

8 min read

Tempat Wisata di Bandung

Nah, bila Anda berencana untuk berkunjung ke kota yang satu ini, cobalah membuat itinerary yang tepat. Bila masih bingung menentukan tempat wisata di bandung yang harus dikunjungi, dua puluh lima destinasi di Bandung dan sekitarnya berikut bisa jadi referensi.

1. Stone Garden

tempat wisata di bandung Stone Garden

Inilah spot liburan di Bandung yang lagi hits. Sesuai namanya, Stone Garden merupakan hamparan bebatuan purba yang beradai di ketinggian 907 mdpl. Dari titik setinggi ini, Anda akan dibuat begitu terpesona dengan pemandangan eksotis di sekitar.

Stone Garden merupakan salah satu konservasi arkeologi yang masih belum terlalu banyak mendapat perhatian dari pemerintah. Menurut catatan sejarah, wilayah ini dulunya merupakan lautan dangkal yang kemudian terangkat lantaran gempa berkekuatan luar biasa.

Persis di bawah Stone Garden, Anda bisa sekaligus mampir ke Gua Pawon. Gua ini lebih dulu populer di kalangan khalayak. Di sini, para arkeolog menemukan beberapa fosil manusia dengan usia lebih dari 10.000 tahun lalu.

2. Kawah Putih

Kawah Putih bandung

Tempat wisata di Bandung Selatan ini sudah ada sejak ribuan tahun lalu bersamaan dengan meletusnya Gunung Patuha. Namun, nama Kawah Putih meroket tajam setelah digunakan sebagai latar tempat salah satu film remaja romantis Indonesia.

Penamaan Kawah Putih oleh masyarakat didasarkan pada warna putih tanah yang ada di sekitar kawah. Adapun faktor penyebabnya tidak lain adalah campuran sulfur dan unsur-unsur kimia lainnya.

Namun, bukan itu satu-satunya daya tarik Kawah Putih. Tidak seperti lazimnya, warna kawah di sini adalah putih kehijauan dan kerap berubah sesuai suhu, cuaca, serta kadar belerang. Sebagai pemanis, pepohonan tak berdaun juga menjadi pemandangan eksotis tersendiri.

3. The Lodge Maribaya

The Lodge Maribaya

Di Bandung Barat, The Lodge Maribaya menyuguhkan panorama hutan pinus yang menakjubkan. Sepanjang hari, Anda pun akan dimanjakan dengan kesejukan natural yang tidak dengan mudahnya didapat sehari-hari di perkotaan.

Beragam fasilitas dan wahana menarik juga ada di sini. Selain berkemah, Anda dapat pula menikmati serunya berada di ketinggian menggunakan balon udara, bersepeda gantung, terbang dengan gantole, dan masih banyak lainnya.

Harga tiket masuk The Lodge Maribaya adalah Rp20.000,00 hingga Rp35.000,00 (tergantung hari). Untuk menikmati wahana serunya, biaya yang dikenakan adalah Rp15.000,00 hingga Rp20.000,00 saja.

4. Forest Walk Babakan Siliwangi

Kini jika Anda ingin menikmati wisata alam Bandung yang memesona, tak lagi perlu jauh-jauh ke kawasan Lembang atau Ciwidey yang mainstream. Di tengah kota pun, Forest Walk Babakan Siliwangi hadir sebagai alternatif wisata terbaru yang mudah sekaligus murah.

Sebelumnya, Babakan Siliwangi dikenal sebagai kawasan yang cukup menyeramkan terutama di malam hari. Namun, setelah pemerintah kota menata ulang hutan kota ini, kini masyarakat bisa menikmati sejuknya berjalan santai di sini tanpa dipungut biaya masuk.

Tempat wisata di Bandung ini berupa jembatan sepanjang 2 km yang membelah rimbunnya hutan kota. Di samping kicauan burung yang begitu alami dan menenangkan, sesekali Anda juga mungkin akan menemukan tupai yang bersembunyi di balik pepohonan.

5. Taman Hutan Raya Djuanda

wisata bandung Taman Hutan Raya Djuanda

Satu lagi hutan yang bisa Anda kunjungi selagi di Bandung adalah Tahura alias Taman Hutan Raya Djuanda. Hutan konservasi ini mempunyai luas mencapai 590 hektare yang membentang dari area Dago Pakar hingga Maribaya di utara.

Kegiatan utama yang dapat dinikmati di sini adalah olah fisik dengan menjelajah hutan. Bahkan tidak jarang, Tahura Djuanda dijadikan sebagai arena kegiatan turnamen dan kompetisi seperti sepeda dan lari maraton.

Selain pemandangan alam, Anda juga bisa menikmati fasilitas lainnya. Tahura mempunyai Gua Belanda dan Gua Jepang yang sarat akan sejarah.

Tempat ini juga mempunyai beberapa saung, tempat jajan, playground, air terjun, hingga pemandian air panas di Maribaya.

6. Farmhouse

tempat wisata bandung Farmhouse

Lokasi objek wisata yang satu ini berada di ruas utama kawasan Lembang, tepatnya di Jalan Raya Lembang nomor 108.

Sesuai namanya, di tengah-tengah suasana sejuk khas dataran tinggi, Farmhouse didirikan dengan konsep peternakan ala Eropa klasik yang menggemaskan.

Selain bangunan berarsitektur Eropa kuno, objek wisata ini juga mempunyai rumah-rumah Hobbit sebagai daya tarik lainnya. Anda bisa bebas berfoto di sini bahkan lengkap dengan kostum ala peternak Eropa tradisional yang disewakan.

Farmhouse memiliki harga tiket masuk yang murah, yakni Rp20.000,00. Tiket tersebut juga sudah termasuk segelas susu sapi murni atau sosis bakar yang hangat.

Anda dan si kecil pun dapat berinteraksi dengan hewan-hewan ternak yang bersih dan terawat.

Lihat Juga: Chinatown Bandung (Wisata Budaya Nan Kekinian Yang Sedang Viral)

7. Trans Studio

wisata Trans Studio bandung

Pastikan Anda dan keluarga berkunjung ke sini sejak pagi. Di atas lahan indoor yang berhektar-hektar ini, pengelola menyediakan sangat banyak wahana hiburan yang seru dan edukatif bagi setiap pengunjung.

Trans Studio Bandung membagi wahananya ke dalam tiga kategori: Central Park, Lost City, dan Magic Corner. Masing-masing blok menyediakan fasilitas bermain yang asyik, mulai dari petualangan hingga berbasah-basahan dengan air.

Besarnya tiket masuk tempat wisata di Bandung ini untuk hari Senin sampai Kamis adalah Rp180.000,00, sedangkan untuk hari Jumat adalah Rp200.000,00. Khusus untuk Sabtu, Minggu, dan hari libur, setiap pengunjung dikenai biaya tiket masuk sebesar Rp280.000,00.

8. Jendela Alam

tempat wisata di bandung yang murah jendela alam

Objek wisata ini cocok untuk anak, terutama yang berusia sepuluh tahun ke bawah. Di tengah-tengah suasana Lembang yang kondusif, anak-anak bisa belajar dan semakin dekat dengan alam.

Secara umum, Jendela Alam menyediakan empat buah kategori fasilitas: jendela edukasi, jendela workshop, jendela permainan, dan seni. Anak akan diajak untuk melakukan aktivitas berkebun, panen, membuat yoghurt, menghias layangan, dan sederet kegiatan seru lainnya.

Harga tiket untuk kunjungan pada hari Senin sampai Kamis hanya Rp15.000,00, sementara untuk Sabtu dan Minggu adalah Rp20.000,00. Namun, khusus untuk hari-hari tertentu seperti liburan yang merupakan high season, Anda perlu membayar Rp25.000,00.

10. De Ranch

wisata De Ranch bandung dan harga tiket masuk

Setelah puas hanya menonton film koboi Amerika, saatnya Anda beraksi menjadi ala American cowboy di De Ranch. Tempat wisata di Bandung ini dibuat dengan konsep peternakan kuda ala Amerika tradisional.

Anda bisa berkeliling lapangan hijau De Ranch yang sangat luas ditemani suasana sejuk khas Lembang. Kalau tidak membawa baju yang pas, tenang saja. Anda pun bisa menyewa kostum koboi yang keren di sini.

Tiket masuk De Ranch hanya sebesar Rp5.000,00. Untuk menikmati fasilitas dan wahana lainnya seperti kolam renang, trampolin, menunggang kuda, dan sebagainya, Anda harus membayar lagi di setiap objek dengan harga rata-rata Rp20.000,00.

11. Ciwidey Valley Hot Spring Water Park

wisata di bandung barat

Tempat wisata satu ini ada di kawasan wisata Ciwidey yang terkenal dengan pesona alam sekaligus suhu rendahnya. Fasilitas utama yang ditawarkan pun sempurna untuk menyeimbangkan udara dingin, yakni kolam pemandian air panas.

Air panas yang digunakan di Ciwidey Valley Resort Hot Spring Water Park merupakan air panas alami yang didapatkan dari sumber Gunung Kawah Putih. Maka dari itu, Anda dan keluarga tidak akan merasa kedinginan sekalipun lama berada di sini.

Ciwidey Valley Resort Hot Spring Water Park juga mempunyai beberapa papan seluncur air dengan kelokan dan ketinggian yang berbeda-beda.

Untuk menikmati serunya aktivitas bermain air di sini, setiap orang dikenakan biaya sebesar Rp10.000,00.

12. Pasar Cibaduyut

Dulu, masyarakat sekitar rata-rata bekerja pada pabrik sepatu. Di tahun 1920-an, sebagian dari mereka memutuskan untuk mencoba sendiri membuka usaha sepatu kecil-kecilan. Aktivitas ini pun semakin menyebar dan dilanjutkan turun temurun ke generasi berikutnya.

Dampaknya pun seperti yang dapat dilihat sekarang-Cibaduyut menjadi sentra sepatu kulit berkualitas tinggi dan tempat wisata di Bandung yang populer. Tidak main-main, produk ini pun bahkan sukses dalam persaingan bisnis ekspor di Amerika.

Di sini, Anda bisa membeli sepatu-sepatu bermutu tinggi dengan harga yang relatif terjangkau. Tidak hanya produk jadi, Anda pun dapat melakukan pemesanan sepatu sesuai dengan warna dan gaya yang Anda kehendaki.

Simak Review: Keraton Kasepuhan Cirebon Arsitektur Menawan Bersejarah

13. Kawasan Cihampelas

Kawasan Cihampelas

Di sepanjang Jalan Cihampelas yang menurun, Anda akan menemukan banyak pedagang yang menawarkan ‘kaus Bandung’ dengan harga terjangkau. Banyak wisatawan yang membeli sandang murah meriah ini untuk diri sendiri maupun oleh-oleh.

Bila ingin berbelanja ke tempat yang lebih terpadu, Anda bisa pergi ke Cihampelas Walk alias Ciwalk. Pusat perbelanjaan modern ini pun menjadi salah satu mal favorit para kawula muda Bandung.

Selain tempat belanja, makan, dan bioskop, daya tarik Ciwalk lainnya adalah desain bangunannya sendiri. Mal ini menyediakan teras dengan penataan yang sangat apik, lengkap dengan tanaman, kursi taman, serta lampu taman yang berpadu dan fotogenik.

14. Kawasan Riau (R.E. Martadinata)

Kawasan Riau Bandung

Jika ingin berburu fashion item dengan aneka model yang bergaya, pergi saja ke Jalan Riau atau yang juga dikenal dengan R.E. Martadinata. Di sekitar sini, Anda akan menemukan banyak factory outlet lokal yang menjual barang-barang lokal apik dengan kualitas tinggi.

Karena cukup banyak factory outlet yang ada, tidak ada salahnya Anda cukup berjalan dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Trotoarnya pun cukup tertata sehingga kenyamanan Anda tidak akan terlalu terganggu.

Beberapa factory outlet yang terkenal dan selalu ramai pengunjung di sini antara lain The Secret, Haritage, Cascade, dan Formen. Selain itu, ada pula beberapa kedai kopi dan tempat makan asyik yang bisa Anda singgahi untuk beristirahat setelah selesai berbelanja.
Tempat Wisata Kuliner

15. Jalan Pungkur

Dinginnya udara Bandung terutama di pagi hari paling pas ditemani sajian yang hangat. Di Jalan Pungkur, tepatnya di sekitar wilayah perempatan Jalan Oto Iskandardinata – Pasirkoja, Anda bisa berkunjung ke salah satu kedai susu.

Kedai-kedai ini pun sudah buka sejak pagi sekitar pukul 06.00 WIB setiap harinya. Selain susu sapi murni yang langsung dikirim dari Lembang, ada pula kudapan seperti pisang bolen, kue sus, risoles, dan beraneka macam lainnya.

Susu sapi segarnya sendiri tersedia dalam beberapa pilihan rasa: tawar, melon, dan stroberi. Harga segelas susu sapi sekitar Rp5.000,00, sementara kue-kue lezatnya sekitar Rp3.000,00 saja.

16. Pinisi Resto

Bukan tanpa alasan tempat makan yang satu ini dinamakan demikian. Arsitektur restoran ini benar-benar menyerupai kapal pinisi yang besar dengan material utama dari kayu dan besi berkualitas. Bahkan, ornamen dayung, kemudi kapal, dan tali tambang lengkap dihadirkan.

Makanan yang disajikan di sini cukup beragam dengan kombinasi masakan Indonesia dan western. Harga yang ditawarkan untuk menu utama mulai dari Rp35.000,00.

Restoran di kawasan Rancabali ini bersebelahan dengan danau dan memaparkan keindahan perbukitan hijau. Buka mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB, Anda bisa puas makan sembari menikmati pemandangan yang menakjubkan di Pinisi Resto.

17. Paskal Food Market

Paskal Food Market

Jika bingung ingin mengisi perut dengan sajian lezat yang mana, datang saja ke Paskal Food Market. Tempat wisata di Bandung ini adalah surga bagi penggemar kuliner baik masyarakat setempat maupun wisatawan.

Boleh dibilang, Paskal Food Market seperti pujasera yang menyediakan lebih dari seribu jenis hidangan, mulai kudapan hingga menu utama. Namun, desainnya yang terbagi atas indoor dan outdoor sangatlah apik, tertata, romantis, sekaligus instagrammable.

Letaknya berada di bagian Paskal Hyper Square, salah satu pusat perbelanjaan modern kelas menengah ke atas di Bandung.

Harga makanan yang ditawarkan di sini pun cukup terjangkau dan beragam dengan rata-rata harga mulai belasan ribu rupiah saja.

18. Cuanki Serayu

Cuanki Serayu

Kudapan hangat adalah salah satu pelipur terbaik di tengah-tengah dinginnya malam. Di Bandung, semangkuk cuanki panas bisa jadi pilihan yang tepat.

Sajian berisi bakso, siomay, pangsit, dan aci yang disiriam kuah bening gurih akan memuaskan lidah dan perut Anda.

Cuanki Serayu adalah salah satu tempat wisata kuliner khusus cuanki yang paling populer. Lokasinya berada di Jalan Serayu No. 2 Bandung.

Sejak tahun 90-an, kedai ini selalu ramai dipadati pengunjung. Karena itu, bersiap-siaplah untuk mengantre demi seporsi bakso lezat.

Selain bakso, Cuanki Serayu juga menyajikan batagor. Kedua jenis makanan ini bisa dibeli dengan satu atau setengah porsi.

Harganya berkisar di angka belasan ribu. Untuk minumnya, Anda bisa memesan air mineral, teh, atau berbagai jenis jus.

Kunjungi Juga: Curug Tilu Leuwi Opat (Wisata Alam yang Instragamable)

19. Dago Bakery

Bila Anda ingin melakukan tiga aktivitas sekaligus: makan, melihat pemandangan, dan berburu foto instagrammable, Dago Bakery adalah spot yang wajib dikunjungi. Selain pemandangan dari kawasan Punclut yang menakjubkan, arsitektur dan sajiannya pun ciamik.

Bangunan Dago Bakery dibuat menyerupai kastil Eropa yang menjulang tinggi. Bangunan empat lantai ini akan membuat Anda serasa di istana dengan konsep yang lebih modern. Dominasi kaca dan perpaduan tanaman rambat semakin menyempurnakan gedung ini.

Sajiannya sendiri pun tidak mengecewakan. Kafe dan restoran di Jalan Ciumbuleuit ini menyajikan roti hingga makanan berat baik hidangan nusantara maupun internasional.

20. Museum Geologi

Wisata Museum Geologi

Museum ini merupakan tempat wisata di Bandung untuk tujuan edukasi dan berada di bawah naungan Kementrian ESDM. Tidak tanggung-tanggung, Museum Geologi menjadi museum tentang aspek kebumian yang terlengkap di wilayah Asia Tenggara.

Museum Geologi memiliki sebuah auditorium yang memiliki kapasitas 200 orang. Kegiatan yang dilakukan ruangan ini antara lain seminar, ceramah, pemutaran film, dan berbagai aktivitas lain yang berhubungan dengan pendidikan lain.

Di samping auditorium dan ruangan yang menyimpan koleksi, Museum Geologi juga dilengkapi dengan fasilitas lain seperti toko suvenir, masjid, dan toilet.

Bila berkunjung pada hari Senin-Kamis, ada pula poliklinik yang siap membantu bagi pengunjung yang sakit.

21. Gedung Sate

Gedung ini berada di pusat kota dan lumayan dekat stasiun-hanya sekitar 3 km. Sampai hari ini, bangunan yang didirikan pada tahun 1920 ini masih digunakan dengan baik sebagai kantor pemerintahan provinsi Jawa Barat.

Penamaan gedung sate ini bukan karena banyak pedagang sate di sekitar, melainkan karena struktur bagian atapnya yang menyerupai tusuk sate. Hal ini lebih mudah dilafalkan masyarakat daripada nama aslinya, Gouvernements Bedrijven.

Jika ingin berkunjung ke bangunan tahan gempa yang bersejarah ini, Anda bisa datang pada hari Sabtu. Jangan lupa, mampirlah sekalian ke Museum Gedung Sate yang berada di belakang bangunan ini yang baru diresmikan akhir tahun 2017 kemarin.

22. Observatorium Bosscha

Tempat wisata di Bandung ini juga merupakan destinasi wisata edukasi yang kini dikelola oleh institut terbaik negeri ini, ITB. Di samping menjadi pusat penelitian, pendidikan, dan pengembangan ilmu astronomi, Bosscha pun dibuka untuk kunjungan umum.

Tempat peneropongan bintang tertua di Indonesia ini merupakan peninggalan Hindia Belanda. Di sini, Anda dapat melihat cara kerja teleskop Zeiss tanpa melakukan peneropongan serta mendapatkan banyak wawasan tentang astronomi di ruang multimedia.

Kunjungan publik dibuka mulai hari Selasa sampai Sabtu dengan jam kunjung tertentu. Untuk mengikuti tur edukatif ini, Anda bisa melakukan pendaftaran di situs resmi Bosscha dan membayar tiket seharga Rp15.000,00.

23. Saung Angklung Udjo

Di bagian timur Bandung, Saung Angklung Udjo didirikan dengan tujuan untuk melestarikan seni dan budaya tradisional Sunda. Di sini, pengunjung tidak hanya pasif melihat, tetapi juga belajar langsung melalui workshop dan bergabung di pertunjukan.

Tidak hanya belajar dan pentas seni angklung, SAU juga pertunjukan lainnya, yakni demonstrasi wayang golek, tari topeng, dan helaran. Setiap hari, selalu ada pertunjukan yang ditampilkan selama sekitar dua jam mulai pukul 15.30 WIB.

Wadah seni ini juga menarik perhatian publik internasional sehingga jarang heran jika banyak turis mancanegara yang berkunjung. Untuk WNA dan WNI nonpelajar, harga tiket yang diberlakukan adalah Rp100.000,00 dan Rp60.000,00.

24. Wot Batu

Wot Batu Bandung

Tempat wisata di Bandung ini sayang dilewatkan, terutama bagi para penggemar seni. Instalasi seni di sini dibuat dari bebatuan dan merupakan hasil pemikiran dan olah rasa Sunaryo Soetono, seorang seniman besar kelahiran Banyumas.

Ruang terbuka dengan taman yang begitu asri ini menjadi tempat pameran koleksi hasil karya Sunaryo. Sekitar 135 bebatuan yang berasal dari batu-batu vulkanik disusun sedemikian rupa sebagai simbol dari filosofi tertentu.

Jangan takut tidak memahami apa maksud dari instalasi seni ini. Anda akan ditemani oleh tour guide yang akan menjelaskan arti dari karya-karya tersebut. Dengan tiket masuk sebesar Rp70.000,00, Anda bisa puas menikmati seni filosofis serta menenangkan diri di Wot Batu.

Baca Juga: 6 Daya Tarik Bukit Bintang Bandung dengan pesona yang menakjubkan

Nah, itulah beberapa referensi destinasi wisata di Bandung yang bisa Anda kunjungi. Mulai dari wisata alam hingga budaya, semua lengkap tersedia di kota ini.

Sebagai catatan, bila tidak membawa kendaraan pribadi, Anda bisa menyewa transportasi mobil atau motor untuk menjelajahi tempat-tempat wisata di Bandung.

Rata-rata, harga sewa motor per hari di Bandung adalah Rp50.000,00, sementara harga sewa mobil per hari mulai dari Rp250.000,00.
Happy exploring!

Tempat Wisata di Malang

Fitria
7 min read

Tempat Wisata di Semarang

Fitria
7 min read

Tempat Wisata di Medan

Fitria
7 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *