Jessica Susanti Jalan-jalan sambil nyari makan

Tempat Wisata di Bangka

8 min read

Tempat Wisata di Bangka

Tempat Wisata di Bangka – Kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan Laskar Pelangi, bukan? Salah satu novel terlaris di Indonesia karya Andrea Hirata yang sudah diangkat ke layar lebar juga. Suksesnya Laskar Pelangi diikuti dengan populernya Provinsi Bangka Belitung, latar belakang cerita itu terjadi.

Ternyata, tidak hanya terkenal berkat laskar pelangi. Bangka Belitung khususnya Pulau Bangka mempunyai destinasi wisata yang keren-keren, sob. Daerah tersebut dikenal salah satunya karena pantainya yang spektakuler.

Selain itu masih banyak tempat wisata keren lainnya.

Yuk disimak, 16 Pesona Wisata di Bangka yang mengagumkan. Mulai dari peta pulau yang luas dan pantai yang putih. Berikut ulasannya:

1. Pantai Pasir Padi

Pantai Pasir Padi

Sudah lama tidak merasakan nikmatnya vitamin sea? Pantai Padi mungkin bisa menjadi salah satu objek wisata yang tepat untuk itu. Kamu akan merasakan pasir pantai yang putih bersih serta halus.

Bagi kamu yang tidak bisa berenang jangan khawatir. Pantai Pasir Padi memiliki ombak yang tenang sehingga kamu bisa bermain air dan berenang sepuasnya tanpa takut terseret arus pantai. Struktur pantai yang landai juga membuatmu semakin nyaman ketika berjalan di atasnya.

Lokasi

Jalan Pantai Pasir Padi, Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung.

Jam Buka

Setiap hari dan dibuka selama 24 jam.

Fasilitas

Fasilitas yang disediakan tempat wisata di Bangka ini cukup lengkap. Terdapat toilet, mushola, pos keamanan, serta kamar ganti yang tentunya akan semakin memudahkanmu.

Harga Tiket

Mulai dari Rp10.000

2. Pantai Tongaci

Pantai Tongaci
https://www.instagram.com/mikha_liu/

Pantai lain yang dapat dijadikan rekomendasi adalah Pantai Tongaci. Selain memiliki pemandangan yang menawan, ada pula pengalaman menyaksikan anak penyu atau biasa disebut tukik yang tentunya tidak akan didapatkan di tempat lain.

Yap, Pantai Tongaji adalah tempat penangkaran penyu yang ada di Bangka Belitung. Tempat konservasi ini bertujuan agar menghindarkan penyu dari kepunahan. Terdapat dua jenis penyu yaitu Penyu Sisik dan Penyu Hijau yang bisa kamu lihat.

Lokasi

Kampung pasir, Jalan Laut, Kampung Laut, Sungai Liat, Kabupaten Bangka.

Jam Buka

Setiap hari dan dibuka selama 24 jam.

Fasilitas

Selain melihat pantai, terdapat pula perpustakaan, permainan olahraga air, dan juga Museum Gallery sehingga semakin melengkapi keseruanmu berlibur di Pantai Tongaci.

Harga Tiket

Mulai dari Rp8.000

3. Batu Garuda, Pantai Tanjung Kelayang

Batu Garuda, Pantai Tanjung Kelayang
https://www.instagram.com/pegi_pegi/

Familiar dengan pantai yang ada di Laskar Pelangi? Yups, di sinilah tempatnya. Pantai Tanjung Kelayang dijadikan lokasi syuting film Laskar Pelangi karena memiliki keindahan yang luar biasa.

Nama Pantai Kelayang diambil karena banyaknya burung Kelayang di sekitar pantai. Kamu akan melihat puluhan batu granit yang tertata cantik serta berbentuk layaknya burung garuda.

Lokasi

Sijuk, Kabupaten Belitung

Jam Buka

Setiap hari dan dibuka selama 24 jam.

Fasilitas

Pantai Tanjung Kelayang sangat cocok untuk backpacker. Tersedia beberapa penginapan yang bisa dipilih. Kamu juga bisa menghadiri Festival Tanjung Kelayang, yang berisi kuliner khas hasil laut, festival layang-layang, dan hal menarik lainnya.

Harga Tiket

Gratis

Lihat Review: Pantai Tanjung Tinggi, 11 daya tariknya yang instagrammable

4. Pantai Tikus

menikmati pantai tikus Pantai Tikus
https://www.instagram.com/niamaroka892/

Jangan tertipu oleh namanya. Di pantai ini sama sekali tidak ada tikus yang berkeliaran. Nama Pantai Tikus diambil karena di sekeliling pantai terdapat banyak jalan setapak atau jalan tikus yang konon katanya dilewati oleh penambang timah gelap untuk mencari timah.

Lokasi

Parit Padang, Sungai Liat, Kabupaten Bangka

Jam Buka

Setiap hari dan dibuka selama 24 jam.

Fasilitas

Walau terhitung baru dibuka, Pantai Tikus memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Ada fasilitas voli pantai, flying fox, dan juga olahraga air. Kegiatan lain seperti berkemah juga dapat sobat lakukan di pantai yang berada di sungailiat ini.

Harga Tiket

Gratis

5. Pantai Matras

Pantai Matras
https://www.instagram.com/nadiafellia/

Pantai Matras terkenal karena kemudahan akses menuju ke sana dan juga biaya masuk yang murah. Oleh karena itu pantai ini sering dijuluki sebagai Pantai Rakyat. Tempat wisata Bangka ini selalu dipenuhi wisatawan baik domestik, lokal, maupun mancanegara.

Selain itu, ada hal unik yang bisa ditemukan di pantai ini, yaitu sungai air tawar yang tersembunyi dan ditemukan di pantai ini. Warga juga menjuluki pantai ini dengan nama Pantai Surga.

Lokasi

Desa Sinar Baru, Sungai Liat Kabupaten Bangka

Jam Buka

Setiap hari dan dibuka selama 24 jam.

Fasilitas

Bagi sobat yang berasal dari jauh tidak perlu khawatir. Banyak penginapan yang bisa dipilih di sekitar Pantai Matras, mulai dari yang biasa hingga yang hotel bintang empat. Tidak hanya itu, ada pula fasilitas lain seperti kolam renang, café, restoran, dan juga bar and grill.

Harga Tiket

Gratis

6. Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas
https://www.instagram.com/nesyaadenisaa/

Pulau ini adalah salah satu pulau yang mengelilingi Pulau Belitung. Jika ingin ke sana kamu harus menyewa perahu nelayan yang memiliki waktu tempuh sekitar 30 hingga 45 menit dari Tanjung Bunga.

Salah satu daya tarik Pulau Lengkuas adalah keberadaan Mercusuar yang sudah berusia 150 tahun lebih. Meski sudah berumur sangat tua tapi masih berfungsi dengan baik dan menjadi penuntun lalu lintas kapal di sekitar Pulau Belitung.

Lokasi

Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung

Jam Buka

Setiap hari dan dibuka selama 24 jam.

Fasilitas

Di sekitar pantai sudah banyak penginapan yang bisa dipilih. Mulai dari yang kelas standar, deluxe, hingga executive room. Harga sewanya pun beragam, mulai dari Rp500.000 hingga Rp2.000.000 per malam.

Harga Tiket

Gratis

7. Pantai Parai Tenggiri

Pantai Parai Tenggiri
https://www.instagram.com/mariamitsura/

Pantai Parai Tenggiri adalah salah satu wisata andalan di Bangka Belitung. Gugusan batu karang yang memiliki ukuran besar serta ditambah pasir putih yang menghampar akan membuatmu otomatis jatuh cinta pada pantai ini.

Pesona pantai ini menjadikannya masuk ke dalam daftar wisata termahal serta tercantik di Pulau Bangka. Tapi tenang saja, kamu tidak akan kecewa begitu melihat keindahan pantainya.

Lokasi

Desa Sinar Baru, Sungai Liat Kabupaten Bangka

Jam Buka

Setiap hari dan dibuka selama 24 jam.

Fasilitas

Sesuai dengan harga yang ditawarkan, pantai ini sudah jelas memiliki fasilitas yang lengkap. Ada penginapan, hotel, dan juga alat penunjang lain seperti banana boat dan juga alat selam.

Harga Tiket

Mulai dar Rp50.000 per orang

Baca Rekomendasi: 24 Tempat Wisata di Jambi Paling Keren

8. Danau Kaolin

Danau Kaolin
https://www.instagram.com/jeremiah.rakesh/

Bosan dengan wisata pantai? Jangan khawatir. Tempat wisata Bangka menawarkan jenis wisata lain juga, salah satunya adalah Danau Kaolin. Danau ini terkenal karena biru airnya yang kontras dengan pemandangan sekitar yang berwarna putih bersih.

Sesuai namanya, Kaolin adalah mineral tanah liat yang menjadi bahan untuk membuat kertas, kain, komestik, hingga pasta gigi. Diambil nama kaolin karena danau ini menjadi saksi bisu kekayaan mineral kaolin di Bangka Belitung.

Lokasi

Perawas, Desa Air Raya Tanjung Pandang, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung.

Jam Buka

Setiap hari dan dibuka selama 24 jam.

Fasilitas

Sayangnya keindahan Danau Kaolin tidak diikuti dengan fasilitasnya. Karena tidak ada yang mengelola, danau ini tidak memiliki fasilitas yang memadai. Namun sobat jangan khawatir, banyak penginapan yang bisa dipilih di sekitar danau, tepatnya di Kota Tanjungpandan.

Harga Tiket

Gratis

9. Danau Open Pit

Danau Open Pit
https://www.instagram.com/nesyaadenisaa/

Danau lain yang tak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Danau Open Pit. Danau yang memiliki kedalaman 30 hingga 50 meter ini adalah bekas penggalian tambang di Belitung yang berubah menjadi danau yang indah lagi menawan.

Danau ini memiliki air yang kehijauan serta di sekitarnya terdapat batuan cadas yang mengelilinginya. Ditambah hijau rerumputan dan kehijauan, pemandangan Danau Open Pit menjadi sempurna mengagumkan.

Lokasi

Senyubuk, Kabupaten Belitung Timur

Jam Buka

Setiap hari dan dibuka selama 24 jam.

Fasilitas

Sama seperti Danau Kaolin, tempat wisata ini belum memiliki fasilitas yang memadai. Hal ini disebabkan karena belum ada pihak yang mengelolanya.

Harga Tiket

Gratis

10. Gunung Menumbing

Gunung Menumbing
https://www.instagram.com/in2_frenklin/

Jika kamu bosan berwisata air, salah satu objek wisata ini dapat dipilih. Gunung Menumbing ini mempunyai tinggi 355 meter di atas permukaan laut. Tempat ini terkenal karena menjadi tempat pengasingan Bung Karno dan Bung Hatta pada tahun 1938-1494.

Kamu bisa menyusuri jejak peninggalan mereka karena ada sebuah wisma yang masih terawat hingga kini. Wisma yang menjadi tempat pengasingan itu kini dirawat oleh Abdi Dalem Keraton Yogyakarta yang masih terawat hingga kini.

Lokasi

Desa Air Belo, Mentok, Kabupaten Bangka Barat, Bangka Belitung

Jam Buka

Setiap hari dan dibuka selama 24 jam.

Fasilitas

Fasilitas yang disediakan tidak banyak, namun untuk mencapai puncak selain dengan jalan kaki dapat pula menggunakan kendaraan bermotor.

Harga Tiket

Rp5.000 bila masuk ke wisma

11. Pulau Memperak

Pulau Memperak yang indah
https://www.instagram.com/dewiya9o/

Tempat wisata Bangka ini menawarkan keindahan alam bawah laut yang eksotis. Dengan air yang biru kehijauan dan bersih, Pulau Memperak semakin menambah daya tarik wisatawan untuk datang berkunjung ke sana.

Keindahan alam bawah laut yang indah membuatnya menjadi spot snorkeling paling keren yang ada di Bangka Belitung. Jangan lupa menggunakan alas kaki karena di bawah laut banyak terdapat bulu babi.

Lokasi

Kabupaten Belitung Timur, Bangka Belitung

Jam Buka

Setiap hari 24 jam

Fasilitas

Karena sepi, pulau ini tidak memiliki fasilitas yang memadai. Hanya ada satu saja yang tinggal di sana, yaitu penjaga pulau. Oleh karena itu, disarankan untuk membawa bekal makanan dan minum agar kamu tidak kelaparan selama menikmati keindahan Pulau Memperak.

Harga Tiket

Gratis

12. Pantai Penyusuk

Pantai Penyusuk
https://www.instagram.com/nurbaitifenfen/

Pantai Penyusuk terkenal karena memiliki ombak laut yang tenang dan juga indah. Kamu bisa bermain air dan juga berenang sepuasnya tanpa takut tenggelam di sana. Ada pula tumpukan batu granit yang seolah-olah menghasilkan sebuah ceruk di pantai.

Keberadaan empat pulau yang berjajar indah juga semakin menambah eksotisme pantai ini. Jika kamu ingin berkunjung ke pulau-pulau tersebut, bisa dengan cara menyewa perahu nelayan dengan kapasitas 10 orang,

harganya berkisar antara 150 ribu hingga 250 ribu.

Lokasi

Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung.

Jam Buka

Setiap hari 24 jam

Fasilitas

Fasilitas yang disediakan di pantai ini cukup lengkap. Ada sajian buah kelapa muda dan juga ikan bakar yang dapat dinikmati. Selain itu ada pula sajian seafood lain seperti cumi dan yang lain.

Harga Tiket

Gratis

13. Pantai Tanjung Pesona

Pantai Tanjung Pesona
https://www.instagram.com/intan_fashri/

Pantai Tanjung Pesona terkenal sebagai tempat wisata favorit keluarga. Hal ini disebabkan karena terdapat banyak sekali permainan yang bisa dilakukan. Jika kamu ingin ke sana, hanya perlu 15 menit dari Kota Sungailiat atau 45 menit perjalanan jika dari Pangkalpinang.

Lokasi

Jalan Pantai Rebo, Sungailiat, Bangka Belitung

Jam Buka

Setiap hari 24 jam

Fasilitas

Fasilitas yang disediakan beragam, tapi yang paling diminati adalah wahana olahraga airnya yang cukup lengkap.

Kamu bisa bermain banana boat, kano, bahkan jetski. Bagi yang suka memancing bisa juga dengan menyewa speedboat ke tengah laut.

Harga Tiket

Rp10.000

14. Pantai Penyak

harga tiket Pantai Penyak
https://www.instagram.com/mustikaapriliani/

Sering merasakan penat ketika perjalanan panjang? Pantai Penyak bisa menjadi solusinya. Terletak persis di pinggir jalan raya, Pantai Penyak memiliki pesona yang tak kalah indahnya dengan pantai-pantai lain di Bangka Belitung.

Pantai ini sering dijadikan tempat singgah bagi mereka yang sedang melakukan perjalanan jauh. Memiliki garis pantai hingga 3 kilometer membuatnya menjadi salah satu pantai terpanjang di Bangka Belitung.

Lokasi

Desa Penyak, Koba, Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Belitung

Jam Buka

Setiap hari 24 Jam

Fasilitas

Fasilitas yang disediakan tidak banyak, namun untuk mencapai puncak selain dengan jalan kaki dapat pula menggunakan kendaraan bermotor.

Harga Tiket

Gratis

Baca Juga: 9 Fakta Tentang Bukit Siguntang Palembang: Situs Sejarah yang Mistis

15. Museum Timah

Museum Timah
https://www.instagram.com/verawaty_/

Tak hanya wisata alam, Bangka Belitung juga menyimpan wisata sejarah. Museum Timah bisa menjadi pilihan bagi sobat. Musium bernama Timah Indonesia Muntok ini bisa membuatmu lebih mengenal sejarah pertambangan timah di Bangka Belitung.

Seperti diketahui, pertambangan timah memang banyak terdapat di Bangka Belitung.

Lokasi

Tanjung, Mentok, Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung

Jam Buka

Buka setiap hari kecuali Jum’at, dari pukul 08.00 hingga 16.00.

Fasilitas

Fasilitas yang disediakan cukup lengkap. Terdapat kantor, galeri, perpustakaan, serta auditorium yang dapat digunakan.

Harga Tiket

Rp5.000

16. Bangka Botanical Garden

keindahan wisata Bangka Botanical Garden
https://www.instagram.com/anas_tyas.998/

Untuk menyeimbangkan alam Bangka Belitung yang penuh dengan tambang timah. Terdapat wisata yang namanya Bangka Botanical Garden (BBG), suatu argowisata yang berfungsi sebagai penyeimbang lingkungan dari penggunaan tambang timah yang dieksploitasi besar-besaran.

Lokasi

Jalan Raya Pasir Padi – Kelurahan Temberan, Kecamatan Bukit Intan,

Jam Buka

Setiap hari dari pukul 8 hingga 6 sore.

Fasilitas

Fasilitas yang ada di Botanical Garden Bangka tergolong lengkap, mulai dari rumah panggung yang multifungsi, hingga kolam-kolam ikan seperti ikan nila, kakap, putih, dan juga patin.

Harga Tiket

Gratis

17. Museum Timah

Tak hanya wisata alam, Bangka Belitung juga menyimpan wisata sejarah. Museum Timah bisa menjadi pilihan bagi sobat. Musium bernama Timah Indonesia Muntok ini bisa membuatmu lebih mengenal sejarah pertambangan timah di Bangka Belitung.

Seperti diketahui, pertambangan timah memang banyak terdapat di Bangka Belitung.

Lokasi

Tanjung, Mentok, Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung

Jam Buka

Buka setiap hari kecuali Jum’at, dari pukul 08.00 hingga 16.00.

Fasilitas

Fasilitas yang disediakan cukup lengkap. Terdapat kantor, galeri, perpustakaan, serta auditorium yang dapat digunakan.

Harga Tiket

Rp5.000

18. Pantai Tanjung Kerasak

Pantai Tanjung Kerasak
https://www.instagram.com/pesona_pasirputih/

Pantai yang berpasir putih ini memiliki pesona yang luar biasa, dengan pemandangan air jernih kebiruan sehingga akan memanjakan kamu.

Tidak cukup sampai situ, ada pula batu granit yang berbaris di pinggir pantai sehingga dapat menambah daya tarik.

Lokasi

Kota Toboali, Bangka Selatan.

Jam Buka

Setiap hari dari pukul 8 hingga 6 sore.

Fasilitas

Fasilitas yang ada cukup lengkap seperti toilet, gazebo, dan juga mushola.

Harga Tiket

Gratis

Baca Selengkapnya: Danau Ranau, 5 Wisata Menarik, Asal Usul Dan Mitos Yang Menyertainya

Nah, itu tadi beberapa rekomendasi tempat wisata di Bangka Belitung yang paling keen, hits instagramable berdasarkan data terbaru. so, segera tentukan mana tempat yang akan kamu kunjungi ya!

0 / 5. Vote count: 0

0
Jessica Susanti
Jessica Susanti Jalan-jalan sambil nyari makan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *