Jessica Susanti Jalan-jalan sambil nyari makan

Tempat Wisata Di Banjarmasin

6 min read

tempat wisata di Banjarmasin

Pulau Kalimantan memang memiliki pesona yang luar biasa. Meskipun mulai maju berkat pembangunan di segala aspek, Kalimantan masih memiliki keindahan alam dan budaya asli yang memukau, seperti beberapa tempat wisata di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Kota yang merupakan ibukota Kalsel ini dijuluki Kota Seribu Sungai. Letaknya berada di delta 2 sungai, yakni Barito dan Martapura, membuat Banjarmasin memiliki ciri khas tersendiri soal wisata dan budaya.

Banyak spot tempat wisata di Banjarmasin yang terapung di atas perairan. Selain itu, kota ini juga memiliki sekitar 25 pulau kecil. Beberapa contohnya adalah Pulau Tatas, Kalayan, dan Rantauan Keliling.

Terdapat pula destinasi wisata buatan ala perkotaan dan berbagai pilihan objek wisata alam. Yuk, kita lihat beberapa pilihan tempat wisata terbaiknya!

1. Pasar Apung Lok Baintan

Pasar Apung Lok Baintan
https://www.instagram.com/henkychrist/

Wisata ini memang merupakan ikon khas tempat wisata di Banjarmasin. Ada beberapa lokasi pasar apung di kota ini, dan yang paling besar adalah Pasar Apung Lok Baintan, yang terletak di Sungai Pinang, Banjar.

Keunikan pasar apung adalah semua penjualnya menjajakan dagangan di atas ‘jukung’ atau perahu tradisional khas Kalimantan. Yang menarik adalah sistem pembayaran juga masih sangat tradisional, bukan menggunakan mata uang, tapi masih dengan sistem barter.

Aktivitas pasar apung dimulai pagi hari pukul 06.00-9.30 WITA. Jadi, kamu mesti bangun pagi jika ingin melihat suasana pasar yang unik ini.

Layaknya pasar yang lain, para pedagang di sini memperjualbelikan bahan pangan, seperti sayur, buah, dan ikan. Kamu juga bisa menemukan kue dan makanan tradisional khas Kalsel juga.

LAGI HITS
Tebing Keraton

2. Jembatan Barito

melihat Jembatan Barito
https://www.instagram.com/erwindeje/

Tentu tak lengkap mengunjungi Banjarmasin tanpa melihat Jembatan Barito yang legendaris. Tempat wisata di Bajarmasin yang diresmikan tanggal 24 April 1997 ini pernah masuk ke dalam catatan MURI sebagai jembatan terpanjang di Indonesia.

Jembatan sepanjang 1.082 meter ini melintasi Sungai Barito dan Pulau Bakut ini masuk dalam jalur Trans Kalimantan yang menjadi penghubung Kota Banjarmasin dan Palangkaraya di Kalimantan Tengah dan sekitarnya.

Dengan ketinggian jembatan yang mencapai 15-18 meter dari permukaan air, bagian bawah jembatan masih bisa dilalui oleh moda transportasi air seperti Kapal Tongkang.

Jika kamu ingin mengunjungi destinasi wisata ikon Banjarmasin ini, kamu harus berkendara sekitar 15 km dari pusat kota menuju ke wilayah Kabupaten Barito Kuala, tempat jembatan ini berada.

3. Taman Wisata Alam Pulau Bakut

Taman Wisata Alam Pulau Bakut
https://www.instagram.com/fa_amelia/

Jika kamu sudah sampai di Jembatan Barito, pilihan wisata terdekat dari sana adalah Pulau Bakut. Di sini merupakan tempat penangkaran Bekantan (Nasalis Larvatus).

Tempat wisata di Banjarmasin ini memiliki luas sekitar 15,8 hektar. Kawasan wisata ini juga menjadi lebih terawat berkat kerjasama pembiayaan dari BKSDA Kalsel dan PT Adaro Indonesia.

Lokasi yang diresmikan pada 7 November 2018 oleh Bupati Barito Kuala ini memang diperuntukkan sebagai sarana wisata pendidikan, terutama bagi pelajar.

Untuk menuju ke Pulau Bakut, kamu hanya perlu menyeberang Sungai Barito, dengan membayar 10 ribu rupiah tiket pulang pergi naik perahu. Jadi, selain mengunjungi penangkaran Bekantan, kamu sekalian merasakan pengalaman menyeberang Sungai Barito.

4. Aquatica Waterpark

bermain air di Aquatica Waterpark

Yang satu ini merupakan contoh tempat wisata di Banjarmasin yang berupa wahana rekreasi air buatan khas perkotaan. Lokasinya berjarak sekitar 7 km dari Bandara Internasional Syamsudin Noor.

Tidak hanya kolam renang untuk anak dan dewasa, tempat wisata ini juga menyediakan aneka permainan outbond yang seru bagi seluruh keluarga. Fasilitasnya juga memadai dengan toilet dan tempat bilas. Terkadang, ada live music yang ditampilkan di sini.

LAGI HITS
Wisata Bantul

Harga tiket masuknya cukup 30 ribu rupiah di hari biasa dan 35 ribu rupiah di akhir pekan. Taman rekreasi air Aquatica Waterpark buka mulai pukul 09.00-17.30 WITA.

Alamat lengkap Aquatica Waterpark berada di Jalan Trikora, Guntungmanggis, Landasan Ulin, Kalsel.

5. Menara Pandang Banjarmasin

Menara Pandang Banjarmasin
https://www.instagram.com/wenk_elshaa92/

Tempat wisata di Banjarmasin ini menawarkan pengalaman melihat seluruh kota Banjarmasin dari ketinggian. Lokasi Menara Pandang berada di dekat pasar apung di Sungai Martapura.

Destinasi wisata populer ini buka setiap hari mulai pukul 10.00 WITA. Jam tutupnya adalah pukul 21.00, kecuali hari Sabtu. Menara Pandang tutup pukul 22.00 di malam minggu. Biasanya, bangunan ini selalu ramai dipadati pengunjung.

Karena terkenal padat pengunjung, area sekitar Menara Pandang acapkali digunakan untuk berbagai acara publik masyarakat Banjar seperti lomba, pameran, dan lain-lain.

Menara ini memiliki 4 lantai. Lantai teratas adalah ruang terbuka dimana pengunjung bisa melihat keseluruhan pemandangan kota Banjarmasin dari tempat ini. Berbagai landmark kota Banjarmasin dapat kamu lihat dari lantai teratas Menara Pandang.

Baca Selengkapnya: 24 Tempat Wisata Pontianak Paling Populer

6. Wisata Rumah Sangkut Gunung Kupang

daya tarik Wisata Rumah Sangkut Gunung Kupang
https://www.instagram.com/visitiindonesiaku/

Hal yang menarik dari tempat wisata di Banjarmasin ini adalah awal terbentuknya yang tidak wajar. Entah mengapa, kontraktor pengembang Perumahan Graha Praja Indah Banjarbaru sengaja menyisakan sepetak tanah ketika mereka mengikis Gunung Kupang.

Karena tampak seperti tersangkut di tebing, rumah ini jadi perhatian khalayak dan tenar menjadi tempat wisata dan spot foto sosial media. Jika datang ke sana, pastikan kamu mengambil gambar dengan latar belakang rumah ini, ya.

Pengunjung memberi banyak julukan pada rumah ini, mulai dari hanging house, rumah jomblo, hingga rumah setan.

Pintu Rumah Sangkut sudah terlihat tidak utuh dan dinding-dinding kayunya mulai tanggal. Jika kamu penasaran bagian dalam rumahnya, kamu bisa menggunakan tangga untuk naik. Dari atas, kamu bisa melihat pemandangan alam Banjarmasin yang mempesona.

LAGI HITS
Tempat Wisata Sumedang

7.Danau Seran

sepot menarik di Danau Seran
https://www.instagram.com/siti_saadah134/

Danau Seran merupakan bekas area penambangan intan. Lokasinya terletak sekitar 3 km dari Kampung Purun dan sekitar 17 km dari Bandara Internasional Syamsudin Noor.

Tempat wisata di Banjarmasin yang berupa perairan ini memiliki sebuah pulau di tengahnya, yang bernama Pulau Asmara. Pengunjung bisa mencapai pulau tersebut dengan menaiki perahu klotok. Pulau ini dipenuhi tumbuhan bakau.

Air danaunya jernih, sehingga kamu bisa melihat hingga dasar danau. Kedalaman danau ini sekitar 5-7 meter saja karena telah menyusut debit airnya. Kamu bisa menyewa perahu klotok, sampan, atau sepeda air untuk menikmati keindahan danau sambil mengelilinginya.

Saat ini, telah dibangun pula sebuah kolam renang khusus untuk anak-anak di samping danau. Pengunjung dewasa dapat menikmati aktivitas snorkling karena sudah terdapat tempat sewa alatnya.

Baca Juga: Pulau Derawan, wisata kekinian dengan 7 keseruannya

8. Pasar Apung Muara Kuin

Pasar Apung Muara Kuin yang terkenal

Pasar Apung Muara Kuin adalah pasar apung tertua di Banjarmasin dan telah ada sejak 5 abad yang lalu. Lokasi ini adalah tempat wisata di Banjarmasin yang eksotis dan wajib dikunjungi.

‘Dukuh’ atau penjual di pasar apung ini juga menggunakan ‘jukung’ untuk berjualan. Sistem barter sudah mulai ditinggalkan, namun masih banyak aspek budaya yang tertinggal dan bisa dirasakan.

Kamu harus bangun sebelum jam 4 pagi jika ingin mengunjungi Pasar Apung Muara Kuin. Perjalanan dimulai dari pusat kota menuju Desa Alalak, memakan waktu sekitar 15 menit. Lalu, kamu bisa menyewa perahu kelotok menuju ke muara Sungai Kuin.

Agar lebih praktis, kamu bisa mencari hotel atau penginapan di sekitar aliran sungai. Pesanlah kelotok sehari sebelumnya dan minta dijemput di dermaga di depan hotel.

9. Pantai Jodoh

Pantai Jodoh
https://www.instagram.com/ikanurlaily07/

Kawasan wisata ini sangat populer diantara anak muda Banjarmasin. Tempat wisata di Banjarmasin ini sebenarnya adalah kawasan pedestrian di atas Sungai Martapura, yang kemudian disulap menjadi destinasi wisata populer.

LAGI HITS
Tempat Wisata di Bali

Pantai Jodoh tidak berhubungan dengan laut sama sekali. Konteks pantai di sini maksudnya adalah tepian, yang maksudnya adalah tepian sungai.

Lokasi Pantai Jodoh berada di Jalan Sudirman, Siring, Antasan Besar. Biasanya, pengunjung datang hanya sekedar untuk bersantai, menikmati pemandangan, atau berjalan-jalan. Kawasan ini biasanya ramai didatangi pengunjung di akhir pekan atau hari libur.

Di sekitar objek wisata ini juga terdapat taman yang tertata apik, sehingga menambah kenyamanan pengunjung saat datang ke Pantai Jodoh. Kamu juga bisa menikmati kuliner khas Banjar di sini.

10. Bukit Rimpi

Bukit Rimpi yang asri
https://www.instagram.com/abifirman1202/

Jika kamu pernah menonton film anak-anak Teletubbies, mungkin kamu pernah membayangkan betapa menyenangkan jika ada tempat seperti itu di dunia nyata. Untungnya, kamu dapat menemukannya di Bukit Rimpi.

Tempat wisata di Banjarmasin ini terletak di Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Banjarmasin. Penampakan lokasi ini adalah savana yang dihiasi hamparan rumput hijau yang memanjakan mata.

Terkadang, kamu bisa melihat gerombolan hewan ternak sedang melintas atau mencari makan. Suasananya betul-betul seperti di luar negeri. Di sini juga merupakan salah satu spot terbaik untuk melihat sunrise atau matahari terbit.

Untuk datang ke lokasi ini, kamu perlu menempuh perjalanan dengan kendaraan selama sekitar 2 jam dari pusat kota Banjarmasin, atau sekitar 30 menit dari Pelaihari.

Baca Rekomendasi: Pulau Maratua, Eksotisme Maldives-nya Indonesia!

11. Air Terjun Bajuin

Air Terjun Bajuin
https://www.instagram.com/pendaki_kalimantan/

Pelaihari bagaikan paket lengkap tempat wisata di Banjarmasin yang bertema alam. Di daerah ini, kamu juga bisa mengunjungi Air Terjun Bajuin. Lokasinya sekitar 10 km dari pusat kota Pelaihari, atau sekitar 2,5 jam perjalanan.

Objek wisata ini masih asri dan alami. Meskipun tak ada fasilitas apapin, namun keindahan alamnya membuat lokasi ini layak dikunjungi. Tak ada yang akan meminta bayaran tiket masuk, karena memang belum ada pengelolanya.

LAGI HITS
Pantai Klayar

Di sini, kamu bisa melihat kejernihan air dan berenang di sekitar air terjun. Terdapat pula flora unik yang dapat kamu temui, seperti berbagai jenis anggrek hutan dan bunga bangkai. Bermacam-macam jenis burung juga hidup di sini.

Kawasan Air Terjun Bajuin berhawa khas pegunungan yang sejuk dan segar. Pemandangannya juga indah dan eksotis.

12. Gua Batu Hapu

Gua Batu Hapu yang exsotis
https://www.instagram.com/seputar_banjar_/

Legenda asal muasal gua ini dipercaya sebagai pecahan kapal milik seorang anak durhaka bernama Angui, yang dikutuk ibunya, Nini Kudampai menjadi batu. Ceritanya mirip dengan Malin Kundang.

Lokasinya terletak di daerah Binuang Kalsel. Tepatnya di Desa Batu Hapu, Kecamatan Hatungun, Kabupaten Tapin. Lokasinya tak jauh dari Pasar Binuang.

Gua Batu Hapu terletak di tengah bukit, sehingga kamu harus menaiki puluhan anak tangga untuk sampai ke lokasi.Seperti gua pada umumnya, Gua Batu Hapu juga memiliki ukiran alami stalagmit dan stalagtit.

Kamu harus hati-hati saat menyusuri gua, karena di dalam sangat lembab, membuat tanah di sepanjang jalurnya menjadi licin.

Tidak ada penjual makanan di sana. Ada baiknya kamu membawa perbekalan makanan dan minuman yang cukup saat berkunjung ke Gua Batu Hapu.

Kalimantan Selatan memiliki begitu banyak destinasi rekreasi eksotis, contohnya adalah berbagai tempat wisata di Banjarmasin yang telah diuraikan di atas.

Lihat Review: 9 Aktivitas Seru di Pantai Galesong

Selain alam, budaya Banjar juga memiliki nilai tersendiri yang menarik. Seperti tradisi pasar apung yang menjadi daya tarik wisata Banjarmasin.

Berbagai pilihan tempat wisata di Banjarmasin membuktikan Indonesia kaya akan keragaman budaya dan keindahan alam. Tugas kita adalah menjaganya agar tak hilang karena jaman dan dapat dinikmati oleh generasi mendatang.

/ 5. Vote count:

0
Jessica Susanti Jalan-jalan sambil nyari makan

Gunung Lembu

Jessica Susanti
7 min read

Pantai Prigi

Jessica Susanti
6 min read

Pantai Nglambor

Jessica Susanti
6 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *