Jessica Susanti Jalan-jalan sambil nyari makan

Tempat Wisata Di Bekasi

7 min read

Tempat Wisata Di Bekasi

Meskipun lokasinya berada di dekat ibukota dan merupakan kota besar, ternyata tempat wisata di Bekasi cukup banyak. Salah satu kota satelit Jakarta ini bisa menjadi pilihan destinasi wisata warga ibukota dan penduduk setempat di tengah keterbatasan waktu liburan dan tak bisa pergi jauh.

Didominasi taman air dan kolam renang, Bekasi masih menawarkan beberapa pilihan tempat wisata alam yang menarik, seperti pantai dan danau. Terdapat juga objek wisata kota seperti hutan kota.

Menawarkan pilihan destinasi wisata yang beragam, Bekasi adalah pilihan tepat untuk dijadikan alternatif tujuan rekreasi. Ditambah lagi, letaknya berada di kawasan perkotaan, wisatawan akan mudah menemukan penginapan atau hotel.

Diantara puluhan tempat wisata di Bekasi, berikut rangkuman pilihan objek wisata terbaik yang ditawarkan kota di Jawa Barat ini:

1. Go Wet Waterpark – Grand Wisata

Tempat Wisata Di Bekasi Go Wet Waterpark
https://www.instagram.com/stevenadityaa/

Berlokasi di Grand Wisata, Go Wet Waterpark memiliki sarana lengkap untuk pengalaman bermain air dengan cara baru yang seru. Terdapat 5 jenis seluncuran, yakni Go Twist, Go Speed, Go Splash, Go Spin, dan Go Round.

Kolam ombak Go Wave juga pilihan seru. Jika kamu sedang ingin bersantai, pilihlah Go Lazy. Kamu akan santai di atas pelampung dan dibawa arus mengelilingi kolam. Nonton film dengan sensasi berbeda juga bisa di Go Wet 5D Theatre.

Kamu bisa berolahraga di bawah hujan buatan. Pilihan olahraganya futsal atau basket 3 on 3. Tempat wisata di Bekasi ini juga menawarkan promo paket-paket kunjungan dengan harga menarik.

Fasilitas yang disediakan juga lengkap. Stand-stand kuliner di sekitar adalah pilihan pengunjung saat mencari tempat makan di Grand Wisata.

2. Rumah Pohon Jatiasih

Rumah Pohon Jatiasi
https://www.instagram.com/liputanwisata_bekasi/

Seperti namanya, destinasi ini memiliki jajaran rumah pohon yang menggugah jiwa petualangan kita. Lokasi ini merupakan kawasan outbond yang memiliki suasana asri.

Wahana khas outbond, seperti flying fox dan wall climbing bisa dinikmati pengunjung salah satu tempat wisata di Bekasi ini. Wahana lain yang tersedia adalah ATV yang bisa disewa untuk mengelilingi kawasan ini.

LAGI HITS
Kawah Kamojang Garut

Terletak di kawasan Lippo Cikarang, objek wisata ini juga instagramable. Pemandangan indah karena lokasi ini dikelilingi danau. Bagi pengunjung yang membawa anak balita, terdapat arena bermain yang telah dilengkapi dengan tabung luncur, ayunan, dan kolam pasir.

Di sini juga telah memiliki fasilitas lengkap, seperti toilet dan mushola. Tempat wisata di Bekasi ini juga menyediakan kantin dengan pilihan kuliner seperti nasi bakar dan nasi timbel.

3. Rainbow Garden

tiket masuk Rainbow Garden
https://www.instagram.com/asep_abdul153/

Lokasi ini buka mulai pukul 11.00-22.00. Tiket masuknya juga murah, cukup membayar 5 ribu rupiah saja per orang. Rainbow Garden memiliki banyak spot-spot foto instagrammable yang pasti menarik untuk jadi tempat hunting foto untuk sosial media.

Lokasi ini disebut Rainbow Garden karena tata letaknya yang sedemikian rupa, menjadikan kawasan ini bergradasi warna seperti pelangi. Karena itu, tempat ini cocok untuk berfoto ria.

Salah satu tempat wisata di Bekasi ini memiliki taman bermain untuk anak-anak, yang telah dilengkapi arena Boom-boom Car. Permainan mobil senggol ini cukup populer dan sangat disukai anak-anak.

Serunya, pengunjung bisa menikmati santap kuliner di gazebo yang terletak di sepanjang kolam. Selain itu, ada fasilitas karaoke outdoor yang diperuntukkan bagi pengunjung yang ingin menunjukkan bakat menyanyinya.

4. Taman Rusa Kemang Pratama

Taman Rusa Kemang Pratama
https://www.instagram.com/mhndrav/

Dari namanya, kamu pasti sudah bisa membayangkan akan bertemu banyak rusa di sini. Kebanyakan, penghuni taman ini adalah rusa tutul, namun ada juga hewan lain seperti ayam mutiara. Pepohonan asri di sekitar lokasi juga membuat udara sejuk dan segar.

Untuk masuk ke sini, kamu tak perlu mengeluarkan uang sama sekali karena tiket masuknya gratis. Lokasinya berada sekitar 500 meter dari pintu masuk perumahan elit Kemang Pratama.

Kita tetap wajib jaga kebersihan saat berkunjung, ya. Dan jangan memberi makan hewan dengan sembarangan agar mereka tak jatuh sakit. Jika tak tahu harus memberi makan apa, cukup menikmati kelucuan hewan-hewan di sana saja.

Kunjungi Juga: 25 Tempat Wisata di Jakarta ini buat liburan

5. Kelenteng Hok Lay Kiong

tempat ibadah Kelenteng Hok Lay Kiong
https://www.instagram.com/arthikafasya_nst/

Agar dapat suasana berbeda, kamu bisa coba kunjungi Kelenteng Hok Lay Kiong yang berada di daerah Bekasi Timur ini. Kelenteng ini diperkirakan dibangun pada abad ke-18 dan merupakan kelenteng tertua di Bekasi. Nama Hok Lay Kiong berasal dari Bahasa Hokkian yang bermakna ‘pembawa berkah’.

LAGI HITS
Taman Wisata Kopeng

Tidak diketahui secara pasti, namun dari penuturan warga sekitar, kelenteng ini didirikan oleh buruh Tionghoa asal Batavia (Jakarta) di masa VOC Belanda.

Umat beragama Konghucu dari dalam dan luar kota acapkali datang ke kelenteng ini untuk berdoa. Tak jarang pula wisatawan yang berkunjung untuk tujuan rekreasi. Pengunjung dapat menikmati seni arsitektur dan budaya khas Tionghoa di sini.

6. Dunia Salju

Dunia Salju

Objek wisata ini merupakan contoh lain tempat wisata di Bekasi yang menarik dan wajib dikunjungi. Alamat lengkapnya di Revo Town, Lapangan Parkir Utara, Jalan Jendral Ahmad Yani Kav.1, Pekayon Jaya, Bekasi Selatan.

Lokasi ini buka mulai pukul 14.00-20.00.

Di tempat ini, kamu bisa bermain salju sepuasnya, hanya dengan membayar sekitar 60 ribu rupiah saja. Pengelola juga menyediakan jaket tebal agar kamu tak kedinginan di sana. Namun, jika kamu ingin menggunakan alat lain untuk bermain salju, kamu harus membawa alatnya sendiri.

Di kota Bekasi yang panas, destinasi wisata ini cocok untuk sejenak melarikan diri dari suhu tinggi paparan matahari. Agar lebih seru, kamu bisa mengajak anggota keluarga atau teman-teman untuk bermain bersama.

7. Curug Parigi

Curug Parigi
https://www.instagram.com/lovebekasi/

Curug artinya air terjun dalam Bahasa Sunda. Curug Parigi merupakan tempat wisata di Bekasi yang merupakan keindahan asli alam Jawa Barat. Lokasinya cukup tersembunyi, karena itu masih sedikit orang yang berkunjung.

Meskipun track menuju lokasi cukup sulit, sebenarnya ia terletak dekat di TPA Bantar Gebang.

Air terjun ini sering disebut sebagai versi mini air terjun Niagara di Kanada karena bentuknya sama-sama melengkung. Debit air di Curug Parigi juga cenderung meningkat di saat musim penghujan.

Jika kamu datang pada hari biasa, kamu harus bersiap membawa bekal makanan. Hal ini karena warung-warung penjaja makanan dan minuman di sekitar Curug Parigi hanya buka di akhir pekan. Kamu juga perlu bawa baju ganti, agar bisa bermain air tanpa khawatir pulang dengan baju yang basah.

Baca Juga: 9 Wahana Seru di Ecopark Ancol (Bermain Sambil Belajar)

8. Waterboom Lippo Cikarang

Waterboom Lippo Cikarang
https://www.instagram.com/bennybong74/

Tempat wisata di Bekasi memang didominasi wahana permainan air, seperti Waterboom Lippo Cikarang ini. Lokasi ini bisa jadi pilihan para orangtua saat mencari tempat rekreasi anak terbaik di Bekasi.

Jalur menuju lokasi sangat mudah dan bisa ditempuh dengan angkutan umum dan kendaraan pribadi. Jika kamu dari arah Jakarta, kamu bisa mengambil jalur tol kea rah Cikampek atau Karawaci. Jika kamu sampai di jalur tol JORR, kamu bisa lanjutkan perjalanan ke arah Cikarang Karawang.

Waterboom Lippo Cikarang memiliki banyak jenis permainan air yang seru. Ada kolam ceria, kolam arus, whirl pool, bahkan kamu bisa memesan minuman sambil berenang di Pool Bar And Juice Station. Seperti waterboom yang lain, kamu juga bisa naik seluncuran air super tinggi yang menantang adrenalin.

9. Situ Gede

luas Situ Gede
https://www.instagram.com/buya14/

Situ (danau) Gede juga merupakan tempat wisata di Bekasi yang sayang kalau di lewatkan. Danau ini berada di tepi Hutan Dramaga. Di danau seluas 6 hektar ini, kamu bisa naik perahu, memancing, atau sekedar berjalan-jalan di sekitar danau dan hutan.

Danau ini sangat populer dan sering dipakai untuk syuting film dan sinetron. Selain itu, berbagai kompetisi memancing juga pernah digelar di danau ini. Danau ini memang memiliki banyak ikan air tawar, seperti bawal, nila, dan lele.

Situ Gede berada sekitar 15 km dari pusat Kota Bekasi. Dulunya, danau ini tidak terawatt dan tampak seperti rawa-rawa kotor. Namun, pemerintah setempat mulai mengelola kawasan wisata ini dan berhasil menjadikannya tempat wisata populer.

10. Galaxy Tirta Mas

Galaxy Tirta Mas
https://www.instagram.com/sakaraw/

Satu lagi tempat wisata di Bekasi yang berupa wahana permainan air, yakni Galaxy Tirta Mas. Destinasi wisata ini juga merupakan pilihan kawasan rekreasi anak dan keluarga yang tepat. Lokasinya juga dekat dengan Mall Grand Galaxy Park.

Taman wisata air ini memiliki 4 kolam dan telah dilengkapi seluncuran setinggi 7 meter. Pengunjung juga bisa menikmati bersantai sambil mengelilingi kolam dengan ban di kolam arus.

Galaxy Tirta Mas juga memiliki fasilitas lengkap seperti parkir dan toilet. Pengunjung juga bisa memanjakan selera kuliner sembari nongkrong di area kolam karena pihak pengelola juga menyediakan café di lokasi.

Tiket masuk ke lokasi ini hanya sekitar 30 ribu rupiah per orang, Galaxy Tirta Mas buka setiap hari, mulai pukul 09.00-21.00.

11. Pantai Muara Gembong

Pantai Muara Gembong
https://www.instagram.com/oniewiltianto/

Meski berada di daerah perkotaan, ternyata tempat wisata di Bekasi ada yang berupa pantai.Salah satu contohnya adalah Pantai Muara Gembong di Desa Pantai Sederhana.

Kawasan pantai ini luasnya mencapai 70 hektar. Letaknya berada di ujung utara kota Bekasi. Dari pusat kota menuju pantai, kamu perlu menempuh perjalanan selama kurang lebih 2 jam menuju Jalan Pasar Muara.

Pantai Muara Gembong tak hanya indah. Tapi juga memiliki kekayaan flora dan fauna berupa hutan mangrove, lutung hitam, dan beberapa jenis burung lokal. Kamu akan ditemani suara burung yang bersahut-sahutan dan ramai di sekitar pantai.

Masyarakat sekitar pantai membudidayakan udang, ikan, dan rumput laut. Kamu boleh mengunjungi kawasan budidaya ini sembari belajar tentang cara budidayanya.

Lihat Juga: 5 Daya Tarik Museum Fatahillah yang Tak Pernah Pudar

12. Sirkus Waterplay

Sirkus Waterplay bekasi
https://www.instagram.com/themahaka.project/

Meskipun Sirkus Waterplay juga merupakan taman rekreasi air, namun tempat wisata di Bekasi ini menawarkan konsep yang berbeda, yakni bermain air dengan nuansa sirkus. Sesuai dengan temanya, tempat ini sangat berwarna-warni dan terdapat banyak badut.

Kelebihan lokasi ini adalah adanya kolam indoor. Jadi, kamu tidak perlu khawatir akan panasnya sengat matahari saat bermain air di sini. Pengunjung yang memiliki bayi bisa mengajak bayinya berenang di baby pool yang hangat.

Kawasan wisata yang beralamat di Jalan Wibawa Mukti II Nomor 36, Jatiasih, Bekasi ini juga memiliki fasilitas sauna.

Lokasi ini buka setiap hari, mulai pukul 08.00-17.00. Harga tiket masuknya 30-40 ribu tergantung apakah kamu datang di hari biasa atau di akhir pekan.

13. Sabana Dan Boulevard Deltamas

Sabana Dan Boulevard Deltamas

Tempat wisata di Bekasi ini lagi hits dan digandrungi anak muda. Penampakan Deltamas adalah areal rerumputan yang berbentuk mirip sabana. Lokasi ini sangat populer sebagai tempat mengambil foto prewedding dan foto selfie yang keren.

Hasil fotonya akan cantik karena rerumputan yang menjulang dapat menghasilkan efek dramatis pada hasil tangkapan kamera. Apalagi jika kamu menyewa jasa fotografer profesional, tentu hasilnya akan lebih maksimal.

Selain berfoto, kamu juga bisa sejenak melepas penat dan stress karena rutinitas dengan bersantai menikmati damainya sore hari di rerumputan yang lapang dan pepohonan.

14. Rimba Kota

hutan Rimba Kota
https://www.instagram.com/megantara_sam/

Sesuai namanya, Rimba Kota memang betul-betul menghadirkan suasana hutan di tengah kota. Dalam areal seluas sekitar 2 hektar ini, terdapat lebih dari 300 pohon yang tumbuh subur, serta rerumputan bak permadani hijau.

Kawasan yang diresmikan tahun 2012 dan berdasarkan PP Nomor 63 Tahun 2012 ini merupakan jalur para penyuka olahraga sepeda dan jogging. Selain itu, di tempat ini juga terdapat penangkaran burung, seperti burung kutilang dan merpati.

Rimba Kota juga telah dilengkapi dengan beragam fasilitas seperti track sepeda dan pejalan kaki, bangku taman, dan lampu penerangan. Tempat wisata di Bekasi ini tak hanya menjadi sarana rekreasi masyarakat, namun juga menjadi paru-paru kota Bekasi.

15. Venetian Water Carnival

Venetian Water Carnival

Lagi-lagi, pilihan tempat wisata di Bekasi yang merupakan sarana rekreasi taman air. Kali ini tema uniknya adalah karnaval khas Italia. Sehingga, bentuk ornament di lokasi mirip-mirip arsitektur Eropa.

Seluncuran air di Venetian Water Carnival lebih aman, karena tidak terlalu tinggi. Kolam-kolamnya juga ada beberapa pilihan, yakni kolam anak, dewasa, dan campuran.

Aktivitas seru yang lain adalah menonton film di bioskop 4D yang tersedia di lokasi. Selain itu, anak-anak bisa mencoba flying fox dan bungee jumping secara gratis. Wahana permainan ini hanya diperbolehkan bagi anak-anak di atas 5 tahun.

Harga tiket masuknya adalah 35 ribu rupiah di hari biasa, dan 50 ribu rupiah di hari libur. Fasilitas di lokasi juga termasuk food court. Karena itu, pengunjung dilarang membawa makanan dari luar.

Simak Review: Wisata Kota Tua Jakarta, Tempat Paling Instagramable

Bekasi sebagai kota besar, masih memiliki berbagai pilihan tempat wisata, baik alam maupun buatan. Contohnya seperti berbagai pilihan taman rekreasi air, hutan kota, pantai, danau, dan air terjun.

Meskipun didominasi wahana permainan air buatan, Bekasi juga banyak memiliki wisata alam. Meskipun banyak wisata buatan, namun keunikan masing-masing lokasi menjadi daya tarik tersendiri bagi tiap-tiap destinasi wisata.

Dengan keberadaan berbagai pilihan ini, masyarakat sekitar tak perlu berwisata ke lokasi yang jauh, karena sudah banyak tersedia tempat wisata di Bekasi yang dapat menjadi pilihan.

/ 5. Vote count:

0
Jessica Susanti Jalan-jalan sambil nyari makan

Gunung Lembu

Jessica Susanti
7 min read

Pantai Prigi

Jessica Susanti
6 min read

Pantai Nglambor

Jessica Susanti
6 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *