Tempat Wisata Di Bogor

7 min read

Tempat Wisata di Bogor pilihan

Bisa bayangin donk gimana cuacanya di Kota Hujan, Bogor? Dingin pastinya. Eits tapi ngangenin lho, karena banyak tempat-tempat wisata di Bogor yang super keren.

Pilihan berlibur ke Bogor menjadi alternatif terbaik buat kamu dan keluarga. Kamu bakalan nemuin banyak tempat wisata yang unik di sini. Salah satunya adalah tempat wisata yang mengusung tema negara-negara di dunia. Ala-ala Eropa gitu deh.

List tempat-tempat wisata di Bogor jangan sampai ada yang terlewat dalam catatannya ya. Berikut ada sebagian kecil yang bisa kamu intip.

1. Museum Etnobotani

tempat wisata di bogor Museum Etnobotani

Kalau mau berwisata tu yang think smart. Jangan hanya milih wisata yang murah dan asal seneng aja, tapi yang murah dan berisi. Betul nggak? Cocoknya ya ke Museum Etnobotani Bogor tempatnya. Kamu wajib ke sini buat ngebuktiinnya.

Museum ini menjadi saksi bisu perkembangan sepak terjang para ilmuwan yang meneliti tentang budaya Indonesia. Kamu bakalan tahu apa alasan setiap suku bangsa memiliki kebudayaan sendiri-sendiri. Dulunya pernah kamu hafalin pas pelajaran IPS, kini kamu bisa melihatnya secara langsung.

Tiket masuk ke museum ini super, super, super murah. Cuma Rp 2.000,- saja kamu bakalan puas menimba ilmu praktis di sini. Yuk yuk cepetan ajak anak, keluarga, pacar, teman, dan semuanya ke sini.

2. Situ Gede

wisata Situ Gede

Wisata ke Bogor ada juga lhoo yang super super murah meriah bahkan gratis tis tis. Di sini ni tempat wisata di Bogor yang dimaksud. Situ Gede. Sebuah area wisata alam berupa danau. Kamu bisa bersantai ria di sini menikmati pemandangan alam sekitar yang memanjakan mata.

Kamu bisa menikmati asyiknya memancing di sini. Langsung dari danau dan sambil menikmati dinginnya air Situ Gede. Untuk bulan madu atau prewedding pun cocok lho. Kamu bisa sewa perahu mengitari danau.

3. Gunung Pancar

tempat wisata di bogor Gunung Pancar

Capek muter-muter Kota Bogor, paling cocok ngadem. Kamu bisa ngadem di Gunung Pancar. Pesona alam gunung Bogor yang menakjubkan akan menyapamu di sini. Rasa capek musnah seketika.

Pemasangan hutan lindung, pemandian air panas, pancuran mata air, lapangan outdoor serbaguna, dan satwa-satwa liar endemik menandingi suguhan wisata yang tak tergantikan. Kamu bisa berkuda kalau nggak puas cuma jalan kaki saja. Mengatasi setiap sudut gunung yang dijamin bagus banget. Cuma dengan Rp 2.000,- saja kamu bisa menikmati keindahan Gunung Pancar sesukamu.

Selengkapnya klik: Camping Seru di Gunung pancar

4. Telaga Malimping

Telaga Malimping bogor

Bogor yang dingin sangat sayang untuk ditinggalkan begitu saja. Mumpung masih di sini, kamu bisa berwisata ke telaganya Bogor lho. Ya, namanya Telaga Malimping.

Kamu bisa melihat pemandangan telaga dengan hehijauan sekitar yang segar serta air telaga yang jernih. Hembusan angin sepoi-sepoi bikin kamu semakin menikmati suasana pastinya.

Untuk datang ke sini, kamu nggak perlu takut beli tiket mahal.

  • Untuk tiket masuknya saja, kamu cukup bayar Rp 2.500,- saja.
  • Untuk sekalian menyewa Banana Boat, kamu bisa membayar Rp 10.000,-
  • Main flying fox hanya Rp 15.000,-

Rata-rata biaya sewa wahana-wahana yang ada di Telaga Malimping ini masih sangat terjangkau.

5. Air Panas Ciparay

wisata bogor Air Panas Ciparay

Kalau nggak mau cepet-cepet meninggalkan Bogor, kamu bisa bersantai sejenak di wana wisata Air Panas Ciparay. Berendam air panas alam yang bakalan bikin tubuh kamu fresh lagi buat perjalanan pulang, usai berkeliling Bogor. Tempat wisata di Bogor yang satu ini mudah banget dijangkau.

Lokasinya ada di Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Kamu bisa melihat banyak petunjuk jalan ke arah tempat wisata ini. Siapkan Rp 4.000,- saja untuk tiket masuknya. Murah banget kan?

6. Penangkaran Rusa Giri Jaya

Sama kayak berkunjung ke kebun binatang, tapi lebih ke pelestarian ini situ, karena binatangnya langsung ditempatkan di jahitan asli. Ribuan rusa bakalan menyapa kamu di sini. Kamu bisa memberinya makan atau mengajaknya selfie.

Mengamati tingkah polah rusa berbagai spesies dari seluruh negara di dunia sambil outbound pun bisa kamu lakukan di sini. Ada banyak wahana outbound yang disediakan, tujuannya adalah untuk memberikan kepuasan bagi pengunjung.

Baca Juga: 23 Tempat Wisata di Bandung yang Lagi Hits & Wajib dikunjungi

7. Warso Farm

Tempat Wisata Bogor Warso Farm

Denger tempat wisata di Bogor yang satu ini, kamu pasti langsung teringan lezatnya durian. Bau durian lah yang pertama kali kamu cium sejak melangkahkan kaki ke sini. Ya, emang beneran, Warso Farm ini adalah kebun buah durian.

Durian, si raja buah, yang digemari banyak orang. Kamu bakalan menelan ludah saat masuk area kebunnya, karena ada berbagai jenis buah durian di sini. Sampai sekarang sudah hampir seribu pohon durian tertanam di sini. Kamu bebas makan durian sesuai jenis yang kamu sukai di sini. Ngiler kan?

8. PPKAB

Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bogor

Apalagi sih ini? Singkatan dari Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bogor maksudnya. Sebuah tempat yang dijadikan wana wisata alam di Bogor karena hutannya yang masih asri.

Ada jembatan tali yang cukup besar dan panjang di sini. Bagi kamu yang nggak takut ketinggian, kamu bisa melewatinya. Jembatan ini bakalan memacu adrenalin kamu lhooo soalnya jembatan ini emang benar-benar curam dan hanya terbuat dari papan kayu sebagai alas dan tali sebagai pegangannya.

9. Danau Quarry Jayamix

Wisata Bogor Danau Quarry Jayamix

Di dekat stasiun juga ada tempat wisata yang menarik, yakni Danau Quarry Jayamix. Danau ini beda banget dari danau lainnya. Kamu bakalan dibuat tak mau mengedipkan mata karena suguhan pemandangan yang indah.

Danau ini berada di tengah-tengah tebing yang curam. Kamu bakalan ngerasa seperti sedang berada di dalam lubang. Ya, memang benar, karena danau ini adalah bekas galian pasir. Sempatkan wefie dan selfie di sini dan ambil sebanyak-banyaknya.

10. Pura Parahyangan Agung Jagatkarta

Tempat Wisata di Bogor

Kalau Bali punya banyak pura yang dijadikan tempat wisata sih udah biasa. Tapi kalau Bogor punya tempat wisata berupa pura yang terkenal itu baru luar biasa. Bagaimana enggak, tempat wisata di Bogor yang satu ini adalah pura terbesar nomer dua setelah Pura Besakih Bali. Wow!

Bangunannya benar-benar elok, so jangan lupa jadiin spot foto terbaikmu ya.

Pura ini adalah pura peninggalan Kerajaan Padjajaran. Tujuan pembangunannya adalah untuk makam para tokoh kerajaan. Pura Parahyangan ini bukan hanya terdiri dari satu pura aja lho, tapi ada beberapa pura di sini.

11. The Jungle Bogor Waterpark

Tempat Wisata Bogor The Jungle Waterpark

Jangan lupa yang butuh liburan bukan hanya orang dewasa aja. Perhatikan minat anak juga donk. Mereka juga pengendalian seru-seruan. Ajak ke sini ya, The jungle Bogor Waterpark.

Anak-anak bisa main sepuas-puasnya di sini. Puluhan wahana air tersedia di sini. Dijamin anak-anak akan sangat menyukainya. Konsep bermain air yang beda dari yang lainnya. Buruan deh kesini, sebelumnya anak-anak badmood.

12. Museum Zoologi

Museum Zoologi

Dilihat dari namanya, museum ini akan berhubungan dengan hewan. Ya, bener. Di sini kamu bakalan melihat banyak replika binatang. Cocok banget buat wisata edukasi anak-anak.

Bahkan yang paling menarik dari museum ini adalah ada banyaknya kerangka binatang-binatang yang sudah punah. Ukurannya raksasa semua dan dijamin sangat menarik. Anak akan semakin terangsang untuk banyak bertanya. Yuk ajak anak-anak ke sini biar pengetahuan mereka semakin banyak.

Kunjungi Juga: Museum Zoologi Bogor & 20 Koleksi Terbaiknya (Wajib Dikunjungi)

13. Marcopolo Adventure

Wisata Bogor Marcopolo Adventure

Anak-anak emang sukanya main. Makanya banyak pilihan tempat wisata di Bogor yang menawarkan permainan untuk anak-anak. Satu tempat khusus menyediakan permainan anak. Kata di Marcopolo Adventure ini.

Di sini anak-anak kamu bakalan puas main wahana permainan air. Kalau hanya sehari saja di sini, nggak bakalan cukup deh. Soalnya banyak banget wahana air yang wajib dicoba. Makanya kamu dan anak-anak bisa nginep di fasilitas penginapannya.

14. Museum PETA

Wisata Museum PETA

Kepanjangan dari PETA ini sendiri adalah Pembela Tanah Air. Di mana PETA ini adalah prajurit pemuda yang berjuang saat perubahan Jepang. Kamu bisa belajar sejarahnya secara detail di museum ini.

Semua pemuda yang masuk pasukan PETA dididik untuk berjuang keras membela bangsa. Jatuh bangun perjuangannya sebagai penerus pejuang bangsa tergambar jelas pada benda-benda koleksi museum ini. Bogor ikut andil dalam melestarikan perjuangan pahlawan. Kamu nggak pengen ikut andil juga?

15. Taman Safari Bogor

Tempat Wisata di Bogor

Melihat berbagai macam satwa secara langsung di hutan bisa menjadi pilihan wisata untuk si kecil. Kamu bisa menyusuri setiap sudut Taman Safari dengan kendaraan yang telah disediakan. Ambil foto-foto terbaik anak-anak saat berinteraksi dengan satwa di sana.

Lokasi Taman Safari ini adalah di Cisarua. Tempat wisata ini sudah sangat terkenal, jadi rugi banget kalau kamu nggak ajak anak-anak ke sini. Tunjukkan kekayaan satwa Indonesia di Taman Safari Bogor ini.

16. Tirta Sanita Ciseeng

Anak-anak masih akan berkutat dengan dunia air juga di sini. Banyak wahana permainan air yang bisa dimainkan anak-anak. Mereka bakalan sangat menikmati karena permainan di sini sangat seru.

Sembari menunggu anak-anak main, kamu bisa berendam di pemandian air hangat. Rileks ya dapet, santainya dapet, momong pun sukses. Penasaran kan? Yuk mari kesini.

17. Goa Agung Garunggang

Goa Agung Garunggang

Bogor yang dingin ternyata menyimpan kekayaan wisata yang sangat memukau. Wisata dari dalam tanah adalah salah satunya. Goa Agung Garunggang menjadi objek wisata paling baru di Bogor.

Goa ini berada di kawasan Sentul Bogor. Kamu bakalan merasakan tantangan yang menyenangkan untuk mencapai goa ini, karena goa ini berada di dalam tanah. Persis seperti sedang masuk ke lubang sumur.

Tapi kamu bakalan takjub setelah masuk ke dalam goa. Deretan stalakmit dan stalaktit yang indah bakalan menyapa kamu. Kamu diwajibkan mengambil gambar sebanyak-banyaknya deh pokoknya. Buruan rasakan sensasinya mumpung masih sepi pengunjung.

18. Taman Sakura

Taman Sakura di Bogor

Kamu nggak asing lagi kan dengan Puncak Bogor? Ya, kawasan dataran tinggi milik Bogor yang dijamin membuat pikiran menjadi fresh. Nggak ke Bogor namanya kalau belum ke Puncak. Apalagi kini ada Taman Sakuranya di sini. Bakalan semangat banget deh kesananya.

Ya, Taman Sakura yang berada di area Kebun Raya Cibodas ini adalah Jepangnya Bogor. Gimana enggak, Bunga Sakura kan bunga khasnya Jepang. Kamu bisa berfoto ria di sini. Action cekrek sana, cekrek sini. Udah kayak di Jepang deh pokoknya. Romantis abis.

Lihat Juga: Chinatown Bandung (Wisata Budaya Nan Kekinian Yang Sedang Viral)

19. Taman Wisata Mekarsari

Tempat Wisata di Bogor

Kamu pecinta buah? Yuk mari kesini. Ke Taman Wisata Mekarsari. Ada berbagai jenis buah di sini yang bakalan bikin kamu ngiler deh.

1470 jenis buah tertanam kuat di sini. Buahnya berkualitas semua karena dirawat dengan baik. Kamu bisa makan buah langsung dari pohonnya lho. Asyik banget. Perut kenyang, sehat, dan pastinya liburan pun tetap mantap.

20. Kampung Budaya Sindangbarang

Kampung Budaya Sindangbarang

Puas berkeliling Sentul, kamu bisa langsung gas ke daerah Mekarsari Bogor. Di sini kamu bisa meneruskan perjalanan wisata edukasi yang super unik dan menyenangkan pastinya. Kampung Sindangbarang lah tempatnya.

Di kampung ini, kamu bisa mengenal lebih jauh tentang budaya Sunda. Iya, budayanya orang Bogor asli yang notabene orang Sunda. Berbagai adat istiadat dan peninggalan budaya tempo dulu ada di sini. Kapan lagi donk belajar banyak tentang Suku Sunda kalau nggak di sini.

21. Air Terjun Bidadari

Air Terjun Bidadari di Bogor

Masih di Sentul lagi, tempat wisata di Bogor yang satu ini sungguh mempesona. Air terjun yang menyimpan keindahan tiada duanya. Kamu bukan hanya bisa menikmati air terjun saja, melainkan juga menikmati wahana Waterpark di sini.

Liburan keluarga di Curug Bidadari Bogor ini harus menjadi agenda wajib di list wisata kamu ke Bogor. Kamu bakalan puas menikmati liburan di sini, soalnya kamu akan dihadapkan pada Waterpark yang memiliki pasir putih asli dari Bangka. Kamu bisa main air sepuasnya ditambah main pasir. Unik kan?

22. Devoyage

Taman Wisata Devoyage Bogor

Ini ni kampung Eropa yang bisa kamu datangi di Bogor. Tanpa jauh-jauh pergi ke benua Eropa, kamu bisa ke sini. Mengabadikan setiap moment di sini bakalan membuat liburanmu super menyenangkan.

Beberapa hal yang bisa kamu temui di sini diantaranya adalah rumah bermain, rumah foto, kebun binatang mini, rumah kincir angin Belanda, Menara Eiffel, gondola Venesia, dan juga rumah souvenir.

Beri kejutan ke keluargamu untuk merasakan nikmatnya liburan ala Eropa di dalam negeri. Nggak bakal nyesel deh kalau dah tahu tempat wisata di Eropa yang satu ini.

23. De Ranch Megamendung

De Rancho Megamendung

Wisata Bogor rasa Eropa satu ini cocok buat kamu yang pengen ngerasain jadi koboi. Lokasinya di Puncak, sehingga kamu bisa ngerasain segarnya udara dingin Bogor. Tapi ala-ala Eropanya dapet banget lho.

Di sini kamu bisa naik kuda layaknya koboi di film-film Eropa itu lho. Sambutan warna-warni bunga dan kastil-kastil cantik bikin kamu semakin betah aja jadi koboi. Cocok juga lho buat wisata keluarga. Beri kesan liburan bermakna untuk keluarga tercintamu.

24. Highland Park Resort

Highland Park Resort di Bogor

Bogor memiliki tempat wisata yang unik, karena bukan hanya tempat wisata yang umum saja yang dijadikan tempat wisata, melainkan juga tempat yang tidak biasa. Salah satunya adalah penginapan yang masuk list tempat wisata Bogor. Highland Park Resort adalah nama penginapan unik ala Eropa yang balalanembuat liburan kamu lebih berwarna.

Ada pemukiman ala Mongolia di Highland ini yang bakalan memanjakan mata kamu. Pemukiman itu adalah tema dari kamar-kamar di penginapan ini. Kamu bakalan merasakan sensasi tidur di tenda lha Mongolia ini. Bentuknya kerucut berwarna putih yang lengkap dengan dekorasi khas Mongolia.

25. Little Venice Kota Bunga

Bagi kamu yang ngebet banget pengen ke Kota Venesia, Italia, kamu bisa ke Bogor lho. Nggak perlu jauh-jauh ke luar negeri. Ini dia Little Venice Kota Bunga di kawasan Puncak Bogor.

Kamu nggak bakalan nyesel datang ke sini. Mirip banget Ama kota Venesia pokoknya. Tempat wisata di Bogor ini memang sengaja didesain untuk memberikan kenyamanan pada pengunjung:

  • Kamu bisa berselfie ria dengan berbagai bangunan rumah bergaya internasional. Hasilnya bikin kamu memang benar-benar dari luar negeri. Cocok ni buat bikin temen-temen kamu takjub.
  • Kamu bisa menginap juga lho di sini. Soalnya tempat ini adalah area villa puncak Bogor yang memang diperuntukkan bagi para pengunjung yang ingin menginap.
  • Berbagai wahana bermain untuk anak kamu pun tersedia lengkap di sini.
  • Ada danau buatan yang bisa dilewati dengan perahu khas Venesia yang terkenal itu lhooo, tahu kan? Ya, Mississippi Boat Ride.

Simak Review: Keraton Kasepuhan Cirebon Arsitektur Menawan Bersejarah

Deretan tempat wisata di Bogor tersebut hanya perwakilan keindahan Bogor saja. Masih banyak tempat wisata suara lain yang wajib kamu kunjungi. Sisipkan cerita liburan bermakna dibalik oleh-oleh talas Bogor yang kamu bawa.

Tempat Wisata di Semarang

Fitria
7 min read

Tempat Wisata di Medan

Fitria
7 min read

Tempat Wisata di Bali

Fitria
7 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *