Tempat Wisata Di China

7 min read

15 Pesona Tempat Wisata di China yang Paling Hits dan Instagramable

Tempat wisata di china. Sekilas yang wajib kamu ketahui tentang negeri tirai bambu ini. China atau sekarang dikenal dengan nama Tiongkok, merupakan Negara yang terletak di benua asia, tepatnya bagian Asia Timur. China menempati urutan pertama di dunia dengan jumlah populasi terbesar sekitar 1,4 miliyar jiwa.

Luas Negara China pun tidak main-main, luas wilayah china sekitar 9,69 juta kilometer persegi. Dengan luas ini, China menjadi Negara terbesar di dunia dengan menempati urutan ketiga di dunia. Sumpah luas banget ini mah.

Tempat wisata di China menawarkan berbagai macam wisata yang wajib dikunjungi. Yuk scroll kebawah, simak nih aku akan bahas objek wisata yang terkenal di negeri tirai bambu.

1. Tembok Besar China (Great Wall)

Tembok Besar China (Great Wall), Objek Wisata yang Sangat Ikonik

Kamu masih inget pelajaran ips saat di bangku sekolah yang membahas tentang Tujuh Keajaiban Dunia? Ya, tembok besar china menjadi salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia.

Tahun 1987 bangunan ini resmi dimasukkan ke dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO WHO. Tempat wisata ini diperkirakan dibangun pada masa periode Dinasti Ming dengan panjang tembok 8.851 kilometer.

Bangunan ini didirikan dari tumpukan tembok-tembok kecil yang disusun rapi. Pembangunan tembok besar ini melibatkan berbagai macam dinasti di China dan membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk menyelesaikannya.

Kamu bisa dengan bebas mengeksplor tempat wisata di china ini, lengkap dengan pemandangan dataran perbukitannya loh. Lokasinya di Distrik Houairou, Tiongkok.

Kamu dapat membayar 120 yuan atau sekitar Rp 275.000 untuk menikmati keindahan dari salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia ini.

2. Kota Terlarang (Forbidden City)

Forbidden city merupakan tempat wisata di china bersejarah dari masa Dinasti Ming. Pada tahun 1987, tempat ini resmi dimasukkan kedalam daftar Situs Warisan Dunia Unesco.

Istana megah ini berada di tengah-tengah pusat Kota Beijing. Istana ini dulunya tempat tinggal kaisar. Selama 500 tahun, Kota Terlarang hanya dimasuki oleh orang tertentu. Sekarang tempat wisata ini menjadi museum dan dibuka untuk umum.

Luas kompleks ini sekitar 720 ribu meter persegi, dengan 800 bangunan dan 9900 kamar. Tata letak bangunan ini sangat simetris. Istana ini dikelilingi pagar tembok yang tingginya sekitar 8 meter.

Ada dua patung singa yang menjadi simbol penjagaan istana di zaman dulu. Semua yang ada didalam kompleks Kota terlarang ini sangat terjaga. Dengan Harga tiket masuk sekitar Rp 140.000, kamu bisa bebas menikmati keindahan kota kuno ini.

3. Jingshan Park

Jingshan Park berada tak jauh dari Forbidden City, tempat wisata di china ini menyajikan pemandangan taman yang indah. Jingshan Park merupakan taman kekaisaran dari beberapa dinasti, seperti pada masa dinasti Qin, Ming dan Yuan.

Di taman ini, kamu dapat menikmati keindahan taman dengan berbagai macam bunga, rerumputan yang rapi dan pepohonan hijau. Luas taman ini sekitar 23 hektar.

Di sini, kamu bisa melihat perbukitan dengan pavilion di puncaknya. Dari puncak bukit ini juga kamu bisa melihat keindahan kota Beijing. Dan nilai plusnya, kamu bisa melihat kawasan Forbidden City yang indah.

Untuk harga tiket masuk terbaru belum ada informasinya, namun saat kamu sudah membayar tiket masuk di Forbidden City kamu juga bisa masuk ke lokasi taman ini yang tidak jauh dari Forbidden City.

4. Tentara Terakota (Terracotta Army)

Kamu pernah melihat deretan patung manusia dengan jumlah yang sangat banyak? Jika belum kamu bisa langsung kesini, Terracotta Army. Tentara Terakota merupakan patung tentara lengkap dengan kuda tunggangan dengan ukuran sama seperti aslinya.

Patung diperkirakan dibuat pada masanya kaisar pertama China, Qin Shin Huang. Di lokasi ini, kamu dapat melihat sekitar 8.000 lebih patung. Motif dan gaya setiap patung juga berbeda-beda.

Konon, patung ini merupakan para tentara yang gugur kemudian membatu dan diminta untuk menjaga makam sang kaisar. Lokasi tempay ini di Lintong District, Xi’an, China.

Sampai sekarang pun fakta dari temuan arkeologi terbesar ini masih menjadi misteri. Jika kamu sudah di China, wajib hukumnya berkunjungi kesini. Dengan harga tiket masuk sekitar Rp 300.000, kamu dapat menikmati lokasi ini.

Lihat Review: 9 Kegiatan Seru di Taman Nasional Wakatobi yang Wajib Kamu Coba

5. Gunung Baiyun

Gunung Baiyun atau dikenal juga dengan sebutan White Cloud Mountain berlokasi di pinggiran utara Guangzhou. Lebih tepatnya sekitar 7,5 kilometer dari pusat kota Guangzhou.

Gunung Baiyun ini sungguh menyajikan pemandangan yang sangat indah. Tempat wisata di china yang bertemakan alam dengan dikelilingi perbukitan dan perairan. Ada beberapa zona wisata yang telah dikembangkan di sekitar Gunung Baiyun, seperti danau luhu dan kebun Yuntai.

Saat kamu memasuki kawasan kebun Yuntai, kamu akan melihat sekeliling mu layaknya kota penuh bunga. Berbagai macam jenis bunga yang mekar dengan indahnya, pesona dan keindahan yang bisa kamu rasakan saat berkunjung kesini.

Lokasi di Provinsi Guangdong, Guangzhou, China. Untuk memasuki kawasan White Cloud Mountain, kamu cukup membayar tiket masuk sekitar Rp 60.000. dan kamu bebas menikmati pesona keindahan kawasan gunung baiyun ini.

6. Gunung Huang

Mount Huang merupakan tempat wisata di china dengan pemandangan alam yang terkenal, provinsi Anhui. Warga sekitar menyebutnya dengan Yellow Mountain. Objek wisata ini terkenal dengan pemandangan alam yang sangat mengagumkan.

Saat kamu berkunjung kesini, kamu bisa melihat deretan pepohonan pinus, ada juga granit di gunung ini dan juga awan indah di atas gunung. Gunung Huang sangat cocok buat kamu yang suka banget dengan aktivitas mendaki gunung.

Untuk menikmati keindahan alam di gunung ini, kamu harus membayar tiket masuk sekitar Rp 200.000. memang terdengar mahal untuk harga tiket, namun kamu disini ga bakalan jumpai sampah disekitar lokasi karena sangat bersih.

Dan juga fasilitas tangga yang di bangun oleh pihak pengelola memudahkan kamu untuk mendaki gunung ini sampai di puncaknya.

7. Jiuzhaigou

Jiuzhagou terletak di Taman Nasional di China, lebih tepatnya di Provinsi Sichuan.

Salah satu tempat wisata di china dengan pemandangan alam yang menarik adalah tempat wisata Jiuzhaigou. Di tempat wisata ini kamu akan melihat pemandangan alam nan indah dan eksotik, lokasi wisata ini menyuguhkan pemandangan yang mengagumkan.

Tempat wisata ini berupa lembah jika di visualisasikan seperti lembah yang ada di negeri dongeng. Karena di lembah itu banyak sekali air terjun, terdapat pegunungan karst dan tertutup salju, pirus dan ada danau dengan warna air hijau.

Air di danau tersebut sangat jernih, sehingga kamu bisa melihat dasar danau tersebut. Jiuzhaigou memiliki ciri khas dimana lokasi ini adalah habitat asli bagi panda raksasa di China. Namun sayangnya, kamu sangat sulit untuk ketemu sama hewan lucu ini.

8. Coiling Dragon Cliff Skywalk

Coiling Dragon Cliff Skywalk merupakan tempat wisata di China paling ekstrem yang baru diresmikan tahun 2016 lalu. Tersedia jalur alias skywalk dengan ketinggian 4.900 kaki atau sekitar 1.403 meter di pinggir tebing curam.
Jembatan kaca sepanjang 100 meter ini terletak di Gunung Tianmen, Taman Nasional Zhangjiajie, Provinsi Hunan.

Yang paling ngeri, lebar jembatan tersebut hanya 1,6 meter saja sehingga pergerakan menjadi terbatas. Ini cocok banget buat kamu yang suka adrenalin.

Walaupun ngeri kamu bakal disambut pemandangan yang luar biasa indah di bawahnya yang dikelilingi pepohonan dan tumpukan tebing eksotis. Kaca yang transparan memungkinkan kamu melihat langsung ke dalam jurang. Tiket masuk disini sekitar Rp 250.000.

Baca Selengkapnya: 20 Daftar Tempat Wisata Di Malaysia (Wajib Dikunjungi!)

9. Li River Cruise

Sebuah kegiatan menjelajah sungai dari Guilin ke Yangshuo. Objek wisata yang paling diminati dan popular di bagian utara Provinsi Guangxi, Selatan China.

Panjang Sungai Li sekitar 83 km, mengalir di antara Guilin dan Yangshuo adalah salah satu tempat wisata di china dengan pemandangan teramat indah. Latar belakang sungai dihiasi oleh perbukitan, tebing curam, dan pedesaan dengan pagar rumpun bambu.

Sungai Li tercatat sebagai salah satu dari “World Top Ten Berair Wonders” oleh National Geographic Magazine yang berasal dari Amerika. Keindahan alam di China ini sering kali diabadikan dalam bentuk lukisan dan foto oleh para seniman.

Harga tiket masuk ke lokasi wisata ini kamu cukup mengeluarkan Rp 50.000 untuk bisa menikmati pemandangan dan menyusuri keindahan Sungai Li di China.

10. Huanglong

Huanglong merupakan gunung dengan kolam renang mineral yang terbentuk secara alami dan membentuk seperti danau diatasnya. Gunung ini terletak di bagian utara provinsi Sichuan dekat dengan Jiuzhaigou, China.

Salah satu tempat wisata di china ini habibat asli dari beberapan spesies yang terancam punah, seperti panda raksasa. Huanglong terdiri dari latar belakang yang unik dari bentang alam geologinya. Karena tempat ini sudah mengalami evolusi ribuan tahun lamanya.

Saat kamu kesini, kamu akan dibuat kagum dengan pemandangan warna – warni perairan di Huanglong ini. dengan membayar tiket masuk sekitar Rp 300.000 kamu bisa menikmati keindahan alam disini.

Mahal? Iya emang mahal, tapi jujur pemandangan dan pesona alam di Huanglong terbilang sangat murah jika dibandingkan dengan harga tiket masuknya.

11. Gunung Pelangi Zhangye Danxia

Terletak di provinsi Gansu, China Zhangye Danxia merupakan satu-satunya tempat di dunia dengan formasi bebatuan yang membentuk hamparan luas lembah dan bukit warna warni. Pesona warna berasal dari mineral dan bebatuan terbentuk selama 24 juta tahun.

Lembah dan bukit disini terdiri dari lapisan bebatuan berwarna merah, hijau. Coklat, zamrud dan kuning. Lengkap banget ya warnanya. Di lokasi ini tidak ditemui tumbuhan hewan atau pun ekosistem lainnya karena kondisi tanah yang tandus.

Kamu cukup mengeluarkan biaya untuk tempat wisata di china dengan tiket masuk sekitar Rp 150.000. Kamu bisa melihat pelangi di permukaan gunung bebatuan disini.

Baca Rekomendasi: 20 Destinasi Pilihan Tempat Wisata Di Vietnam (Terbaik)

12. Guangzhou Ocean World

Guangzhou Ocean World ini salah satu tempat menarik. Keunikan dari objek wisata ini berupa terowongan dari aquarium kaca yang besar banget.

Saat kamu berkunnjung kesini, terdapat berbagai macam ruangan permanen yang menampilkan biota laut dan sekitar 400 spesies ikan yang bisa kamu lihat.

Keunikan lainnya yang ditawarkan objek wisata ini, saat kamu berada di ujung terowongan kamu bisa melihat jenis hewan laut yang berada di air tawar.

Dengan tiket masuk sekitar Rp 150.000 kamu bisa melihat kekayaan biota dan 400 spesies ikan laut di aquarium laut buatan ini.

13. Shanghai

Kota tuanya dan pusat kota modernnya sekarang berlokasi di tengah semenanjung yang diperluas di antara Delta Sungai Yangtze di utara, dan teluk Hangzhou di selatan, terbentuk oleh pengendapan alami Sungai Yangtze dan oleh proyek reklamasi daratan modern.

Kota ini juga merupakan pusat pelabuhan tersibuk di China. Di malam hari, kota Shanghai seakan mewakili China sebagai kota yang tak kalah mewahnya dengan kota-kota besar di Eropa lainnya seperti misalnya Milan, Paris atau pun Madrid.

Jalan-jalan berkeliling di kota ini akan di hiasi dengan lampu-lampu neon yang terang jika di malah hari, jalan-jalan yang ramai dan berbagai aktivitas bisnis malam. Kota ini telah menjadi salah satu tempat wisata di China yang sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan saat liburan.

Saat kamu sudah menginjakkan kaki di Beijing, China, maka sempatkanlah singgah ke tempat wisata di china yaitu ke kota Shanghai.

14. Street Food di Guangzhou

Belum lengkap rasanya jika kamu berkunjung wisata ke suatu tempat tanpa mencicipi makanan khas daerah tersebut. Meskipun makanan China sudah terseber keseluruh Negara di dunia, rasa autentik dari masakan tersebut tetap lebih kuat jika kamu memakannya saat berada di China.

Kota di china yang wajib dikunjungi saat kamu ingin berwisata kuliner adalah kota Guangzhou. Kota ini terkenal sebagai pusat kuliner China, dengan berbagai macam masakan yang lezat.

Kamu bisa mengunjungi beberapa warung kaki lima yang menjual makanan khas Negeri Tirai Bambu ini. Makanan seperti dim sum bisa kamu cicipi yang tentu saja memiliki rasa yang sangat khas.

Perlu diketahui jika banyak dari makan tersebut menggunakan beberapa bahan utama seperti daging ayam, sapi, babi atau bebek. Kamu juga bebas memilih sajian yang disukai selama menjelajah kota ini.

15. Wangfujing Snack Street, Beijing

Kuliner yang satu ini khusus buat kamu yang berani aja. Kawasan Wangfujing yang menjadi salah satu tujuan di kota Beijing. Kuliner yang dilokasi ini dijual oleh pedagang kaki lima dengan macam keanehan kuliner yang mereka sajikan, ini menurut ku ya.

Jalannan disini luas dan ramai karena dibagian sisi jalan terdapat deretan toko dan mall yang menjual aneka jenis barang, sedangkan di ujung barat jalan, pedagang makanan dan jajanan khas banyak bertebaran.

Di area ini, para wisatawan dai mancanegara akan menemukan makanan-makanan yang terkadang tidak biasa atau lazim dimakan, contohnya saja seperti aneka serangga, kecoak, kuda laut, ulat bahkan ular. Makanan ini dibuat dengan cara dimasak dengan cara digoreng.

Kamu berani mencoba tempat wisata di china yang satu ini?

Jika kamu berniat berwisata ke luar negeri, aku sarankan untuk mencoba tempat wisata di China yang kami ulas diatas. Tempat wisata di China banyak macamnya, mulai dari wisata sejarah, alam, kuliner dan juga megahnya kota-kota maju di China.

Baca Juga: 17 Tempat Wisata Di Taiwan Terbaik (Yang Wajib Dikunjungi)

Di China juga memiliki wisata yang terkenal seperti Tembok Besar China, Kota Terlarang, temuan arkeologi Tentara Terakota dan masih banyak lagi bisa kamu nikmati di Negara ini.

Selamat menikmati keindahan dan keunikan dari Negara Tirai Bambu ini ya.

0

Little Venice

Zuhrufi
7 min read

Tempat Wisata Tuban

Putri
6 min read

Umbul Sidomukti

Putri
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *