Tempat Wisata Di Garut

8 min read

tempat wisata di garut 2018

Semua orang pasti butuh liburan sesekali. Namun, mengambil keputusan tujuan wisata sering bikin pusing. Kamu pastibosan dengan pilihan wisata ke situ-situ saja.Kamu pasti ingin tahu tempat wisata lain yang menarik, terbaru, dan paling hits.

Selama ini, mungkin kamu selalu terpaku dengan destinasi wisata populer seperti Bali atau Raja Ampat. Tapi ternyata, Kabupaten Garut memiliki potensi wisata yang cukup banyak.Tempat wisata diGarutjuga sangat menarik untuk dikunjungi, baik untuk liburan bersama teman maupun keluarga.

Tak hanya menawarkan pengalaman unik dan pemandangan yang indah, tempat wisata di Garut juga seru untuk selfie, dan pastinya instagrammable.Yang jelas, perjalanan traveling-mu di Tanah Pasundan akanjadi berbeda dan menambah cerita seru liburanmu.

Informasi Singkat Tentang Garut

Berada di ketinggian 717 mdpl, Garut memiliki hawa sejuk karena dikelilingi oleh pegunungan. Diantaranya ada Gunung Papandayan, Karacak, Cikuray, dan Guntur. Maka dari itu, kabupaten yang masuk wilayah provinsi Jawa Barat ini terkenal memiliki panorama alam yang indah.

Letaknya yang dekat dengan kota Bandung, membuat kabupaten ini mudah diakses dari kota besar seperti Bandung dan Jakarta. Dari Bandung, cukup menempuh perjalanan sekitar 2 jam untuk mencapai kabupaten yang terkenal dengan makanan khas dodol ini.

Mudahnya transportasi untuk akses menuju Garut, panorama alam yang indah, dan banyaknya obyek wisata yang bisa dikunjungi, sudah jelas mengapa Garut layak jadi pilihan destinasi wisata. Mau tahu wisata apa yang paling hits di Kabupaten Garut? Yuk, lihat daftarnya!

1. Candi Cangkuang

tempat wisata di garut kota

Karena letaknya berada di sekitar perbatasan sebelum memasuki Garut, objek wisata ini bisa jadi pilihan pertama untuk dikunjungi. Candi peninggalan sejarah ini tepatnya berada di Dukuh Pulo, Kelurahan Cangkuang, Kecamatan Leles.

Situs candi ini terletak di sebuah bukit. Keunikan kawasan ini adalah letak candi yang berada Dukuh Pulo, yang berada di tengah danau. Sehingga, untuk mencapainya kamu perlu menyeberang dengan menggunakan rakit.

Catatan penting dari candi ini adalah bahwa Candi Cangkuang adalah satu-satunya candi bercorak Hindu di Tatar Sunda.Candi ini merupakan candi Syiwa dan dibangun sekitar abad ke-8 Masehi.

Di tempat ini, ditemukan pula beberapa benda yang diperkirakan berasal dari jaman megalitikum, seperti serpihan pisau dan batu-batu besar. Candi Cangkuang adalah lokasi yang tepat untuk tujuan liburan dan belajar.

2. Kawah Talaga Bodas

tempat wisata di garut 2019

Tempat wisata di Garutdikenal memiliki banyak pemandian air panas. Salah satunya, kamu bisa mandi air panas di kawasan kawah gunung berapi Talaga Bodas. Dan, gunung berapinya masih aktif!

Ngeri? Tidak perlu takut. Berkunjung ke sini tidak berbahaya meskipun masih terdapat aktivitas vulkanik.

Arti nama Talaga Bodas adalah danau putih. Kawasan ini berupa danau dengan air belerang berwarna putih dengan aroma khas belerang. Lokasinya 28 km dari ibukota kabupaten Garut, tepatnya di Sukamenak, Wanaraja.

Tiket masuknya murah, 5 ribu rupiah di hari biasa, dan 7 ribu rupiah di tanggal merah. Kamu perlu membawa bekal makanan karena di lokasi tidak ada penjual makanan.

Lokasi ini wajib masuk ke daftar tempat wisata di Garutyang wajib dikunjungi. Pemandangannya indah daninstagrammable.

3. Wisata Hutan Pinus Di Limbangan

tempat wisata garut alam

Menghirup udara segar di antara rimbun pepohonan tentu baik bagi kesehatan. Karena itu, tak ada salahnya mampir ke tempat wisatadi Garutyang terbaru, yakni kawasan hutan pinus, Desa Ciwangi, di Limbangan, Garut.

Dibandingkan tempat wisata di Garut yang lain, kawasan ini memang terhitung belum memiliki fasilitas lengkap. Saat ini masih dikelola oleh BUMDES dan Karang Taruna setempat. Namun, pesona alamnya tetap menjadi primadona. Tak heran, wisata hutan pinus ini bisa boomingdi internet.

Tiket masuknya sangat murah, yakni hanya 2 ribu rupiah. Pengunjung yang membawa anak bisa membawa putra-putrinya ke wahana permainan anak dan kereta mini yang telah tersedia. Terdapat pula arena berkuda yang menambah daya pikat kawasan ini.

4. Water Park Sabda Alam

tempat wisata garut air panas

Sabda Alam terletak di kawasan Cipanas, tepatnya di Rancabango, Tarogong Kaler, Garut. Selain taman air, lokasi wisata ini juga memiliki resort dan hotel.Water Park Sabda Alamdikenal sebagai pelopor water park air panas.

Lokasi buka setiap hari, mulai pukul 07.00-17.00. Harga tiket hari biasa adalah 40 ribu rupiah, untuk akhir pekan dan hari libur 50 ribu rupiah.

Pilihan kolamnya beragam, ada air mancur menari, kolam anak, kolam ombak enam level, dan kolam bertema dinosaurus. Di kolam dinosaurus, pengunjung bisa meluncur dari ketinggian 12 meter, mengarah ke air terjun buatan.

Di lokasi ini terdapat wahanaflying fox, trampoline, dan sasak Rawayan. Sasak Rawayan adalah jembatan gantung 35 meter yangberada di atas kolam utama.Terdapat juga ada fasilitas terapi ikan.

Simak Review: 6 Daya Tarik Situ Patenggang Bandung (Bukan Sekadar Danau yang Indah)

5. Puncak Darajat Garut

tempat wisata di garut paling angker

Masih dekat dengan Sabda Alam, kamu bisa lanjut mengunjungi Puncak Darajat.Obyek wisata ini mulai populer di kalangan wisatawan lokal, menjadi tujuan wajib saat ke Garut.

Lokasi Puncak Darajat berada di wilayah Darajat, tepatnya di wilayah kecamatan Pasir Wangi, sekitar 25 km dari pusat kabupatenGarut. Lokasinya dekat dengan Kampung Sampireun dan Kebun Mawar Situ Hapa.

Harga tiket masuk sekitar 22 ribu rupiah di hari biasa, dan 25 ribu rupiah saat akhir pekan dan tanggal merah.Carilah penginapan di kawasan ini karena sunrise di tempat wisata di Garut ini pantas dinantikan.

Banyak penginapan tersedia. Namun, pilihan makanan tidak banyak, hanya warung-warung. Jika bosan hawa panas kota, kamu bisa merasakan dinginnya hawa pegunungan, yang mencapai 15 derajat celcius di Puncak Darajat.

6. Pemandian Air Panas Ciengang

tempat wisata di garut dan alamatnya

Salah satu tempat wisata di Garut yang masih di sekitar Cipanas adalah pemandian air panas Ciengang. Ada kepercayaan bahwa mandi air panas di sini dapat menyembuhkan penyakit kulit, rematik, dan pegal linu.

Meskipun memiliki mata air yang sama dengan pemandian air panas lain, suhu air di pemandian ini lebih panas dibanding lokasi lainnya. Bersumber dari mata air gunung Guntur, pemandian air panas ini hanya berupa pancuran air yang tampak biasa saja.

Orang yang ingin mandi tak dipungut biaya apapun. Pengunjung tempat ini relatif sepi. Mereka yang datang pun hanya mengejar manfaat kesehatan dari pemandian ini.

Pemandian ini juga tak memiliki jam operasional. Pengunjung bebas datang kapan pun. Walaupun tak ada pembuktian ilmiah, orang masih mempercayai manfaat mandi di Ciengang.

7. Liburan Nyaman di Kampung Sampireun

tempat wisata di garut untuk anak

Selanjutnya, kamu bisa mencoba suasana liburan yang nyaman di Kampung Sampireun. Meskipun harganya lebih mahal dibanding tempat wisatadi Garutlainnya. Tetapi, sebuah harga yang layak dibayar karena menawarkan pengalaman liburan tersendiri.

Suasana di Kampung Sampireunyang terletak di Desa Ciparay ini terasa khas Sunda tradisional. Contohnya dengan iringan suara gamelan Sunda yang membawa pikiran menjadi lebih santai. Ditambah dengan konsep “Taman Tropis”, sempurna menjadi pilihan liburan pelepas stres.

Pilihan aktivitasnya adalah menikmati pemandangan Danau Sampireun atau naik sampan mengelilingi danau. Terkadang, ada pertunjukan cangklung khas Pasundan di pinggir danau yang membuat suasana makin rileks.

Kamu juga bisa memilih kamar penginapan dengan nuansa tradisional maupun modern. Paling penting, jangan lupa foto-foto, karena lokasinya sangat oke untuk masuk feed Instagram kamu.

8. Perkebunan Teh Cikajang

tempat wisata di garut apa aja

Selain panorama khas perkebunan, lokasi ini juga sangat instagrammable. Berada di sebelah selatan kabupaten Garut, perkebunan teh Cikajang terletak tepat di tengah gunung Papandayan dan Cikuray.

Perkebunan ini didirikan oleh Karel Frederik Holle, pada jaman pemerintahan Hindia Belanda. Holle merupakan salah satu pemilik perkebunan teh yang sangat termasyur hingga sekarang.Ia disebut sebagai Juragan Teh Dari Priangan Timur.

Meskipun berkebangsaan Belanda, Holle dikenal sangat peduli pada warga pribumi. Ia juga mendirikan sekolah bagi warga pribumi yang bernama Sekolah Pribumi. Gedung sekolahnya kini difungsikan sebagai Mapolwiltabes Bandung.

Perkebunan teh Cikajang sekarang dikelola oleh PTPN VIII. Kawasan ini juga menjadi tempat wisata di Garut yang menjadi unggulan. Hamparan pepohonan hijau yang memanjakan mata menjadi daya tarik unik untuk berwisata ke tempat ini.

Kunjungi Juga: Saung Angklung Udjo, Bermain Sambil Belajar Sejarah dan Budaya Sunda

9. Kolam Renang Sumur Sari Sukasono di Sukawening

tempat wisata di garut apa saja

Pemandangan alam menjadi senjata utama tempat wisata di Garut. Sumur Sari Sukasono di Sukawening, Garut, ini juga menyajikan view yang menakjubkan. Warna kontras dari biru dan hijaunya air, hijau persawahan, dan langit biru cerah.

Obyek wisata yang terletak di Garut Utara ini memiliki 3 kolam renang dengan kedalaman berbeda. Kolam sedalam 30 cm untuk anak-anak, kedalaman 1 meter, dan 1,5 meter.Terdapat gazebo di pingggir kolam renang.

Terdapat pula kolam ikan berwarna kehijauan. Kolam-kolam dibuatbersambung, tampak tak memiliki ujung. Horizonnya mempertemukan pemandangan kolam dan persawahan. Di kolam ikan terdapat persewaan sepeda air.

Meskipun merupakan pemandian air panas, Sumur Sukasono lebih dingin dibandingkan pemandian lain. Suhunya hanya sekitar 25 derajat celcius. Airnya pun jernih dan tak lagi memiliki bau belerang.

10. River Tubing Cikaengan

tempat wisata di garut jawa barat

Jika ingin merasakan tempat wisata di Garut yang menantang adrenalin, bisa mencoba River Tubing di Cikaengan. Terletak di Kecamatan Banjarwangi, objekwisata ini menarik untuk dicoba saat wisata bersama rombongan teman maupun keluarga di Garut.

Air sungai yang bersih dan bebas limbah, pemandangan pedesaan yang asri, dan tarif yang terjangkau menjadi daya tarik aktivitas wisata ini. Aktivitas river tubing sering dipilih untuk acara outing, baik dari perusahaan,atau organisasi lain.

Terdapat 3 pilihan paketriver tubing dengan harga terjangkau yang dapat pengunjung pilih, yakni:

  • Paket Gujubar seharga 35 ribu per orang
  • Paket Sorodot, 50 ribu per orang
  • Paket Burahol, 75 ribu per orang

Untuk mencapai Sungai Cikaengan, kamu perlu berkendara sekitar 2 jam, sekitar 50 km dari pusat Kabupaten Garut.

11. Kamojang Ecopark

tempat wisata di garut yang lagi hits

Tempat wisata di Garut yang satu ini dibuka pada tahun 2018. Terletak tak jauh dari perbatasan Garut dengan Kabupaten Bandung, tepatnya di pinggir jalan Samarang-Kamojang, obyek wisata ini cukup mudah dijangkau kendaraan.

Tempatnya berupa taman dan pepohonan yang asri. Selain itu, juga terdapat persewaan permainan seperti ATV dan flying fox. Tiketnya cukup murah, sekitar 15 ribu rupiah saja. Tempat ini juga memiliki tempat makan yang bagus dan cocok dijadikan latar belakang foto selfie untuk media sosial kamu.

Banyak spot lain yang juga cocok untuk foto-foto karena memang di-setting agar instagrammable. Sesuai namanya yang menyiratkan suasana alami, Kamojang Ecopark memiliki hamparan hutan pinus yang asri dan hawa sejuk.

12. Kawah Kamojang

tempat wisata di garut terbaru

Tak jauh dari Kamojang Ecopark, kamu bisa mengunjungi Kawah Kamojang. Letaknya di area geothermal PLTU Kamojang, Garut. Lokasinya dekat Puncak Darajat dan Cipanas, sehingga kamu bisa menyempatkan mampir untuk melihat-lihat.

Tempat wisata di Garut ini memiliki keunikan tersendiri. Kawahnya bukanlah kawah gunung berapi, melainkan kawah bekas pengeboran uap bumi, bentuknya berbeda dengan kawah pada umumnya.

Terdapat 3 kawah di sini, yakni Kawah Manukyang terletak di pinggir jalan, Kawah Kereta Api yang memiliki suara siulan seperti suara kereta api, dan Kawah Hujan yang memiliki banyak asap dan dipercaya dapat mengobati berbagai macam penyakit.

Kamu harus berhati-hati saat mendekati kawah. Walaupun terlihat kering, lumpur di bawahnya mungkin basah dan bisa membuatmu terperosok. Selain itu, lumpurnya juga panas akibat uap bumi.

Baca Juga: 5 Zona Ajaib Lembang Wonderland Bandung (Bak Negeri Fantasi)

13. Situ Bagendit

tempat wisata di garut sabda alam

Danau Situ Bagendit merupakan salah satu tempat wisata di Garut yang terkenal. Berjarak hanya sekitar 4 km dari pusat Kota Garut, tepatnya di Kecamatan Banyuresmi, danau ini memiliki pesona alam yang menakjubkan.

Situ Bagendit dipercaya berasal dari legenda Nyai Endit, janda kaya yang sangat kikir. Dikisahkan,ia tenggelam bersama harta bendanya saat terjadi banjir lantaran tak mau meninggalkan kekayaannya. Banjir yang menggenang itulah yang menjadi Danau Situ Bagendit,

Di tempat ini, kamu bisa keliling danau naik rakit atau sepeda air. Selain itu, terdapat juga arena bermain untuk anak-anak. Kamu juga bisa mengunjungi pasar yang terdapat di dekat danau.

Kawasan ini buka mulai jam 07.00-17.00. Fasilitas di Situ Bagendit juga lengkap, seperti tempat parkir yang luas, toilet, dan tempat ibadah.

14. Leuwi Jurig

tempat wisata di garut darajat pass

Namanya memang menyeramkan. Leuwi artinya cekungan di dasar sungai, dan jurig artinya setan, dalam Bahasa Sunda. Dinamai demikian karena di tempat ini sering terjadi kecelakaan. Karena itu, ada adat yang melarang berbicara tidak sopan di lokasi ini.

Namun, dibalik itu, salah satu tempat wisata di Garut ini memiliki pesona alam yang indah sekaligus spot foto yang menarik. Hamparan batu yang tinggi dan terjal akan menyambut pengunjung yang datang. Air Leuwi Jurig berwarna hijau tua dengan kedalaman sekitar 10 meter.

Airnya juga jernih dan segar. Kamu boleh mandi di sana, namun tetap ingat untuk berhati-hati dan tetap di area yang aman. Kawasan ini pun relatif sepi pengunjung, sehingga kamu bisa menikmati ketenangan saat mengunjungi lokasi ini.

15. Situ Kabuyutan

tempat wisata di garut bandung

Pindah ke Desa Pasirlayung, Kecamatan Pakenjeng, terdapat danau lain yang tak kalah apik, namanya Situ Kabuyutan. Perlu dicatat, banyak yang menganggap lokasi ini masuk ke Kecamatan Bubulang karena lokasinya berdekatan.

Air Situ Kabuyutan sangat jernih karena berasal dari mata air pegunungan. Pemandangannya juga masih asli karena belum ada yang mengelola wisata ini. Lokasi ini cocok untuk piknik bersama keluarga atau berkemah ramai-ramai dengan teman.

Jika ingin mengunjungi lokasi ini, disarankan melakukan perjalanan saat siang hari karena jalurnya terjal dan berkelok. Di samping jalur kendaraan acapkali terdapat jurang, dan jika malam hari, sering turun kabut dari Gunung Papandayan.

16. Pantai Rancabuaya

tempat wisata di garut 2020

Pindah ke wisata pantai, pertama kita bahas Pantai Rancabuaya. Tempat wisata di Garut ini adalah sebuah pantai karang yang memiliki air terjun mini. Pantai Rancabuaya dikenalsebagai pilihan untuk menikmati sunset di Garut.

Pantai yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia ini memiliki banyak keragaman biota laut seperti terumbu karang, rumput laut, ikan tuna, dan ikan karang.

Tak jauh dari pantai, terdapat Puncak Guha Garut, yang terkenal dengan spot foto saat sunset. Bagi penggemar fotografi dan penggiat sosial media, tentu tak boleh lupa mengambil foto di lokasi ini.

Pantai Rancabuaya tergolong pantai yang datar dan memiliki pasir halus yang putih bersih. Fasilitas yang tersedia juga cukup memadai. Terdapat tempat parkir, saung-saung yang dapat disewa, serta penginapan di sekitar pantai.

17. Pantai Cijeruk

tempat wisata di garut darajat

Pantai berikutnya yang harus dikunjungi adalah Pantai Cijeruk. Kawasan wisata satu ini memiliki keunikan, yakni pantai yang landai dan menyerupai padang pasir. Dengan jumlah wisatawan yang relatif minim, kamu bisa menikmati kunjungan di pantai ini dengan tenang.

Berada 108 km dari pusat Kabupaten Garut, tempat wisata di Garut ini memang tergolong masih perawan dan belum dimanfaatkan secara maksimal. Namun, inilah yang membuat pantai ini masih memiliki keindahan alami.

Karena ombak yang hanya setinggi kurang lebih 1 meter, kamu bisa berenang di pantai ini. Keunikan lainnya, warna air laut di Pantai Cijeruk ada 2, yakni warna biru di pesisir dan tengah pantai, dan warna hijau kecoklatan di sekitar muara, atau tempat bertemunya sungai dan laut.

18. Pantai Taman Manalusu

tempat wisata di garut selatan

Seperti namanya, di pantai ini terdapat banyak warna hijau layaknya sebuah taman. Warna hijau muncul dari lumut yang tumbuh di karang-karang sekitar pantai. ‘Manalusu’ dipercaya berasal dari nama Karl Manalusu, seorang administrator perkebunan kelapa sawit yang pertama kali menemukan pantai ini.

Pantai ini juga cocok untuk lokasi hunting foto. Lumut hijau di bebatuan hitam menjadi objek foto yang bagus. Pantai Manalusu memiliki hamparan pasir putih yang indah.

Manalusu mendapat julukan ‘zamrud dari selatan’ karena karang-karangnya yang juga berwarna hijau, kontras dengan warna pasir yang putih bersih. Seperti Cijeruk, pantai ini juga sepi pengunjung, membuat suasananya jadi asri dan tenang.

Pantai ini juga memiliki keragaman biota laut. Terdapat setidaknya 150 jenis ikan laut dan 400 jenis tanaman laut di taman ini.

Lihat Juga: 6 Aktivitas Seru di Gunung Munara (One Day One Hiking)

Indonesia memang memiliki alam yang indah, termasuk di Kabupaten Garut. Beragamnya tempat wisata di Garut, terutama wisata alamnya, membuktikan bahwa Garut juga memiliki potensi pariwisata yang bagus untuk dikembangkan.

Mulai tertarik untuk berwisata ke sana? Buatlah perencanaan yang matang agar perjalanan liburanmu lancar dan menyenangkan. Pastikan membawa kamera karena kamu akan menemukan banyak sekali objek fotografi maupun selfie yang bagus.

Saat pulang dari berbagai tempat wisata di Garut, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh dodol Garutuntuk teman dan keluarga di rumah. Semoga liburanmu seru dan menyenangkan ya!

Taman Safari Prigen

Jessica Susanti
9 min read

Teluk Kiluan

Jessica Susanti
8 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *