Tempat Wisata Di Jakarta

8 min read

Wisata di Jakarta

Kalau lihat kotanya, pasti tempat wisata di Jakarta juga panas, sumpek, dan nggak menarik. Salah kaprah kalau kamu berpikir kayak gitu. Banyak lho tempat wisata keren di sini yang bakalan bikin kamu kayak sedang ada di luar Jakarta.

Kok bisa gitu? Ya iya donk. Bayangin, ternyata salah satu tempat wisata Jakarta yang banyak diincar adalah tempat wisata alamnya. Tentunya tujuannya jelas, yakni buat bikin pikiran spaneng karena pekerjaan sehari-hari jadi luluh lantah jadi fresh lagi.

Kalau kamu mau ke tempat wisata di Jakarta, kamu disediain banyak pilihan ni yang terangkum di setiap wilayah Jakarta. Pokoknya YESS banget buat tawaran berwisata ke Jakarta.

Nggak perlu lagi takut kepanasan dan macet, soalnya beda banget deh suasana tempat wisata yang bakalan kamu kunjungi. Yuk diintip beberapa diantaranya.

1. Kota Tua Batavia

Tempat wisata di jakarta Kota Tua Batavia

Ini tempat wisata di Jakarta yang sangat terkenal di Jakarta Barat. Kakimu harus kamu arahkan ke sana. Injakkan kakimu pertama kali di sini kalau sudah sampai di Jakarta Barat baru deh ke tempat wisata yang lainnya.

Kota Tua Jakarta adalah nama lain dari Kota Ramuan Batavia ini, yakni tempat pusat perdagangan terbesar di Asia Tenggara. Banyak gedung tua nan kokoh berjajar di sini. Megah kesannya dan memang nyaman rasanya.

Apalagi kalau nyewa sepeda buat keliling ke setiap sudut Kota Tua, dijamin kamu bakalan nggak berhenti buat takjub.

Selengkapnya Klik: Wisata Kota Tua Jakarta

2. Taman Wisata Alam Mangrove

Arahkan kendaraan ke Jalan Garden House dulu kalau mau membuak rencana liburanmu ke tempat-tempat wisata alam. Ada taman mangrove di sini yang bakalan menentukan kesan pembuka wisata yang menyenangkan. Kamu wajib kesini lhoo.

Suasana yang kamu dapetin di sini bakalan berbanding 360° dari suasana Jakarta yang super panas. Udara segar dari proses fotosintesis hijaunya daun mangrove bakalan membuat pikiran kamu fresh. Cepetan ke sini ya.

3. Kalijodo Park

Kalijodo Park

Taman bermain anak ini baru banget lho. Masih gress pokoknya. Soalnya baru diresmikan tahun 2017 kemarin tuh.

Kamu bisa ajak anak-anak ke sini. Banyak wahana mainan anak di taman ini yang bakalan memanjakan anak-anak. Cepetan jangan sampai kamu nyesel karena ngelewatin taman indah ini.

4. Ciputra Artpreneur

Ciputra Artpreneur

Di sini kamu bisa melihat pertunjukan teater dengan panggung teater super besar. Semua seniman Jakarta dan sekitarnya tumplek blek di sini. Kamu bakalan merasakan kesan berwisata yang tidak bisa digantikan dengan apapun di sini.

Bahkan untuk melihat pameran seni internasional pun tidak perlu pergi ke luar negeri. Kamu bisa ke tempat keren di Jakarta ini. Yuk buktikan sendiri.

5. Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu Jakarta

Jakarta lah yang memiliki kepulauan ini. Kamu bisa merasakan keeksotisan pulau kecil di tengah hiruk pikuk kota metropolitan ini. Rugi deh kalau kamu belum pernah ke sana.

Cuma dua jam aja kok waktu yang bisa kamu tempuh untuk ke sini. Transportasi yang bisa digunakan adalah Speedboat. Selama perjalanan, kamu bisa mengambil banyak gambar karena view-nya yang super keren.

6. Taman Langsat

Wisata Taman Langsat Jakarta

Taman kota ini siap memfasilitasi kegiatan pagi, siang, dan sore kami. Pagi-pagi bisa jogging di sini, karena ada jogging track yang disediakan. Siang-siang bisa ngadem sambil minum es atau apalah, karena taman yang asri dan hijau. Nyaman banget.

Malemnya kamu bisa datang ke sini juga lho. Kencan sama do’i sambil menikmati keindahan lampu taman kota dan lalu lalang kendaraan tengah Kota Jakarta Selatan. Ditambah lagi bisa nyantai sambil bersosmed ria.

Lihat Juga: 9 Wahana Seru di Ecopark Ancol (Bermain Sambil Belajar)

7. Taman Anggrek Ragunan

Taman Anggrek Ragunan Jakarta

Tempatnya masih sama dengan Kebun Binatang Ragunan, tapi koleksinya yang beda. Di taman ini, sesuai dengan namanya, bunga anggrek menjadi point of purpose-nya. Kamu bakalan puas selfie di tengah lautan anggrek.

Ada kurang lebih 5000 spesies anggrek yang ada di sini. Kamu bisa menikmati pemandangan indah ini sambil belajar. Mengenal berbagai macam anggrek dengan segala keunikannya.

Bisa dibayangkan kan gimana ntar kamu ngrasain berada di tengah-tengah kebun anggrek yang indah. Nggak sabar kan mau ke sana.

8. Museum Reksa Artha

Wisata Museum Reksa Artha

Nama “Artha” diambil dari kata dalam Bahasa Jawa yang artinya “uang”. Makanya kalau kamu ke sini, kamu bakalan disuguhi koleksi mesin pencetak uang. Bagi kamu-kamu yang belum tahu sama sekali, penting banget buat datang kemari.

Ada puluhan mesin pencetak uang yang ada di sini. Semuanya menceritakan sejarah tersendiri terhadap perkembangan uang di Indonesia. Kamu bisa bertanya-tanya kepada petugas museum untuk lebih jelasnya. Lokasinya ada di Lebak Bulus Jakarta Selatan.

9. Kemang Food Festival

Wisata di Jakarta

KFF ibu berada tepat di Bangka, Kemang Prapatan. Kamu bisa memanjakan hidung, lidah, dan perutmu di sini. Awalnya dari hidung langsung ke mulut, kenyang dech.

Live mulai siap menemanimu dari sore sampai tengah malam di sini. Berbagai makanan berat dan ringan ada di sini. Harganya pun bervariasi dan rasanya dijamin uendes surendes. Kamu nggak bakalan mau pulang dech pokoknya.

10. Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan

Ini tempat wisata di Jakarta Selatan yang cocok buat wisata keluarga. Kamu bisa kesini buat bersantai sambil mengenal berbagai macam hewan. Jangan sampai nggak mampir ke sini kalau udah ke Jakarta Selatan.

Kamu bakalan merasakan kebanggaan tersendiri setelah datang ke Ragunan Zoo, soalnya kebun binatang ini menjadi pelestarian ex situ hewan primata terbesar di dunia. Kamu bisa mengenal hewan primata lengkap di sini.

Eits, biar nggak bosen, anak-anak pun bisa kamu ajak menikmati berbagai wahana permainan di sini. Cepetan ke sini. Mau kesini sekali, dua kali, atau puluhan kali pun kamu bakalan pengen ke sini lagi deh.

11. Setu Babakan

Wisata Setu Babakan

Sebuah nama situ atau danau yang banyak dikunjungi wisatawan dari dalam maupun luar kota Jakarta Selatan.

Kamu bisa datang ke sini saat sedang sumpek atau pengen ngademin pikiran yang penuh sesak dengan pikiran kerjaan atau yang lainnya.

Danau seluas 30 hektar ini siap menyegarkan pikiran kapan saja dengan menyuguhkan pemandangan alam sekitar yang hijau.

Kamu pun nggak harus terduduk di pinggir danau saja nantinya. Kamu bisa langsung sekalian mengunjungi Kampung Betawi asli.

Di mana danau ini memang dikelola langsung oleh masyarakat Suku Betawi. Kamu bakalan merasakan sensasi berada di tengah-tengah orang Betawi asli.

Bahkan kebudayaan Betawi pun bisa kamu nikmati sembari menyibak keindahan situ ini. Cepetan kesini, mumpung liburan. Kapan lagi dapat banyak pengalaman liburan di satu tempat dengan dua lokasi wisata.

12. Museum Layang-layang

Museum Layang-layang Jakarta

Setelah ngerasain ademnya situ, kamu bisa langsung ke tempat wisata di Jakarta yang bertempat di Pondok Indah ini. Museum Layang-layang namanya.

Banyak pengalaman yang bakalan kamu dapatkan di sini.

  • Belajar tentang semua jenis layangan nasional maupun internasional. Di mana ada lebih dari 500 jenis layanan yang berasal dari dalam negeri dan luar negeri.
  • Belajar membuat layang-layang yang benar, sehingga bisa diterbangkan. Kamu bisa memilih jenis atau model yang mana.
  • Belajar membuat barang-barang dari gerabah.

Simak Review: 5 Daya Tarik Museum Fatahillah yang Tak Pernah Pudar

13. Museum Serangga dan Taman Kupu-kupu

Wisata di Jakarta Museum Serangga dan Taman Kupu-kupu

Hewan terindah yang tidak mau kalah dengan keindahan bunga adalah kupu-kupu. Kamu pasti mengakuinya kan kalau kupu-kupu itu hewan tercantik dari semua hewan.

Jakarta Timur menyediakan tempat khusus lho yang bisa kamu kunjungi untuk ketemu sama berbagai spesies kupu-kupu.

Taman Kupu-kupu yang beralamatkan di Cipayung Jakarta Timur ini akan menyambutnya dan keluarga dengan keriangan kupu-kupu yang terbang ke sana ke sini.

Kamu bisa selfie ria di sini. Tepatnya jadi satu lho dengan Museum Serangga, jadi bisa berkunjung sekalian deh.

14. Museum Pengkhianatan PKI

Museum Pengkhianatan PKI

Kalau mau lengkap liburannya, jangan hanya ke tempat bermain atau ke taman aja. Lengkapi juga dengan berkunjung ke tempat-tempat wisata di Jakarta yang bersejarah.

Salah satunya ke Museum Pengkhianatan PKI ini. Flashback kisah perjuangan para pejuang buat bertahan di tengah sadisnya gembong PKI bakalan kamu dapatkan sebagai pelajaran yang berharga.

Kamu bisa melihat semua hal tentang PKI di sini. Kejayaan PKI di tengah penderitaan rakyat Indonesia sangat jelas terasa di sini. Bisa jadi kamu ikut terharu. Tapi seru lhooo.

15. Danau Elok

Wisata Danau Elok di Jakarta

Yang seger tu kalau duduk di tepi danau bersama orang terkasih. Airnya yang tenang akan menghantarkan pikiran kamu menjadi lebih fresh. Kamu pun akan bertahan berlama-lama di jenis wisata alam yang satu ini.

Jakarta Timur juga ngga mau ketinggalan buat nyediain tempat wisata nyaman ini. Danau Elok yang terletak di Cakung ini bakalan bikin liburanmu semakin menyenangkan. Hijaunya pemandangan danau membuka sisi lain Jakarta yang panas dan gersang.

16. Among Skyworld

Among Skyworld Jakarta

Berwisata sambil mencari pengetahuan bakalan kamu dapatkan di tempat wisata yang satu ini. Apalagi buat kamu yang tertarik dan sedang mendalami dunia luar angkasa. Kamu bakalan ngerasa sedang berada di luar angkasa.

Cocok banget ni buat background selfie. Tanpa edit sana sini bisa langsung upload di medsos. Sebelum masuk ke sini, pastiin kuotanya penuh.

17. Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah Jakarta

Kamu mungkin lebih mengenalnya lewat singkatannya saja, TMII, lebih praktis dan mudah diingat. Tempat wisata di Jakarta Timur ini telah membahana ke seluruh negeri. Bahkan bisa dikatakan bahwa TMII ini adalah ikonnya Jakarta.

Di sini, kamu bisa melihat apa saja yang ada di Indonesia. Ada rumah adat, tarian khas, alat musik daerah, dan kebudayaan-kebudayaan Indonesia yang lainnya.

Kamu nggak akan menyangka kalau dengan berkeliling di 150 hektar area TMII ini sama saja dengan mengelilingi seluruh penjuru Indonesia. Unik kan?

18. Taman Anggrek Indonesia Permai

Sama seperti di Jakarta Selatan, Jakarta Timur ini juga memiliki Taman Anggrek. Bedanya kalau taman ini berada satu area dengan TMII atau Taman Mini Indonesia Indah. Kalau isinya sama saja, ribuan bunga anggrek berbagai spesies.

Namun ada yang spesial di sini. Kamu bukan hanya bisa mengenal berbagai macam anggrek dan berfoto ria di tengah-tengahnya, melainkan kamu juga bisa langsung belajar banyak mengenai penelitian tentang anggrek. Para ahli pun siap memberikan banyak informasi yang kamu butuhkan.

19. Pelabuhan Sunda Kelapa

Pelabuhan Sunda Kelapa Jakarta

Wisata di area pelabuhan menjadi tren wisata yang bisa kamu pilih. Jarang-jarang kan berwisata di tempat ini, karena pelabuhan tempat berlabuhnya kapal. Kalau nggak jadi penumpang, maka kamu nggak akan datang ke pelabuhan.

Tapi beda lagi kalau ke Pelabuhan Sunda Kelapa ini. Sebagai pelabuhan terbesar di Jakarta, tepatnya berada di Jakarta Utara, pelabuhan ini memiliki peran penting terhadap asal muasal Jakarta. Kamu bisa bebas berwisata di sini.

20. Kampung Tugu

Wisata Kampung Tugu Jakarta

Kampung ini beda dengan kampung seperti yang biasa dijadikan tempat wisata. Di sini, kamu bakalan mendapatkan banyak pengalaman yang berharga di sini. Kamu bakalan merasakan keunikan kampung ini.

Kampung Tugu ini menjadi kampung wisata kebanggaan Jakarta Utara. Kamu bisa melihat banyak hal di sini, mulai dari:

  • Makam orang-orang asli Kampung Tugu yang tergabung menjadi komunitas orang Tugu.
  • Rumah pendeta yang memimpin Gereja Tugu
  • Melihat uniknya lonceng kuno peninggalan Belanda.
  • Gereja Tugu dengan keunikan arsitekturnya.

Kunjungi Juga: Wisata Kota Tua Jakarta, Tempat Paling Instagramable

21. Taman Suaka Margasatwa Muara Angke

Taman Suaka Margasatwa Muara Angke

Kamu yang suka berwisata alam sangat cocok untuk berwisata ke sini. Kamu bakalan merasakan keindahan hutan Muara Angke yang berada satu lokasi dengan Pantai Muara Angke. Hutan Suaka Margasatwa ini pun tidak kalah banyak koleksi satwanya.

Hutan bakau yang mengelilingi perumahan Pantai Muara Angke menjadi view berbeda di tepat wisata di Jakarta Utara ini. View yang terlihat di hasil foto kamu di sini bakalan unik dan dijamin bagusnya. Yuk segera ke sini.

22. Jakarta Islamic Center

Jakarta Islamic Center

Jakarta Utara punya tempat wisata religi yang sangat mempesona. Tempat ini adalah tempat wisata khusus untuk kamu yang mau memperdalam ilmu agama Islam. Kamu bisa belajar banyak hal dengan berbagai teknik pembelajaran di sini.

Tempat ini juga bisa dikatakan tempat yang unik, karena awalnya area JIC ini adalah lokasi tempat hiburan malam. Kamu nggak bakalan menyangka deh pokoknya. Segera tambah ilmu agamamu di sini sambil berwisata.

23. Taman Impian Jaya Ancol

Taman Impian Jaya Ancol Jakarta

Sama kayak TMII yang ada di Jakarta Timur, Ancol ini juga dikenal sebagai tempat wisata di Jakarta yang super megah dan lengkap. Kamu bisa puas berwisata di sini. Ancol pun jadi tempat wisata iconic di Jakarta.

Letaknya strategis dan wilayahnya sangat luas. Sekali masuk, kamu bakalan mendapatkan banyak pengalaman wisata. Banyak wahana yang bisa kamu kunjungi di sini, yaitu :

  • Dufan
  • Sea World
  • Atlantis Water Adventure
  • Padang Golf Ancol
  • Gelanggang Samudera
  • Kereta Gantung, dan masih banyak lagi yang lainnya.

24. Toko Merah

Wisata Toko Merah Jakarta

Namanya toko, pasti tepat untuk jualan. Eits tapi toko yang satu ini beda. Toko Merah adalah nama dari gedung peninggalan Belanda yang berada di wilayah Kota Tua.

Bangunannya bersejarah, namun dikenal sebagai toko, karena dulu ada orang China yang memakainya sebagai tepat berjualan.

Tepat wisata di Jakarta Barat ini unik, karena tema bangunan yang serba merah. Nuansanya tidak seseram bangunan kuno, melainkan kesannya sangat menarik. Jangan ketinggalan berfoto ria di sini lho ya.

25. Gereja Portugis

Tempat Wisata di Jakarta

Nama lain dari gereja ini adalah Gereja Sion. Gereja ini umurnya super tua, karena sesuai namanya, yang bangun adalah bangsa Portugis. Bisa dibayangkan ya gimana gereja ini menceritakan kesaksiannya tentang sejarah Indonesia saat penjajahan Portugis.

Gereja Sion berdiri kokoh di tanah Jakarta Barat. Gereja ini masih dipakai sampai sekarang. Tapi dibuka juga untuk pengunjung yang pengen lihat keunikan gereja ini. Kamu nggak pengen?

26. Jembatan Kota Intan

Wisata Jembatan Kota Intan

Pesona jembatan sebagai salah satu tujuan wisata tidak perlu diragukan lagi. Tapi jembatannya jembatan yang memiliki syarat wisata, yakni ukurannya besar, usianya sudah tua, unik, dan yang pasti bernilai sejarah.

Jembatan Kota Intan di Jakarta Barat ini sudah memenuhi syarat-syarat tersebut, so kamu bisa memasukkannya sebagai list tempat tujuan wisata di Jakarta Barat.

Jembatan ini dibangun oleh Belanda. Merupakan jembatan Belanda satu-satunya di Jakarta Barat yang masih berdiri kokoh. Kamu bisa ambil view bagus di jembatan ini. Hasil selfie dijamin bagus. Apalagi kalau kamu sedang foto prewedding, hasil jepretannya bakalan terlihat klasik.

27. Chinatown Glodok

Chinatown Glodok

Wisata belanja adalah tujuan tepat jika list liburan kamu adalah ke sini. Yupz, jelas seperti Chinatown di wilayah Jakarta bagian lainnya, Chinatown Glodok Jakarta Barat ini adalah surganya para shopper mania. Kamu harus bawa uang saku lebih banyak ya biar nggak ngiler.

Bahkan perut yang ekroncongn saat shopping pun akan dilayani oleh Chinatown Glodok, karena hidangan menu khas China ada di sini. Lengkap kap deh pokoknya. Tapi tanya-tanya dulu ya sebelum beli. Soalnya masih banyak juga kuliner berbahan daging babi.

28. Museum Bank Indonesia

Wisata di Jakarta

Kalau di Jakarta Selatan ada museum mesin pencetak uang, kalau di Jakarta Barat ini kamu bisa langsung masuk ke museum banknya.

Museum Bank Indonesia adalah nama museum yang bisa kamu kunjungi buat tahu sejarah perkembangan uang di Indonesia. Letaknya sangat strategis dan kamu bakalan puas berkunjung ke sini.

Informasi tentang perkembangan uang yang selama ini kamu inginkan akan terjawab di sini. Museum Bank Indonesia ini memiliki tampilan museum yang modern.

Memang sudah kuno museumnya, tapi kamu bakalan ngrasain seperti sedang di bank yang masih beroperasi. Kayak lagi jadi nasabah Bank Indonesia pastinya.

Baca Juga: Monumen Nasional atau Monas Jakarta, Aktifitas Seru dan Edukasi Sejarah

Banyak tempat wisata di Jakarta yang bakalan memanjakan liburanmu. Semua kota di Jakarta mulai dari Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, sampai dengan Jakarta Utara menyediakan tempat wisata yang bagus dan unik.

Kamu bakalan mendapatkan momen liburan terbaik di kota metropolitan yang dikenal super sibuk.

Tempat Wisata di Medan

Fitria
7 min read

Tempat Wisata di Bali

Fitria
7 min read

Tempat Wisata Di Surabaya

Fitria
7 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *