Tempat Wisata di Medan

7 min read

tempat Wisata di Medan

Berlibur lintas pulau itu menyenangkan sekali. Anda pasti merasakannya, karena hiburan yang didapatkan dobel, hiburan selama perjalanan dan hiburan saat di tempat wisata. Medan menjadi salah satu kota di Pulau Sumatera yang memiliki banyak tempat wisata di Medan yang memukau. Keindahannya mewakili eksotisme tanah Sumatra.

Medan yang dikenal dengan Danau Tobanya ini menawarkan tempat wisata unik yang lain daripada yang lain. Identitas yang Kota Medan tersirat dari kekayaan alam dan budayanya. Berikut adalah 25 tempat wisata di Medan yang sayang untuk tidak dikunjungi adalah saat Anda berwisata ke Medan

1. Upside Down World

tempat wisata di medan Upside Down World

Dunia Terbalik, nama yang bisa kita sebutkan pada tempat wisata satu ini. Seperti sinetron di salah satu TV swasta kedengarannya atau memang sengaja mengusung tema yang diadaptasi dari sinetron tersebut. Padahal sebenarnya beda jauh.

Walaupun namanya sama, tetapi Upside Down World ini lebih ke makna konkretnya. Semua bedanya yang ada di tempat wisata ini terbalik. Efeknya justru ada pada anda, para pengunjung.

Anda akan melihat semua benda terbalik dan akan merasa di dunia yang benar-benar terbalik. Sangat seru karena Anda merasa seperti sedang melayang. Baru membayangkannya saja sudah geli. Yuk segera cuss ke sana.

2. Menara Pandang Tele

Menara Pandang Tele

Lokasinya di tepi Danau Toba, sehingga Anda bisa melihat keindahan Danau Toba dari atas menara. Jajaran gunung yang menjulang tinggi pun ikut menyambut.

Perbedaan menara ini dengan menara lainnya adalah adanya tiga tingkatan menara yang unik. Bagaimana tidak, walaupun masih satu bangunan menara, ketiga menara tersebut memberikan view yang berbeda-beda. Hasilnya sepanjang mata memandang, view Danau Toba bukan hanya spot satunya.

3. Merdeka Walk Medan

Merdeka Walk Medan

Tempat wisata yang satu ini cocok untuk Anda, para kaum muda. Anda bisa nongkrong dan jalan-jala sambil kulineran. Liburan semakin seru, apalagi sama teman-teman. Pengalaman hang out bareng yang unik.

Unik, karena memang semua pengunjung diwajibkan untuk berjalan kaki. Sesuai dengan namanya, tempat liburan ini sama seperti CFD atau Car Free day. Anda bisa ke sana saat sore atau malam hari. Rasakan enaknya nongkorng di Medan seperti nongkrong di rumah sendiri.

Baca Selengkapnya: 5 Daya Tarik Istana Maimun (Megah dan Penuh Misteri)

4. Wonders Water World

Tempat wisata di Medan kali ini cocok untuk tempat bersantai bersama keluarga. Utamanya anak-anak, karena didalamnya adalah berupa taman bermain air atau kolam renang. Ajak anak bermain sepuasnya dengan puluhan wahana airnya.

Namun ada yang spesial di WWW atau (Wonders Water World) yang tidak akan Anda dapatkan di wahana air lainnya. Disediakan 5 buah seluncuran dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Dijamin anak-anak tidak mau diajak pulang saking asyiknya.

5. Maha Vihara Adhi Maitreya

Maha Vihara Adhi Maitreya

Inilah wujud tingginya toleransi antar agama di Medan. Bangunan Vihara bisa dijadikan sebagai salah satu bangunan peribadatan yang sangat diperhatikan selain tempat peribadatan lainnya.

Salah satunya adalah Maha Vihara Adhi Maitreya yang dijadikan sebagai tempat wisata di Medan yang sangat etnik bangunannya. Anda bisa mengunjunginya bersama keluarga untuk melihat secara langsung keindahan seni di vihra ini. Bangunannya termasuk bangunan kuno namun sangat diperhatikan perawatannya.

6. Hillpark Sibolangit

Hillpark Sibolangit Medan

Ini adalah tempat wisata permainan yang akan memanjakan anak-anak Anda. Sama seperti wahana di pasar malam pada umumnya, Hillpark Sibolangit ini juga menyediakan bianglala. Permainan yang bisa berputar dengan sensasinya yang seru.

Anda dipastikan akan menikmati liburan bersama keluarga yang menyenangkan. Biasanya area pasar malam adalah lapangan, namun di Hillpark ini Anda akan merasakan sensasi permainan langsung di atas bukit. Area permainan yang unik dan hanya ada di Deli Serdang Medan.

7. The Le Hu Garden Medan

The Le Hu Garden Medan

Taman Medan yang beda dengan taman yang lainnya. Konsepnya sama dengan taman di Bali, jadi bisa dikatakan The Le Garden Medan adalah Taman Balinya Medan.

Tempat ini bisa dijadikan spot selfie yang sangat menarik. Pastikan memori handphone Anda cukup. Selain itu, Anda juga bisa menikmati wahana outbound yang menyenangkan, seperti flying fox. Anda pun juga akan puas mengelilingi setiap sudut taman dengan naik ATV.

8. The Little India

Dari namanya saja, tempat wisata di Medan ini sudah mengundang penasaran. Ya, dan benar saja tempat ini dihuni oleh orang India asli. Kampung Keling, nama kampung unik ini.

Jalan-jalan ke Kampung Keling akan membuat anda berdecak kagum. Hampir semua yang ada di Negara India ada di sini. Bangun rumah sampai kulinernya semua kental dengan nuansa India. Cocok buat liburan edukasi bersama keluarga.

9. Kampung Ladang

Kampung Ladang

Pemberdayaan wilayah pemukiman menjadi kawasan wisata ini adalah program pemerintahan Medan untuk meningkatkan perekonomian masyarakatnya. Hasilnya pun tidak diragukan lagi, terbukti dengan fasilitas-fasilitas di Kampung Ladang yang sangat lengkap dan menyenangkan pengunjungnya.

Beberapa sisi kemenarikan di Kampung Ladang ini adalah replika Candi Ratu Boko, kolam, sungai, pondok-pindok cantik, serta banyak disediakan background foto yang super keren. Tempat wisata di Medan ini jangan diremehkan lagi, karena dijamin romantis.

Suasana kampung yang tenang dengan udara yang sejuk membuat Anda terlena. Sangat cocok untuk pergi ke sana bersama pasangan. Bahkan banyak spot background n pre wedding yang keren. Abadikan momen persiapan pernikahan Anda di sini.

10. Tanah Karo

Tanah Karo Medan

Sebuah tempat wisata romantis yang ada di Medan dengan pemandangan savana dan dua deretan gunung. Savana terhampar dengan warna hijau yang menyejukkan hati. Ditambah keindahan Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung yang menambah apiknya pemandangan.

Duduk berdua dengan kekasih membuat tempat wisata ini menjadi tempat yang sangat romantis. Memandang Alam Indonesia yang semakin terlihat menakjubkan. Anda harus membuktikannya bersama orang tercinta.

11. Romance Bay

Romance Bay

Pantai indah di Serdang Bedagai ini menyediakan keindahan alam perairan yang romantis. Ini dikarenakan ada lorong cantik bernuansa putih yang sangat memukau mata. Saat akan menuju ke pantainya, Anda akan merasa seperti sedang berjalan di atas karpet merah bergandengan dengan orang tercinta.

Pantai ini memberikan konsep wisata yang ini. Berbeda dengan konsep wisata pantai yang lainnya. Ada fasilitas sewa gazebo untuk tempat bersantai yang sudah dikonsep sebagai gazebo cinta.

Baca Rekomendasi: 23 Kelezatan Wisata Kuliner Di Medan yang Bikin Ketagihan

12. The Edge Restaurant

Sensasi makan malam romantis di atas balcon The Edge Restaurant menjadi pengalaman berwisata yang sangat berkesan. Bisa dijadikan alternatif berwisata kuliner di Medan. Anda bisa mengunjungi lantai 27 Grand Swiss-Belhotel untuk mendapatkannya.

Wisata ini menjadikan wisata pilihan bagi Anda dan pasangan yang dijamin super romantis. Menikmati makan malam ditemani kemerlap bintang yang menghiasi malam yang semakin syahdu. Pasti Anda sudah penasaran sensasinya kan?

13. Gunung Sibayak

Gunung Sibayak MedanSebuah gunung vulkanik yang berjajar letaknya dengan Gunung Sinabung. Gunung ini sangat indah jika Anda bersama dengan pasangan berhasil mencapai puncaknya. Ini cocok untuk Anda dan pasangan yang sama-sama suka hiking.

Yang kebanyakan diburu oleh wisatawan di tempat ini adalah menikmati matahari terbit dari puncak gunung. Hamparan tanah Medan dari atas gunung pun semakin melengkapi indahnya pemandangan. Anda bisa dengan puas menikmati suasana yang tidak akan pernah terlupakan seumur hidup ini. Super romantis.

14. Desa-desa Resto

Suasana wisata kuliner di Medan dengan menikmati makanan khasnya akan menjadi pengalaman wisata kuliner yang sangat mengesankankan. Ada Desa-desa Resto yang bertema nuansa desa di Bali yang bisa Anda kunjungi. Di sini, Anda bisa menikmati berbagai macam kuliner khas Medan yang super lezat.

Namun ada keunikan yang akan berkesan bagi Anda saat datang ke sini, yakni konsep resto dan cafe khas Bali. Tetap membawa kesan romantis namun lebih condong ke ke romantis yang unik, karena di tanah Medan Anda serasa di Bali. Yuk, segera ajak pasangan ke sini buat dinner agar tahu sensasinya.

15. Danau Toba

Wisata Danau Toba

Tempat wisata di Medan yang paling terkenal, karena sudah menjadi ikon Sumatera Utara. Ternyata di sini pun Anda bisa mendapatkan pengalaman berlibur yang sangat romantis. Kombinasi suara riak air danau, angin, dan kicauan burung membuat suasana semakin intim.

Berkunjung ke sini bersama orang terkasih akan meningkatkan rasa kasih sayang. Pikiran menjadi lebih fresh sehingga mood bahagia yang mengiringi perjalanan wisata Anda ke sini. Tidak perlu bingung menentukan tujuan tempat wisata Medan yang romantis. Danau Toba pun punya cerita.

16. Taman Cadika

Taman Cadika Medan

Tempat romantis ini kreatif karena lokasinya yang jadi satu dengan bumi perkemahan. Tempatnya sangat sederhana, namun pemandangannya membuat suasana wisata yang romantis tidak bisa dielakkan lagi. Anda dijamin tidak akan menyesal ke sini.

Taman Carikan ini masuk dalam kategori taman rekreasi keluarga. Ada jembatan gantung yang indah di sini, biasa dipakai spot selfie yang menarik. Bahkan selain itu, Anda pun bisa mengungkapkan perasaan kepada orang terkasih di sini.

17. Istana Maimun

Wisata di Madiun

Sebuah istana klasik saksi bisu peradaban clan di Medan, karena gaya bangunannya yang mengombinasikan gaya arsitektur India, Melayu, Timur Tengah, serta Italy. Anda tidak akan bisa mengungkapkan keindahannya dengan kata-kata. Kebanyakan pengunjung datang bersama pasangan.

Suasana romantis yang tersibak dari aura inilah yang membuat Anda cocok datang dengan pasnagan. Mengabadikan momen berdua di semua spot selfie. Yang paling banyak dipakai adalah selfie bergaya seperti raja dan ratu duduk di singgasananya.

18. Pantai Nipah

Pantai Nipah

Destinasi pantai memang selalu menyiratkan wisata romantis. Ini pun juga berlaku pada pantai Nipah Medan. Pantainya orang Medan ini menyediakan pemandangan hutan mangrove yang indah. Hijaunya mangrove lah yang ikut menyibak sisi wisata yang romantis.

Pantai Nipah ini juga sering disebut dengan Pantai Mangrove. Anda bisa datang ke Serdang Begadai untuk menikmati keindahannya. Bahkan untuk sekedar menginap pun Anda bisa menyewa homestay di sana. Cocok buat Anda yang sedang honeymoon.

19. Pagaruyung

Kalau sudah malam hari, maka destinasi wisata kuliner lah yang paling cocok. Apalagi buat Anda yang suka berburu kuliner, makanan-makanan khas Kota Medan pun seakan melambai-lambai. Ada pusat kuliner Pagaruyung yang bisa Anda kunjungi.

Kawasan wisata ini ramai di malam hari. Kalau Anda sudah datang ke kampung Keling, maka Anda akan lebih dekat mengunjungi tempat wisata di Medan yang satu ini. Makanan-makanan yang paling banyak diincar pengunjung adalah:

  • Mie Keling. Mie khas Lampung Keling yangemang masih satu lokasi dengan Pagaruyung ini. Sensasi rasa mie yang khas dan beda dari mie lainnya.
  • Nasi Briyani. Nasi khas India yang super lezat. Nasi ini membawa Anda seperti sedang berada di India karena rasanya benar-benar asli masakan orang India.
  • Martabak Mesir, dan masih banyak lagi yang lainnya

20. Jalan Semarang

Kawasan wisata malam Medan ini berada satu lokasi dengan Pagaruyung. Saat malam tiba, pengunjung memenuhi Jalan Semarang ini. Anda bisa menghabiskan malam dengan wisata kuliner di tempat ini.

Berbeda dengan Pagaruyung yang didominasi dengan makanan khas India, Jalan Semarang ini menyediakan menu spesial Tionghoa. Masakan Chinese dijamin akan menggoyang lidah Anda. Bikin nggak sabar kan.

Baca Juga: Danau Linting, Tempat Wisata Penuh Pesona di Deli Serdang Medan.

21. Gedung London Sumatra

Wisata Gedung London Sumatra

Wisata malam pun akan lebih bermakna lagi jika Anda mengunjungi gedung-gedung bersejarah di kota Medan. Salah satunya adalah Gedung peninggalan Kolonial Belanda yang berada di Jalan Ahmad Yani Kesawan. Gedung ini menawarkan wisata malam yang menyenangkan.

Walaupun gedung tua, tetapi gemerlap lampunya sangat meriah di sini. Anda bisa mengambil gambar terbaik terbaik untuk mengabadikan moment. Siapkan Smartphone Anda dengan full battery power.

22. Masjid Raya Medan

Masjid Raya Medan

Medan pun memfasilitasi semua yang dibutuhkan pengunjungnya. Wisata religi mengunjungi Masjid Raya Medan adalah salah satu tempat wisata di Medan yang wajib dikunjungi. Menghabiskan malam di masjid sekaligus menyibak keindahan arsitekturnya adalah kegiatan wisata yang sangat mengesankan.

Letak masjid ini pun tepat di tengah kota, jadi Anda sangat mudah untuk menemukannya. Masjid Raya Al Mashun adalah nama dari masjid ini. Beberapa keunikan yang membuat anda wajib mengunjunginya adalah:

  • 5 buah kubah yang menghiasi masjid. Kubah yang lebih dari satu ini memberikan tampilan arsitektur yang megah
  • Bentuk masjid ini octagonal, berbeda dengan bentuk masjid pada umumnya yang beraturan.

23. Ucok Durian

Ucok Durian Wisata di Medan

Bagi Anda, para pecinta durian, tempat wisata di Medan sangat cocok untuk dikunjungi. Anda bisa menikmati berbagai olahan durian di cafenya. Kalau siang, Anda bisa mengunjungi langsung ke kebun duriannya.

Namun untuk malam hari, Anda bisa langsung bersantai di cafenya. Harganya tidak berat di kantong, rasanya enak, dan suasananya dijamin bikin betah. Jangan sampai ketinggalan ya.

24. The Garden Cafe

The Garden Cafe Medan

Dimanapun tempatnya, ngafe adalah aktivitas malam yang menyenangkan. Ngaku deh kalau Anda juga merasakannya. Jangan khawatir, Anda tetap bisa ngafe di Medan.

Ada rekomendasi cafe nyaman dan dijamin top di Medan, yakni The Garden Cafe. Anda akan merasa seperti ngopi di rumah, karena memang suasana yang dibangun dalam konsep cafe ini adalah ngopi di rumah. Anda akan merasa ngopi di rumah. Dijamin nyaman.

25. Sosmed Cafe

Bukan hanya ngafe saja di sini. Anda juga dihadapkan dengan berbagai spot selfie yang menarik. Sayang untuk dilewatkan. Jangan lupa untuk charge smartphone sampai penuh agar tidak kehabisan baterai.

Semua yang ada di dalam cafe ini bertema sosial media. Anda bisa memiliki gambar selfie yang instagenic banget. Perut kenyang, hati senang.

Lihat Review: 8 Daya Tarik Puncak Lawang (Wisata Alam di Negeri Awan)

Masih banyak tempat wisata di Medan yang wajib anda kunjungi. Jangan lewatkan begitu saja keindahan alam Medan. Rugi banget kalau Anda tidak mengunjungi tempat-tempat eksotis di Medan tersebut. Yuk segera beli tiket liburan ke sana.

Tempat Wisata di Bali

Fitria
7 min read

Tempat Wisata Di Surabaya

Fitria
7 min read

Tempat Wisata Di Jakarta

Fitria
8 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *